27 Maret 2022

Menjaga Kesehatan Keluarga Selama Pandemi Covid-19

Menjaga Kesehatan Keluarga Saat Pandemi


Pengalaman itu memang selalu memberikan pembelajaran berharga, saat pertama terpapar Covid pada gelombang kedua tahun 2021 dan gelombang ketiga pada tahun ini. Ya, kami sekeluarga sudah menjadi S2 Sars-Cov. Padahal protokol kesehatan dan proteksi diri pun kami lakukan selama pandemi ini, seperti menjaga kesehatan mulut, hidung dan tenggorokan.

Di saat pandemi seperti sekarang ini menjaga kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Terutama untuk kita yang memang sudah menjalankan aktivitas secara normal belakangan ini. Selain menjaga protokol kesehatan ada beberapa hal yang harus dilakukan juga. Tak hanya untuk diri sendiri saja tetapi untuk anggota keluarga di rumah juga sangat perlu.

Sebenarnya pandemi juga memberikan kebiasaan baik juga untuk kita ya, secara tidak sadar kita selalu menjaga keshatan lebih ekstra selama pandemi. Terutama untuk selalu menjaga kesehatan mulut, tenggorokan dan hidung. Ini yang saya dan keluarga di rumah lakukan selama pandemi. Selain itu kamu selalu menyediakan rangkaian Betadine di rumah untuk perlindungan keluarga.

Berikut Ini 4 Cara Menjaga Kesehatan Rongga Hidung dan Mulut Menurut Anjuran WHO:
  1. Gunakan masker saat bepergian atau bertemu dengan orang lain yang tidak serumah. Ini merupakan cara terpenting untuk menjaga kesehatan rongga hidung dan mulut dengan selalu menggunakan masker jika harus bertemu dengan orang lain di ruang publik. Masker tak hanya mengurangi risiko penyebaran virus untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. Jangan lupa selalu menjaga garak saat bertemu dengan orang lain di ruang publik.
  2. Hindari memegang mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan. Virus Corona bisa bertahan selama beberapa jam di beberapa benda atau tangan orang lain yang kita pegang. Di saat seperti sekarang ini dimana virusnya tak terlihat , jangan lupa selalu mencuci tangan sebelum memegang mulut, rongga hidung dan mata.
  3. Melakukan proteksi ekstra untuk rongga hidung dan mulut. Salah satu yang saya dan keluarga lakukan adalah memberikan proteksi pada rongga hidung dan mulut sebagai langkah pencegahan. 
  4. Lakukan penanganan pertama pada pilek dan flu. Di saat seperti sekarang ini jangan sampai kondisi daya tahan tubuh menurun, karena virus akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Virus dapat masuk melalui rongga hidung dan mulut. Ketika virus, terutama rhinovirus menyerang dapat menyebabkan infeksi di dalam rongga hidung dan akhirnya kita bisa terinfeksi berbagai penyakit seperti pilek dan sakit tenggorokan. 

Jaga Kesehatan Rongga Mulut dan Hidung
Jaga kesehatan rongga mulut dan hidung

Menjaga kesehatan saat pandemi ini memang menjadi perioritas utama terutama mulut dan rongga hidung. Tapi ada cara yang bisa kita lalukan di rumah untuk memberikan ekstra perlindungan dengan menggunakan nasal spray dengan kandugan Carragelose dapat membantu melindungi rongga hidung dengan cara melapisi mukosa, lalu saat kuman datang akan dibungkus dan dihilangkan bersama dengan sekret hidung. 

Sedangkan untuk menjaga rongga mulut, tentunya selain rutin menyikat gigi, kita juga bisa lakukan berkumur dengan menggunakan mouthwash. Berkumur dan bergargel (kumu di tenggorokan) dengan mouthwash yang mengandung Providone-Iodine (PVPI) 1% efektif membunuh kuman di rongga mulut dan tenggorokan dalam waktu 30 detik. 

Biasanya saya melakukan gargel sebelum dan sesudah bepergian, apalagi kalau habis bertemua dengan orang lain diluar rumah. Ini menjadi salah satu proteksi yang saya dan keluarga lakukan juga selama pandemi. 

Karena belakangan ini sudah melakukan aktivitas diluar rumah jadi saya pun selalu menyemprotkan throat spray Povidone-iodine. Ini merupakan langkah pertama mengatasi sakit tenggorokan, karena virusnya ini sama seperti flu dan kadang tak bisa ku bedakan. Ini juga yang terjadi waktu bulan Februari 2022 kami sekeluarga terkena Omicron. 

Untuk di rumah saya biasanya selalu menyiapkan Betadine Mouthwash Gargle, Betadine Cold Defence Nasal Spray, Betadine Throat Spray dan Betadine Lozenges. Ini membantu sekali, apalagi untuk kita yang sudah melakukan aktivitas secara normal atau aktivitas luar ruang ya. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi https://betadine.co.id/ Jangan lupa selalu jaga kesehatan ya!

25 komentar:

  1. Saya udah sering nih beraktivitas di luar ruangan dan ketemu lagi dengan banyak orang. Kalau cuaca di luar lagi gak bagus, dan kondisi tubuh pas gak fit. Duh cepet banget tuh berasa gak enak di tenggorokan. Sepertinya udah mesti selalu siapkan rangkaian produk Betadine di atas nih

    BalasHapus
  2. Saya tipe yang panik kalau keluarga terutama anak udah kenapa-napa deh. Mau betadine, obat demam, sampai vitamin-vitamin gitu stock banyak banyak banget. Sampe penuh kadang ada perban kecil juga. Sampai akhirnya suami beliin Kotak P3K pas kita lagi jalan ke Toko ACE Hardware. Dia inget istrinya suka beli setokan obat tapi berantakan di rumah wkwkwk. Makasih buat pak suami.

    BalasHapus
  3. Aku sampai sekarang nggak bisa kumur di tenggorokan ( yang baru ku tahu namanya gargel setelah membaca tulisan ini), udah sering diajari sama pak suami, tapi tetap aja airnya tertelan.

    BalasHapus
  4. Sejak pandemi ini salah satu berkah terselubung adalah: kita jadi makin aware dgn bagaimana menjaga kesehatan saluran pernafasan, rongga mulut dll nya ya mba.
    alhamdulillah, betadine menghadirkan produk yg reliable banget utk kita semua.

    BalasHapus
  5. memang sejak pandemi kita jadi lebih memperhatikan kesehatan yah, jaga imun tubuh jangan sampai kena flu. Caranya selain rajin pake masker rajin gargel dengan Betadine yah, jadi penasaran pengen cobain juga deh

    BalasHapus
  6. Lengkap juga nih produk Betadine ya. Bisa menjadi partner kita baik selama pandemi atau setelah pandemi usai

    BalasHapus
  7. Saya baru tau setelah baca artikel ini kalau kumur-kumur ditenggorokan itu namanya gargel. Duh kudet banget yaa saya ini. Produk dari betadine ini sekarang jadi super lengkap yaa jadi harus nyetok rangkaian betadine untuk dirumah sih

    BalasHapus
  8. Setuju banget mom,selama pandemi kesehatan mulut itu harus dijaga.Dan aku sudah lama memakai produk dari Betadine ini seperti mouthwash yang ampuh membersihkan rongga mulut ya & fresh loh ketika kita bernafas

    BalasHapus
  9. Menjaga kesehatan rongga mulut dan hidung itu penting banget dan saat pandemi makin diwaspadai :) Dengan kehadiran produk2 Betadine seperti ini kita jadi makin semangat menjaganya agar selalu bersih. Kudu sering kumur2 misalnya, atau disemprot2 bagian dalam hidung. Praktis nih Betadine dibawa ke mana2.

    BalasHapus
  10. Lengkap sekali apa yang disediakan oleh Betadine untuk membantu kita menjaga kesehatan keluarga selama pandemi. Pandemi belum usai maka sebaiknya memiliki aneka produk ini di rumah kita.

    BalasHapus
  11. Aku waktu awal pandemk selalu sedia betadine mouthwash ini mba. Emang enakan sih n nafas jg jd segar. Hehe. Paling enggak kt mencegah virus masuk drpd mengobatinya kan

    BalasHapus
  12. Sekarang produknya Betadine semakin lengkap. Awalnyaa aku nggak ngeh kalau ada yang Nasal itu mba. Pas di masa pandemi jadi harus sediakan karena emang butuh dan penting

    BalasHapus
  13. saat sekeluarga demam panas tinggi sudha merasa sakit tenggorokan dan mulai deh menjaga diri dengan perbanyak minum vitamn C dan pastinya kalau udah tahu ada betadine khusus gini jadi mau stok deh

    BalasHapus
  14. Betadine memang oke, obat antiseptic andalan keluarga sejak dulu kala apalagi sekarang ada varian macam2. Memang pandemi membuat kita lebih menjaga kebersihan.

    BalasHapus
  15. Hindari memegang mata & hidung, kadang aku reflex nih makanya harus membiasakan diri hati-hati di luar rumah.
    Selama pandemi ini banyak orang makin aware dengan kebersihan ya termasuk kebersihat mulut. Ini Betadine punya produk throat spray ternyata ya untuk melindungi kuman yang datang

    BalasHapus
  16. Aku kadang masih reflek megang wajah kalo di luar rumah apalagi kalo lagi males ketemu orang tapi harus keluar rumah hahaha berasa seleb hahaha. Tapi kadang megang wajah ini memang reflek aja sih

    BalasHapus
  17. Aku masih tetap prokes, tapi ya kadang lupa dan suka pegang mata gitu. Terus karena gampang pilek, akhirnya memang lebih waspada pas muncul gejala. Btw, produk Betadine banyak dan lumayan lengkap ya

    BalasHapus
  18. Produk Betadine makin lengkap aja yaa, apalagi rangkaian Betadine Mouthwash Gargle, Betadine Cold Defence Nasal Spray, Betadine Throat Spray dan Betadine Lozenges.
    Ini buat bekel yang beraktivitas diluar, jadinya lebih aman dan nyaman.
    Sarehat buat semuanya ..

    BalasHapus
  19. Menjaga kesehatan saat pandemi seperti ini emang penting ya mbak
    Produk Betadine jadi sahabat kita dalam menjaga kesehatan keluarga

    BalasHapus
  20. Produk betadine sekarang banyak jenisnya. Bukan hanya obat luar saja, tapi kini sudah ada obat hidung dan rongga mulut.

    BalasHapus
  21. meski katanya mendekati endemi karena sudah banyak yang divaksin, tetap aja melindungi keluarga adalah nomor satu ya

    BalasHapus
  22. Yes...yes,
    Aku juga sedia throat spray Povidone-iodine ini di rumah. Karena anak-anak kini mulai PTMT kan yaa.. Jadi pulang yang kudu dilakukan setelah bebersih dan gargle menggunakan Betadine gargle, lalu menggunakan throat spray Povidone-iodine.

    Bismillah,
    Semoga senantiasa diberi kesehatan dan dijauhkan dari virus pandemi.

    BalasHapus
  23. Ya, penting banget untuk sedia beberapa varian Betadine untuk menjaga kesehatan mulut dan tengggorokan. Apalagi anak-anak udah mau PTM 100% lagi. Ditambah bulan Ramadan begini musti ekstra dengan perawatan mulut dan tenggorokan agar tidak mudah terserang bakteri kemudian radang dan lain sebagainya. Semoga dengan menjaga kesehatan secara ekstra kondisi tubuh oke jadi bisa lancar puasa sampai Hari raya tiba, Amiin.

    BalasHapus
  24. Sebentar lagi udah masuk bulan puasa, jadi kudu bener-bener jaga kondisi biar stamina selalu fit.
    Selama ramadhan jadi lebih sering kumur biar saluran nafas lebih lega.
    Semoga puasa kita semua dilancarkan ya mbaa Chi

    BalasHapus
  25. Yup, penting banget nih menjaga kesehatan di masa-masa seperti ini. Varian Betadine untuk perlindungan mulut, hidung dan tenggorokan wajib ada di rak obat keluarga nih.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.