Hallo!

Saya Chichie, penggemar hot latte dan es kopi susu. Lifestyle blogger, food & product photographer. Happy wife and mother from The Hariyanto's Family. Part of UploadKompakan, bulur Kompakers Bekasi.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Memperkuat Ekonomi Keluarga, Danone-AQUA Dukung Pemberdayaan Perempuan Lewat AQUA Home Service

aqua home service

Pandemi Covid-19 membawa perubahan untuk seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain itu juga sangat mempengaruhi roda perekonomian dan pendapatan yang didapatkan saat pandemi. Terasa sekali saat diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), dimana toko, perkantoran dan sekolah tutup untuk mencegah penularan Covid-19.

Untuk mereka yang memiliki usaha sudah pasti ini sangat mempengaruhi pendapatan mereka yang berujung dengan pengurang karyawan atau bahkan ada yang dipotong pendapatan bulannya. Hal ini juga banyak dirasakan oleh teman-teman juga, ada yang sudah di rumahkan bahkan pemotongan gaji. Banyak cara yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan selama pandemi ini.

Untuk mereka yang sudah berkeluarga tentu harus memutar otak bagaimana agar kebutuhan rumah tangganya tetap terpenuhi. Jadi sekarang ini bukannya lagi ayah saja yang harus bekerja, bahkan ibu rumah tangga sekali pun tetap bisa mendapatkan pemasukan setiap bulannya hanya dari rumah. Selain mengurus keluarga, ibu juga tetap bisa menghasilkan pemasukan. 

Untuk memperkuat perekonomian keluarga, Danone-AQUA dukung pemberdayaan perempuan lewat AQUA Home Service (AHS). Hal ini bertujuan untuk mendorong peran perempuan dalam memperkuat perekonomian melalui UMKM. Danone-AQUA membekali ibu rumah tangga dengan pengetahuan berbisnis agar mereka dapat ikut membantu ekonomi keluarga di masa pandemi yang penuh tantangan seperti sekarang ini.

Seperti yang diungkapkan oleh Indra Gunawan, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) "Partisipasi perempuan dalam ekonomi dapat memacu produktivitas dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan." Selain itu Indra Gunawan juga menekankan "Kemen PPPA terus mendukung partisipasi perempuan dalam sektor ekonomi melalui berbagai cara. Salah satunya dengan membuka jalan agar lebih banyak perempuan pelaku UMKM dan biasanya pelaku usaha mikro pada umumnya adalah perempuan."

"Program AQUA Home Service (AHS) adalah wujud komitmen dari Danone-AQUA untuk senantiasa menyajikan kebaikan alam dan kebaikan hidup kepada lebih banyak keluarga Indonesia." kata Ratih Retno, Emerging Channel Director Danone-AQUA. Harapannya dengan adanya sesi inspiratif seperti ini, di mana kita dapat berbagi cerita usaha masing-masing, akan ada lebih banyak perempuan yang terinspirasi untuk lebih berdaya dan memperkuat ekonomi keluarga."

Apa Itu AQUA Home Service (AHS)
aqua home service


AQUA Home Service adalah komitmen Danone-AQUA untuk menyajikan kebaikan alam untuk kebaikan hidup setiap hari bersama ibu-ibu rumah tangga sebagai duta kebaikan AQUA. Penuhi kebutuhan hidrasi rumah Anda dengan kemurnian AQUA.

Jadi sekarang ini ibu rumah tangga pun tetap bisa menyumbang penghasilan untuk rumah tangga, tidak  hanya mengandalkan ayahnya saja. Kalau dulu perempuan bekerja itu tidak terlalu mendapatkan apresiasi bahkan suka dipandang dengan sebelah mata. Kalau sekarang untuk para ibu rumah bisa mengerjakan AQUA Home Service dari rumah, jadi tetap bisa melakukan pekerjaan domestik rumah tangga. 

Dengan adanya pemberdayaan perempuan lewat AQUA Home Service diharapkan usah mikro dapat dijalankan khususnya oleh kaum perempuan yang dapat menunjang sektor ekonomi keluarga dan Indonesia di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Besar harapannya UMKM di Indonesia ini berpotensi untuk kembali menyelamatkan pemulihan ekonomi akibat pandmei yang melanda saat ini dengan memanfaatkan akses teknologi.

Untuk melengkapi pengetahuan berbisnis yang diperlukan perempuan agar dapat memulai usaha mikronya sendiri antara lain adalah pengelolaan keuangan, pelayanan konsumen dan pemasaran. Semuanya ini dapat ditemui pada program AQUA Home Service (AHS) yang diinisiasi oleh Danone-AQUA sejak 2008. Sejalan dengan prioritas Kemen PPPA untuk melibatkan lebih banyak lagi perempuan. 

Program AQUA Home Service memberdayakan perempuan dengan mengadakan kelas, sesi berbagi, dan pelatihan. Harapannya, mereka dapat langsung berpraktik sebagai Duta Kebaikan bagi lingkungan dan keluarganya sekaligus dapat mengambil peran sebagai distributor mikro produk AQUA yang dapat membantu perekenomian keluarga. 

aqua home service

Persyaratan Untuk Menjadi Mitra AQUA Home Service
  1. Pemukiman +500 KK
  2. Memiliki alat komunikasi dan transportasi
  3. Memiliki bangunan permanen
  4. Lingkungan bersih dan higienis
  5. Mudah diakses
  6. Berkomitmen secara penuh

Investasi awal hanya dengan Rp 5.000.000 sudah mendapatkan paket galon + isi ulang 100 galon 

Bonus yang didapatkan menjadi AQUA Home Service
  • Shopblind
  • Ambalan
  • Rompi
  • Flyer A5
  • 10 unit galon kosong
  • 2 Box Aqua 220 ml
  • 2 Box Aqua 330 ml

Manfaat yang didapatkan menjadi AQUA Home Service
  1. Kesempatan mengembangkan bisnis dan mendapatkan penghasilan tambahan untuk keluarga
  2. Kekuatan merek AQUA sebagai pionir Air Minum dalam kemasan memudahkan mitra bisnis untuk memasarkan produk kepada konsumen
  3. Kredibilitas menjadi mitra resmi dalam mendistribusikan AQUA, menjamin kualitas serta keaslian produk melalui pelayanan yang unggul kepada konsumen
  4. Profesional dukungan profesional tidak hanya kepada mitra bisnis AHS, melainkan juga tim pengirim
  5. Pertumbuhan terus mengembangkan jumlah pelanggan area distribusi dan jasa kepada pelanggan

Saat ini, AHS memiliki lebih dari 8.000 anggota yang mayoritasnya adalah ibu rumah tangga dari berbagai provinsi di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Bali. Kemen PPPA dan Danone-AQUA berharap program AHS terus berkembang ke lebih banyak wilayah di Indonesia agar lebih banyak perempuan dapat menjalankan usaha mikro dan memperkuat ekomomi keluarga.

aqua home service


Teman-teman juga bisa loh ikutan menjadi salah satu Duta Kebaikan dengan mendaftarkan diri sebagai AQUA Home Service sekarang juga.

Komentar

  1. Kereeen AQUA, saya baru tahu ada program ini dan semoga saja di Majalengka juga sudah ada siapa tau saya bisa ikutan ehehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa cak di webnya kak untuk mengetahui jangkauan si Home Service, tapi harusnya sudah ada karena masuk area Jawa.

      Hapus
    2. Semoga secepatnya masuk i Sulawesi supaya banyak perempuan yang bisa terbantu memperkuat ekonomi keluarga.

      Hapus
  2. Keren ya ada program gini. Apakagi masa pandemi gini, orang bingung cari cara apa mereka cukup mempermudah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mbak, untuk menambah penghasilan rumah tangga ini bagus banget dengan memberdayakan para ibu.

      Hapus
  3. Minuman mineral keluarga, haha. Sejak dulu selalu pake Aqua di rumah. Ga tahu, meski orang bilang gini gitu, aku kok udah cinta banget ya. Bahkan pernah pas hamil hamil ada momen di mana aku maunya cuma minum Aqua kemasan 600 ml itu. Ga mau galon, ga mau yang besar. Jadilah setiap hari nyetok, haha. Keren nih program pemberdayaannya Aqua. Kalo ada rejeki, mau lah join juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun di rumah memang selalu minumnya AQUA karena kebiasaan dan emang gak berpaling kelain hati kecuali ke Nicholas Saputra sih, wakakakakaaa

      Hapus
  4. Belum sampai daerah saya di Lombok nih yaa, mau ah kalau udah sampai sini. Terjangkau banget ini dengan biaya 5juta udah bisa buat AQUA Home Service.

    BalasHapus
  5. Ini programnya keren buangett sik.
    Pastinya banyak emak2 yg tertarik, soale gampil dan prospektif buat berburu rezeki ye kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget dan bisa membantu keluarga untuk mendapatkan penghasilan tambahan ya.

      Hapus
  6. Keren banget nih [rpgram Aqua Home Service,
    Bisa membantu usaha rumahan untuk ibu-ibu di komplek yah, modal terjangkau cuma 5 juta aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul yang penting tetap bisa berdaya walau dari rumah

      Hapus
  7. Keren banget program AQUA Home Service dalam memberdayakan perempuan. Perempuan memang perlu dimotivasi seperti cara Aqua ini. Semoga bisa membantu banyak perempuan Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mak, apalagi disaat pandemi sekarang ini dan memang ini mudah banget sih persyaratannya.

      Hapus
  8. Menurut saya memang langkah ini sangat membantu sekali dikalangan masyarakat terutama para perempuan yang tidak memiliki pekerjaan, semoga bisa ditiru oleh perusahaan lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi sekarang rata-rata setiap rumah pasti minum air mineralnya AQUA

      Hapus
  9. yang saya suka dari Aqua tuh mereka selalu mengadakan program yang bagus dan menyasar ekonomi kelas menengah kebawah mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget Win, apalagi di saat pandemi sekarang ini ya.

      Hapus
  10. Wah keren ini program dari Aqua, bisa membantu banget untuk keluarga, semoga bermanfaat untuk banyak orang deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali kak, apalagi saat pandemi sekarang ini ya.

      Hapus
  11. Jadi Aqua home service ini merupakan agen untuk membeli isi ulang galon Aqua ya. Ternyata ada juga persyaratan jumlah minimal penduduknya, mungkin sebagai perkiraan target konsumen juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, apalagi keluarga sekarangkan setiap di rumahnya pasti minumnya AQUA

      Hapus
  12. Gak mahal juga modal awalnya. Syarat-syaratnya pun bisa terpenuhi. Apa saya ikutan aja, ya? Menarik juga kelihatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya mak Chi, setidaknya ini tuh bisa kita kerjakan di rumah jadi bisa ngawasin anak-anak juga ya.

      Hapus
  13. Ini khususnya buat ibu2 ya mbak pemberdayaannya?
    Nah oitu dulu pas aku pindah perum sini mau jualan galon eh ternyata tetanggaku udah 2 yang melakukannya hehe. Jd kyknya aku harus cari bisnis lain.
    Keren programnya Aqua nih semoga makin banyak UMKM yang terbantu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, sasarannya untuk para perempuan yang ingin membantu ekonomi keluarga. Apalagi saat pandemi sekarang ini, banyak yang mengusahakan untuk pendapatan tambahan.

      Hapus
  14. Cocok nih, usaha aqua home service. Bisa buat penghasilan tambahan selama di rumah saja. Apalagi di masa pandemi corona, penghasilan malah menurun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak dan kebanyakan keluarga sekarangkan pasti minumnya Aqua

      Hapus
  15. Bagus sekali program Aqua Home Service ini ya, jadi buat para perempuan bisa membantu perekonomian keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak setidaknya ibu di rumah juga tetap bisa mendapatkan pendapatan dari rumah

      Hapus
  16. Cara daftarnya mudah. Dan biaya registrasinya juga cukup murah, 5 juta, dapat 100 galon Aqua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mak, yang terpenting ini tuh bisa dikerjakan di rumah jadi urusan domestik rumah tangga aman

      Hapus
  17. Jualan daerah perumahan dan dibutuhkan masyarakat pasti laris manis. Apalagi aqua home service akan membuat pundi tabungan bertambah dengan modal sedikit

    BalasHapus
  18. banyak cara yang bisa kita tempuh untuk berbisnis ya mba, even in the middle of the pandemic like now. model bisnis seperti ini bisa membantu banyak orang ya

    BalasHapus
  19. Aku senang banget sekarang ada perusahaan yang peduli sama nasib IRT. Bikin program dimana perempuan bisa mandiri tanpa mengabaikan tanggung jawabnya. Modalnya ringan dan disertai pembekalan. Nice.

    BalasHapus
  20. Aqua memang selalu bikin program yang keren yaa termasuk program ini yang jadi solusi bagi para ibu-ibu rumah tangga untuk mulai berbisnis

    BalasHapus
  21. Programnya AQUA Home Service ini membantu babget meningkatkan perekonomian di dlm rumah tangga. Krn siapa yg tidak butuh air minum. Biaya menjadi mitra juga masih terjangkau

    BalasHapus
  22. Wah keren ya AQUA , ini bisa dimana saja sih mbak, krn di sidoarjo aq blm pernah tahu

    BalasHapus
  23. Aku juga make Aqua galon di rumah Chie. Keren ini kalau bisa ikutan usahanya. Kebetulan di rumah ada warungan kecil. Tapi harus nyediain tempat lagi ya. Dan cukup terjangkau ya 5jeti.

    BalasHapus
  24. Wah ini mudah dan kesempatan emas banget ya buat emak-emak untuk membantu ekonomi keluarga. Modal 5 juta usaha sudah bisa jalan.

    BalasHapus
  25. Suka banget...
    Aqua membuka kesempatan bagi siapa saja untuk bisa memulai usaha dari rumah. Bisa ada kegiatan yang produktif walau di rumah aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau melihat syaratnya, sepertinya bisa dipenuhi yaa..untuk para rumah tangga yang settle tinggal di pemukiman atau komplek.
      Pas banget bekerjasama begini di masa pandemi.

      Hapus
  26. Bagus juga ya dengan hanya 5 juta bisa buka usaha, nah masalahnya kembali lagi ke SDm ya Chi, karena buka usaha AQUA galon harus ada yang anterin juga loh

    BalasHapus
  27. Programnya bagus ya, ibu rumah tangga bisa ikut menunjang perekenomian keluarga dengan cara ikut program Aqua Home Service, dengan modal terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar ya mbak..
      Ibu rumah tangga jadi punya peran juga dalam membantu ekonomi keluarga

      Hapus
  28. Wuih programnya bagus, modal 5 juta bisa dapat produk dan perlengkapan jualan ya..semoga makin banyak yang terbantu..

    BalasHapus
  29. Ternyata apa yang kita gunakan sehari-hari ini bisa jadi juga penghasilan ya Chie, macam galon ini yang aku konsumsi tiap hari tapi bisa memberikan program yang keren banget.

    BalasHapus
  30. Sekarang jadi agen Aqua Galon gampang ya. Apalagi langsung difasilitasi dengan peralatannya segala. Benar-benar ide bisnis menarik di tengah pandemi nih.

    BalasHapus
  31. Aku pingin juga nih punya usaha kaya Aqua Home service, penasaran ada syarat jarak terdekat dengan penual lain gak ya, mau cari tahu ah

    BalasHapus
  32. Bagus banget, apalagi air minum galon Aqua ini termasuk minuman wajib di setiap rumah. Investasi 5jt,lumayan murah ya mbk.. Banyak bonusnya juga

    BalasHapus
  33. Bikin perempuan bisa produktif dari rumah tuh ngga gampang ya, Mbak. Salut sama idenya Aqua ini.

    BalasHapus
  34. during this pandemic family finances are also being tested. therefore, if women can help supplement their income without leaving their obligations at home, of course it will be good

    BalasHapus
  35. Keren banget tuh programnya. Semoga dengan program ini, banyak orang yang bisa terbantu. Keuntungannya menjajikan banget.

    BalasHapus
  36. Manusia memang sangat mahir dalam beradaptasoberadaptasi dan melakukn inovasi untuk bertahan hidup. Hantaman pandemi yang sudah 8 bulan ini cukup memukul perekonomian semua kalangan masyarakat. Program daeidari Aqua ini bisa memberdayakan ya

    BalasHapus
  37. ini sistemnya bagaimana ya mbak? bisa dropship enggak yaa? tertarik juga pengen jadi aqua home service biar ada tambahan pemasukan keluarga

    BalasHapus
  38. Trus aku amaze karena Aqua bisa gitu mikirin pemberdayaan perempuan sampai segitunya ya Ka. Keren banget deh. Syenang jadinya serasa diperhatiin deh.

    BalasHapus
  39. Makin kagum ya sama Aqua yang memerhatikan nasib perempuan dan para ibu yang mau mengembangkan potensi entrepreneurship

    BalasHapus
  40. dirumah juga selalu pake Aqua, btw bisa jadi lebih produktif walaupun dirumah aja dnegan ikutan usaha bareng Aqua ini yashh

    BalasHapus
  41. Danone-Aqua memang keren. Dengan modal Rp 5 juta aja ibu-ibu udah bisa punya bisnis. Semoga ini berkelanjutan sehingga banyak ibu-ibu yang terbantu berpenghasilan dari rumah.

    BalasHapus
  42. Keren ya Aqua di saat pandemi seperti ini memiliki program yang sangat membantu kaum perempuan, apalagi banyak orang yang terdampak karena pandemi dan kehilangan pekerjaan, semoga semakin banyak ibu-ibu yang terbantu untuk dapatkan penghasilan tambahan

    BalasHapus
  43. Kalau boleh curhat nih ya di tempat orangtuaku tinggal harga aqua satu galon itu mencapai 30ribu. Padahal orangtua mengkonsumsi aqua setiap hari. Kalau bisa boleh dilakukan kesetaraan harga terutama adanya home service. Ditempat orangtua malah tidak ada home service aqua.

    BalasHapus
  44. Cocok nih usaha galon aqua apalagi di kompleks gitu ya, jadi ga perlu ke minimarket. Programnya aqua keren nih!

    BalasHapus
  45. Terimakasih informasinya. Link pendaftaran saya share juga untuk teman yang sepertinya cocok nih soalnya dia punya bisnis juga...

    BalasHapus
  46. Wow banget yaaa anggotanya udah 8000an,udah banyak sekali yang memanfaatkan program ini. Smeoga makin bisa nambah lagi supaya usaha kecil jg makin maju ya

    BalasHapus
  47. Perempuan berdaya melalui Aqua Home Services menjadi jalan yang bagus untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Ini menginspirasi siapapun terlebih di masa pandemi ini agar bisa survive

    BalasHapus
  48. MashAllah campaginnya bikin teharu, jujur aku banyak bgt lihat para walimhrid aku sdg tunggang langgang mencari kerja karena banyaknya phk secara sepihak, tapi apalah daya mereka. kalau adanya campaighn yg membangun begini rasanya terharu 😄. Masih bnyak brand2 besar yg baik hati ikut menebarkan solusi utk masalah perekonomian dikala pandemi.

    BalasHapus
  49. Wah peluang jadi mitra AHS ini menarik sih, karena tinggal di perumahan dan jaman sekarang kan semua butuh aqua galon tuh pastinya bisa jadi peluang usaha yang bisa dijalankan para ibu rumah tangga yahh

    BalasHapus
  50. Aku termasuk yang baru tahu adanya program home service ini lho ka, dan seneng banget ada program ini yang ngga hanya melakukan pemberdayaan bagi para perempuan juga melakukan edukasi tentang hidrasi sehat ya untuk dirinya dan keluarganya

    BalasHapus
  51. Kemarin baru baca analisis kalau salah satu kekuatan Aqua memang dari jejaring distribusinya yang sangat luas. Apalagi ternyata ada program home service ini ya, yang sekaligus memberdayakan para perempuan.

    BalasHapus
  52. Dengan adanya program memberdayakan ekonomi keluarga di masa pandemi dari Aqua sungguh membantu sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah ini tandanya kita harus mulai berpikir bisnia aqua ini ka? Perlu mikirin sewa tempat juga sih ya?

      Hapus
  53. Salut sama Aqua dengan inovasi AQUA Home Service nya. Kupikir ini kayak service benerin apa gitu hehe. Solutif sekali untuk ibu-ibu yang ingin berbisnis dari rumah.

    BalasHapus
  54. Keren ya AQUA dengan modal 5 juta aja bisa buka usaha keluarga. Lumayan buat nambah perekonomian masyarakat

    BalasHapus
  55. enak ya AQUA emang belum ada lawan sih hehee... bisa jd usaha yang menjanjikan nih sepertinya :)

    BalasHapus
  56. Salut banget sma ide Aqua. ditengah pandemi gini, program semacam ini bisa membantu banget. Meskipun gak memberi bantuan langsung, tapi dengan adanya peluang seperti ini, kelihatannya lebih menjanjikan karena berjangka panjang.

    BalasHapus
  57. keren banget ini ya mba selalu ada inovasi dari AQua dan bisa bantu mengembangkan ibu rimah tangga lainnya

    BalasHapus
  58. wah lengkap penjelasannya. Aku malah baru tahu AQUA Home Service (AHS) udah ada sejak 2008.
    Berarti pakai garasi di rumah pun bisa untuk jadi agen AHS ini. Modal 5 juta udah bisa bergabung menjadi agen, dapat pelatihan juga pula.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *