Selalu Pakai Masker Saat Berada diluar Rumah

04 September 2020

selalu pakai masker

6 bulan sudah kita menjalani kehidupan ditengah pandemi Covid-19, mematuhi protokol kesehatan sangat penting sekali. Selalu pakai masker saat keluar rumah, untuk menghindari penyebaran virus. 


Siapa sangka angka pasien Covid-19 terus bertambah, bahkan saya mengira bakal menurun loh. Sebenarnya sempat mikir bakalan cepat pergi ini virusnya tapi kalau melihat update data setiap harinya masih terus bertambah. Untuk teman-teman yang masih bekerja dari kantor, tetap semangat ya dan jangan lupa selalu pakai masker.


Kalau flash back kebeberapa bulan sebelum pandemi Covid-19 menghampiri Indonesia, rasanya tuh kangen banget ya sama yang namanya jalan-jalan bersama keluarga, teman dan bahkan melakukan me time. Saya pun rasanya kangen sekali bisa duduk-duduk di coffee shop bersama teman-teman, ya memang walaupun katanya sekarang bisa main tapi saya justru menghindari ini. Karena kita gak akan tau orang yang berada di tempat yang kita kunjungi ini habis darimana saja. 


Sejauh ini keluar rumah biasanya untuk belanja mingguan, olahraga pagi atau sore, takeaway makanan atau minuman dan perdana sekali diakhir bulan Agustus 2020 saya menghadiri acara di GBK Senayan. Sebenarnya sebelum ini banyak juga beberapa teman yang sudah ngajakin pergi untuk keluar kota dan ke coffee shop tapi mohon maaf lahir dan batin nih ya. 

selalu pakai masker

Kalau sekarang keluar rumah selalu pakai masker, ini gak boleh lupa karena kalau lupa tuh kebangetan sebenarnya karena menurutku sekarang tuh pakai masker sudah menjadi kebiasaan. Ada perubahan juga selama pandemi, selain menggunakan masker saya juga mengganti tas yang digunakan dari bahan plastik. Alasannya agar kalau dibersihkan lebih mudah. 

Kalau lihat dari media sosial yang saya ikuti, sudah banyak juga yang melakukan aktivitas diluar harus bekerja ya. Misal bertemu dengan teman-teman, liburan dan masih banyak lagi. Sebenarnya ini tidak salah karena saya juga yakin teman-teman pasti selalu memperhatikan protokol kesehatan. Pastikan juga kalau keluar rumah membawa masker cadangan ya dan jangan lupa juga dengan tata cara memakai masker yang benar. 


Bagaimana cara memakai masker kain dengan aman:
  1. Bersihkan tangan sebelum menyentuh masker.
  2. Ambil masker dengan cara memegang kaitnya (karet atau talinya).
  3. Cek masker jika ada kerusakan atau kotor dan gunakan masker kain berlapis 3.
  4. Sesuaikan masker dengan wajah kita agar pas di wajah.
  5. Masker menutupi mulut hidung dan dagu.
  6. Hindari menyentuh area masker bagian depan.
  7. Setelah digunakan 4 jam masker kain harus di ganti.
  8. Cucilah tangan sebelum melepaskan masker.
  9. Melepas masker dengan menyentuh bagian kaitannya.
  10. Tarik masker menjauhi muka.
  11. Simpan masker dalam plastik bersih tertutup jika masker tidak kotor untuk pemakaian selanjutnya.
  12. Cucilah masker kain dengan sabun atau detergen, sebaiknya dengan air panas setidaknya sehari sekali.
  13. Cucilah tangan setelah melepaskan masker.

Nah, coba apakah selama ini sudah menjalankan 13 cara diatas saat menggunakan masker? Apalagi untuk teman-teman yang sudah melakukan aktivitas diluar rumah nih. Jangan sampai lupa ya dengan cara-cara diatas untuk terus diterapkan. 

selalu pakai masker
Courtesy by Pinterest

Sebenarnya pakai masker tuh jadi lebih irit pergincuan gak sih buibuk? Karena saya sendiri kalau pas keluar rumah hanya pakai sunblock doang karena nyaris setengah wajah ketutup dengan masker. Bahkan batas masker atas saya tuh dibawah mata loh.

Saat menggunakan masker kain juga ada hal yang harus dihindari nih, antara lain:
  1. Hindari memakai masker yang terlihat rusak.
  2. Hindari memakai masker yang longgar.
  3. Hindari memakai masker di bawah hidung.
  4. Hindari melepas masker kain ketika berada dengan orang lain dalam jarak kurang dari 1 meter.
  5. Hindari menggunakan masker yang membuat sulit bernafas.
  6. Tidak berbagi pemakaian masker kain dengan orang lain. 

Masker kain dapat melindungi sekeliling Anda. Untuk melindungi diri kita dan mencegah penyebaran Covid-19, tetaplah menjaga jarak 1 meter dari yang lainnya, mencuci tangan sesering mungkin, dan hindari memegang area wajah dan masker. Kalau kata dr. Reissa Brotoasmoro itu dalam 1 jam biasanya perempuan itu memegang area masker atau sambil benerin hijab dan rambutnya sebanyak 20x. Hayo coba siapa yang masih seperti ini? Mudah-mudahan sudah tidak melakukan lagi ya untuk pegang-pegang maskernya. 

66 komentar

  1. aku tuh paling tertib pakai amsker apalagi diantara banayk orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku pun tapi suka kesel lihat orang yang gak pakai masker.

      Hapus
  2. Jujur dari awal pandemi aku nggak nyangka bakal jadi separah dan selama ini. Semenjak awal pandemi, aku selalu disiplin di rumah aja dan pakai masker kalau terpaksa ke luar rumah. Sebenarnya kangen banget kumpul keluarga dan teman-teman, tapi kayaknya gak sebanding dengan resikonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku berfikir gak akan naik kayak sekarang dan berfikir orang kita pasti bisa tertib tapi ternyata sulit ya.

      Hapus
  3. Aku mbaa kemana mana wajib pakai amsker. Di kantor pun pakai bahkan saat shalat di masjid kantor ya pakai masker. Sedih deh banyak yang abai untuk tak pakai masker

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Alida sehat-sehat ya, untuk teman-teman yang masih harus kerja ke kantor aku selalu berdoa agar mereka selalu diberi kesehatan.

      Hapus
  4. aku salfok sama model2 gantengnya hehhehee. Aku lebih memilih tetap di rumah aja kak. Kalau terpaksa ke luar rumah wajib masker dan selalu bawa hand sanitizer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modelnya cakep-cakep yak, aku demen soalnya sama mereka wakakakakaaa...

      Hapus
  5. sama mba aku juga udah 6 bulanan di rumah, tapi memang kebetulan ga kemana-mana sih jadi jarang pakai masker, cuman di rumah aja, palingan sekali dua kali aja ke minimarket belakang rumah dna tetap pakai masker sih. lama-lama sepertinya biasa ya semua orang pakai masker ini. terima kasih tipsnya mba, kalau nanti aku keluar rumah bisa menerapkan tips-tipsnya niy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun kalau keluar rumah kalau belanja mingguan doang, selebihnya paling olahraga sore jalan kaki dan naik sepeda.

      Hapus
  6. sekarang malah semakin bertambah yaaa, sedih deh kegiatan home visit dari sekolah sekarang ditiadakan lagi sesuai keputusan pemerintah. Ya Allah semoga pandemi ini bisa segera berakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku pun sangat berharap pandemi ini segera berakhir.

      Hapus
  7. Sejak diumumkan kasus di Depok oleh presiden, kami gak keluar daerah. Mana ke Bogor atau Bandung kan zona merah dari dulu. Jadi ya diam saja di Cianjur. Kalau pake masker, cuci tangan, pasti itu mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh Okti akupun gak pernah kemana-mana selain belanja mingguan

      Hapus
  8. Aku sudah dari Maret 2020 selalu di rumah, keluar hanya kalau belanja groceries or ngantor. Tapi masih banyak temenku yg ga sadar bahaya Corona, nongkrong tanpa masker saat larut malam di cafe. Aku setakut itu sih sama Corona, bukan karena akunya tapi takut menularkan ke orang tua yang sudah "tua*

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos dulu kita mbak, aku beli kopi cuma berani lewat aplikasi ojek online.

      Hapus
  9. Aku udah lama pake masker sejak SMA, tapi baru tau akhir akhir ini kalo dagu harus ketutup juga xD

    BalasHapus
  10. Sekarang pakai masker itu harus bgt ya, untuk melindungi kita dan orang lain juga. Stay safe buat kita semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gak pakai masker tuh sekarang berasa kayak ditelanjangi gak sih?

      Hapus
  11. lagi kondisi kaya gini emang wajib banget pake masker kemanapun pergi yaaaa, udah jadi sebuah keharusan, malahan udah terbiasa, kalo ga pake masker kaya ada yg lupa hehehe

    BalasHapus
  12. memang obat COVID saat ini ya pakai wajib pakai masker. Meski buatku jadi jerawatan di muka huhuu tp ya lebih penting selamat dari COVID sih ya :) Yukkk pakai masker, saling mengingatkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya bukan obat tapi menghindari penularan saja mbak.

      Hapus
  13. Meski eranya adaptasi baru bukan berarti merasa seperti kembali ke normal ya.. Protokol kesehatan harus tetap diterapkan dengan disiplin, salah satunya pemakaian masker

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena orang sekarang bereasanya ini tuh semacam sudah back to normal bukan adaptasi keadaan baru.

      Hapus
  14. Masker sekarang ini seperti sudah menjadi trendi tersendiri loh menurut aku ya wkwkw semakin kesini semakin bagus dan bervarian

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya masker itu jadi wajib banget sekarang ini apalagi motif masker sekarang kece-kece semua ya

      Hapus
  15. well, no excuse sih, sekarang wajib pakai masker dan bawa masker cadangan juga kalo lagi bepergian tuh, plus untuk cewek2 sekarang masker udah kece-kece jadi tetep bisa ootd-an lah yaa lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pernah loh lagi takeaway kopi dekat rumah dan ada pengunjung gak pakai masker. AKu minta sama baristanya tegor, kecuali mereka lagi makan dan minum ya.

      Hapus
  16. Masker zaman sekarang cantik-cantik dan bisa di mix and match sama OOTD.
    Jadi gak ada alasan lagi...kalau pakai masker, jadi gak keliatan keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sekarang motifnya cakep2 dan bisa kembaran, karena aku ada yang kembaran dengan anakku

      Hapus
  17. Sekarang udah nggak ada lagi alasan untuk nggak pakai masker. Udah tersedia di mana-mana dengan berbagai pilihan lagi. Tinggal mau atau enggak aja untuk disiplin pakai. Aku berusaha untuk selalu pakai, bahkan anakku yang kecil kalau diajak main sepeda udah otomatis cari maskernya sendiri. Semoga kita semua terlindungi yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau lupa pun bisa beli kok karena sekarang sudah banyak terjual juga.

      Hapus
  18. Iyes, bener banget. Mau ke luar rumah, ke mana pun itu, walopun cuma ke warung, harus selalu pake masker ya. Melidungi diri dan peduli kepada orang-orang tercinta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masker seperti barang wajib yang gak boleh kelupaan dibawa atau digunakan.

      Hapus
  19. Aku pun masih sama kek Maret lalu mbak, selalu pakai masker, even terima paket di rumah. Trus yang paling penting gak keluar rumah kalau gak urgent sekali.
    Belanja bulanan kami alihkan ke online atau sesekali ke minimarket. Selama 6 bulan terakhir baru sekali kami ke supermarket pas long wiken kmrn hehe.
    Walau skrng yg bermasker dipandang kek alien, bodo amat deh :D :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kah kadang nih masih suka lupa kalau terima paket atau makanan dari ojek online.

      Hapus
    2. Iya nih agak menyulitkan. Zaman sblm pandemi kalau aku sibuk aku bisa delegasikan tugas terima paket ke anakku. Skrng boro2 kalau ada petugas antar paket kudu maju cepet sebelum anak2 mbukain pager huhu #emakoverprotektip

      Hapus
  20. meski engap rasanya pakai masker kemana-mana, namun ini buat kebaikan seluruh dunia, paling deket mah buat kebaikan keluarga dan lingkungan. dengan memakai masker saat ke luar rumah artinya kita peduli akan kesehatan orang lain dan diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah betul kak Aie, minimal kita tuh ngelindungi keluarga kita dulu deh.

      Hapus
  21. Hikmah selalu bermasker--> ga perlu pakai make up jadi budget perlenongan bisa dikepras wkwkwkwk
    Yah, selalu ada hal baik dari pandemi ini yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, semenjak mengguna masker emang jadi gak pernah make up lagi ini aku. Hehehee

      Hapus
  22. Hiks, nah Chie syediih yaa beberapa temanku juga pada terpapar covid di jkt.Huhuu makin nambah terus, Bandung makin muacet aja sama yang bekerja kembali dan wisata alam yang kek cendol dawet, cafe dan mall agak sepi dan rapih protokol kesehatannya.

    Ahsiyap, masker selalu aku pake, apalgi berada di lingkungan kesehatannya yang ketat banget dengan aturan. Makasih tipsnyaa. Yuk tetep bermasker syantik kalo emang urgent keluar rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya teh, temanku yang di Jakarta juga sudah banyak kok yang liburan ke Bandung. Aku tuh lihatnya gimana ya, iya sih emang itu hak mereka tapi ini tuh keadaannya beda.

      Hapus
  23. Setuju jangan kendor pakai masker dan tetap jalankan protokol kesehatan. Semoga segera usai pandemi ini dan kita bisa berkegiatan secara normal lagi. Aamiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, masa ini orang-orang pada gak kasihan apa sama kita yang setia banget di rumah.

      Hapus
  24. Barusan tadi siang lihat berita di TV, tanggal 14 Sept mau diterapkan lagi PSBB di jakarta. Padahal belum ada sebulan ini pihak kantor membolehkan dinas luar ke Jakarta, udah mau ditutup lagi aksesnya.

    Semoga yang bandel-bandel nggak mau pakai masker segera sadar ya mbak

    BalasHapus
  25. Aku tu dulu paling nggak suka pakai masker. Motoran aja males. Suka heran sama orang yang full maskeran di kendaraan pas di Jakarta. Tapi sekarang masker jadi kewajiban sih, terutama kalau keluar rumah. Cuma masih suka pegang-pegang dan naik turun memang, huks

    BalasHapus
  26. Orang yang jahit masker kain ternyata beda2 keterampilannya. Ada yang kalo dipakai nyaman, ada yang bikin sesak. Memang harus diperhatikan ya ini.

    BalasHapus
  27. Di depan rumah saya udah ada hand sanitizer. Jd tiap mau pegang handle pintu, pakai hand sanitizer dulu. Iyah ya kadang kita alpa soal protokol kesehatan, ke warung sebelah gak pakai masker...padahal bahaya

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah keluarga kami selalu disiplin pakai masker, jarang ke mana-mana juga, lebih banyak di rumah.

    BalasHapus
  29. Iya mbak sekarang masker dan hand sanitizer itu barang wajib untuk keluar rumah walau hanya ke warung ya, mamaku sampai mengirim kotak mungil untuk simpan masker kalau lagi makan di luar biar maskernya nggak kotor

    BalasHapus
  30. Kenapa juga ada Won Bin doong, kan jadi inget masker ealah apasihh. Penting banget ya buat kita mengetahui tata cara pakai masker yang benar agar gak terpapar virus dimasa Pandemi ini

    BalasHapus
  31. Untuk keluar rumah beerpgian jauh seperti ke pasar, ke tempat kerja, ke bank, ddan lainnya tak pernah lupa mengenakan masker. Tapi suka lupa tuh kalau mau belanja ke warung yang letaknya beberapa rumah saja. Padahal tetap saja di sana juga perlu pakai apalagi selalu banyak orang ngumpul.

    BalasHapus
  32. Pakai masker sekarang udah jadi kebiasaan baru kalau keluar rumah. Makanya suka sebel kalau liat ada yang nggak pakai. Saya sih malah seneng ya, muka jadi terlindungi dari sinar matahari, jadi filter asap & debu plus irit lipstik hehehe

    BalasHapus
  33. kalau ngga pakai masker, bukan hanya kita yang rugi yaa mba, tapi juga membahayaan orang - orang tercinta. Harus semangaaat pakai masker dan jaga jarak

    BalasHapus
  34. Pakai masker itu adalah cara kita menjaga lingkungan kita ya mba... bukan hanya diri kita... semoga pandemi lekas berlalu...

    BalasHapus
  35. Mba Chici diapit 2 aktor pemain go go squid itu,,, serial yang udah aku tamatin 2kali sangking sukanya wkwkkw.. iya ni harus pake masker mau sehat mau sakit dimanapun kalo keluar rumah kudu pake masker,,,

    BalasHapus
  36. Pake masker itu saling menjaga yah, maskerku untuk menjagamu dan maskermu untuk menjagaku. Semoga makin banyak yang sadar betapa pentingnya masker dimasa pandemi gini.

    BalasHapus
  37. Aku juga kemana mana pakai masker. tapi aku pakai masker kain. Jadi harus stok banyak karena sering ganti

    BalasHapus
  38. iya betul kak Chie, saat ini tuh ya covid-19 belom berakhir tapi begitu banyak orang-orang mendominasi buat abai ga pake masker. Tetap pakai masker ya pokoknya kita,

    BalasHapus
  39. Wajib banget pake masker setiap keluar rumah, ga bisa ditawar-tawar nih. Termasuk saat belanja di bibik sayuran yang lewat. Suka kesel loh sama tetanggaku yang dibilangin susah banget.Ketika berbelanja kan pada ngobrol tuh, dempet-dempetan, masih ada saja yang tak mau menggunakan masker. Padahal apa susahnya kan ya, engap palingan bentar, ntar bisa dibuka lagi kalau pas enggak menggerombol.

    BalasHapus
  40. Wah kalo 20kali benerin hijab dalam 1 jam kayaknya nggak ya hahaha alias nggak tahu bisa jadi iya bisa jadi tidak wkwkwk.. Berusaha seminim mungkin pegang masker saat dipakai..atau setidaknya tangan dalam keadaan sudah cuci pakai sabun atau handsanitizer deh ya...

    BalasHapus
  41. mba, sorry. i am correct the right like this di (spasi) luar not diluar, because the word to explan about place . as like ke luar, ke bawah, ke atas. but thanks for you sharing.

    BalasHapus
  42. Sekarang tu keluar rumah memang kudu wajib pake masker. Ngak hanya itu, masker yang digunakan juga harus dipastikan bersih dan memnuhi standar kesehatan yang layak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.