24 April 2022

5 Tren Gaya Hidup Halal di Indonesia

Gaya hidup halal menjadi populer

Gaya hidup halal bukan hanya sekedar gaya hidup, setuju gak nih teman-teman muslim? Karena sebagai umat muslim dengan menjalankan gaya hidup halal dapat bermanfaat bagi kehidupan. Gaya hidup halal, sebuah gaya hidup yang mengamati dan selaras dengan prinsip syariah yang dapat diterapkan untuk semua orang, termasuk para milenials. 

Sekarang ini tren gaya hidup halal semakin populer di masyarakat, meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup halal didasari bahwa perilaku ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Merupakan salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi syariah di tanah air, yang mengalami kemajuan pesat selama beberapa tahun belakangan.

Produk halal yang sebelumnya dilihat hanya sebagai kebutuhan bagi masyarakat muslim, kini berkembang menjadi bagian  gaya hidup dengan nulai kebaikan dan menjadi tren perdagangan global. 

Apa itu Gaya Hidup Halal?
gaya hidup halal

Gaya hidup sendiri merupakan gambaran dan tingkah laku atau pola hidup seseorang yang mencerminkan minatnya. Selain itu gaya hidup juga dapat mencerminkan status sosial dan seseorang. Gaya hidup setiap orang bisa dilihat dari cara mereka berpakaian dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari.

Gaya hidup halal merupakan sebuah gaya hidup yang mengamati dan selaras dengan prinsip syariah yang dapat diterapkan semua orang, termasuk kaum milenial. Dalam penerapannya gaya hidup halal meliputi sektor fesyen dan makanan yang semuanya bernuansa islami.

Jika seseorang menerapkan gaya hidup halal sudah pasti akan memperhatikan mulai dari gaya berpakaian, kosmetik dan barang lainnya yang sesuai dengan syariat Islam. Tidak hanya dari gaya fesyennya saja yang harus sesuai dengan syariat Islam, apa yang mereka makan pun akan selalu memperhatikan kehalalan dari produk tersebut dan sesuai  dengan syariat Islam.

Tren Gaya Hidup Halal di Indonesia
gaya hidup halal fondasi indonesua sehat dan kuat

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesari di dunia yaitu 229 juta atau sekitar 87,2 persen dari total populasi, Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan seluruh aspek halal. Berdasarkan data Global Islamic Economy Report 2020/2021 bahwa Indonesia sebagai konsumen terbesar dalam produk halal. 

1. Tren Busana Muslim
Salah satu yang menjadi tren gaya hidup halal adalah busana muslim, menjadi penggerak utama untuk mendukung pengembangan ekosistem halal value chain. Indonesia ditargetkan menjadi pusat industri halal global melalui produk busana muslim yang merupakan komoditi potensial untuk pasar Internasional. 

Banyaknya produk busana muslim lokal dari desainer Indonesia, membuat tren busana muslim selalu diminati oleh masyarakat Indonesia, bahkan internasional. Karena tren busana muslim terus meningkat, banyak orang mengambil kesempatan membuka usaha untuk memproduksi produk halal seperti busana muslim yang terdiri dari baju, hijab, kaos kaki dan lainnya.

Selain itu dengan adanya gaya hidup halal perempuan telah memenuhi perintah Allah yaitu menutup aurat sesuai dengan surat Al-Azhab: 59. 

2. Ekonomi dan Keuangan Syariah
Keuangan syariah semakin banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini sesuai dengan data OJK yang mencatat keuangan berbasis syariat di Indonesia. Keuangan syariah adalah salah satu sistem manajemen keuangan yang menggunakan prinsip dan dasar hukum Islam sebagai pedomannya.

Prinsip dan dasar hukum Islam tidak hanya diaplikasikan pada sistem, tetapi juga berlaku pada lembaga penyelenggara keuangan, termasuk produk-produk yang ditawarkannya. Sebagai sebuah sistem manajemen keuangan, tujuannya adalah mengalihkan dana nasabah yang tersimpan di lembaga penyelenggara keuangan kepada pengguna dana. 

3. Makanan dan Minuman Halal
Makanan dan minuman adalah sebuah kebutuhan bagi manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita tentu saja akan berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Bicara mengenai makanan, Al-Quran merupakan kitab suci yang banyak memuat tentang pendoman hidup, Termasuk di dalamnya pedoman tentang makanan halal dan haram yang wajib maupun yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi umat Islam.

Kategori makanan halal menurut Islam ditentukan dari proses pembuatannya, dzat atau sumber, dan cara mendapatkannya. Dalam Al-Quran dan Hadits menjelaskan makanan halal meliputi makanan yang tidak memberi mudharat, tidak diharamkan oleh Allah dan Rasulullah, hewan ternak, hewan hidup di air dan hewan hasil buruan dari hutan. 

Makanan dan minuman halal harus memiliki beberapa kategori sebagai berikut:
  1. Halal zatnya, makanan dan minuman harus terbuat dari bahan yang halal pula, tidak mengandung unsur-unsur yang diharamkan menurut syariat.
  2. Halal cara mendapatkannya, selain itu makanan dan minuman halal harus didapatkan dengan cara yang halal. Sesuatu yang halal tetapi cara mendapatkannya tidak sesuai dengan hukum agama akan menjadi haram.
  3. Halal cara pengolahannya, makanan dan minuman harus diperoleh dengan cara yang halal. Cara atau proses pengolahannya juga harus benar. Hewan, seperti kambing, ayam, sapi jika disembelih dengan cara yang tidak sesuai dengan hukum Islam maka dagingnya menjadi haram.

Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Danone Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan kualitas produk dan layanan dengan kepatuhan penuh pada standar Danone, pemerintah serta industr yang berlaku mulai dari konsep awal yang berlanjut ke seluruh siklus hidup produk sampai saat dikonsumsi oleh konsumen.

Danone Indonesia juga berupaya menyediakan kehidupan yang sehat sebagai fondasi dari kesehatan jangka panjang dengan mengikuti standar mutu halal, keamanan pangan dan lingkungan. Seperti yang diungkapkan Ibu Prima Sehanputri, Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia "Selama ini unit produksi kami telah menjalankan proses produk halal (PPH). Kami juga memastikan bahwa penggunaan bahan baku yang digunakan dalam proses produksi telah memiliki sertifikat halal."

4. Kosmetik
Tren kosmetik halal tengah menjamur di industri kecantikan Asia, tak terkecuali di Indonesia. Kosmetik halal sekarang ini semakin berkembang mengikuti permintaan pasar. Kosmetik halal wajib memiliki sertifikat halal yang diterbitkan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Logo halal boleh dicantumkan bila lolos audit atau serangkaian tes uji kehalalan produk. Indikator halal tidak hanya terletak pada keamanan bahan (yang bebas najis dan alkohol), namun meliputi proses pembuatan kosmetik dan kemasannya. 

Kosmetik halal juga harus terbukti mampu ditembus air wudhu. Jadi untuk para perempuan muslim tidak perlu repot menghapus kosmetiknya sebelum membasuh wajah sebelum berwudhu. 

5. Media dan Rekreasi
Media menjadi sumber asupan informasi yang dibutuhkan oleh setiap individu dalam kegiatan sehari-hari. Sedangkan, rekreasi menjadi sumber bagi setiap individu yang membutuhkan hiburan untuk menghilangkan rasa lelah. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi kedua objek tersebut semakin mudah untuk didapatkan dan dimanfaatkan oleh siapa pun. 

Semoga gaya hidup halal bisa terus kita jalankan dengan seiring berkembangnya kemajuan zaman dan tidak melupakan pada syariat Islam. #GayaHidupHalal #DanoneIndonesia

42 komentar:

  1. halal bukan semata label aja tapi harus juga dipastikan kandungannya, cara pengolahannya dan gimana mendapatkannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak Aie, ternyata ada prosesnya ini yang harus kita cermati juga.

      Hapus
  2. Senangnya tren gaya hidup halal makin didukung oleh industri dengan menyediakan aneka produk yang halal. Semoga gaya hidup halal ini bisa terus dijalankan, sehingga meski hidup mengikuti zaman tak melupakan syariat Islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, apalagi untuk kita ya sesama perempuan muslim ini jadi pengingat banget untuk aku juga.

      Hapus
  3. Tren gaya hidup halal di Indonesia menyebar hingga ke negara2 lain bahkan non muslim. Menikmati segala produk yang halal tentu manfaatnya baik sekali untuk kesehatan. Di sektor pariwisata saja sudah menyumbang banyak pemasukan negara. Kuliner halal di Lombok misalnya, patur diacungi jempol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, teman2ku yang non muslim pun jadi suka kok mengikuti tren gaya hidup halal ini. Mungkin karena mayoritas temannya yang muslim juga sih.

      Hapus
    2. Oh ya, soal perbankan aku udah beberapa tahun belakangan beralih ke bank islami juga mak. Ya namanya juga ikhtiar ya dimulai dari hal2 kecil dulu. Insya allah barokah aamiin.

      Hapus
    3. Aku pun sudah beberapa tahun belakangan soal perbankan beralih ke bank islami. Namanya juga ikhtiar bisa dimulai dari hal2 kecil, semoga barokah aamiin.

      Hapus
  4. Halal ini kalau bagi umat Islam menurut saya bukan lagi gaya hidup, tapi memang sebuah kewajiban yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seneng juga ya kalau akhirnya menjadi gaya hidup bahkan bagi yang non muslim juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju aku mak, karena untuk umat Islam memang sudah wajib gak bisa ditolak itu ya.

      Hapus
  5. Dennise Sihombing4/27/2022 3:44 PM

    Keren nih kak trend gaya hidup halal yang patut dijalankan oleh ummat muslim di Indonesia. Nyaman ya kak kalau yang halal

    BalasHapus
  6. Ikut webinar itu makin tahu bahwa teryata makin banyak ya sektor yang telah menerapkan gaya hidup halal dalam kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  7. Alhamdullilah Insaallah sudah menjalankan gaya hidup halal, biar semakin berkah dan impact positifnya

    BalasHapus
  8. GAya hidup halal itu harus mendarah daging ya mak, dalam semua hal apalagi sebagai umat muslim. Sebagai mayortas penduduk muslim di Indonesia senang sekali kalau sudahbanyak pihak yang memperhatikan gaya hisup halal ini untuk mencukupi kebutuhan umat muslim, sampai penginapan juga berkonsep halal

    BalasHapus
  9. Semoga bukan sekedar trend ya produk atau jasa yg halal ini tp diiringi kesadaran memang sebagai muslim harus halal

    BalasHapus
  10. Semakin nyaman dengan menerapkan Gaya Hidup Halal di setiap apa yang kita lakukan. Tidak hanya makanan, minuman namun sampai apa yang kita pakai. Dari mana asalnya, apa bahannya, semua kudu jeli dan teliti dalam memilih produk.
    Semoga Indonesia bisa menjadi kiblat Gaya Hidup Halal dunia.

    BalasHapus
  11. dengan berprilaku halal menggunakan barang hala didapat duit halal bakal bikin segala segi kehidupan juga halal ya mak. semoga kita salah satu dari orang-orang yang mencoba gaya hidup ini karena Allah.

    BalasHapus
  12. dulu aku nggak begitu ngeh soal halal, tapi sekarng makin sadar banget Chie dan memang harus menerapkan dengan tepat. Dulu kan masih muda jadi belum sadar banget hehehhe

    BalasHapus
  13. Makin ke sini makin sadar betapa pentingnya hidup halal. Bukan hanya soal makanan dan minuman, tapi meliputi segala aspek kehidupan, termasuk kosmetik.

    Denfan gaya hidup halal, Insya Allah semakin sehat dan baik.

    BalasHapus
  14. 5 tren gaya hidup halal ini, jadi panduan banget ya kalau mau menjalankan gaya hidup halal ini dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  15. Super hepiii karena Halal bener2 jadi way of life sekaligus lifestyle di masyarakat kita.
    concern akan produk Halal ini mutlak diperlukan, biar makin nyaman.

    BalasHapus
  16. Soal kosmetik yang terbukti wudhu firendly ini penting banget buat para perempuan ya, Chie. Aku pernah nanya, produknya wudhu friendly ga sama olshoper. Terus dia ga bisa jawab.Kan aku jadi ragu buat beli. Paling dipake kalau ga lagi salat. Ternyata sedalam itu ya pentingnya pengaturan kosmetika. Ga cuma bebas pork aja misalnya

    BalasHapus
  17. Trend gaya hidup halal makin gencar sekarang deh, mulai banyak yang woro2 juga. Semakin banyak menerapkan gaya hidup halal semoga saja makin memahami artinya dan semakin sehat ga hanya dari makanan saja, tapi dari pakaian yang kita kenakan pula.

    BalasHapus
  18. Agama islam sudah si jelasian mulai makanan halal sampai gaya hidup sesuai kaidah islam yg pasti berkah halal.
    Semoga kita semua bisa mematuhi aturan agama kita.

    BalasHapus
  19. amiin3x semoga kita bisa hidup sederhana tapi sedekah luar biasa spt Rasullah.
    Gaya hidup halal dan berkah ber pengaruh dg keturunan kita

    BalasHapus
  20. Bener juga ya mbak. Kalau dipikir-pikir, ya emang udah banyak banget tren gaya hidup halal. Mulai dari busana muslim, literasi keuangan syariah, makanan minuman halal, hingga ke sektor pariwisata, yang juga mengusung konsep halal.

    BalasHapus
  21. Makin kesini makin marak tren gaya hidup halal. Dan senangnya sekarang makin banyak juga pengusaha yang mendukung gaya hidup halal dan thayib ini. Aku pernah mendengar proses pengajuan sertifikat halal. Dan untuk makanan nggak hanya dari bahan yang halal tapi juga prosesnya itu sangat kompleks. Pantas aja dibutuhkan serangkaian pengujian oleh lembaga yang berhak mengeluarkan sertifikat halal

    BalasHapus
  22. Seneng deh sekarang halal jadi bagian dari gaya hidup. Karena sebenarnya esensi halal itu baik untuk seluruh umat manusia, gak cuma muslim saja :)

    BalasHapus
  23. Senang banget tren halal ini didukung semua pihak. Jadi kita gak bingung lagi dengan produk halal yang dulu terbatas

    BalasHapus
  24. gaya hidup halal ini harus menjadi tren yah, bukan fokus sama gaya hidup sehat saja ternyata yah.

    BalasHapus
  25. gaya hidup halal ini harus diperhatikan dan menjadi tren, masya Allah kerennya

    BalasHapus
  26. Setuju banget nih.. Gaya hidup halal tidak hanya untuk konsumsi mkanan saja.. Tapi dimulai jg dr mana asal kita mendapatkan uang tersebut.. Tentu saja dgn yg halal jg ya.. Hehee,,

    BalasHapus
  27. Senang deh rasanya kalau banyak brand dan perusahaan sekarang semakin memperhatikan kehalalan produknya. Ini sangat membantu bagi para muslim dalam memilih produk yang mereka konsumsi sehari-hari

    BalasHapus
  28. Dennise Sihombing5/07/2022 9:14 PM

    Sesuatu yang halal memberikan ketenangan ya kak.. Makanan halal, saat makan bisa menikmati begitupun dengan minuman halal. Angkat 2 jempol untuk trend hidup halal di Indonesia

    BalasHapus
  29. Gaya hidup Halal sudah bnyak diterapkan di negara2 muslim salah satunya negeri kita nih Indonesia kalau makanan sudah ada jaminan halal saat kita mengkonsumsinya juga terasa nyaman

    BalasHapus
  30. Gaya hidup halal sudah banyak diterapkan di negara2 muslim termasuk di Indonesia kita sebagai muslim akan merasa nyaman mengkonsumsi makanan dan minuman yang ada label halalnya

    BalasHapus
  31. Biasanya cek-cek logo halal hanya pada makanan yaa..
    Ternyata semua lini kehidupan kudu banget memperhatikan segala aspek. Dan bangga karena Indonesia telah mengarah ke Gaya Hidup Halal, semoga masyarakat menjadi teredukasi dengan lebih selektif dalam memilih segala produk dan akad.

    BalasHapus
  32. Gaya hidup halal memang membuat kita yang melakoninya lebih tenang.
    Sebab sesuatu yang jelas kehalalannya memberikan keberkahan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak cuma muslim, sekarang halal sudah jadi gaya hidup ya mba. Enggak cuma di bidang kuliner tapi hampir di semua lini kehidupan dipakai

      Hapus
  33. Pertama bila kita membeli makanan pastikan produknya halal, karena kalau sudah halal kita berkah untuk memakannya, jadilah konsumen yang cerdas

    BalasHapus
  34. Jadi kalau mau bergaya hidup halal jangan tanggung ya mba, semua perlu kita cermati, termasuk tempat-tempat rekreasi, ini bener banget sih, kadang kita gak ngeh sampai kesitu, thank you infonya.

    BalasHapus
  35. Semoga trend ini diikuti kesadaran oleh semua muslim jika halal itu keharusan bukan sekedar trend ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.