02 April 2022

Cara Promosi Produk Untuk Usaha Kecil

cara promosi untuk usaha kecil

Semenjak pandemi banyak sekali teman-teman yang memulai usahanya dari rumah, karena memang sekarang ini orang lebih senang melakukan belanja secara online. Produk yang ditawarkan oleh teman-teman sangat beragam, mulai dari makanan, pakaian, mainan, journal yang dibuat secara custom dan masih banyak lagi. 

Hal ini dilakukan untuk menambah penghasilan mereka selama pandemi, selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan pasar. Tidak bisa dipungkuri bahwa penjualan secara online mengalami kenaikan pada masa pandemi, bahkan ini disebut untuk pemulihan ekonomi. 

Tapi ada beberapa hal yang kadang dilupakan oleh teman-teman pelaku usaha kecil, membuat strategi promosi. Kenapa ini diperlukan? Dengan banyaknya produk rumahan ini akan menjadi persaingan sesama pelaku usaha. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan saat sekarang ini. 

Dengan menggunakan cara dan stratefi yang cocok dan tepat, maka akan lebih mudah untuk meraih keberhasilan dalam melakukan memasarkan produk yang dimiliki. Selain itu kita juga bisa menentukan pencapaian target penualan. Ada beberapa strategi cara promosi produk secara efektif berikut ini. 

1. Memanfaatkan Media Sosial
Sekarang ini penggunaan media sosial seakan tak bisa lepas dari aktivitas sehari-hari, termasuk dalam melakukan promosi di media sosial. Karena di era globalisasi dengan teknologi yang serba canggih, media sosial adalah kewajiban yang harus dimiliki para pelaku usaha. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, Whats App, Telegram dan lain sebagainya. Terapkan cara promosi dengan mengenalkan produk yang akan dipasarkan degnan menggunakan media sosial. 

Pisahkan akun media sosial jualan dan pribadi karena ini menjadi nilai lebih untuk produk yang dipasarkan. Karena dengan menggunakan media sosial dapat menjadikan pendekatan secara personal dengan pelanggan atau calon pelanggan. Untuk nama akun media sosial pastikan yang mudah diingat oleh orang. 

2. Foto dan Video
Saat ingin membeli sebuah produk, kebanyakan kita pasti lebih suka melihat foto-foto produk terlebih dahulu. Apalagi jika memiliki foto dan video produk yang bagus dan detail akan lebih memudahkan pembeli. Berdasarkan pengalaman saya sendiri dalam melakukan foto produk untuk UMKM dan brand, bahwa orang sekarang itu terbantu sekali dengan adanya tampilan visual. 

Foto dan video akan mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli suatu barang. Terutama untuk produk makanan, memiliki foto dan video akan menjadi nilai tambah. Foto dan pembuatan video bisa juga loh dilakukan sendiri di rumah, karena sekarang ini suah banyak smartphone yang bisa menghasilkan foto dan video dengan bagus.

3. Market Place
Sekarang ini dengan adanya market place sangat membantu para pelanggan untuk mendapatkan produk yang dicarinya. Banyak juga pelaku usaha rumah sudah menggunakan market place seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan lainnya untuk menjual produk mereka. Hal ini juga salah satu teknik promosi yang harus dilakukan agar produknya terjangkau secara luas. 

Dengan begitu kita juga lebih mudah lagi membuat target penjualan, karena dari setiap market place juga memberikan kemudahan untuk melakukan penjualan. Apalagi sekarang ini sudah banyak didukung jasa pengiriman logistik seperti JNE yang menjadi salah satu pilihan dalam melakukan pengiriman. 

4. Bagi-bagi Produk
Membagikan produk secara langsung kepada pasar atau calon pelanggan potensial, bisa menjadi metode promosi untuk produk kita. Saat kita memutuskan membuat suatu usaha, baik itu skala rumah pun jangan lupa selalu membuat strategi promosi. Membagikan produk yang kita jual juga merupakan strategi promosi, karena dari sini akan ada pihak lain yang mempromosikan produk ke orang lain lagi. 

Bisa dibagi ke teman terdekat, atau menggunakan jasa influencer, blogger dan reviewer misalnya. Membagikan produk juga harus ada batasnya, jangan sampai merugi ya. Tapi metode ini boleh dilakukan karena dengan begini kita sudah melakukan investasi dalam pemasaran produk yang kita miliki. 

5. Kumpulkan Data Pelanggan
Dengan melakukan pengumpulan data pelanggan ketika mereka membeli produk kita selama penjualan berlangsung. Dengan mendapatkan data ini, kita bisa gunakan untuk menerapkan strategi promosi atau rencana kegiatan yang selanjutnya.

6. Berikan Promo Menarik
Hal yang paling disukai oleh pelanggan adalah ketikan melihat adapanya promo yang menggiurkan, terutama untuk ibu-ibu nih. Promo menarik ini bisa berupa diskon, atau gratis produk lain, seperti yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis juga. Jangan lupa selalu berikan pelayanan terbaik dalam merekomendasikan produk kepada pelanggan. Ini juga menjadi salah satu cara promosi yang baik. 

7. Lakukan Survey Daya Beli 
Dalam peningkatan mutu produk dan layanan, kita juga wajib melakukan survei pada setiap pelanggan yang sudah membeli prodok kita. Kita bisa melakukan hal ini secara online atau menanyakan secara langsung jika memang bertemu. 

Kita bisa membuat survey tersebut secara online yang untuk diisi para pelanggan. Dengan melakukan survey inilah, akan memberikan kemudahan kita untuk penyampaian kritik, saran atau pujian tentang Jenis produk yang telah digunakan. 

Semoga cara-cara promosi ini bisa membantu teman-teman yang memiliki usaha rumahan semakin berkembang dan mengenalkan produknya secara nasional dan global. Pastikan juga teman-teman selalu menggunakan jasa pengiriman logistik yang terpercaya untuk usahanya ya. 

JNE Goll Aborasi Bisnis Online
JNE Goll Aborasi Bisnis Online

JNE merupakan jasa pengiriman logistik yang selalu diandalkan oleh masyarakat untuk mengirimkan prioduk usahanya. Belum lama ini JNE melaksanakan Goll Aborasi Bisnis Online secara virtual yang dihadiri oleh para pelaku UMKM lokal di 59 kota di Indonesia. Diawali di Kota Cilacap, JNE berupaya untuk meningkatkan daya saing serta mengembangkan kapasitas UKM khususnya di Cilacap baik skala nasional maupun global. 

Hal ini dilakukan karena sudah memasuki era endemi persaingan Usaha Kecil Menengah (UKM) secara kompetitif. Pelaku usaha pun berlomba menghadirkan produk inovasi terbaru dengan prmosi yang gencar juga. Apalagi sekarang ini sudah terbantu dengan adanya pemasaran secara online, mengikuti perkembangan digital.

Seperti yang saya tuliskan pada awal sebelumnya bahwa pelaku UKM juga memberikan kontribusi dalam pemulihan dan pertumbuhan ekonomi secara nasional. Setuju dong ya ini untuk teman-teman para pelaku usaha rumahan. Senang sekali melihat para semangat para pelaku UKM. 

Dalam acara Goll Aborasi Bisnis Online ini juga dihadir oleh Bapak Marsudi selaku Head Regional Jateng-DIY yang sekaligus membuka gelaran ini dengan menyatakan "Melalui acara ini semoga laju pertumbuhan UKM bisa bersama-sama tumbuh, menuju perkembangan bisnis 5.0 yang akan bertransformasi secara cepat. Mudah-mudahan JNE bisa memberikan terobosan tidak hanya melayani pengiriman, namun juga memberikan solusi bagi para pengusaha". 

Dari pelaku UKM juga dihadiri oleh Sugeng Paijo yang merupakan Direktur Teman Kreasi Cilacap dan Owner Jajanan Mamake, serta Arif Hermawan selaku Owner Workshop Abieh 47 Custom (AK47 Project) yang membagikan kiat-kiat sukses berbisnis online di era seperti sekarang ini. 

Sugeng Paijo yang mengawali usaha online sejak tahun 2016, selalu berupaya menghadirkan konten di media sosial dengan soft-selling dalam memasarkan stik sukun buatannya. Ini juga bisa menjadi contoh untuk teman-teman UKM lainnya. Dengan tidak membuat konten hard-selling, Sugeng juga percaya audiencenya lebih nyaman melihat konten brand sehingga pasar baru akan lebih mudah untuk didapatkan.

Dari sektor kriya ada Arif Hermawan selaku Owner Workshop Abieh 47 Custom. Value dalam berbisnis jadi hal yang ditekankan Arif. Angan-angannya adalah mampu membangun ekosistem UKM kriya di Cilacap, hal ini karena keprihatinan Arif melihat banyaknya pengangguran sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, khususnya Indonesia. 

Arif juga menekankan pentingnya dalam menyususn strategi pendekatan ke pelanggan. Arif pun banyak menemui pengalaman lucu dan unik dalam berhadapan dengan konsumen terutama ibu-ibu, hal ini mendorongnya untuk menyusun pendekatan kepada pelanggan yang santai dan terbuka. 

Baik Arif dan Sugeng adalah pedagang dengan skala pengiriman produk yang tidak sedikit, ini yang mendorong keduanya untuk mampu memilih jada ekspedisi yang memudahkan aktivitas bisnis mereka seperti menggunakan fasilitas JNE Trucking (JTR), dengan minimal pengiriman 10 KG biaya ongkosnya hanya separuh, tentunya lebih murah. 

Bapak Agus Zulfikar selaku Cabang JNE Cilacap menambahkan "Kita juga ada program menarik seperti melakukan seminar kerjasama dengan pak Sugeng yang temanya Kreasi, selain itu ada program khusus yaitu e-fulfillment yang bisa menampung barang apabila teman-teman UKM tidak memiliki gudang. Kita akan menyediakan spacenya" penjelasan ini diberikan saat JNE Goll Aborasi Bisnis Online. 

Sebagai bentuk dukungan bagi UKM Cilacap, JNE juga secara aktif menghadirkan pelatihan digital marketing seperti instagram ads, facebook ads atau pelatihan membuat konten yang menarik. Semoga apa yang dilakukan JNE bisa terus memberikan semangat untuk para pelaku UKM di Cilacap dan kota lainnya terus semangat untuk menghadapi persaingan era digital.

17 komentar:

  1. Memang betul nih, Mak. Promosi produk saat ini, meskipun hanya pelaku usaha kecil tetap harus terlihat besar alias profesional. Supaya calon pembeli percaya mau beli produk yang kita tawarkan. Tentunya kalau jualan online didukung juga oleh ekspedisi yang aman dan terpercaya seperti JNE.

    BalasHapus
  2. sebagai seorang yang berkecimpung di dunia olshop, kadang suka sedih aja gitu kalo kalah saing sama yang punya model gede. suka minder sendiri sama produk yang dijual. semoga kolaborasi ini bisa memakmurkan kita2 yang masih merintis

    BalasHapus
  3. Setuju banget cara terbaik untuk promosi produk dari usaha kecil menengah. Sebagai usaha online juga senang banget bisa dapat input untuk bisa memasarkan produk dengan baik mbak.

    BalasHapus
  4. Keren ya profesi lifestyle photographer kalau ditekuni bisa menghasilkan dan produktif ya..dan sarana promosinya emang harus dimaksimalkan ya spya orang bisa tau jasanya

    BalasHapus
  5. JNE ini menurutku ekspedisi yang paling support terhadap UMKM ya Mbak. Bahkan sampai menawarkan menyediakan space gudang untuk UMKM yang belum "mampu".

    BalasHapus
  6. Memanfaatkan media sosial untuk promosi produk itu memang wajib banget ya, Mbak. Karena saat ini banyak orang yang menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi terkini. Jadi dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi produk maka bisa meningkatkan penjualan produk.

    BalasHapus
  7. Banyak point-point yang sebaiknya dilakukan para pelaku UKM supaya produknya dikenal.Seperti memanfaatkan media sosial sebagai ajang promosi dan memberikan promo harga menarik.Ini memang magnetnya ya.Saya termasuk konsumen yang semangat belanja jika ada promo seperti buy 1 get 1,aji mumpung murah

    BalasHapus
  8. Semoga dengan berbagai pelatihan yang disediakan oleh JNE untuk para pelaku UMKM, turut membantu memperluas pasar penjualan produk produk mereka ya.

    BalasHapus
  9. Kalau pakai survey daya beli, jadi diketahui ya kira-kira produk yg akan ditawarkan sesuai gak nih sama daya beli masyarakat. Tips yang oke buat pebisnis nih

    BalasHapus
  10. JNE sangat mensupport UMKM agar dapat terus maju dan berkembang di masa pandemi ini memperluas pasar penjualan buat pelaku usaha UMKM smoga terus semangat

    BalasHapus
  11. selalu salut dengan support JNE untuk UMKM kita, memberikan pelayanan juga pelatihan yang memang dibutuhkan oleh UMKM untuk terus maju.
    semoga perekonomian Indonesia bisa bangkit kembali ya ini :)

    BalasHapus
  12. Langkah yang dilakukan JNE bisa ditiru nih apalagi jika kita nya semangat sebagai pelaku UMKM InsyaAllah akan sukses

    BalasHapus
  13. UMKM terbantu sekali dengan adanya penyedia layanan jasa ekspedisi dari JNE ini ya Mbak,, pastinya dengan rutin posting produk di media sosial, bakal mendatangkan konsumen ya

    BalasHapus
  14. Wah pencerahan bgt nih buat aq yg msh usaha kecil2an. Berawal dr kecil, tp ttp harus profesional ya sprt perusahaan besar. Sort langkah yg d lakukan JNE,patut d contoh sih ini

    BalasHapus
  15. Kalau tau caranya, sosial media emang bisa jadi tempat promosi ampuh buat usaha sendiri. Punya toko di market place juga bisa jadi salah satu cara membangun kepercayaan pelanggan, soalnya agak males kalau ada toko tapi gak ada di market place. Takut ditipu.

    Sepupuku ada yang punya toko online dan dari dia aku tau ternyata promosi di sosial media itu ada triknya. Jadi langkah bagus untuk JNE dengan program pelatihan Instagram ads dan sejenisnya untuk pelaku UMKM. Semoga bisa jadi jalan agar usaha mereka makin maju dan dikenal lebih luas.

    BalasHapus
  16. Keren ya JNE ini benar-benar serius mengedukasi UMKM. Makanya sampe sekarang masih jadi jasa pengiriman terbesar.

    BalasHapus
  17. Soft selling lewat sosial media ternyata bisa efektif ya dalam dunia digital marketing, keren nih UMKM bisa promosi secara profesional lewat medsos

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.