Hallo!

Saya Chichie, penggemar hot latte dan es kopi susu. Lifestyle blogger, food & product photographer. Happy wife and mother from The Hariyanto's Family. Part of UploadKompakan, bulur Kompakers Bekasi.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Mengajarkan Anak Untuk Berpuasa Sambil Belajar Di Rumah

akuchichie

Holla buibuk... Gimana kabarnya selama menjadi ibu dan sekaligus guru saat anak mulai belajar di rumah? Semenjak diberlakukan bekerja, belajar dan beribadah dari rumah saya tentu langsung membuat list kegiatan selama sehari. Sebenarnya ini untuk membiasakan saya memanage waktu dengan baik. Apalagi selain pekerjaan rumah ada tugas menjadi guru selama anakku belajar dari rumah. 

Karena sekarang ini berbarengan dengan bulan ramadan tentunya akan menjadi berbeda nih dari ramadan-ramadan sebelumnya. Siapa yang bakal mengira kalau kita bakalan menjalani kehidupan ditengah pandemi Covid-19 dan ini tidak hanya terjadi di Indonesia, bahkan ini adalah wabah yang terjadi di dunia. 

Mumpung suasananya pas dengan tema belajar di rumah, maka saya memutuskan untuk sekalian mengajarkan mas Kelvin menjalankan ibadah puasa secara full ditahun ini. Tahun lalu mas Kelvin puasanya setengah hari, alias setiap adzan Dzuhur langsung buka puasa. Nah mumpung tahun ini ladi #dirumahaja nampaknya boleh dicoba untuk menjalankan puasa sehari full. 

Jadi saya dan pak suami sepakat nih saling membantu untuk kelancaran mas Kelvin menjalankan ibadah puasa full. Puasa fullnya dimulai hari keberapa puasa ya kemarin itu, lupa antara hari ke empat atau kelima deh. Tapi sebelumnya kita kasih tau dulu pemahaman sama dia kenapa harus menjalankan ibadah puasa sehari full dan kita gak kasih iming-iming hadiah apapun. 

Lalu apakah ada drama waktu menjalankan puasa sehari full? Ada dong, nyatanya walau ini anak gak pernah ngeluh atau cranky selama #dirumah aja tapi kalau perutnya laper dia pasti bilang "bun, mas sudah lapar amat nih?" lalu gimana caranya supaya ini bisa teralihkan? 

Memberikan Kegiatan Kepada Anak Selama Menjalankan Ibadah Puasa 
Bunda dan mas Kelvin

Selain menciptakan suasana ramadan di rumah, saya juga harus memberikan kegiatan agar dia gak bosan atau lemas. Hahahahaa... Kadang sebenarnya suka gak tega sih kalau lihat dia bilang "bun, aku haus" dengan wajahnya seperti meminta. Tapi balik lagi harus pada tujuan utama kita untuk mendidik anak. Iya, saya akuin jadi guru itu ternyata gak gampang gaes!

1. Ajak Anak Menghafal Surat Pendek
Selama belajar di taman kanak-kanak, mas Kelvin sudah diajarkan untuk membaca doa harian dan surat pendek. Tapi sekarang saat dirumah saya menambahkan surat-surat pendek untuk dihafalkan. Saya percaya bahwa diusianya sekarang ini dia bisa lebih cepat menyerap tapi gak mengharuskan dalam satu hari dia harus hafal. 

2. Membiarkan Dia Bermain Dengan Imajinasinya
super hero

Setiap anak pasti memiliki super hero favoritnya, bedanya kalau anak saya suka semua dengan karakter super hero. Jadi kalau ditanya lebih suka yang mana kadang dia bakal jawab "mas, pengen jadi Batman tapi pengen juga kostumnya Starwars". 

Kebetulan anak saya memiliki beberapa topeng karakter super hero jadi setiap hari dia bisa bermain dengan ganti-ganti karakternya sesuka dia saja. Dia pun bermain dengan imajinasinya sebagai super hero. Membiarkan dia bermain saat menjalankan puasa gini tuh bisa membunuh waktu juga, biasanya kalau sudah capek suka minta tidur atau tau-tau tidur dengan sendirinya. 

3. Terlibat Dalam Permainan Yang Diinginkan

Gak cuma ngawasin dia bermain loh, kita juga bisa terlibat dalam permainan yang dia inginkan. Karena di rumah saya mainannya anak laki semua, jadi kita suka main tembak-tembakan atau kadang bermain petak umpet di rumah. Padahal rumahnya cuma 4L tapi tetap senang anaknya. Percaya deh, anak tuh paling suka kalau bunda dan ayahnya juga ikutan main. 

4. Do It Your Self (DIY) Bersama si Kecil
DIY

Berbekal dari tugas-tugas sekolah mas Kelvin, saya jadi semangat untuk memberikan DIY selama belajar di rumah. Apalagi kalau DIY gini anaknya suka banget karena dia paling senang kalau sudah membuat sesuatu. Kadang dia suka minta sendiri mau bikin apa, seperti yang terakhir kemarin kita berdua bikin slime di rumah. 

Disaat kayak sekarang ini, ibu memang dituntut lebih kreatif memberikan kegiatan di rumah. Terakhir kali ke Gramedia itu saya membelikan kebutuhan untuk DIY yang paling sering dipakai. Kita juga pernah bikin rumah dari kardus dengan berbekal kardus bekas air mineral. 

5. Menyiapkan Hidangan Buka Puasa
menyiapkan menu buka puasa

Ini yang paling seru nih, melibatkan anak untuk menyiapkan hidangan berbuka puasa, kalau anakku emang demen sih ngerusuhin bundanya. Nah biasanya kalau ngajak anakku untuk menyiapkan menu buka puasa saya memilihkan yang gampang-gamapang saja. 

Jadi sewaktu dia membantu saya gak terlalu sulit, sambil kita kasih tau juga alat-alat yang biasa digunakan untuk masak dan bahan-bahannya. Kan selama ini dia taunya semua sudah disiapkan sama bundanya, kali ini dia belajar untuk menyiapkan makanannya sendiri. Serunya adalah kalau dia mulai bilang "oh ini sih mas tau nih, gampang ini" hahahahaa... Yang pasti kalau sudah begini tuh bawaannya happy banget. 

Nah, ini kegiatan yang saya kasih selama di rumah saat menjalankan ibadah puasa. Share dong buibuk gimana mengajarkan dan apa saja kegiatan yang biasa dilakukan di rumah saat puasa bersama si kecil. Siapa tau ada kegiatan yang belum aku lakukan juga nih. 

Komentar

  1. Wah aku paling suka bikin DIY sama bikin hidangan buka puasa bersama-sama. Bisa melatih teamwork juga, ya :D

    BalasHapus
  2. Kegiatan-kegiatan yang Mbak Chie tulis ini sangat menarik buat anak, apalagi berasa banget kan keterlibatan ayah dan budanya.

    BalasHapus
  3. Anak-anak suka banget kalau diajakin DIY ya dirumah jadi makin kreatif & mengisi waktu selama di rumah aja. Si ganteng ga bosen kan di rumah aja ya, soalnya ada bundanya yang kreatif

    BalasHapus
  4. Ya ampuunnn Mas Kelvin ganteng, sholih dan pintaaarrr
    The real Qurrota a'yun ini Maakkk
    Semoga ALLAH karuniakan hidup berkah, selamat dunia akherat untuk kita semua yaaaa

    BalasHapus
  5. Seru nih maen-amen sama anaknya Chie. Pose pegang pistol mainannya aku aku. Cool hahaha Salam bua Mas Kelvin ya. Good boy, good job

    BalasHapus
  6. Asik banget nih nomor3. Menghayati banget kayaknya tuh bunda ��mas Kelvin pasti seneng deh ituu..belum pernah ketemu mas Kelvin niiih akuu

    BalasHapus
  7. Aku biasanya mainscrabble, bulutangkis dan masak bareng bocah biar ngga ingat lapar pas puasa hihi..

    BalasHapus
  8. apa yaa... semuanya udah. oia tambah mainan kucing bareng.
    cool banget foto bareng maen pestol2annya :D

    BalasHapus
  9. Wah aktivitasnya mirip nih sama anak kedua saya, Mbak. Bikin DIY, hafalan surat dan doa, bantu nyiapin menu berbuka, dll.. emang anak usia TK kebanyakan seneng ya dengan aktivitas-aktivitas seperti itu. Hehe.
    Tapi soal puasa, si nomor dua saya itu masih sering tergoda kalau liat dua adiknya makan.. jadinya cuma bisa full sehari satu kali aja. Sisanya puasa setengah hari. Hahaha.

    BalasHapus
  10. Aku pengen banget bisa ngajarin anak puasa kak..soalnya anak aku kayaknya harus di ajarin puasa juga

    BalasHapus
  11. Seru ya mainan bareng anak dengan jadi tokoh superhero. Atau masak bareng, meski kadang bukannya bantuin malah ngemil bahan masakan kayak anakku dulu

    BalasHapus
  12. seru banget kegiatannya sama anak selama bulan puasa meski di rumah aja... banyak ide bermain sekaligus belajar

    BalasHapus
  13. Wah, kompak sekali bunda dan ananda. Seru ya, Mbak kalau bisa bermain bersama anak. Bisa meningkatkan bonding dengan anak

    BalasHapus
  14. hihi ternyata seru juga saat kita terlibat dalam permainan si kecil. apalagi diajak tembak2an dan kitanya yg kena tembak. kemampuan akting dikeluarkan

    BalasHapus
  15. Waah Mas Kelvin pinter ya sudah bisa puasa full. Kelas TK A atau TK B mbak kok sudah kuat? Bocilku belum ada 4 tahun jadi belum puasa. Kalau kakak-kakaknya dan besar soalnya jadi gak ada agenda main bareng buat isi kegiatan selama puasa.

    BalasHapus
  16. Sama mba Aku sama anak perempuan tuh sering bikin cemilan bareng saat pandemi gini buat Buka, skill jadi nambah

    BalasHapus
  17. Senangnya...mas Kelvin mau bantuin Bunda di dapur.
    Apalagi di masa-masa pandemi gini kan yaa...lebih aman dan nyaman kalau masakan mengolah sendiri.
    Kami juga berusaha untuk gak jajan, pokonya yang ada di kulkas, diolah.
    Bismillah,
    semoga semua suka.

    BalasHapus
  18. usia berapaaa anaknya mbaaa. Aku juga banyak menghabiskan waktu dengan mereka...belajar bareng, baca bukubareng, main bareng dan masak bareng juga ngaji bareng. Alhamdulillah waktu banyak tersedia

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah yaa bisa mengegenalkan sikecil untuk ikut berpuasa meki kadang banyak cobaannya. Dan kudu tega emaknya..
    ASik banget tuh maen tembak2an, cowoooo sih. Kalo aku main kasir2an seringnya huhuuu

    BalasHapus
  20. Sama Mbak anakku juga sedang menghafal surat-surat pendek di rumah dan udah rajin juga ikut mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa.

    BalasHapus
  21. Aih Mas Kevin pinter nih puasanya udah full yaaa... Emang bener mba, butuh kesabaran dan setumpuk ide untuk mengalihkan perhatian anak dari rasa lapar dan hausnya. Senang sekali ya kalau anak udah bisa melewati fase tersebut.

    BalasHapus
  22. Anak2 selama puasa learning from home 3 kali seminggu ma gurunya. Kalau pas gak ada aktivitas ma gurunya ya standar aja main, bikin DIY, gambar2 haha. Idem waktunya ngajarin surat2 pendek jg sama lbh disiplinin sholat.

    BalasHapus
  23. Paling gampang memang mengajak anak menyiapkan makanan ya... Kerjaan beres, anak juga ada kegiatan, hehe...

    BalasHapus
  24. Wah mas kevin hebat cecali ini sudah mamlubpuasa yah. Waktu itu neyna juga behini hehehe

    BalasHapus
  25. Kereen.. Aku kalo keabisan ide main sm anak jg ujung2nya nguprek dapur mba. Haha.. Soalnya enak kalo berhasil bujuk si kecil bantuin masak. Semua kerjaan jd beress

    BalasHapus
  26. Mas Kelvin anak soleh, sudah pinter puasanya..
    Memang mesti diajarkan sejak dini ya kewajiban puasa ini. Dan jika dijalani dengan diisi kegiatan yang menyenangkan anak jadi senang dan "lupa" jika sedang puasa

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *