Hallo!

Saya Chichie, penggemar hot latte dan es kopi susu. Lifestyle blogger, food & product photographer. Happy wife and mother from The Hariyanto's Family. Part of UploadKompakan, bulur Kompakers Bekasi.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

Program Pelatihan Wirausaha Ibu Kantin Sekolah Generasi Maju


Sudah delapan bulan kalau gak salah kita menjalani kehidupan di tengah pandemi Covid-19, masih semangat di rumahkan teman-teman semuanya? Semoga pandeminya cepat berakhir ya agar bisa beraktivitas seperti semula, tanpa rasa khawatir. Pandemi ini juga membawa banyak perubahan, terutama perekonomian. 

Tentunya pandemi ini juga berimbas kepada para pelaku usaha termasuk pelaku usaha kecil. Jadi ingat cerita beberapa teman yang memang memiliki usaha kecil, semenjak pandemi mereka melakukan banyak perubahan termasuk dalam segi penjualan. Yang biasanya membuka toko makanan tapi sekarang penjualan hanya melalui online dan menerima pesanan. 

Ini pun yang terjadi oleh para Ibu Pengelola Kantin Warung Anak Sehat binaan dari Danone SN Indonesia. Semenjak diberlakukannya pembelajaran jarak jauh (PJJ) sudah pasti kantin sekolah pun ikut tutup karena tidak adanya pembelajaran di sekolah. Karena para ibu pengelola kantin sehat berperan besar dalam pemenuhan nutrisi keluarga dan orang-orang di sekitarnya, 

Danone SN Indonesia melalui Sarihusada rutin melakukan binaan kepada ratusan pengelola kantin di sejumlah Sekolah Dasar di Indonesia yang dahulu diberi sebutan Ibu Warung Anak Sehat (IWAS). Hingga 2018, program ini telah memberdayakan 350 ibu kantin dimana 72% diantaranya mendapatkan peningkatan pendapatan sebanyak lebih dari 50%. Selain itu, kenaikan pendapatan yang diperoleh para ibu pengelola kantin ini juga telah memberikan manfaat kepada 1.092 anggota keluarganya.

Dengan berkurangnya kegiatan belajar mengajar di sekolah, para Ibu Kantin Sekolah Generasi Maju mulai mengembangkan UMKM. Berdasarkan pengalaman dalam menyediakan pilihan asupan nutrisi yang baik untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar anak-anak di sekolah. Para ibu pengelola kantin sehat ini menjual produk homemade food dan menjajakannya secara door to door maupun online. Tetapi banyak ibu pengelola kantin mengaku bahwa pengetahuan dan pelatihan dalam berbisnis dan memasarkan produk secara daring masih sangat dibutuhkan.  

Program Pelatihan dari Danone SN Indonesia

Menurut Connie Ang, CEO Danone Specialized Nutrition Indonesia menjelasikan "Kegiatan sekolah yang sangat minim membuat para ibu pengelola kantin sehat harus bekerja keras agar tetap bisa mendorong pemulihan ekonomi keluarga. Padahal, mereka juga berperan dalam menyediakan pangan sehat bagi pelanggan maupun keluarganya. Danone SN Indonesia meyakini bahwa dampak positif bisnis dan sosial harus berjalan secara bersamaan. Maka dari itu, kami terus menjaga sarana diskusi dengan ibu pengelola kantin sehat, hingga memberikan akses pelatihan pemanfaatan platform digital untuk membantu usaha mereka".

Untuk saat ini memang penjualan secara online menjadi salah satu target utama para pelaku usaha. Tapi memang tidak semuanya bisa beradaptasi dengan dunia digital, karena masih banyak juga yang harus belajar dari awal. Beruntungnya para ibu pengelola kantin sehat ini mendapatkan pelatihan wirausaha dari Danone SN Indonesia. Melalui program Women Will, sebuah inisiatif Grow with Google yang berfokus pada program digital untuk pemberdayaan ekonomi wanita di seluruh dunia, sehingga mereka dapat berkembang dan berhasil. 


Grow with Google merupakan inisiatif dari Google secara global yan gbertujuan untuk menciptakan lebih banyak peluang bagi semua orang. Apalagi Google ini lebih mudah digunakan dan dipahami menurut saya. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Grow with Google bisa langusng ke websitenya g.co/growindonesia untuk mendapatkan ketrampilan dan peluang baru. 

Sebagai permulaan, pelatihan ini dilakukan untuk mendukung kemajuan dan perkembangan bisnis 50 ibu pengelola kantin sehat pada bulan Oktober untuk kemudia dilanjutkan ke pengelola kantin lainnya pada bulan November. Pelatihan yang diberikan berupa edukasi digitalisasi untuk pengembangan bisnis UMKM para pengelola kantin sekolah agar dapat menjangkau konsumen dengan efektif. Jadi selain memberikan wawasan dan pengetahuan dalam memperluas jangkauan usaha, peserta juga dibekali kesiapan mental yang kuat dan keterampilan digital untuk mengelola bisnisnya dengan maksimal. 

Usaha mikro kecil dan menengah saat ini memang menjadi unsur penting untuk mendorong perekonomian di masa pandemi Covid-19 ini. Disaat seperti sekarang ini kita harus mampu mengembangkan diri dan memanfaatkan situasi yang ada agar mampu bertahan, salah satunya dengan memanfaatkan platform daring untuk berusaha seperti yang diberikan Danone SN Indonesia kepada ibu pengelola kantin sehat. 



Ibu pengelola kantin sehat juga merupakan penopang ekonomi keluarga mereka, karena itu fondasinya harus dikuatkan agar usaha yang dijalankan bisa berjalan maksimal. Salah satu Ibu Kantin Sekolah Generasi Maju di Yogyakarta, Nuriyani Rahayu, sangat mengapresiasi perhatian dan dukungan dari Danone SN Indonesia. "Situasi saat ini menuntut kami untuk menjadi semakin kreatif di tengah kompetisi dan jumlah penjualan yang tidak pasti. Di luar tantangan tersebut, kami tetap berkomitmen untuk meprioritaskan kualitas produk yang sehat bagi konsumen daripada hanya kuantitas. Saya merasa bersyukur Danone SN Indonesia terus memberikan dukungan di luar kantin sekolah, termasuk paltihan mengenai strategi bisnis, pemasaran, hingga pelatihan finansial. Kami bangga bisa menjadi bagian dari upaya mengubah pandangan masyarakat luas mengenai nutrisi."

Selain dukungan diskusi dan pelatihan, selama pandemi Danone SN Indonesia telah mendistribusikan dukungan senilai lebih dair 1 Miliar Rupiah kepada 234 perempuan penggiat kantin sekolah aktif di Ambon, Bandung, Bogor, dan Yogyakarta yang mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi. Seluruh upaya ini dilakukan agar pengelola kantin sehat mampu terus menghadirkan pangan sehat untuk pelanggan, maupun memenuhi nutrisi keluarga dan anak-anaknya di rumah.

Komentar

  1. Yeayy, pelatihan yg tepat sasaran banget ini maaahh.
    Sejak anak2 sekolah dari rumah, aku juga penasaran bgt, gimana struggling-nya para Ibu Kantin di seluruh sekolah penjuru negeri.
    Alhamdulillah ada program pelatihan wirausaha seperti ini ya, Mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, aku sendiri senang banget dengan program ini karena bisa membantu para ibu-ibu kantin untuk menambah pengetahuan mereka juga.

      Hapus
  2. Kalau ada ibu pengelola kantin sehat gini, ortu jadi nggak was-was lagi ya kalau anaknya jajan di sekolah.

    Salut buat Danone SN Indonesia yang melakukan pembinaan dan juga peningkatan ketrampilan pada ibu pengelola warung sehat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, kalau sekolahnya ada ibu pengelola kantin sehat bikin kita orangtua aman kalau anaknya jajan di sekolah ya.

      Hapus
  3. Wah, bagus sekali program pelatihan bagi para ibu kantin sekolah anak. Kita jadi tenang ya makanan yang dijual di kantin dipastikan bersih, menyehatkan dan harga juga tentu bisa terjangkau anak2. Usaha kecil2an seperti ini termasuk UMKM juga ternyata yach mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak, ini tuh UMKM yang diberikan pelatihan terutama para ibu pengelola kantin sehat.

      Hapus
  4. Kece banget deh Danone. Sampai terpikirkan untuk membantu memberikan program pelatihan bagi para ibu kantin. Karena paling kena imbas. Biasanya kan lumayan tuh pemasukan dari kantin sekolah. Sejak diliburkan begini jadi jauh berkurang pendapatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi sekarang ini tuh imbas dari pandemi berasa banget, terutama untuk kalangan menengah kebawah jadi beruntung banget ini ada pelatihan dari Danone.

      Hapus
  5. Chichiiiie aku malah salfok ngeliatin ilustrasinya, ini gambar by canvakah?

    Ini program ibu kantin diperlukan banget loh Chi, semoga banyak yang bisa ikutan ya jadi profesional ibu kantin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, ini aku bikin pakai Canva biar lebih gampang dan praktis. heheheheee

      Hapus
  6. Situasi ketidakpastian seperti ini memberi dampak ke hampis semua orang ya tidak terkecuali.. apalagi sejak penerapan pjj pengelola kantin sekolah juga terkena dampaknya apalagi buat yang penghasilannya hanya pengandalkan dari kantin sekolah aja.. harus menjajaki dunia online ya.. beruntung nih para ibu warung anak sehat ya dapat pelatihan dari danone

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget kak, apalagi untuk mereka kalangan menengah kebawah berasa banget ini imbasnya. Alhamdulillah banget deh ini para ibu kantin sehat mendapatkan pelatihan wirausaha.

      Hapus
  7. kantin-kantin di sekolahan ataupun kampus-kampus sekarang mah udah canggih ya.. apalagi ditambah adanya program pelatihan wirausaha begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, bisa sebagai bekal mereka juga ini untuk memajukan usahanya.

      Hapus
  8. Baru kemarin aku ngobrolin ini sama anakku. Kita lagi mikirin nasib bu kantin yang jualan di sekolah anakku. Secara udah 8 bulan gak sekolah.

    Salut sama Danone yang mau support dan memberikan pelatihan kepada para ibu kantin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, aku pun kadang mikir loh para penjual makanan di sekolah gitu apa kabarnya ini karena pandemi sudah pasti pendapatan juga berkurang.

      Hapus
  9. Good! pelatihannya lengkap ya, ga cuma seputar makanan tetapi finansial dan marketing juga. Memang kudu kreatif menghadapi tantangan pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget kak, jadi selain anak-anak yang harus beradaptasi dengan teknologi para pedagang di sekolah pun harus beradaptasi dengan teknologi untuk usaha mereka.

      Hapus
  10. Alhamdulillah, bagus banget programnya membantu ibu kantin yang terdampak pandemi jadi bisa membuka usaha lain yang berkaitan dengan keahlian mereka masak ya

    BalasHapus
  11. Keren banget programnya, disesuaikan dengan kondisi ya... Sedang pandemi begini ibu kantin diberi pelatihan digitalisasi...

    BalasHapus
  12. Wih pelatihannya lengkap, udah kyk pelatihan UMKM kuliner aja tuh ya, sampai strategi pemasaran dll diajarkan. Kalau semua kantin sekolah bisa menghasilkan pangan sehat udah tennag deh ya kalau nanti pas sekolah anak2 kita jajan di kantin.

    BalasHapus
  13. Programnya tepat sasaran banget ya. Bagaimanapun juga nantinya ibu-ibu kantin ini harus aktif berjualan lagi, sehingga perlu diberikan bekal yang cukup untuk menghadapi segala situasi di era pasca pandemi ini. Saya pun sering kepikiran gimana kondisi ibu-ibu penjual kantin ini. Cukup lama mereka tidak berpenghasilan, pastinya ngefek sekali pada perekonomian keluarga.

    BalasHapus
  14. Iya juga sih kantin sekolah ikutan libur lama gara-gara pandemi karena anak-anak juga PJJ ya. Program Danone bagus banget nih, membantu ibu-ibu yang jualan di kantin sekolah agar tetap bisa bekerja

    BalasHapus
  15. Jadi ingat selama pandemi ini ibu-ibu kantin nggak ada jualan sama sekali dan nggak semua juga bisa beralih dengan cepat ke usaha lainnya. Kasihan banget ya.

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah semoga bantuannya bermanfaat ya bagi para ibu kantin yang terdampak..secara selama SFH para ibu kantin gak bisa jualan ya... program keren!

    BalasHapus
  17. danone dan sgm ini dari dulu gak berhenti berinovasi. ide kantin sehat itu menurutku bagus banget buat ke depannya

    BalasHapus
  18. Suka banget programnya Danone ini.
    Membuat para Ibu menjadi lebih produktif meski masa pandemi.

    BalasHapus
  19. keren ya programnya Danone SN ini, wow sudah 350 ibu yang terbantu ya dari program ini, semoga setiap tahunnya makin meningkat ibu-ibu yang terbantu apalagi di masa pandemi seperti ini, aamiin, sukses terus buat programnya Danone melalui Sarihusada

    BalasHapus
  20. Sempat terpikir juga nasib pengelola kantin sekolah selama pandemi ini gimana ya. Tapi ternyata ada program dari Danone gini bisa banget membantu mereka tetap produktif.

    BalasHapus
  21. Keadaan pandemi seperti saat ini, tentu berdampak besar ya bagi pengusaha kecil di kantin sekolah.. dengan adanya binaan kepada ratusan pengelola kantin di sejumlah Sekolah Dasar semoga dapat membantu

    BalasHapus
  22. Rata-rata ibu kantin itu setelah mendapat pelatihan digital trus jualannya lewat apa mba?
    Berat juga ya, tadinya bisa jualan makanan sehat di kantin sekolah, eh pandemi gini kan sekolah tutup.

    BalasHapus
  23. SAlut..enggak hanya diskusi dan pelatihan Danone SN Indonesia juga memberikan dukungan dana bagi pengelola kantin sehat. Semoga program pelatihan wirausaha ini akan menjadikan usaha mereka berkembang dan bertahan di tengah pandemi

    BalasHapus
  24. Program pelatihannya pas banget di masa pandemi, jadi bikin org ttp semangat dlm umkm nya

    BalasHapus
  25. Ini sih keren banget Chie programnya, membekali skill untuk ibu kantin ya. Luar biasa. Bikin terharu.

    BalasHapus
  26. Ini bagus banget programnya sangat bermanfaat banget buat skill ibu kantin, karena ini penting banget buat kesehatan generasi muda kita

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah ya mbak, program ini bagus banget bisa membangkitkan ekonomi kecil di tengah pandemi. semoga programnya bisa diikuti oleh semua masyarakat yang memiliki usaha kecil dan menengah ya

    BalasHapus
  28. Program Danone SN Indonesia memang selalu keren yaa dan pelatihannya pun super lengkap bener-bener bermanfaat sekali

    BalasHapus
  29. Senang banget kalo misalnya ibu-ibu kantin diseluruh sekolah di Indonesia memang memeprhatikan makanan sehat untuk anak-anak ya. Btw aku galfok sama infografisnya, super cute.

    BalasHapus
  30. baru tahu lho kalah ada ibu kantin binaan dari danone, keren sih bs memberi pelajaran dan support ilmu tentunya. kasian juga ya salah satu yang sangat terdampak pandemi pastinya pengelola kantin sekolah. smoga pandemi segera berakhir

    BalasHapus
  31. Baru tahu ada program ini dari Danone. Program seperti ini bermanfaat sekali, ya. Apalagi di saat pendemi seperti sekarang, bisnis online sangat berkembang. Pengelola kantin sekolah bisa tetap produktif berdagang dan mendapat pemasukan, ya.

    BalasHapus
  32. ibu pengelola kantin ini memamg ikut terdampak karena sekolah gak aktif ya, udah tepat banget program yang dilakukan Danone dengan memberi pelatihan. Salut, masih peduli dengan kondisi ibu-ibu kantin binaannya.

    BalasHapus
  33. Sangat bermanfaat banget program kaya gini ya chie, selain meningkatkan penghasilan bagi ibu pengelola kantin dan pedagang di kantin juga bisa mensejahterakan masyarakat dengan program begini. Harus banyak dan diperluas program seperti ini program pelatihan wirausaha ibu pengelola kantin sehat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *