10 Januari 2021

Tontonan Drama Korea Sepanjang 2020, Mana Yang Jadi Favoritmu?

start up

Tahun 2020 juga membawa saya pada beberapa drama Korea, padahal sebelumnya gak suka. Mungkinkah ini karena efek pandemi juga, membuat betah di rumah karena bisa nontonin beberapa drama Korea. Mungkin saya pun orang yang paling telat nonton beberapa drama Korea yang hits saat itu.

Awal mula nonton drama Korea itu waktu perjalanan ke Sydney, karena penerbangan ditempuh selama 7 jam jadilah mencari tontonan. Saya sudah pernah juga sih nulis kenapa jadi nonton drama Korea, Teracuni Drama Korea. Berawal dari iseng terus penasaran lanjutannya ceritanya, ngeselin emang ternyata ya. Belum lagi racun dari teman yang suka juga dengan drama Korea. 

Nah, ini ada beberapa drama Korea yang memang aku tonton dan aku suka, tapi biasanya aku tergantung sama pemainnya kalau nonton atau baca dulu beberapa review dari teman-teman. Tapi ada juga yang cuma nonton di episode 1-2 terus aku gak lanjut karena gak suka. 

Itaewon Class
itaewon class

Nonton Itaewon Class ini sebenarnya karena ada Park Seo-joon selain itu juga karena juga diobrolin terus di grup jadilah aku penasarankan ya. Ini salah satu drama Korea yang menurutku bagus banget dan emang harus ditonton. Selain jalan ceritanya emang bagus banget, di drama Korea ini banyak sekali yang bisa diambil sisi positifnya. 

Walaupun sebenarnya Park Sae Ro Yi (Pak Seo-Joon) membangun bisnis franchise yang didasari karena ingin membalas dendam atas luka lama yang ia alami. Lalu apakah bisnis resto makanan yang dijalani oleh Park Sae Ro Yi ini berjalan dengan mulus? Tentu tidak, banyak kegagalan yang dia alami tapi dia tidak pantang menyerah. Karena kegagalan itulah yang memacunya untuk terus bangkit dan belajar. 

Walaupun ambisinya untuk sukses timbul karena keinginan balas dendam, Park Sae Ro Yi selalu berusaha melakukan semuanya dengan cara yang bersih, jujur dan menentang keridakadilan. Kerja keras dan perjuangan di Itaewon Class ini sangat terasa sekali. Dalam perjuangan mendirikan DanBam, Park Sae Ro Yi dan stafnya sering menghadapi banyak masalah. Tetapi mereka mampu menyelesaikan masalah tersebut dengan melakukan musyawarah dan riset adalah hal yang wajib mereka lakukan saat ada masalah dengan DanBam.

It's Okay to Not Be Okay
it's okay to not be okay

Ini juga jadi salah satu drama Korea yang aku suka, drama yang dibintangi oleh Kim Soo-hyun dan Seo Ye-ji ini selain bercerita tentang percintaan mereka tapi juga tentang kesehtan mental. Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) seorang perawat di rumah sakit Psikiatris, ia memiliki seorang kakak dengan berkebutuhan khusus, Moon Sang Tae.

Go Moon Young (Seo Ye Ji), seorang penulis buku dongeng anak-anak yang sangat disukai oleh Moon Sang Tae. Tapi Go Moon Young ini agak unik sebagai penulis buku dongeng kebanyakan, karena ia memiliki masalah sosial yang membuatnya terlihat seperti psikopat. Yang paling aku ingat waktu dia ada di resto dan ada seorang anak kecil bersama ibunya dan minta foto bersama lalu Go Moon Young berbisik ke anak itu dan membuatnya takut.

Selain itu Go Moon Young juga sangat menyukai benda-benda tajam dan punya pandangan tersendiri soal kisah dongeng. Ini dikarenakan masa lalunya yang kelam, ia tidak bisa bersosialisasi seperti orang kebanyakan. Pertemuannya dengan Moon Kang Tae ternjadi saat Go Mong Young menjadi pembaca dongen di rumah tempat Moon Kang Tae bekerja.

Drama It's Okay to Not Be Okay ini menceritakan bagaimana masa lalu dan trauma membentuk diri Go Moon Young. Terlihat kuat dari luar tapi sebenarnya didalamnya dia kesepian dan sangat rapuh. Yang dibutuhkannya hanyalah kasih sayang dan perhatian. Selain itu cerita tentang menggapai mimpi dan tujuan, dan betapa orang butuh waktu untuk pulih dari trauma masa lalu dan melanjutkan hidup.

Selain itu yang terpenting adalah memaafkan dan mengakui kesalahan pun menjadi hal yang sangat penting untuk melepas beban pada diri sendiri. Disini juga kita bisa melihat bagaimana melatih diri mengendalikan emosi.

Ketika merasa lelah, isitrahatlah. Ketika bersedih, menangislah. Tidak apa-apa untuk rehat sejenak. - Direktur Rumah Sakit Jiwa OK, Oh Ji-wang 
Do Do Sol Sol La La Sol
dodosolsollalasol

Kalau nonton Do Do Sol Sol La La Sol ini kadang aku suka ketawa, senyum-senyum dan bahkan nangis. Hahahaa... Padahal ini drama dengan genre Komedi Romantis. Drama yang bintangi oleh Go Ara, Lee Jae Wook dan Kim Joo Heon ini menurutku seru dan selalu ceria kalau lihat Go Ara.

Goo Ra Ra (Go Ara) merupakan seorang putri tunggal dari keluarga konglomerat yang sangat polos dan energik. Go Ra Ra tumbuh menjadi seorang gadis yang menurut kepada ayahnya, namun kehidupannya berubah setelah ia bertemu dengan Sun Woo Joon (Lee Jae Wook). Pertemuan mereka tidak disengaja, saat itu Sun Woo Joon mengantarkan bunga saat Go Ra Ra harus menikah tapi pernikahan tersebut tidak jadi, ayah Go Ra Ra jatuh dan meninggal saat ingin menghadiri pernikahan anaknya.

Tak disangkat pertemuan kedua Go Ra Ra dan Sun Woo Jonn terjadi saat mereka berdua kecelakaan. Sun Woo Joon merasa iba pada saat itu karena Ra Ra sudah tidak memiliki uang karena usai ayahnya meninggal lalu keluarganya bangkrut. Akhirnya Go Ra Ra ikut dan tinggal bersama Sun Woo Joon, selain meminjamkan uang juga ia menghidupi Go Ra Ra. Mereka sering menghabiskan waktu berdua dan secara perlahan Sun Woo Joon pun jatuh hati kepa Ra Ra yang sangat polos dan baik hati.

Selain dengan Sun Woo Joon, juga ada dokter Cha Eun Suk (Kim Joo Hoon) yang dekat dengan Go Ra Ra, kaena ia merupakan dokter yang merawat Ra Ra saat kecelakaan. Kedekatan mereka berdua juga membuat Sun Woo Joon cemburu. 

Record of Youth
Record of Youth

Salah satu drama Korea yang langsung aku bikin reminder saat ada di Netflix, karena ada si Park Bo-gum. Belum move on dari Reply 1988 soalnya, heheheee... Selain Park Bo-gum juga ada Park So Dam dan Byun Woo Seok. Bercerita tentang impian yang ingin dicapai oleh Sa Hye-jun, Won Hae-hyo dan Ahn Jeong-ha.

Record of Youth ini bercerita tentang sejumlah anak muda yang mencoba meraih impian dan bersinar dengan caranya masing-masing. Impian menjadi make-up artis, model dan aktor ternama. Kayaknya gak di Korea Selatan saja deh anak mudah yang memiliki impian seperti itu, di Indonesia pun anak-anak mudah sekarang juga memiliki impian seperti itu. 

Tapi apakah perjalanan mereka untuk mencapai impiannya itu berjalan mulus? Tentu tidak saudara-saudara, justru disini Sa Hye-jun, Won Hae-hyo dan Ahn Jeong-ha memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Walaupun dihadapkan dengan masalahnya masing-masing, mereka tetaplah saling membantu dan melengkapi sebagai teman. 

Record of Youth juga memberikan efek positif, karena apa yang terjadi di drama ini bisa menjadi semangat untuk mereka yang sedang berjuang meraih impiannya. Dengan cara yang keren dan menyenangkan, Record of Youth ini juga menggambarkan para pejuang impian yang sering direndahkan hanya mereka masih mudah dan tidak memiliki apa-apa. Tantang untuk meraih mimpi terkadang bukan hanya datang dari orang lain tapi juga dari keluarga sendiri.

Hi, Bye Mama
hi bye, mama

Drama Korea yang mengandung bawang, karena aku nonton ini menangis dong. Percayalah nonton ini tuh dibeberapa episode pasti nangis deh. Adakah yang sama juga denganku? Menangis waktu nonton Hi Bye, Mama? 

Cha Yu-ri (Kim Tae-hee) seorang perempuan yang meninggal saat mengandung Cho Seo-woo akibat kecelakaan mobil. Di saat ia krisis, ia meminta dokter untuk menyelamatkan anaknya yang ada dalam kandungannya. Cho Gang-hwa hidup berdua dengan anaknya, Seo-woo seorang diri. Hingga pada akhirnya ia menikahi Oh Min Jeong (Go Bo-gyeol) yang merupakan juniornya di rumah sakit. 

Lima tahun sudah Cha Yu-ri menjadi hantu gentayangan, akhirnya ia diberikan kesempatan untuk hidup selama 49 hari bila ia benar-benar ingin kembali menjadi manusia. Namun ia harus mengambil posisinya yang kini sudah digantikan oleh Oh Min Jeong.

Hi Bye, Mama berhasil menceritakan penyesalan dari mereka yang telah meninggal serta rasa kehilangan dari orang-orang yang ditinggalkan. Selain itu drama ini juga menceritakan masalah para hantu yang berada di sekitar Cha Yu-ri. Karena Cha Yu-ri sudah menjadi menjadi manusia hanya untuk beberapa hari, maka para teman-teman hantunya meminta bantuannya.

Dari drama Hi Bye, Mama kita juga banyak belajar tentang rasa bersalah kepada orang tua, kasih sayang orang tua yang benar-benar sepanjang masa, kekuatan doa orang tua, hingga perbedaan antara menyerah dan bisa menerima kondisi. Selain itu kita juga diberikan suguhan bawah tidak semua ibu tiri itu jahat, contohnya kalau di Indonesia ada Ashanty. 

Sebelum habis waktunya menjadi manusia, Cha Yu-ri diberikan kesempatan oleh Cho Gang-hwa untuk menghabiskan waktu bersama Seo-woo. Mereka bertiga akhirnya pergi ke taman dan menghabiskan waktu sebelum Cha Yu-ri benar-benar pergi. Selama Cha Yu-ri menjadi manusia, Seo-woo  tidak pernah tau kalau ia ibunya tapi akhirnya Cho Gang-hwa memberitahunya.

Episode terakhir pun aku dibuat menangis karena untuk pertama dan terakhir kalinya Seo Woo menyebut Cha Yu-ri dengan sebutan ibu. Di saat itu juga Seo Woo mengucapkan salam perpisahan kepada ibunya degan mengucapkan "Selamat tinggal, ibu". Dari Hi Bye, Mama kita bisa belajar bahwa tidak boleh terus menangisi atau meratapi kepergian orang yang sudah pergi, karen ahal itu akan menyusahkan bagi orang yang sudah tiada.

Start Up
start up

Kalau untuk drama yang satu ini Start Up, sampai sekarang pun aku belum move on dari Nam Do-san (Nam Joo-hyuk). Bukan... bukan... karena ganteng ya, tapi emang dari karakter dan cerita dia yang bikin aku suka. Ku akui kalau sampai hari ini aku setia dengan menjadi team Nam Do-san. Wahahahaa... 

Berasa banget emang euforianya kemarin itu saat Start Up, aku pun sampai bikin polling tentang team Nam Do-san dan Han Ji-pyeong (Kim Seon-ho). Hasil polling di instagram storyku menang tipis si Nam Do-san. Bahkan aku juga punya baju dan sweater dengan gambar Nam Do-san, tuhkan segitu bucinnya aku sama dia.

Start Up mengisahkan bagaimana perusahaan rintisan itu berdiri, pertemuan antara Nam Do-san, Han Ji-pyeong dan In Jae saat mereka berada di Sillicon Valley yakni Sandbox. Drama ini dimulai saat Han Ji-pyeong yang berpura-pura menjadi Nam Do-san teman pena dari Seo Dal Mi (Bae Suzy) yang merupakan cinta pertamanya. Padahal surat yang selama ini diterima oleh Seo Dal Mi adalah tulisannya Han Ji-pyeong. Ini yang awalnya aku kira bahwa mereka akan bersama, ternyata aku salah saudara-saudara. 

Dal Mi berusaha masuk ke Sandbox untuk membuktikan kepada Won In Jae (Kang Ha Na), bahwa ia juga bisa berhasil. Seo Dal Mi yang memilih ikut ayahnya saat orang tua mereka ingin berpisah, membuat In Jae lebih baik memilih ikut ibunya dan menerima ayah barunya yang membantunya selama ini dalam berbisnis. Tetapi In Jae juga membuktikan kepada Seo Dal Mi dengan masuk ke Sandbox, bahwa dia juga bisa sukses tanpa adanya koneksi.

Untuk teman-teman yang memang sedang ingin merencanakan membuat bisnis yang memang akan dijalankan dari nol, tontonan ini wajib banget ditonton soalnya. Karena disini kita bisa melihat bagaimana mereka membentuk tim start up, jenis-jenis start up, pembuatan ide, promosi proposal, pembagian saham, modal, sampai perolehan keuntungan sebuah start up.

Nam Do-san yang ingin menciptakan aplikasi untuk tuna netra, saat mengetahui nenek Dal Mi mulai kehilangan penglihatannya. Tetapi kalau menonton secara keseluruhan tuh kadang suka gemes gak sih? Tapi disini kita belajar tentang peluang, resiko dan motivasi dalam meraih mimpi di dalam kehidupan kita.

Nah, kalau kamu drama Korea di tahun 2020 ini apa yang paling disukai? Share juga dong, siapa tau aku juga belum nonton. Jujur ya waktu ada The World of the Maried itu tayang, mau nonton tapi kok masih malas karena bercerita tentang pelakor. Akhirnya penasaran nonton saat orang-orang sedang menanti episode ke 7 kalau gak salah. Tapi nonton cuma sampai episode 1 doang dan gak mau nerusin dong. 


Salah satu kaos untuk di rumah yang aku pesan dengan gambar Nam Do-san dong, eh tapi sekarang juga ada sweaternya dong. Hehehehee... 

25 komentar:

  1. Duh, so sorry mbak, daku belum nonton semuanya hihihihi :D Mungkin suatu hari nanti tertarik deh. Buat penggemar drama Korea, salut deh atas konsistensinya menikmati keseruan jalan cerita drakor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakaka... iya mak, gak apa-apa... ini kamu tak kasih dulu kisi-kisi drakor yak hahahaha

      Hapus
  2. Aku cuma nonton 3 dari yg dishare di atas, itaewon, startup sama iontbo. .. Tiga2nya favorite semua sih cuma klo Mau milih yg paling berkesan itu Itaewon

    BalasHapus
  3. dari list di atas kayaknya yang aku tonton ulang itu startup deh, bisa kesengsem juga sama second lead mr. han, aduduh kenape dia seseger dan sekeren itu sih, his dimple are so amazing hhahaha udah ah malah ngelantur

    BalasHapus
  4. Start up Ama record of youth ada dlm listku mba, tp blm nonton. Ntr menunggu giliran. Kalo do do sol sol itu aku msh ragu, bagus ato ga. Tp kayaknya menarik yaaa

    Eh samaaaa dooong, hi bye mama aku nangiiiis juga :(. Banyak adegan lucu, tp yg bikin sedih juga nyesek :(. Baru kali ini aku galau tp sukaaa Ama endingnya yg ga maksa.

    Cm kalo fav ku sih ttp Crash landing on you sih :D. Walopun start 2019 akhir, tp kan tamatnya feb 2020 :D. Msh masuk 2020 ... Krn drakor inilah awal mula aku cinta Ama drakor2 laiiiin hahahahah. Jd ttp yg no 1 pasti CLOY.

    BalasHapus
  5. Sampai sekarang belum ada satu pun drakor yang bikin saya bertahan menonton sampai habis. Belum ada yang 'klik', termasuk drakor-drakor yang viral. Tapi, gak bakal bilang gak akan suka. Siapa tau nanti malah jadi tergila-gila hehehe

    Saya lebih suka filmnya. Selama pandemi ini lumayan banyak juga film-film Korea yang saya tonton

    BalasHapus
  6. Sejujurnya aku ga pernah nonton drakor jadi ga bisa sharing2. Tapi beberapa tahu ripyunya dari baca2 blog mentemen blogger yang ripyu. Apalagi pas setiap yang ketemu temen pas ngopi kamu tim mana? Nam Do-san, Han Ji-pyeong?aku ngakak..

    BalasHapus
  7. Do Do Sol Sol La La Sol sama Record of Youth aku gak niat nonton sama sekali. Hi, Bye Mama sama Start Up mau diterusin, tapi gak tahu kapan. Mau santai dulu nih dari ngedrakor, hehehe

    BalasHapus
  8. Ini semuanya kayaknya yang ditayangkan di Netflix ya...Ada beberapa yang juga aku ikuti seperti Itaewon Class, It's Okay, dan Start Up... Selain itu aku belum coba nonton karena lebih suka ngeliat variety show

    BalasHapus
  9. Itu kaosnya bagus juga ya dengan lambang film korea itu aku baru tahu soalnya dan emang film Korea itu memang bagus bagus banget dan juga keren

    BalasHapus
  10. Aku belum nonton delesai dol dol dol dan it's okay not to be okay mba. Selebihnya sudah aku nonton semua. Bagus bagus

    BalasHapus
  11. Yay, aku bingung kalo ditanya 2020 suka nonton drakor yang mana hihihi. Jadi dengan terpaksa aku jawab nggak ada ya. Di satu sisi karena kekudetan ku tentang drakor dan selain itu juga minat kepada drakor masih sangat minim. Tapi kalo diliat pada artikel di postingan ini, aku pikir bisa diandalkan untuk jadi referensi drakor yang asik untuk ditonton.

    BalasHapus
  12. wah hampir sama drama yg kita tonton sepanjang tahun 2020, tapi aku tim pak han

    BalasHapus
  13. Aku belum nonton semua drakor di atas mba. Penasaran sama Start Up soalnya lagi banyak yang review.

    Terakhir nonton drakor Hotel De Luna, mirip sama cerita Hi Bye Mama yang menceritakan kisah hantu gentayangan yang belum bisa pergi ke akhirat karena ada persoalan yang belum bisa diselesaikan di dunia.

    Kabarnya 2021 akan ada terusanya Hotel Blue Moon yang main Kim Soo Hyun. Can't waitt..

    BalasHapus
  14. Start up, suka banget aku nonton drakor yang satu ini bikin aku serasa muda juga *eh, maksudnya bikin semangat kayak mereka yang masih muda2 :)

    BalasHapus
  15. dari semuanya cuma start up yg saya tonton.. jadi ya pilihan tervaforitnya tetep start up.. hahaha... saya justru kalau ada anak2 d rumah malah ga bisa nonton. jadi yaa setahun cuma 1 itu. Eh, 2 ding sama the king enternal yg bintangnya dek minho.. xixixi

    BalasHapus
  16. semua aku tonton tapi yang it's okay not tobe okay ga sampe kelar soalnya entah kenapa pas nonton drama itu aku sering kontraksi dong,,, terlalu kebawa emosi sepertinya... Nah the best of the best versiku no 1 ya si Ittaewon Class,,, mau nonton 2 kali pun aku mau,,, kedua ya start up

    BalasHapus
  17. aku nonton semuanya kecuali hi bye mama.. gakuat sama cerita sedih soalnya akuuuu.. huhuhu. itaewon class yang paling kece kayanya sih, bikin semangat banget abis nonton IC.. hihi

    BalasHapus
  18. Tahun 2020 aku ada kemajuan dong, nonton 2 drakor. Hahaha
    Drakor pertama cuma sampai episode 3 udah bosen banget.
    Trus yang kedua itu film jadi satu Kali nonton habis. Aku ga tahan kalau harus berepisode-episode.

    BalasHapus
  19. Wah aku belum nonton drakor nih mbak sepanjang 2020 duuh kudet bener diriku. Tapi sempat nonton filmnya yang alive dan Peninsula

    BalasHapus
  20. Banyak yang sudah aku tonton nih tapi belum semuanya. Jadi ingin tonton yang belumnya nih.

    BalasHapus
  21. Uda anteng aku, drama kesukaanku masuk list kak Chie.
    Bisa nebak pasti kak Chie ini yhaa...hehhee..

    2020 akhir yaa, True Beauty, kak.
    Lanjuutt~
    2021, kita bikin list lagi..

    BalasHapus
  22. KAIROS tuh bagus
    Sekarang juga ada AWAKEN
    Mr. QUEEN juga kocak banget
    Pokoknya banyak dan Mak harus nonton

    BalasHapus
  23. dari semua list drakor yang ditonton 2020, aku baru nonton record of youth itu pun belum habis. entah kenapa ga mood nonton drakor.

    BalasHapus
  24. Yang belum kutonton sampai sekarang 2021, Start up sama It's oke. Kalau sudah teracuni Drakor tuh, susah tobatnya 😀

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.