Tips Foto Makanan Rumahan Untuk Pemula

03 Agustus 2020

Foto makanan di rumah

Belajar fotografi sekarang ini bisa dimana saja, karena sudah banyak banget yang suka sharing tentang fotografi terutama "Food Photography". Apalagi saat pandemi banyak teman-teman saya dan termasuk saya juga yang sharing tentang food photography secara gratis. Ada beberapa teman yang juga suka kirim pesan melalui pesan di instagram dan whats app menanyakan "kalau pemula gitu apa yang harus disiapkan kalau mau belajar foto makanan?". 

Selama pandemi ini saya menerima beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah, antara lain foto makanan sudah pasti ini karena basicnya saya punya, selain itu juga menerima membuat konten untuk teman-teman pelaku UMKM juga, sharing tentang sosial media marketing dan beberapa hal yang memang bisa saya lakukan. 

Setiap saya melakukan pekerjaan itu semua, saya selalu bilang sama mereka bahwa mereka bisa melakukan seperti apa yang saya lakukan hari ini. Semua itu butuh keyakinan dan niat sebenarnya, niat belajar paling penting. Belajar itu gak pernah kenal usia dan jangan pernah takut untuk terus mencoba. 

Tips Belajar Foto Makanan Rumahan 
akuchichie photography

Terkadang banyak orang yang suka malu untuk memulai karena melihat dari gear yang digunakan teman-temannya atau dari orang-orang yang mereka ikuti di sosial media. Selain gear biasanya yang bikin minder itu adalah cara mereka menampilkan foto dengan properti pendukung. Nah ini beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para pemula.

1. Punya Kamera
Namanya juga mau jadi tukang foto yang pasti harus punya kamera dong, kalau gak punya kamera dslr atau mirrorless gimana? Selama punya smartphone yan gada kameranya itu termasuk punya kamera ya. Karena namanya foto tidak harus terbatas pada alat apa yang kita miliki, siapa tau dari seiringnya berjalan kita bisa membeli kamera yang kita inginkan dari hasil foto makanan di rumah. 

Foto dengan kamera smartphone juga bisa bagus kok, itu balik lagi tergantung bagaimana kita menggunakannya. Yang paling penting kita sudah paham dengan fitur yang dimiliki kamera smartphone. Pastikan cahaya cukup saat motret dengan menggunakan kamera smartphone.

Lalu bagaimana jika punya kamera dslr atau mirrorless tapi belum paham pakainya, gampang! Setiap beli kamera selalu disediakan buku manualnyakan? Baca dan pahami buku manualnya sambil pegang kamera dan pelajari sampai paham tombol-tombol navigasi yang ada. 

Jadi jangan sampai gak jadi belajar karena minder dengan kamera yang dimiliki, karena kamera yang bagus itu adalah kamera yang kita miliki. 

2. Cari Inspirasi dari Akun Media Sosial
Awal dulu mulai belajar food photography, saya mengikuti beberapa akun teman-teman yang sudah lebih dulu belajar dan beberapa akun dari food photographer luar negeri. Saya juga pernah bahas tentang beberapa akun food photography di Indonesia yang wajib kamu ikuti. Selain itu bisa juga mengikuti beberapa komunitas fotografi salah satu diantaranya @Uploadkompakan yang merupakan salah satu komunitas fotografi yang membuat saya sampai hari ini jadi rajin motret.

Walaupun sama-sama menekuni bidang fotografi tapi setiap orang yang kamu ikuti pasti memiliki ciri khas atau gaya yang berbeda saat menyampaikan fotonya. Kalau mengikuti beberapa food photographer dari rusia, banyakan mereka memiliki tone yang hampir mirip. 

3. Referensi Tema Foto
Karena sekarang itu jamannya dimana informasi sangat gampang didapatkan hanya dalam genggaman, begitu juga untuk mencari tema-tema fotografi. Kalau saya lebih sering menggunakan Pinterest karena mau cari dengna keyword (harus dalam bahasa inggris ya) pasti selalu ada deh contohnya. 

Beberapa keyword yang biasa saya gunakan misalnya "darkmood food photography" "food photography" "noodle idea photography" dan masih banyak lagi keyword yang bisa digunakan. Selain itu saya juga lebih suka mencari beberapa tema foto yang minimalis dan clean, gak banyak printilan. Tapi bukan berarti yang banyak printilan gak bagus ya, itu semua tergantung dengan selera. 

4. Properti Yang Harus Dimiliki
Salah satu yang menjadi kendala selain gear tadi adalah minimnya properti foto yang digunakan, ini sering sekali saya jumpai setiap sedang mengisi kelas. Beberapa properti wajib yang harus dimiliki itu alas foto, peralatan makan dan penunjang lainnya. Saya pernah menuliskan tentang tempat membeli properti foto.

Minimal untuk alas foto harus punya 2, selain untuk alas juga bisa jadi backgroundnya. Ini bisa menggunakan papan yang kita beli di tukang kayu lalu mengecatnya sendiri atau bisa beli dibeberapa penyedia properti foto, alas goto ini harganya beragam ya mulai dari yang murah sampai mahal juga ada. Selain papan juga bisa menggunakan alas dengan bahan karton dan pastikan ambil warna-warna aman, seperti putih, hitam, abu, darn warna-warna pastel.

Untuk perlengkapan lain seperti peralatan makan dan pendukungnya ini juga harus punya dengan warna senada dan yang paling penting punya warna-warna aman seperti putih, hitam dan abu-abu. Selain pecah belah itu bisa menggunakan bahan dasar kayu atau enamel, ini juga banyak dijual kok. Gak perlu punya banyak-banyak macam, semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita sendiri. 

5. Teknik Foto, Styling dan Editing
Dari semua diatas yang paling terpenting adalah teknik bagaimana kita mengambil foto tersebut. Ini pun bisa dipelajari dari berbagai macam sumber, seperti Pinterest, Youtube, Instagram dan kelas-kelas sharing fotografi. Untuk pengguna smartphone bisa baca tulisan saya tentang 7 Tips Foto Menggunakan Kamera Handphone.

Dengan lebih seringnya berlatih dan motret setiap hari nanti akan bisa tau ciri khas foto kita sendiri, pastikan selalu explore dan berani mencoba dengan beberapa gaya angle foto dan juga stylingnya. Membuat branding dari brand yang kita punya dengan apa yang kita foto.

Untuk editing ini biasanya saya menggunakan beberapa aplikasi seperti Adobe Lightroom, Adobe Photoshop (jarang dipakai sejauh ini), VSCO, Pics Art, Snapseed dan beberapa aplikasi lainnya. Untuk pemula bisa menggunakan Snapseed karena ini free tidak berbayar sama sekali dan penggunaannya juga sangat mudah. 

Nah, ini beberapa tips dari saya yang bisa dilakukan oleh para pemula foto makanan. Untuk food photofraphy itu tekniknya adalah mengusai kamera yang kita miliki. Karena bagaimanapun foto itu yang kita hasilkan itu tergantung dari cara kita mengambil foto. Semoga ini bisa membantu untuk teman-teman yang punya usaha makanan di rumah dan bisa melakukan foto produknya sendiri. 

56 komentar

  1. Aku baru belajar nih kak. TErnyta menarik juga ya. Awalnya agak khawatir juga sih sebenarnya, karena aku sebenarnya kurang suka sama masak-memasak. tapi pas nyoba, seru jugaaa food photography ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya mbak belajarnya, lama-lama dan sering belajar nanti pasti bisa jadi kebanggaan tersendiri

      Hapus
  2. Bener banget ya memang harus rajin latihan kalau mau mahir di foto. Aku juga masih belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, karena sama halnya seperti kita ngeblog supaya tulisannya bagus dan bisa dapat DA harus rajin nulis.

      Hapus
  3. pasti diikutin ini mah sharing tips foto makanan rumahan dari ahlinya, kuncinya sering latihan motret dan kreatif ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kakak Aie, kalau kak Aie ini aku suka banget dengan video-videonya loh

      Hapus
  4. yang penting itu latihan ya mbak jadi bisa tau kurangnya dimana, selama ini juga saya fotonya pakai hape aja, kurang pede jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul WIn, sering latihan adalah kunci. Sama sebenarnya dengan foto produk juga gitu atau genre foto lainnya deh.

      Hapus
  5. sebagai orang yang lagi belajar tentang food fotography ini sangat bermanfaat sekali tipsnya mba Chichie, aku lagi suka banget sama foto-foto makanan di rumah, masih belajar sih hehhe lagi kumpulan referensi foto2 makanan sama perlengkapan fotonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mei, semangat terus ya karena memang semakin sering motret kita akan tau deh nanti lebih sukanya dengan gaya apa.

      Hapus
  6. wah mbak chiche bermanfaat banget tipsnya, menarik juga ya mba. jadi pengen belajar food photography

    BalasHapus
  7. Pengen beli printilan-printilan foto gitu, tapi masih bingung nyimpennya karena harus apik, aku masih punya bayi di rumah yang siap ngeberantakin apa aja.

    BalasHapus
  8. Ini kekurangan saya, Mak. Mau di-saveink ini, nanti saya pelajari lagi pelan-pelan. Makasih yaa.

    BalasHapus
  9. Kamera udah ada. Saya aja nih yang masih belum menguasai cara pakainya. Jadi hasil fotonya pun gitugitu aja. Belum ngeh juga soal styling. Mesti banyakbanyak belajar nih :)

    BalasHapus
  10. Gak cuma foto makanan aja lho mbak, tips-tips di atas juga bisa dipakai buat foto produk skincarešŸ¤­. Sampai sekarang pun aku juga masih pakai kamera hp, mau upgrade ke kamera yg lebih pro tapi masih sayang banget huhuhu

    BalasHapus
  11. Betaaahhh banget main ke blog ini
    Ilmu-ilmu fotografi yg daging bgt, dibagikan dgn ceria syalala
    Makasiii Mba

    BalasHapus
  12. Properti nih yang aku gak punya. Salut deh mba Chicie fotonya bagus-bagus. Foto makanan itu butuh kesabaran banget deh.

    BalasHapus
  13. Aku lagi mikir buat beli beberapa properti foto nih, cuma masih bingung mana yang perlu duluan hehehe. Soalnya bahkan gelas di rumah perasaan ada logonya semua, kalau yang polos/bermotif non logo pada dikirim ke rumah ortu dulu. Ternyata belakangan butuh juga buat foto-foto hehehe.

    BalasHapus
  14. Tipsnya membantu banget, kebetulan aku lagi belajar untuk foto" makanan. Aplikasinya juga bakal aku download buat edit foto. Thank you kakak infonya

    BalasHapus
  15. Kak, mungkin bole ditambahin foto bts-nya kak biar kelihat serunya styling foto hehe. Usul aja sih kak. Kalo gak mau juga rapopo ya kak. Peace ✌️

    BalasHapus
  16. Wah, noted banget nih tipsnya. Huhu, aku paling gak bisa nih urusan teknik dan styling. Jadinya masih sembarangan aja. Kudu banyak belajar ke ahlinya langsung kayaknya ya. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, gabung dengan komunitas foto memang ngaruh ya. Walopun cuma lihat-lihat aja, aku sedikit terpengaruh juga. Dulu moto suka asal, sekarang setidaknya jadi merhatiin cahaya, angle, dll.

      Hapus
  17. Wah untuk properti foto juga saya punya beberapa, tapi untuk stylingnya yang kadang susah karena harus dicocokkan dengan tipe makanannya hehe

    BalasHapus
  18. Haturnuhun kak Chie.
    Memang menjadi photografer itu harus modal di awal yaa...
    Dari yang mahal, kamera sampai perintilan-perintilan untuk makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baguuss banget foto kak Chie.
      Ini tipsnya ngambil foto bolak-balik lalu baru proses editing, gitu yaa, kak?

      Hapus
  19. Keren abis hasil foto2nya deh mba, emg foto makanan itu tricky bgt sbnernya yaa..

    BalasHapus
  20. Aku juga sampai sekarang masih photo pakai camera handphone. Keterbatasan bukan alasan yakan kak.

    BalasHapus
  21. Walau punya usaha kuliner, tapi belum pernah aku coba foto makanan bisnis kuliner aku sendiri. Selalu aku bayar orang ehehe. Padahal kalo mau irit sih bisa ya belajar sendiri. yang penting tahu angel yang tepat agar terlihat kece foto produk makanannya

    BalasHapus
  22. Bener nih, harus menguasai kamera dulu. Mau se bagus apa pun kamera nya kalau kita ga tau tentang kamera yg kita pake ya sama2 aja hasilnya, hehe. Btw aku jd pengen ikutan komunitas uploadkompakan deh

    BalasHapus
  23. Nanti aku bakal share nih kak tulisannya buat adikku yg baru belajar jd food blogger

    BalasHapus
  24. Bener bgt properti itu yang penting, aku jg mulai byk properti ku, tpi uk pemula ga harus beli jg kali ya, klo aku srg pake baramg d sktr uk properti hehehe

    BalasHapus
  25. Aku sih percayaa kalau practice makes perfect :) Ini aku ada DSLR Nikon tapi lagi jarang dipake, malah seringan kamera A7 Samsung-ku hahhaa :D Udah dimanja bisa bokeh sih ya sama HP jadi rada males mainin kamera beneran wkwkwkw :) Kapan2 lah digali lagi cekrek2 makanannya. Oh ya, alas foto aku juga belum punya. Mau cari ah di IG. TFS mbak.

    BalasHapus
  26. Wah, lengkap banget nih tipsnya. Pengen saya coba juga karena pengen belajar foto produk yang cocok dan pas nih buat review

    BalasHapus
  27. penting banget nih tipsnya, aku kalau foto di rumah buat makanan masih kurang bagus, belum nemu resepnya biar makanan keliatan bagus difoto. baca ini jadi tercerahkan sekali..

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah nemu blog ini dan tepatnya postingan yang ini. Nambah ilmu fotografi, deeh. Tengkiyu Mbaakk. Salam kenal,ya.

    BalasHapus
  29. Aku langsung meluncur ke tempat nyari props fotonya. Karena emang masih minim banget propertinya, Hihihi.

    BalasHapus
  30. Kusudah berburu properti foto tapi buat produk Mba. Belum yang makanan. OOh jadi bisa lihat di Pinterest ya. Selama ini liat referensi di upload kompakan aja. Aku langsung ke link tips foto dengan hp loh. Makasih banyak ya Mbaaa *kisshug

    BalasHapus
  31. Saya tuh sering kagum banget lihat foto-foto makanan yang stylist di sosial media. Seperti foto-foto dalam pos ini. Kagum sama fotografernya, selain kreatif juga kesabaran mereka menata dan menyusun props yang bikin foto tambah memesona :)

    BalasHapus
  32. Saya tuh selalu kagum ama kesabaran para food photografer menyusun makanan beserta propertinya sampai di dapat angle yang bagus.
    Soal mempelajari kamera, nah ini yang kebanyakan dari kita masih malas baca buku petunjuk. Asal klak klik aja, kalau nemu masalah, baru deh manual booknya di baca

    BalasHapus
  33. Betul Mba tidak ada alasan kalau mau belajar, pasti bisa. Aku juga lagi belajar buat foto-foto yang nantinya di posting di blog atau ig karena kan kalau fotonya menarik, orang juga melihatnya pasti senang.

    BalasHapus
  34. Saya suka sekali lihat foto makanan yang ada di instagram, hasilnya bagus-bagus. Lagi belajar foto makanan dengan properti yang sederhana aja. Tetap harus terus berlatih terus, supaya dapat hasil yang baik.

    BalasHapus
  35. Demen banget liat poto-poto makanan dari food photographer. Udah praktek kok saya belum ada feelnya ya. hihi
    Keren-keren photonya mba :)

    BalasHapus
  36. Pernah liat post di fb kalo beberapa trik dlm foto makananan itu ad yg lucuk mba. Salah satunya dg memberi lem dipotongan pizza spy terlihat sekali lengket Mozzarellanya. Cm senyum2 liat aku krn gak pernah nyoba. Kwkw

    BalasHapus
  37. Food photography ini masih bikin aku penasaran dan emang harus belajar banyak hehe..seringnya gagal.. dan gak menarik..

    BalasHapus
  38. Aku ada propertinya beberapa lumayan banget. Walau masih amatir lumayan lucu gara2 properti wkwkkw

    BalasHapus
  39. Hasil foto Chichie bagus-bagus, ternyata ada rahasianya. Aku belum pernah pakai edit foto VSCO, Chie. penasaran deh mau nyoba, makasih ya tips nya

    BalasHapus
  40. Nah, i need this tips..sometime i ever give up to take good picture in my home because we are not to out, hahaha. Your tips more usefull. Thanks ya

    BalasHapus
  41. MasyaAllah banyak ilmu yang dibagikan Chie, makasih banget. Memotret PR besar buatku, masih bisanya yang standar doang eheheh moga bisa belajar lebih banyak darimu Chie.

    BalasHapus
  42. Bikin foto yang cakep itu susah ternyata ya Chie, harus banyak yang dipersiapkan juga kudu sering berlatih biar skillnya makin mumpuni.Makasih sharingnya Chie.

    BalasHapus
  43. suka kagum sama yang ekspert mainin kamera. apalah dayaku, hanya mainin kamera ponsel dan app edit. seadanya. hiks

    BalasHapus
  44. intinya kalau mau mempelajari food photography musti rajin berlatih, saya juga lagi belajar bareng sama temen-temen blogger malang belajar food photography

    BalasHapus
  45. aku juga sukaaa mba, tapi karena kesibukan kantor jadi suka ngga konsisten hehehe. Makasih tipsnya ya mba, bisa kita langsung praktikkan

    BalasHapus
  46. Harus kau simpan ini buat aku baca ulang lagi pelan-pelan secara aku gak pandai foto makanan, tapi pengen banget bisa foto makanan dengan hasil kece

    BalasHapus
  47. Paling suka liat (pengen punya) property food photography , lucu2 bagus2 dan rasanya ga cukup2 ya pengen lagi dan lagi heuheu tp motret masih blm konsisten . Inspirasi sy pun dr pinterest selain ig para mastah heheh

    BalasHapus
  48. Menyusun property supaya klik Ama makanan yg difoto, itu menurutku msh susah2 gampang. Kadang kalo ga ngerti menyusunnya, malah kesannya keramean dan ga nyambung :).

    Aku msh perlu belajar banyak soal begitu. Sekalian mau lebih ngelengkapin properti foto juga nih :D. Property yg skr terlalu sedikit, jd kadang malah bingung mau pake apa. Itu-itu doang yang dipakai :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.