Hallo!

Saya Chichie, penggemar hot latte dan es kopi susu. Lifestyle blogger, food & product photographer. Happy wife and mother from The Hariyanto's Family. Part of UploadKompakan, bulur Kompakers Bekasi.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Sayangi Diri Dengan Melakukan Deteksi Sedari Dini Kanker Payudara

deteksi dini kanker payudara

Hallo... Gimana kabar teman-teman semuanya? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya dan tetap semangat menjaga kesehatan dan kebersihan juga. Mengingat saat ini pun pandemi Covid-19 belum pergi dari Indonesia, semoga cepat pergi dan kita bisa aman dan nyaman untuk melakukan aktivitas. 

Bulan Oktober dikenal sebagai Breast Cancer Awareness Month yang diperingati oleh seluruh dunia. Kita kembali disadarkan akan bahanya penyakit kanker payudara, dimana kanker payudara masih menjadi salah satu penyebab kematian di dunia, dan khususnya di Indonesia. Penting sekali untuk para perempuan menyadari akan deteksi sedari dini kanker payudara. 

Pita pink digunakan sebagai simbol kepedulian terhadap penderita kanker payudara sejak dicetuskannya oleh The Susan G. Komen Breast Cancer Foundation di Amerika Serikat pada tahun 1991. Itu mengapa bulan Oktober sering kita jumpai dukungan dengan pita pink.

Pengertian Kanker Payudara adalah kondisi ketika sel kanker terbentuk di jaringan payudara. Kanker bisa terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus),atau di saluran (duktus) yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. Kanker juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat dalam payudara. Kanker payudara terbentuk saat sel-sel di dalam payudara tumbuh tidak normal dan tidak terkendali. Sel tersebut umumnya membentuk tumor yang terasa seperti benjolan.

deteksi dini kanker payudara

Gejala dan Penyebab Kanker Payudara
Sekarang sudah mulai banyak perempuan yang aware akan pentingnya edukasi mengenai kanker payudara. Seperti saya yang dulunya mungkin malas sekali untuk mencari informasi, begitu salah satu anggota keluarga ada yang terkena kanker payudara baru deh saya kasak-kasuk mencari segala informasi tentang kanker payudara. Perlu diakui biasanya orang kita itu akan sadar begitu circlenya ada yang kena, benar gak sih?

Karena sekarang ini perkembangan teknologi juga sudah semakin canggih, bahkan informasi pun bisa dicari melulai genggaman saja. Jadi informasi kesehatan pun sudah mudah diakses, ini juga membuat kita bisa peduli terhadap penyintas kanker payudara. Karena mereka ini juga butuh support dari circle terdekatnya.

Kanker panyudara seringkali sulit terdeteksi di tahap awal karena ukurannya yang kecil. Benjolan baru dapat teraba jika ukurannya cukup besar. Tapi tidak semua benjolan di payudara itu berarti kanker. Oleh karena itu melakukan deteksi sedari dini kanker payudara itu sangat penting. 

Saya jadi teringat dengan salah satu teman yang memang memiliki kanker payudara, beberapa bulan lalu sempat dia cerita kalau sudah stadium 4 dan sama sekali dia gak merasakan pada awalnya. Bahkan dia bilang juga tidak ada gejala khusus, ketauannya waktu dia harus check up dari kantornya secara menyeluruh. 

Belum diketahui apa penyebab sel kanker tumbuh di payudara. Tetapi ada sejumlah faktor yang bisa membuat seseorang berisiko terkena penyakit kanker payudara. Misalnya mengalami menstruasi pada usia yang terlalu muda atau terlalu tua, dan memiliki anggota keluarga yang juga menderita kanker payudara. 

Ini jadi mengingatkan saya terhadap almarhumah tante yang sakit kanker payudara sudah stadium akhir baru ketauan. Kalau dilihat secara genetika pun dikeluarga besar tidak ada yang mengidap kanker tapi waktu itu dokter bilang juga bisa jadi dari pola makan yang tidak sehat. Dari sini saya jadi banyak belajar bahwa sangat pentingnya memeriksakan diri sedini mungkin. 

deteksi dini kanker payudara

Deteksi Sedari Dini Kanker Payudara
Hal terpenting adalah menyadari bagaimana bentuk normal payudara dan ada tidaknya perubahan dari waktu ke waktu. Payudara biasanya akan terasa berbeda di masa menstruasi, sebelum dan selama sedang datang bulan. Sudah bisa dipastikan saat datang bulan payudara akan menjadi lebih kencang dan padat. Tak hanya itu, pada perempuan yang akan memasuki menopause, payudara akan terasa lebih kendur dan lembut.

Mendeteksi kanker payudara sejak dini dan mendapatkan perawatan kanker yang canggih merupakan strategi paling penting untuk mencegah kematian akibat kanker payudara. Kanker payudara yang ditemukan lebih awal, akan lebih mudah untuk diobati. 

Cara yang dapat dilakukan adalah mendeteksi dini kanker payudara dengan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri). Pengecekan dengan cara SADARI dapat membantu melindungi diri dari kanker payudara, selain itu pengecekan ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. 

Untuk melakukan deteksi dini pada kanker payudara dengan cara SADARI itu dihari ke 7-10 hari setelah menstruasi ya. Beberapa yang tahapan yang dapat dilakukan di rumah:
  1. Berdiri, cermati jika ada perubahan bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan atau perubahan puting. Jika merasakan bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris, maka jangan cemas dulu itu merupakan hal yang biasa.
  2. Angkat Kedua Lengan ke Atas, setelah mengangkat kedua lengan, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. DOrong siku ke depan dan cermati payudara dan dorong siku ke belakang dan cermati bentuk atau ukuran payudara.
  3. Posisikan Kedua Tangan di Pinggang, dengan mencondongkan bahu ke depan sehingga payudara diangkat dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada. 
  4. Angkat Lengan Kiri Ke Atas, saat mengangkat lengan kiri ke atas, tekuk siku sehingga kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan daerah payudara dan juga seluruh bagian payudara kiri jingga ke daerah ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting dan begitu sebaliknya. Ualngi gerakan yang sama pada payudara sebelah kanan.
  5. Cubit Kedua Puting, saat mencubit kedua puting, cermati jika ada cairan yang keluar dari puting. Jika ada cairan yang keluar, maka cobalah konsultasikan dengan dokter. 
  6. Pada Posisi Tiduran, kita juga bisa melakukan SADARI dengan meletakan bantal di bawah pundah kanan. Angkat lengan ke atas, cermati payudara kanan dan lakukan sebanyak tiga kali untuk pola yang sama. Dengan menggunakan ujung jari tekan-tekan seluruh bagian hingga ketiak.
Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) selain melakukan SADARI, untuk melakukan deteksi ini kanker payudara juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin payudara klinis (SADANIS) yang dilakukan oleh dokter yang kompeten. 

Jika terdapat beberapa gejala berikut harus segera periksa ke dokter:
  1. Benjolan di payudara menetap 8-10 hari, dekat puting susu (terlihat tertarik ke dalam dan lengket).
  2. Perubahan ukuran atau bentuk atau tampilan payudara dan puting.
  3. Payudara terasa sakit.
  4. Puting mengeluarkan cairan bening, cokelat atau kuning.
  5. Puting tiba-tiba memerah dan bengkak.
  6. Pembuluh vena terlihat pada payudara.
  7. Tampak kelainan pada kulit payudara. 

Seringnya perempuan baru akan menyadari adanya benjolan pada payudaranya saat benjolan sudah berukuran cukup besar, oleh sebab itu perlu juga melakukan skrining dengan menggunakan USG payudara dan mammografi (disesuaikan dengan usia). Hasil dan kedua tes tersebut akan saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

Biasanya yang harus kita lakukan adalah memberikan support dan biasanya ini harus datang dari keluarga terdekat lebih dahulu, setelah itu dari teman-temannya. Pada dasarnya adalah setiap orang itu harus menghindari stress terlebih untuk mereka yang memiliki penyakit. 

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Malaysia Healthcare Travel Council untuk para penyintas kanker payudara adalah menujukkan solidaritas dan membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini untuk memerangi kanker payudara dengan memberikan beberapa perawatan medis di Malaysia. 

Ini alasan kenapa kamu harus memilih Malaysia Health Travel Council
  • Jelajah Sekitar, selalu ada cara untuk bersanti sambil tetap menjaga kesehatan. Di Malaysia, semua bisa dilakukan dengan mudah. Menjelajah alam di Sarawak hingga gemerlap lampu kota di Kuala Lumpur, fasilitas kesehatan akan sellau ada di sekitar untuk menjadikan liburanmu lebih sehat.
  • Fasilitas Berkualitas, tekonologi medis terbaru dengan praktis kesehatan yang berpengalaman adalah bagian dari pelayanan berkualitas yang akan kamu temukan dalam setiap fasilitas kesehatan di Malaysia. Dengan beragam servis yang ditawarkan serta akses mudah, menjadikan liburan kamu ke Malaysia lebih dari sekedar berwisata.
  • Kesenangan Tak Terbatas, ada banyak cara bersenang-senang untuk kamu di Malaysia. Mulai dari festival kuliner hingga otomotif, pameran seni berskala internasional, sampai kegiatan luar ruangan seperti skydiving and water rafting. Malaysia ada untuk kamu menjalani hari dengan kesenangan yang tak terbatas.
  • Harga Terjangkau, konsultasikan kondisi kesehatan kamu di Malaysia dengan biaya terjangkau dan kesempatan untuk berobat sesuai dengan kebutuhan, kamu akan selalu mendapatkan perawatan media yang berkualitas di Malaysia tanpa perlu khawatir mengenai biaya berlebih.
  • Jarak Dekat, hanya dalam beberapa jam, kamu sudah bisa berobat di Malaysia. Ditambah denan jadwal penerbangan yang beragam dan pilihan kota keberangkatan dan kedatangan yang bervariasi baik di Malaysia maupun di Indonesia. Kemudahan akan selalu ada bersamamu saat menjalani pengobatan di Malaysia.

Pinky Promise With Malaysia Healthcare 

Dalam memberikan dukungan untuk penyintas kanker payudara, Malaysia Healthcare sedang mengadakan kompetisini loh di akun media sosialnya @medtourismmy.id  sebagai bukti kepedulian kita terhadap penyintas kanker payudara. Periode ini berlangsung dari tanggal 9-23 Oktober 2020 jadi jangan sampai ketinggalan ya untuk terus berikan dukungan terhadap mereka para penyintas kanker payudara. 



Jangan lupa baca dulu ya untuk syarat dan ketentuannya, mumpung masih ada waktu dan kesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa saldo OVO dari Malaysia Healthcare.

Komentar

  1. Aku lumayan sering cek payudara sendiri, semoga ya selalu sehat. Kanker kan serem juga. Jadi kudu belajar deteksi sejak dini

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagus banget mak, aku tuh kadang kelupaan deh setiap habis menstruasi pengen coba cek.

      Hapus
    2. Sama mbak, aku juga rutin cek. Semoga kita semua selalu sehat ya mbak

      Hapus
  2. Seenggaknya hal yang melegakan kalau benjolan itu ga semuanya kanker payudara. Nah aku tuh ga rajin mau jalanin SADARI Chie. Kelupaan terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sama teh, aku pun gak rajin bahkan kadang suka baru cek karena habis baca artikel

      Hapus
  3. Semoga kita semua sehat selalu, ya. Kalau udah kena kanker, mo jalan ke luar negeri juga rasanya ngilu saat menikmati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiinnnnnn... semoga kita semua selalu diberi kesehatan ya mbak.

      Hapus
  4. Kanker payudara masih menjadi momok bagi para perempuan. Semoga kita semua terhindar, setidaknya bisa terdeteksi sedini mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...
      Iya ya mbak, makanya sangat penting bagi kita untuk rutin melakukan SADARI

      Hapus
  5. Menarik juga nih campaign yang diadakan medtourism my id ini ya...jadi poengen ikutan. Semoga kita juga dijauhkan sih sama penyakit ini dan teman-temannya ya...

    BalasHapus
  6. Iya harus rajin Sadari, jaga makan duh aku harus lebih disiplin nih mbak..jaga makan no daging merah dan berlemak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah aku masih makan daging merah nih seminggu pasti ada aja makanan yang menggunakan daging.

      Hapus
  7. Kompetisinya masih sampai tanggal 23, masih ada waktu, semoga bisa berpartisipasi.

    Kanker payudara ini memang mengerikan ya mbak, rata-rata teman saya yang kena kanker payudara ini ketahuannya udah stadium tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih mbak, yuk ikutan kompetisinya sekalian memberikan dukungan untuk penyintas kanker payudara.

      Hapus
  8. Temen aku kanker payudara terus udah operasi tapi kayak pindah-pindah gitu Teh kankernya. Coba nanti aku kasih tau untuk mencoba Malaysia Health Travel Council sebagai referensi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya ada yang misal di operasi dan ada lagi tapi pindah gitu berarti belum tuntas itu setauku deh. Kebetulan aku juga punya tante yang mengalami kejadian seperti itu.

      Hapus
  9. Berobat dengan fasilitas dari MHTC semoga menjadi jalan pembuka penyembuhan sakit kanker. Tahun kemarin aku ikut event MHTC di Kuala Lumpur, tour hospital di beberapa rumah sakit. Termasuk yang memberikan fasilitas pengobatan kanker. Fasilitas nya beneran keren, pasien sangat dimanjakan dan keluarga yang menemani bisa tenang juga. Bisa jalan-jalan di dekat rumah sakit, ada tempat wisata belanja maupun waterpark

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, apalagi pasien gitu selain berobat tetap harus terhindari stres jadi memang ini juga merupakan sebagai semangat mereka juga.

      Hapus
  10. Pemeriksaan sadari ini idealnya berapa kali dilakukan dalam setahun, kak Chi?
    Padahal mudah sih yaa...hanya perlu pembiasaan.
    Semoga dengan ditangani oleh tenaga kesehatan yang ahli dan peralatan yang canggih, pengobatan menjadi lebih cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fasilitas yang diberikan MHTC dalam pengobatan sudah sangat canggih yaa..
      Dengan perawatan yang baik, semoga banyak perempuan tertolong.

      Hapus
    2. aku tuh juga deh kalau SADARI suka lupa padahal pengen banget ngecek secara berkala.

      Hapus
  11. Yups, SADARI ini sederhana dan mudah banget dilakukan, tapi sebagian besar dari kita tuh sering banget melupakan yaa. Padahal penting banget untuk SADARI :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kalau mau lebih jelas dan detail mendingan SADANIS sih kak tapi aku pun belum pernah nyoba SADANIS

      Hapus
  12. pemeriksaan rutin dan sederhana bisa dilakukan ya mba wajib banget aware nih waktu itu punya tetangga yang terkena kanker payudara dan tidak terselamatkan karena terlambat deteksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, kita juga minimal melakukan SADARI ya setiap habis menstruasi.

      Hapus
  13. Saya kalau baca tentang breast cancer nih jadi inget dengan almarhumah ibu saya. Sedih banget melihat beliau menderita karena kanker payudaranya, karena kelalain mendeteksi sejak dini. Memang perempuan harus aware yaa soal salah satu mahkota kita ini. Informasi bagus nih, Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak Ade, perempuan memang harus sudah aware dengan kanker payudara apalagi kalau ada anggota keluarga yang memang memiliki riwayat kanker payudara.

      Hapus
  14. Jika merasa ada yang kurang biasa dalam PD harus lebih aware juga ya ka.. dan yang utama sering sering cek sadari dan sadanis ya ka.. jadi inget aku terakhir sadanis itu tahun lalu deh dan ingin juga ah sadanis lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tuh pengen banget sebenarnya ngecek secara klinis gitu kak tapi belum berani kalau sekarang ini.

      Hapus
  15. Deteksi dini memang penting banget ya mba.. rajin melakukan cek payudara sendiri menolong bannget jadinya kita bakal tahu lebih cepat dan tentunya juga dengan ketat menjaga kesehatan dan pola makan ya

    BalasHapus
  16. it is very important to know about this and know how to independently detect early, especially since I have three daughters. I hope we are all healthy

    BalasHapus
  17. Deteksi dini kanker payudara ini penting banget ya mba. Aku pernah diajarin buat periksa payudara gitu kalau waktu mandi. Dan baru inget aku melakukan sadanis itu udah 2 tahunan. Harus melakukan lagi nih

    BalasHapus
  18. Harus semua wanita pahami, ketahui dan sadari untuk melakukan deteksi kanker payudara sejak dini

    BalasHapus
  19. sadari ini sesungguhnya mudah dilakukan ya oleh semua wanita.. supaya bisa mendeteksi sejak awal dan bisa segera memulai pengobatan yaaa

    BalasHapus
  20. wah baru tahu bulan oktober menjadi bulannya kanker payudara. Saya pernah punya teman yang kena kanker payudara, cepet banget ya cara kerja kankernya, dari gejala awal sampai menjadi stadium 4 itu cepet banget, itulah mencegah lebih baik dari mengobati itu benar yaa. harus mau mendeteksi sendiri dengan SADARI agar bisa ketahuan lebih dini daripada ketahuan udah menjalar kemana mana kan gawat

    BalasHapus
  21. Bulan Oktober ini memang jadi pengingat diri untuk selalu mencintai diri salah satunya dengan mengecek apakah ada benjolan di payudara, sebenarnya tidak harus bulan Oktober sesering mungkin harus sadari

    BalasHapus
  22. thanks mba Cici sudah menulis artikel ini, membantu mengingatkan saya kembali untuk rutun cek dan jaga kesehatan payudara kita. dulu saya rajin melakukan pengecekan untuk jaga kesehatan sekarang udah hampir ga pernah dilakukan. dan membaca ini saya kayak tertampar ya, kemana aja saya selama ini ga ngecek lagi. semoga kita semua sehat ya mba Ci dna kita menjaganya tidak hanya di bulan ini saja

    BalasHapus
  23. Makasih banyak nih sudah diingatkan, sudah tau SADARI dari dulu tapi selalu lupa untuk pengecekan rutinnya hehe..

    BalasHapus
  24. Bulan Okober selalu diingatkan ttg kanker PD ini yaaa.
    Aku ingat dulu saudara tetanggaku ada yang kena kanker PD dan dioperasi. Pernah ditunjukin bekas operasinya, PD-nya jd gak ada, semenjak itu aku jg jd lbh aware soal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah main ke salah satu RS di Malaysia, ada yang spesialisasinya kyknya emang sering dikunjungi pasien kanker khususnya kanker PD (bahkan dr Indonesiaa). Ruangannya didesain pink2 gtu, mungkin utk bikin pasien nyaman gtu ya

      Hapus
  25. Terima kasih infonya mba, saya jadi tahu soal SADARI ini. Bermanfaat sekali agar dapat mengecheck payudara kita sendiri

    BalasHapus
  26. terima kasih mba chichie sudah mengingatkan lagi, penting banget nih buat kita menjaga aset berharga ini, salah satunya dengan melakukan deteksi dini kanker payudara, sering kali tuh malas-malas padahal sudah banyak sekali korban karena kanker pd padahal juga bisa merengut nyawa kalau sudah terlambat di tolong

    BalasHapus
  27. Artikel kayak gini memang harus diupdate reguler ya supaya semakin banyak wanita yg aware untuk memeriksa payudaranya secara swadaya dan reguler

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah dari sejak SMA sudah diajarkan mengenai hal ini oleh guru Biologi dan mengenai kanker payudara ini kita bener-bener harus aware yaa Kak

    BalasHapus
  29. Aku masih belum bisa deteksi Chie, tapi dengan artikelmu tak cermati biar bisa mempelajari dengan detail
    Dulu pernah diajari lupa, maksudnya nggak sedetail ini. Makasih Chie

    BalasHapus
  30. jd inget tetangga saya yg kena kanker payudara. perjalan penyakitnya cepet banget. jd makin waspada dan lakukan sadari tiap bulan deh

    BalasHapus
  31. Penyakit yang satu ini memang rawan banget menyerang para wanita seperti kita mom. makanya kita dianjurkan untuk selalu memeriksa kondisi payudara kita apakah sehat-sehat ataukah ada gejala-gejala penyakit tertentu.

    BalasHapus
  32. Angka penderita kanker payudara di Indonesia masih cukup tinggi ya Mba.. padahal kalo rajin sedari bisa diminimalisir angkanya. Karena langkah-langkah sedari ini cukup sederhana dan mudah. Setiap mandi bisa dipraktekkan

    BalasHapus
  33. Bener banget si temen kakakku jg baru ini kembali kesisinya krn kanker ini mba. Emang hrs bgt qta jdi cew waspada ya. Andai ketauan di awal masi bisa di selamatkan gitu. Informasi ini sgt bermanfaat sekali

    BalasHapus
  34. Jujur nih, kalau bulan Oktober aku selalu ingat tentang masalah kanker payudara ini dan lupa untuk sadari sepertinya memang harus diberi warning nih agar ingat selalu

    BalasHapus
  35. Deteksi dini pada payudara penting bngt loh mba dlu aku ketauan ada tumor payudara juga saat lagi melakukan deteksi dini pas diraba ada benjolan dan aku langsung usg payudara alhamdulilah sekarang sudah dioperasi ..semua wanita memang harus peduli terhadap ksehatan payudaranyaa

    BalasHapus
  36. Memang penting banget nih melakukan deteksi dini, jangan sampai kita kecolongan, karena ini penting banget buat wanita. Tapi, aku juga suka lupa kalau nggak diingetin. Kalau udah baca artikel-artikel seperti ini, jadi mulai tersadarkan lagi.

    BalasHapus
  37. duh kanker payudara ini emang silent killer ya, diem2 muncul gitu aja. Makanya penting banget untuk deteksi dini ya kak. Aku termasuk yang rutin melakukan SADARI. Kepinginnya sih cek langsung ke dokter ya tapi belum sempat nih.

    BalasHapus
  38. Ngelihat, denger, dan banyak baca berita tentang kanker payudara bikin aku jadi sering deteksi dini gejala-gejalanya. Tiap ada yang aneh di payudara, aku pasti ngecek sendiri. Dan secara rutin juga ngecek sendiri, walopun tanpa gejala. Biar bisa segera tahu ya kalo ada aa-apa. Dan memperkecil kemungkinan terlambatnya penanganan jika memang ada kanker payudara. Semoga para perempuan bisa lebih aware.

    BalasHapus
  39. Minggu lalu Bulikku meninggal setelah jadi penyintas kanker payudara selama 5 tahunan..sudah berbagai terapi dilakukan tapi Allah berkehendak lain.
    Memang mesti peduli sejak dini serta deteksi gejala kanker payudara ini
    MHTC punya program bagus terkait kanker ini ya...bisa jadi referensi bagi penderitanya

    BalasHapus
  40. Berfaedah banget ini artikelnya Mba Chichie. Mengingatkan kita kaum hawa agar selalu menyayangi bagian tubuh kita sendiri ya. Cara deteksi dininya bisa dilakukan di rumah ya. Trus ada info mengenai Malaysia Healthcare Travel Council juga, Tfs ya

    BalasHapus
  41. Lengkap banget tulisan tentang deteksi dini kanker payudara ini, mbak.. Kalau bisa diketahui sejak awal, kemungkinan sembuh pun lebih besar kan..

    BalasHapus
  42. Kalau sedang menyusui, deteksi SEDARI ini sama juga gak ya? Kan kalau pencet puting keluarnya ASI. Bentuk payudara juga berbeda.
    Malaysia lengkap banget ya, bisa berobat sekaligus refreshing, jadinya yang sakit gak stress.

    BalasHapus
  43. Sadari ini memang penting banget y mbak. Kalau merasa ada kelainan di payudara kita segeralah periksa

    BalasHapus
  44. Waspada terhadap penyakit yang banyak diderita sama perempuan.

    Sadari memang pencegahannya kanker payudara dan lebih baik lagi menjaga pola hidup sehat dan perlindungan Allah

    BalasHapus
  45. Aku jadi mau cerita juga nih Mba, setiap mendekati tanggal haid aku selalu ngerasa ada benjolan diketiak yang kalo dipencet suka sakit. Cuma belum berani periksa ke dokter terkait sedang pandemi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *