Hallo!

Saya Chichie, penggemar hot latte dan es kopi susu. Lifestyle blogger, food & product photographer. Happy wife and mother from The Hariyanto's Family. Part of UploadKompakan, bulur Kompakers Bekasi.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Bikin Dapur Berbekal Inspirasi Dari Pinterest

dapur minimalis ala pinterest

Tahun 2020 ini memang saatnya kami balik lagi ke rumah sendiri setelah 6 tahun tinggal bersama mama. Iya jadi dulu waktu lahiran mas Kelvin tahun 2013 kami harus pindah ke rumah mama karena tidak diperbolehkan menggunakan jasa asisten rumah tangga. Lalu rumah kami di Tangerang Selatan dibiarkan kosong dan hanya ditengok sebulan sekali atau dua kali saja. 

Alhamdulillah waktu itu pak suami ada rejeki jadi bisa merenovasi rumah pada tahun 2016, kami membangun rumah dengan tema compact house dua lantai. Begitu rumah selesai dibangun tetap belum bisa kami tinggali karena mas Kelvin masih sekolah. Oke nanti saja pindahnya pas mau masuk sekolah dasar, yang pasti tahun 2020. 

Begitu Maret 2020 kami pindah ke rumah Bintaro, ternyata karena lama tidak ditinggali harus sedikit renovasi nih dan yang pasti sekalian bikin dapur. Karena dari renovasi pertama itu kita belum bikin dapur. Akhirnya April 2020 ini renovasi kedua sekalian bikin dapur juga, gak perlu besar yang pasti nyaman untuk melakukan aktifitas memasak. 

Waktu mau bikin dapur sudah tentu pak suami menanyakan dong pengen dapurnya kayak apa, langsung dong cari referensi dapur. Karena rumah kami dengan tema compact house makanya bikin dapur juga harus banget dipikirin nih gimana biar gak menghabiskan space yang ada. Karena maunya ruang makan menyatu dengan dapur. 

Mencari Inspirasi Dapur Impian
kitchen inspiration by pinterest
Photo by Pinterest

Karena saya tuh anaknya Pinterest banget jadi apa-apa terbiasa mencari dulu di Pinterest, apalagi disana banyak sekali bermunculan dapur-dapur yang cantik dan sesuai dengan tema rumahku nih. Tapi balik lagi, yang penting sesuai dengan budget. 

Pas nyari di Pinterest tuh banyak banget inspirasi deh, mulai dari dapur yang kecil banget sampai yang gede banget seukuran rumahku juga ada. Kalau lihat dapur-dapur di Pinterest tuh gemes banget dan pengen banget punya dapur ala Pinterest. 

Sebenarnya dari sebelum Maret 2020 saya juga sudah mulai ngumpulin tuh beberapa contoh dapur ala Pinterest, yang paling penting kitchen set sesuai dengan apa yang diinginkan. Beruntungnya kali ini bikin dapur dibantu sama teman pak suami yang memiliki jasa pembuat interior termasuk dapur. 

Kitchen Ideas from Pinterest
Photo by Pinterest

Kitchen Ideas from Pinterest
Photo by Pinterest

Kitchen Ideas from Pinterest
Photo by Pinterest

Kitchen Ideas from Pinterest
Photo by Pinterest

Kitchen Ideas from Pinterest
Photo by Pinterest

Kitchen Ideas from Pinterest
Photo by Pinterest

Karena memang luas dapur gak terlalu besar jadi mencari ide untuk membuat kitchen set pun carinya yang simpel dan emang sesuai dengan kebutuhan juga. Kalau kemarin memang pencarian di khususkan untuk daput yang memiliki kitchen set warnanya hijau. Sebenarnya pengen beda saja dari dapur-dapur yang ada. 

Pemilihan Warna Kabinet Kitchen Set
Kabinet Kitchen Set Trend 2020
Photo by Pinterest

Karena dinding rumah bakalan di cat ulang dengan warna putih, jadi pengennya tuh kabinet kitche set jangan warna putih atau cokelat. Pengen sesekali punya warna kabinet kitchen set yang beda dari dapur yang biasa saya jumpai. 

Berbekal selama 12 tahun kerja di media interior jadi pengennya ngikutin trend color of the year gitu. Namanya juga usaha menciptakan dapur sesuai dengan keinginan, jadi pengen punya yang sesuai dengan apa yang saya inginkan sesuai hasil pencarian di Pinterest. Walaupun memang membuat warna cat yang by request itu harus di tinting dulu, kadang warna bisa mendekati atau pas. 

Memilih Backsplash Kitchen
backsplash kitchen
Photo by Pinterest
 
Enaknya tuh kalau pakai jasa interior design tinggal ngasih tau apa yang kita inginkan, nanti diakan bikinin dulu tuh gambarnya sesuai dengan apa yang kita mau. Sama halnya waktu memilih backsplash kitchen ini, sebenarnya pengen banget yang hexagon cuma kebayang disini susah carinya dan harus pesan dulu. 

Karena kita memang butuh cepat itu dapur jadi sebelum lebaran jadi lebih cari backsplash yang gampang didapat saja. Nah pilihannya akhirnya ke subway warna putih, sebenarnya pengen juga pakai yang warna hitam. Cuma mikirnya nanti bakalan gelap karena table top kita pakai warna hitam dan kebetulan langit-langit rumah warnanya hitam. 

dapur minimalis


Ini dapurku dengan menggunakan backsplash kitchen subway, ini banyak digunakan juga oleh teman-temanku waktu mereka membuat dapur atau merenovasi dapurnya. Kalau si subway ini gak susah carinya, bahkan gampang dapatnya. Dari obrolan dengan beberapa teman yang baru merenovasi rumahnya, subway ini sebenarnya sudah discontinue tapi alhamdulillah kemarin masih ada yang kecil-kecil subwaynya. 

backsplash kitchen dengan subway
Photo by Pinterest

Sebenarnya kalau gak pandemi waktu kemarin bikin dapur, pengen banget nyari sendiri itu backsplash kitchennya. Kalau dari Pinterest memang banyak banget referensi backsplash kitchen yang bisa digunakan. Saya juga punya beberapa contoh dapur dengan backsplash yang berbeda-beda nih. Siapa tau ada yang sedang ingin membuat dapur bisa jadi untuk referensi loh. 

backsplash kitchen
Photo by Pinterest
backsplash kitchen
Photo by Pinterest
backsplash kitchen
Photo by Pinterest
backsplash kitchen
Photo by Pinterest

Akhirnya Punya Dapur Sendiri
Dapur Minimalis


Nah, ini dapur waktu selesai dibikin dan belum diberesin dong barang-barangnya, bahkan masih ada plastik dipinggir kabinetnya. Sebenarnya pun sampai saya menulis tentang pembuatan dapur ini pun saya masih dalam memilah barang-barang yang bakalan nempatin kabinet kitchen set tersebut. 

Jadi waktu kita belum punya dapur lebih sering pesan makanan atau makan ke resto terdekat dari rumah. Waktu pandemi Covid-19 akhirnya bikin dapur darurat di rumah dengan menggunakan kompor portable gitu. Makanya ini dapur waktu dibikin harus selesai sebelum lebaran, karena cita-citaku adalah masak sendiri di dapur. Gayanya mau masak sendiri, hahahaha.

dapur minimalis

dapur minimalis

Tapi ini backsplashnya sempat dibongkar lagi, karena pemasangannya agak bergelombang jadilah waktu sudah jadi dan rapih harus dibongkar. Kebetulan waktu kemarin yang pasang bukan tukang yang biasanya, nah akhirnya untuk backsplash pemasangan kedua natnya dikasih warna gelap agar lebih terlihat teksturnya. 

Pemilihan untuk kompor, oven, cooker hood, sink dan keran airnya kita pakai dari Modena semuanya. Karena kemarin waktu beli dikasih tau kalau pakai semuanya dari Modena diskonnya lumayan, hari gini siapa coba yang gak demen dikasih diskon. Kalau ini kita belanja sendiri, gak termasuk dalam hitungan jasa pembuatan kitchen set. 

Untuk kabinet memang dibuat tidak ada pegangannya, jadi menggunakan magnet gitu. Yang harus ditekan nanti dia baru terbuka. Tapi ternyata nih kalau pas lagi cuci piring itu lemari bawah kesenggol dikit jadi terbuka dong. Atau lemarin lainnya jika gak sengaja disenderin misalnya. 

Dapurku ini yang bikin DE HUIS ARCHITECT kebetulan yang punya temannya pak suami. Termasuk yang merenovasi rumah kami pertama dan kedua ini juga menggunakan jasa teman-temannya yang memang memiliki bisnis dibidang tersebut. Jadi ini rumah kami yang mengerjakan adalah anak-anak Arsitek Trisakti, termasuk pak suami. 

Jadi waktu ingin renovasi rumah dan membuat dapur, pak suami hanya ngasih gambar-gambarnya saja sesuai dengan apa yang kita inginkan. Lalu disempurnakan oleh teman-temannya yang memang bekerja sebagai arsitek dan design interior. Beruntungnya adalah menggunakan jasa arsitek dan interior design itu semuanya sesuai dengan kebutuhan dan hitungannya pasti. 

Komentar

  1. Pinterest selalu jadi tempat pelarianku kalo butuh inspirasi. Foto-fotonya bagus banget, bener-bener dreamy. Berharap juga suatu saat nanti bisa punya rumah dan seisinya yang inspirasinya aku dapat dari Pinterest. Hehe. Dapurnya bagus mbak. Bikin semangat masak atau ngeracik bumbu-bumbu :D

    BalasHapus
  2. Ku juga suka lihat2 di Pinterest, mupeeng semuaaa. Seperti dapur2 di gambar itu, mnggoda, jadi pengen mindahin dapur kebelakang nih.

    Dapur Chie2 nyamannya, jadi pen masak2 nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pengen banget sebenarnya 100% mengadaptasi gaya dapur orang luar macam di Pinterest tapi nampak susah yak

      Hapus
  3. Pinterst emang gambar-gambarnya itu lengkap dan suka bikin kita gemes-gemes sendiri ya mba. Rasanya itu pengen semuanya hahaha ­čśé tapi suka sayang dananya suka nggak sesuai ­čśé. Aku juga suka pinterest mba. Ngomong-ngomong selamat datang kembali ya ke rumahnya. Berarti kita deketan dong ya. Soalnya aku juga tinggak di tangerang selatan nih. Oh ya mba udah gabung ama grup WA nya blogger tangsel blum? ­čśÇ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini tinggal beli perintilan dapur deh tapi emang gak mau yang heboh gimana, karena pengen dapurnya tetap terlihat clean. Kamu tinggal dimana mbak?

      Hapus
  4. Cakeeeep.. mana lasagna buat aku nyaaak haha.
    Klo pake jasa gitu mah misalnya ngecewain duh kzl ya
    Bulur bekasi di tangsel dong skrg yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih belum percobaan masak lasagna pakai oven baru, wakakakaa... iya sekarang di Tangsel, tapi mah tetap menjabat (udeh kayak pejabat beneran) wahahahahaa...

      Hapus
  5. Cantik warna kitchen setnya Mak. Kupikir itu foto pinterest ternyata foto dapurmu hehe jadi setelah ada dapur bakalan sering jajal menu dooong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakaa... ini sebenarnya kurang mint tapi ternyata cakep juga warna gini.

      Hapus
  6. Permisi ... mau numpang masak di situ dong sambil foto-foto
    Cakep banget dapurmu, mbak. Seisi rumahmu juga instagrammable. Suamimu arsitek, ya. Kolaborasi apik!

    BalasHapus
  7. Aku jarang intip pinterest ternyata bisa buat inspirasi berbagai hal ya mba ternasuk dapurnya yang unyuuu...

    BalasHapus
  8. Ya ampun, cantik banget dapurnya. Aku mupeeeeng. Rapi, bersih, dan adem. Kudu ngajuin proposal juga nih bikin dapur cantik kayak gini ke si dia. :D

    BalasHapus
  9. Aku suka banget chi dengan konsep dapurnya rapih banget jadinya ditambah lagi pilihan warnanya menggemaskan bikin betah di dapur ini :)

    BalasHapus
  10. Seneng pasti ada dapur baru. horeeee selamat ya mak jadi rapih sekarang. semoga jadi nambah konten banyak berkat dapurrr baruuuuu

    BalasHapus
  11. asyik ya kalau ada rekomendasi jasa arsitek gitu, konsultasinya enak juga ya jadi bisa mewujudkan keinginan kita. Keren dapurnya makin rajin masak nih

    BalasHapus
  12. keren ya Mba, yang ngedesain dan ngebuatnya, bisa serupa banget, kayak siapa mencontek dan meniru siapa. Btw warnannya aku suka Mba, hijau nggak jelas gitu, bagisaya, hahaha

    BalasHapus
  13. Bagus banget mbak dapurnya. Ide dari pinterest keren-keren ya..bisa jadi referensi

    BalasHapus
  14. Dapurnya cakep, warna hijaunya warna favoritku juga.
    Dapur keren, masak juga makin asyik dan rajin ya.
    Pinterest memang racun, kerjaanku tiap hari ya lihat pinterest, buat ide nulis, foto dan sampai buat bikin mood board juga.

    BalasHapus
  15. Aku telat lihat inspirasi dapur atau ruangan rumah di Pinterest, udah terlanjur jadi dapurnya. Pakai blacksplash juga yang model dulu, keramik dinding warna ijo dan putih. Nah, sekarang lagi nyari ide teras di PInterest, pengen didekor ulang gitu

    BalasHapus
  16. Wah dapurnya jadi nya cakep banget mbak. Aku masih niat nih benerin dapur biar cantik kaya di pinterest

    BalasHapus
  17. kudunya saya nyontek Pinterest nih. inspirasinya banyak banget. kok saya gak kepikiran yak. btw...saya udah punya kitchen set, tp kok masih aja berantakan ya

    BalasHapus
  18. dapurnya kece banget.. jadi sayang mau ngotorin dengan cipratan minyak atau kuah haha.. asik nih buat foto/video masak kak..

    BalasHapus
  19. Pas banget nih Mbak Chi saya lagi nyari-nyari ide bikin dapur yang seperti apa. Ah makasih udah ngasih ide. Nanti aku nyari-nyari contoh di Pinteres aja. Btw, mau bilang dapurnya kece beuuud.

    BalasHapus
  20. Clean & simple Mb Chichie desain dapurnya, aku sukaaa banget.
    Aku juga sering buka pinterest untuk cari aneka ide nih, tapi lebih untuk ke project DIY.

    BalasHapus
  21. senang banget lihat dapurnya mbk jadi mupeng, dapurku belum renovasi lagi yang penting dulu warna biru jadi aku suka banget deh hehe

    BalasHapus
  22. You have one cool kitchen indeed and I love to see them. That green color is really popping

    BalasHapus
  23. Memang lebih baik menggunakan tenaga profesional. Karena lebih hemat hitungannya daripada hanya menggunakan feeling saat mengerjakan.
    Kalau begini, Mama jadi makin semangat masak.

    Selamat menempati rumah baru.

    BalasHapus
  24. Aku juga suka liat foto2 di pinterest sangat inspiratif banget yah kak dan habis liat foto pengen jadi punya kayak di foto hahaha

    BalasHapus
  25. PInterest menjadi andalan ku juga nyari ide buat dapur dan ruang tamu hehe, bagus2 disana soalnya

    BalasHapus
  26. Jadi, yang ijo-ijo itu dapur Mba ChiChie? Aku kira ngambil di Pinterest. Cakep Mba, Pinterest-able. Kupenasaran jadinya bujet berapakah ituu? Hihihi.... Doakan aku ya Mba moga bisa nyusul

    BalasHapus
  27. cakep mbak, aku juga ngandelin pinterest untuk cari cari ide.

    BalasHapus
  28. Well I think your kitchen would still be ok in dark backsplash kak. Kata gueeee. Ciyus, mungkin bisa dicoba nanti kak setelah berapa taun udah bosen mau renov gitchuuuu.. Beneran deh malah bakal lebih 'nyatu' keliatannya dengan si table top. Dan lo masih padu bagian lainnya dengan warna yang muda juga kan (tembok, lantai, meja).. jadi kayanya ga bakal jadi segelap itu atau tampak 'horor'. Kamu bisa tebak siapa aku gak kak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *