Hallo!

Saya Chichie, penggemar hot latte dan es kopi susu. Lifestyle blogger, food & product photographer. Happy wife and mother from The Hariyanto's Family. Part of UploadKompakan, bulur Kompakers Bekasi.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Silaturahmi Online Dengan Beberapa Aplikasi Smartphone Untuk Mengobati Rasa Rindu

Silaturahmi secara online

Jadi ingat kata-katanya Dilan "Rindu itu berat, kamu gak akan kuat, biar aku saja..." termasuk kerinduan akan orang tua, keluarga, teman-teman dan orang tersayang. Kebayang ini para jomblo menahan rindu gak ketemu gebetannya apa kabar ya? Jadi semenjak pandemi Covid-19 yang sudah dua bulan lebih beberapa hari ini tuh, saya juga termasuk orang yang jadi jarang ketemu mamah padahal biasanya bisa dua hari sekali ke rumahnya. 

Saya rasa ini juga yang terjadi oleh semua orang di dunia, menahan rindu terhadap keluarga tersayang karena tidak bisa berjumpa. Belum lagi mereka para tenaga medis yang juga harus berjibaku dengan pekerjaannya. Kangennya mereka ini belum ada apa-apanya dibandingkan kita yang masih bisa bertemu tanpa ada rasa khawatir. 

Tapi di zaman yang serba digital dan canggih ini, rasa kangen dan rindu yang berat itu bisa diterobati walau hanya bersilaturahmi lewat beberapa aplikasi yang menyediakan fitur call group dan video call. Saya pun termasuk orang yang menggunakan beberapa aplikasi tersebut. Biasanya kita bisa nongkrong kesana kemari bersama teman-teman, liburan dan pergi ke mall bersama keluarga. 

Ini Beberapa Aplikasi Yang Bisa Kamu Coba Untuk Silaturahmi
aplikasi online

Sebenarnya banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan, tapi saya lebih sering menggunakan beberapa aplikasi  yang bisa diunggah pada smartphone. Tapi ada beberapa yang saya gunakan via dekstop atau tablet.

1. LINE
Ini merupakan salah satu aplikasi terfavorit yang ada di handphone, karena apa dia punya sticker yang lucu-lucu. Line ini adalah aplikasi untuk komunikasi yang memungkin kita untuk membuat panggilan secara gratis dan mengirim pesan secara gratis kapanpun dan dimanapun. Yang penting kuotanya ada ya atau bisa konek via wifi.

Dengan menggukana Line kita bisa ngobrol atau membuat percakapan video secara perorang ataupun grup dimana pun dan kapan pun. Line ini tersedia di semua perangkat handphone seperti iphone, Android, dan juga tersedia untuk dekstop. 

2. What's App
Sepertinya semua orang memiliki aplikasi ini di handphonenya, karena ini salah satu aplikasi yang setiap hari digunakan. Kalau ingat sama Blackberry Messenger, nah What's App tuh hampir sama deh. Ini merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkin kita bertukar pesan tanpa biaya seperti melakukan pengiriman SMS, karena What's App menggunakan paket data internet yang kita miliki. 

Tapi What's App gak cuma untuk berkirim pesan saja loh, saya selalu memanfaatkan What's App ini juga untuk kirim dokumen. Selain itu saya juga menggunakan untuk video call secara perorangan atau grup. Tapi memang saat ini kapasitas untuk video callnya belum bisa banyak orang, kalau gak salah versi terbarunya maksimal baru bisa delapan orang saja. 

3. Google Duo
Dari awal adanya si Google Duo ini, bahkan sebelum ada iklannya dengan bintang iklan Desta saya sudah menggunakan Google Duo efek iseng karena teman menggunakan Google Duo dan lebih jernih untuk video call. Walaupun sebenarnya orang masih jarang yang menggunakan Google Duo, karena banyak pilihan aplikasi lain untuk melakukan video call. Google Duo juga memiliki Enkripsi end-to-end agar lebih aman.

4. Google Meet
Ini saya gunakan semenjak memutuskan untuk bekerja di rumah jadi bisa digunakan untuk meeting. Ini jadi andalan sekali selama menjadi freelancer karena biasanya kalau mau meeting menggunakan video call banyak yang menggunakan Meet dari Google ini. 

Apalagi kemarin semenjak anakku mulai belajar dari rumah beberapa aplikasi jadi percobaan untuk kelas anak-anak dengan gurunya. Karena sejujurnya gak semua orang paham dengan aplikasi-aplikasi seperti ini. Memang benar semenjak adanya arahan bekerja dari rumah dan belajar dari rumah semua dipaksa untuk melek teknologi termasuk mamahku yang tadinya apa-apa kalau soal handphone minta tolong anaknya. 

5. Google Hangout
Sementara Google Hangout ini sebenarnya saya sendiri jarang menggunakan tapi kemarin sempat dicobain juga sih. Google Hangout ini sebuah platform komunikasi yang dikembangkan oleh Google yang termasuk untuk pengiriman pesan instan, percakapan video, sms dan fitur VOIP. 

6. Skype
Sampai sekarang ini masih ada yang menggunakan Skype untuk sarana komunikasi, apalagi mereka yang bekerja kantoran dan harus komunikasi dengan kolega yang berada di luar negeri karena rata-rata pasti menggunakan Skype. Saya pun termasuk yang menggunakan saat harus berkomunikasi dengan kakak ipar yang berada di Sydney, Australia. 

Skype ini sendiri merupakan program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Skype juga bisa diunduh secara gratis di smartphone atau dekstop, kalau saya sering menggunakan versi desktop. Selain itu Skype juga memiliki jasa yang beragam mulai dari pengguna gratis maupun berbayar. 

7. Zoom
Saya rasa semua orang pasti sangat familiar dengan Zoom, ya karena ini mendadak tenar semenjak adanya pandemi Covid-19. Ini saya pakai untuk online class anak saya selama belajar di rumah. Tapi saat pandemi sekarang banyak juga kegiatan yang tadinya offline dilakukan secara online dengan menggunakan Zoom. Enaknya lagi di Zoom ini bisa lebih banyak pesertanya. Kalau menggunakan Zoom versi gratisan hanya bisa online selama 45 menit, setelah itu terputus. Beda dengan yang berbayar, 

Enaknya lagi Zoom ini bisa diunduh melalui smartphone atau versi dekstop. Kalau saya menggunakan Zoom di tablet karena memang ini salah satu gadget yang isinya selain games memang digunakan untuk Zoom saja. Karena kemarin masih banyak isu-isu tentang Zoom jadi biar lebih aman pakai untuk tablet saja yang dalamnya memang tidak ada data apapun.

Nah, sekarang tinggal pilih deh mau menggunakan aplikasi yang mana untuk lebaran nanti. Kan bukan berarti kita lebaran di rumah tidak bisa bersilaturahmi dengan saudara dan teman. Bahkan kita bisa bikin online untuk keluarga besar dengan menggunakan Zoom. Tapi pastikan di kuota kamu ada ya, jangan sampai silaturahmi online terputus karena tidak ada kuota. 

Komentar

  1. Favoritku tetep WhatsApp hihihi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa... sama, aku pun sampai sekarang masih favorit dengan whatsapp sih

      Hapus
  2. Ntar kalo Lebaran, keluarga besar kami biasanya "kumpul" di zoom
    yg nemenin ibu mertua cuma aku dan anakku.
    Yg lain nyebar di Bekasi, Tangsel, Bandung, Madiun
    Dan untunglah ada ZOOM :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama mbak, ini juga di keluarga besar memilih zoom untuk silaturahmi nanti

      Hapus
  3. banyak aplikasi yang disediakan supaya bisa tetap bersilaturahmi dari rumah saja saat lebaran nanti dan mungkin ya.. setelah lebaran. yang penting koneksi kenceng sekenceng kilat cusss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi kak, kita bikin apa nih silaturahmi via video call lagi kayak kemarin bukber?

      Hapus
  4. Beruntung ya jaman sekarang banyak sekali aplikasi yang memudahkan untuk berkomunikasi dengan orang-orang tercinta. Jarak tak lagi menjadi masalah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jadi sekarang kalau mau silaturahmi virtual sudah lebih mudah

      Hapus
  5. Anakku waktu itu pakai gogle meet . Awalnya susah tapi trus ada kemudhahan juga sih, Setidaknya kita bisa lebih silaturahmi ya mba

    BalasHapus
  6. Kalau saya dan keluarga di kampung pakai google Hang Out nih Mbak. Jadi besok mau mencoba lagi buat silaturahmi pakai aplikasi ini. Semoga lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya ada temanku juga kemarin pakai google hangout

      Hapus
  7. Alhamdulillah yah mbak kita hidup di jaman modern saat ini jadi semua bisa serba online termasuk silahturahmi ya mbak

    BalasHapus
  8. Paling sering pakai WA, Google duo, dan Zoom hehe. Bersyukur deh hidup di masa sekarang di mana tatap muka masih bisa digantikan oleh video call dan aplikasi chatting ya mbaak

    BalasHapus
  9. Bener bngt y mba apapun bisa dilakukan utk silaturahmi online dh bnyk aplikasi di handphone yg Kita bisa gunakan sbg jembatan

    BalasHapus
  10. untugnya pandemi ini muncul di saat teknologi sudah canggih ya mbak jadi walau ga bisa ketemu langsung masih banyak cara untuk bertatap muka :)

    BalasHapus
  11. Pilihannya lumayan banyak ya.. tinggal pilih mana yang lebih hemat kuota kayaknya nih..

    BalasHapus
  12. Semuanya pernah kupake. Tapi yang paling sering zoom. Cuma aplikasi ini kepakenya sama temen aja. Sama keluarga atau sodara malah belum kepake aplikasinya. Kalau ga ada si Covid ini mestinya hari kedua atau ketiga lebaran jadi silaturahmi keluarga besarku. Hiks jadi tertunda nih

    BalasHapus
  13. Hampir semua pernah kupakai. Kcuali google duo, meet, sama zoom heheh

    BalasHapus
  14. Aku hanya pakai WA haha kuno pisan ya, yang lain belum pernah coba termasuk Zoom yang hits banget...

    BalasHapus
  15. Cuman WA dan zoom yang aku tahu dan kupake selebihnya malah baru tahu wkwk klo skype sih pernah buat interview karyawan online tp jarang juga dipake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penasaran sama google meer itu ntar ah cobain hehee

      Hapus
  16. Kalau aku, yg paling sering kepakai ya WA ama Line. Sisanya ada yg pernah pakai, ada yg baru2 ini coba pakai. Tapi masih suka bingung pakainya karena belum terbiasa sih

    BalasHapus
  17. Selama di rumah aja aplikasi yang biasa aku pakai wa, zoom dan skype tergantung sih dengan siapa berhubungannya, kalau dengan orangtua biasaya pakai video di wa

    BalasHapus
    Balasan
    1. WA lebih simple yaa, kak.
      Pengen coba LINE siih...tapi beurat apps nya yaa...padahal banyak update berita terkini.
      Hehheeh~

      Hapus
  18. dari semuanya aku cm berani pake WA coba. Baik video call dsb. Krn keluarga besar jg taunya cm WA sih. Jd males install yg lain.. Wkwk

    BalasHapus
  19. Paling banyak kepake saat WFH dan SFH kemarin adalah zoom meeting.
    Kalau lainnya, kita uda trial and eror, kayanya...yang paling oke zoom deeh...meski kalau belum premium, setiap 40 menit sekali, mesti disambung ulang.

    BalasHapus
  20. Khusus untuk Zoom saya instal di hape yang tidak digunakan sebagai daily driver mba. Yaa karena cenderung rada parno kan waktu itu berhembus berbagai kabar yang tidak enak soal penyalahgunaan data-data pengguna zoom ini.

    BalasHapus
  21. Silaturahmi kemarin pas hari lebaran di keluarga suami menggunakan zoom. Rame karena baru kali pertama ya, apalagi ini saudara se-nusantara, ada yang udah sepuh juga

    BalasHapus
  22. Aku paling sering pake app wa buat nelpon eyang kalo di kampung selalu pake nya wa

    BalasHapus
  23. paling praktis dan gampang bagi saya yaah WA aja sih mba, apalagi kalo mau vidcaal ama saudara ya itu aplikasi yang pasti mereka punya. btw ma kasih ulasannya ya

    BalasHapus
  24. Sy pun ga mudik jd silaturahmi online sm keluarga d Bandung via video call

    BalasHapus
  25. aku pakai semuaaa tuh mba semua platform yang ada di atas hehehe. Soalnya memang banyak bangeet pertemaun virtual yang dilakukan selama pandemi

    BalasHapus
  26. Aku pun download semua palikasi ini Mba di HP. Karena setiap klien beda-beda permintaan pakai aplikasi apa untuk meeting. Jadi ngga gaptek lagi nih aku ehehe

    BalasHapus
  27. Aku pun tidak bisa pulang kampung, kerinduanku pada kakek nenek dan saudara dijembatani oleh video call dari aplikasi WhatsApp

    BalasHapus
  28. Dari semua app diatas yang paling sering aku gunakan yaitu line dan WA. menurut aku lebih simple dan praktis aja gtu. Mengobati rindu dengan bertemu secara virtual, semoga pandemi ini cepat berlalu :'D

    BalasHapus
  29. skype, WA, dan Zoom menjadi favorit saya mba, tergantung teman-teman, kalau belahan dunia lain kebanyakan pakai Skype, temen-temen Indonesia kayak temen kuliah pakai Zoom, WA only with him hheheehhe, punya fungsi dan kenyamanan masing-masing

    BalasHapus
  30. insyaAllah silaturahmi online tetap terjaga untuk lebaran kali ini ya mba, mohon maaf lahir dan batin ya

    BalasHapus
  31. Anakku waktu itu nyoba google meet mba. Dan alhamdulillah memudahkan juga untuk digunakan ya

    BalasHapus
  32. Aku kemarin pakainya Zoom sama WA hahahaha. Soalnya paling banyak dipakai dan paling gampang sih kedua aplikasi ituu

    BalasHapus
  33. Kita silaturahim online pake whatsapp video call mbak, apalagi sekarang bisa 50 peserta ya

    BalasHapus
  34. Eah baru tau aku kalo ternyata sudah ada begitu buanyak ya yang bisa buat video call. Kudet

    BalasHapus
  35. Yang aku gunain di masa PSBB: Zoom. Terus yang aku gunain pas lebaran virtual itu Whatsapp. Lumayan cuma bisa conference juga.

    BalasHapus
  36. Aku dulu sejak zaman kkuliah suka skypean sama teman2 yg belajar di LN, pas kmrn ada event online pakai skype eh kok berubah semua hahaha. Menurutku gak seasyik dulu aja :D

    BalasHapus
  37. Beberapa belum aku praktikkan Chie
    biasanya make whatsapp atau messenger rame-rame sama sekeluarga aja
    Menyenangkan ya jaman sekarang bisa silaturahmi online karena banyak apalikasi bisa dijadikan ajang kangen

    BalasHapus
  38. I wish I have people to VC with but nevertheless, thank you for this post.
    I'm sure this post will help a lot of people to get close with each other even though they are far.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *