Hallo!

Saya Chichie, penggemar hot latte dan es kopi susu. Lifestyle blogger, food & product photographer. Happy wife and mother from The Hariyanto's Family. Part of UploadKompakan, bulur Kompakers Bekasi.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Happy Plant at Home With Ara Indonesia


Beberapa bulan belakangan ini saya lagi senang main tanaman, iya saya yang awalnya tidak menyukai tanaman tapi sekarang setiap hari selalu punya waktu untuk ngobrol sama anak-anak hijau di rumah. Awalnya cuma tau kalau tanaman itu harus disiram pagi hari atau sore hari tapi sekarang bukan hanya itu saja, ada tetesan serum growth stimulant yang berperan dalam tumbuhnya si anak hijau di rumah.

Walau kata orang ini musiman tapi ternyata emang semenyenangkan itu sih main tanaman, karena dari sini jadi belajar banyak hal. Belajar sabar melihat pertumbuhan, belajar tentang media tanam, penyiraman, vitamin dan pendukung lainnya. Sampai akhirnya saya mengenal yang namanya serum tanaman, awalnya cuek dan gak kepikiran bakal pakai juga tapi taukan yang namanya kekuatan media sosial itu?

Racun dari teman-teman selalu bertebaran, untung ini racunnya positif ya main tanaman jadi sekalian bikin rumah juga terlihat lebih cantik. Jujur sih ini tuh bisa jadi obat bahagia juga loh, karena ada yang diurusin di rumah selain suami dan anak. Hehehehee... 

Sampai akhirnya saya ikutan untuk perang mendapatkan Plant Growth Stimulan dan Flourishing Emulsion ARA INDONESIA. Lupa deh ini pertama lihat di akun instagramnya siapa ya, lalu kepo dong cek instagramnya @ara.indonesia terus kirim direct message dong nanya produknya. Kirain bisa order by DM ternyata by ecommerce kesayangan kita semua. 

Happy Plant with ARA INDONESIA
serum ara indonesia


Awal ikutan perang pembelian serumnya ARA di Tokped itu saya gagal, padahal sudah dibayar dan ternyata dibatalin dong. Tapi itu gak bikin saya patah semangat tentunya untuk ikutan selanjutnya, emang rejeki banget pas jam 10.00 malam si ARA bikin live di instagram ngobrolin hasil restock serum dan emulsion. 

Emang baik banget deh teamnya ARA Indonesia, mereka buka jalur khusus pembelian serum dan emulsion khusus untuk teman-teman ARA yang nonton live di instagram. Malam itu seingatku yang nonton 50 orang lebih deh, akhirnya bisa pesan lewat Tokped jam 23.00 barengan sama yang gak kedapatan pas war jam 19.00. Edan demi apa coba ini saya pun mendadak ikutan war, padahal biasanya males banget. 

Begitu si Plant Growth Stimulant dan Flourishin Emulsion datang gak sabar dong pengen nyobain. Penggunaan serum dan emulsion gak bisa barengan ya jadi harus dijeda selama 3 hari. 

Untuk penggunaan Plant Growth Stimulant:
  • Kocok dahul botol serumnya.
  • Teteskan sebanyak 10 tetes saja di air 1 liter, saya biasa menggunakan botol bekas kopi literan karena pas.
  • Kocok sebentar agar tercampur serum dan airnya.
  • Siram ke media tanamnya.
  • Gunakan seminggu sekali saja.

Untuk penggunaan Flourishing Emulsion:
  • Kocok dahulu botolnya sebelum digunakan.
  • Semprotkan ke bagian daunnya.
  • Gunakan pada pagi hari, kalau saya biasa jam 7.00 atau 7.30
  • Gunakan seminggu sekali saja.

Hasil Menggunakan Plant Growth Stimulant dan Flourishing Emulsion 
serum ara indonesia

Banyak juga teman-teman di instagram yang nanyain via direct message untuk hasilnya. Gak semua tanaman hasilnya cepat, tapi emang ada yang 2 hari itu hasilnya sudah kelihatan. Untuk genknya Keladi emang lebih cepat karena ada yang 2 hari, untuk Monstera semingguan baru keluar tunas baru. Tapi emang yang namanya ngurusin tanaman tuh harus penuh dengan cinta 

serum ara indonesia

serum ara indonesia

Di rumah ada 3 jenis monstera, herannya yang 2 ini tuh dari beli bulan Maret kalau gak salah gak pernah nunmbuh daun baru dong. Disiram sudah pasti dan media tanam juga sudah diganti dengan yang baru. Eh kemarin itu habis dikasih serumnya Ara langsung dong itu nongol tunas baru dan yang satunya keluar daun baru.

Kalau yang di pot kecil itu keluar 2 tunas baru, happy banget deh pas lihat ada yang tumbuh disetiap tanamanku. Beneran bikin happy dan percayalah ini tuh semacam menghalau stres. Emang deh ya pandemi ini membawa banyak perubahan, insya Allah banyak perubahan positifnya. 

serum ara indonesia

serum ara indonesia

serum ara indonesia

tanaman hias

tanaman hias

tanaman hias

Nah ini hasil beberapa tanaman yang tumbuh tunas baru atau daun baru ya, sebenarnya masih banyak tapi saya ambil beberapa saja. Jadi ini tuh pakai serum dan emulsionnya sudah hampir 3 minggu kalau gak salah tapi baru saya tulis sekarang karena pengen lihat hasilnya dulu. 

Karena ini tuh beneran review secara jujur dan serumnya pun beli ya bukan endorse dari Ara Indonesia tapi saya akan merekomendasikan ke teman-teman yang sedang merawat anak-anak hijau. Selain di saya banyak yang tumbuh tunas dan daun baru, ini juga yang dirasakan sama beberapa teman seperjuangan yang mendapatkan serumnya Ara. 

tanaman hias

tanaman hias

Jadi waktu itu beli keladi putih dengan 2 daun besar taunya daun yang satunya mati dong, akhirnya saya mencoba re-potting keladi putih ini karena saya lihat masih ada tunasnya dan saya bagi 2 potnya. Satu pot untuk keladi 1 daun dan 1 pot hanya tunasnya saja. Lalu saya siram dong itu media tanam pakai serumnya Ara, lihat dong itu 1 pot langusng beranak banyak gitu. Sementara yang 1 daun baru keluar 2 daun baru.

Sekarang tuh setiap pagi selalu punya kebiasaan baru setelah punya anak-anak hijua, selalu nengokin mereka sambil diajak ngobrol. Karena kata beberapa teman, tanaman itu juga perlu diajak ngobrol dan dielus-elus biar dia juga happy. Oke, ini akhirnya saya ikutin dan sampai hari ini pun masih banyak belajar dari teman-teman yang memang sudah lebih dulu merawat anak-anak hijau sebelum pandemi. 

Jadi nih ya, untuk teman-teman yang sedang senang-senangnya merawat anak hijau di rumah, gak ada salahnya untuk coba serum dan emulsionnya Ara Indonesia karena emang sudah terbukti sih. Kalian juga harus mengenal miminnya, karena dia kesayangan para ibu-ibu pecinta tanaman. 

Komentar

  1. Lucu.. Botolnya kayak botol serum, gak cm kulit aja yang pakai serum, tanaman jg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya botolnya emang botol serum, asal jangan salah pakai aja nih di rumah hahahahaa

      Hapus
  2. Mbak ... si Plant Growth Stimulant dan Flourishin Emulsion ini harga aslinya berapa? Sampai pada rela nungguin buat war-waran ... bisa ditawar sampai murah gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau harganya gak bisa di tawar mbak, war berarti perang mendapatkan si produknya Ara. Tapi seru sih jadi bikin semangat untuk bikin anak-anak hijau tetap sehat.

      Hapus
    2. Seruu iih..
      Aku sebagai pendukung kak Chie jadi ikutan seneng karena kak Chie berhasil dapet Serum eh.. Flourishing Emulsion.

      Hapus
  3. Kece banget nih Mba masya Allah tanaman aja butuh perawatan ekstra ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak, iya sekarang bikin aku jatuh cinta banget untuk ngerawat anak-anak hijau.

      Hapus
  4. Ya ampuun mbaak...ini nyimpennya beneran harus amaan. da botolnya samaan dg serum buat wajah hahaha.

    Saya juga sedang kembali memulai bertanam. Tapi berhubung saya kurang estetik tp cenderung ke praktis, nanemnya sayuran dong hahaha. Ini siang barusan masak kangkung dr depan rumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya, waktu itu sempat aku taruh meja makan karena baru aku pakai terus suamiku mindahin ke meja riasku wakakakakaaa

      Hapus
  5. wahh benar ya mbak, dgn perawatan yg tepat tanaman bisa tumbuh baik ya...
    jadi cantik cantik gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ini kebetulan lagi rajin dan masih semangat untuk menanam di rumah.

      Hapus
  6. wah-wah kemasannya juga mirip serum bagi yang punya ya, hati-hati salah lho mbak hehehe....

    Emang bertanam dan menikmati prosesnya itu menyenangkan ya, bisa buat hiburan tersendiri di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini pernah kok sama suamiku di taruh dimeja riasku karena dia gak ngeh dan hanya berfikir botolnya sama kayak serumku.

      Hapus
  7. anak - anak hijaunya banyak yaaa mba dan sehat - sehat semua berkat ara nih. Aku juga lagi menikmati si hijau di rumah juga

    BalasHapus
  8. Hebat ikh mba jadi suka tanaman. Nah aku dari awal nggak suka dan sampai sekarang tetep nggak suka hihihi 😂. Jadi bingung slama pandemi hobi baru aku ini apa ya? 😂. Jadi nanya ke diri sendiri.

    Ngomong-ngomong Harga serum ARA ini berapa mba? Kayaknya bagus ya dan hasilnya itu cepet keliatannya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku tuh awalnya gak suka tanaman, bahkan tanaman pertama di rumah adalah hadiah dari temanku. Harga serum 59.000

      Hapus
  9. Walau skrg lagi tren, entah kenapa saya kok ga tertarik juga utk bercocok tanam..xixixi.. feelsnya ga dapet, Mba. Dan setiap bercocok tanam pasti mati, walaupun dah sesuai prosedur ngerawatnya hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho ada teman senasib hahaa aku sebenernya tertarik mba, tapi kaktus aja mati di tanganku, kan jadi malesin ya :(

      Hapus
    2. ini yang aku takutkan awalnya mbak Ade, udah ada kok yang mati sebenarnya karena emang dia susah-susah gampang dan aku juga sudah ikuti sesuai dengan step-stepnya.

      Hapus
  10. Wah, aku juga sekarang bercocok tanam Mbak, hihi..ternyata memang menyenangkan ya. Padahal dulu sama sekali nggak tertarik pada rumah ortu dan mertua banyak banget tanamannya..mau coba serumnya ah biar tanamanku lebih subur dan cepat bertunas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku pun awalnya gak pernah tertarik tapi lihat kok seru banget dan di tambah kalau jalan sore selalu lewat tukang tanaman jadilah aku tertarik juga.

      Hapus
  11. Kalau dirawat dan diberi pupuk, daun mereka akan berkilat seperti itu. Menyenangkan sekali.
    Mbak Chichie suka jeniskaladium, ya. suami saya juga gitu. Saya sukanya tanaman sayur dan beberapa bunga refugia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku suka jenis kaladium dan lagi ngumpulin pelan-pelan nih biar lengkap koleksi kaladiumnya.

      Hapus
  12. in this day and age many like to grow crops at home. This product is really needed because it will make the plants look good so that the enthusiasm for planting them again

    BalasHapus
  13. Kak Chiiieee...aku mau main ke rumah kak Chie...
    Hehhee...seneng banget liat anakan Monstera dan keladi putih. Dan akutu kemarin mencoba berkebun juga, kak Chie.
    Daaan...
    Death.

    Huwaaaa~
    Mau nangis liat mereka pada lemes gak mau tegak berdiri.

    BalasHapus
  14. Baru tahu ada serum tanaman juga ya mba hehehe... soalnya ibuku puluhan tahun bercocok tanam belum pernah pakai serum gini. Bisa direkomendasiin nih untuk beliau. Kalau aku sih nggak begitu tekun merawat tanaman. :)

    BalasHapus
  15. Wah, amaze banget sama pertumbuhan tanamannya, mbak Chichie. Seneng juga ngeliatnya. Oh iya mbak, serum ini bisa untuk tanaman sayur dan buah nggak ya? Tertarik memilikinya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak, ini serumnya bisa untuk semuanya juga mbak.

      Hapus
  16. Wah kebetulan aku lagi tergila-gila tanaman banget kak! Pengen cobain buat tanemanku, ada beberapa yang warnanya memudar, semoga pakai serum bisa hijau kembali dan tumbuh lebih pesat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku biasanya daun yang akan menguning dan terlihat tidak sehat langsung aku gunting, karena bisa nular ke daun lainnya. Penggunaan serum ini tuh seperti pupuk.

      Hapus
  17. Aduh aku ngiri ama tanaman-tanamannya mbaa. Hahhaa. ENtah kenapa aku nggak telaten nih mba. Udah nyoba. Tapi makasih rekomendasinya ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kak Alida siapa tau nanti main tanaman dan ingin merawat bisa menggunakan serum Ara

      Hapus
  18. Uwooo aku mesti kasih tau temenku tentang serum ini. Ternyata, bukan wajah aja yang butuh serum, melainkan tanaman juga, ya. Thanks for the info, Mbak! Btw kusuka banget liatin koleksi tanamannya, euy. Cakep-cakep pisaann.

    BalasHapus
  19. Aduh aku betah deh lama-lama disini, Templatenya cakep banget hehehe. Aku setuju sih kalo merawat tanaman harus penuh kasih sayang karena aku lagi mulai nanem nanem juga ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat ya mbak, insya anak-anak hijau tumbuh subur.

      Hapus
  20. Keladi putihnya kalau sudah putih semua daunnya indaaahhh banget k, aku pernah liat tuh aslinya pas semuanya putih, apalagi pas difoto. K itu artikelnya foto-fotonya cantik-cantik banget sih, naksir banget lihatnya. Mau donk bibit keladi putihnya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keladi yang putih tuh ada 2 ternyata jenisnya, punyaku yang gak putih semua mbak.

      Hapus
  21. kayaknya aku harus beli ini nih. lagi seneng banget sama tanaman, banyak tumbuhan yang dikasih bibitnya hingga saat ini belum muncul tunas baru. kayaknya udah harus pakai emulsion gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku biasanya kalau belum muncul tunas suka di propagasi dulu.

      Hapus
  22. Seger-seger banget tanamannya jadinya ya Chie, ada serum khususnya kalau gini tanaman jadi sehat ya. Kamu rajin banget Chie, merawatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini lagi rajin banget dan jadi nambah kegiatan lagi deh setiap harinya.

      Hapus
  23. Sama mba,ak jg lagi suka urus tanaman , baru tau jg ini klo ada serum dan emulsion buat tnaman , kayaknya harus dicoba ya pake produknya ara ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini serum dan emulsion aku juga baru tau pas suka tanaman, hehehehee

      Hapus
  24. Lucu banget sih ada serum buat tanaman juga. Kirain cuma kita aja yang butuh serum 😄

    BalasHapus
  25. Waah baru tau aku kalo tanaman juga ada produk perawatan kayak gini mana kemasannya pun gemesh banget kayak serum hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kemasannya pun seperti botol serum untuk wajah tapi jangan sampai ketukar dengan serum wajah ya.

      Hapus
  26. suka banget lihat tanamannya keliatannya sehat banget semuanya, dirawat dan dikasih produk perawatan juga ya, jadi pengen nanam juga jadinya mba Chichi

    BalasHapus
  27. Yang lagi happening ya bikin seger mata hahaha..aku baru nanam janda bolong & snake plant nih kak. Btw pot2nya mupeng dah

    BalasHapus
  28. Serum ini sama ga sih fungsinya sama B1? Efeknya sama soalnya, tapi pengen nyobain juga sih. Buka jastipnya ga kaka hehehe.

    BalasHapus
  29. Baca cerita tentang merawat tanaman gini, jadi ingat almarhumah Ibu kos saya yang doyan banget merawat tanaman seperti ini.

    Btw, ajaib juga ya serumnya ARA ini untuk tanaman. :)

    BalasHapus
  30. Seger banget deh mba liat koleksi tanamanmu, plus bonus dpt info tentang serum ARA ini, jadi tertarik deh pengen punya monsterra, seger-seger kayanya dipajang di depan kamar tuh

    BalasHapus
  31. Sekarang tanaman aja juga punya serum sendiri ya mba hihihi... Semoga makin rajin tanam menanamnya dan anak hijaunya tumbuh subur semua 🥳

    BalasHapus
  32. Memang harus telaten dan konsisten juga ya kak chichie untuk merawat tanaman ini layaknya merawat anak dan suami. Huah aku juga baru tahu lho ternyata tanaman ada serumnya juga yah? Gak hanya manusia aja yang pakai serum ingin tampak cerah ternyata tanaman juga bikin daunnya tampak sehat dan fresh juga ya kak. Keren deh sama hobi barunyaa :)

    BalasHapus
  33. Pantesan pada kinclong tanamannya. Rutin dikasih skincare hihihi. Merawat tanaman memang harus telaten. Kalau di sini, suami saya yang telaten sejak dulu. Saya juga suka bilang semua tanaman itu anak-anak suami :D

    BalasHapus
  34. bahagia banget kalo tunas daunnya muncup dan membesar. duh bahagia sesimpel ini, tp kudu sabar jg kan. makanya kudu sayang sama tanaman, beli apa2 yg baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya. kan kita jg bahagia kalau mereka sehat dan membesar semua

    BalasHapus
  35. wahhh ternyata bukan perempuan aja ya yang butuh serum tapi taneman jugaaa... ku suka takjub liat taneman mbak yang suka di aplot di IG.. ternyata ini rahasianya

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *