06 Oktober 2021

Melatih Kecerdasan Emosional, Sosial dan Fisik dalam Format Digital

mindtera education wellness

Tak terasa ya kalau 2 bulan lagi kita akan memasuki tahun 2022, gimana nih buibu masih semangat dong ya walau kegiatan saat ini terbatas. Pandeminya juga sudah mau 2 tahun ya mak, semoga kita selalu diberikan sehat ya. Emosi juga masih terkontrol dong ya buibu... 

Pandemi pun membawa perubahan untuk kita semua, terutama untuk kaum ibu nih pasti jadi lebih sibuk lagi di rumah ya. Karena semenjak pandemi, anak-anak harus belajar secara online di rumah. Sudah pasti peran ibu juga sebagai guru saat ini. Sampai hari ini pun anak saya masih pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Tanpa disadari juga pandemi membawa pengaruh pada kesehatan mental. Dalam jangka pendek, pandemi bisa memicu rasa cemas, serangan panik, psikomatis, perubahan makan dan tidur, sulit konsentrasi juga stres. Ini pun sempat saya rasakan dipandemi awal, kecemasan yang mengakibatkan saya sakit. 

Selain itu bulan Juli 2021 kemarin saya pun menjadi salah satu penyintas covid di gelombang kedua covid. Benar-benar campur aduklah antara emosi dan rasa yang ada didalam hati pada saat itu. Sampai sekarang pun masih suka cemas apalagi kalau harus keluar rumah dan bertemu dengan orang-orang. 

Beberapa dampak yang bisa timbul karena stres: 
  • Perasaan takut, marah, sedih, khawatir, mati rasa atau frustasi
  • Perubahan nafsu makan, energi, keinginan dan minat
  • Kesulitan berkonsentrasi dan membuat keputusan
  • Sulit tidur atau mimpi buruk
  • Reaksi fisik seperti sakit kepala, nyeri tubuh, masalah perut dan ruam kulit
  • Masalah kesehatan kronis yang memburuk
  • Kondisi kesehatan mental yang memburuk 
  • Peningkatan penggunaan tembakau, alkohol dan zat aktif lainnya


kelola stres

Hampir setiap orang pernah mengalami stres, hanya persentase saja yang membedakan tingkatan stres setiap orang. Terbukti waktu diacara webinar bersama Mindtera ternyata tingkat stresku 11,48% masih dibatas aman dan masih bisa dikelola dengan baik.

Namun stres ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena dampaknya akan berbahaya seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dihindari biar tidak stres, mungkin kita merasakan diri ini baik-baik saja tapi siapa yang tau kalau ternyata stres? 

Lakukan beberapa hal berikut ini untuk menghindari stres:
  • Hindari memikirkan segala sesuatu berlebihan atau overthingking.
  • Menahan emosi, karena ternyata banyak juga semenjak pandemi jadi lebih mudah marah, perasaannya terlalu sensitif. 
  • Pola makan yang sehat dan banyak minum air putih
  • isitrahat yang cukup agar terhindar dari sakit kepala atau lelah berkepanjangan
  • Berbagi cerita kepada teman terdekat, suami atau istri, keluarga atau orangtua
  • Mencoba sesuatu hal yang baru, kadang agar kita tidak terjebak pada situasi yang nyaman atau bahkan bosan kita bisa melakukan hal baru
  • Membuat journal kegiatan setiap hari ini menjadi salah satu yang saya lakukan juga untuk terjebak stres
  • Lakukan me time untuk ibu bisa nonton drama terfavorit, baca buku, merawat tubuh atau sekedar tiduran melepas lelas juga sangat baik loh
  • Menulis di blog 
  • Mengikuti program di Mindtera
mindtera

Minggu lalu menjadi pengalamanku untuk mengenal Mindtera, makanya waktu ada ajakan untuk ikut webinarnya saya senang sekali. Karena memang selalu penasaran dengan sesuatu yang baru terutama berhubungan dengan teknologi ya. 

Kenapa penasaran? Karena ini merupakan aplikasi edutech pengembangan diri melalui multiple intelligence pertama di Indonesia. Selain itu memang temanya sangat menarik "Kelola Hidup Lebih Baik dengan Aplikasi Mindtera: Kelola Stress Dengan Berkesadaran" Jangan sampai kita stres dan tidak bisa mengelola secara baik. 

Mengenal Mindtera
mindtera

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, bahwa untuk menghindari stres bisa dengan melakukan beberapa kegiatan atau mencoba hal-hal baru. Belum lama ini saya mencoba hal baru nih, mengikuti program kelas dari Mindtera. Penasaran gak sih apa itu Mindtera? 

Mindtera adalah platform edukasi pengembangan diri untuk membantu masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan terbaik mereka melalui kurikulum pelatihan kecerdasan emosi, sosial, fisik yang terstruktur dan komprehensif.

Mindtera mengembangkan potensi dan kualitas hidup dengan kurikulum self-mind mastery yang terdiri dari 4 pilar pembelajaran. 
  1. Kecerdasan Emosi, kemampuan untuk mengenal, menerima, dan mengelola ragam emosi dalam dirimu.
  2. Kecerdasan Sosial, kemampuan untuk membangun hubungan sosial yang sehat dan berdaya.
  3. kecerdasan Fisik, kemampuan memahami koneksi antara tubuh dan pikiran kita.
  4. Pengembangan Diri, kemampuan untuk menyeimbangkan antara kehidupan profesional dengan personal.

Dengan mengikuti perkembangan teknologi, Mindtera ini bisa diakses lewat aplikasi jadi memang memudahkan kita juga. Mindtera merupakan aplikasi edutech pengembangan diri melalui intelligence pertama di Indonesia.

Bagi saya yang menarik tuh setiap malam sebelum tidur, saya selalu membuka aplikasi Mindtera dan langsung disambut dengan Modul produktif. Tinggal tap sesuai urutan dan mengikuti instruksinya, pastikan menggunakan earphone agar lebih nyaman dan konsentrasi. 

Latihan rehat dan hening ini hanya memakan waktu 4 menit saja, anggap saja aplikasi ini membantu kita untuk memerikan ruang rehat dan hening untuk hari kita. 

Tak hanya dengan modul produktif saja, kita juga bisa mengikuti program yang ada didalam aplikasi Mindtera. Ada 5 program yang dibagi sesuai dengan kategori seperti Kerja, Cinta, keluarga, Fitness dan Self Mastery. Semuanya ini tentu dipandu oleh fasilitator profesional. 

Setiap kelasnya pun tidak memakan waktu lama kok jadi memang ini bisa membantu kita juga untuk memberikan jeda setiap harinya. Setiap sesi hanya membutuhkan waktu 2 menit saja, tapi bisa memberikan manfaat untuk diri kita. 

Program yang disediakan oleh Mindtera bisa digunakan oleh semua kalangan, tidak hanya untuk perempuan saja, tapi juga untuk laki-laki pun bisa. Anak remaja pun bisa mengikuti programnya, karena yang namanya mengelola stres itu tidak mengenal usiakan? 

Program Yang Sangat Menarik
program keluarga mindtera

Yang saya suka dari Mindtera itu program yang dimiliki memang sangat relate sekali dengan kehidupan, jadi kita sendiri bisa menyesuaikan ya. Seperti program Keluarga yang belum lama ini saya ikuti. Kenapa saya memilih Program Keluarga karena pembahasannya yang ditawarkan sangat menarik sekali.
  1. Berkelana Bersama Duka
  2. Menghadapi Sibling Rivalry
  3. Menjadi Authentic Parents
  4. Perilaku Perundungan Pada Anak
  5. Cara Kekinian Mendisiplikan Anak

Dari kelima tema diatas yang saya pilih lebih dulu itu Menjadi Authentic Parents, ternyata didalamnya dibagi lagi menjadi 5 pembahasan: 
  • Sesi 1: Masa kecil Sebagai Akar Pola Asuh (5 menit)
  • Sesi 2: Contoh Pertama Sebuah Hubungan (5 menit)
  • Sesi 3: Mematangkan Legasi Pola Asuh (5 menit)
  • Sesi 4: Berkenalan Dengan Ego & Takut (5 menit)
  • Sesi 5: Menjadi Orangtua Versi Sejatiku (5 menit)

authentic parents


Ketika sudah memilih tema Authentic Parents, sebelum mulai ada beberapa langkah dulu nih yang dilakukan untuk kita agar lebih nyaman dan fokus untuk meyimak setiap sesinya. Setiap program di Mindtera ini tentu memiliki manfaat ya, seperti Authentic Parents ini manfaat yang bisa diambil:
  • Menjadi orangtua otentik yang selalu belajar JEDA untuk menggali sumber pola pikir dan perilaku saat mengasuh anak.
  • Menjadi individu yang dapat memetakan isi pikirannya dengan OBSERVASI.
  • Mengenal komposisi ego dan rasa takut dalam diri agar dapat TERSALURKAN dengan sehat.
  • Mulai untuk melakukan RANCANG ULANG pola asuh saat ini agar lebih baik dan tentunya lebih otentik.

Untuk teman-teman yang penasaran dan ingin mencoba program yang ada di MINDTERA ini bisa langsung download aplikasinya loh karena sudah tersedia di Appstore dan Playstore. Selamat mencoba dan jangan lupa beri JEDA setiap harinya. 

Link Download Appstore:

Link Download Playstore:


26 komentar:

  1. Penasaran sama program keluarga dari Mindtera ini. Swear deh aku ga tau hal2 kayak gini loh. Perasaan seumur hidup dan kehidupan berkeluarga, duluuuuu ga ada bahasan ilmu pengelolaan stres dengan berkesadaran seperti di zaman now. Semoga kita bisa menjadi Autehntic Parents yang baik ya aamiin.

    BalasHapus
  2. Yes, hampir setiap orang pernah mengalami stres, hanya persentase saja yang membedakan tingkatan stres setiap orang

    Daku pernah ada di level streeesssss banget, namun ada beberapa hal yang kulakukan - antara lain cari teman di luar rumah - dengan sosmed! Iya karena keluar rumah terlalu seering juga tidak nyaman untukku. Selain malah menghamburkan uang beli yang tidak perlu (ciri orang stres gitu soale) juga malah pulang liat rumah berantakan - stresku nambah!

    BalasHapus
  3. Menarik ya, Mbak, Mindtera ini bisa membantu masyarakat dalam menjalani kehidupan terbaik mereka melalui kurikulum pelatihan kecerdasan emosi, sosial, fisik yang terstruktur dan komprehensif.

    BalasHapus
  4. Waaaah menariiiik menariiik mbaaa. Aku langsung download aplikasinya . Apalagi setiap pembelajaran cuma sebentar, ga akan bikin bosan.

    Krn memang masa pandemi ini akupun lumayan tertekan awalnya. Sampe akhirnya milih resign aja dari kantor, dan fokus Ama anak di rumah. Drpd kuatir Mulu aku bawa virus dari kantor ke rumah. Trus rutin olahraga dan pola makan aku ubah, nasi ga nyentuh lagi, berubah jadi kentang kukus utk Karbo. Hasilnya aku ngerasa lebih happy dengan pola hidup yg lebih sehat. Walopun msh ngerasa stres sesekali mengingat ga bisa traveling Ampe skr 🤣.

    BalasHapus
  5. Sobat overthinking merapaattt, hahaha. Apa-apa suka dibawa daleeem banget mikirnya akutuh Mba. Capek :(. Pelan-pelan udah coba mengurangi dengan journaling, merelease apa-apa yang bikin berisik di kepala.

    Ini aplikasi Mindtera menarik banget ya, bisa membantu kita mengatasi stres. Programnya juga seperti yang dibilang Mak Chichie, so relatable.

    BalasHapus
  6. Bagus banget aplikasi seperti Mindtera in, Mbak. Pandemi telah merubah banyak aspek kehidupan kita. Yang namanya perubahan, wajar membawa stress tertentu. Tapi hidup kan harus berlanjut ya. Kita dituntut untuk memahami dan ikut berubah dalam perubahan itu. Aplikasi seperti Mindtera ini pasti sangat bermanfaat dan membantu

    BalasHapus
  7. Kebiasaan overthingking ini yang memang buat kita jadi lebih mudah stres. Aku harus lebih pandai mengelola pola pikirku, nih mba. Termasuk belajar memetakan isi pikiran dengan adanya observasi

    BalasHapus
  8. Beragam penyebab stress, beragam pula cara mengatasinya. Cepat sembuh atau gaknya tergantung seberapa kuat kita ingin mengurai stress itu. Jadi penting untuk tahu teknik melepaskannya.

    Kalau aku pribadi selama pandemi ada 2 musibah yang menimpa (tahun lalu suami sakit parah dan anak kecelakaan), lumayan berat, tapi alhamdulillah gak sampai bikin stress. Semua bisa dihadapi dan dilalui dengan kesabaran dan ketenangan paling terbaik versiku.

    Aplikasi Mindtera ini menarik, solusi buat bantu mengatasi stres dengan program yang sesuai dengan situasi saat ini.

    BalasHapus
  9. Wohoo materi authentic parents mengena banget. Sebelum jadi orang tua yg menjalankan berbagai teori Parenting dari luar memang perlu berdamai dengan masa lalu. Ah makin penasaran dengan Mindtera!

    BalasHapus
  10. Menarik ya Mindtera ini. Jadi penasaran gimana kita mengelola stres. Emang pandemi bikin kita mudah marah plus masalah lainnya. Udah nahan, tapi ya sering bocor. Mau lebih tenang biar gak stres

    BalasHapus
  11. Wah, keren nih Mindtera. Pas nih di masa kayak sekarang. Pandemi bikin stres mudah banget terpancing. Huhu, aku nih yang begini. Harus sering-sering ikutan program kayak gini. Bagusnya, Mindtera ini banyak programnya ya. Kepengen nyoba deh. Brb install dulu ah. Siapa tahu cocok buat aku.

    BalasHapus
  12. Wah, ternyata bisa download app Mindtera. Memang pandemi ini rentan membuat stress. Memang salah satunya adalah overthinking. Perlu ada keseimbangan emang biar engga stress. Penasaran juga sama Mindtera ini. Install dulu deh kayanya

    BalasHapus
  13. Tantangan pengasuhan makin berat nih, perlu ada kelas kelola stres dengan berkesadaran bersama Mindtera seperti ini. Lengkap tuh bahasan di Program Keluarga, pas buat panduan orang tua

    BalasHapus
  14. wah ini aplikasi yang sangat menarik ya mbak
    aku langsung download, soalnya juga lagi mw fokusin materi tentang ini

    BalasHapus
  15. Kemarin tertarik ikut webinarnya, terus nyoba program-programnya. Suka banget bagian self mastery. Program-programnya keren untuk pengembangan diri..

    BalasHapus
  16. Penasaran sama program keluarga dari Mindtera ini. aku kurang pandai untuk mengelola stress, tapi aku sangat butuh skill ini karena strees bisa mempengaruhi semuanya..bisa bikin hidup berantakan

    BalasHapus
  17. Pandemi atau gak pandemi kdng emang mendatangkan stress karena banyak faktor. Identik dengan kesulitan soalnya ya. Tp ya gmn lagi, yg namanya kesulitan dan stress tak bisa dihindari yg ada cuma dikelola gtu...
    Wah kyknya aplikasi kyk gini belakangan cukup marak ya, soalnya emang kdng ada org yang gak bisa cerita ke org lain, jd dengan aplikasi kyk gini bisa terbantu. Apalagi buat ibuk2 yg tak hanya ngurusin kerjaan, tapi juga urusan domestik dan anak. Jd pengen download jg TFS infonya

    BalasHapus
  18. Wah, kemarin aku gg bisa ikut zoomnya, materi padahal bagus banget ya Mak... Dan aku juga butuh banget nih, modul buat mengelola stress, akhir2 ini sering uring2an ggjelas

    BalasHapus
  19. Menarik banget mbak, mengikuti program mindtera. Saya juga langsung tertarika mau ikutan authentic parent, kayaknya menarik ini. Thanks link nya ya mbak, langsung install aja ah biar gak tambah penasaran hehe

    BalasHapus
  20. Tau aja kak Chie, aku paling hobi baca buku mengenai mengelola stres atau mengenali emosi dan beberapa buku psikologi. Alasannya, karena manusia itu unik dan mencoba memahami karakter orang lain agar aku bisa bersimpati dan berempati.

    Alhamdulillah,
    Dengan mengenal melalui aplikasi, semua info mengenai cara mengelola stres bisa diperoleh.

    BalasHapus
  21. Appsnya bermanfaat banget ini mindtera, tau sendiri kan sekarang kesehatan mental itu penting kalau seperti ini kita bis amengelola stress dengan baik jadi ga aneh2... Thanks infonya

    BalasHapus
  22. Jadi pengin nyobain yang Authentic Parent juga. Bagus ya pembahasan yang disampaikan. Lagian per sesi hanya 2 menit gini bisa banget kita manfaatkan sebaik-baiknya di antara berbagai kesibukan rutin kita di rumah.

    BalasHapus
  23. Nah sesi hening gini udah jarang aku dapat. Biasanya umpet-umpetan sama anak biar bisa me time sebentar. kadang malah kena distraksi main hp. Wehehe... Kayaknya aku perlu unduh aplikasinya. Asik ada panduan. Biar bebas juga dari overthinking.

    BalasHapus
  24. mau donlot aplikasinya ah. lumayan selain isi waktu luang jd jd kayak bs mewaraskan diri sendiri. apalagi kan saya di rumah mulu, bosen, gak jelas jg gitu jadinya. kudu ada yg bs bikin lebih waras dan ada bacaan buat bs jd ortu yg baik

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.