Nice to meet you!

Holla... Saya Chichie, penggemar hot latte dan americano. Hobinya nenteng kamera karena setiap jepretan adalah cerita yang indah. Indonesian Lifestyle Blogger and love travelling.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Saat Keluar Rumah

patuhi protokol kesehatan

Rasanya sudah kangen banget pengen keluar rumah dan berjumpa dengan keluarga, saudara dan teman-teman. Sudah 4 bulan saya berada di rumah saat pertengahan Maret 2020 diumumkannya untuk melakukan kegiatan #dirumahaja. Jujur sih saya tuh bukan anak rumahan banget, karena kakinya gak bisa diam. 

Pilihan untuk mengikuti anjuran di rumah saja sangat tepat menurutku, karena dengan begitu kita juga mengurangi penyebaran virus. Awalnya biasa saja tapi begitu jumlah pasien yang terkena Covid-19 bertambah jadi tambah parno dong. Makanya waktu lihat orang-orang masih pada cuek dengan adanya pandemi Covid-19 ini tuh saya tuh sebel banget, sebegitu mereka menganggap remeh. 

Silaturahmi bersama keluarga dan teman pun saya lakukan via online, bahkan saat lebaran kemarin pun kami memilih bersilaturahmi via online dan membuat jadwal di aplikasi chat online. Jadi beneran tuh kalau keluar rumah hanya untuk membeli bahan mkanan saja, selebihnya kami memilih diam di rumah. 

Sekarang semenjak diberlakukannya "new normal" sudah mulai aktif lagi beberapa kantor, mall, tempat wisata, resto dan lainnya. Tentu dengan memberlakukan peraturan-peraturan baru, tidak serta merta mereka buka begitu saja. Yang paling terlihat adalah membatasinya jumlah pengunjung, dan juga protokol kesehatan. 

Memberlakukan protokol kesehatan ini memang sangat penting sekali, tidak hanya untuk tempat-tempat yang ramai pengunjung saja. Seharusnya memang sesuai dengan protokol kesehatan, sekarang itu orang sudah wajib menggunakan masker saat keluar rumah.

menggunakan masker kain

Setiap orang juga harus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, jangan sampai merugikan orang lain. Apalagi sekarang memasuki pola hidup normal yang baru di tengah pandemi ini. Bahkan beberapa tempat belanja dekat rumah memang mewajibkan menggunakan masker, jika tidak ya tidak boleh masuk.

Patuhi Protokol Kesehatan Saat Ke Luar Rumah

Yang pasti semenjak pandemi ini jadi ekstra memperhatikan kesehatan dan kebersihan juga. Saya selalu membawa pouch yang isinya, masket kain, hand sanitizer, sabun, cairan disinfektan, spray antiseptik dan sabun yang memang selalu saya bawa setiap ke keluar rumah. Protokol kesehatan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Cuci tangan, ini tuh jadi sering kami lakukan. Apalagi kalau dari luar atau habis menerima paket atau makanan yang kami order sudah pasti harus mencuci tangan dengan bersih setelah membuka. Mencuci tangan dengan cairan pencuci yang mengandung antiseptik dan pastikan mencuci dengan menggunakan air yang mengalir. Ikuti juga tahapan mencuci tangan dengan benar ya.
  2. Tidak menyentuh wajah saat kita berada di luar rumah, khususnya mata, hidung dan mulut. Tapi memang saya kalau di luar rumah dan tangan belum dicuci tidak pernah menyentuh wajah karena takut infeksi atau iritasi. Secara tidak langsung, tangan merupakan tempat virus saat kita berada di luar rumah.
  3. Gunakan masker, karena menggunakan masker sekarang ini sudah kewajiban karena memang demi mengurangi penyebaran virus itu sendiri. Sebaiknya membawa cadangan masker saat kita ke luar rumah, karena ternyata masker itu harus diganti setiap 4 jam sekali. 
  4. Menerapkan etika batuk dan bersin, harus menutup mulu dan hidung dengan menggunakan lengan atas bagian dalam. Ini tuh pernah ada video peraganya di media sosial, jadi bukan karena kita pakai masker tapi batuk dan bersin seenaknya. 
  5. Jaga jarak sosial, ini penting untuk kamu yang sudah mulai aktifitas atau pergi ke luar rumah. Kadang masih suka gemes sih kalau lihat orang yang gak mau jaga jarak sosial. 
  6. Menjaga kesehatan, yang paling penting adalah selalu melakukan olah raga teratur, makan dengan cukup gizi dan tidak lupa vitamin. 
  7. Membawa perlengkapan makan dan minum sendiri, ini juga penting banget karena tidak menutup kemungkinan adanya virus di peralatan makan.
Deteksi Cepat Covid-19
aplikasi halodoc

WHO sebagai organisasi Kesehatan Dunia juga memberi himbauan kepada negara-negara  di Asia Tenggara yang mulai melonggarkan penguncian dapat secara cermat memberi penilaian terhadap epidemiologi lokal dalam memandu tindakan untuk memerangi virus Corona ini. 

Kalau nonton berita di televisi tuh, sekarang semenjak diberlakukannya new normal juga diberlakukan rapid test. Sekarang kita gak perlu khawatir lagi kalau mau tau covid test Jakarta caranya pun gampang banget. 

Tapi emang beneran deh semenjak adanya Halodoc tuh berasa banget untuk mencari informasi seputar kesehatan jadi lebih mudah dan yang pasti lebih terpercaya. Jadi selain untuk melakukan pembelian obat, saya menggunakan Halodoc juga untuk membuat janji dengan dokter dan juga curhat. Iya waktu bulan April 2020, mungkin karena parno banget sama virus Corona jadi tuh saya curhat deh ke dokter yang ada di Halodoc. 

Sempat jadi obrolan juga nih di beberapa grup whats app yang saya ikuti, tentang covid test di Jakarta. Kadangkan suka malas ya kalau kita harus telp dulu rumah sakitnya, untuk tanya-tanya tentang informasi gitu. Jadi ada teman yang harus melakukan tes swab sebelum ia masuk kerja dan nanya deh, rumah sakit mana saja yang menyediakan tes swab ini.

Langsung deh saya anjurkan dia untuk cek pakai aplikasi Halodoc, karena dia akan menunjukkan rumah sakit terdekat dari tempat tinggal kita. Untuk cara-caranya sebagai berikut:

aplikasi halodoc

Pastikan kamu punya aplikasi Halodoc di smartphone atau bisa juga buka www.halodoc.com nanti kamu harus login terlebih dahulu agar memudahkan penggunaan aplikasinya. Secara otomatis Halodoc akan mendeteksi wilayah keberadaan kita. 

Pada halaman depan aplikasi Halodoc akan ada pilihan Tes Covid-19, langsung deh pilih nanti akan keluar juga berbagai macam tes yang dibutuhkan. 

covid test Jakarta

Nanti akan muncul deh beberapa tes yang ada berdasarkan urutan rumah sakit terdekat dari tempat tinggal kamu. Mulai dari Rapid Test, Home Care PCR Test, Home Care Rapid Test, Pemeriksaan PCR, Swab Test. Paketnya pun beragam sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan. 


covid test jakarta

Setelah memilih test yang diinginkan akan keluar Detail Dokter, kita juga bisa konsultasi dulu loh sebelum akhirnya membuat janji. Mudah bangetkan, ini kenapa aku suka banget sama Halodoc karena memudahkan penggunanya sekali dan yang paling penting adalah user friendly.

Komentar

  1. IYA SAMAAAAA kaki aku juga gateelll bgt hihihi
    Semogaaaa badai covid segera berakhir
    semoga kita semua sehaaatttt ya

    BalasHapus
  2. Aku pun pergi-perginya pas perlu aja kaya belanja juga ke ATM. Selebihnya di rumah. Patuhi protokol kesehatan tuh wajib banget dan dimulai dari diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal semenjak new normal gini jadi semakin bertambah, serem lihat angkanya.

      Hapus
  3. Semoga New Normal ini pada patuh protokol kesehatan ya mba. Kayaknya masih banyak aja nih yang gak pada pake masker hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masih banyak yang bandel gak ngikutin protokol kesehatan juga

      Hapus
  4. nah ngerinya, orang2 udah pada cuek mba :( banyak yg ga pake masker skrg tu huhhuu makin ngeri aku jadinya kalau mau keluar rumah tu

    BalasHapus
  5. Walau sudah new normal, tapi jumlah yang positif masih tinggi lho jadi kita harus tetap waspada yah mbaak. Aku pun sudah 4 bulan gak keluar rumah, sebisa mungkin semua dibeli online dan cashless aja karena serem juga megang uang yaaah.

    Cocok sekali aplikasi Halodoc ini karena membantu kita mendapat berbagai informasi kesehatan di masa pandemi yang lagi gak bisa kemana-mana yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, semakin tinggi jumlahnya karena memang dasarnya sebelum new normal ini masih banyak juga yang nakal

      Hapus
  6. new normal bukan berarti bisa berkeliaran asal-asalan ya mbak, ngeri liat orang berjubel di keramaian. Aplikasi halodoc ini bener bener memudahkan ya mbak kita bisa konsultasi juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntah ya orang-orang ini gimana mikirnya tentang wabah ini kayak santai banget.

      Hapus
  7. Thanks Chie selalu mengingatkan hal baik, apalagi protokol kesehatan saat ini yang penting banget kalau bepergian kemana-mana. Aku paling sebel orang nggak make masker, trus batuk gitu di jalan. Masih banyak yang nggak jaga kondisi kok di sini.

    BalasHapus
  8. Finally menyentuh angka 4 bulan. Dulu 2 minggu aja rasanya gelisah banget. Gak nyangka udah 4 bulan aja di rumah aja. Enak banget semua layanan lengkap di halodoc ya

    BalasHapus
  9. Aku belum pergi-pergi nih new normal, belum ada event blogger juga paling hanya belanja ke supermarket huhu semoga cepat aman ya..

    BalasHapus
  10. Halodoc ini membantu banget ya, bisa beli vitamin dan obat dari rumah aja hehe

    BalasHapus
  11. berarti dengan aplikasi Halodoc ini kita bisa cari rumah sakit terdekat untuk rapid test ya, ada niat sih pengen rapid test pengen pulang kerumah ortu boleh deh nanti coba install Halodoc

    BalasHapus
  12. Bukan kangen lagi Mba. Inginnya jalan-jalan keliling Indonesia lagi, keliling benua lagi. Setuju nih, kita keluar rumah tetap perlu dan wajib perhatikan protokol kesehatan

    BalasHapus
  13. New normal sesungguhnya bikin malas keluar rumah kalo gak terpaksa. Karena habis bepergian, beberesnya jadi super ribet 😅

    BalasHapus
  14. I hate staying at home but I know it’s the best choice for now. after the pandemic is gone then I will be traveling again for sure. I have done my rapid tests and the result is unreactive, which is good

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah,
    Semakin banyak yang sosialisasi New Normal dengan segala protokol kesehatan yang kudu wajib banget dilakukan agar tidak tertular virus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senangnya ada aplikasi Halodoc yang bisa membantu masyarakat Indonesia di masa-masa pandemi begini.
      Semua orang jadi berasa ketakutan dan parno.
      Kalau instal apps ini, kita jadi mendapat jalur dan berita yang benar.

      Hapus
  16. aku suka aplikasi halodoc ini mba, sejak dulu pun pake ini buat update soal kesehatan. pun pas pendemi pertama kali yang kami cek juga di halodoc seputar rapid test

    BalasHapus
  17. aku dha 3 bulan lebih ga keluar-keluar rumah mba, palingan hanya ke minimarket itupun mungkin hanya 1 atau 2 kali saja. masih belum berani. belom pernah pakai aplikasi halodoc ini, ternyata bisa buat mencari dokter juga ya, sangat membantu ya ini ga harus keluar rumah kalau hanya untuk janjian aja

    BalasHapus
  18. Seru ya, ada aplikasi semacam Hallodoc gini. Sangat membantu.Semoga corona segera berakhir ya...

    BalasHapus
  19. Bener banget mb..harus sudah jadi kebiasaan baru yg mendarah daging itu cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak. Periksa ke dokter kalau bisa ya secara online, pakai aplikasi halodoc misalnya

    BalasHapus
  20. Sejak pandemi, udah jarang keluar rumah. Tapi sekali keluar rumah harus extra jaga diri. Pakai masker, rajin cuci tangan, bawa hand sanitizer..

    Aplikasi halodoc ini bener bener membantu sekasli ya mbk. Semua info kesehatan ada disitu

    BalasHapus
  21. Dengan adanya informasi terkait PCR test di halodoc ini, jadi lebih membantu bagi yang perlu PCR test, gak perlu ribet ngantri atau jauh-2 mendatangi RS utk nanyak2 dulu

    BalasHapus
  22. Aku kaang-kadang aja ke supermarket tapi itu juga buru-buru pulang. KAlau mau ke luar rumah harus udah siap peralatan tempur ne normal ya.
    Aplikasi Halodoc bisa diandalkan banget ya

    BalasHapus
  23. Karena pandemi sekarang orang makin banyak yang peduli dengan kesehatan diri dan keluarga, juga orang-orang yang tinggal dekat rumah seperti tetangga. Cuma tetep aja ya masih banyak yang tidak peduli dengan protokol kesehatan, apalagi sejak new normal ini.

    Aku udah lama suka baca artikel di Halodoc, kalo test covid ini baru ada di Jakarta ya?

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah ya makin mudah dan praktis dengan adanya Halodoc ini. Bisa ngecek terlebih dahulu dari aplikasi sebelum berangkat ke rumah sakit. Jadi hemat waktu.

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah masih patuh dengan protokol pencegahan Covid-19. Selalu pake masker kemanapun dan bawa handsanitizer kalau saya mbak

    BalasHapus
  26. Aku juga nih jadi habit yah krn keadaan ini kemana2 budaya hidup bersih kudu dijaga

    BalasHapus
  27. Sekarang keluar rumah ahrus bawa "senjata" ya kak hehe. Alhamdulillah untuk covid test sekarang lebih mudah dengan adanya halodoc, benar-benar membantu sekali

    BalasHapus
  28. Super lengkap banget yang dibawa. Kalau aku ga selengkap itu. Tapi masker dan hand sanitizer memang wajib banget.

    BalasHapus
  29. Jadi banyak ya mba bawaannya di masa new normal ini. Lebih baik memang begitu. Kita harus selalu siaga dan waspada dalam menjaga kesehatan. Ga papa ribet, yang penting aman.

    BalasHapus
  30. Visualnya bagus sekali kak. Suka foto2nya itu. Anyway, aku juga memakai aplikasi Halodoc ini. Memudahkan sekali memang.

    BalasHapus
  31. Temanku kapan hari jg tes swab manfaatin Halodoc, dia pindah dr Depok ke area lain trus tetangganya pada resah minta dia dan keluarganya tes swab cobak. Mbayangin biayanya aku yg gak tes ikut mumet hehe. Pakai halodoc biayanya lbh miring kyknya ya?

    BalasHapus
  32. Selama ini aku cukup bawanya handsanitizer aja. Btw, jadi kapan kita ketemuan nih? Uhhuuy... :))

    BalasHapus
  33. Aku belum pandemi aja udah seneng banget ada halodoc. Bisa konsultasi online tanpa antri ke RS misal kalo lagi batpil tapi bingung mau obat apa, ya konsul deh kesana dpt obat yang sesuai resep jadinya.

    BalasHapus
  34. Bisa mencari rumah sakit yang bisa tes pcr dan menyesuaikan harganya ya, halodoc ngebantu banget yaa

    BalasHapus
  35. Semakin mudah dan praktis dengan adanya apps Halodoc ini ya mbk. Bisa ngecek terlebih dahulu dari aplikasi sebelum berangkat ke rumah sakit. Jadi lebih hemat waktu

    BalasHapus
  36. Bener banget walaupun normal kita enggak boleh lengah dan tetap harus bisa jaga kesehatan terus ya

    BalasHapus
  37. Walau udah new normal bukan berarti bisa bebas ya. Intinya sekarang harus mematuhi protokol kesehatan ya demi kebaikan bersama.

    BalasHapus
  38. aku belum pernah kemana mana mbak selama 4 bulan ini. terakhir banget aku ke blitar setelah itu stay at home sampai hari ini. tapi aku tetep menjaga protokol kesehatan kepada suamiku karena dia yang sering keluar agar ketika tinggal di rumah terus gak kena penyakit ketika ada anggota keluarga yang harus kerja keluar.

    BalasHapus
  39. Aku udah bepergian kemana-mana tapi ya paling untuk belanja keperluan rumah dan warungan mertua
    kalau nggak aaku siapa lagi wkwkwk yang penting tetep protokol kesehatan penting ya Chie, dan kalau ada masalah kesehatan yang ggak parah curhat ke halodoc

    BalasHapus
  40. Aku masih agak sulit untuk ngga oegang wajah ketika di luar rumah nih Mbak huhu makanya aku meminimalisir banget ke luar rumah even sekarang udah new normal.

    BalasHapus
  41. Kakkk halodoc sekeren ini ternyata, langsung konsul lah inimahh. Btw boro-boro mau keluar kak, aku tim yg masih stay dirumah nib karena gadibolehin kemana mana dulu:)

    BalasHapus
  42. Kalau aku Insya Allah protokol kesehatan selalu kujalankan. Pun ku ingatkan dengan kekuargaku. Tapi untuk cek kesehatan maish takut keluar rumah. Ternyata bisa mudah di aplikasi halodoc yah. Bisa konsultasi dokter dll. Mudah nya. Ga Perlu keluar rumah

    BalasHapus
  43. stay safe yaaa, semoga dengan membiasakan kebiasaan baik ini bisa melindungi kita semua :)

    BalasHapus
  44. Enak ya skrg. Segala informasi tentang covid bisa di akses di halodoc. Termasuk konsultasi kesehatan dan pesan obat. Jadi ga perlu deh ke rumkit klo sakit2 sikit mah.

    BalasHapus
  45. Daku pernah itu lagi ke luar rumah karena memang harus keluar kan ya, nggak ketahu kenapa kok ada keinginan menyentuh wajah, untungnya di tahan haha. Inget belum cuci tangan

    BalasHapus
  46. Teman kantor suamiku positif covid19 dan beberapa hari kemudian meninggal, aku langsung bikin janji untuk lakukan PCR test lewat Halodoc :(

    BalasHapus
  47. Dlu belum ada aplikasi suka cari tau di website nya halodoc, skrg dah aplikasinya jdi makin mudah ya mba

    BalasHapus
  48. Semoga masih banyak orang yang melakukan protokol kesehatan ini, karena di sekitarku banyak yang abai. Hiks.

    BalasHapus
  49. Waspada was juga loh saat new normal di pasar rumah Mpo di disinfektan.

    Sedih sih masih banyak yang melanggar aturan protokoler kesehatan. Ini nih yang membuat angka pasien covid-19 meningkatkan .

    Halodoc membantu kita menjawab semua keraguan diri. Didalam diri ini ada virus gak ya.

    BalasHapus
  50. saya sudah keluar rumah demi kebutuhan pangan tapi tetap mematuhi protokol kesehatan. Nah kalau rapid test sekarang bisa dilakukan mandiri dan bisa lewat halodoc.

    BalasHapus
  51. user friendly jd syarat yg utama kalau mau jd aplikasi kesayangan. btw setiap hari suami saya isi aplikasi cek kesehatan juga nih dr kantornya, jd bs pantau terus

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke personal blog saya, mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *