Nice to meet you!

Holla... Saya Chichie, penggemar hot latte dan americano. Hobinya nenteng kamera karena setiap jepretan adalah cerita yang indah. Indonesian Lifestyle Blogger and love travelling.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Personal Branding Berkat Foto Dibalik Daun

akuchichie

Berawal dari iseng foto dibalik daun, sekarang saya malah senang foto dengan mencari dedaunan. Sebenarnya waktu itu mau foto OOTD (outfit of the day) dengan tambahan bokeh-bokeh gitu, terus nyobain deh sekalian gimana kalau daunnya nutupin muka. Sesekali pengen tampil yang beda gitu deh dari biasanya, apalagi saya bukanlah orang yang pinter gaya kalau foto.

Seingatku foto dibalik daun ini bermula pada tahun 2018 awal waktu lagi ke liburan sama teman-teman ke Singapore. Kebetulan emang lagi main di Kebun Botani Singapura. Lalu iseng minta tolong sama Selvy salah satu teman untuk fotoin diantara bunga-bunga, lalu sekalian deh minta fotoin juga dibalik bunga dan daunnya.

personal branding lewat social media

Saya rasa ini foto pertama kali dibalik tanaman deh, pengen banget ngecekin foto-foto di external disk tapi lagi mager jadi ambil yang ada di gallery handphone saja. Ini fotonya di Kebun Botani Singapura. Waktu foto ini tuh lagi terik banget mataharinya, sumpah deh puanasnya juara kala itu. Sejujurnya waktu foto ini pun agak takut karena ada tawonnya yang lagi lalu lalang.

Foto ini juga saya upload ke media social instagram yang saya miliki @akuchichie lumayan deh buat nyimpen kenangan perjalanan liburankan. Entah gimana selama disana lebih sering ngambil foto yang sayanya ketutupan, dan ternyata gak semudah itu mencari tanaman yang jatuhnya pas bisa nutupin wajah saya. 

photography

Kalau saya setuju sekali dengan apa yang dibilang Berenice Abbot, ini sebabnya saya suka sekali dengan dunia fotografi. Jadilah saya terus bereksplorasi tentang fotografi termasuk untuk bagaimana cara mengekspresi diri saya didepan kamera. Jadi tidak hanya dibalik kamera saja, terkadang tukang foto juga butuh eksistensi dirikan ya? 

Sampai sekarang ini kalau lagi foto diluar rumah atau ruang gitu kalau lihat ada tanaman yang bisa menjuntai atau menutupi wajahku rasanya senang sekali. Makanya selama pandemi virus Corona ini jadi kangen banget foto diluar rumah. Sepertinya terakhir foto dibalik daun itu bulan Maret 2020 waktu di Yogyakarta. 

Behind The Scene (BTS) Foto dibalik Daun
behind the scene foto dibalik daun

Namanya juga foto ya, baik foto makanan, prewedding, ulang tahun, atau apapun itu pasti ada persiapan dan prosesnyakan. Ini salah satu behind the scene (bts) saya waktu foto dibalik daun yang rimbun banget. Kalau kata beberapa teman "ada aja sih idenya foto begitu?" namanya iseng dan spontanitas saja waktu itu pengen foto yang beda dan memang kebetulan ada dedaunan yang bisa menutup wajahku. 

Taukan kalau dibalik foto yang bagus itu selalu ada perjuangan fotografer dan modelnya, kali ini saya modelnya dan teman saya fotografernya. Kalau yang fotonya selalu menggunakan mode "manual" pasti tau gimana bikin fokus hanya ke wajah saja. Iya, saya dan teman-teman fotografi lebih sering atau bahkan kalau foto selalu dengan mode "manual". 

akuchichie

Ini salah satu foto dibalik tanaman yang asli itu sebenarnya rimbun banget, saat itu yang saya takutkan hanyalah nyamuk gak pernah kepikiran yang lain. Tapi pernah ada yang komen "mbak, kalau foto dibalik daun gitu gak takut ada ulat?" Eh ya jangan dong, karena selama ini belum pernah ketemu ulat dan jangan sampai ya. Ketemu nyamuk aja takut, tapi emang habis foto ini tanganku bentol sudah karena nyamuk. 

Waktu foto iini juga aku masuk kedalam, bisa lihat foto sebelumnya dan didepan saya sebenarnya banyak yang ngeliatin itu. Mungkin untuk mereka foto dibalik tanaman gini berasa aneh banget ya. Tapi saya happy akhirnya bisa punya foto yang diinginkan dan beda tentunya sama yang lainnya. 

Yang hebat itu adalah teman-temanku yang selalu mau dan kadang mereka inisiatif sendiri kalau sedang bersamaku. Kadang celetukan-celetukan mereka saat menawariku foto dibalik tanaman bikin ngakak dan sekarang jadi kangen. Jadi sesungguhnya foto dibalik daun pun ada usaha yang lumayan antara model dan fotografernya.

Personal Branding Lewat Foto Dibalik Daun
Foto dibalik daun

Sebenarnya ketidak sengajaan ini membawa saya dikenal oleh teman-teman sebagai "Chichie daun". "mbak foto daun" dan masih ada beberapa lagi. Jadi waktu itu sebenarnya lagi hadir diacara fotografi dan pembicaranya adalah teman sendiri juga. Lalu sedang membicarakan tentang personal branding untuk fotografer, misalnya kamu ingin dikenal sebagai food photographer atau landscape photographer atau genre yang lainnya. Lalu dia memberi contoh bahwa "Chichie ini sekarang lebih dikenal sebagai foto dibalik dedaunan". 

Jadi menurutnya bahwa selama ini saya sudah membuat personal branding di media social tentang diri saya sendiri yang suka foto dibalik daun. Ini beneran baru saya sadar setelah setahunan deh, karena emang sebelumnya gak pernah mikir sampai kesana. Ternyata memang membuat personal branding itu ada berbagai macam cara dan yang paling mudah menurut saya jadi orang yang beda dari orang lain. 

akuchichie

akuchichie

Dua foto diatas ini waktu saya sedang liburan di Sydney bulan Oktober 2019, taukan engagement instagram tahun 2019 lagi kejam banget walaupun sekarang juga masih sama sih. Nah kedia foto ini saya upload waktu disana, ini yang komen dan like banyak juga. Sampai kata kakak iparku "gila ini foto dibalik daun aja yang komen dan like banyak banget ya, padahal muka kamu gak keliatan". 

Kalau bacain komen teman-teman saya di instagram itu lucu-lucu dan sangat menghibur, alhamdulillah sih sampai sekarang saya gak pernah baperan kalau nanggepin komen. Namanya media social dimana orang bebas mengekspresikan apapun, tapi tetap harus ada batasnya sih. So far sih kalau di media social saya gak pernah ada yang aneh-aneh komennya. 

Padahal gak pernah kepikiran sih sebelumnya bakalan upload foto yang modelan kayak gini, kadang mukanya ketutup semua atau kadang samar-samar saja. Dari sini saya banyak belajar bahwa menyukai apa yang kita sukai itu lebih menyenangkan ketimbang harus ingin menjadi orang lain. 

akuchichie
akuchichie
akuchichie

Makasih ya untuk teman-temanku yang sudah dengan senang hati dan bersusah payah kadang untuk motoin yang sesuai dengan keinginanku. Kalau dulu aku lebih senang difoto ala candid gitu, kalau sekarang lebih senang muka ketutupan sama tanaman. 

akuchichie

Oh iya, ini salah satu behind the scene dimana kalau lagi pergi sama teman-teman fotografi kita jadi punya stok foto banyak. Karena mereka itu dengan rela motretin kita juga, jadi teman-temanku ini juga termasuk rejeki untukku. Ini yang difoto dan yang motoin bisa sama gitu bajunya, wakakakakaaa... 


Komentar

  1. seru juga ya pefotoan dibalik daun itu malah jaid branding dan hasilnya emang bokeh bagus gitu ya, mungkin karena mbanya juga auranya selalu positif jadi orang-orang juga selalu komen positif ke mba, stay positif ya mba dan terus menginspirasi

    BalasHapus
  2. Mba, sempat tadi aku mau nanya apakah ga takut ada ulat dan nyamuk eh sudah terjawab juga :D keren juga idenya sampai jadi branding mba foto daun wkwkwk..jadi pengen cari yang beda nih abis baca ini bosan aku dengan foto nyengir mulu wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya gak pernah mikirin ada ulat, nyamuk dan serangga lainnya. Tapi kalau ada yang nanya jadi malah kepikiran

      Hapus
  3. Building personal branding sekarang ada bermacam caranya ya Mbak. Tergantung sejauh mana kreativitas kita dalam membuatnya. ❤❤

    BalasHapus
  4. Wah bisa aja mba bikin tema foto dedaunan gini hehehe. Kalo aku krn bykan foto produk jdnya belajar foto flatlay. Hehe

    BalasHapus
  5. Wah bisa an mba...
    Branding nya unik dan khas..
    Yg keren lg bs konsisten gt ya photo di balik daun smp jd self branding gt

    BalasHapus
  6. Jadi inget kayaknya aku belum pernah foto dibalik daun kek gini..hahaha...cobain ah...mumpung belum musim kemarau daun-daun masih pada ijo...wkwkwk

    BalasHapus
  7. Nah setuju banget, personal branding Chichie udah dapet nih, poto2nya bagus, kopinya, trus poto dibalik dedaunan yang khas, syukaaa..
    Jadi kapan kita poto bareng dibalik daun sambil ngopi atulaaah..

    BalasHapus
  8. Unik, memang personal branding-nya padahal awalnya gak sengaja ya. Kebayang gak mudah pastinya.

    BalasHapus
  9. Hehehe, jadinya adem, indah, dan cantik ya, Mbak...

    BalasHapus
  10. Daun dan kopi itu udah branding Chichie banget, deh. Apalagi foto sama daun mah kayaknya belum ada yang nyamain :D

    BalasHapus
  11. keren chi, aku sering lihat foto-foto bagus chichie kreatif banget ih, pokoknya sekarang kalau lihat daun ingat chichie :D

    BalasHapus
  12. Kak! Kok kepikiran aja, sih? Hehehe. Ini bagus lhooo! Btw blognya keren, aku langsung follow. Banyak info yang bisa aku dapet dari blogmu. Terima kasih yaa :D

    BalasHapus
  13. Unik banget Mbak Chichie, ada yang mukanya sampai ngga tampak saking rimbunnya dedaunan hihi ternyata fotonya malah jadi branding ya karena unik...

    BalasHapus
  14. aku sukaaa sama foto2mu yg di balik dedaunan. ternyata udah jadi personal branding ya. keren euy! keep kreatip yaa

    BalasHapus
  15. Aku kaget loh lihat foto yang separo badan di atas gak kelihatan. Hahahaa, jadi branding malah ya. Tapi keren sih ide nya, anti mainstream gitu

    BalasHapus
  16. miss daun ya.. jadi semacam trade mark kak chichie buat foto dibalik daun begini, dan tanpa sadar aku punya foto begitu di tahun 2016 .. mau dong difotoin kak chichie

    BalasHapus
  17. Bukannya bosenin malah jadi branding ya, Chie. Lucu tuh foto mukanya yang ketutup daun. Sementara aku malah bakal pose di depan daunnya hihi. Masih belum nemu style foto kecuali kacak pinggang. Trus akunya juga ga jago pose pun

    BalasHapus
  18. unik2 fotonya, bisa sekalian promote baju juga, muka ketutup daun, baju jelas terpampang nyata

    BalasHapus
  19. ternyata lucu juga ya mbak chi foto di balik daun gitu, jadi pengen .. meskipun bukan jadi branding akuuh hhaha

    BalasHapus
  20. Jadi malah semacam branding ya Mbak. Teruskan saja kayaknya bisa dieksplorasi lebih banyak dan lebih dalam lagi. Foreground dedaunan itu memang khas.

    BalasHapus
  21. Hahaha.. lucu juga ya, Mba jadi dikenal chicie daun gara2 foro nggak sengaja. Saya liatnya juga unik jadinya. Apalagi yg bagian kepala ketutupan daun semua. Seolah daunnya kayak rambu Mba Chicie. Xixixi

    BalasHapus
  22. Kreatif, Mbak. Bisa menemukan personal branding yang unik dan bagus. Jadi sebuah ciri khas. Saya juga kepikiran, gimana kalau ada ulat atau lebahnya ya, Mbak? Mudah-mudahan gak ada ya...

    BalasHapus
  23. Hihi, kece mba, personal branding yang unik, jadi mudah dikenang dan diingat ya. Plus juga kesannya jadi klasik gimana gitu ya... Apalagi kalo dapat daun yang kece pula. Paling suka lihat foto yang di balik rumput.

    Aniwei kalau jalan sama fotografer eman enak ya, kita bisa jadi objek mereka.

    BalasHapus
  24. Aku baru ngeh" banyak foto Mbak Chicie di belakang atau dibalik daun ya ternyata. Pantes temennya pada bilang Mbak Chichie daun..Eh cakep juga ya ternyata foto di balik daun

    BalasHapus
  25. Hihihi seru juga ya foto2 dibalik daun. Tapi kalau kayak gini nggak bisa selfie ya mbak. Kudu ada yang bantuin foto. Yang penting semangat terus Mbak ChiChie Daun . hehehe

    BalasHapus
  26. Unik mbak, personal branding itu terkadang terbentuk dengan sendirinya dari style kita ya mbak. Wah selamat berhasil memunculkan personal branding tanpa sengaja begini.

    BalasHapus
  27. Hahha unik banget personal brandingnya, Mbk. Sukses deh bikin aku kagum denga foto dibalik daun dan emang jadi makin khas deh hasil fotonya.

    BalasHapus
  28. hehehe ceritanya seru, aku pikiri foto header dengan pegang daun cuma konsepnya aja yang pengen begitu, ehh ternyata begini ceritanya
    foto yang full nutupin muka itu lucu juga

    BalasHapus
  29. Yg aku lihat kesannya kaya branding "perempuan yang misterius" mba :D apalagi kalo wajahnya ga kelihatan.

    BalasHapus
  30. seneng ya mba udah punya personal branding, fotonya keren keren & unik, pengen nyoba juga nih foto dibalik daun :)

    BalasHapus
  31. jadi sebuah trend ya foto di balik daun nya hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *