03 Februari 2022

Staycation di GAIA Cosmo Hotel Yogyakarta

staycation di gaia cosmo hotel yogyakarta

Hallo... wah sepertinya hampir dua bulan saya tidak update blog, ya memang selain kesibukan pribadi dan juga bulan Desember 2021 seperti mimpi bagi saya tapi nyata adanya. Baiklah karena sepertinya sampai sekarang pandeminya belum hengkang juga, jadi kali ini mau review hotel di Yogyakarta. Gaia Cosmo Hotel ini salah satu hotel yang saya masukkan dalam list juga sih.

Awal bulan Desember 2021 kami melakukan perjalanan ke Yogyakarta, kali ini perginya naik mobil. Untuk pertama kali bagi saya dan Kelvin bepergian jauh pakai mobil, karena biasanya kalau ke Yogyakarta itu kita pakai pesawat. Alasan pertama sih masih takut kalau liburan naik pesawat, jadi ayahnya memutuskan untuk nyetir saja karena sebulan sebelumnya dia juga ke Semarang dan Yogyakarta naik mobil sama teman-temannya.

Karena memang ke Yogya ini memang direncanakan satu bulan sebelumnya, melihat kurva pandeminya landai dulu baru berani pergi. Setelah akhirnya mantap memutuskan untuk keluar kota, langsung pesan hotel disalah OTA kesayangan kita. Ternyata gak semua hotel bisa refund, jadi kita cari yang bisa reschedule misal kalau ternyata gak jadi berangkat.

Kali ini kita berpaling sejenak dari daerah Prawirotaman, memilih Gaia Cosmo Hotel terletak di Jl. Ipda Tut Harsono. Ini salah satu hotel yang masuk dalam list kalau pas ke Yogyakarta. Karena kebiasaan kami kalau ke Yogyakarta itu nginepnya di daerah Prawirotaman atau ke Lokal Hotel. Langsung pesan untuk 5 hari 4 malam pada saat itu, karena selanjutnya kita pindah hotel ke daerah Prawirotaman. Mau ketawa gak sih, pada akhirnya balik lagi ke Prawirotaman. 

Kenapa Pilih Gaia Cosmo Hotel?
gaia cosmo hotel yogyakarta

Karena ini staycationnya pas masih pandemi, jadi kalau ngomongin protokol kesehatan sih pasti semua hotel punya standar protokol kesehatan masing-masing termasuk Gaia Cosmo Hotel ya. Tapi waktu kesana, kita hanya cek suhu saja seingatku gak ada ada harus check in di PeduliLindungi. Karena perginya juga pas weekday jadi gak terlalu ramai banget menurutku. 

Secara fasilitas menurutku oke banget karena yang terpenting ada kolam renang, entah nanti mau berenang atau enggak yang penting kalau nginep di hotel harus yang punya kolam renang. Selain itu memastikan selalu punya kamar yang ada balkonnya, mengingat ini kayaknya bakal lebih sering di hotel daripada keluar sih. 

Kamar yang kita tempati juga sudah dibersihkan dan diberi disinfektan ya, tapi karena aku tipe yang masih parnoan jadi selalu bawa juga semprotan khusus untuk kain kemana-mana. jadi kemarin aku semprot ulang lagi. Kamar juga bersih dan nyaman bangetlah, memastikan juga handuk-handuk hotel dalam keadaan bersih. Eh iya aku sekeluarga tuh tipe yang gak pernah bawa handuk kalau staycation, jadi kalau handuknya ada noda pasti minta ganti. 

Paling penting tuh mau kemana-mana masih deketlah dari Gaia, atau mungkin karena emang aku perginya gak jauh-jauh ya? heheheheee... Oh ya sayangnya disini tempat parkirnya kecil jadi kalau pas gak dapat parkir, kita selalu pakai vallet ya. Ngasih tip setiap kita keluar aja biasanya, tapi itu juga jarang keluar hotel.

review gaia cosmo hotel yogyakarta

review gaia cosmo hotel yogyakarta

review gaia cosmo hotel yogyakarta

review gaia cosmo hotel yogyakarta

Tempat sarapannya ada di lantai bawah, seberangan sama lobby dan ada coffee yang paling penting untukku. Kemarin juga pas disana nyobain kopi dan beberapa menu makanan di resto selain sarapan yang kita dapat ya. Eh iya kemarin kita sarapannya sudah di resto ya jadi gak diantar ke kamar, sayangnya kemarin tuh pas sarapan ternyata ramai. 

Untuk makanan di restonya lumayan banget bervariasi jadi enak kalau pas makan siang tinggal pesan ke resto saja nanti baru diantarkan ke kamar atau kemarin itu kita makan siang ke resto. Untuk harga makanan masih bersahabat menurutku gak yang terlalu over price gimana gitu. Ada beberapa menu mereka yang porsinya untuk berdua dan harganya sekitaran Rp 75.000 seingatku. 

Harus Ada Kolam Renang
gaia cosmo hotel yogyakarta

Karena bawa bocahkan ya, jadi cari hotel yang punya kolam renang perkara nanti tuh anak mau renang atau enggak itu belakangan. Waktu kemarin kesini, anakku berenang sama sepupunya dan yang barengan berenang bareng dia hanya ada 4 anak dengan 2 orang dewasa yang menemani didalam kolam ya. Jadi masih amanlah gak terlalu ramai yang gimana gitu. 

Tapi sebelumnya kita juga memastikan dulu apakah kolam renangnya dibuka atau ada pembatasan. Karena pengalaman staycation saat pandemi gini ada beberapa hotel yang masih menutup fasilitas kolam renang atau memberikan jadwal setiap tamu hanya boleh berenang maksimal 90 menit. 

Kamar Deluxe Balcony
deluxe balcony gaia cosmo hotel

Untuk kamar kita pilih yang ada balkonnya, karena biar bisa duduk-duduk diluarnya sambil ngopi atau sekedar bercerita sama ayahnya. Atau ayahnya kerja, karena kalau didalam kamar pas Kelvin lagi sekolah suaranya ikutan masuk walau berdua sama-sama pakai earphone ya. Tapikan kalau salah satu ngomong suaranya bocor. Termasuk aku yang selama disana juga sedang acara online dari sekolah Kelvin juga. 

Kamar yang kita pilih Deluxe Balcony berada dilantai 3, kamarnya sih gak gede tapi cukup banget untuk kita bertiga selama 4 hari ya. Yang penting kamarnya bersih dan nyaman itu bikin senang deh dikamar saja, karena anakku kemarin malas banget diajakin keluar. Waktu pesan lewat OTA kalau gak salah untuk 4 malam sekitaran 2.6 juta deh dan ini sudah termasuk dengan sarapan tapi gak bisa refund kalau ternyata gak jadi berangkat. 

gaia cosmo hotel yogyakarta

gaia cosmo hotel yogyakarta

gaia cosmo hotel yogyakarta


gaia cosmo hotel yogyakarta

Ini penampakan dalam kamar kita selama di Gaia Cosmo Hotel Yogyakarta, yang menurutku cakep simple dan bersih tentunya. Uniknya tuh si wastafel itu ada diluar dekat kamar mandi jadi terlihat dari tempat tidur. Oh ya, selama di hotel bisa minta dicuciin juga ya, kemarin itu persatuannya Rp 20.000 kebetulan kita cuci beberapa baju yang kita pakai keluar soalnya. 

Lupa banget deh kemarin mau moto setrikaan, sayang banget kemarin mereka tuh gak menyediakan mejanya hanya setrikanya saja. Tapi masih okelah setidaknya ada setrikaan karena hidupku hampa kalau gak ada setrikaan. 

Kita juga bisa request kamarnya mau dibersihkan atau tidak atau ada jam khusus bersihinnya saat kita lagi keluar misalnya. Kemarin kita selalu request jam 13.00 karena pas kita lagi keluar, aku selalu minta ganti sprei dan handuk setiap hari. Kopi yang mereka sediakan di kamar juga selalu direfil walau masih ada loh. 

amenities hotel

Amenities juga lumayan lengkap kok dan mereka juga selalu ganti, tapi kalau urusan shampoo, sabun, sikat gigi dan pasta gigi biasanya kita selalu bawa sendiri atau beli dulu pas mau ke hotel. Karena sujujurnya kalau sabun dan shampoo itu cocok-cocokan. Dibagian bawah wastafel ada keranjang baju untuk laundry juga, kalau mau minta dilaundry ya. 

gaia cosmo hotel yogyakarta

Untuk kamar mandi kita dapatnya yang shower, tenang untuk closetnya terpisah jadi urusan mandi gak bakal terganggu kalau si bocah tiba-tiba mau buang air kecil atau buang air besar. Selain itu kamar mandinya juga bersih dan airnya mengalir deras ya bun, ini penting banget kalau pakai shower bagian atas bisa ala-ala terapi punggung. 

gaia cosmo hotel yogyakarta

gaia cosmo hotel yogyakarta

Senangnya tuh ada meja panjang itu dalam kamar, tempat untuk mas Kelvin PJJ, ayah WFH dan bunda webinar. Tadinya gak ngeh kalau bakalan ada meja panjang itu pas pesan kamar, karena yang pesan kamar si ayahnya dan aku percayakan saja. 

Jadi selama beberapa hari disana dari pagi sampai ke jam 12.00 kami selalu dimeja panjang itu membuka laptopnya masing-masing. Seru juga ya ternyata ini staycation tapi dengan kesibukannya masing-masing. Akhirnya ngerasain juga ya staycation sambil pada sekolah dan kerja. 

Oh ya kopi yang dikasih kamar itu enak loh apalagi ini tinggal seduh saja karena sudah dalam berupa kantong gitu. Waktu pas kapan aku minta lagi karena yang aku suka sudah habis, eh dikasih beberapa sama mereka. 

Rencananya ingin ke Yogyakarta lagi tapi gak dalam waktu dekat ini sih, mengingat si virusnya lagi lincah ya bun. Emang deh kalau pas pulang ke Yogya itu bikin kangen ingin balik lagi, kalau aku memang senang dengan kehidupan disana ya. Coba dong sekalian rekomendasikan kalau ke Yogyakarta enaknya nginep dimana lagi ya?

32 komentar:

  1. wish list pengen nginep sini, hotel di jogya bagus-bagus dan harga juga sepadan dengan fasilitas yang didapat
    Yello hotel kalau ga salah, yang unik itu juga bagus mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin tuh ini lagi murah menurutku, karena pernah tahun 2020 sebelum pandemi mau kesini tapi sudah terlanjur pesan hotel di tempat lain.

      Hapus
  2. Pas ke Jogja trakhir, Gaia Cosmo ini udah sempet aku lihat2 mba. Galau malah mau stay di sana atau hotel lain. Walopun akhirnya milih Hyatt 5 malam dan artotel Jogja 1 malam.

    Ternyata memang nyaman yaaa Gaia .. ga sabar mau ke Jogja lagi ๐Ÿ˜„. Selalu suka sih Ama pilihan hotel2 disana yg terjangkau tapi bagus2 bangettttt. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘❤️

    Unik juga mba, kopi dkk tetep direfill walo masih penuh. Biasanya kan hrs kosong dulu baru mereka isi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu aku habis lihat mbak Fanny kepikiran nanti next ke JOgja mau ke Hyatt aja nginepnya tapi kemarin suamiku yang pesan jadilah kesini dulu deh. Nanti kalau bali lagi ke Jogja baru nginep ke Hyatt.

      Hapus
  3. wah suasananya nyaman ya dan kamarnya juga terang , bisa jadi rekomendasi nih buat nginep di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, siapa tau teman-teman pas memang ada rencana ke Yogyakarta jadi bisa jadi alternatif nih.

      Hapus
  4. Lucu banget itu wastafel ada di luar, unik dan cantik. AKu juga suka kalau shower dan closet terpisah, jadi penghuni kamar bisa menlakukan hajat masing-masing. kwkw
    Serius simple dan nyaman ini GAIA Cosmo Hotel Yogya, bisa nih kalau ke Yogya nginep sini..Hemat juga harga sekian bisa 4 malam sudah sarapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si wastafel itu memang jadi salah satu alasanku sih mbak, karena merasa kamarnya si Gaia ini unik banget. Eh pas kemarin kita nyobian sendiri memang bagus juga, selain itu fasilitasnya sesuai dengan apa yang kita inginkan.

      Hapus
  5. Walaupyun ini pertama kalunya perjalanan jauh pakai mobil tapi sekarang anek ya ada tol jadi gak terlalu melelahkan.
    Selama pandemi ini aku juga memilih weekeday kalau harus menginap supaya ga ramai.
    Gaia Cosmo Hotel enak juga ya kalau dilihat dari gambarnya, gak tampak menyeramkan hihihi aku kalau menginap suka lihat gambarnya dulu. Ditambah ada kolam renang pasti seru staycation di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, biasanya mah suamiku gak mau nyetir jauh tapi karena sebulan sebelumnya habis sepedahan sama temannya dan nyetir sendiri malah ketagihan dia. Pas nyobain berangkat kemarin itu juga gak nyangka sih bisa cepat banget.

      Hapus
  6. interiornya cakeeep lho! Suka dengan gambar borobudur bulat itu, unik aja partisinya.
    Trus jarang nih ada hotel dengan balkon, serasa di rumah sendiri. hihi ...

    BalasHapus
  7. Waah model interiornyaa asikk maak, kayak yats colony yogya mak.cobain deh pilih ya NA room atau CA room nyaman depan kamar langsung nyemplung kolam renang.

    Selain yats colony recomended juga eastparch yogya, rajaklana resort bantul ๐Ÿ‘Œ

    BalasHapus
  8. Wah betaah-able banget nih Hotel Gaia Cosmo, kamarnya nya,an benget deh pastinya males pulang nih hehe.

    Nanti kalo main2 ke Jogja jadi kepengen juga deh nginep di Gaia, penasaran pengen nyicipin kopinya nih ehehe

    BalasHapus
  9. mbaaa tempatnya lucuu banget dan aku suka dengan desain interiornya yang chic dan homey. Itu kolam renang menggoda bangeeet deh hehehe

    BalasHapus
  10. Tempatnya unik ya! Cuman rada 'kumaha" gitu liat yang bergelantungan bola bola apa itu di atas kursi... hihi

    rekomendasi di Yogya mah banyaaaak! Aku dulu di galeri Prawirotaman, lalu Pesona Yogya (jelas!) raintree (udah diubah jadi galeri sekarang) dan resort di daerah mana ya namanya Omkara resort (ini kayaknya bule bule deh yang seneng ke sini)

    BalasHapus
  11. Diiihh dirimu ke Yogya kenapa nggak lanjut ke Solo? kan cuma bentar jalannya. Tapi aku baru tau juga ni hotel. Unik banget itu wastafelnya ada di luar gitu. Tadinya kupikir ada kaca yang membatasi dengan kamar ternyata nggak ya

    BalasHapus
  12. Wastafelnya di luar kamar dan bertolak belakang ama cermin. Unik juga ya, apalagi bentuk cerminnya juga nggak biasa, bulat gitu.

    Enak kalau closet dan showernya terpisah gitu ya, jadi kalau ada yang kebelet nggak usah nungguin yang mandi selesai dulu

    BalasHapus
  13. Wah senangnya bisa staycation di Gaia hotel, bagus dan nyaman hotelnya yaa. Btw kalau saya, selalu bawa handuk ke hotel, karena aku itu, kuatir aja handuk bekas orang hihihi yahh minimal bawa handuk kecil.

    BalasHapus
  14. 4 malam 2,6 juta ga terlalu mahal juga ya mbak. Termasuk terjangkau dengan fasilitas sebagus itu. Yang penting ada kolam renang nya nih. Hehe

    BalasHapus
  15. Ngliat fotonya yang super aesthetic kok aku jadiiii.....pengen ikutaaan..
    Hihii..

    Secara kami kalau sampai hotel saat perjalanan, rasanya anak-anak uda nyerbu tempat tidur sambil cari-cari remote tipi buat nonton. Wes gak bisa difoto yang cancik lagih..

    Dan iyaya, menginap tuh kudu ikutan nyuci.
    hihi, soalnya pulang biar bebas beban cucian.

    Overall, oke banget menginap di Gaia Cosmo Hotel Yogyakarta yaa, kka Chie.

    BalasHapus
  16. Senang banget mba menginap di tempat yang nyaman seperti ini. Dan wajib menurutku juga untuk nyari kolam renang di hotel. Apalagi kolam renang aman nyaman buat anak. Kayaknya kalau ke sini, betah

    BalasHapus
  17. Waah ga bisa refund kalau ga jadi? Ini mah kudu wajib berangkat yaa.. Atuh rugi kalau batal. Tapi kalau lihat dr tempatnya bagus ya dengan harga 600an semalam. Perlu dicoba ah kalau ke Jogja

    BalasHapus
  18. Cakep amat Mak Chi hotelnya, baru tahu ada yang sekeren ini di Yogya, langsung masukkan wish list kalau situasi aman bawa bocah ke Jogja mau menginap di sini ada kolam renangnya...

    BalasHapus
  19. Untung jadi berangkat ya? Kalau gak mewek gak bisa refund wkwkwkKemarin2 sblm isu omicron emang waktu yang pas sih buat bepergian. Hotelnya kyknya nyaman ya bawa anak kecil pun enak krn ada kolam rennag jd anaknya seneng. Catet hotelnya kali kapan2 bisa ke Yogya dan nginep sana TFS.

    BalasHapus
  20. unik ya mba furniture nya, bikin banyak ide berdatanan juga kalo nginap di sana, btw pas di awal aku salfok merhatiin tanda jaraknya sama kayak yang di mekdi yak, hehehe

    BalasHapus
  21. Kulihat-lihat, saat pandemi gini kok tempat penginapan makin bagus ya. Apalagi jelas kudu patuh protokol kesehatan. Tempatnya asli bagus. Mantap kalau buat staycation

    Aku sendiri tipe santai. Gak terlalu ribet kalau gak ada setrikaan atau kolam renang

    BalasHapus
  22. masya Allah menarik sekali hotel di Yogya ini makin happy deh kalau udah nginap dengan keluarga, hati jadi makin bahagia nambah imun deh, apalagi kalau menu di hotel itu pas dilidah, bahagia sekali.

    BalasHapus
  23. Nyaman banget kamarnya. Saya suka kalau nginep di kamar yang gak banyak interior gede2 gitu, yang minimalis begini malah terasa lega. Yang gak kalah nyaman karena ada balcony-nya. Jadi gak boring ya, Mak. 2,6 untuk 4 hari ya wajar lah ya, karena ini kan kamar deluxe balcony. Cakep, bakal betah kalau nginep di sana.

    BalasHapus
  24. Pas lagi di Jogja nih...haha Prawirotaman emang masih pilihan paling asik deh..aku pun suka banget sama hotel di daerah Prawirotaman.. Meski hotelnya gak terlalu besar..fasilitas lengkap termasuk kolam renang..

    BalasHapus
  25. pernah ikut room tour di hotel ini pas ada acara seni di sini. Bagus sih, banyak ornamen-ornamen yang menggambarkan Jogja. Terus makanannya juga enak menurutku. Pernah dikasih voucher menginap semalam di sini, tapi sayang ga bisa berangkat karena pas sakit.

    BalasHapus
  26. kamarnya seru temputih, trus wastafelnya di depan gitu ya ga didalam kamar mandinya seru juga buat nyobain staycation ini

    BalasHapus
  27. Aaahhh Gaia Cosmo, aku suka sama pojok kopinya, pas sarapan dibikinin teh tarik dan kopi tarik yg enak banget.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.