29 Maret 2022

Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Ketersediaan Air

Pengaruh perubahan iklan terhadap ketersediaan air

"Sudah main airnya mas, sayang itu kebuang airnya"
"Mandinya jangan lama-lama ya!"

Ini biasanya pemberitahuan ke anak saya yang senang sekali bermain air, karena anak kecil itukan memang suka sekali main air. Tapi kalau tidak dibatasi atau dijaga airnya sayang jugakan bisa terbuang begitu saja. Padahal diluar sana banyak saudara kita yang masih membutuhkan air bersih loh! Apalagi sekarang ini perubahan iklim juga berdampak pada ketersediaan air, kok bisa? 

Tidak ada negara yang tidak mempunyai masalah tentang iklim. Hampir seluruh negara di belahan dunia ini memiliki masalah dalam perubahan iklim, begitu juga dengan Indonesia. Saat ini sudah banyak kerugiaan yang disebabkan oleh adanya perubahan iklim. Berbagai program pun sudah dicanangkan baik oleh pemerintah maupun komunitas sosial. 

Permasalahan iklim yang ada membuat beberapa dampak pada kehidupan manusia, salah satunya air. Masalah iklim yang ada membuat suhu bumi rata-rata semakin meningkat. Panasnya suhu yang semakin meningkat mengakibatkan sulitnya sumber air mengeluarkan air. Sumber-sumber air menjadi kering karena panasnya suhu yang ada. 

Apa Itu Perubahan Iklim?
Iklim adalah rata-rata cuaca dimana cuaca merupakan keadaan atmosfer pada suatu saat di waktu tertentu. Iklim didefinisikan sebagai ukuran rata-rata dan variabilitas kuantitas yang relevan dari variabel tertentu (seperti temperatur, curah hujan atau angin), pada periode waktu tertentu, yang merentang dari bulanan hingga tahunan atau jutaan tahun. Iklim berubah secara terus menerus karena interaksi antara komponen-komponennya dan faktor eksternal seperti erupsi vulkanik, variasi sinar matahari, dan faktor-faktor yang disebabkan oleh kegiatan manusia seperti perubahan penggunaan lahan dan penggunaa bahan bakar.

Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Kerangka Kerja Perubahan Iklim (United Nations Framework Convention on Climate Change/UNFCCC) mendefinisikan Perubahan iklim sebagai perubahan iklim yang disebabkan baik secara langsung atau tidak langsung oleh aktivitas manusia sehingga mengubah komposisi dari atmosfer global dan variabilitas iklim alami pada periode waktu yang dapat diperbandingkan. Komposisi atmosfer global yang dimaksud adalah komposisi material atmosfer bumi berupa Gas Rumah Kaca (GRK) yang diantaranya, terdiri dari Karbon Dioksida, Metana, Nitrogen dan sebagainya.

Cara Menjaga Kelestarian Air
Cara melestarikan air

Efek dari perubahan iklim yang semakin ekstrem dikhawatirkan dapat membahayakan kehidupan makhluk hidup. Terjadi peningkatan secara perlahan terhadap unsur-unsur iklim yang berupa suhu udara, curah hujan, tekanan udara. Perubahan iklim juga bisa mempengaruhi ketersediaan air bersih di bumi loh.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan mulai dari rumah. Kebutuhan akan air bersih tidak hanya untuk menjaga kesehatan diri, namun beberapa kegiatan sehari-hari seperti mencuci, memasak, membersihkan diri juga membutuhkan air. Lalu bagaimana jika persediaan air menipis sedangkan hampir seluruh kegiatan kita sehari-hari membutuhkan air.

Jumlah air yang terbatas dan semakin banyaknya manusia menyebabkan terjadinya krisis air bersih. Selain jumlahnya, kualitas air tawar yang ada pun semakin rusak. Perebutan penggunaan air bersih untuk berbagai penggunaan menyebabkan hilangnya akes yang layak terhadap air bersih bagi sebagian orang. Ini mengapa saya di rumah selalu bawel dalam urusan air. 

Banyaknya kebutuhan makhluk hidup terhadap air membuat manusia kadang menjadi berlebihan dalam menggunakannya. Padahal jika tidak dilestarikan dan dihemat saat memakainya, air lama kelamaan akan habis. Sumber air pun bisa kering jika terus menerus diambil secara berlebihan sementara alam lingkungan sekitarnya tidak dijaga dengan baik. 

Agar sumber air tetap dapat mengalirkan air bersih ke rumah dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, ada beberapa cara yang bisa sama-sama kita lakukan. 
  1. Gunakan air dengan hemat, air yang digunakan dengan boros dan tidak bertanggung jawab bisa menyebabkan kekeringan. Inilah kebiasaan pemborosan air yang sering dilakukan manusia seperti mandi terlalu lama, lupa mematikan air keran setelan mandi dan mencuci kendaraan.
  2. Buang sampah pada tempatnya, kebanyakan masyarakat masih belum sadar dengan dampak yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan. Membuang sampah di selokan depan rumah bisa menyebabkan air tercemar, penyumbatan aliran sungai beserta selokan dan lebih parahnya banjir.
  3. Kurangi penggunaan bahan kimia, penggunaan bahan kimia sehari0hari di rumah merupakan salah satu alasan mengapa air tercemar. Bahan kimia yang sudah larut dengan air bisa merusak ekosistem air.
  4. Buang bahan kimia dengan benar, selain berbahaya untuk kelestarian air, bahan kimia juga bisa merusak lapisan atmosfer. Membuang cat, oli atau bahan kimia lainnya secara sembarangan ke selokan dan sungai bisa membuat air sekitar tercemar.
  5. Pilih shower, merupakan pilihan yang bijaksana jika kamu ingin melestarikan air. Penggunaannya yang tidak boros air akan membuat penggunaan air tetap hemat. Masyarakat yang masih memiliki kebiasaan berendam ketika mandi ternyata menghamburkan air yang seharusnya bisa dihindari.
  6. Daur ulang bahan bekas, cara menjaga air ternyata bisa dilakukan dengan cara mendaur ulang barang-barang di rumah yang sudah tidak terpakai. Padahal barang bekas seperti botol air bisa didaur ulang menjadi mainan anak atau tas yang unik jika kamu kreatif.
  7. Cek saluran secara rutin, mengecek saluran dari kebocoran bisa membantu kelestarian air tetap terjaga. Kebocoran air tentu saja bisa menyebabkan pemborosan yang tentunya membuat sumber air bersih semakin berkurang. 

Komitmen DANONE - AQUA Melakukan Konservasi Berkelanjutan
perubahan iklim dan ketersediaan air

Dari data yang dikeluarkan oleh badan PBB yaitu World Meteorological Organization, sebagian besar negara di dunia belum siap untuk menghadapi krisis air, seperti banjir dan kekeringan yang diperkirakan akan memburuk seiring dengan adanya perubahan iklim.

Dari hasil survei ditemukan 25% dari semua kota sudah mengalami kekurangan air secara berkala. Selama dua dekade terakhir, pasokan gabungan dari sumber air permukaan, air tanah, dan air yang ditemukan di dalam tanah, salju dan es di planet ini telah menurun sampai 1 sentimeter pertahun. 

Pada tahun 2022 secara global peringati Hari Air Sedunia mengusung tema "Air Tanah: Membuat yang tidak terlihat, bisa dilihat" dengan menitik beratkan pada pemanfaatan dan pengelolaan air. Air, terutama air tanah adalah sumber daya yang paling umum digunakan untuk mendukung kebutuhan air minum, pertanian, sistem sanitasi dan kebutuhan industri.

Menurut data yang dirilis oleh FAO, sekitar 40 persen dari ketersedian air dari lapisan akuifer digunakan untuk keperluan irigasi, terutama di negara-negara yang kekurangan sumber daya air. Memompa air tanah untuk keperluan irigasi menjadi pilihan yang termurah sehingga mempercepat proses kelangkaan air tanah. 

Menjawab tantangan yang ada dan juga peluang yang merupakan tanggung jawab pelaku industri, Danone-AQUA yang memiliki program dan inisiatifnya dalam melakukan usaha-usaha pelestarian siklus air dan juga ketersediaan air. 

Selain itu upaya pengukuran kebershasilan dampak air positif juga telah dilakukan bersama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). BRIN melakukan validasi atas analisa dan kalkulasi dampak kepengurusan (Stewardship) aktivitas pengelolaan air yang dilakukan oleh Danone-AQUA dengan metode Volumetric Water Benefit Analysis (VWBA) di dua lokasi pabrik AQUA yaitu di Mekarsari dan Babakanpari di sumber air Kubang.

Seperti yang diungkapkan oleh Ibu Ratih Anggraeni, Head of Climate and Water Stewardship Danone Indonesia "Danone-AQUA berkontribusi dalam melindungi sumber daya air tanah secara menyeluruh dengan mengembalikan air ke dalam ekosistem, menggunakan air secara bertanggung jawa dan meningkatkan akses air bersih untuk masyarakat. Kami berkomitmen dalam menjaga sumber daya air untuk berelanjutan lingungan dan bisnis bersama masyarakat serta pemangku kepentingan. Kami menjaga kuantitas dan kualitas air di Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan menginisiasi penelitian hidrogeologi, program konservasi dan pembentukan forum pengguna air untu memastikan keterlibatan seluruh pemangku kepengtingan dalam mengelola DAS."

Nah, kalau teman-teman sudah melakukan apa nih untuk menjaga kelestarian air? #WorldWaterDay2022

27 Maret 2022

Menjaga Kesehatan Keluarga Selama Pandemi Covid-19

Menjaga Kesehatan Keluarga Saat Pandemi


Pengalaman itu memang selalu memberikan pembelajaran berharga, saat pertama terpapar Covid pada gelombang kedua tahun 2021 dan gelombang ketiga pada tahun ini. Ya, kami sekeluarga sudah menjadi S2 Sars-Cov. Padahal protokol kesehatan dan proteksi diri pun kami lakukan selama pandemi ini, seperti menjaga kesehatan mulut, hidung dan tenggorokan.

Di saat pandemi seperti sekarang ini menjaga kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Terutama untuk kita yang memang sudah menjalankan aktivitas secara normal belakangan ini. Selain menjaga protokol kesehatan ada beberapa hal yang harus dilakukan juga. Tak hanya untuk diri sendiri saja tetapi untuk anggota keluarga di rumah juga sangat perlu.

Sebenarnya pandemi juga memberikan kebiasaan baik juga untuk kita ya, secara tidak sadar kita selalu menjaga keshatan lebih ekstra selama pandemi. Terutama untuk selalu menjaga kesehatan mulut, tenggorokan dan hidung. Ini yang saya dan keluarga di rumah lakukan selama pandemi. Selain itu kamu selalu menyediakan rangkaian Betadine di rumah untuk perlindungan keluarga.

Berikut Ini 4 Cara Menjaga Kesehatan Rongga Hidung dan Mulut Menurut Anjuran WHO:
  1. Gunakan masker saat bepergian atau bertemu dengan orang lain yang tidak serumah. Ini merupakan cara terpenting untuk menjaga kesehatan rongga hidung dan mulut dengan selalu menggunakan masker jika harus bertemu dengan orang lain di ruang publik. Masker tak hanya mengurangi risiko penyebaran virus untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. Jangan lupa selalu menjaga garak saat bertemu dengan orang lain di ruang publik.
  2. Hindari memegang mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan. Virus Corona bisa bertahan selama beberapa jam di beberapa benda atau tangan orang lain yang kita pegang. Di saat seperti sekarang ini dimana virusnya tak terlihat , jangan lupa selalu mencuci tangan sebelum memegang mulut, rongga hidung dan mata.
  3. Melakukan proteksi ekstra untuk rongga hidung dan mulut. Salah satu yang saya dan keluarga lakukan adalah memberikan proteksi pada rongga hidung dan mulut sebagai langkah pencegahan. 
  4. Lakukan penanganan pertama pada pilek dan flu. Di saat seperti sekarang ini jangan sampai kondisi daya tahan tubuh menurun, karena virus akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Virus dapat masuk melalui rongga hidung dan mulut. Ketika virus, terutama rhinovirus menyerang dapat menyebabkan infeksi di dalam rongga hidung dan akhirnya kita bisa terinfeksi berbagai penyakit seperti pilek dan sakit tenggorokan. 

Jaga Kesehatan Rongga Mulut dan Hidung
Jaga kesehatan rongga mulut dan hidung

Menjaga kesehatan saat pandemi ini memang menjadi perioritas utama terutama mulut dan rongga hidung. Tapi ada cara yang bisa kita lalukan di rumah untuk memberikan ekstra perlindungan dengan menggunakan nasal spray dengan kandugan Carragelose dapat membantu melindungi rongga hidung dengan cara melapisi mukosa, lalu saat kuman datang akan dibungkus dan dihilangkan bersama dengan sekret hidung. 

Sedangkan untuk menjaga rongga mulut, tentunya selain rutin menyikat gigi, kita juga bisa lakukan berkumur dengan menggunakan mouthwash. Berkumur dan bergargel (kumu di tenggorokan) dengan mouthwash yang mengandung Providone-Iodine (PVPI) 1% efektif membunuh kuman di rongga mulut dan tenggorokan dalam waktu 30 detik. 

Biasanya saya melakukan gargel sebelum dan sesudah bepergian, apalagi kalau habis bertemua dengan orang lain diluar rumah. Ini menjadi salah satu proteksi yang saya dan keluarga lakukan juga selama pandemi. 

Karena belakangan ini sudah melakukan aktivitas diluar rumah jadi saya pun selalu menyemprotkan throat spray Povidone-iodine. Ini merupakan langkah pertama mengatasi sakit tenggorokan, karena virusnya ini sama seperti flu dan kadang tak bisa ku bedakan. Ini juga yang terjadi waktu bulan Februari 2022 kami sekeluarga terkena Omicron. 

Untuk di rumah saya biasanya selalu menyiapkan Betadine Mouthwash Gargle, Betadine Cold Defence Nasal Spray, Betadine Throat Spray dan Betadine Lozenges. Ini membantu sekali, apalagi untuk kita yang sudah melakukan aktivitas secara normal atau aktivitas luar ruang ya. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi https://betadine.co.id/ Jangan lupa selalu jaga kesehatan ya!

23 Maret 2022

Pentingnya Konsumsi Vitamin Saat Pandemi

Pentingnya konsumsi vitamin saat pandemi

Semenjak pandemi tentu banyak perubahan yang terjadi, termasuk melakukan pola hidup bersih dan sehat menjadi perioritas utama masyaratkat diseluruh dunia. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh dari paparan covid-19. 

Aktivitas di rumah pun semenjak pandemi berubah banget, karena semua harus dilakukan di rumah jadilah berasa banget sibuknya ya di rumah. Sibuk nyiapin makanan sehat dan cemilan untuk keluarga di rumah. Interaksi dengan orang lain pun jarang sekarang kecuali dengan orang antar paket dan makanan ke rumah. 

Perubahan gaya hidup pun saya lakukan bersama keluarga di rumah sebagai upaya preventif agar kondisi tetap sehat. Dari olah raga bersama, berjemur setiap pagi, mengonsumsi makanan sehat dan memenuhi kebutuhan asupan vitamin juga dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat dan prima.

Walau pada akhirnya tuh saya kecolongan juga di gelombang kedua dan ketiga pandemi Covid-19. Iya saya sekeluarga nih sudah jadi sarjana S2 Sars-Cov-19, kok bisa ketularan walau sudah menjalankan gaya hidup sehat dan protokol kesehatan? Ya bisa dong, namanya juga virus dan gak keliatan dia. 

Jadi karena sudah belajar dari pengalaman beberapa teman yang terpapar sebelumnya, dan juga informasi mengenai Covid-19 juga sudah banyak. Jadi waktu kami terpapar sekeluarga pertama kalinya sudah tau harus bagaimana, termasuk kelengkapan vitamin yang kami konsumsi.

Yang paling penting itu vitamin dan obat-obatan aman semua, kalau sudah sakit gini baru berasa bahwa pentingnya mengonsumsi vitamin. Rutinitas minum vitamin pun masih kami lakukan sampai hari ini, karena ini pun merupakan cara kami untuk daya tahan tubuh. 

Peran Penting Vitamin B Bagi Kesehatan
Peran penting vitamin B

Selain menjalankan protokol kesehatan, mengonsumsi makanan sehat dan minum vitamin menjadi keharusan bagi saya. Terutama nih untuk para perempuan, yang kalau kata dokter saya banyak perempuan yang kekurangan vitamin B. Padahal mengonsumsi vitamin B bisa mengurangi dampak terburuk Covid-19.

Vitamin B Kompleks merupakan stimulus yang mengubah makanan menjadi bahan bakar di dalam tubuh. Mengonsumsi Vitamin B Kompleks memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:
  1. Mengurangi stress dan meningkatkan suasana hati
  2. Mengurangi gejala kecemasan dan depresi
  3. Menunjang kesehatan otak
  4. Membantu mencegah kanker kulit
  5. Mempercepat penyembuhan luka dan sariawan
  6. Meringankan gejala PMS
  7. Mencegah migrain

Ternyata dengan rajin mengonsumsi Vitamin B Kompleks memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Jujur sih saya sendiri baru rajin minum vitamin secara lengkap semenjak pandemi. Terlebih pada saat kami sekeluarga terpapar, mengonsumsi vitamin adalah hal wajib dilakukan setiap harinya. 

Lalu bagaimana jika seseorang kekurangan vitamin B kompleks? Tentu saja ini harus menjadi perhatian bagi kita, karena akan ada risikonya. Adapun risikonya seperti anemia, kram otot, mudah lupa, kelelahan, sistem kekebalan menurun, kulit tampak pucat, sesak napas, pusing, rambut rontok dan ruam kulit. 

Ini mengapa kita juga harus mengonsumsi vitamin B komplek secara rutin agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Jangan lupa selalu menjalankan gaya hidup sehat ya. 
19 Maret 2022

Staycation di Hotel InterContinental Pondok Indah

staycation di intercontinental pondok indah

Hollaaaaa... Mumpung lagi semangat mau nulis, jadi kali ini mari kita review hotel InterContinental Pondok Indah ya. Ini staycation kita bulan Februari 2022, iya baru mau ditulis sekarang karena kemarin sempat sibuk (gayanya). Ini salah satu hotel yang memang dari saat buka sudah ku masukkan dalam list staycation tapi baru terlaksana kemarin itulah. 

Staycation kemarin ini sebenarnya karena sudah ngejanjiin mas Kelvin mau nginep ke hotel, selama pandemi ini adalah staycation kita ke 4 kali ya kalau gak salah. Kita masih staycation seputar di Jakarta dulu, belum merambah luar kota nih. Apalagi kalau ke InterContinental cuma 15 menit saja dari rumah. Hitung-hitunga sekalian healing kalau kata orang sekarang. 

InterContinental Pondok Indah Jakarta Selatan

InterContinental Pondok Indah

Kali ini staycationnya hanya 2 hari 1 malam saja, dari Sabtu ke Minggu. Enaknya kalau staycation disini tuh hotelnya jadi satu sama Mall Pondok Indah, jadi kalau mau makan bisa ke mall kalau mau sekalian jalan-jalan. Ini juga bisa jadi alternatif liburan keluarga loh, selain staycation terus kalau mau main ke mall tinggal ke Pondok Indah Mall. Jangan lupa selalu jaga protokol kesehatan ya bestie. 

Waktu kita pesan kamarnya lewat OTA jadi permalam dapat harga Rp 2.1 juta sudah termasuk sarapan. Jadi pas lihat harganya cukup mahal ya, tapi memang InterContinental ini hotel bintang lima yang oke banget. Walau kemarin sempat komplain sebenarnya pas mas Kelvin dan pak suami berenang, ini ceritanya nanti saja. 

yang bikin salfok itu waktu pas mau check-in karena ada patung dekat resepsionisnya. Anakku bertanya "bunda ini patung apa? mereka ngapain?" kira-kira ada yang tau aku jawab apa? Ku jawab dengan simple "bunda juga gak tau mas, kita tunggu ayah dulu sambil duduk sini saja yuk?". Ternyata ini patung tersebut pasangan suami istri yang diberi nama Kasmaran. 

Deluxe Room InterContinental Pondok Indah
Deluxe Room Intercontinental Pondok Indah

Deluxe Room Intercontinental Pondok Indah

Deluxe Room Intercontinental Pondok Indah

Kemarin urusan pesan kamar dikerjakan oleh pak suami karena dia yang menjanjikan Kelvin untuk nginep di hotel. Pilih kamarnya yang Deluxe Room dengan tempat tidur king size. View kamar kalau melihat kebawah ada kolam renang, lurus kedepan pemandangan kota. 

Sudah pasti kita selalu cari kamar hotel itu harus punya bathup jadi kalau malas renang biar anaknya berendam saja di bathup. Kita juga bawa bath bomb sendiri dari rumah, maklum ya di rumah gak punya bathup jadi kalau mau main bath bomb kudu ke hotel. 

Secara hotel bintang lima ya jadi jangan tanyakan fasilitasnya apa saja? Sudah tentu disini lengkap, dan tentunya family friendly ya. Didalam kamar pun semuanya lengkap kok, termasuk apa? setrikaan dan meja setrikanya, iya ini penting dan wajib menurutku ya.

Pojokan ada sofa panjang nih lumayan buat aku leyeh-leyeh sambil main games, hahahaaa... Selain itu ada meja kerjanya juga, pas banget emang bunda hari Sabtu sore ada webinar dari sekolah mas Kelvin. Koneksi internetnya pun aman, kenceng dan lancar. 

Deluxe Room Intercontinental Pondok Indah

Nah ini si kamar mandinya, kenapa lupa ya fotoin dalamnya secara detail. Ada sih sebenarnya pas kelvin lagi main di bathup bersama bath bombnya. Cuma nih kemarin kamar mandi ada minusnya nih, pas mandi pakai air hangat itu bagian kaca yang shower berembun dong terus tau-tau masih bekas tulisan gitu. Dengan kata lain kacanya gak dibersihkan nih. Tapi yang lainnya sih aman ya, termasuk dalam kamar ya. 

Aku soalnya selalu ngecek dulu semuanya pas begitu masuk, apalagi ini hotel bintang lima yakhan sekelas InterContinental gitu loh. Tapi gak apa-apa mungkin housekeepingnya terlewat pada saat itu. 

staycation di intercontinental pondok indah

Nah ini barang wajib yang harus ada di kamar tanpa harus aku telp ke housekeepingnya. Karena beberapa hotel biasanya hanya setrikanya saja tanpa mejanya atau malah gak ada sama sekali. Kenapa ini wajib? Karena aku gak suka bajunya lecek dikit, kan bajuku rata-rata itu tunik yang mana kalau masuk koper pasti agak kusut dikitkan. 

Sarapan
breakfast at intercontinental pondok indah

breakfast at intercontinental pondok indah

breakfast at intercontinental pondok indah

breakfast at intercontinental pondok indah

Lupa deh kemarin ini sarapannya kalau gak salah gak pakai jadwal jadi sesuai dengan ketersediaan meja saja. Menunya juga lumayan banyak dan tetap masih diambilkan ya karena sesuai dengan protokol kesehatan gak bisa ambil sendiri. 

Tapi kalau breakfastnya The Hariyanto's Family tuh standard banget sebenarnya, cereal, salad, roti-rotian, bubur ayam, hash brown, scramble egg, sosis dan biasanya soup gitulah. Kita jarang banget sarapan berat walau lagi di hotel. 

Menunya lumayan kok bervariasi dan bisa menyesuaikan juga untuk anak-anak. Waktu masuk sudah ditanya sama mau teh atau kopi? Tentu dengan cepat aku menjawab 1 hot latte no sugar, ice chocolate milk untuk Kelvin walaupun pas datang susu putih bukan cokelat. 

hot latte hotel intercontinental pondok indah

Emang harus ngopi dulu anaknya tiap pagi, tapi tenang biasanya aku sebelum ngopi sudah minum air putih dulu atau sarapan dulu kok. Walau kadang suka skip sarapan tapi langsung minum hot latte. Rasanya? Lumayanlah buatku yang penggemar kopi. 

Kolam Renang
kolam renang hotel intercontinental pondok indah

Kali ini aku gak turun ke kolam renang, karena kemarin pas lagi prepare untuk webinar. Ayahnya dan mas Kelvin berenang sore dan harus reservasi dulu karena dibatasi. maksimal hanya boleh 60 menit. Tapi hitungannya unik nih, bukan berarti kita datang 16.30 lalu selesainya di 17.30 ya tapi 16.00 - 17.00 atau 17.00 - 18.00 begitu seterusnya nih. 

Oke mereka renang di jam 17.00 - 18.00 sayangnya gak sampai selesai karena ternyata ramai dan ada pengunjung yang menurut ayahnya sudah melebihi jamnya tapi tidak mendapat teguran. Kita komplain dong dengan hal ini karena jujur itu ramai dan gak dikontrol pada sore itu ya. 

Lalu apakah aku akan nginep lagi ke InterContinental Pondok Indah? Oh tentu, karena secara keseluruhan oke hanya beberapa saja minus dan sudah kami laporkan juga untuk mereka perbaiki termasuk keramaian di kolam renang. 

14 Maret 2022

5 Cara Yang Dilakukan Danone Indonesia Untuk Dukung Perempuan Bekerja di Kantor

Dukung Perempuan di Kantor Sesuai dengan kebutuhannya

Keinginan setiap perempuan setelah lulus dari perguruan tinggi adalah langsung mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang mereka minati. Tapi tidak semua perempuan beruntung mendapatkan kesempatan bisa langsung bekerja karena adanya beberapa hambatan. Banyak juga perempuan yang akhirnya dituntut keluarga untuk mengutamakan urusan rumah tangga dan anak. Ini pun banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan perspektif gender sebagai tanda kantor dukung perempuan.

Dulu di tempat saya bekerja, divisi saya isi perempuan semua sebanyak 21 orang. Selain itu pemimpin perusahaan saya juga seorang perempuan, jadi memang tidak menutup kemungkinan perempuan bisa membawa perubahan pada perusahaan tersebut. Dengan memberikan dukungan sesuai dengan kebutuhannya pasti perusahaan juga akan berjalan dengan baik. 

Perusahaan juga harus tau bahwa kebutuhan perempuan yang masih lajang tidaklah sama dengan perempuan yang sudah berkeluarga. Perusahaan juga sudah harus memberikan dukungan menyesuaikan kebutuhan untuk perempuan lajang dan keluarga. 

Seperti yang dilakukan oleh Danone Indonesia sebagai perusahaan yang ramah keluarga, telah memberikan dukungan sesuai dengan kebutuhan perempuan. 

danone indonesia perusahaan ramah keluarga

1. Memenuhi Hak Dasar Perempuan
Sebagai pekerja perempuan kita harus tau dulu hak dasar perempuaan saat bekerja. Biasanya perempuan itu akan mendapatkan hak seperti cuti hamil dan melahirkan, cuti haid (walau ini belum semua kantor), menyediakan ruang khusus laktasi dan fasilitas antar jemput bila ada perjalan dinas atau lembur. 

Hal ini juga yang kadang luput dari perempuan saat ingin bekerja, jadi sebelum menerima pekerjaan jangan lupa tanyakan hak dasar terlebih dahulu. Walau sekarang ini sudah banyak kantor-kantor yang fleksibel dan menerapkan hal tersebut. 

2. Dukung Pekerja Perempuan Untuk Dapatkan Posisi Strategis
Banyak juga perusahaan yang menyulitkan perempuan untuk naik keposisi strategis karena adanya kesenjangan gender di tempat bekerja. Hambatan tidak terlihat yang dialami oleh perempuan atau kelompok minoritas menempati posisi atas.

Biasanya hambatan ini dimulai dari level individual, di mana perempuan harus bekerja ekstra dari laki-laki untuk memperlihatkan kemampuan yang dimilikinya. Banyak juga perusahaan yang kurang percaya pada perempuan jika menjadi pemimpin karena stereotip negatif yang dilekatkan kepada mereka (lebih emosional, kurang berdedikasi karena harus membagi waktu dengan urusan domestik, tidak sejago laki-laki dalam mengelola perusahaan dan sebagainya).

3. Jam Kerja Fleksibel
Sebelum pandemi, pekerja kantoran harus berjam-jam berada di jalan untuk menuju ke kantor. Ini juga mengingatkan saya jaman masih ngantor karena harus menempuh perjalanan setiap 1 jam 30 menit setiap harinya, Jadi total pulang pergi itu sekitar 3 jam, belum lagi kalau deadline sudah dipastikan lembur. 

Dari rutinitas yang harus bangun lebih awal dari semua di rumah, untuk mempersiapkan keperluan anak, suami dan pekerjaan domestik rumah tangga tentunya. Belum lagi kalau di sekolah mas Kelvin ada acara pagi sudah pasti harus izin dulu untuk datang siang. Ini juga yang akhirnya membuat saya memutuskan untuk resign pada waktu anak saya masih TK.

Banyak juga perusahaan yang belum menerapkan jam kerja fleksibel seperti yang dilakukan oleh Danone Indonesia. Ini sangat memudahkan pekerja perempuan menjalankan perannya, baik secara profesional maupun sebagai istri dan ibu. 

4. Dukungan bagi Pekerja Hamil dengan Cuti 6 Bulan
Tidak hanya memenuhi hak dasar seperti cuti hamil dan melahirkan saja, di Danone Indonesia memberikan kenyamanannya bagi keryawannya yang tengah hamil agar mereka lebih nyaman bekerja. Selain itu juga Danone Indonesia sudah memberikan dukungan dengan memberikan cuti 6 bulan agar sang ibu bisa memberikan ASI Eksklusif bagi sang buah hatinya.

Sementara untuk sang ayah akan diberikan jatah cuti selama 10 hari untuk menemani sang istri dimasa-masa setelah melahirkan. Dimana masa ini biasanya ibu melahirkan sangat membutuhkan dukungan orang tersekatnya, suaminya. 

5. Memiliki Layanan Khusus Untuk Para Ibu
Memiliki misi ingin membantu anak-anak untuk menjadi generasi yang lebih sehat, Danone Specialized Nutrition (Danone SN) melalui layanan customer service bernama Careline selalu hadir untuk memberikan pelayanan yang sesuai dan bermanfaat kepada para konsumennya. 

Careline Danone tidak hanya sekedar sebagai customer service, namun juga ingin mendampingi setiap perjalanan konsumen termasuk pada 1000 hari pertama kehidupannya. Pelayanan Careline hadir selama 24 jam, konsumen dapat menghubungi dari berbagai macam saluran seperti media sosial, telepon dan chat. 

Jadi gimana, apakah kantormu sekarang sudah ramah dengan keluarga? #WomenInternationalDay2022
05 Maret 2022

JNE PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN RAIH PENGHARGAAN TOP DIGITAL PR AWARD 2022

JNE Jasa Pengiriman Terbaik

"Pakeeettttt..."
Siapa yang kalau di rumah terus mendengar ada yang teriak paket langsung girang banget? Saya adalah salah satunya yang kalau ada paket di rumah itu senang sekali. Begitu ngintip dari balik jendela terlihat mas-mas dengan seragam khas berwarna abu-abu dan merah sedang memeriksa paket didepan rumah. Paket yang selalu datang ke rumah ini hampir menggunakan jasa pengiriman dari JNE. 

Sudah dua tahun belakangan ini saya jadi lebih sering belanja online, alasan utamanya ya karena masih pandemi dan belum berani sering berinteraksi keluar rumah. Terutama untuk seperti kebutuhan sekolah, properti foto (kebetulan saya tukang foto), pakaian, printilan rumah tangga dan beberapa jenis lainnya yang memang bisa dibeli secara online. 

Tidak hanya belanja online saja, saya pun suka mengirimkan hadiah kecil ke teman dan saudara yang diluar Jabodetabek. Makanya JNE masih menjadi perioritas saya dalam hal pengiriman barang ke beberapa kota di Indonesia. Selain memang tarif kirim paketnya masih ramah kantong, dan juga JNE ini memiliki beberapa produk dan layanan yang baik.

JNE sendiri melayani kiriman paket dan dokumen untuk waktu dan tujuan dalam negeri melalui lebih dari 1.550 titik layanan eksklusif dari penjemputan hingga pengantaran yang terbesar di seluruh Indonesia. Layanan ini memanfaatkan moda transportasi tercepat yang tersedia dan melayani beragam jenis layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

JNE Raih Penghargaan

Layanan JNE yang sering saya gunakan diantaranya: 
  1. YES (Yakin Esok Sampai), merupakan layanan degnan waktu penyampaian di tujuan keesokan hari (termasuk hari Minggu dan hari libur nasional). 
  2. REGULER, merupakan layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman 1-7 hari kerja, tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman. 

Sebenarnya JNE memiliki beberapa layanan unggulan tapi selama dua tahun belakangan kalau belanja online saya selalu memilih 2 layanan tersebut. Jika memang saya butuh cepat sekali barang yang saya beli, biasanya selalu pilih metode pengiriman YES tapi kalau santai gak mau buru-buru pakai yang refuler. Sebenarnya yang reguler sendiri ini juga tidak terlalu sampainya kadang 2 hari paling lambat kalau ke rumah saya. 

Makanya waktu tau kalau JNE mendapatkan penghargaan untuk kategori Jasa Pengiriman tuh ikutan senang. Karena memang dengan layanan yang dimiliki dan fitur-fitur yang diberikan membuat pengiriman paket dan dokumen jadi lebih terasa mudah, terutama saat pandemi ini. 

JNE Raih Penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2022
JNE raih award

JNE Raih Penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2022

Sebagai perusahaan ekspress dan logistik nasional, JNE telah berkontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian Bangsa dan Negara, salah satunya diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis yang dapat menjadi peluang bagi masyarakat. 

Terutama semenjak pandemi Covid-19 dimana kondisi perekonomian dan bisnis dunia mengalami penurunan. Tetapi JNE tetap mempertahankan kapabilitas dan kapasitasnya sebagau jasa pengiriman nasional. Pengembangan bisnis pun terus dilakukan oleh JNE dengan meningkatkan berbagai sektor penting agar JNE memiliki kualitas pelayanan terbaik, sehingga dapat selalu bermanfaat bagi seluruh stakeholder, pelanggan, maupun para mitra. 

JNE mendapatkan penghargaan Indonesia Top Digital Public Relation Award 2022 kategori Jasa Pengiriman. Ini merupakan ke-3 kalinya bagi JNE menerima penghargaan tersebut secara berturut-turut sejak tahun 2020. Walaupun acara penyerahan award kali ini secara virtual tapi terasa sekali bahwa kerja keras yang dilakukan oleh JNE berbuah manis. 

Penghargaan award tersebut diberikan oleh ibu Susilowati Ningsih, CEO Info Brand Group dan  diterima oleh bapak Kurnia Nugraha yang merupakan Head of Media Relations JNE. JNE meraih Top Digital PR Index dengan total skor sebesar 12,58% atau lebih besar dibandingkan perusahaan sejenis lainnya loh. Angka tersebut didapatkan setelah Tras n Co Indonesia dan Infobrand ID melakukan riset terhadap lebih dari 1.000 brand dari 140 kategori brand riset di Indonesia. Riset tersebut menggunakan 3 parameter penilaian digital yaitu: Digital Media Aspect, Social Engagement dan Digital Mention Aspect. 

Semoga dengan apa yang diterima oleh JNE bisa terus menjadikan semangat dalam melayani para konsumen di Indonesia untuk tetap memilih jasa pengiriman logistik di seluruh Indonesia.