29 April 2021

Tingkatkan Minat Membaca Pada Anak Di Era Digital

Program Baca Danone Indonesia

Membaca adalah salah satu kemampuan literasi dasar yang harus diperkenalkan kepada anak sejak dini. Pada usia berapa ayah dan bunda mulai membacakan buku dan mengajarkan si kecil membaca?

Meningkatkan minat membaca pada anak-anak di era digital itu sebenarnya susah-susah gampang, apalagi anak-anak kelahiran Gen Z yang lahir pada tahun 1995 - 2015. Termasuk anak saya sendiri yang lahir pada tahun 2013. Peran orang tua sangat penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Tapi jika hal ini sudah dilakukan sejak dini dan dibiasakan dalam keluarga tentu tidak akan terasa sulit. 

Sesuai hasil riset World's Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Ini sungguh menyedihkan, apakah sebegitu malasnya orang Indonesia? 

Faktanya 60 juta penduduk Indonesia memiliki gadget, atau urutan kelima dunia terbanyak kepemilikan gadget. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada tahun 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Apalagi si saat pandemi seperti sekarang ini, sudah pasti pengguna smartphone sudah bertambah lebih dari 100 juta orang. 

Di era digital seperti sekarang ini, informasi datang dengan begitu cepatnya dan mudah diakses. Membaca pada layar gawai telah menjadi gaya hidup, dan semakin lama semakin menggantikan aktivitas membaca secara konvensional. Hal ini yang tidak boleh terjadi pada anak-anak kita, karena bagaimanapun minat membaca buku secara konvensional tetap harus dilakukan. 

program baca danone indonesia




Semenjak pandemi ini anak-anak lebih sering menghabiskan waktunya di depan layar smartphone, ini biasanya dilakukan untuk bermain games atau menonton Youtube. Ini pun yang menyebabkan minat baca pada anak jadi berkurang. 

Padahal dengan anak lebih sering membaca akan memberikan manfaat yang baik, seperti:
  • Membuat anak jadi lebih kaya perbendaharaan katanya
  • Memperlancar kemampuan berbicara
  • Menambah pengetahuan di luar yang diajarkan orangtua dan lingkungan
  • Menambah motivasi 
  • Mengingkatkan kreativitas 
  • Mempengaruhi karakter anak

Saat ini, menumbuhkan minat anak untuk membaca sejak dini akan mempermudah mewujudkan budaya baca dan tradisi anak, khususnya TK dan SD pada kemampuan membaca dan menulis. Hanya saja, mengimplementasikan kegiatan positif juga harus dengan persetujuan sang anak, agar dia tidak mudah marah atau ngambek.

Memanfaatkan Pandemi Menjadi Momen Bonding Keluarga
program baca danone indonesia

Pandemi juga bisa dijadikan untuk momen bonding keluarga, ini yang saya lakukan juga di rumah. Dimana anak saya pun merasakan senang sekali karena kedua orang tuanya ada di rumah seriap hari, walaupun ayahnya disibukan dengan pekerjaan kantor dan saya juga dengan pekerjaan yang dilakukan di rumah.

Kalau dipikir-pikir tantangan orang tua itu cukup lumayan ya. Karena tidak hanya perkara mendidik anak dengan baik, tuga orang tua juga harus mendampingi anak ikut pembelajaran jarak jauh. Semenjak pandemi pun peraturan keluarga kami juga mengalami perubahan, yang biasanya gawai itu boleh digunakan akhir pekan saja, tapi sekarang jadi lebih sering digunakan.

Dari awal pandemi pun saya sendiri sampai bikin jadwal kegiatan untuk anakku selama di rumah, termasuk dalam membeli beberapa buku bacaan waktu itu. Pokoknya sebisa mungkin menciptakan suasana yang aman dan nyaman di rumah. Termasuk menyediakan area untuk baca agar anakku semakin semangat.

5 Cara Yang Bisa dilakukan Orang tua Untuk Menumbuh Minat Baca
program baca danone indonesia

Karena keluarga merupakan kunci suksesnya tumbuh kembang anak, seperti juga menanamkan minat baca harus dimulai dari keluarga terutama ibu. Berikut beberapa tips untuk menumbuhkan minat membaca anak selama di rumah
  1. Sediakan bahan bacaan di rumah, sesuai dengan usianya. Bahan bacaan ini bisa berupa buku, komik, majalah anak-anak atau lain sebagainya yang memang relevan untuk anak-anak. 
  2. Luangkan waktu setiap hari, berikan contoh dengan membaca. Anak-anak akan mencontoh kebiasaan dalam lingkungan, termasuk saat melihat kegiatan orang tuanya. Kita pun harus membiasakan diri kita untuk membaca buku.
  3. Bacakan buku pada anak, salah satu tips ini juga bisa memperkuat bonding antara ibu dan anak. Jangan pernah bosan untuk menceritakan apa yang kita baca dari buku, dari sini si kecil pun akan merasakan minat baca.
  4. Tambahkan intensitas komunikasih, momen pandemi ini memang menjadi bonding keluarga yang luar biasa. Ajak si kecil berkomunikasi tentang apa yang dia baca dan memintanya untuk menceritakan kembali. 
  5. Biarkan anak memilih sendiri buku bacaannya, salah satu tips yang selalu saya gunakan ketika ingin membelikan buku bacaan pada anakku. Selalu melibatkan dia dalam memilih buku apa yang akan dibacanya. 

"Program Baca" Yang Merupakan Kerjasama Danone Indonesia dan Tentang Anak
program baca danone indonesia

Program Baca adalah sebuah program ajakan untuk mencintai kegiatan membaca dan belajar kebaikan kepada anak-anak melalui sumbangan buku bacaan. Dalam suasana ramadhan sebagar bulan penuh kebaikan, Danone Indonesia dan Tentang Anak juga akan memperluas manfaat melalui penggalangan donasi 5.000 buku serial "Sikap Baik" untuk anak-anak di Indonesia.

Buku serial ini didesain dengan ilustrasi sederhana untuk memudahkan orang tua mengenalkan sikap dasar yang harus dimiliki sejak dini sebagai makhluk sosial. Selain itu juga membuat daya tarik baca pada anak lebih meningkat. 

Orang tua dapat memanfaatkan momen ramadan di masa pandemi ini untuk mengajarkan kebaikan kepada anak agar dapat menyebarkan aksi kebaikan ke lingkungan sekitar. Selain itu untuk mendukung tubuh yang sehat, mereka juga perlu dibekali kemampuan berfikir dan keseimbangan emosi.2

program baca danone indonesia

Danone Indonesia juga ikut menyumbangkan buku "Sampahku Tanggung Jawabku" untuk mengajarkan anak-anak mencintai lingkungan dan modul yserta flipchart "Isi Piringku" yang juga disebarkan untuk memperkenalkan anak tentang pemenuhan kebutuhan nutrisi melalui menu gizi seimbang. 

Ayah dan Bunda juga bisa loh turut berpartisipasi dalam menyukseskan minat membaca pada anak-anak melalui www.wecare.id Yuk! Kita mulai kebaikan dari rumah terlebih dahulu.

55 komentar:

  1. Itu yaaa penulisnya temen temen di KOmunitas Penulis Bacaan Anak semua hahahah
    keren keren ya bukunya Chi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren sekali mak Tanti, tapi memang buku-bukunya ini bagus loh karena aku kemarin juga dapat bukunya.

      Hapus
  2. Kebiasaan yang saya rasa perlahan mulai menghilang nih apalagi di era serba internet kaya sekarang. Padahal dulu jadi kebiasaan yang sangat ditunggu untuk bisa membaca bareng orang tua sebelum tidur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mas, aku kemarin baru saja ikut kelas mendongeng dan rasanya tertampar sekali. Mengingat semenjak pandemi anakku lebih sering membaca di gadget.

      Hapus
  3. saya masih lho mba mengkoleksi dan membaca buku dalam bentuk aslinya, bukan e-book. Sebenernya memang ngga begitu ramah lingkungan tapi it's a different feel and urge saat pegang buku aslinya tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi itu lebih bagus sih mbak Indah, masih membudayakan membaca buku yang memang dari buku langsung buka e-book

      Hapus
  4. Jadi inget saat anak-anak kecil dulu, mereka minta dibacain buku. Kegiatan membaca ortu dan anak itu seru juga ya dan bisa menumbuhkan kecintaan anak terhadap buku.
    Semoga minat baca anak makin berkembang lewat program Baca Danone ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mbak, aku pun sampai sekarang setiap mau tidur masih rajin bacain dongeng dari buku biar anak-anak suka baca juga

      Hapus
  5. Penelitian tentang minta baca itu tahun 2016 ya .. mungkin masih sama dengan kondisi sekarang. Kalau ingin anak gemar membaca memang perlu ditumbuhkan minatnya oleh orang tua.

    BalasHapus
  6. waktu itu penasaran banget gimana cara bia beli buku2 yg ditampilkan dalam webinar danone. rasanya kok bagus dan akan buat anak semangat baca karena ilustrasi dan tulisannya menarik.

    karena jujur walau saya hobi baca, tapi anak2 sulit banget bacanya, apalagi sekarang makin kurang waktunya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya buku-bukunya bagus loh, ini jadi bisa sekalian ngajak anak untuk membaca

      Hapus
  7. aakk, setuju banget dengan konten artikel ini, Mak.
    Memang kita kezel dgn pandemi
    tapi selalu ada berkah terselubung ya
    salah satunyam bisa Memanfaatkan Pandemi Menjadi Momen Bonding Keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pandemi ini memang ngeselin tapi juga memiliki peran baik dalam kehidupan ya.

      Hapus
  8. Si kecil Bil sekarang sudah mulai bersahabat dengan buku, di usianya yang sudah 2,5 tahun buku dapat jadi media untuk belajar secara fun di Rumah, apalagi jika dilakukan bareng-bareng Kakaknya, makin heboh makin seruuu, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagus banget mbak Hani, seru emang kalau dibarengi dengan anggota keluarga di rumah terutama dengan kakaknya ya.

      Hapus
  9. yap betul. Literasi (membaca) kita yang rendah ini yang menambah parah Literasi Digital kita. Akibatnya, sering ngeshare hoaks, ngeklik klikbait sampe kena virus dan kena tipuan online. Berbahaya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banget, gak usah anak-anak ya mas. Wong yang gede aja masih suka malas baca brief dan kepsyen heheheee

      Hapus
  10. Minat baca anak-anak zaman sekarang tuh memang menyedihkan sih, ponakan-ponakan aku pun pada males baca, maunya mainan game atau nonton youtube aja. Memang harus dibiasakan sejak kecil untuk suka baca dan membatasi penggunaan gadget. Senangnya Danone membuat program baca, semoga minat baca anak-anak menjadi meningkat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus dipancing dulu emang, dan banyak cara sebenarnya tapikan kita tuh maunya ini dengan niatnya mereka sendiri ya.

      Hapus
  11. Ponakanku juga susah disuruh baca. Kalau ada pr malah nyuruh yang tua buat baca materinya hahaha emaknya sampe sebel. Selama pandemi ini memang jadi lebih banyak interaksi sama gadget. Padahal dulu ponakanku seneng banget ngajak aku baca mjalah Bobo dan ketawa seneng. Ya walaupun tetep aja aku yang lebih banyak baca, tapi masih mau lihat buku lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh, anak sekarang tuh karena sudah dimanjakan dengan gadgetnya sehingga bikin mereka malas baca buku.

      Hapus
  12. Tolong, Maaf, terima kasih.
    Bagus-bagus nih buku serial Sikap baik persembahan Danone ini.
    Iya emang kalau ingin anak gemar membaca itu, orang tua harus kasih contoh dan juga fasilitas bacaan di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini untuk mengajak si kecil yang sedang memulai membaca bagus banget loh karena banyak nilai-nilai yang bisa diterapkan.

      Hapus
  13. Kebiasaan membaca harus ditumbuhkan dari rumah. Harus sedini mungkin saat ia masih berpusat pada orangtuanya. Jika sudah masuk masa bermain keluar, waah.. harus jeli carikan teman yang suka membaca atau kenalkan dengan program baca seperti ini agar tetap semangat

    BalasHapus
  14. Iya nih. Semoga bisa nularin minat baca ke anak. Krn anak saya malah lebih tertarik mantengin gadget & membaca apa yg ada di gadget. Maksimal ya dia ada baca ebook paket sekolahan pas ngerjain tugas PJJ.

    BalasHapus
  15. Anakku selama pandemi ini semangat baca. Beli novel tebal tebal sampai lima sekali beli. sepekan baca udah selesai. Minta baru lagi. akhirnya harus diatur waktu selain baca juga tapi ada kegiatan lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan menurutku kebiasaan untuk membaca ini harus diajarkan sejak dini kepada anak mba :) . Sepakat deh

      Hapus
  16. Anak-anak zaman sekarang punya media hiburan yang sangat variatif. Kalau dulu mah pas zaman aku, yang ada cuma buku. Jadinya rajin banget baca. Nah generasi sekarang memang wajib banget diarahkan ya bun.

    BalasHapus
  17. Jaman now minat baca pada anak makin meningkat via gawai nih. Salut juga buat Danone dengan program baca ini.
    Semoga memberikan edukasi sama orang tua pentingnya membaca pada anak sedini mungkin

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah aku juga mulai membacakan buku ke si kecil sejak bayi mbak. Sampe sekarang kalo mau tidur kita baca buku sama-sama

    BalasHapus
  19. Anak2 biasanya suka baca buku2 yang ilustrasinya banyak dan berwarna-warni gtu ya mbak? Salah satu yg bisa menarik minat baca anak. Idem biaanya si anak milih sendiri saat memutuskan beli atau pas mau dibaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebiasaan membaca jangan sampai hilang. AKu pribadi jarang kasi anak gadget, seringnya baca buku fisiknya. Biasanya beliin yang ilustrasinya menarik, warna warni biar menarik dan kalau msh kecil banget bisa dibeliin buku yang interaktif, kyk ada permainan bisa dibuka, digeser dll

      Hapus
  20. waktu aku kecil, alm Bapak selalu bawain buku setiap kali bepergian. Sejak saat itu aku jadi suka banget baca buku.

    BalasHapus
  21. Aku tipe yang seneng baca dari kecil hehehe, katanya kalo kecil suka baca, sampe gede pun akan suka baca dan ini bener lho Mak! Sodara-sodaraku ngga begitu suka baca jadi mereka kesulitan pas kuliah dan kerja harus work based on literature, kalo aku udah biasa jadi lebih enakkkkssss!

    BalasHapus
  22. Di era digital, minat baca anak harus makin terasah ya mbak
    biar bisa memilih dan memilah informasi yg begitu mudah didapatkan di era digital
    program Danone ini sangat inspiratif, bisa membantu meningkatkan minat baca anak ya mbak

    BalasHapus
  23. Iya ya minat baca sekaranf itu mKin kurang. Banyak anak lebih suka main gadget ketimbang baca. Aku di rumah dibiasain baca, soalnya lingkungan gadget semua. Biar ga banyak mempengaruhi.

    BalasHapus
  24. Betul banget kak anak jaman sekarang lebih ke gadget ahahah. Pada jarang mbaca. Aku diumur segini malah lebih suka buku drpd baca di hp, suka pusing hahaha

    BalasHapus
  25. Minat baca anak tentunya harus ditingkatkan sejak dini apalagi saat ini supaya anak jadi lebih cerdas nanti di kemudian hari

    BalasHapus
  26. aku suka banget nih program baca ini. semoga bisa banyak menginspirasi orangtua untuk meningkatkan literasi membaca anak yaaa

    BalasHapus
  27. Programnya bagus sekali nih mba. Aku juga mencoba membiasakan anakku kenal buku sejak kecil. Mudah-mudahan ke depannya tetap tertarik membaca. Sedih lihat urutan ke 60 nya itu. :(

    BalasHapus
  28. waaa selamat danone
    sekarang anak lebih ke game soale daripada baca buku atau digtal saat bawa hape. sedih juga kadang kalau liat semoga program ini bikin anak jadi makin tambah literasinya ya

    BalasHapus
  29. Keren deh program Danone ini. Soalnya duh iya, gadget bikin anak lupa dan jauh dari gemar baca. Semoga deh, dengan program seperti ini, minat baca anak bisa naik ya. Dan semoga juga para orang tua bisa jadi teladannya. Banyak baca juga,

    BalasHapus
  30. Suka banget dengan programnya, sy merasakan sendiri manfaat dari suka membaca ketika kecil, dan kebiasaan itu akhirnya sangat berpengaruh ketika saya tumbuh dewasa

    BalasHapus
  31. Salut sama Danone yang memiliki banyak program edukasi. Bagus sekali Program Baca ini dan semoga semakin banyak kepala keluarga yang ambil bagian dan bergerak memajukan dunia literasi.

    BalasHapus
  32. Minat baca pada anak memang harus dimulai dan stimulasi sejak dini. Makanya aku selalu memberikan buku2 sejak dr bayi.

    Semoga semakin byk keluarga yg mengambil bagian dalam program baca ini ya mbak ��

    BalasHapus
  33. Sekarang jarang beli buku mba tapi membacanya download digital nih anak2 krn dah terpengaruh gadget sekarang berlangganan buku digital jadinya

    BalasHapus
  34. bagus ya programnya danone ini, mudah-mudahan bisa membantu meningkatkan minat baca anak,aamiin. keponakan saya kalau baca sekarang udah lihat dair aplikasi baca gitu

    BalasHapus
  35. Alhamdulillah ada program baca dari danone ya mba. Ini anak-anak di rumah juga pada baca buku. Mendongeng juga saya atau ayahnya rutinkan tiap mau tidur. Anak2 tiba2 aja udah bisa baca sendiri

    BalasHapus
  36. Aku termasuk yang suka membacakan cerita ke anak ka. Cuma challenge nya ke si kaka, mnat baca nya sudah mulai turun karena yotube. Lebih suka lihat video tutorial.

    BalasHapus
  37. Kebiasaan membaca memang perlu ditanamkan sejak anak-anak. Dari sinilah anak saat tumbuh dewasa akan selalu mencari bacaan/informasi sehingga ngga mudah termakan hoaks

    BalasHapus
  38. Kayaknya saya mengenalkan aktivitas membaca ke anak-anak sedini mungkin. Membaca buku bersama anak termasuk momen yang menyenangkan. Kalau udah pada gede begini, jadi suka kangen sama aktivitas membaca bareng

    BalasHapus
  39. Sejak pandemi, aku malah jadi rajin lho belibeli buku
    Baik buku untuk aku sendiri maupun buat anak
    Diusahakan selalu sempatkan membaca minimal 10 halamah setiap hari
    Kalau anakku, seperti biasa menjadi cerita pengantar tidur hehe

    BalasHapus
  40. Semakin banyak nih pilihan untuk menumbuh kembangkan minat baca anak. Apalagi zaman digital sekarang mudah mengakses di berbagai device

    BalasHapus
  41. Lingkungan dan ortu emang punga peranan banget mendukung banget ya buat numbuhin minat baca anak. Jadi inget aku yg doyan baca buku sejarah (wkkw beraat bacaannya), karena di rak rumahku isinya buku sejarah melulu. Ga sadar jadi ngaruh ��

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.