Nice to meet you!

Holla... Saya Chichie, penggemar hot latte dan americano. Hobinya nenteng kamera karena setiap jepretan adalah cerita yang indah. Indonesian Lifestyle Blogger and love travelling.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Bikin Foto Latte Art Pakai PicsArt, Serasa Ngopi di Coffee Shop

akuchichie photography

Karena sudah lebih dari dua bulan gak main ke coffee shop, jadi kegiatan ngopi ala coffee shop kita pindahin ke rumah dulu. Beruntungnya di rumahku dekat sekali dengan beberapa kedai kopi seperti Kopi Jendela, Omni Coffee, Kedai Kopi Kani, Kopi Manyar, Kedai Kopi Tuku, Indische Coffee, Tosuka Coffee dan masih ada beberapa lagi. 

Tapikan ini masih dalam masa pandemi Covid-19 jadi belum berani main ke luar apalagi ke coffee shop. Tapi sudah kangen banget bikin foto kayak di coffee shop, tapi apa bisa dilakukan #dirumahaja? Nah, beberapa bulan lalu tuh sempat ngobrol dengan salah satu teman yang punya usaha produksi alas foto. Ceritanya saya tuh pengen nitip dia kalau beli fake latte art ala coffee shop, karena selama ini suka lihat dia posting dengan beraneka macam gelas.

Setelah ngobrol panjang tentang pemesana pembuatan fake latte art itu memakan waktu lama, lalu dia kasih tau edit aja di PicsArt pasti bisa kok. Karena kebetulan dia juga pakai PicsArt untuk editing, ini gak langsung praktekin karena biasanya sok sibuk. Akhirnya setelah bingung moto apalagi di rumah, maka keidean deh nyobain editing foto dengan PicsArt

Percobaan pertama sebenarnya lagi tema UploadKompakan "Putih-Abu" mau coba deh sekalian praktekin editing latte art di PicsArt. Ternyata gak disangka deh emang PicsArt ini juara deh untuk aplikasi editing menggunakan handphone. Bisa lihat foto yang serba putih dengan background warna abu itu percobaan pertama edit pakai PicsArt.

Step by Step Foto Ala Coffee Shop #dirumahaja
akuchichie photography

Ini cara paling mudah sebenarnya untuk yang suka ngoprekin aplikasi di smartphone, ini bisa jadi salah satu cara biar foto kamu seperti di coffee shop beneran. Jujur sih sekali nyobain langsung jatuh cinta dan selalu mencari alasan untuk motoin coffee ala-ala coffee shop. 

1. Angle Foto
Yang paling utama saat pengambilan fotonya harus pas, sebenarnya di PicsArt menyediakan beberapa angle untuk Latte Art jadi lebih mudah lagi. Tapi saya sendiri selalu mengambil gambar dengan konsep Flatlay agar lebih mudah lagi untuk mengedit latte art yang nanti akan di tempel.

2. Pastikan Punya Aplikasi PicsArt
aplikasi picsart
Photo by Google

Karena kita menggunakan aplikasi untuk smartphone, maka aplikasi yang digunakan adalah PicsArt. Yang belum punya aplikasinya bisa download di appstore atau playstore, ini merupakan aplikasi gratis. Tapi kalau mau menggunakan beberapa fiturnya harus bayar. 

3. Mulai Edit Foto dengan PicsArt
step by step edit foto di picsart
step 1: siapkan foto
step by step edit foto di picsart
Step 2: pilih latte art
step by step edit foto di picsart
Step 3: posisikan latte art

Buka aplikasi PicsArt yang sudah terpasang di smartphone kalian, lalu pilih foto yang akan diedit. Untuk ukuran fotonya ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan feed masing-masing ya. Mau pakai ukuran square (1:1) atau portrait (5;4) juga boleh, atau yang feednya banyakan ukuran landscape juga bebas. 

Setelah fotonya sudah dipilih, lalu pilih "add sticker" nanti ketik dibagian kolom atas "latte art" atau dengan kita hanya mengetik latte saja nanti sudah ada sendiri kok pilihannya. Nanti keluar deh pilihan latte art yang ada di PicsArt, tinggal pilih yang mana kita suka dan sesuai dengan gelas yang kita gunakan.

Setelah itu tempel diatas gelas yang kosong tadi, nah ini mulai deh mengatur komposisi latte art diatas gelas. Kalau saya setelah pas, masih saya edit lagi untuk ketajamannya agar tidak terlihat tempelannya. Untuk yang terbiasa menggunakan aplikasi PicsArt ini gak perlu waktu lama kok untuk bikinnya. Saya hanya 1 menit untuk bikin ini di PicsArt. 

Setelah fotonya jadi tinggal posting deh ke sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dan yang lainnya. Jadi punya foto ala coffee shop. 

Hasil Editan Latte Art Menggunakan PicsArt
akuchichie photography

akuchichie photography

akuchichie photography

Nah kurang lebih seperti ini deh vibes ngopi ala di coffee shop, tapi emang biasanya kalau ke coffee shop saya sendiri selalu foto kopi dengan beberapa printilan. Biasanya pakai apa saja yang dibawa tapi suka juga minjem majalah atau apapun yang bisa di foto disana. 

Selama #dirumahaja juga masih kok order kopi setiap hari, karena ada kopi yang jadi favorit banget. Tapikan gak mungkin saya bikin latte art. Selain gak bisa dan gak punya juga alatnya di rumah, jadilah kita bikin konten ngopi ala di coffee shop saja. 

Kemarin saya juga bikin yang green tea latte art, jadi beneran ketagihan nyobain juga. Sebenarnya PicsArt ini alternatif kalau kamu males ngedit pakai Photoshop di Laptop. Karena selain tempel menempel gini, kamu juga bisa kok bikin foto ala-ala digitial imaging. 

akuchichie photography

akuchichie photography

Yang paling penting sih cara ngambil fotonya pas, terutama untuk gelasnya. Jadi sebenarnya gak cuma flatlay aja tapi juga bisa dengan eye level juga kok. Nah, selamat mencoba ya teman-teman. Sharing juga dong, teman-teman lebih sering menggunakan aplikasi apa di smartphonenya? 

Komentar

  1. Ommoooo.. Makasih banget kachie info nya.. Aku mau coba juga ah.. Blm pernah sih pakai apps ini.. OK lah langsung donlot ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cus deh di pakai appsnya, seru juga untuk ngedit yang lainnya

      Hapus
  2. Wow...ada istilah flat lay ada juga eye level. Sebagai orang awam akan app.PicsArt ini rada bingung. Jd mending langsung nyoba aja x ya. Masa sih gak bisa, kan ada aplikasinya, ya. Chichie, bunda bakalan bisa gak ya, hehe... Chichie nyoba cuman 1 menit jadi dan hasilnya dengan tampilan yg aduhai keren bersama printilannya. Serasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bunda, lumayan untuk mengisi kegiatan di rumah ini. Bunda pasti bisa juga kok, kalau untuk pemula memang pasti agak bingung-bingug dengan tata letaknya.

      Hapus
  3. Wah, keren amat hasilnya nih, berasa mau ngopi aja sekarang hihihihi :D Kepoin ah dan download picsart biar foto makin cakep. Banyak juga ya pilihan latte nya kayak riil gitu. Suka lihatnya. TFS mbak Chichie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini juga berkat curhatan bersama temanku kala ngobrolin fake latte art dan ternyata ada cara yang lebih mudahnya.

      Hapus
  4. Ahhh keren banget ini. Makasih ilmunya bunda Chichie idola aku

    BalasHapus
  5. Selama ini selalu pakai picsart buat gabung-gabungin gambar, tapi ga pernah kepikiran buat ngedit flatlay latte gini, boleh juga dicoba, terima kasih banyak tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malahan pakai PicsArt ngedit tone doang, ada beberapa tonenya dia yang bagus banget.

      Hapus
  6. Kirain lau udh tauuu pas komenin latte artku waktu ituu.. kece kan, pasti ketagihan deh.. ­čśé­čśé

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak tau, ini makanya baru tau waktu itu pas ngobrol sama mas Ilham

      Hapus
  7. Opst ketahuan deh. Cara bikin cakep kopi latte art cuma pakai picsart. Tidak perlu berbulan bulan kursus kopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mpok, lumayan ini mengobati rasa kangen sama latte art coffee shop

      Hapus
  8. Wah mba kerennnn ikh. Aku baru tahu lho di pics Art bisa gini. Perlu download ini ya aplikasinya. Kayaknya blogger butuh deh ya aplikasi ini selain snapseed dan lighroom ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, banyak sebenarnya kebisaan PicsArt ini namun aku baru pakai ngedit foto ya untuk nempel Latte Art.

      Hapus
  9. Wah aku pakai PicsArt buat apa saja yaa nggak tahu ada fitur ini hihihi..asli makin cakep fotonya mbak Chichie..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku pun biasanya untuk edit tone foto doang karena ada tonenya dia beda dengan apps lain

      Hapus
  10. wah aku baru tahu, bisa bikin latte art dari pics art hehehee ilmu baru, thanks for sharing mbak, btw journalnya kece, beli di mana mbak?

    BalasHapus
  11. Eh, koq kebetulan sih ada postingan ini pdhl beberapa hari sebelumnya aku sudah download PicsArt (serius) tapi belum digunakan, harus dicoba nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, cus deh dicobain apalagi kayak sekarang ini bisa bikin konten di rumah itu buatku prestasi banget. wakakakakaaa

      Hapus
  12. Uwiiww asiknyoo dapet ilmu baru nih, hehe. Dari kemaren tuh suka amazed banget sama temen2 yang photo “kopi” nya se “art” kaya di coffe shop. Dan sekarang giliranku mau coba dengan apps Pics Art hehe. Makasih info nya yah mba ;)

    BalasHapus
  13. Wah keren banget mbak, aku selalu iri nih sama teman-teman yang pinter edit foto keren kayak gini.
    Thanks mbak sharingnya, ilmu baru bagi aku!

    BalasHapus
  14. Bermanfaat banget infonya kak, berguna banget nih buat yang mau bikin foto ala ala di caffe

    BalasHapus
  15. picsart salah satu photo editor yang aku pake juga nih, malah sebelum kenal canva, snapseed, inshot dll udah pake picasrt ini, cuma emang baru tahu lhoklo ada sticker kece kayak gini...coba aah...
    TFS yaaks

    BalasHapus
  16. Kreatif Mbak! Aku pengguna setiap Pics Art tapi ngga kepikiran ngoprek kayak begini hehe ngga kelihatan editan juga hasilnya euy. Beras aasli banget

    BalasHapus
  17. Selama ini aplikasi picsart juga suka digunakan, hanya belum sesering gunakan snapseed atau Adobe Lightroom, dan VSCO. Tapi yang penasaran adalah, itu alasnya pakai apa dan pakai kameranya apa, mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga penasaran kayak Man Mira, alasnya dan efeknya juga hehe ditunggu jawabannya Mbak Chie

      Hapus
  18. Aku suka mbak dengan aplikasi yang bisa edit foto jadi cantik gini. Belum pernah download picsart jadi mau cobain dan buat gambar atau foto makin cantik gini.

    BalasHapus
  19. Wah, makasih sharingnya, bikin juga ah... Saya juga suks pakai picsart tapi cuma untuk bikin kolase, hehe...

    BalasHapus
  20. Wah baru tahu klo gambar latte art itu ada aplikasinya makasih mba...sekarang ga bingung lg klo mau foto ala2 cafe tp ga ada kopinya heheh

    BalasHapus
  21. AKu punya picsart di hpku tapi ga pernah ngulik banyak. Paling buat flip foto balikin dari kiri ke kanan atau sebaliknya gitu. Ternyata bisa seseru ini ya hihihi ke mana aja ih aku tuh

    BalasHapus
  22. Mengobati kerinduan jika biasanya nongkrong di kedai kopi yg kece. Btw pic Art juga jadi andalan aku untuk edit2 gambar

    BalasHapus
  23. Eyampuuun. Kemana aja aku baru tahu ini. Mayan lama juga sih gapake picsart. Haha. Lucukkk. Bikin ahhh pankapan

    BalasHapus
  24. Wow bisa eye level juga yaa, ngga cuma buat foto flatlay, cuss cobain ahh. .Btw Mbaa, itu rumah deket kafe2 kopi kalau aku sama Paksu pasti tiap hari gofood kopi hahahha. Tfs Mbaaa

    BalasHapus
  25. Kemarin aku malah lagi belajar coffe splash eh ke postingan ini dapat kata kunci baru si latte art. Pan kapan mau coba bikin ihiiyy....

    BalasHapus
  26. PicsArt favoritku juga nih Mbak..banyak template, banyak stiker, suka nempelin asap2 wkwkw.. Selain PicsArt aku juga pakai Adobe Lightroom, Snapseed dan Phonto. Masih belajar. Masih coba edit-edit.

    BalasHapus
  27. Stiker di PicArt memang andalan banget deeh...
    Tapi aku baru tau kalau ada efek coffe latte nya gini.
    Jadi....gajadi beli prop foto?
    HIhii...kepo, soalnya aku pen alasnya, kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kadang mesti ganti ke premium yaa, kak Chie.
      Apa kak Chie PicArt nya juga uda berbayar?

      Hapus
  28. Wow, aku baru rahu di PicsArt ada sticker khusus kopi. Uwowooo... thanks mba infonya aku butuh banget buat mempercantik foto.

    BalasHapus
  29. Hoooo Pics art bisa gitu ya? Kereeeen dah. Tapi fotonya emang cakep2 sih, makin kece setelah ada sentuhan latte art-nya itu. Kasih tips pakai pics art untuk foto lainnya dong, mbak.

    BalasHapus
  30. Pics art ini aku tau dari ignya awkarin tempat edit foto dimacem-macemin yang anak muda banget. Sempet download tapi bingung pakenya. Sekarang gak lagi karena pas baca ini ternyata segampang itu..

    BalasHapus
  31. Gemes banget sama latte art-nya. Lagi pandemi gini dan nggak bisa ngupi di kafe, ngedit foto kopi di rumah pake Picsart ini bisa untuk mengobati rasa kangen minum kopi di kafe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya kak, aku udah cobain nih bikin foto ala-ala di kafe dengan pake tutorial picsart kak Chichie dan suamiku langsung ngambek dong. Dikiranya aku pergi jalan-jalan ke kafe tapi nggak ngajak dia. Wkwkwkkw.

      Hapus
  32. Cakep banget ini mba. Aku jadi pengen coba bikin latte art dan baru tahu banget loh ini. Sukaaaa

    BalasHapus
  33. harus pics art yang berbayarkah? hehheh masih gratisan nih, dan biasanya emang pakai pics art, pilihan editingnya banyak

    BalasHapus
  34. Dulu pernah pake picsart skrg uda bs bikin latte art aja ya. Skrg aku pakenya lightroom sama snapseed aja mba.

    BalasHapus
  35. Sumpah baru tau hahaha bagus bgt ini flatlaynya bebb. Aku mau coba ah edit di picsart ini

    BalasHapus
  36. ampuuun! hahaha jadi ini tuh ditempel pake stiker di Picsart! ga kepikiran!
    bahkan ku foto aja cangkir kosong trus ditempel dengan latte art, hahaha
    nice idea!

    BalasHapus
  37. Picsart memang membantu bangeet ya mba.. aku juga suka pakainya hehehehe

    BalasHapus
  38. Waah menarik banget ini buat dicoba kebetulan aku pengguna PicsArt juga nih hihi thanks for sharing ilmunya yaa Kak bermanfaat sekali

    BalasHapus
  39. Woaaah photohack banget nih! Berasa pergi ke cafe! Auto bikin mood happy

    BalasHapus
  40. kakkk! aku baru tau banget bisa begini! Jadi kece parahhh haha fix abis ini mau cobaaa haha

    BalasHapus
  41. Aku kira kak chichie beneran bikin latte art loh ahahhaa. NAnti aku mau coba ah, yang matcha gemes bangeeet :D

    BalasHapus
  42. keren mba CHi, aku jarang banget bikin design-design foto gitu dan edit-edit foto, lihat ini jadi tertarik pengen nyobain bikin seni-seni foto, tertarik banget deh

    BalasHapus
  43. Wah kak Chi kereen, terima kasih yaa tipsnya. Inu ternyata mudah dan hasilnya keren abnget yah, tinggal kita cari angel yang cocok ajaa yaah hehe

    BalasHapus
  44. Aku suka edit2 foto, dan beberapa aplikasi udah pernah coba. Tapi belum pernah coba picsart, kayaknya bagus juga ya ... Install aahh ...

    BalasHapus
  45. Ya ampun jadi cakep banget yo fotonya.
    Mas Hadi juga suka make picart kalau edit foto, hasilnya emang keren banget ya Chie.
    HUaahh kapan-kapan berguru ah.Lateenya cakep-cakep

    BalasHapus
  46. Kalau foto kopi di rumah kan tampilannya suka biasa aja kopinya. Jadi cakep kalau pakai pics art latte art begini, ya

    BalasHapus
  47. Ternyata latte art bisa diedit pake PicsArt toh. Baru tahu aku loh..

    Info yang bermanfaat nih ­čĹŹ

    BalasHapus
  48. Kebetulan banget aku pake Picsart ini beneran kayak di kafe hahaha keren banget sih!
    Ditunggu tutorial lainnya ya Mba :)

    BalasHapus
  49. Keren ya,boleh dicoba kayanya nih

    BalasHapus
  50. Wahh ilmu baru ni..
    Ternyata seperti itu ya caranya, wajib di coba..
    Thx for sharing kak

    BalasHapus
  51. Oh so this is how you do it. No wonder some of your photos have a fresh looking latte art.
    Thank you for this tutorial.

    BalasHapus
  52. Hasil fotonya bagus bagus kak, mau belajar juga ah, dari sharing panduannya kak, makasih

    BalasHapus
  53. Keren banget kak hasinya, in isih emang fotonya yg udah keren ditambah lagi pakai stiker piscartnjadi lebih hidup ya. Sebelum pakai pisc art untuk tone warnaya edit dimana mba ? Boleh tau kah ? Hehehe

    BalasHapus
  54. Astaagaa, baru tau bisa sekeren ini. Makasih sharingnya Mba, jadi gatel pengen nyoba. Selama ini belajar infografis pakai Canva, tapi buat ilustrasi ambilnya di picsart lebih kece dan hidup. Sekarang dapat ilmu baru lagi. Nuhun Mba

    BalasHapus
  55. Cara edit pake picsart ini gampang banget ya, tinggal ikutin tutorialnya bisa langsung jadi. Aku udah cobain..

    BalasHapus
  56. Ini sih beneran kece hasil nya ya, dan ternyata itu simple banget ya mba

    BalasHapus
  57. Dulu pas masih awal2 pake Instagram pake PicsArt bt edit foto. Nah skrg udah banyak ya fitur barunya. Mau coba donlot lagi deh

    BalasHapus
  58. saya jg pakai picsart buat edit foto biar makin menarik. ada fitur stiker yg gratis itu loh yg bikin makin jatuh cinta. caranya jg gampang, klik2 doang dan atur di posisi yg dimau

    BalasHapus
  59. Jadi keren ya hasil fotonya mbak, padahal saya udah lama pakai picsart tapi blm otak atik banget. Mesti coba nih

    BalasHapus
  60. Tips-nya recommended banget buat dieksekusi, makasih banget ya kak!

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *