Hallo!

Saya Chichie, penggemar hot latte dan es kopi susu. Lifestyle blogger, food & product photographer. Happy wife and mother from The Hariyanto's Family. Part of UploadKompakan, bulur Kompakers Bekasi.
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

What Read Next

"With You (在一起)" Salah Satu Drama China Bertemakan Pandemi Covid-19


Halo... Gimana kabarnya? Insya Allah selalu diberikan kesehatan ya, walau sampai hari ini kita masih menjalani kehidupan ditengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini. Kalau gak salah ini tuh sudah masuk bulan ke 8 kita masih di rumah saja, semoga teman-teman juga masih semangat untuk menjaga kesehatan dan tetap jaga jarak ya.

Semenjak pandemi saya punya kebiasaan baru nih, nonton drama dari China dan Korea. Padahal dulunya sih gak pernah nonton drama, kayaknya terakhir tuh pas waktu masih kuliah jamannya Meteor Garden, Endless Love dan beberapa drama yang hits kala itu. Makanya di rumah jadi lebih semangat karena banyak yang bisa dikerjakan.

Salah satu drama China yang sudah selesai saya tonton itu "With You" salah satu drama China yang menceritakan tentang wabah virus Corona. Masih teringat jelas sekali wabah ini berasal dari Wuhan, yang sontak membuat dunia berubah. Karena dengan begitu cepat virus ini menyebar ke berbagai negara, termasuk ke Indonesia sejak pertengahan Maret 2020. 

with you drama china


Waktu itu direkomendasikan sama teman yang bekerja di WeTV untuk nonton With You, akhirnya ku tonton dan ternyata drama ini mengandung bawang dong. Beneran deh waktu nonton ini tuh nangis secara tiba-tiba. Terus yang bikin aku mau nonton ini karena ada Yang Yang salah satu aktor China yang ku suka setelah Hu Yitian, Li Xian dan Zhang Zehan. 

Drama ini sangat spesial karena dibuat oleh Administrasi Radio dan Televisi Negara dan diproduksi bersama oleh Stasiun Radio dan Televisi Shanghari, Youhug Media, dan Shanghai Media Group. Drama China dengan episode terpendek yang pernah saya tonton karena hanya 20 episode saja, biasanya tuh drama China selalu lebih dari 30 episode.

Kerennya lagi drama With You ini dikerjakan oleh 15 sutradara dan lebih dari 50 aktor ternama, termasuk si bebeb kesayanganku Yang Yang. Selain itu drama With You ini juga melibatkan Zhang Jiayi, Zhou Yiwei, Tan Zhou, Crystal Zhang, Lv Zhong, He Landou, Lei Jiayin, Ni Ni, Rulu Jiang, Zhu Junlin, Kevin Tsai, Shu Yawen, Lulu Xu, Zhao Jinmai, Leon Zhang, Ren Zhong, Chen Shu, Lu Yi, Adi Kan, Jhonny Huang, Li Xiaoran, Chai Zhengrong, Mintao Liu, Jerry Jia, NiDa Hong, Xi Meijuan, Alina Zhang, Jin Dong, Sun Jiayu, Mao Xiaohui, Huang Zhizhong, Wang Zijian, Deng Lun, Li Qin, Dong Jie, Liu Lin, Li Baihui, Christina, William Feng, Dong Xuan, Tu Songyan, Jeff Bao dan Sun Li.

Yang Yang

Biasanya lihat Yang Yang dengan tampilan yang super kece ginikan, nah di With You beda nih penampilannya. Tapi emang mau pakai apapun si Yang Yang ini tetap cakep deh, hahahahaaa... 

Saya juga baru tau kalau Wuhan memilik dialeg yang berbeda ya, karena baru ngeh pas beberapa pemain itu ngobrol dan beda dengan percakapan drama yang biasa saya tonton juga. Setiap akhir episode juga selalu dihadirkan pendapat para aktor yang terlibat dalam drama bertemakan Covid-19 ini, selain itu ada juga behind the scene shooting mereka yang bikin takjuba sih. Kepikaran tuh apakah mungkin Indonesia membuat cerita atau film semacam di China ini. 

Cerita ini memang lebih ke penanganan pandemi Covid-19 di Tiongkok, ternyata gak cuma di Indonesia saja kok pasien yang tidak terima harus di rawat karena Covid-19 karena di drama ini pun ada sepenggal cerita orang-orang yang takut dan tidak percaya akan adanya Covid-19.

Waktu lihat episode pertama dengan datangnya mobil ambulance berbondong-bondong tuh langsung merinding karena ngebayangin juga waktu disini pun pasti sama. Sudah pasti ini juga membuat panik garda terdepan tentunya. Selain itu kebayang paniknya petugas kesehatan yang harus menghadapi penyakit menular dan semakin banyak setiap harinya. Apalagi untuk di Wuhan yang pertama kali wabah ini ditemukan, membuat para tenaga medis bingung dengan penyakit ini. 

Selain itu juga dikisahkan kehidupan ojek online yang juga selalu siap mengantarkan pesanan berupa makanan dan keperluan kesehatan yang dipesan oleh warga. Bagaimana Wuhan menghadapi situasi dimana wabah virus yang cepat menular, rasa khawatir dan was-was juga menghantui masyarakat Wuhan. Banyak relawan yang ikut membantu saat pandemi Covid-19.

Salah satu adegan Yu Xiaoyun bersin karena terkena hujan di perjalanan, langsung orang sekitar pada mengira dia terkena Covid dan harus menjauh. Ini pun teringat waktu di Jakarta belum ada kasus Covid-19 dan pas di resto ada yang bersin atau batuk-batuk jadi perhatian orang-orang. Ibaratnya tuh bersin atau batuk jadi menakutkan sekali.

Setiap pasien yang masuk ke rumah sakit, langsung dicari tau dalam 7 hari kebelakang mereka kemana saja dan bertemu siapa. Ini salah satu yang membuat Wuhan cepat dalam menangani pandemi Covid-19. Bahkan orang-orang di pasar pun juga menjadi perhatian mereka, karena salah satu pasien yang terkena Covid-19 ada yang baru berbelanja ke pasar. 

With You memberikan insight dan pandangan bagaimana para pahlawan berjuan melawan musuh baru dunia yang namanya Covid-19. Sama-sama berjuang melawan Covid-19 menjadi motivasi untuk kita semua. Jangan lupa selalu menghargai jasa yang telah mereka lakukan untuk melindungi seluruh lapisan, karena tidak ada lagi perbedaan si miskin dan si kaya saat pandemi.

Drama ini pun memberikan banyak pelajaran untuk semua orang di dunia, termasuk kita di Indonesia. 

Komentar

  1. Sama kita Mbak Chiechie..sejak pandemi nonton drama lagi...terakhir aku ngikuti masa Endless Love dkk..hihihi. Banyak insight juga sih selain menghibur pastinya. Seperti With You ini yang mengangkat tema Covid-19. Bisa jadi motivasi untuk tetap kuat berjuang di masa pandemi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama dong kayak aku ngikutin Endless Love juga mbak, semenjak pandemi ini jadi banyak nontonin drama Korea dan China aku. Tapi ini si With You tuh emang salah satu drama yang mengandung bawang banget deh.

      Hapus
  2. Wah jadi pengen nonton nih. Btw dulu ku pernah nonton film korea DERRANGED kebetulan tayang di trans kl ga salah, pas awal2 covid di indonesia. Jadi ikut baper lho, krn ceritanya hampir mirip covid cuma itu pandemi cacing atau apalah gitu :D yang intinya mereka pun sama ga boleh keluar rumah, main air, wisata air krn si telur cacing itu bs masuk lewat pori2 kaki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ada lagi sih drama China yang ceritanya tentang Covid cuma aku belum nonton tapi yang ini emang bagus banget deh.

      Hapus
  3. Mantap nih, 15 sutradara. Ada banyak angle yang digarapkah sampai pake sutradara segitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, karena selain ini ada 2 cerita dan emang penggarapannya cepat.

      Hapus
  4. Berarti kondisi di sini dan di sana mirip ya, masih ada yang ga percaya sama COvid. Kerennya, isu ini diangkat dalam drama juga...Aku jadi inget di Vidio waktu itu ada 10 episodes series Sementara Selamanya ada sedikit nyinggung terkait Covid juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama banget, karena emang cerita ini dikondisi sama persis dengan cerita waktu Covid dan beberapa angle ada yang di ambil saat Covid juga.

      Hapus
  5. Aku kurang hapal dengan artis drama China biasanay nonton kalau jalan ceritanya aku suka aja. Mau ah nonton With You ada yang seger ternyata :-D
    Ternyata di China juga punya dialek sendiri ya, aku juga baru tau ini.

    BalasHapus
  6. Kisah di With You ini mengedukasi para penontonnya ya. Dengan mengangkant tema si corona, sedikit banyak orang2 akan lebih manut dengan prtokol kesehatan yg mesti diterapkan. Artis2 China cakep2 juga ga kalah sama artis Korea heheeh :D

    BalasHapus
  7. Baiklah kayaknya bakalan jadikan drama ini sebagai salah satu pilihan. Apalagi di saat pandemi seperti ini ya mba. Makasih rekomendasinya ya mba

    BalasHapus
  8. Bagus ya cara penanganan covid di wuhan, dari yang awalnya kewalahan bisa jadi terkendali...

    BalasHapus
  9. ini nonton di aplikasi apa kak? Viu ada gak ya? kemarin aku malah nonton film World War Z, agak mirip kayak pandemi covid gini modelannya

    BalasHapus
  10. Garcep ya sineasnya...
    Langsung dijadikan crita dlm drama...
    Aduh, lihat aktornya langsung kepincut...

    BalasHapus
  11. Gara-gara pandemi dan di rumah aja aku pun jadi nonton drakor, Mbak hehehe. Ini ceritanya bagus ya, bisa membuka mata tentang cara negara Cina, khususnya Wuhan menangani Covid-19. Siapa tahu bisa ditiru di sini.

    BalasHapus
  12. gak tanggung-tanggung ya yang menggarap, dan kerennya pula itu para artis-artis terkenal disana pada selamat semua dari pandemi meskipun di china begitu ganas ya.wajar kalo akhirnya dibuat film untuk catatan sejarah juga biar dikenang kelak

    BalasHapus
  13. Cina selalu lebih cepat ya...haha drama ttg covid pun sudah ada...Mungkin karena dia udah duluan kena covid ya..jadi sekarang udah bebas...

    BalasHapus
  14. wah film With You ini dibuat kapan, mbak? Berarti setelah wuhan benar-benar clear dari Covid? eh apa udah ketemu vaksinnya? aku ga ngikutin berita *lol

    BalasHapus
  15. Wah, aku belum lihat film With You. Sepertinya menarik sekali. Pemainnya ganteng banget euy ahahaha. Inget banget awal awal Covid, ada yang bersin pada menjauh. Ternyata sama aja ya

    BalasHapus
  16. Wih, belum keturutan nonton drakor, udah datang godaan lagi drama China. Jujur aku tuh fans berat F4, Dong Yi, Takuya Kimura dan teman-temannya, tapi pada jamannya dulu. Habis itu kayak kehilangan jejak sama per-drama-an. Kayaknya ini udah waktunya ntn lagi nih. With You bisa dicoba, biar lebih tabah menghadapi pandemi ini.

    BalasHapus
  17. Wah, ini drama baru berarti ya mba. Ada di netflix mba? Jd mau nonton. Jd lebih ke sudut pandang para nakes ini ya. Aku tuh penasaran bgt sm proses CT, igg, igm dsb. Msh perlu byk belajar jd pengen nonton jg

    BalasHapus
  18. Wkwkwk Meteor Garden itu apa kak? #purapuragakpaham :D :P
    Wah drama ini aku sempet lihat tayangannya sekolas di YT, tapi belum mood nonton. Entahlah mungkin krn mengisahkan soal Covid jd aku msh jaga moodku biar gak jengkel, apalagi virusnya ya dr "mereka" wkwkwk. Pdhl beberapa kali dimentionin dan ditag sama temen jg kalau ada postingan drama ini :D
    Mungkin nanti kalau aku dah bisa menata hatiku baru nonton :D

    BalasHapus
  19. Wuih, dramanya kekinian banget ya. Jadi kepengen nonton deh. Selain rame, duh, aku salfok dengan pemeran cowoknya itu. Kok cakep bangeeet. Hehehe

    BalasHapus
  20. Berapa episode, kak Chie?
    Seru yaa...niat banget garap drama With You ini. Bisa memadukan ide dari 15 sutradara loo.. Kereen~
    #eh cakep juga aktornya, ehehehe~

    BalasHapus
  21. Aku salfok sama cara Mak Chichie saat menuliskan nama-nama pemeran film ini.
    Ya ampyuun, kamu keren, bisa hafal nama-nama pemerannya, Mak!
    Pasti habis konsumsi ginseng ya, hahaha.

    Satu lagi,
    Aku juga salut sama film yang bisa menyelipkan "pesan moral" dan mengedukasi penontonnya!


    BalasHapus
  22. Memang pandemi gini jadi butuh hiburan banget ya. Kalau saya kalau film china suka yang film kolosal. Jaman kekaisarab gitu. Soalnya baju yang pemain perempuaan bagus-bagus...

    BalasHapus
  23. wow, let's watch it, let's watch it. Moreover, the theme is also very contemporary in accordance with our current conditions

    BalasHapus
  24. Luar biasa udah ada aja tema pandemi dramanya. Keren! Aku belum nonton chie. Mau banget ah nonton kapan-kapan

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *