Hallo!

Saya Chichie, penggemar hot latte dan es kopi susu. Lifestyle blogger, food & product photographer. Happy wife and mother from The Hariyanto's Family. Part of UploadKompakan, bulur Kompakers Bekasi.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Perang Mendapatkan Serum Tanaman



Pandemi memang mebawa perubahan untuk kita semua, terutama untuk yang sekarang ini sedang rajin ngurusin tanaman hias. Jujur ya saya sendiri pun awalnya tidak suka tanaman, bahkan untuk tergerak beli saja enggak. Tapi pandemi memang mengubah hidup seseorang yang tadinya gak suka jadi suka dan yang gak terbiasa jadi harus terbiasa.

Permaret 2020 ini baru mulai senang sama tanaman tapi awalnya yang dibeli itu monstera dan harga monstera diawal pandemi gak segila sekarang sih. Sekarang emang wow banget harga-harga tanaman tertentu ya. Karena sebagai new comers didunia tanaman jadi belinya uang gampang-gampang saja ngerawatnya dan setiap beli selalu nanya sama tukang tanamannya gimana cara ngerawatnya.

Padahal dulu ya almarhum papahku nih senang sekali merawat tanaman, bahkan dia punya segala macam jenis anggrek. Tanaman di rumah yang ngerawat itu papahku, saya mah dulu cuek banget gak ada kepikiran buat bantuin nyiram atau mengurus tanaman. Beberapa tanaman di rumah dulu ada treatment khusus dari papahku karena emang tanaman itu ada yang tidak sama perawatannya. 

Awalnya pun ku kira hanya sekedar menyiram dan menyesuaikan suhunya saja, tapi ternyata tidak. Semenjak ngerawat tanaman ini saya pun jadi banyak baca tentang perawatan tanaman yang saya miliki. Ada yang nyiramnya sehari sekali, ada juga yang yang 3 hari sekali bahkan ada yang seminggu sekali. 

Tanaman Juga Butuh Perawatan
nobrandplant

Tanaman bukan hanya sekedar cukup air saja atau pemberian pupuk sesuai dengan kebutuhannya tapi juga ada pemberian emulsion dan serum juga loh. Untuk sebagaian orang mungkin paham penggunaan Leaf Radiating Emulsion dan serum tapi untuk sebagian orang lagi belum tentu juga. 

Waktu lihat beberapa teman yang ikutan beli serum dan emulsion ini sih masih santai tapi setelah saya follow si Asoka Remadja ini bikin mupeng banget dan langsung pengen banget punya tanaman sehat kayak Asoka. Gila sih ngelihat tanamannya Asoka tuh sehat-sehat banget dan hijaunya segar semua, daunnya pun gede-gede banget untuk beberapa tanaman. 

Penasaran dong gimana si Asoka ngerawat tanamannya? Ternyata selain penyiraman yang terjadwal, tanamannya juga diberikan serum, emulsion dan metan yang bagus. Ternyata si Asoka ini gak cuma ngerawat tanaman saja, dia juga menciptakan serum, emulsion, metan dan pest. Langsung dong sempat mikir ini anak pasti ada background pertanian, ternyata enggak cyin dia belajar sendiri. 

Perang Mendapatkan Serum 
akuchichie

Pasti taukan sekarang pun untuk mendapatkan tanaman tertentu itu ada yang susah banget, bahkan ada beberapa tanaman yang jualnya lewat lelang. Gila sih kalau kudu rebutan gitu aku nyerah karena kurang bakat. Hahahahaa... Ternyata untuk mendapatkan serum, emulsion dan beberapa lainnya itu pun gak gampang sekarang ini, kecuali kalau mau antri di salah satu resto di Jakarta tapikan saya belum berani keluar rumah ya.

Efek ngobrol dengan salah satu teman yang hobi tanamannya dari sebelum pandemi, dapat pencerahan tuh buat jajan serum dan emulsion karena kalau pupuk, vitamin dan metan saya sudah punya sebelum jajan serum. Temanku ada yang nyaranin beli ke Ace Hardware karena pas buka di Rupa Rupa pun ada tapi dulu cuek gak mau beli. Hahahahaa... Eh sekarang butuh.

Lalu akhirnya aku ikutan "WAR" disalah satu market place, karena emang si #nobrandplant ini akan dikasih tau sama si Asoka kapan ready di market place. Tau gak sih itu serum dan emulsion cuma dalam hitungan 3 menit langsung sold. Pertarung pertama ku lemah karena pas mau beli bacain dulu satu persatu manfaatnya yang mana sudah saya baca dulu sebelumnya tapikan anaknya gitu butuh kepastian biar gak salah beli.

Ikutan lagi deh war kedua, senang tuh akhirnya berhasil dan langsung bayar pakai Ovo biar cepat dan hati bahagia dong lihat notifkasi "pembayaran anda sudah diverifikasi". Eh selang sekian menit pembatalan oleh market place, gilas ih ini tuh bagaikan sudah diajak Nicholas Saputra ngedate ke pantai tapi pakai bajunya kayak ke pesta. Seddddiiiihhhhhh...

Karena saya anaknya pantang menyerah ikutan lagilah warnya, akhirnya buka di laptop gak mau di smartphone karena lebih gampang mainin mouse dan lihatnyakan. Emang ya kalau rejeki itu gak kemanakan, war ketiga ini berhasil dapatin si Leaf Hydrating Emulsionnya duluan ketimbang serum, karena serum cepet banget raib. Gpp jangan sedih, karena masih ada war selanjutnya hahahaha... 

Akhirnya war terakhir kemarin itu saya berhasil juga dapatin serum yang mantul itu. Menurut beberapa teman yang pakai tuh waktu ditetesin besoknya pada hamil itu tanaman dan tentunya jadi tambah bagus daunnya. Okey, gak sabar dong nunggu itu serum sampai. 

Kemarin begitu datang langsung nyobain dan beneran loh besokannya beberapa tanamanku hamil, emang deh perjuangan itu selalu berbuah manis. Semanis saya waktu lihat tanaman hami, wakakakakaa...

Komentar

  1. Wah aku baru tau loh mba kalau tanaman juga butuh serum. Kalau nanti aku mulai merawat tanaman juga kayanya perlu beli nih. Jadi ikutan berebutan nanti. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, aku pun baru tau semenjak lagi senang main tanaman. Jadi selain penggunaan metan, pupuk dan vitmain ada juga serum dan emulsion untuk tanaman kita.

      Hapus
  2. Ternyata nggak cuma manusia yang butuh serum ya. Tanaman pun juga 🤭. Menurutku melihara tanaman masih oke sih daripada hewan. Soalnya kalo sudah sampai umurnya kan bisa sedih ditinggalin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, tanaman pun sekarang butuh serum juga jadi bisa saingan ini sama yang punya sama-sama pakai serum juga.

      Hapus
  3. Senangnya membaca kisahmu merawat tanaman, dengan maksimal Chie. Hasilnya pun tanaman tumbuh sehat dan subur ya. Bagus banget. Aku baru ngerti tanaman ada serum khususnya ya Chie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Nyi, ini masih dalam belajar untuk terus menyanyagi tanaman hijau di rumah

      Hapus
  4. Adriana Dian10/12/2020 8:33 AM

    Widih beli serum tanaman aja sampe mesti cepet cepetan dan dulu duluan ya maaaaak.. nggak.kebayang kecenya nih produk, aku mau langsung kepoin juga ah buat taneman dirumaaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya karena emang sekarang banyaknya orang lagi main tanaman dan mereka ingin merawat tanaman juga.

      Hapus
  5. Ga hanya kulit wajah perempuan yg butuh serum yhaaa
    ternyata taneman juga butuh, supaya glowing paripurna :D

    BalasHapus
  6. Ternyata tanaman juga butuh serum ya biar sehat. Ya ampun ini perjuangan dapetin serumnya penuh perjuangan juga ya seru bacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, serumnya pun emang juara banget sih ini karena aku sudah pakai.

      Hapus
  7. Ada serum tanaman juga ternyata. Aku tahunya pupuk hahaha. Kurang banyak nih main sama tanamannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku pun awalnya seperti itu tapi semakin kesini jadi mencoba juga serum untuk tanaman

      Hapus
  8. Haha sampai rebutan suplemen buat tanaman gitu ya. Di rumahku dulu ibuku suka tanaman keknya punya semua yang disebutin tapi harganya B aja wkwkw. Kalau aku gak terlalu tertarik sama tanaman, lbh suka tanaman yg menghasilkan buah atau sayur gtu, satu2nya yg bertahan di rumah belimbing wuluh, sama kalau sekadar hiasan tuh bambu cina krn aku suka bambu2an wkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak April tapi stokku untuk beberapa bulan kedepan sih aman karena baru datang lagi kemarin 2 bundle

      Hapus
  9. Ibaratnya ini tuh skincare tanaman supaya glowing sehat, heheh.

    Aku belum tergoda ngurus tanaman, Mbak. Jadi penikmat aja halaman tetangga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun awalnya males bahkan tanaman pertamaku di rumah pemberian teman yang selalu menghantuiku dengan tanamannya. Wakakakakaaa

      Hapus
    2. LOL, berasa dikejar-kejar ayooo ikutan berkebun!
      sebenarnya ini hobi bagus buat keluarga, anak bisa ikutan merawat tanaman, kan
      eh kalo Mas Kelvin suka ngurus tanaman di rumah?

      Hapus
  10. waduuh sampe segitunya ya mau dapat serum untuk tanaman hehe.. pecinta tanaman sejati nih.. untung ibuku gak tau soal serum ini soalnya beliau pecinta tanaman.. kalo tau mah bisa heboh di rumah hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum sejati mbak, karena baru mulai dan masih banyak belajar hihihihihi

      Hapus
  11. Mbak cici rajin bangeeeet.. Kalau suamiku baca ini pasti dia nyindir karena aku sarjana pertanian tapi nggak suka rawat tanaman. Hihihi.. Thanks sharingnya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak, semoga nanti jadi sering merawat tanaman ya

      Hapus
  12. Mbak Chichie aku sampai sekarang belum tergerak untuk bercocok tanam dong, padahal ibuku hobi banget nanam-nanam segala macam di rumah. Apakah aku akan mengikutin jejakmu juga nantinya? Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ku doakan semoga kamu mengikuti jejakku untuk main tanaman hias juga, heheheheee

      Hapus
  13. Mba taneman hamil tuh maksudnya gimana sih? Semoga makin senang ya dengan menekuni hobi baru gini.
    Aku kok ga telaten sama taneman yaaa... :)

    BalasHapus
  14. Widiww, nggak cuma perempuan yg butuh serum..
    Tanaman juga butuh ya ternyata

    BalasHapus
  15. Itu stok serumnya banyak, ngga mau dibagi ke aku satuuu ajah. Manfaatnya serum itu untuk apa aja Ka? Bisa untuk semua tanaman kah?

    BalasHapus
  16. ah sama banget, suami ku sih kalau aku kak, doi jajan mulu buat tanamannya di rumah, dari yang cuma satu sampe buanyakk hahaha, nagih sih ya kak

    BalasHapus
  17. Kalau aku ga biasa tentang pertanaman nih, ternyata perawatan tanaman juga kayak perawatan tubuh kita ada serum dan hydrating juga. Kayaknya ilmu aku tentang tanaman masih terbilang jauh, dan jadi tau setelah baca ini.

    BalasHapus
  18. Ya ampun ada juga ya serum buat tanaman. Kurang update banget akutuh 😁 btw banyak juga persediaan serum tanamannya, bisa kali kirim ke Citra Indah 🤣

    BalasHapus
  19. Ternyata tanaman juga butuh serum. Uwowwww baru tahu sedetail ini. Hmm.. aku karena tinggal di rumah mertua, dan kebetulan nggak ada tanaman juga di sini. PAdahal pingin belajar tanam menanam.

    BalasHapus
  20. Honestly bener bener baru tau soal serum tanaman Mbak. Hihi sebagaimana manusia ya butuh perawatan juga

    Ngga nyangka segitu effortnya dapatin serumnya.. atau karena yang jual belum banyak ya?

    BalasHapus
  21. Wah aku nggak ngeh banget kalau ada serun tanaman. Kemarin pengen juga nambah koleksi tanaman tapi aku kurang telaten nih buta rawat tanaman

    BalasHapus
  22. Baru tahu loh kalau tanaman perlu serum juga...Kirain muka aja yang pake serum....Biar lebih awet dan hidup ya ternyata dirawatnya juga perlu lengkap koleksi tanaman kita

    BalasHapus
  23. Ini aku ingat kek perang diskon di salah satu brand, yawlaa kek berantem ama naga untuk dapetin produk hahaha Maak, mau lihat dong foto tanaman after disemprot ini. Astaga mupeng ih huhuhuhu, mau folow Asoka dulu dah.

    BalasHapus
  24. Ya ampun, apa kabarnya saya yang siram tanaman aja masih sering lupa. Huhuhu. Malah baru tahu nih kalau tanaman juga ada serumnya~

    BalasHapus
  25. Aku jadi penasaran nih dengan serumnya, selama ini aku pakai pupuk organik aja untuk tanaman sayur. Kalo tanaman hias juga sama sih, cuma siap-siap fungisida sama B1. Coba deh meluncur ke Ace Hardware, eh Asoka ya yang jual serum itu?

    BalasHapus
  26. wah wah...ada WAR nya juga ternyata urusan plantcare ya..semoga tanamannya makin kinclong,sehat,dan banyak anaknya...

    BalasHapus
  27. wah, tanaman pun butuh serum ya, nggak mau kalah sama yang punya tanaman. Bahkan untuk mendapatkannya tidak mudah, mesti rebutan dan perang segala

    BalasHapus
  28. Saluuut banget sama yang telaten ngurusin tanaman. Sampai dikasih serum segala. Pasti tanamannya makin sehat nih.

    BalasHapus
  29. wah baru tahu saya mbak ada serum untuk tanaman, beneran mbak seampuh itu ya hari ini ditetesin besoknya langsung ada tunas baru mbak? seajaib itu yaa

    BalasHapus
  30. Wkwkwk.. Sekarang nggak hanya wajah aja ya yang pake serum. Ternyata tanaman juga ada serumnya.

    BalasHapus
  31. Ya ampuun, saya baru tau ternyata ada serumnya juga ya, untuk memelihara tanaman hias. Saya kira cukup dengan pupuk saja. Serumnya mantap juga, ya, sekali tetes bisa langsung hamil hihihi

    BalasHapus
  32. banyak juga ya varian serum buat tanaman.. harganya pun bervariasi.. seru juga ya merawat tanaman. aku baru mulai nih, masih cere. hehehhe, mesti banyak belajar sama suhu

    BalasHapus
  33. Ngga nyangka aku kalo kamu sampai rela ikutan perang demi tanaman. Padahal sebelumnya kayanya cuek bebek wkwkw. Hmm ada yang bisa dioper ke tangerang ga? hahaha.

    BalasHapus
  34. Gileee war-nya udah ngalahin war skincare ku aja. Seru banget dah. Hahaha. Btw itu serum bisa buat tanaman buah atau bunga gitu nggak sih?

    BalasHapus
  35. Aku nih paling gk bisa merawat tanaman wkwkw. Kmrn ada tugas nanam bibit aja gagal tumbuh soalnya pas kebetulan hujan aku lupa kasi sinar matahari haha :P

    BalasHapus
  36. walah, ternyata ya tanaman juga butuh perawatn ekstraa ;)

    BalasHapus
  37. Aaah....naha nge date sama Nicsapnya gak jadi?
    Eh, balik lagi...ini war yaa...kudu serius.

    Selamat yaa, kak...
    Anak-anaknya pada hamidun dan siap dipanen. Eh, ini maksudnya nanti kalo uda anakan, bakalan dijual kah?

    BalasHapus
  38. wah baru tahu, ternyata ada serum tuk tanaman juga ya.
    bukan cuma pemiliknya aja yang kudu pakai serum, tanaman juga, dan gilee yes itu War nya asli seru pasti ya Mbak :D
    mau kuinfo ke Mamaku juga ah tentang ini.
    makasih ya Mbak :)

    BalasHapus
  39. Baru tauuu kalau 'serum' bukan cuma untuk kulit manusia tapi juga tanaman! Ga heran sih, namanya makhluk hidup sama-sama butuh nutrisi. Tapi menarik banget, serum untuk tanaman. Saya baru pertama kali nih dengar.

    Kalau saya pribadi, selain belum ada lahan, waktunya juga belum pas karena masih riweuh ada bayi. Tapi bisa nih saya saranin ke abi saya yang hobii banget urus tanaman. Terima kasih kak atas tulisannya :D

    BalasHapus
  40. Baru tahu deh tanaman ternyata pakai serum juga seperti manusia aja pakai perawatan yang detail

    BalasHapus
  41. Eh, tanaman pakai serum juga?

    Kukira cuma wjaah aja yang butuh skincare. Tumbuhan juga ternyata ya mvak ��

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *