19 Mei 2021

Membiasakan si Kecil untuk Membaca Buku Bersama

let's read indonesia

Membiasakan membaca si kecil harus dimulai dari lingkungan rumah, ibu juga perlu menumbuhkan kebiasaan rajin membaca sejak dini pada anak-anak. Banyak berbagai macam manfaat membaca bagi anak-anak, seperti meningkatkan kemampuan bahasa anak, menciptakan anak yang kreatif, selain itu dapat meningkatkan emosional antara ibu dan anak. 

Pandemi memang merubah tatanan hidup semua masyarakat, termasuk dalam kebiasaan anak-anak yang terbiasa sekolah tatap muka harus melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jangan sampai karena terbiasa belajar secara daring menggunakan gawai, anak-anak jadi malas membaca dan lebih senang bermain. 

Meningkatkan minat membaca pada anak-anak di era digital itu sebenarnya susah-susah gampang, apalagi anak-anak kelahiran Gen Z yang lahir pada tahun 1995 - 2015. Termasuk anak saya sendiri yang lahir pada tahun 2013. Disini peran orang tua sangat penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Tapi jika hal ini sudah dilakukan sejak dini dan dibiasakan dalam keluarga tentu tidak akan terasa sulit. 



Karena belajar dari pengalaman teman-teman dan juga mencari informasi tentang parenting, jadi dulu tuh inget banget selalu membacakan mas Kelvin sebelum tidur saat dia masih bayi. Iya memang belum mengerti tapi membiasakan mendengar cerita dari suara ibunya adalah hal yang paling bagus. 

Sama seperti si kecil mulai bicara dia akan sering mendengarkan apa yang sering kita ucapkan. Selain ini memang bisa melatih dia bicara juga banyak manfaatnya membacakan nyaring untuk anak-anak. 

Manfaat Membaca Bagi si Kecil
manfaat membaca

Membaca buku mempunyai peran penting sejak anak masih di usia balita. Hal ini juga menjadi salah satu kebiasaan yang harus dibiasakan dan menjadi hobi positif untuk masa depan si kecil. Orang tua harus memulai membiasakan baca buku sejak si kecil berusia balita.

Menurut Kids Health, mengajarkan balita dengan membaca buku bersama, itu merupakan salah satu cara anak belajar bahasa. Walaupun memang membacakan buku untuk si kecil kadang ada saja tantangannya tapi manfaat yang didapatkan jauh lebih besar. 

Buku: Bekal Anak Bertumbuh bersama Let's Read Indonesia
let's read indonesia

Beberapa hari menjelang lebaran kemarin, aku mengikuti Blogger Gathering bersama Blogger Perempuan dan Let's Read Indonesia yang bertama "Buku: Bekal Anak Bertumbuh". Jadi ini pertama kali juga aku mengetahui tentang Let's Read Indonesia. 

Padahal Let's Read sudah ada di Indonesia sejak tahun 1955. Salah satu programnya pertamanya adalah Books For Asia (BFA). Sejak tahun 2017 mulai diperkenalkan Let's Read, perpustakaan digital cerita anak.

Let's Read ini merupakan cerita bergambar digital yang diperuntukan untuk anak PAUD dan SD kelas rendah. Menariknya adalah Let's Read ini bisa digunakan dengan berbagai macam bahasa. Memudahkan juga untuk kita para orang tua dan anak-anak untuk membacanya. 

Salah satu yang menarik dari webinar ini adalah bagaimana dan mengapa kita harus membacakan cerita dengan nyaring. Seperti yang dikatakan oleh ibu Rossie bahwa membaca buku untuk anak balita harus membacakan secara nyaring. 

Membacakan nyaring adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan orang tua dan guru dengan anak-anak. Membacakan nyaring membangun banyak keterampilan dasar yang penting, memperkenalkan kosakata, memberikan model membaca yang lancar dan ekspresif, dan membantu anak-anak mengenali apa itu membaca untuk kesenangan.

Dengan membacakan nyaring: 
1. Intonasi dan irama
  • Membuat bacaan mudah dipahami 
  • Meningkatkan konsentrasi (menyimak)
  • Menarik minat pada bacaan

2. Interaksi
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Nyaman
  • Motivasi belajar    

Setelah membaca nyaring minta juga anak-anak untuk melakukan beberapa hal:
  1. Minta anak-anak untuk mengajukan pertanyaan
  2. Ajukan pertanyaan seandainya anak-anak tidak bertanya
  3. Minta anak-anak menceritakan kembali degnan kata-katanya sendiri
  4. Letakkan buku atau materi bacaan ditempat yang mudah terjangkau anak-anak

let's read indonesia

Salah satu yang menarik bagi saya adalah adanya aplikasi baca Let's Read Indonesia yang ternyata banyak sekali cerita anak yang bisa dibacakan oleh orang tua dan si kecil. Selain bisa diakses melalui website juga bisa melalui Android.

Yang lebih menyenangkannya semua cerita yang ada di Let's Read Indonesia ini gratis, dan bisa juga di download. Jadi selain kita bisa membaca untuk anak-anak di rumah juga bisa membagikan kepada orang tua atau guru sekolah untuk mereka membacakan kepada anak-anak. 

Karena anakku sudah berusia 7 tahun, saya lebih sering memintanya untuk membacanya sendiri dengan pengawasan saya. Selain itu saya juga mengajarkannya bagaimana cara membaca nyaring agar dia lebih berani untuk menceritakan didepan orang lain. 

Jadi tuh ini Let's Read mempermudahkan kita para orang tua, guru dan anak-anak untuk membaca cerita dimana pun karena mudah diaksesnya. Sudah membacakan cerita apa hari ini untuk si kecil bun? 






61 komentar:

  1. di tengah gempuran gadget dan segala bentuk permainan online, membaca kerap jadi pilihan terakhir ya mbaa... yuk kita galangkan kembali semangat membacanyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak Indah, aku tuh berusaha banget biar anakku mengurangi aktivitas bermain gadget.

      Hapus
    2. iyaaa mba.. memang ngga selalu gampang tapi kita bisa usahakan mereka suka membaca yaaa

      Hapus
  2. Sejak anzm2 bunda kecil sekian piluh th yl,read aloud ini sfh bunda terapkan dan hadilnya menjadikan anak2 percaya diri. Believe it or not. Xama dl andalannya hanya dari buku Bobo yg menyajikan banyak cerita2 bagus dan menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda, ternyata dengan read a loud ini sangat banyak sekali manfaatnya ya. AKu pun baru menerapkan ke anakku nih, semoga si kecil semakin semangat baca bukunya.

      Hapus
  3. ah seneng banget karena aplikasi let's read menjadi jawaban dan membantu para orangtua terutama para ibu dalam menemukan buku bacaan yang tepat untuk anaknya, dan gratis pulak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah gitu banyak ceritanya juga dan tentunya ini gratisan. wakakakakaa...

      Hapus
  4. App Lets read ini inovatif banget deh, waktu sy buka banyak buku cerita yang tersedia dan gambarnya juga mendukung

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ini jadi senjata andalan sekarang ini untuk anakku membaca buku cerita walau secara digital.

      Hapus
  5. Coba Let's Read ini udah ada waktu anakku masih kecil. Ga bingung deh cari bacaan buat anak. Bagus-bagus bukunya, gratis lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kalau sekarang bisa disebarkan untuk ponakan-ponakan berarti

      Hapus
  6. senang banget ama aplikasi let's read ini mbak
    selain bisa diakses secara gratis, pilihan buku bukunya banyak

    bisa dibaca dlam berbagai bahasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yang aku suka tuh ada berbagai macam bahasa dan yang suka ku pakai itu bahasa Korea

      Hapus
  7. Read Aloud jadi salah satu kegiatan favorit di Rumah kami, tapi kadang tetap ada bosannya. Makanya seneng banget dengan adanya Let's Read jadi penyemangat baru, bikin aktivitas baca lebih seru dengan ragam bacaan yang variatif ya Mak

    BalasHapus
  8. membaca nyaring ternyata manfaatnya banyak ya, di antaranya anak bisa belajar kosa kata melalui pendengarannya.

    BalasHapus
  9. Teman-teman penulisku banyak yang menulis buku untuk Lets Read, baru tahu kalau ternyata lembaga ini sudah ada si Indonesia sejak 1955 ya.. Sudah lama juga..

    BalasHapus
  10. Sudah nyobain juga metode Read Aloud atau membacakan nyaring, dan perubahan yang paling kelihatan menurut saya adalah fokus atau tingkat konsentrasi. Membacakan nyaring bikin anak fokus dengan suara kita atau orang yang membacakan serta tidak mudah kedistrak hal-hal lain. Next mau nyoba lagi ah...

    BalasHapus
  11. Meski ana sudah bisa membaca sendiri, sungguh tidak membuat orangtua berhenti membacakan cerita yaa..
    Aku juga seneng banget sama apps Let's Read ini. Jadi bisa mambantu banget saat anak-anak sedang ingin baca buku yang imajinatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak zaman now kalau baca bisa dimana aja dan kapan aja yaa..
      Gak perlu rempong, hanya pembiasaan membaac ini yang kudu dibangun dalam sebuah keluarga. Dengan Let's Read, kita semua bisa dengan mudah mengakses buku yang sesuai dengan kesukaan anak.

      Hapus
    2. Gak nyangka banget kalau Let's Read di Indonesia sudah sejak tahun 1955.
      kalau dulu bentuknya apakah, kak Chie?

      Hapus
  12. aku nih peernya bikin anak yang gede mau cerita sendiri dengan nyaring. mereka tipe yg baca diem2 gitu. jd emang masih malu banget.
    kadang suka aku akalin dengan minta gantian bacain buku ke adeknya.

    nah kalo yg kecil kan lebih enak karena suka tanya ini itu :D bener sih manfaatnya banyak banget memang

    BalasHapus
  13. Anak saya, dua-duanya auditori. Sudah kelas 6 SD juga masih suka dibacain saat belajar (mengerjakan soal). Dan memang lebih nyentel sih ya kalau mendengarkan

    BalasHapus
  14. Salah satu momen kebersamaan dengan anak yang sering saya kangenin itu membaca. Sejak mereka bayi, kami rutin melakukan aktivitas ini. Terutama menjelang tidur. Memang asik banget. Kalau udah pada remaja gini, udah masing-masing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau install aplikasi ini, ah. Memang sih anak-anak udah pada gede. Tapi, punya beberapa keponakan yang masih kecil. Bisa say apakai untuk ajak mereka membaca

      Hapus
  15. Jadi berapa pun usianya membaca dongeng pakai metode baca nyaring ini memang dianjurkan ya.

    Bener juga sih, saya aja yang orang dewasa lebih suka denger orang bercerita pakai buku ketika pakai metode baca nyaring ketimbang flat. Apalagi anak-anak pasti demen dibacaain pakai read aloud

    BalasHapus
  16. Si sulung saya jadi ketagihan nih baca buku-buku di Let's Read. Entah itu dia baca sendiri, maupun saya bacakan dengan metode membaca nyaring. Alhamdulillah yaa..udah lupa youtube nih dia. Hihihi

    BalasHapus
  17. Manfaat membaca memang banyak ya, Mak. Dan membacakan nyaring, ternyata juga banyak sekali manfaatnya buat anak usia PAUD-SD kelas rendah. Anak-anakku juga suka sih dibacakan nyaring. Apalagi kalau gambar-gambarnya banyak dan menarik. Seperti di Let's Read :)

    BalasHapus
  18. Kebetulan anakku usianya masih 5 tahu, jadi masih seting aku bacain pake metode read aloud. Sesekali sebelum tidur aku bacain Lets Read lho.. Seru aja gitu

    BalasHapus
  19. Baca buku itu buatku hobi, dan udh kayak tuntutan mata :p. Makanya tiap hari aku pasti ada spare waktu 3 jam minjmal hanya utk membaca.

    Makanya aku slalu kepengin anakku juga punya hobi yg sama mba. Tiap bulan aku rutin beli buku baru buat mereka. Si Kaka yg udh 8 THN tiap HR aku ksh tugas membaca novel anak, dan hrs ceritain ke aku di akhir cerita. Targetku ga muluk2 , cukup sebulan 1 buku. Ntr kalo dia udh makin cepet bacanya, baru aku naikin target :). Kalo si adek, Krn blm bisa baca, tiap malam aku bacain buku anak2 yg aku beli. Kdg juga dr let's read. Baguuus memang isinya. Dan ceritanya juga ga berat buat mereka. Yg aku suka Krn ada banyak bahasa :)

    BalasHapus
  20. Read Aloud ini memang salah satu metode yang efektif untuk menstimulus imajinasi anak dan pastinya bisa membantu para orang tua untuk mengerti lebih jauh kemampuan berbicara melalui proses membaca ya Mak. Aplikasi Lets Read bisa saya rekomendasikan sebagai kado anak yang bermanfaat nih!

    BalasHapus
  21. Nah bener nih, yang bikin Lets Read menyenangkan dan pas di hati itu karena bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Jadi bisa deh baca sama anak-anak. Mereka pun lama-lama jadi terbiasa

    BalasHapus
  22. Seruuuu banget Let's Read ini ya mbaaa
    cerita bergambar digital yang diperuntukan untuk anak PAUD dan SD kelas rendah.

    Lebih Menarik lagi, lantaran Let's Read ini bisa digunakan dengan berbagai macam bahasa. Memudahkan juga untuk kita para orang tua dan anak-anak untuk membacanya.

    BalasHapus
  23. Lets read menjadi solusi buat anak2 dan orang tua jaman now, belajar membaca dan tinggal memilih buku yang sesuai di pustaka digital ini akan menambah kegiatan yang asik di rumah selama liburaan.

    BalasHapus
  24. Membaca adalah aktivitas yang tidak pernah gagal dalam memberikan manfaat baik. Memang penting membiasakannya pada orang-orang terdekat kita, terutama pada anak, sejak kecil. Let's Read jadi solusi untuk hal tersebut. Hadir sesuai zaman, di era serba digital, pastinya menyenangkan dan memudahkan :)

    BalasHapus
  25. Awal awal anakku bisa baca juga mereka tetap minta dibacakan nyaring. Awalnya saya agak males gitu, soalnya mereka udah bisa baca, masa masih minta dibacakan juga. Terus kata mereka, kalau baca sendiri, ekspresinya beda sama mama. Ya sudah akhirnya tetep baca nyaring

    BalasHapus
  26. aku akhirnya penasaran dan cek websitenya nih. menarik banget ya ternyata ada banyak pilihan buku yang bisa dibaca oleh ortu dan anak2

    BalasHapus
  27. menarik nih pilihan buku untuk dibacanya lumayan banyak juga nih, makin menyenangkan baca untuk anak dan ortu

    BalasHapus
  28. iya nih mbaa. banyak banget manfaatnya membaca dan mengenalkan buku pada anak sejak mereka kecil. anak2ku udah kenal buku sejak baby dan sekarang jadi suka banget sama buku bergambar meskipun belum bisa baca dianya

    BalasHapus
  29. Membiasakan diri read aloud untuk anak selain itu kitanya pun juga suka baca buku, tentunya anak terstimulasi u.mengikuti kebiasaan kita. Jadi meski dia baru kenal huruf atau baru bisa merangkai huruf menjadi kata trus kemana² suka bawa buku favoritnya...duh bikin gemes deh.

    BalasHapus
  30. Membaca pasti akan ada manfaatnya ... nah membiasakan membaca ini harus ada triknya ya.

    BalasHapus
  31. aplikasinya bermanfaat banget! walau jujur aku sendiri kalau baca buku / cerita, lebih suka bentuk fisik buku gitu, kayak lebih nyaman ajaa

    BalasHapus
  32. Aku sudah lama mbak download aplikasi ini, anak-anak ku pun suka sekali. Tapi aku pun ngerasa aplikasi ini bermanfaat sekali. Anak bungsu ku yang belum bisa baca pun suka, apalagi kan aku atau kakaknya suka baca dengan nyaring

    BalasHapus
  33. Sekarang membiasakan anak membaca mudah banget ya. Kalau dulu aku harus ke perpustakaan dulu buat baca2.
    Gadget ga selamanya membawa efek negatif. Kalau digunakan dengan bijak, kaya download dongeng dari Let's Read ini, kan jadi kasih manfaat juga ya ke anak.

    BalasHapus
  34. gemar membaca buku adalah kebiasaan baik yang pwrluy dikenalkan semenjak dini ya mbak
    dengan adanya aplikasi let's read ini, anak anak akan lebih gemar membaca buku
    sebab buku buku yang ada di let's read ilustrasinya menarik, ceritanya juga bagus bagus

    BalasHapus
  35. Lets read ini bener2 memudahkan ya mba. Paperless juga. Tapi tergantung orangnya juga sih ya

    BalasHapus
  36. Ternyata banyak manfaatnya Aku dulupun awal seeing banget bacain buku waktu masih baby.. sekarang yg cewe nih jadi maniak banget sama buku alhamdulillah

    BalasHapus
  37. Anak-anakku kebetulan sekarang lagi seneng baca buku bersama. Buku2 yang ada di rumah kebetulan udah habis dibaca semua. Kudu nyoba aplikasi Lets Read nih, biar tahu bacaan yang lain. Semoga anak-anakku suka.

    BalasHapus
  38. aku dah install lets read ini tapi ya belum eksplor terus uninstall tapi kayakya mau install lagi ternayat banyak ya fiturnya bisa kupake. Biar makin seneng baca anak-anakku

    BalasHapus
  39. Ke mana aja nih Aku. Baru tau ada Let's Read ini padahal udah lama. Bisa aku rekomendasiin nih sama ponakan biar buka aplikasinya. Pas kebetulan juga dia mau masuk SD tahun ini

    BalasHapus
  40. Aku beneran pengen coba aplikasi let's read nih sekalian mendorong minat baca anak aku juga hehehe... Thanks reviewnya

    BalasHapus
  41. Sama nih mbak. Kemarin pas blogger gathering itu pula saya pertama kali tahu yang namanya Let's Read. Ternyata bener-bener bagusnya, siapa sangka sekarang akses bahan bacaan berkualitas tuh bukanlah hal yang sulit

    BalasHapus
  42. Wah Let's Read udah ada sejak 1955? Ini lama banget yah. Kalau versi apps apa sejak 2017? Aku kenal Let's Read sekitar 2018, sejak itu belum pernah uninstall dari HP. Masih jadi apps favorite ketika bepergian dengan anak trus enggak bawa buku. Cerita-ceritanya menarik dan bisa pilih yang sesuai kemampuan baca anak.

    BalasHapus
  43. ada teman yang menggunakan aplikasi ini mba Chi, katanya emmang bagus karena banyak pilihan bacaannya, ajdi bisa menyesuiakan dengan kesukaan si kecil. semoga apliaksi ini membantu si kecil makin naik minat bacanya ya

    BalasHapus
  44. Solusi banget untuk anak - anak ya supaya menstimulasi imajinasinya. Wajib download nih aplikasi Lets read nya.

    BalasHapus
  45. Memang seluar biasa itu sih ya mom manfaat membaca untuk anak. Aku juga dulu sering baca sama kakakku. Sampai akhirnya suka koleksi buku-buku.

    BalasHapus
  46. Solusi banget nih buat aku yang kadang kalau diminta untuk cerita suka ngarang-ngarang sendiri aja jalan ceritanya. wkwkwk. Langsung deh install aplikasinya.

    BalasHapus
  47. Let's Read ini beneran membantu banget buat anak-anak yang lagi belajar membaca ya. Tapi enak sih sekarang teknologi udah canggih, perpustakaannya aja udah digital. Super praktis, bisa diakses kapan dan di mana aja.

    BalasHapus
  48. By the way, mitos bahwa ortu gak boleh baca nyaring saat anak sudah bisa baca tuh dulu pernah saya dengar mbak dari nenek saya, hehehe. Padahal anak-anak tuh senang sekali saat dibacakan nyaring apalagi sebelum tidur. Ketagihan deh mereka tiap hari minta dibacakan nyaring sebelum bobok

    BalasHapus
  49. Tantangan tersendiri untuk menanamkan budaya gemar membaca buku pada generasi digital, bagaimana membuat aktifitas membaca semenarik mungkin agar anak-anak bisa enjoy dan senang, sehingga dengan suka relaengurangi konsumsi bermain dengam gadhetnya

    BalasHapus
  50. Lets read ini banyak banget koleksi ceritanya ya maaaak.. aku aja suka baca bacainnya.. apalagi anak anak.. hehehe

    BalasHapus
  51. Sepakat banget mba. Anakku juga dapat banyak kosakata baru dari buku yang dibacanya. Apalagi lets read itu lengkap banget. Bisa bahasa daerah dan bahasa inggris juga tinggal diatur bahasa nya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.