23 Maret 2022

Pentingnya Konsumsi Vitamin Saat Pandemi

Pentingnya konsumsi vitamin saat pandemi

Semenjak pandemi tentu banyak perubahan yang terjadi, termasuk melakukan pola hidup bersih dan sehat menjadi perioritas utama masyaratkat diseluruh dunia. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh dari paparan covid-19. 

Aktivitas di rumah pun semenjak pandemi berubah banget, karena semua harus dilakukan di rumah jadilah berasa banget sibuknya ya di rumah. Sibuk nyiapin makanan sehat dan cemilan untuk keluarga di rumah. Interaksi dengan orang lain pun jarang sekarang kecuali dengan orang antar paket dan makanan ke rumah. 

Perubahan gaya hidup pun saya lakukan bersama keluarga di rumah sebagai upaya preventif agar kondisi tetap sehat. Dari olah raga bersama, berjemur setiap pagi, mengonsumsi makanan sehat dan memenuhi kebutuhan asupan vitamin juga dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat dan prima.

Walau pada akhirnya tuh saya kecolongan juga di gelombang kedua dan ketiga pandemi Covid-19. Iya saya sekeluarga nih sudah jadi sarjana S2 Sars-Cov-19, kok bisa ketularan walau sudah menjalankan gaya hidup sehat dan protokol kesehatan? Ya bisa dong, namanya juga virus dan gak keliatan dia. 

Jadi karena sudah belajar dari pengalaman beberapa teman yang terpapar sebelumnya, dan juga informasi mengenai Covid-19 juga sudah banyak. Jadi waktu kami terpapar sekeluarga pertama kalinya sudah tau harus bagaimana, termasuk kelengkapan vitamin yang kami konsumsi.

Yang paling penting itu vitamin dan obat-obatan aman semua, kalau sudah sakit gini baru berasa bahwa pentingnya mengonsumsi vitamin. Rutinitas minum vitamin pun masih kami lakukan sampai hari ini, karena ini pun merupakan cara kami untuk daya tahan tubuh. 

Peran Penting Vitamin B Bagi Kesehatan
Peran penting vitamin B

Selain menjalankan protokol kesehatan, mengonsumsi makanan sehat dan minum vitamin menjadi keharusan bagi saya. Terutama nih untuk para perempuan, yang kalau kata dokter saya banyak perempuan yang kekurangan vitamin B. Padahal mengonsumsi vitamin B bisa mengurangi dampak terburuk Covid-19.

Vitamin B Kompleks merupakan stimulus yang mengubah makanan menjadi bahan bakar di dalam tubuh. Mengonsumsi Vitamin B Kompleks memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:
  1. Mengurangi stress dan meningkatkan suasana hati
  2. Mengurangi gejala kecemasan dan depresi
  3. Menunjang kesehatan otak
  4. Membantu mencegah kanker kulit
  5. Mempercepat penyembuhan luka dan sariawan
  6. Meringankan gejala PMS
  7. Mencegah migrain

Ternyata dengan rajin mengonsumsi Vitamin B Kompleks memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Jujur sih saya sendiri baru rajin minum vitamin secara lengkap semenjak pandemi. Terlebih pada saat kami sekeluarga terpapar, mengonsumsi vitamin adalah hal wajib dilakukan setiap harinya. 

Lalu bagaimana jika seseorang kekurangan vitamin B kompleks? Tentu saja ini harus menjadi perhatian bagi kita, karena akan ada risikonya. Adapun risikonya seperti anemia, kram otot, mudah lupa, kelelahan, sistem kekebalan menurun, kulit tampak pucat, sesak napas, pusing, rambut rontok dan ruam kulit. 

Ini mengapa kita juga harus mengonsumsi vitamin B komplek secara rutin agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Jangan lupa selalu menjalankan gaya hidup sehat ya. 

22 komentar:

  1. Perang melawan virus tak kasat mata ini memang sesuatuuu banget ya Mba
    Semoga kita tetap sehat dan survive
    Siap berkiprah utk menjalani hidup dgn lebih baik lagi yeayyy!

    BalasHapus
  2. Semoga keluarga kakci selalu diberikan sehat ya kak, alumni Cov ini badan kerasa terus masih kurang fit aja, padahal aku kena nya di angkatan pertama tapi kayak beda aja gitu ke badan. Nah untuk vitamin B Complex ini juga wajib ada ya d rumah, apalagi buat fungsi otak

    BalasHapus
  3. Urusan menjaga kesehatan memang mesti dari diri sendiri dan bisa menerapkannya seahri2 secara rutin ya mak. Seperti mengonsumsi Vitamin B Koompleks misalnya. Manfaatnya tentu banyak sekali terutama kini menghalau berbagai virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita.

    BalasHapus
  4. vitamin B Kompleks penting banget untuk dikonsumsi setiap hari, apalagi di kondisi seperti sekarang ini, supaya daya tahan tubuh tetap sehat dan tahan banting

    BalasHapus
  5. Di era pandemi ini kita memang harus menjaga kondisi tubuh kita yaa salah satunya dengan mengonsumsi vitamin B kompleks ini supaya daya tahan tubuh tetap terjaga dan tetap sehat sehingga tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

    BalasHapus
  6. Penting banget tuh mengonsumsi vitamin B kompleks, terutama di masa pandemi...aku pas awal pandemi sempat rajin.. Sekarang mulai suka lupa. Hahhaa. Jangan ditiru. Sehat-sehat terus ya mak chie

    BalasHapus
  7. Udah menjaga pola hidup sehat saja ternyata si virus masih bisa nyelonong menyerang ya mbak, apalagi kalau hidup serampangan, nggak cuma si covid, virus dan bakteri lain pun bakal berbondong-bondong datang.

    Konsumsi vitamin jadi emang perlu, supaya daya tahan tubuh kita selalu dalam kondisi prima untuk melawan serangan virus

    BalasHapus
  8. Aku juga selama pandemi ini jadi lebih aware pentingnya vitamin.Puji Tuhan disaat anggota keluarga sempat tepar karena Covid aku masih sehat dengan imun yang baik.Oh baru tahu nih kalau vitamin B Kompleks itu bisa membantu mengatasi migren dan meringankan gejala PMS.Aku ngalamin dan memang tidak nyaman ya

    BalasHapus
  9. Meski pandemi sepertinya berubah jadi endemik, tapi kita harus tetap waspada ya. Jaga prokes dan tetap konsumsi vitamin pastinya

    BalasHapus
  10. Duh, rambut saya rontok terus nih, padahal udah coba berbagai macam sampo... Jangan-jangan kekurangan vitamin b kompleks kali ya...

    BalasHapus
  11. Virus oh virus menggegerkan seluruh dunia, ekonomi lumpuh dampak covid 19 ini memang luar biasa ya maak.

    Alhamdulillah ya mak sekarang sudah sehat semoga sehat selalu ya, stok vitamin dirumah memang wajib­čĹî­čĆ╗

    BalasHapus
  12. Pandemi mengharuskan kita lebih meningkatkan daya tahan tubuh ya mbak
    Makanya penting juga minum vitamin

    BalasHapus
  13. Jadi ingat bahwa konsumsi vitamin ini sungguh perlu diperhatikan.
    Aku kemarin sempat sakit, kak Chie...dan boosternya selain bahagia, jauh dari gadget, hehehe...juga konsumsi Vitamin B Kompleks.

    Hingga kini, mulai dibiasakan minum vitamin karena kebutuhan vitamin dari asupan makanan saja, tidak cukup.

    BalasHapus
  14. wah ternyata kekurangan vitamin B Komplek berbahaya juga ya untuk kesehatan kita. memang perlu banget ya mengkonsumsi vitamin di masa pandemi ini. dan salah satu vitamin yang baunya gak enak itu ya vitamin B komplek. Sekarang mah harus dipaksakeun ya mbak, harus minum vitamin agar sehat.

    BalasHapus
  15. Aku selama pandemi ini juga jadi rajin minum vitamin, makan buah-buahan dan sayur Mak. Mulai nerapin hidup sehat sama keluarga. Apalagi adekku sempat positif di gelombang pertama.

    BalasHapus
  16. Memang sejak pandemi melanda dunia vitamin jadi laris manis banget ya, mbak. Harganya bahkan sampai melonjak dan langka pas zaman delta kemarin.

    BalasHapus
  17. Nerapin gaya hidup sehat itu memang gampang gampang susah ya mbak. Harus dipaksakan terutama konsumsi vitamin. Biar gak gampang sakit

    BalasHapus
  18. Iya Kak, waktu kena Omicron, aku juga minum vitamin B, mestinya di saat sehat pun juga rutin minum ya biar kesehatan lebih terjaga..

    BalasHapus
  19. Ternyata kekurangan vitamin B komplek bahaya buat tubuh. Aku termasuk yang sering pelupa, rambut rontok dan kran otot. Apa jangan-jangan aku kekurangan vitamin B nih. Terima kasih infonya ya Mbak

    BalasHapus
  20. Saat pandemi kyk gini emang butuh booster imin biar imun kuat dan bisa melawan virus dan bakteri

    BalasHapus
  21. selama ini baru konsumsi vit C saja,ternyata vitamin B complex juga perlu bangett ya Mba..thankyouuu..

    BalasHapus
  22. Bentar lagi juga puasa, jadi vitamin ini butuh banget buat asupan selama pandemi dan puasa. Insyaallah pelan-pelan sudah mulai rutin vitamin lain selain C dan D.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.