Hallo!

Saya Chichie, penggemar hot latte dan es kopi susu. Lifestyle blogger, food & product photographer. Happy wife and mother from The Hariyanto's Family. Part of UploadKompakan, bulur Kompakers Bekasi.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Peran Penting Ibu Penuhi Gizi Seimbang Si Kecil Saat di Rumah Saja

peran penting ibu penuhi gizi seimbang


Sudah 7 bulan kita menjalani aktivitas dari rumah, termasuk bekerja dari rumah, belajar juga dari rumah. Pandemi ini mengajarkan kita akan banyak hal, terutama untuk tetap memberikan gizi seimbang si kecil saat di rumah saja. Selain itu semenjak pandemi bonding antara anak, ibu dan ayah juga lebih berkualitas waktunya. 

Masih teringat sekali saat awal pandemi, belanja kebutuhan rumah dan makanan secara online. Selain itu saya pun juga menyusun menu setiap harinya, sudah pasti ada perubahan dalam menyiapkan makanan juga. Selain menyiapkan makan pagi, siang dan malam saya pun harus membuatkan cemilan. Semua yang disiapkan harus sesuai dengan pedoman gizi seimbang dan juga bisa menjaga imunitas tubuh. 

Coba mana suaranya yang selama pandemi jadi lebih sering masak dan menyiapkan menu rumahan dengan berbagai macam setiap harinya? Sayaaaaa... Apalagi anakku tipe yang menu makan pagi, siang dan malam itu harus beda. Jadi kebayangkan selama pandemi ini jadi bikin saya lebih rajin masak menu rumahan. Tentunya menu yang disiapkan juga harus memenuhi gizi seimbang. 

"stress akibat batasan dalam beraktivitas mempengaruhi asupan nutrisi anak"


Untuk menghindari stress di rumah, jadi memang disini yang harus paling berperan adalah ibu. Jangan sampai si anak jadi merasakan stress karena adanya keterbatasan untuk beraktivitas. Awalnya saya sendiri sempat takut gimana kalau si kecil bosan di rumah karena setiap weekend kita selalu punya kegiatan di luar rumah.

peran penting ibu penuhi gizi seimbang

Senangnya hari ini ikutan acara virtualnya Danone Indonesia yang selalu bikin kita para ibu jadi banyak belajar lagi dan jadi punya bekal tentang gizi anak. Terutama saat pandemi seperti sekarang ini yang memang penting sekali untuk memberikan makanan gizi seimbang untuk anak. Danone Indonesia mengadakan Bicara Gizi secara virtual pada hari Rabu, 30 September 2020 tentang "Biasakan Anak Terapkan Gizi Seimbang Selama di Rumah Saja".

Seperti yang disampaikan oleh dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK Spesialis Gizi Klinis "agar anak mendapatkan gizi seimbang, kebutuhan akan nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak_ dan mikor (vitamin dan mineral_ harus dipenuhi. Namun, membuat anak mau mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya juga bukan perkara mudah. Saat di rumah saja, anak cenderung cepat bosan dan memilih makanan yang mereka sukai saja. Hal ini bisa berdampak pada kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal."

Kebutuhan nutrisi anak relatif lebih besar daripada orang dewasa karena pada anak-anak ada aspek tumbuh kembang. Jika nutrisinya tidak terpenuhi maka tumbuh kembang si anak akan terhambat. Untuk mendukung tumbuh kembang si kecil, ibu harus memperhatikankan asupan gizinya, kadang tuh jadi kepikiran juga sih "ini anak saya apakah kebutuhan gizinya sudah terpenuhi dengan baik belum ya?". 

Praktik gizi seimbang dalam keluarga harus memperhatikan beberapa hal berikut:
  1. Frekuensi makan 3x sehari
  2. Makanan yang disajikan memenuhi kelengkapan zat gizi dalam jumlah cukup dan sesuai dengan kebutuhan keluarga
  3. Makanan yang disajikan bervariasi
  4. Mencapai berat badan normal untuk mencegah masalah gizi
  5. Olahraga secara teratur termasuk bersama si kecil

dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK Spesialis Gizi Klinis juga menekankan untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang baiknya selalu memperhatikan tumpeng gizi seimbang. Tumpeng gizi seimbang bukan hanya berisi panduan makan sehat, tetapi panduan pola hidup sehat secara keseluruhan yang termasuk aktivitas fisik dan kebersihan diri. 

peran penting ibu penuhi gizi seimbang


Tumpeng Gizi Seimbang memiliki 4 lapisan, semakin besar area lapisannya makan semakin besar juga jumlah kebutuhan kita perharinya.

Porsi Makanan Pokok
Lapisan terbawah tumpeng gizi seimbang adalah area makanan pokok. Porsi yang dianjurkan untuk makanan pokok adalah 3-4 porsi dalam sehari. Makanan pokok bisa didapatkan dari nasi, jagung, singkong, ubi dan umbi-umbian yang biasa dikonsumsi oleh orang Indonesia. Ibaratnya kalau orang Indonesia itu belum makan kalau gak ketemu nasi. Tapi dalam prinsi gizi seimbang, porsi makanan pokok tidaklah hanya nasi saja. 

Porsi Buah dan Sayur
Selanjutnya yang harus dikonsumsi adalah buah dan sayur, ini pun di rumah menjadi wajib setiap hari harus makan sayur dan buah. Porsi yang disarankan untuk mengonsumsi sayur adalah 3-4 porsi dalam sehari. Sementara untuk buah 2-3 porsi dalam satu hari. Nah, gimana sudah makan sayur dan buah belum?

Porsi Sumber Protein
Setelah itu pastikan sumber protein kita terpenuhi, baik protein hewani (ikan, ayam, daging, telur, susu, dan makanan laut). Sementara untu protein nabati bisa diperoleh dari kacang-kacangan, tempe dan tahu). Hal yang paling penting disini juga harus melakukan variasi makanan karena untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Untuk memenuhinya tidak hanya bisa dilakukan oleh satu jenis bahan makanan saja. 

Seperti anak-anak yang memiliki alergi dengan susu sapi bisa menggantinya dengan susu soya yang terfortifikasi. Atau misal memiliki alergi makan seafood juga bisa mengalihkannya dengan makan ikan, ayam dan daging. Adapun untuk memenuhi kebutuhan protein disarankan untuk mengonsumsi 2-4 porsi makanan sumber protein setiap hari. 

Porsi Garam, Gula dan Minyak
Puncak dari piraminda makanan Tumpeng Gizi Indonesia, kita akan bertemu garam, gula dan minyak. Karena posisinya berada paling atas makan ini menandakan bahwa kita tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi gula, garam dan minyak setiap hari. 

Untuk takaran perharian maksimal 4 sendok makan gula, 1 sendok teh garam dan 5 sendok minyak dalam satu hari. Beruntungnya dikeluarga kami memang jarang sekali konsumsi gula, garam dan minyak.

Porsi Minum Air Putih 
Ini yang palin penting karena untuk menjaga kesehatan jangan lupa selalu mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas perhari untuk mencegah terjadinya dehidrasi. 


Porsi Makan Anak Mengikuti Pedoman Isi Piringku
peran penting ibu penuhi gizi seimbang

Sesuai dengan anjuran dari Kementerian Republik Indonesia bahwa untuk memenuhi kaidah gizi seimbang pada anak-anak harus mengikuti konsep "Piring Makanku". 
  • Setengah dari piring makan berupa sayur dan buah beraneka jenis dan warna
  • Seperempat berupa protein baik hewani maupun nabati, batasi pemberian produk olahan untuk anak-anak
  • Seperempat berupa karbohidrat seperti nasi, kacang-kacangan dan batasi untuk mengonsumsi karbohidrat seperti gula, tepung-tepungan dan produk turunan dari tepung.
  • Konsumsi minyak secukupnya, sebisa mungkin bukan berasal dari gorengan. 

Yang harus selalu diingat adalah bahwa ibu memiliki peran penting dalam pemenuhan gizi seimbang untuk keluarga terutama untuk si kecil.


Menjaga Psikologis Keluarga di Masa Pandemi
peran penting ibu penuhi gizi seimbang


Setuju gak sih kalau saat pandemi ini bikin tingkat emosional orang jadi meningkat? Karena kalau bacain cerita teman-teman di grup dan juga berita di media online berasa banget emang efek dari pandemi ini. Belum lagi dihadapkan bahwa anak harus sekolah online dari rumah, mempersiapkan asupan gizi keluarga sesuai dengan pedoman tumpeng gizi seimbang. 

Tantangan terberat masa pandemi itu stres yang berkepanjangan. Tapi memang sih karena tingat emosional meningkat dan bisa mempengaruhi orang sekitar juga yang akhirnya juga bisa menimbulkan konflik. Di rumah saya selalu menjaga diri tidak stres, memang harus enjoy menjalani sesuatunya walau di rumah saja.  

"Tanpa disadari, kondisi psikis orang tua dan anak saling berkaitan. Stres berkepanjangan yang tidak diolah dengan baik dapat mempengaruhi perilaku makan anak di rumah. Padahal asupan nutrisi adalah sumber pertahanan imun untuk saat ini. Untuk itu, orang tua perlu memantau mood anak dengan baik di samping mengelola stresnya sendiri. Salah satu cara mengatasi rasa bosan anak adalah dengan mencoba keterampilan dan pengalaman baru dengan interaksi yang menyenangkan bersama anggota keluarga. Melibatkan anak dalam menyiapkan menu gizi seimbang sesuai dengan usia dan kemampuan anak bisa menjadi alternatif kegiatan menyenangkan yang juga efektif." menurut Putu Andani, M.Psi, Psikolog Anak dari Tiga Generasi.

Awalnya tuh ngebayangin kalau anakku bakal bosan di rumah saja, eh ternyata sudah 7 bulan ini dia masih happy banget dan kita selalu menciptakan suasana di rumah dengan apa yang biasanya kita jalani. Tentunya hal yang pertama dilakukan adalah bagaimana membuat keluarga terus lebih nyaman dan senang berada di rumah. 

peran penting ibu penuhi gizi seimbang

Agar tetap betah di rumah dan melakukan kegiatan di rumah tetap happy kita juga harus membangun lingkungan fisik rumah dan lingkungan yang homey sehingga setiap anggota keluarga merasa lebih nyaman dan betah tinggal di rumah. Kita juga harus memberikan contoh yang baik kepada di kecil. Saling mengerti, memahami, memaafkan dan memberikan contoh untuk menagan marah dan menahan berkata yang akan melukai.

Berikan apresiasi saat si kecil menyukai makanan yang sedang ia makan, misalnya yang biasanya tidak suka sayur dan jadi suka ini harus diberikan apresiasi dengan menyemangatinya. Jangan pernah meledek anak karena nanti dia jadi malas atau tidal ingin mencobanya lagi.
Beberapa Kegiatan Yang Bisa dilakukan Bersama si Kecil:
  1. Membuat kegiatan yang menyenangkan selama di rumah agar anak tidak bosan, kebetulan kalau saya selalu mengikuti instagramnya Clefy's yang selalu menghadirkan bermacam-maca kegiatan untuk anak laki-lakinya.
  2. Mengajak anak ikut serta belanja bahan makanan dan biarkan ia memilih makanan yang ia suka.
  3. Melibatkan anak untuk menyiapkan makanan di rumah, ini juga saya lakukan dan sekarang anaknya juga senang sekali kalau sudah mau menyiapkan makanan.
  4. Ajak anak melakukan apa yang sedang kita suka, karena saya sedang hobi menanam jadi dia juga saya ajak untuk bertanam dan membelikannya beberapa tanaman yang dia pilih sendiri. Tujuannya agar setiap hari memiliki rutinitas dan belajar menyayangi apa yang ia punya.
  5. Bersih-bersih rumah tapi sejauh ini baru membereskan kamarnya sendiri. 
  6. Jalan-jalan virtual ke tempat yang dia ingin datangi. 
  7. Mengikuti kegiatan virtual dari beberapa kelas edukasi, ini saya selalu cari melalui media sosial. Setiap weekend dia selalu memiliki kegiatan virtual untuk melatih kreativitasnya.

Selama pandemi ini saya pun sudah bertekad tidak ingin bermalas-malasan atau menjadi kaum rebahan saja. Minimal saya harus tetap melakukan kegiatan seperti biasanya. Beberapa kegiatan yang biasa saya lakukan di rumah untuk menghindari stres:
  1. Foto makanan dan produk di rumah tetap saya lakukan, bahkan dari awal pandemi sampai hari ini saya masih rutin menerima foto produk dair beberapa UMKM dan juga brand.
  2. Olahraga, saya memilih bersepeda dan malakukan jalan kaki dekat rumah saja. Biasanya ini saya lakukan sore hari karena lebih nyaman dan enak. Selain itu saya juga ikutan kelas yoga juga biar bisa meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi stres, depresi dan gangguan tidur.
  3. Bercocok tanam tapi saya lebih memilih tanaman hias karena bisa sekalian untuk mempercantik rumah juga. Ini baru saya jalani semenjak pandemi.
  4. Memasak dan membuat cemilan tentunya ini jadi lebih rajin lagi, karena semenjak pandemi jadi ngurangin jajan diluar. Masaknya dari adaptasi beberapa resto favorit. 
  5. Nonton drama, ini biasanya para perempuan suka banget nih mantengin drama Korea dan drama China. 
  6. Ikutan beberapa workshop untuk menambah kemampuan diri dan bekal ilmu baru. 

Mengembangkan komunikasi dan interaksi antara orangtua dan anak yang hangat, menerima dan mencintai anak apa adanya. Latih anak-anak untuk mengelola emosi yang sehat. Saya yakin jika kita bisa mengatur dan mengendalikan emosi dengan baik maka akan tercipta kebahagian bagi anggota keluarganya. 

Komentar

  1. Makasih reminder dan sharingnya, Mbak. Memang idealnya di masa pandemi ini anak harus diberi asupan gizi yang seimbang. Tapi sejak di rumah aja, anak-anak malah jadi makin picky makannya. Apa akibat stres ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi mbak, coba dibuatkan aktivitas yang melibat anggota keluarga lainnya. Selain itu bisa juga ajak anak untuk memilih makanan yang akan dia makan.

      Hapus
  2. emang sih anakku cuma satu dan susahnya luarbiasa kalo diminta makan sayur dan buah, maunya nasi pakai ayam, nasi pakai telor, mie pakai telor gitu aja siklusnya. Tapi bukan Ibu namanya kalo gak punya banyak cara bikin anak bisa terpenuhi gizi seimbang ya hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak Aie, Kelvin tuh ada sayur tertentu yang dia gak suka dan semenjak pandemi sudah gak ada lagi penolakan makan sayur itu. wakakakakaa

      Hapus
  3. Kalau benar-benar enerapkan gizi seimbang ini mestinya terpikirkan secara kreatif ya Mbak. Seperti karbohidrat, bukan cuma nasi dari beras, dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget tapi emang semenjak pandemi ini akupun jadi lebih rajin sih menyiapkan menu makanannya.

      Hapus
  4. Peran penting orangtua untuk nutrisi tumbuh kembang anak emang penting banget sih ya, terutama pemenuhan asupan buah dan sayur. Selama pandemi jujur aku jadi lebih concern soal gizi , karena kan anakku banyak di rumah, aku juga di rumah, jadi bisa bener2 mantau nutrisinya anak2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Oline apalagi saat pandemi gini jadi selain pemenuhan gizi seimbang kita juga harus bikin si anak lebih happy.

      Hapus
    2. kebayang dobel2nya pekerjaan seorang ibu ya.. tapi gimana lagi, pandemi emang bikin semua jadi lebih berat, harus lebih perhatian ama kesehatan orang serumah. kudu dikerjakan dengan cara yang menyenangkan ya :)

      Hapus
  5. Chichiiieee...
    makin rajin nganva yaaa! Baguuus banget gambarnya.Imajinatif.
    Aku setuju ama Putu Andani, M.Psi, Psikolog Anak dari Tiga Generasi.

    Jujur aja, sekarang aku memantau mood anak dengan baik - lebih dari sebelumnya. kadang kami mengatasi rasa bosan anak dengan mencoba keterampilan dan pengalaman baru (aku ngajarin anak anak nyetir mobil hihihi)


    Nah selain itu, aku perhatikan banget asupan sayur buahnya. Tiada hari tanpa ngejus pokoke dan minum air lemon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Tanttttiiiiii... iya nih lagi addict main Canvanya efek beberapa waktu lalu ikutan kelas kak Tuty.

      Hapus
  6. Hubungan keluarga tercipta harmonis karena sering berkomunikasi antara ortu dan anak sehingga anak merasakan kasih sayang kedua orang tuanya dan akan tumbuh dengan baik yg tentunya ortu memberi asupan gizi dan nutrisi buat si kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget kak, peran penting orang tua memang sangat dibutuhkan sekali.

      Hapus
  7. Orang tua, terutama ibu, memang kunci ya dalam memenuhi gizi anak. Terutama di saat pandemi begini. Bagaimana menjaga emosional mereka. Juga asupan serta aktivitas anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak Chi jadi emang beneran deh pandemi ini tuh beneran memberikan kita banyak pelajaran banget.

      Hapus
  8. mom semenjak dirumah aja, anak-anak lbih suka jajan mknya makasih bgt lho tulisannya bikin aku jadi tambah ilmu lagi deh

    BalasHapus
  9. Menjaga psikologis anak juga penting ya selama pandemi ini....Soalnya dia ngerasa bosen banget di rumah pastinya...makanya menciptakan suasana yang menyenangkan di rumah penting ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget aku pun terus belajar nih supaya anakku tetap happy walau di rumah saja.

      Hapus
  10. Sekarang aku semakin menambah mba porsi buah dan sayur untuk keluarga. Asupan minum air putih juga di tambah. Semoga sehat sehat selalu ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos dulu kak Alida, akupun jadi lebih ngencengin gimana menjaga imunitas.

      Hapus
  11. Menjaga nutrisi gizi untuk anak-anak terutama agar mau makan sayur dan buah saat pandemi gini penting banget. Juga menjaga suasana hati mereka yang pasti bosan dan kangen dengan teman-teman di kelasnya. Harus diajakin punya kegiatan seru di rumah ya, seperti menyiapkan makan, atau diajakin ngerjain hobinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, apalagi anakku tadinya pemilih banget untuk makan sayur tapi semenjak pandemi dia lebih enjoy sih karena aku selalu bilang makan sayur apapun itu wajib.

      Hapus
  12. teruatam sayur ya, paling susah nyuruh anak malan sayur

    BalasHapus
  13. Iya Mbak, aku dan anakku mulai stres nih di rumah jadi kerap berantem jadi sekarang kudu lebih sabar hadapi anak dan ajak dia kegiatan yang menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang aku juga suka kehabisan ide dan suka cari dari media sosial juga

      Hapus
  14. Kalau orang tua "Dulu" beranggapan makan yang banyak ya biar cepet gede. Padahal kalau di telaah, mestinya harus diseimbangkan juga dengan menu yang bergizi ya kan.
    Kalau disuruh makan yang banyak tapi lauknya cuma tempe tanpa diselingi sayur mayur ya kurang lengkap juga.
    Maka nya sekarang tuh, adikku sering cerita kalau tiap posyandu bulanan petugasnya selalu mengingatkan tuk perhatikan menu makanan anak agar bergizi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, saat ini memang sebenarnya adalah momen juga untuk para ibu memberikan makanan dengan gizi seimbang

      Hapus
  15. Penting banget menjaga kesehatan mental anak di saat pandemi seperti ini ya Mbak. Di samping gizi seimbang kita harus juga memperhatikan psikologis anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget karena tau sendiri deh anak-anak itu gampang bosan apalagi anakku baru usia 6 tahun

      Hapus
  16. Anakku nih makannya jadi lamaaaa sekali.Dulu dah lama, sekarang makin lama. Mana anak tetangga suka manggilin ngajakin main trus nakku gak kuizinin dan berakhir meweeekk. Serba salah. Makanya mau coba ah tips dr mbak psikolognya kmrn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak April, aku pun jadi belajar banyak nih kemarin dari mbak Putu. Kita emang harus dituntut untuk lebih kreatif ya.

      Hapus
  17. Selama di rumah aja, anak-anak jadi sering minta cemilan. Tugas kita selaku ibu yang mengontrol ketersediaan makanan untuk mereka ya, harus seimbang gizinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anakku juga mbak, sehari pasti ada aja yang dibikin dan kadang suka aku ajak ikut serta juga dia.

      Hapus
  18. Benar mbak,
    Sangat penting untuk selalu mengkonsumsi makanan dgn gizi seimbang setiap harinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang ini memang harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh

      Hapus
  19. Anak-anak mah sebenarnya asyik-asyik aja ya di rumah aja, meski suka kangen juga main bareng sama teman-temannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. anakku malah takut main keluar padahal suka aku suruh main dia gak mau

      Hapus
  20. Iya, kita sering lupa. Kalau di masa pandemi ini anak rentan stress juga. Jadi memang perlu untuk membuat suasana nyaman untuk semua. Dan ibu memang memegang peranan besar untuk mewujudkannya. Tapi di sini ada peran ayah juga untuk membuat ibu merasa nyaman sehingga mampu menjalankan fungsi dan perannya. Termasuk untuk menyediakan makanan berizi untuk semua anggota keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, sebenarnya kasihan lihat dia di rumah terus sudah 7 bulan tapi ngajak ke luar rumah itu juga lebih bahaya sih. Jadi palingan aku bikin aktivitas di rumah dan olahraga juga sekitar rumah.

      Hapus
  21. When many are at home mothers should be able to cook freely for their children and families. but if I'm lazy, what can I do, hahaha

    BalasHapus
  22. Terimakasih sudah mengingatkan Mba... banyak hal yang harus disesuaikan dengan perubahan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul jadi memang kita ibu harus dituntun lebih kreatif lagi ya.

      Hapus
  23. Selama di rumah aja, asupan anakanak pun harus diperhatikan dengan baik yaa. Gizi seimbangnya harus terpenuhi. Terima kasih sudah diingatkan mbak..

    BalasHapus
  24. Gizi untuk keluarga ini sangat tricky yaa, kak..
    Anakku makannya itu-itu aja euuii..
    Jadi memenuhi gizinya biasanya melalui camilan atau tambahan minum vitamin dan susu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu tidak sendirian teh Lendy, akupun gitu kok kadang ya sudah mau gimana lagi anaknya juga suka dan insya Allah gizinya terpenuhi.

      Hapus
  25. Alhamdulillah selama pandemi ini anak-anak doyan sayur buah banget. Pokok keduanya wajib ada. Semua juga karena corona sih. Mereka takut banget kalau kurang vitamin tubuhnya drop, jadi nurut aja tiap hari saya kasih camilan buah dan lauk sayur wajib ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anakku pun jadi ku paksa harus makan segala macam sayur dan buah, sebelumnya mah dia pemilih banget.

      Hapus
  26. Buat anak sangat penting gizi seimbang ini ya, mau nggak mau harus terpenuhi tiap harinya agar mereka bisa tumbuh optimal baik itu sayur, buah, karbohidrat, lauk pauk

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku selalu bikin list menu tiap minggunya tapi ada juga suka pesan dibeberapa teman yang emang khusus masak makanan rumahan.

      Hapus
  27. Selama di rumah aja, menurutku jadi lebih mudah mengatur pola makan anak dan keluarga. Jadi jarang makan fast food gitu hehee

    BalasHapus
  28. iya nih, ibu berperan penting banget untuk menjaga kesehatan orang serumah. kudu tau hal2 dasar soal gizi orang dewasa dan anak2 melalui pola makan, jangan sampai ada kekurangan gizi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pandemi ini memang mengajarkan kita akan banyak sih kalau aku bilang termasuk tentang pola makan si kecil

      Hapus
  29. Pedoman gizi seimbang dan membiasakan gaya hidup aktif bergerak setiap hari ya Mbak, noted. Insyaallah kita sekeluarga akan selalu sehat. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiinnnn... semoga kita selalu diberikan kesehatan ya mbak

      Hapus
  30. Kalau saya dan anak-anak tuh paling doyan menggambar, mewarnai, dan crafting gitu selama di rumah aja. Atau gak yaa main jual-jualan. haahhaha.

    Nah, biar anak-anak tetap bergerak setiap hari..mereka biasanya main bulutangkis atau gak sepedaan.

    BalasHapus
  31. Pengen banget menerapkan makanan gizi seimbang buat Raffasya, tapi dia pilih" banget soal makanan sampe pusing puter otak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp mbak, nanti lama kelamaan pasti Raffasya mau kok yang penting anak enjoy dan happy makannya.

      Hapus
  32. Pengen bgt makan sehat setiap hari tp msh nakal tergoda sm junkfood nih aku hihi kl sehari gamakan sayuran udh deh langsung gaenak perut

    BalasHapus
  33. penting banget ya mbak untuk memperhatikan isi piringku selama pandemi ini, agar gizi tetap terjaga dan kita sehat selalu.

    BalasHapus
  34. Konsep pembagian porsi piringnya menginspirasi banget mba. Makasih buat sharingnya lho 🤗

    BalasHapus
  35. Sekarang jadi lebih rajin ke dapur ya Mbak, skill juga jadi upgrade karena harus bisa menyajikan menu yang disenangi dan variatif ya, tentunya dengan memperhatikan gizi seimbang ya. Kalau si Sulungku yang masih TK paling suka kalau ada tugas prakarya dari sekolah, heboh banget dia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget aku padahal sebelum pandemi mah ke dapur gak sesering sekarang.

      Hapus
  36. Iyap sepakat banget untuk memenuhi gizi seimbang bagi keluarga. Terutama di musim pandemis eperti saat ini ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, kuncinya emang di makanan untuk menjaga imun termasuk dalam menerapkan gizi seimbang

      Hapus
  37. Isi piringku memang harus seimbang yaa..
    Tapi kayanya di tiap harinya, aku selalu ada aja yang kurang, terutama protein hewani.
    Ada tips gak kak Chie?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp teh Lendy, kadang aku juga gitu kok dan ngakalin memperbanyak di buah saja.

      Hapus
  38. wah senang banget ya bisa ikutan webinar tentang pentingnya gizi seimbang untuk si kecil, pengen ikutan tapi sayang sudah selesai. betul banget mba, peranan gizi memang sangat penting untuk tumbuh kembang anak-anak. Keponakan saya di rumah makannya agak susah dan akhirnya berat badannya belum sesuai dengan usianya, jadi mamanya harus ekstra banget menuhin gizinya supaya tetap tumbuh sehat dan sesuai dengan yang seharusnya. Termasuk yang sudah SD juga, gara-gara capek mungkin kelas online terus, jadinya ama makannya kurang gitu, tips membuat dia biar ga stress bisa saya sharing juga ke saudara saya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Momen yang pas banget sih menurutku saat pandemi seperti sekarang ini bisa memenuhi makanan anak dengan gizi seimbang

      Hapus
  39. di masa pandemi gini, emang penting banget yah kak untuk menjaga mood dan juga kewarasan mental kita.. gizi seimbang juga penting ya biar tetap sehat, kalau aku kadang minum vitamin juga sih kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget apalagi mental ya ini tuh penting banget deh.

      Hapus
  40. Ah benar sekali mbak, ibu memang punya peran penting dlm menyajikan makanan dgn gizi seimbang setiap harinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, karena semua kebutuhan anak tergantung dari ibunya.

      Hapus
  41. Takaran satu porsi itu berapa gram atau ml ya? Bingung, hehe. Gak mungkin juga ya kalau misal seporsi karbo seperti nasi takarannya sama dengan satu centong, terus dalam sehari makan 8 porsi karbo.

    Kebetulan lagi nyari referensi asupan harian untuk anak usia sekolah yang mudah dimengerti dan dipraktekkan. Rata-rata yang dibahas sekarang ini seputar MPASI soalnya :D

    BalasHapus
  42. Peran penting ibu selalu menjaga gizi keluarga apalagi di masa pandemi ini selalu sigap untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Nah, kalau saya malah pengen kaum rebahan mbak karena enggak pernah sempat bisa rebahan setiap hari.

    BalasHapus
  43. Maksimal cuma 4 sendok gula per hari? Waduh saya kelebihan. Masak sayur, manis. Minumnya suka bikin es manis. Belum lg camilan manjs. Kudu diubah nih

    BalasHapus
  44. Jadi walaupun dirumah saja anak-anak harus tetap terpenuhi ya gizinya, secara dong kalau kekurangan pasti bakalan mengganggu tumbuh kembangnya

    BalasHapus
  45. Agak susah buat saya dalam mengatur pola menu isi piringku ini. Tapi semoga semakin lama semakin terbiasa dan bisa menjalankan dengan konsisten ya

    BalasHapus
  46. Meskipun secara kuantitas kebutuhan anak anak d bawah dewasa tpi secara kualitas d atas dewasa yah mom

    BalasHapus
  47. Mantap nih keren pembahasan nya, dimasa pandemi gini jangankan anak kecil, kita juga org dewasa harus banget gizi & nutrisi nya seimbang biar ttep terjaga kesehatannya

    BalasHapus
  48. Pembelajaran buat daku kedepannya, karena membaca ilmu parenting seperti ini jadi seperti kursus pra nikah yang sangat bermanfaat 😊

    BalasHapus
  49. Wah penting bget ya untuk seorang ibu menjaga nutrisi serta asupan si kecil apalagi selama pandemi

    BalasHapus
  50. Di masa pandemi gini harus serba kreatif biar tetap waras dan happy ya, apalagi anak juga bisa jadi stress dan bosan dirumah terus. Kalo aku, kadang suka minta pendapatnya, lagi mau makan or minum apa yang bisa kita bikin bareng-bareng. Lumayan sih jadi quality time juga jadinya

    BalasHapus
  51. Kadang mood anak suka berubah soal makanan, jadi kalau ajak mereka untuk menyiapkan makanan kayaknya lebih seru ya, biar mereka lebih semangat juga makannya 😄

    BalasHapus
  52. penting ya ibu ini nerapin contoh yang baik untuk keluarga apalagi anak-anak :)

    BalasHapus
  53. Alhamdulillah sudah jalanin 5 praktik gizi seimbang, smoga terpenuhi smua antara gizi dan psikologis anak

    BalasHapus
  54. Berasa kayak mau toyor diri sendiri nih soal pemenuhan makanan dengan gizi seimbang setiap hari di keluarga. Reminder banget ini, buat selalu semangat menyajikan yanh terbaik bagi keluarga.

    BalasHapus
  55. Aku sempet tau dan menerapkan diagram-diagram kayak di atas itu mbak, alhasil jadi lebih sehat. Tapi sekarang masih males banget.
    Btw, thank you for sharing ya mbak. Ini berguna banget. Meskipun belum berkeluarga dan punya anak, tapi bisa diterapkan ke diri sendiri🤭

    BalasHapus
  56. Sering terjadi bgt, anak2 lebih memilih makanan yg dia sukai dibanding makanan yang seharusnya dikonsumsi. PR bgt buat orang tua bisa membujuk anaknya makan makanan yang lebih bergizi ya.

    BalasHapus
  57. Makasih banget, infonya sungguh bermanfaat dan blognya cakep banget hihihi. Sebisa mungkin aku penuhin gizi mumppung anak2 pada di rumah aja. Tapi emang keterbetasanku jugaaa manajemen waktunya elek, jd msh dihiasi makanan2 instan huhu.

    BalasHapus
  58. Dulu pernah berusaha ngikuti pola makan ala piringku itu. Dan beneran memang badan jadi terasa lebih enak dan sehat. Tapi trus malas hehehe. Semoga abis gini bisa balik lagi ke pola makan itu.

    BalasHapus
  59. wow tulisannya "daging" semua xD manfaat banget buatku. bener mba, anak2 tuh maunya makanan yg mereka suka aja, pe er banget membuat makanan sehat itu jadi lebih menarik dan jadi makanan yg mereka sukai. Apalagi untuk buah dan sayur xD

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *