29 Januari 2021

Sop Daging Sapi Inspirasi dari Royco Nutrimenu

Royco Garam Beriodium
Pandemi sekarang ini bisa dijadikan momen untuk memberikan makanan sehat dan bergizi untuk anak dan keluarga di rumah. Bertepatan dengan hari Gizi Nasional, Royco meluncurkan inovasi terbarunya, Royco dengan Garam Beriodium. Selain itu Royco juga memiliki program "Royco Nutrimenu" salah satu program yang sangat membantu untuk para ibu di Indonesia.

Sebagai seorang ibu, memberikan yang terbaik untuk anaknya itu sudah merupakan kewajiban. Terutama dalam pemberian makanan yang sehat untuk anak sejak kecil sangatlah penting untuk tumbuh kembangnya. Tak hanya membuat pertumbuhannya optimal, tapi juga bisa mengurangi anak terserang penyakit kronis ketika dewasa.

Pemenuhan nutrisi dan gizi yang paling utama pada saat 1.000 hari pertama kehidupan anak, merupakan hal yang amat penting sekali ini. Disini peran seorang ibu menjadi tonggak utama dalam memberikan makanan yang sehat. Seribu hari pertama kehidupan merupakan sebuah periode kritis yang berbampak pada kesehatan seorang anak seumur hidupnya.

Periode dan perkembangan pemenuhan nutrisi dan gizi seorang anak pada periode 1.000 hari pertama meliputi pemenuhan kesehatan ibu saat hamil, periode menyusui, masa penyapihan (MPASI), dan perkembangan di masa balita. 

Kalau yang sudah sering ikutan kelas parenting pasti akan selalu dengar kata-kata ini "tidak ada picky eater" karena dokter akan menanyakan bagaimana pola makan anggota keluarga di rumah, bagaimanapun anak itu akan meniru lingkungan terdekat terlebih dahulu. Jadi kalau kepengen anak makan sayur, ya kita harus makan sayur bersama-sama agar menjadikan contoh bagi sikecil. Disini seorang ibu memang harus dituntut kreatif dalam memilih berbagai macam makanan sehat.

Royco Baru dengan Garam Beriodium
Royco Garam Beriodium

Untuk para ibu-ibu yang sering menyediakan hidangan lezat untuk keluarganya pasti sudah tidak asing lagi dengan bumbu kaldu rasa sapi dan ayam. Kalau di rumah aku paling senang menggunakan kaldu sapi. 

Royco dengan Garam Beriodium hadir menjawab kebutuhan para orang tua untuk menyajikan hidangan lezat bernutrisi guna #BantuTumbuhSesuai perkembangan anak, sekaligus mencegah terjadinya hidden hunger atau kelaparan tersembunya.

Seperti yang dibilang sama Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN selaku guru Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor "Negara Indonesia masih memiliki beban hidden hunger yang besar, kondisi yang timbul akibat kekurangan zat gizi mikro seperti iodium, zat besi, vitamin A dan zink ini telah menimbulkan beberapa masalah kesehatan berkepanjangan."

Hasil Riset Kesehatan Dasar 2018 memperlihatkan 48,9% ibu hamil menderita anemia, dan Riset Kesehatan Dasar 2013 melaporkan bahwa 14,9% anak usia sekolah berisiko kekurangan iodium. Masyarakat kita masih sering sekali mengabaikan ini. 

dr. Diana F. Suganda, SP.GK, M.Kes seorang Dokter Spesialis Gizi Klinik berpendapat, "Orang tua perlu memperkaya pengetahuan dan kreativitas dalam memenuhi nutrisi seluruh keluarga dengan menyertakan bahan-bahan bergizi di tiap masakan, termasuk garam beriodium. Sayangnya pengetahuan sebagian masyarakat mengenai manfaat dariiodium masih terbatas pada upaya pencegahan penyakit gondok."

Royco Garam Beriodium

Royco melakukan inovasi melalui rangkaian produknya, terutama Royco Kaldu Ayam dan Sapi yan gkini berkomitmen menggunakan gara beriodium. Dibuat dengan daging sapi dan ayam berkualitas yang direbus lema dan tanpa menggunakan bahan pengawet untuk semakin menyempurnakan kandungan nutrisi dari tiap hidangan di rumah. 

Sepeti yang dikatan oleh Hernie Raharja selaku DIrector of Food & Refreshment PT Unilever Indonesia Tbk. "Sejak 2019 Unilever secara global memiliki komitmen untuk membantu masyarakat melakukan transisi menuju pola makan yang lebih sehat sembari mengurangi dampak lingkungan dari rantai makanan. Sejalan dengan komitmen tersebut, Royco memiliki tujuan mulia atau purpose yaitu Gerakan Pangan untuk Masa Depan guna menginspirasi keluarga Indonesia dalam mengonsumsi hidangan yang baik untuk tubuh maupun untuk bumi, yaitu yang beragam, bergizi seimbang, serta berasala dari sumber yang berkelanjutan."

Royco Nutrimenu Inspirasi Resep Masakan Lezat Bernutrisi
Royco Garam Beriodium

Serius deh ini kalau saya tuh baru tau ada yang namanya Royco Nutrimenu yang merupakan inspirasi resep masakan lezat bernutrisi untuk seluruh anggota keluarga. Terbuat dair bahan-bahan yang mampu memncukupi kebutuhan gizi untuk #BantuTumbuhSesuai dan terhindar dari kondisi hidden hunger.

Program Royco Nutrimenu mengetengahkan panduan berisi menu lengkap yang lezat dan dapat digunakan setiap hari, menggunakan bahan-bahan makanan yang lebih bergizi, mudah didapat, praktis, terjangkau dan bersumber dari bahan-bahan berkelanjutan berbasis nabati yang tergabung dalam "50 Pangan Masa Depan". Hingga kini, program ini telah berjalan ke 80.000 anggota keluarga, 180.000 remaja di pondok pesantren, serta menginspirasi 2 juta keluarga di Indonesia secara online.

Sebelum kita mempersiapjan makanan yang sehat untuk si kecil, jangan lupa juga nih untuk terus melihat tumbuh kembangnya dan pahami tentang Angka Kecukupan Gizi (AKG). Hal ini menurutku sangat penting sekali untuk mengetahui tumbuh kembang si kecil.

Angka Kecukupan Gizi (AKG)

Kenapa ini saya bilang penting, karena dari sini setidaknya saya juga ada gambaran meyiapkan menu apa saja di rumah agar si kecil mendapatkan yang terbaik. Selain pemenuhan nutrisi dan gizi yang baik, gaya hidup yang segat juga turut membantu pembentukan tubuh yang sehat. Sekitar 20% kondisi kesehatan secara keseluruhan ditentukan oleh gen bawaan manusia. Namun, 80%-nya ditentukan oleh lingkungan  yang mencakup pemenuhan nutrisi, gizi dan  gaya hidup.

Tapi yang perlu diingat bahwa memberikan makanan bergizi untuk anak juga memiliki beberapa manfaat: 
  • Menstabilkan persediaan enerdi di dalam tubuh.
  • Memperbaiki suasana hati (mood).
  • Membantu menjaga berat badan ideal.
  • Membantu mencegah timbulnya masalah pada kesehatan mental, seperti kecemasan, depresi dan ADHD.

Recook Salah Satu Resep di Royco Nutrimenu
Royco Garam Beriodium

Jadi kalau di rumah memang saya mewajibkan sekali untuk makan sayur, apalagi sedang pandemi seperti sekarang jadi lebih galak lagi. Jadi ya kalau boleh jujur nih kadang kalau kehabisan ide masak emang suka cari lagi menu-menu yang bahannya gampang didapatkan dan juga sudah pasti sehat.

Royco Garam Beriodium

Salah satu yang menjadi favorit di rumah sebenarnya adalah sayur sop, karena apa? Karena paling mudah bikinnya dong kalau buatku. Biasanya yang kita mix itu jenis sayuran yang digunakan dan juga memilih ayam atau daging sapi. Tapi sejujurnya lebih sering masak sop daging sapi.

Resep yang saya share ini memang gampang sekali tapi yang bikin gak biasa itu adalah dalam memasak sop daging sapi ini menggunakan Kaldu Bumbu Rasa Sapi dari Royco yang pasti sudah mengandung garam beriodium. 

Nah, coba dong share juga apa sih menu yang menjadi favorit keluarga di rumah? 

61 komentar:

  1. wah aku biasa pakai royco nih kalau masak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mentok dan bingung bisa cek Royco Nutrimenu mbak, banyak resep yang bisa dieksekusi di rumah.

      Hapus
  2. Mantuul banget Royco ini, selalu menghadirkan inovasi yg bikin emak2 bahagiaa.
    Royco hadir dengan Garam Beriodium.
    Ini terobosan baguus banget, karena makanan tetap bahkan semakin lezat, juga sekaligus wujud nyata kepedulian Royco mengatasi salah satu masalah gizi di Indonesia yaitu Hidden Hunger yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sekarang didala Royco sudah ada garam beriodium dan yang bikin aku senang lagi karena ternyata ada Royco Nutrimenu yang bisa membantu aku dari mati gaya mau masak apalagi nih?

      Hapus
  3. Wah! harus bunda cari nih dan nyetok di dapur Royco produk baru bernutrisi. Pastinya juga dipetlukan oleh para lanjut usia yg masih mampu masam sendiri sehingga tdk kehilangan selera makan dengan menaburka bubuk royco biar + lezat hidangannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda betul banget, aku sudah cobain di rumah masak menggunakan Royco.

      Hapus
  4. Menu favorit suamiku ayam geprek, kalau anakku cukup ayam tepungnya aja tanpa sambel geprek wkwkkwk.. semuanya pakai royco juga dong, malah nggak pake apa2 lagi udah enakkk kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, aku belum coba bikin ayam tepungnya nih. Boleh dicoba besok, kebetulan ada ayam di rumah.

      Hapus
  5. Maknyaak, aku setuju sop itu paling mudah dan rasanya segeeer enak. Anak2 juga lahap makannya. Favorit lainnya telur nih. Apa pun, aman asal ada telur 😁 dan Royco yes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya dalam 1 minggu pasti aku selalu ada menu sop tapi aku ganti topingnya doang. Wkakakakakaa

      Hapus
  6. lagi sering turun hujan kayak sekarang ini emang paling mantap bikin menu masakan berkuah.. selain bisa menghangatkan tubuh, juga lebih enak aja yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak Aie, pas masak ini karena kepikiran habis hujan makan yang berkuah pasti enak banget.

      Hapus
    2. pagi-pagi sisaan hujan semalaman sampai subuh tadi, trus zoom meeting koordinasi, enak nih abis itu seruput kuat sop daging.. bakalan mantull

      Hapus
  7. Saya juga kalau lagi blank mau masak apa suka lihat bungkus Royco. Resepnya menginspirasi banget mau masak apalagi. Seru ya, Mba kalau bisa recook resep dr kemasan.. xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya ya dibalik bungkus Royco suka ada resepnya.

      Hapus
  8. Bener kata dr. Diana F. Suganda, SP.GK, M.Kes ya kak, kalo seorang ibu wajib menambah pengetahuan tentang makanan yang bernutrisi dan berkreasi agar anak tidak bosan. Jangan sampe anak lebih suka makanan di luaran karena anak tersebut nantinya bisa menjadi hidden hunger yang kekurangan mikro nutrient

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, pokoknya jangan pernah bilang anak kita gak doyan a dan b tapi kitanya gak ngajarin itu dan nyerah waktu pertama nyobain ke anak.

      Hapus
  9. sopnya colorfull dan seger banget mak chichie...mantul banget nih asupan serat dan protein. tambahan royco beriodium makin mantul deh ga khawatir lg kebutuhan ioidum harian ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu trik aku biar anakku mau makan sayur, selalu mencari sayur yang berwarna gini.

      Hapus
  10. Cakep banget itu sop dagingnya karena berwarna-warni sayurannya. Berarti vitaminnya juga beragam. Rasanya udah lezat deh. Apalagi pakai Royco dnegan garam beriodium

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu trik aku biar anakku mau makan sayur, jadi kalau bikin kudu warna-warni biar mau lahap makan sayurnya.

      Hapus
    2. iya setuju banget. Pengalaman saya pun, anak harus dibikin tertarik supaya mau semangat makan. Trus dikasih Royco dengan Garam Beriodium secukupnya. Rasa masakan udah enak, deh

      Hapus
  11. Iya banget, sayur soup memang paling gampang, simple, bahan2nya pun mudah didapat dan kandungan nutrisinya tinggi, tinggal cemplunk2 bahan2 pake sayang plus Royco baru beriodium , jadinya tambah lezaat dan menyehatkan yaa.
    Ahh,potonya tsakep2 dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener teh, makanya pas tau itu resep Royco Nutrimenu langsung eksekusi deh untuk masak seminggu ini.

      Hapus
  12. Baru tau nih kalo royco ada inovasi baru... jadi semakin praktis dan vitaminnya makin lengkap kalo untuk masak sayur...

    BalasHapus
  13. duh warna sayurannya menggoda, masihbanyak vitaminnya :) aku paling suka makan sop mbak, comfort food saya hehehe tapi nggak suka kalau rasanya msg banget atau sayurnya terlalu matang jadi benyek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Win, jadi emang trik doang ini biar anak mau makan sayur. Pernah dikasih tau sama dokter anakku biar anak mau makan sayur dengan memberikan sayuran berwarna gini

      Hapus
  14. Sop idola sejak dulu..selain bikinnya gampang, bisa pake isian apa saja, praktis juga nggak pake lama ya.. Apalagi lao pakai Royco..wah makin istimewa deh sopnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masakan andalan di rumah ini mbak, tinggal mix isinya saja.

      Hapus
  15. Sadar tidak sadar, selama pandemi anak-anakku tumbuh dengan baik dengan asupan makanan "hanya" dari dapurku. Jadi, sangat terlihat pola makannya teratur, asupannya terjamin hanya makanan rumahan, dan Alhamdulillah semua sehat

    Penting ya, memahami hidden hungger ini sebagai bagian dari tercukupiya nutrisi anak-anak. Sedih juga, sudah makan banyak, tapi ternyata masih ada nutrisi yang belum terpenuhi, khususnya iodium-nya

    BalasHapus
  16. Sebelumnya Royco gak mengandung garam beriodium ya? Aku kalau masak pakai royco sih memang ga pernah tambah garam lagi..

    BalasHapus
  17. Dari jaman SD dulu, tahunya kalau kekurangan iodium itu bakal kena penyakit gondongan. Ternyata akibatnya nggak cuma itu aja ya.

    Aku juga paling suka masak sayur sop, terutama kalau lagi diburu waktu. Tinggal potong dan cemplung-cemplung aja bahan yang ada di kulkas. Tambahi kaldu royco, makin lezat

    BalasHapus
  18. Cus deh beli royco + garam beriodium, tentunya makanan bergizi yang kita olah akan bertambah lezat & sehat.

    BalasHapus
  19. Aku juga pengguna Royco kak. Paling sering menggunakan tyang rasa ayam, tapi belakangan pakai sapi karena emang gurih dan nikmat untuk tambahan di olahan masakan kita ya.

    BalasHapus
  20. dari dulu memang udah legendaris yaaaa bumbu dapur yang saru ini mba. ENjoy your cooking time indeed

    BalasHapus
  21. dirumah selalu pake bumbu penyedap royco ini, dan bahkan sama adik dibuat cemilan :D

    BalasHapus
  22. Sedih banget, kak Chie.
    Anakku yang 10 tahun masih di bawah stadart banget timbangan. Tapi tingginya uda oke.
    Meramu masakan di rumah sendiri ini jadi menyenangkan karena ada Royco. Yeaay~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahaya sekali dengan hidden hunger ini..
      Kebanyakan dari orangtua menjadi tidak sadar bahwa variasi menu yang diberikan kurang banyak dan beragam. Plus pemenuhan makro dan miro nutrisinya juga harus diperhatikan.

      Hapus
    2. Ya Allah...
      Dampak kekurangan gizi ini serem juga yaa, kak..
      Yang paling keliatan sih...tumbuh kembang menjadi tidak sesuai dengan usianya.

      Semoga dengan menyiapkan menu terbaik untuk keluarga, bisa mendukung penuh tumbuh kembang anak.

      Hapus
  23. Bener nih aku kadang masak gak pake garem lai pake royco aja dah asin dan enak

    BalasHapus
  24. Aku pun masih suka masak di dapur mamah, pakai penyedap rasa dari Royco selalu jd andalan buat makanan makin lezat, aku suka nasi goreng atau bikin oseng brokoli

    BalasHapus
  25. aku salah satu pecinta royco , masak apa aja pake royco hehe.. resep masakan favorite ku itu daging asam manis goreng ketemu royco dan campuran bahan lain, ampunn endess bgt :D
    btw fotonya bagus banget ,ba ci, aku salah fokus, jernih dan penuh estetika, mantabbs

    BalasHapus
  26. Di rumah kalau masak ga lengkap tanpa royco, tapi biasanya makenya dikit aja... Sekarang dengan tambahan garam beriodium jadi makin susah nih ninggalin Royco.

    Aniwei saya sudah coba recook beberapa menu dari Nutrimenu ini, dan praktis bangnet, bahannya mudah didapat dan gampang. Kreativitas mencampur bahannya bikin makanan jadi lebih sedap.

    BalasHapus
  27. kirain cuma ganti kemasan aja kak, pas belanja kemarin asal ambil aja ternyata ada perbedaan dari komposisinya juga ya. aku selalu pake si Royco ini.

    BalasHapus
  28. Galfok nih mak sama menu sop dagingnya colorful sekali. Sekarang nggak perli bingung mau masak apa, tinggal cek di Royco Nutrimenu, tinggal recook deh

    BalasHapus
  29. Udah tahu sejak kapan ya kalo yodium ini penting buat tubuh. Tapi aku suka abai. Merasa bahwa ini bakalan tercukupi dengan sendirinya, karena jumlahnya yang sedikit itu. Padahal bisa saja makanan yang kita makan gak ada. Beruntung deh aku pake Royco, jadinya gak khawatir kekurangan yodium. Ya enak, ya mencukupi kebutuhan harian yodium.

    BalasHapus
  30. nggak salah kalau selama ini aku masak pakai Royco
    Apalagi sekarang Royco ada kandungan garam beryodiumnya
    pastinya bimin masakan lebih sehat dan semakin lezat

    BalasHapus
  31. Betul banget anak itu copy paste orang tuanya, kalau kita membiasakan diri makanan tertentu ya anak juga akan sama. Aku sejak anak2 kecil gak pernah masak dua varian masakan untuk dewasa dan anak, pokoknya harus makan makanan yg sama. Gak lupa juga memberikan garam beriodium, sekarang Royco kaldu sapi & ayam sudah mengandung itu juga ya

    BalasHapus
  32. Senangnya royco sekarang lebih sehat dengan mengandung garam beriodium. Nice move royco!

    BalasHapus
  33. Wah resepnya mau saya recook ah
    Sangat cocok buat menu batita dan anak usia 6 tahun
    Aman juga karena penyedapnya beryodium
    Bikin anak-anak nambah nasi insya Allah

    BalasHapus
  34. Aduh sopnya segar sekali Chie, pengen coba juga buat dimasak untuk siang nanti eheheh
    Ada resepnya asik. Royko ini bikin masakan makin enak dan lezat.

    BalasHapus
  35. Aku mah goreng telur aja pakai Royco, jadi makan telur serasa makan daging sapi soalnya rasa kaldu sapinya kerasa banget. Tapi kalau pakai Royco aku skip garam dan gula karena rasa masakannya sudah enak apalagi sekarang ada Royco Beriodium, jadi makin enak dan sehat nih makanan yang ditambahi Royco.

    BalasHapus
  36. Sayur sop kalau dicrut2in Royco emang rasanya jadi enak banget walau kuahnya gak dipakaiin kaldu :D Andalan jg nih kalau masak.
    Yang boleh ikutan program Nutrimenu ini semua keluarga bisa?

    BalasHapus
  37. jadi pola makan anak ngikutin pola makan orang tua ya. Anak perempuanku mengikuti pola makanku nih, moodyan

    Seneng deh, aku jadi ikutan intip Royco NutriMenu dan mencoba resep yang diberikannya. Malam ini juga aku intip Royco NutriMenu untuk menu makan besok, hihihii. Menunya oke oke banget

    BalasHapus
  38. Royo ini jadi salah satu andalan ibuku kalo masak. Rasa masakan jadi lebih sedap. Aku sih paling suka ngikutin resep yang ada di bungkusnya, praktis dan mudah diikuti

    BalasHapus
  39. Produk barunya Royco bagus ya. Garam beriodium tuh penting bgt. Terobosannya canggih nih.

    BalasHapus
  40. enak dan serba guna mau masak apa juga jadi tinggal plung gitu aja. anak dan suami itu kalau hobi goreng telur pasti pakai royco

    BalasHapus
  41. Semoga semakin banyak Ibu yang sadar akan gizi micro untuk anak dan remaja. Biar angka penderita hidden hungger terus turun. Nutrimenu dari royco bisa jadi contekan nih. Masak makanan sehat dan bergizi tapi tidak mahal.

    BalasHapus
  42. Pas banget saat hujan2 begini makan sop daging duh endul bngt rasanya ya mbaa ditmbah masak sopnya pkai royco daging tambah lezatt bngt nih

    BalasHapus
  43. Ngeliat postingan ini jadi beneran pengen bisa masak setiap harinya di rumah untuk keluarga

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.