Hallo!

Saya Chichie, penggemar hot latte dan es kopi susu. Lifestyle blogger, food & product photographer. Happy wife and mother from The Hariyanto's Family. Part of UploadKompakan, bulur Kompakers Bekasi.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Rekomendasi Tempat Beli Properti Untuk Foto Makanan

tempat beli properti foto

Hollaaaaa... Kali ini saya akan membahas tentang tempat jajan properti foto, khususnya properti foto makanan. Karena saat pandemi sekarang banyak teman-teman yang juga membuka jasa food photography untuk pelaku usaha kecil menengah (UKM). Jadi dulu waktu baru mulai motret makanan rajin banget jajan properti foto, tapi dulukan masih ngantor jadi kadang suka moto dikantor juga. Saya suka bawa properti foto ke kantor loh. 

Tapi gak bertahan lama karena saya senang ke coffee shop atau cafe gitu jadi akhirnya memutuskan jadi tukang foto lifestyle ajalah lebih simpel sepertinya. Galeri instagram isinya foto kopi melulu, sama tempat liburan. 

Lalu properti fotoku gimana? Ya disimpan di kontainer, karena memang ada beberapa properti foto pecah belah yang hanya digunakan saat motret makanan saja. Tapi semenjak pandemi Covid-19 mulai lagi deh ke kebiasaan awal, motret makanan. Jadilah itu kontainer dibongkar dan ditata kembali di rak agar gampang ngambilnya. 

Nah, saya mau bisikin nih tempat jajan properti foto dimana saja. Kebetulan memang beberapa banyak yang suka nanya via direct message (DM), siapa tau teman-teman yang lain membutuhkan referensi tempat bebelian properti foto makanan. 

1. Alas Foto
food photography
Alas Foto by Decorprops

food photography
Alas Foto by Elmoussa 

Sebagai fotografer makanan atau produk yang harus dimiliki selain kamera adalah alas foto. minimal harus punya 2 dengan warna berbeda atau senada. Sebenarnya pemilihan warna ini tergantung selera sih, kalau saya wajib banget punya warna putih dan gelap (ini bisa warna hitam atau abu atau cokelat). 

Kenapa sih harus pakai alas foto, kenapa gak foto langsung aja di meja makan? Menurut saya motret makanan harus serius dan niat. Karena itu akan mencerminkan sebagus apa kualitas kita dalam menyajikan gambar. 

Sebenarnya alas foto pertama saya itu beli di @bagusbaguswrapping yang dimiliki oleh Mbak Ria, jadi alas fotonya bisa dilipat dan juga dalam bentuk papan. Untuk yang dilipat dulu ada pouchnya gitu, keren deh. Jadi dulu anak UploadKompakan juga banyak nih yang pakai alas fotonya Bagus Bagus Wrapping. 

Untuk alas fotonya kalau saya selalu beli di @elmoussa_props dan @decorprops_alasfoto tentunya. Alas foto yang saya miliki dalam bentuk papan dan kanvas yang belum lama saya beli dari Elmoussa. Buat kamu yang lagi cari alas foto boleh nih langsung mampir ke instagram mereka ya.

2. Barang Pecah Belah atau Ceramic Ware
food photography
Piring dan Saucer by Keukenary

food photography
Peralatan Makan by Daiso

food photography
Tempat Cilok by Nuansa Porcelain

Saya selalu bilang sama teman-teman yang ikutan sharing kelas food photography bareng saya, pemilihan properti seperti peralatan makan ini juga sangat penting. Seperti piring, wadah sambal, piring kecil dan lainnya. Padahal dulu mah sebelum ikutan UploadKompakan saya males banget bebelian pecah belah gini. 

Biasanya untuk membeli pecah belah atau ceramic ware saya suka di @keukenary @decorprops_jkt @nuanza_porcelain Daisho, Metro Departemen Store dan beberapa online shop yang saya lupa namanya. Tapi memang rata-rata pecah belah saya beli dari mereka semua, jadi kalau Decorprops selain punya alas foto dia juga menjual beberapa perlengkapan foto lainnya. 

Biasanya perlengkapan yang bau-bau oriental atau jepang gitu bisa beli ke Daisho, karena perlengkapan foto makanan saya ada yang beli dari Daisho. Sama kalau lagi ke supermarket atau pasar tradisional kadang nemu yang lucu dan bagus suka saya beli juga. Sebenarnya tergantung kebutuhannya sih. 

3. Wooden Props
food photography
Wadah Kayu by Banyu Corner

Jadi nih kalau foto makanan memang harus punya beberapa jenis, mulai dari pecah belah, enamel dan kayu. Kalau urusan wooden props dan enamel saya selalu ke @banyucorner karena ini memang spesialisnya wooden dan enamel props. Kalau tau piring-piring jadul dari bahan enamel itu bisa beli ke Banyu Corner, kalau buka instagramnya pasti kalap deh.

Wooden props yang dimiliki Banyu Corner ini macam-macam loh, mulai dari sendok, garpu, pisau, tempat kue, tempat telur, piring, talenan dan lainnya juga ada. Ini makanya saya gak pernah beli secara online kalau urusan properti foto, selalu ke teman-teman yang punya usaha tersebut.

4. Properti Foto Pendukung Lainnya
food photography
Papan Rustic by Elmoussa Props

Tentunya untuk penambahan properti lain seperti talenan, coaster, napkin dan lainnya itu biasanya saya selalu beli ke Elmoussa Props, Decor Props, dan Banyu Corner. Kadang ada beberapa propertu yang limited gitu jadi gak tersedia dalam jumlah banyak, ya memang harus cepat-cepatan atau pesan jika ada lagi. 

Ini beberapa rekomendasi dari saya ya, siapa tau bisa membantu teman-teman untuk mencari kebutuhan properti foto untuk makanan dan produk juga. Kalau kamu biasanya beli dimana sih properti fotonya? Yuk share juga rekomendasinya siapa tau bisa jadi referensi juga. 

Komentar

  1. Mba, i need info
    photos to make it look good. Thanks for your sharing

    BalasHapus
  2. Wah, info yang sangat membantu kita yang butuh properti foto makanan nih mbak, thanks ya. Aku tuh kalau motret makanan ya ala2 hahaha masih jauuuh dari kata 'kece' :D Makin semangat ya kalau udah punya kermaik, alas foto dan benda2 pendukung lainnya. Hasil makin cantik juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, dari 2013 aku sudah mulai ngumpulin printilan foto sebenarnya.

      Hapus
  3. Denga props yang keren-keren ini foto makanan bertambah eye catching, Mbak. Untuk food photographer atau food blogger prop ini sangat membantu kelancaran pekerjaan. Walau tentunya cukup menguras kantong juga kalau ingin mengoleksi semua...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya untuk mereka yang memang kerjaannya moto makanan dan review makanan ini penting banget sih.

      Hapus
  4. Aku sekarang jadi tahu rahasia foto Mbak Chichie yang selalu keren punya...Prop-nya beli di sini rupanya. Auto kepoin dahakun-akun tersebut. Banyak pilihan pula sesuai bahan dan lainnya
    Pengin belajar juga biar hasil foto juga menarik. Membantu beneran nih untuk mencari kebutuhan properti foto untuk makanan dan produk .Thanks for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, karena kalau foto makanan biar estetik ada tata cara dan aturannya

      Hapus
  5. Selain props yg kece, mba Chichie nih talenta fotografi-nya warbiyasaakkk
    Kombinasi yg mantap surantap!
    No wonder, hasil poto2nya maknyusss

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya mbak, ini sambil jalan doang padahal dulunya anak foto di coffee shop dan cafe2 biar gak repot jajan properti foto.

      Hapus
  6. Ahey.. ketemu juga nih info tulisan jajan properti foto makanan dan produk dimana aja hehe.. emang harus punya properti gini ya kalo mau hasil foto produk atau makanannya menarik dan laying tayang

    BalasHapus
  7. Di balik foto makanan yang bagus dan menarik, memang butuh effort yang besar ya, Mbak. Paling suka lihat wadah makanan yang bagus seperti tempat cilok nuansa porcelainnya. Unik bentuknya

    BalasHapus
  8. Saya suka dengan prop di Banyu Corner. Tetapi, di sini saya jadi dapat info baru. Asik banget jadi bisa ada alternatif buat beli props. Terima kasih banyak, ya :)

    BalasHapus
  9. Membantu banget ini rekomendasinya Mak, kalau pas butuh bakalan aku buka2 lagi. Lebih membantu lagi untuk teman2 UMKM pastinya. Fotonya juga kece :D

    BalasHapus
  10. Jaman masih aktif di Upload Kompakan dulu saya juga rajin banget beli printilan buat motret. Ya alas foto, piring cantik, sendok2, hihii...

    Sekarang udah gak aktif lagi, ada beberapa barang yang terbuang sama pembersih rumah waktu saya pergi liburan, huhu....

    BalasHapus
  11. Aku punya itu alas foto dari bagusbaguswrapping dengan berbagai motif hehehe. Tapi sekarang lagi pengen nyari alas foto kayu yang lebih kokoh juga prop lain. Info ini bermanfaat banget. Makasih ya, Mbak.

    BalasHapus
  12. Wah jadi tau deh dibalik foto-foto mbaj Chichie yabg selalu ciamik. Ternyata ada tempat yang jual alas foto bagus kayak gini, aku mau otw kepo ah. Soalnya emang belum punya alas foto di rumah. Terima kasih informasinya ya Mbak Chie

    BalasHapus
  13. Fotonya cakep2 banget mbaa makasih rekomen tempat beli propertinya aku juga lagi belajar dikit2 foto produk

    BalasHapus
  14. Wah properti fotonya banyak ya mbak Cho dan estetik..andalanku tembok rumah huhu kurang menarik..kudu punya properti gini juga untuk foto di blogku nih..

    BalasHapus
  15. Selalu suka sama hasil fotonya Mbak Chicie. Bagus euy.. jadi pengen juga jajan properti buat foto makanan dan produk gini.

    BalasHapus
  16. Ah iya.. punya properti kece itu bikin foto jadi lebih hidup ya mba.. jadi pengen borong juga.

    BalasHapus
  17. Ini yaa...rahasia food property supaya dapet hasil foto yang manis selain skill.
    Hihi~
    Saluut sama perintilan-perintilan manisnya food photografer. Pasti banyaakk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prop fotografi ini adalah aset yang harus dijaga.
      Bentuknya unik-unik yaa..
      Dan ternyata piring ceper, mengkuk atau piring mungil, masing-masing ada peruntukkannya khusus yaa..
      Harus paham aesthetic yaa..

      Hapus
  18. Kalau udah hobby food Photography properti wadah-wadah seperti piring gelas termasuk alas meja memang harus diperhatikan juga ya Mbak. Bisa nambah estetika foto.

    BalasHapus
  19. Wah wah kudu langsung nyari ini ke tekape. Mupeng dengan hasil jepretan Mbak Chichi. Pastinya pake property yang pas, sebuah foto bisa jadi bagus

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tengkyu rekomendasi tempat jualan propertinya mbak. Selama ini mau beli di marketplace keknya kok biasa aja seragam. Liat di IG cantik2 tapi agak khawatir kalau gk recommended. Ntr kuintip2 ya lapaknya TFS

      Hapus
  21. Wah, makasih sharingnya, pas banget lagi pengen nambah properti foto, save dulu ya...

    BalasHapus
  22. wah fotonya bagus mbak, makasih juga sudah di list prop fotonya beli di mana aja, saya sudah save2 satu2 hehehe soalnya walau jarang foto makanan tapi saya juga butuh beberapa prop yang disebut di atas :)

    BalasHapus
  23. Wah Mbaa, baca judulnya langsung aku seneng, krn emang lagi nyari properti buat foto makanan. Ini di IG semua ya jualannya? Punya lapak gitu gak mereka di ecommerce?

    BalasHapus
  24. mba Cici aku lagi suka fotography kebetulan terus nemu rekomendasi mba cici ini, yeay jadi makin semangat dan pengen bikin dong foto-fotonya, tapi mau beli dulu perlengkapan properti fotonya, makasih infonya mba

    BalasHapus
  25. memang musti niat ya mba kalau mau foto yang lucu dengan segaal pernak - pernaiknya hehehe, Kalau aku sih memang koleksi dinner ware..dari banyak tempat dan negara yang sempat kit kunjungi. Jadinya lucu - lcu dan warna - warni koleksinya

    BalasHapus
  26. Bikin ketagihan belanja ya properti foto gini...tapi memang jadi semangat belajar foto juga sih jadinya. Btw mksh rekomendasi tempat beli pernak-pernik buat fotonya. Bermanfaat bgt..

    BalasHapus
  27. Ahhh makasih ya Kak, nice info banget buat aku yg pemula pngn coba foto makanan biar keliatan lebih hidup gtu 👌

    BalasHapus
  28. Sumpaaaah ini hasik fotonya bagus bangeeeeeeeet seriusan. Pengen belajar dong kak hihi . Property nya jugs eng mendukung sih jd makin keren fotonya

    BalasHapus
  29. Asikk dapet bocoran beli heheheh penasaran juga pengen liat lainnya. Kamu bagus-bagus soalnya Chie kalo motret. Emeshhh ditambah properti yang mendukung pula.

    BalasHapus
  30. Aku nanti coba lihat2 ah mba background buat alas fotonya bagus nih ya btw auto ngiler lihat makanannya

    BalasHapus
  31. Aku tinggal koleksi ceramic props nih mbak. Tapi agak bingung naronya hahaha mau re-organize kitchen dulu deh hahaha.

    BalasHapus
  32. Salah satu pendukung foto yang cantik emang prop yang cantik pula. Alas foto perlu banget, ya. Aku punya minimal 2, gelap dan terang. Tapi keknya aku pingin jalan-jalan ke Instagram penjual prop di atas. Barang kali ada barang yang lucu dan cantik ^^

    BalasHapus
  33. Aku selalu suka hasil jepretan mu beb so aestetik aku bookmark ah post an nya lagi nyari properti buat foto soalnya makasih ya beb sharingnya

    BalasHapus
  34. dari kapan hari memang nyari toko toko yang jual properti foto cantik begini, cuman masih belum dapet yang pas. nah kebetulan nih mba cici kasih infonya

    BalasHapus
  35. wah bener banget, alas foto untuk background dan talenan atau napkin sangat membantu hasil foto makanan menjadi lebih bagus ya :D semangat untuk para food photographers!

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *