17 April 2022

3 Festival Utama di Musim Semi Korea Selatan

Festival Utama di musim semi korea selatan

Korea memiliki iklim garis lintang sedang dan 4 musim berbeda. Musim dinginnya, dingin dan kering, sementara musim panasnya panas dan lembab. Musim semi dan gugur banyak hari yang kering dan cerah. Musim dingin sangat dingin dengan salju berlimpah dan musim panas kini semakin panas dengan suhu mencapai 39 derajat celcius.

Pada musim semi di Korea Selatan memiliki festival utama yang menarik dan selalu dinantikan. Festival ini berlangsung dari bulan Maret sampai dengan bulan Mei. Biasanya keadaan cuaca pada musim semi cerah dan sejuk, tetapi harus tetap menyiapkan jaket karena suhu harian suka berubah-ubah. Selain itu juga harus menyiapkan masker debu jika ada peringatan debu kuning. 

Jadi jika teman-teman ingin melakukan liburan ke Korea Selatan bisa cek beberapa festival yang berlangsung saat musim semi. Tiga festival utama musim semia diantaranya:

1. Festival Bunga Musim Semi Yeouido Yeongdeungpo 
festival bunga musim semi yeoungdeungpo yeouido

Sebelumnya saya pernah bahas tentang tempat-tempat wajib yang harus dikunjungi saat festival cherry blossom, salah satunya adalah Yeouido Yeongdeungpo. Salah satu festival utama saat musim semi, setiap tahun di bulan April bunga forsythia dan azalea yang berwarna-warni di Festival Bunga Musim Semi menarik banyak pengunjung datang ke taman. 

Pengunjung juga bisa menikmati parade, pertunjukan dan pameran. Yeouido Yeongdeungpo selalu menjadi tempat favorit warga lokal saat musim semi. Festival Bunga Musim Semi Yeouido Yeongdeungpo merupakan festival yang representatif di Seoul. 

Pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang sungai Hangang melalui terowongan pohon-pohon megah ini. Ada sekitar 1800 pohon sakura dan pohon sakura akan terlihat lebih indah saat malam hari karena diterangi oleh cahaya lampu.

2. Festival Jinhae Gunhangje
festival jinhae gunhangje

Festival Jinhae Gunhangje adalah salah satu festival terbesar di Korea dan menarik setidaknya 2 juta pengunjung setiap tahunnya. Distrik Jinhae di Changwon sangat terkenal dengan bunga ceri dan setiap tahun dari akhir Maret hingga awal April, Festival Gunhangje Jinhae merayakan indahnya bunga ceri yang tampak seperti kepingan salju. 

Jalan setapak di sungai Yeojwacheon terlihat sangat indah saat musim semi. Di Jinhae sendiri terdapat sekitar 300.000 pohon sakura. Festival ini pertama kali digelar sebagai upacara peringatan untuk memperingati laksamana angkatan laut paling terkenal di Periode Joseon, Yi Sun0sin dan sekarang telah berkembang menjadi sebuah festival yang dinikmati oleh semua orang.

Acara-acara utama yang bisa dinikmati di festival ini antara lain, Harmoni Bunga Sakura dan Cahaya Bintang yang Indah - Yeojwacheon Stralight Festival, Pertunjukan Kembang Api Multimedia Pelabuhan Sokcheonhang, Pertunjukan Udara Black Eagles, Victory Parade dan masih banyak lagi.

3. Festival Api Jeju
Festival musim semi di Jeju

Berbeda dengan festival musim semi di Yeouido Yeongdeungpo dan Jinhae, Jeju memberikan festival yang tak kalah menarik di musim semi. Sejak zaman dahulu, petani-petani Korea menyalakan api di ladang mereka untuk membakar rumput tua yang layu dan membasmi hama. Praktek pertanian tradisional ini diadakan di Saetbyeol Oreum pada awal bulan Maret sebagai bagian dari Festival Api Jeju.

Festival Api Jeju diadakan sebagai bentuk doa untuk panen dan kesehatan yang baik di tahun baru. Berbagai permainan tradisional dan program praktik langsung tersedia di sini, dan lingkungan alam yang indah di pulau Jeju membuat festival ini semakin menyenangkan. 

Jangan lupa jika hendak berlibur ke Korea Selatan saat musim semi, juga bisa melihat beberapa festival lainnya ya. 

26 komentar:

  1. Festival Jinhae Gunhangje kayaknya seru ya, etapi semua festival yang disebutin diatas cakep semua dah.. dan kapan bisa ke korsel coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dari festival musim semi di Korea sih aku lebih tertarik dengan festival Jinhae Gunhangje mak.

      Hapus
  2. Duh, penasaran banget pengen dateng ke festival musim semi di Korea pastinya indah banget karena bunga2 bermekaran dengan indah yaaah

    Aku pernah dateng ke festival kecil di musim gugur lokasinya di tengah kota Seoul di depan gerbang Gwanghamun, kayak bazar gitu sih banyak yang jualan dan ada panggung juga. Cuma kalo musim gugur emang cuacanya dingin dan berangin banget jadi gak bisa lama-lama, udah paling pas musim semi deh hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yuk? Aku mau janjian nih sama presdir Kang Tae Moo, wakakakaaaa

      Hapus
  3. Baguusss banget, aseliikk
    makin mupeng untuk cuss, traveling ke KorSel
    Bismillah, semoga ada rezeki dan kesempatan bisa ke sana di musim semii

    BalasHapus
  4. Dari dulu pingin banget ke Korea, selain lihat indah negaranya juga pingin banget lihat festival musim semi disana. Semoga bisa sampai Korea,aamiin

    BalasHapus
  5. Nggak cuma bisa menikmati bunga yang bermekaran, tapi ada Festival Api Jeju juga yang bisa dilihat kalau ke Korea pas musim semi ya mbak. Berawal dari tradisi membakar rerumputan, bisa jadi festival yang menarik minat wisatawan

    BalasHapus
  6. Kapan ya saya bisa travel to Korea, kangen jalan - jalan nih. Korea impian banget nih

    BalasHapus
  7. Wuih keren banget ya. Musim semi banyak festivalnya. Tapi memang di musim semi ini cuaca lagi bagus-bagusnya, jadinya pasti banyak yang nonton. Semoga berkesempatan ke Korea pas musim semi. :D

    BalasHapus
  8. Dari semua festival aku suka dengan Festival Api Jeju.Wow indah sekali.Ini kembang api ya mom?Kalo bulan semi jatuhnya di bulan apa kak?terus bayar berapa kak masuk ke festival ini?

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah main ke Korea, baru mimpi doang wkwkwkwk :) Pasti seru banget ya festival utama di musim semi Korea ini. Festival Jinhae kayaknya paling menarik hatiku deh pemandangannya memesona banget.

    BalasHapus
  10. Rekomendasi yang ckup menggiurkan untuk dicoba nih Chichie!
    Insya Allah abis mantengin Korea bisa diijabah berangkat ke sana aaamiiin

    BalasHapus
  11. jadi waktu yang pas ke Korea supaya bisa dapet 3 festival super keren ini adalah di sekitar akhir bulan maret - awal bulan april yaa... Dududu kebayang sih cantiknya bebungaan di musim semi. semoga ada rezeki bs ke kampungnya hyun bin #eh

    BalasHapus
  12. Festival-festival utama di musim semi Korea yang menggoda untuk dikunjungi, meriah sekali pasti. Aku tertarik dengan Festival Api Jeju , unik ini:)

    BalasHapus
  13. Dari 3 festival yang dibahas di sknit, paling penasaran sama festival yang ada di Jeju
    Apalagi pulau Jeju terkenal dengan keindahannya ya mbak

    BalasHapus
  14. festival api jeju kok serem ya.... kayak kebakaran gitu hehehe, tapi setiap daerah atau wilayah punya tradisi unik dalam bersyukur

    BalasHapus
  15. Wah mantul nih, apalagi Korea udah mulai buka border ya? Tinggal pilih musim apa yang pas buat liburan ke sana nih.
    Baru tau kalau di Jeju juga ada festival2 juga, pas itu kyknya bakal rame banget ya wisatawannya.

    BalasHapus
  16. Duh dari kemarin Mak Chicie bikin mupeng deh dengan tulisannya piknik ke Korsel, mana lagi musim semi, cherry blossomnya cantik sekaliii...

    BalasHapus
  17. Catet biar main ke Korea saat musim festival. Kan dapat tuh romantisan ala-ala drama romcom. Lebih oke kalau sama pasangan ya, Mak

    BalasHapus
  18. keren banget kegiatan Korea dengan musim festival ini ya jadi tahu mengenai kegiatan keren di Korea, biasanya nonton di drakor aja

    BalasHapus
  19. kalau inget jeju ingat pertama kali aku bertemu oppa *halah
    ingat jeju itu pokoknya tempat yang paling wajib dikunjungi kalau ke korea ya mak
    ternyata ada festival api
    bentar liat jadwal si abang takut lagi syuting jadi bisa ke sana bareng

    BalasHapus
  20. Waah baru tau kalau di Korea juga ada ratusan ribu bunga Sakura. Kirain di Jepang aja

    BalasHapus
  21. Paling nyaman ke Korea tuh pas musim-musim begini yaa, kak Chie.
    Sudah gak terllau dingin plus banyak festival yang bisa dinikmati saat momennya pas.
    Abis ini ada kezutan apa lagi di postingan kak Chie nih?
    Uda langsung liputan langsung dari Korea kah?

    BalasHapus
  22. Kebayang yaaa meriahnya festival2 itu. Dahsyat banget tuh yang festival api, rada ngeri juga ya rasanya, soalnya kan dimana2 pembakaran lahan seperti itu jadi bikin asap yang tertiup angin kemana-mana.

    Yang festival lainnya tuh cantik banget, bisa melihat pepohonan cantik selama musim semi. Kalau di Indonesia mana ya yang bisa menandingi kecantikan pepohonan seperti itu ya?

    BalasHapus
  23. Meriah banget ya festival.kembang api di Korea. Aku pernah lihat festival kembang api waktu tinggal di Jepang, mirip lah suasananya ya. Apalagi cuacanya juga mirip baget ya. Musim dingin, dingin dan kering. Musim panas, panas dan lembab. Btw pengen juga ikutan festival bunga sakuranya, cantik banget yaa

    BalasHapus
  24. Festival Api Jeju sangat menarik nih. Gak biasa! Sensasinya pasti berbeda dengan Hanami (melihat bunga). APalagi festival ini diselenggarakan dalam rangka doa untuk panen dan kesehatan yang baik di tahun baru. Pastinya ritual ini sangat dinantikan masyarakat dan pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Jeju dengan cara tidak biasa.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.