Hallo!

Saya Chichie, penggemar hot latte dan es kopi susu. Lifestyle blogger, food & product photographer. Happy wife and mother from The Hariyanto's Family. Part of UploadKompakan, bulur Kompakers Bekasi.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Memainkan Imajinasi dan Kreativitas dengan Canva

canva design

Semenjak pandemi banyak sekali kegiatan yang bisa di kerjakan dari rumah ya, kecuali untuk teman-teman yang memang sudah memulai aktivitas di kantor ya. Biar yang di rumah gak mati gaya ternyata banyak sekali loh yang bisa dicoba. Salah satunya adalah bermain dengan imajinasi dan menuangkannya di Canva.

Untuk teman-teman content creator pasti sudah familiar dengan Canva, salah satu platform desain grafis yang memudahkan kita untuk membuat grafik, presentasi, poster, dokumen dan konten visual di media sosial. Karena Canva memiliki banyak template yang lucu-lucu dan bagus sesuai dengan kategori yang diinginkan.

Jadi gak perlu khawatir sekarang kalau mau bikin desain gak perlu ngulik Photoshop dan In Design, tapi saya pribadi masih menggunakan Photoshop dan Lightroom untuk kebutuhan olah foto komersial. Kalau untuk seru-seruan di sosmed kebanyak pakai Canva sekarang ini.

Dari awal pakai Canva saya sudah memilih yang premium karena biar lebih banyak lagi inspirasi yang didapatkan dengan menggunakan Canva premium.

Membuat Illustrasi di Canva, Kenapa Enggak? 
canva design

Kalau sebelumnya pakai Canva untuk kepentingan konten sosial media atau untuk keperluan presentasi tapi belakangan lagi senang bermain dengan ilustrasi di Canva. Walau sebenarnya memang saya sendiri sudah mengenal berbagai macam tools di Canva tapi penasaran dong gimana caranya bikin ilustrasi yang cakep gitu.

Awalnya efek lihat mbak @tutyqueen posting di Instagram kok gemes banget sih bikin kayak ginian. Nyobain sendiri awalnya di rumah, lumayanlah waktu itu untuk first timer kayak akukan. Eeehhh... Gak berapa lama ternyata mbak Tuty buka kelas, sayangnya saya ketinggalan yang batch pertama. Ikutlah saya di batch kedua dong, ambil kelas yang mahir. Sombong emang ngambil kelas langsung mahir, wakakakakaa...

Dari ikutan kelas itu semakin senang dong karena menemukan cara lagi untuk tetap di rumah saja. Sampai akhirnya sudah seminggu deh kayaknya saya senang sekali main ilustrasi di Canva ini. Emang benar sih kunci utamanya adalah "bermain dengan imajinasi dan sabar". Sabar banget emang kalau udah mulai bikin ilustrasi menggunakan smartphone. 

Canva ini selain tersedia aplikasi untuk smartphone ada juga versi webnya ya. Walau kadang pas lagi ngasih tau teman yang kebetulan nanya, mereka bilang gak ada "illustration" di appsnya tapi ternyata adanya "element' ini sebenarnya sama saja sih.

canva design

Ada beberapa temanku yang memang belum familiar dengan Canva, maka saya suruh dia untuk ikutan kelasnya kak Tuty ini. Untuk teman-teman yang belum mainan ilustrasi menggunakan Canva dan memang pengen banget belajar bisa intip dulu nih instagramnya @canvacreativeclass biar lebih mantul lagi.

Step by Step Membuat Illustrasi di Canva
canva design

Karena saya anaknya baik dan tidak sombong juga rajin menabung jadi tak kasih sedikit bocoran untuk step by stepnya. Nanti dimana hasilnya itu tergantung bagaimana imjinasimu bermain dan sejauh mana daya kreativitasmu wahai khisanak. 

Hal pertama yang kamu harus lakukan sudah pasti kamu punya dulu aplikasi Canva, bisa langsung download di smartphone atau bisa juga webnya https://www.canva.com/ Kalau saya sendiri paling suka menggunakan website karena kalau di smartphone itu jemariku syemok banget. 

canva design

Untuk step by step di smartphone ataupun web juga sama kok.
  1. Pastikan kamu masuk ke aplikasi Canva atau bisa buka melalui websitenya ya.
  2. Pilih "Create Design" dan pilih lagi yang "Instagram Post".
  3. Ambil yang blank post ya, ini bisa diganti warnanya sesuai dengan warna kesukaanmu.
  4. Setelah itu pilih lagi "Illustration atau Element" ini sama saja.
  5. Gunakan keyword dalam bahasa Inggris untuk pencarian masing-masing element atau ilustrasi yang dibutuhkan. 
  6. Mulailah berimajinasi sesukamu dan tuangkan dalam kretivitasmu.

Ingat ya untuk bermain dengan Canva ini juga membutuhkan imajinasi serta kretivitas. Saya kemarin mengajak si kecil untuk sama-sama bikin salah satu ilustrasi yang di minta teman. Kebetulan memang anak saya juga suka permainan zombie, jadilah dia yang pilih semua ilustrasinya. 

canva design

Ternyata imajinasi anak itu emang keren loh, karena hasil ngobrol dengan salah seorang teman kalau anak-anak emang suka banget disuruh berimajinasi. Makanya ini kemarin minta anakku yang pilih semua ilustrasi didalam gambar itu. Dia selain memilih zombienya sambil juga bercerita jadi saya sendiri tau kenapa dia pilih gambar-gambar itu. 

Sebenarnya bikin ilustrasi gini gak cuma untuk feed Instagram saja loh, karena bisa juga untuk Instagram Story, Infografis di Blog atau Pinterest dan konten-konten lainnya. Awal bikin ilustrasi ini saya tuh ketiduran sambil megang smartphone dan dalam keadaan masih membuka aplikasi Canva kata suamiku. Wakakakakaa...

canva design

canva design

canva design

canva design

canva design

canva design

Ini beberapa hasil karyaku bermain ilustrasi melalui Canva, seru banget dan emang bikin jadi ketagihan. Tapi menurutku ini tuh addict yang positif ya, karena membuat ini tuh perlu kreativitas dan nantinya bisa tersampaikan pesannya melalui media sosial. Itu kayaknya saya doang sih yang kalau upload selalu bilang "tetap semangat di rumah saja".

Tapi selain menggunakan element atau illustration itu kita juga bisa memasukkan foto kita juga. Bisa lihat pada ilustrasiku yang paling atas deh. Teman-teman juga bisa loh bikin ilustrasi ini di rumah, selamat mencoba ya.

Komentar

  1. Aku udah nyoba dan masih pakai yang gratisan dulu. Memang ngandalin imajinasi banget sih. Tapi kalau tahu tekniknya, nanti juga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, bermain dengan imajinasi itu menyenangkan ternyata ya.

      Hapus
  2. Ah sepertinya menyenangkan main canva, apalagi anakku suka design2 gitu, nanti aku ajak sekalian biar mengisi waktu selama banyak di rmh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kemarin sempat ajak anakku juga untuk bikin illustrasinya dan dia senang sekali.

      Hapus
  3. tos jadi makin belajar kreatif ya bikin-bikin iliustrasi & desain pakai canva, selama ini aku cuekin aja. Bagus mak desainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mak Lid, iya jadi addict banget deh ini bikin illustrasinya

      Hapus
  4. Selama ini pake canva cuma buat bikin infografis atau background tulisan buat di instagram, Tapi belum pernah bikin ilustrasi sekeren dan sekreatif ini siiih

    Jadi pengen nyoba juga deeeeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, akupun awalnya untuk kepentingan presentasi, sosmed dan blog. Eh sekarang nemu yang menyenangkan jaid addict nih.

      Hapus
  5. Ahhh keren2 sekalii,bermain imajinasi inituuu.
    Aku udah beberapa kali nyobain, dan memang bikin mager.
    Huhuuu harus dijadwalin, kalo ga keantengan pekerjaan yang lain terbengkalai hahhahaaa

    Aku masih belajar jugaa nih Chie, ilmu Mka Tuty harus dipraktekan terooss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan banget ini pelampiasan di rumah aja jadi semangat bebikinin untuk konten juga.

      Hapus
  6. wah sudah banyak hasil karyanya. Bagus-bagus mbak
    Saking senangnya ngulik mainan baru ya mbak, sampai tertidur dengan aplikasi canva masih terbuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan mbak, awalnya belajar dan emang aku anaknya senang kalau ngulik yang kayak gini.

      Hapus
  7. salut aku tuh, karya nya chicie cakep-cakep banget apalagi tonal warnanya enak banget dilihat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak suhuku, aku waktu awal lihat mbak Tuty tuh seneng banget lihat hasilnya dan beruntung sekali aku bisa ikutan kelasnya.

      Hapus
  8. Cakep-cakep banget mbak hasil karyanya... Saya jadi pengen juga ngulik canva...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak, cus cobain deh aku pun jadi nagih banget bikin-bikin ilustrasi gini.

      Hapus
  9. Wah,sepertinya menyenangkan. Dan akhir-akhir ini memang sepertinya pada demam canva. Hihi...mau belajar juga ah. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lumayan mbak nambah semangat untuk tetap di rumah saja.

      Hapus
  10. Lucu banget sih ngulik Canva. Aku belum berani ngulik lebih jauh. Kebayang bakal ketagihan. Cuma sekadar pakai untuk blog yg penting aja. Wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biasanya pakai Canva untuk kebutuhan bikin presentasi dan konten tapi kali ini bikin ilustrasi.

      Hapus
  11. Aku udah coba mba.. Tapi kzl kadang yg bagus2 kan gak gratis. Wkwk..

    Bs buat ngajarin anak mainin imajinasi jg ya mba. Mau belajar serius padahal nih tp kadang begitukah. Heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kemarin aku ajak anakku juga untuk berimajinasi dengan apa yang dia suka dan dia bikin zombie itu deh.

      Hapus
  12. Wahh bagus mbak...
    Emang selama stay at home jadi lebih banyak kreativitas ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mbak, lumayan banget deh ini pas bisa main ilustrasi gini

      Hapus
  13. Seru banget yaa mbak mengkreasikan gambar di Canva gini. Saya tahu Canva sejak tahun 2015 kayaknya. Tapi dulu tuh cuma dipakai bikin media kit, proposal atau slide presentasi aja. Sekalisekali dipakai buat gambar di blog juga. Tapi kalau untuk bikin kreasi ilustrasi seperti di atas, barubaru ini tahunya. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku pun juga loh tapi semenjak lihat mbak Tuty Queen itu jadi tergerak dan akhirnya ikutan kelas workshopnya.

      Hapus
  14. Ngulik canva belakangan emang bikin ketagihan yaaa. Walau bukan ilustrator maupun desainer pun bisa sekarang bikin ilustrasi maupun infografis. Thanks to Canva :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak April jadilah sekarang kalau iseng dikit bikin ilustrasi di Canva

      Hapus
  15. Mbaaaaak desainmu keren-keren . Aku nggak bisa bisa nih . Imajinasiku kayak gambar anak TK. Mau nanya itu kok ada kitchen ya? semua kitchenku kok berbayar yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak, ini aku juga masih belajar banget biar lebih banyak lagi bikinnya dan enak dilihatnya. Untuk Canva yang aku gunakan ini yang pro jadi memang semua gambar bakalan terbuka semua.

      Hapus
  16. Aku pernah buka mba canva cuma belum terjun lagi nih mendalami, kagum banget sama temen2 kreativitas nya ok jadi semangat mau mulai lagi nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cus mbak Uti, mayan nih bisa bikin juga untuk konten instagram dan blog loh.

      Hapus
  17. Sama-sama pakai Canva, tapi hasil karyamu keren banget Mbaa..iri deh...izin save gambar hijabers di tengah tanaman ya apiiik...hihi..

    BalasHapus
  18. Keren banget Mbak cichi, aku Dari kemarin emang udah penasaran maksimal sama ilustrasi Di canva. Makasih ya mbak dah buat tutorialnya.

    Bagus Bagus desainnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak mbak, ini masih terus belajar biar semakin banyak lagi ilustrasinya dari Canva.

      Hapus
  19. Canva ini andelan buat bikin infografis keren di blog sama IG.
    Aku lagi ngulik buat ilustrasi di canva.
    Biar ngga lama otak atiknya, nyari referensi gambarnya dulu baru dibikin. Hihi

    Suka sama ilustrasinya mbaa. Kece alwayss

    BalasHapus
  20. Ini mah memang udah level expert Canva-nya. Semua ilustrasi yang dibuat Mb Chichie top lah. Coba ya aku mau belajar juga ah, biar bisa masukkan fotoku sebelahan sama abang Matt Damon hehehee...

    BalasHapus
  21. Cakeppp euy...aku belum pernah cobain malah hahaha kudet banget ya...Pengen nih cobain buat di blogpost..

    BalasHapus
  22. aku dari kapan pingin bikin kreativitas seperti ini di canva tapi belum kesampaian juga.

    BalasHapus
  23. Canva ini selalu jadi andalanku saat mau upload IG story yang estetik. Biar lebih bagus dan nggak bosen gituuu kalo diliat temen2 follower ehehehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *