Hallo!

Saya Chichie, penggemar hot latte dan es kopi susu. Lifestyle blogger, food & product photographer. Happy wife and mother from The Hariyanto's Family. Part of UploadKompakan, bulur Kompakers Bekasi.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Bersepeda Aman dan Nyaman Saat Pandemi

 

akuchichie

Bersepeda saat ini menjadi pilihan masyarakat untuk melakukan olahraga saat pandemi, karena bisa dilakukan oleh anak-anak, remaja dan orang tua. Saya sendiri yang awalnya tidak begitu suka olahraga tapi harus berolahraga saat pandemi ini dan saya memilih olahraga jalan kaki dan bersepeda.

Sekarang juga banyak komunitas sepeda diberbagai daerah, ada yang khusus pengguna sepeda lipat dan ada juga komunitas yang tidak mementingkan sepeda apa yang digunakan. Pokoknya punya sepeda, mau sepeda lipat, sepeda gunung atau sepeda apapun itu bisa ikutan komunitasnya. Kalau saya sendiri tidak mengikuti komunitas sepeda, jadi sepedahannya sendiri saja atau sama pak suami.

Saya sendiri kalau week days lebih senang bersepeda pada sore hari, karena kalau pagi jadwalnya nemenin anak sekolah dulu di rumah. Kalau weekend sebenarnya tergantung kadang suka lebih milih naik sepeda atau biasanya jalan kaki. Karena masih saya mix antara bersepeda atau jalan kaki. Intinya setiap hari badannya harus bergerak.

Perhatikan Hal Berikut Jika Ingin Bersepeda

Bersepeda nyaman dan aman itu sudah pasti jadi prioritas dari kita semua yang ingin bersepeda. Sebagai first timer main sepeda jadi saya selalu mengutamakan kenyamanan saat bersepeda. Karena kalau dari kita sudah merasa nyaman, bersepeda pun jadi mengasyikan. 

Terutama untuk para perempuan nih, karena yang main sepeda sekarang bukan kaum lak-laki saja. Kitakan yang perempuan juga suka main sepeda, nah biar sepedahannya semakin semangat ada beberapa tips yang bisa dilakukan nih.
  1. Gunakan pakaian yang nyaman untuk diri kita dan pastikan juga aman saat kita bersepeda. Awal dulu saya pernah menggunakan celana kulot dan nyangkut dong di rantai sepeda. 
  2. Menggunakan sepatu atau sandal tertutup, tapi saya lebih prefer menggunakan sepatu jika memang sepedahannya bukan keliling komplek ya. Karena untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh. 
  3. Memakai masker, ini juga wajib dan penting apalagi kalau kita sepedahannya ramai-ramai bersama teman-teman. Ada tata cara menggunakan masker saat berolahraga seperti yang disampaikan oleh dr. Dhika waktu itu di instagramnya.
  4. Kalau saya bawa tas kecil atau yang biasa disebut waist bag, karena isinya selain untuk membawa smartphone juga bawa uang secukupnya saja dan hand sanitizer.
  5. Kacamata, ini pilihan saja karena kalau sepedahan saat bertatapan dengan matahari bisa silau jadi bisa membawa kacamata hitam.
  6. Bawa botol minum sendiri, jadi kalau haus tinggal minum deh gak perlu jajan lagi.
  7. Catat perjalanan sepedamu dengan menggunakan aplikasi pendukung, seperti Strava dan lainnya yang bisa kamu download di smartphone. 

Karena kita bersepeda saat pandemi sekarang ini, jadi kita harus tetap jaga kesehatan ya. Bersepeda sesuai dengan kemampuan saja, karena yang tau kekuatan badan itu adalah kita sendiri. Olahraga yang berlebihan itu tidak baik juga bagi kesehatan. Jadi walau pandemi seperti sekarang ini kita tetap bisa bersepeda aman dan nyaman jika mengikuti protokol kesehatan.

Komentar

  1. Duuh gaya dan ootd saat bersepedanya gak kuat kaak, kece bgt! :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahahahaa... aku sebenarnya ada baju khusus sepedahan tapi berasa kurang nyaman kak.

      Hapus
  2. sepeda masih nongkrong di garasi, belum kepikiran naik sepeda, masih suka jalan cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, aku pun masih ngemix nih antara sepedahan dan jalan kaki

      Hapus
  3. Mantaap outfit bersepedanya nih, cuss aku bonceeng keliling monas.
    Maacih loh tipsnyaa, aku belom mau sesepedaan masih nongki 2 sepeda di garasi.

    Btw bener banget chi, lagi menjamur sesepedahan ini, tapi kadang sering ku temui kalo lagi di jalan mereka suka sembarangan, padahal udah ada track khusus buat pesepeda. Kan membahayakan jiwanya sendiri, menguasai jalan raya deh huhuu.
    Semoga yang bersepeda ke jalnan lebih hati2 lagi deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya kalau sepedahan di Bandung enak ya teh, aku lihat beberapa temanku yang anak Bandung kalau sepedahan seru dan yang lebih enak tuh banyak pepohonan.

      Hapus
  4. Olahraga favoritnya anak2 dari dulu ni. Sepedaan keliling komplek tapi. Mamanya ngintil di belakang sambil lari - lari. Walau tanpa sepeda, tetap kehitung olahraga juga kan ya 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu juga dihitung olahraga kok mbak, aku pun kalau anakku main sepeda memilih untuk jalan mengikuti dia dari belakang.

      Hapus
  5. Wash seru banget kak sepedaan, aku pengin banget sepedaan lagi tapi lihat harga sepeda sekarang bikin mata melotot banget

    Akhirnya aku cuma bisa jalan pagi doang olahraga nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harga sepeda sekarang gila banget menurutku dan herannya ya banyak juga yang beli.

      Hapus
  6. Setuju, Mbak. Bersepeda saat ini harus memperhatikanhal-hal terkait protokol kesehatan di masa pandemi ya. In syaa Allah akan tetap sehat.

    BalasHapus
  7. Yeeayyy...sophisticated banget outfitnya lho. Keren. Memang betul sih apa aja yang kita mau lakukan harus ingat pada himbauan Pemerintah karena si Covid 19 masih bercokol di bumi kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bunda, walau sedang olahraga tetap harus patuhi protokol kesehatan.

      Hapus
  8. Bersepeda jadi olah raga hits sejak pandemi. Semoga selalu sehat ya Mbak. Untuk teman-teman yang juga aktif bersepeda, tips di atas membantu kita agar bersepeda lebih nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, orang sekarang jadi suka main sepeda ya mbak.

      Hapus
  9. Aku senaaanggg banyak yg menggemari olahraga bersepeda.
    jadi pengin nyanyi lagunya QUEEN "I Want to ride my bicycleeee!"

    BalasHapus
  10. yang lagi ngehits di masa pandemi:
    - tiktokan
    - masak-masak
    - 10k steps
    - work out from home
    - mirror selfie aesthetic
    - sepedaan

    checked! :)

    BalasHapus
  11. Setujuu, terutama bagian alas kaki, kalau salah pakai sandal bisa lepas2 dan mengurangi kenyamanan bersepeda soalnya ya, jadi lebih baik pakai yang tertutup aja. Semangat sepedaaaan kitaaa, aku juga lagi rutinin, setelah 3 bulan mager, wkwkwk

    BalasHapus
  12. Suamiku nih suka sepedaan sambil ngidupin Strava-nya. Bagus juga ya selain untuk rekam kegiatan kita juga bisa diolah jadi video untuk upload medsos sebagai pelengkap foto sepedaan kita. Bisa jadi informasi untuk orang lain yang baca postingan kita.

    BalasHapus
  13. Syukur dah punya sepeda jauh sebelum pandemi tiba, biasa cuma keliling komplek aja sih, selang-seling sama jalan kaki. Eh sekarang ngetrend lagi sepedaan. Beneran, mesti aman dan nyaman saat sepedaan dengan tips di atas. Btw, oOTD-nya super ketjee!!

    BalasHapus
  14. Aku nggak pernah sepedaan mba. Tapi sebetulnya pengen walaupun entahlah kenapa berasa kurang mampu ya. Hhehe makasih contekan tipsnyaaa :)

    BalasHapus
  15. Aihh senangnya yang sepedaan gini. Jadi kangen sepedaan juga. Sepedanya udah ga ada sekarang. Udah dikasih ke keluarga, sejak saya pernah jatuh dari sepeda karena ketabrak motor dulu.

    BalasHapus
  16. Memang seru nih gowes mau sendiri apa ramean badan sehat, bisa hirup udara segar juga nih

    BalasHapus
  17. Kalau aku biasanya habis subuh mbk, nggak lama, 30 menit sudah lumayan. Wajib banget pakai masker

    BalasHapus
  18. Saya juga jadi suka sepedahan sama keluarga, tapi kalau weekend... Belum pasang aplikasi nih, coba ah...

    BalasHapus
  19. wah, should i am download application too like you. Is good for us and to remember do it smart. btw your style is OK

    BalasHapus
  20. Aku udah 2 mingguan ini coba rutin bersepeda di pagi hari. Bawa bayi dibelakang tp lingkungan pas sunyi jg sih. Dulu keluar rumah pun takut. Wkwk. Semoga sehat selalu yaa kita. .

    BalasHapus
  21. bersepeda dengan panduan protokol new normal, sehat dan aman ya mbak chie..

    BalasHapus
  22. Untuk nyaman sepedaan juga ada sepatu khusus sepeda yang dapat mencengkram pedal sehingga gowesnya enak, tapi rata-rata sepatunya kalau yang ori mahal sih. Kalau saya pakai sepatu lari aja karena punyanya itu.

    BalasHapus
  23. Tos lah aku juga gak ikut komunitas.. sepedaan sendiri atau sama anak2.. kadang janjian aja sama temen gt..

    BalasHapus
  24. Yg penting sih pemilihan waktu dan rutenya usahakan di lokasi yang sepi, supaya sepedaannya bisa lepas masker, krn katanya gak bagus sepedaan maskeran, dr bbrp referensi artikel bu dokter/ pak dokter :D

    BalasHapus
  25. Iya niih...sepeda kami jadinya nganggur.
    Abis mau sepedaan, banyak banget saratnya, jadi gak gowes-gowes.
    Aku kangen sepedaan rame-rame di GOR lagi...

    BalasHapus
  26. Oh pake Strava ya buat catat track. Seneng deh lihat banyak yang bersepeda, Gaya hidup makin sehat.

    BalasHapus
  27. sejak pandemi ini temen temen komunitas traveling di kotaku kadang bikin agenda gowes bareng, kalau lagi bosen di kota kota, ehh malah pergi agak jauhan ke kecamatan pinggiran mbak, di desa. jadi viewnya gunung, sawah, rumah warga yang adem ayem. seru juga

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *