20 April 2022

Ingin Menjadi CEO Seperti Kang Tae Moo?

Peran dan Tugas CEO dalam perusahaan

Masih ingatkah sosok CEO muda bernama Kang Tae Moo di Business Proposal? Serial drama yang menarik untuk ditonton, karena bercerita tentang sosok CEO muda yang sangat berbakat, pintar dan juga menawan. Teman-teman juga pasti ingin sekali dong ya menjadi seorang CEO seperti Kang Tae Moo? Eits... Untuk menjadi seorang CEO tentu tak semudah itu, karena ada beberapa hal yang diperhatikan. 

Teman-teman juga pasti tau dong ya, beberapa tokoh besar biasanya dikenal karena mereka sukses menjadi seorang CEO dari perusahaan yang mereka pimpin. Seperti Mark Zuckerberg dari Facebook, Elon Musk dari Tesla, Jeff Bezos dari Amazon. Beberapa CEO muda di Indonesia seperti Ferry Unardi dari Traveloka, Ahamd Zaki dari Bukalapak, Diajeng Lestari dari Hijup dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Kalau lihatnya dari drama Korea, sepertinya pekerjaan seorang CEO sangatlah mudah ya. Apalagi ada asisten pribadi yang selalu menemani dan kadang juga menjadi back up saat dia sedang diluar jangkauan. Penasaran gak sih apa saja tugas dan peran seorang CEO?

Apa itu CEO?
Chief Executive Officer yang merupakan kepanjangan dari CEO adalah jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan dan bertanggung jawa terhadap kebersihan bisnis yang dijalankannya. CEO umumnya dipilih oleh dewan direksi dan pemegang saham. Dalam aktivitas bisnis, seorang CEO dipercaya dalam mengelola keseluruhan perusahaan, membuat keputusan penting, serta bertindah sebagai titik komunikasi utama dengan dewan direksi dan pemegang saham.

Kalau teman-teman nonton drama Korea berjudul Crazy Love, pasti paham deh kerjasama antara CEO, dewan direksi dan pemegang saham. Karena di episode 14 telah terjadi rapat anggota direksi dan para pemegang saham, untuk memutuskan apakah CEO mereka harus mundur dari jabatannya ataukan tetap akan lanjut.

Mungkin untuk beberapa orang yang belum paham apa sih sih peran seorang CEO, kalau dilihat kok gampang banget ya jadi CEO. Ternyata peran seorang CEO itu sangat bervariasi, bahkan setiap perusahaan juga akan berbeda perannya. Ini semua tergantung dari perusahaan tersebut, budaya dan juga struktur perusahaan. 

Pada perusahaan besar, CEO biasanya hanya berurusan dengan keputusan strategis tingkat tinggi dan semua hal terkait pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan. Ini jadi mengingatkan saya pada beberapa tahun kebelakang waktu masih jadi anak kantoran. Di perusahaan tempat saya bekerja selalu ada meeting setiap bulan sekali yang dihadir oleh CEO dan dewan direksi. 

Karakter apa yang harus dimiliki seorang CEO?
Menjadi seorang CEO itu memanglah tidak mudah, karena seorang CEO harus memiliki karakter-karakter tertentu. Baik itu pada dirinya sendiri, maupun dalam hal mengatur dan membangun hubungan dengan orang lain. Untuk teman-teman yang tertarik menjadi seorang CEO harus tau dulu nih, karakter apa saja yang dibutuhkan:

  1. Fleksibel, dalam artian memberikan kesempatan kepada anggota dalam tim, untuk bisa bekerja sesuai dengan cara mereka masing-masing. Tentu perlu adanya suatu standar khusus ya, seperti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam perusahaan, serta tenggat waktu yang diberikan. Seorang CEO juga boleh loh membiarkan anggota timnya berekslorasi mengenai bagaimana mereka akan mengerjakan tanggung jawab yang sudah diberikan.
  2. Melihat dari sudut pandang berbeda. ini yang juga sangat perlu dipahami. Karena satu sudut pandang bisa membutakan loh, terlebih dengan posisi seorang CEO. Karena kita harus tetap melihat dari sudut pandang yang berbeda. Menjadi seorang CEO harus memiliki cara pandang yang luas, melihat suatu kejadian apapun muai dari akar masalah, sampai dampak yang akan ditimbulkan. 
  3. Kendala = Peluang, banyak juga dari setiap orang yang bekerja, memiliki perusahaan memilih jalan yang aman, dan menghindari risiko dalam apa yang akan dikerjakan nantinya. Menjadi seorang CEO kita harus menjadi pribadi yang berani ambil risiko, dan tidak takut akan kegagalan. Sebenarnya kita juga bisa menjadikan kendala yang ada itu menjadi peluang, tantangan dan kesempatan untuk jadi lebih baik lagi. 
  4. Pilih lingkungan yang tepat, sejago apapun kita, dan sebaik apapun karakteristik kita, teap saja kurang lengkap jika tidak berada di lingkungan yang tepat. Kriteria yang tepat biasanya bisa berbeda-beda bagi setiap orang nih. Yang pasti lingkungan ini sangat memberikan pengaruh yang cukup besar untuk membuat kita bisa mengeluarkan potensi terbaik yang dimiki menjadi seorang CEO. 
  5. Respect, mendapatkan respect atau rasa hormat dari orang lain memang bukan suatu hal yang bisa dibuat-buat, atau dirancang sedemikian rupa. Sama seperti saat Kang Tae Moo selalu dihormati di kantor, karena menjadi seorang CEO ia mampu menjalankan bisnis kakeknya. 

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang CEO
Dikutip dari Corporate Finance Institute, tidak ada batas standar dari tugas seorang Chief Executive Officer. Tapi, biasanya seorang CEO memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
  1. Berkomunikasi atas nama perusahaan, dengan pemegang saham, pihak pemerintah dan publik.
  2. Memimpun pengembangan strategi jangka pendek dan jangka panjang perusahaan.
  3. Menciptakan dan mengimplementasikan visi dan misi perusahaan atau organisasi.
  4. Mengevaluasi pekerjaan para pemimpin eksekutif lainnya di dalam perusahaan, termasuk direktur, wakil presiden, dan presiden. 
  5. Menjaga performa perusahaan terhadap situasi pasar yang kompetitif, peluang ekspansi, perkembangan industri dan lain-lain.
  6. Memastikan bahwa perusahaan mempertahankan tanggung jawab sosial yang tinggi di mana pun ia melakukan bisnis.
  7. Menilai risiko terhadap perencanaan perusahaan dan memastikannya dipantau dengan baik.
  8. Menetapkan tujuan strategis bisnis untuk jangka panjang. 

JNE Raih 50 Best CEO 2022 Award
50 Indonesia Best CEO 2022 Award

Sebagai perusahaan jasa pengiriman logistik, JNE selalu memberikan yang terbaik terhadap pelanggannya. JNE selalu mengusung semangat "Connecting Happiness" berkomitmen untuk selalu mengedepankan kualitas pelayanan kepada pelanggan dan kepedulian kepada masyarakat yan gselalu disampaikan kepada seluruh karyawan.

Bapak M. Feriadi Soeprapto yang merupakan Presiden Direktur JNE, memperoleh penghargaan bergengsi dari The Iconomics Research, sebagai 50 Indonesia best CEO 2022 Awards "Employee's Choice" Courrier Category. 

Dalam studi The Iconomics Research ini akan melihat sejauh mana karyawan memberikan apresiasi terhadap upaya yang pimpinan lakukan dalam situasi yang umum maupun dalam situasi yang khusus seperti krisis pandemi Covid-19 saat ini. Penilaian dilakukan secara online melalui survey terhadap ribuan karyawan berbagai industri dan kategori, dengan total responden mendekati 8.000 (kumulatif) pada awal Januari 2022 sampai dengan awal Maret 2022.

Tentunya bapak M. Feriadi Soeprapto sudah memiliki pengalaman, karena sebelum dipercaya menjadi pimpinan JNE yang telah berdiri selama 31 tahun, M. Feriadi Soeprapto memulai langkahnya dari posisi yang bersentuhan langsung dengan konsumen. Pengalaman selama bertahun-tahun di posisi yang berkaitan dengan penjualan, pemasaran dan menjadi kuriri on board ke berbagai negara  di dunia memberikan berbagai macam pengalaman. Sehingga sampai saat ini dipercaya untuk memimpin kurang lebih 50 ribu karyawan sebagai Presiden Direktur JNE.

Gimana, apakah tertarik menjadi seorang CEO muda? Atau mendidik anak agar kelak bisa menjadi seorang CEO.


40 komentar:

  1. pesona kang tae moo masih terasa meski series nya udah kelar ya.. lalu berharap ada season 2 etapi kayaknya gak mungkin ya? hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentunya kak, Kang Tae Moo masih selalu dihati hehehee

      Hapus
  2. Ga heran deh dapat penghargaan. Bisa memimpin perusahaan sebesar jne pasti bukan pekerjaan ringan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mak, apalagi lihat karirnya pak Feriadi ya memang sudah pas sekali dia mendapatkan awarding sebagai seorang CEO

      Hapus
  3. Wah kang tae moooo 😍. Jadi kangen nonton drakornya lagi 😂. Emang berat sih menurut aku jadi CEO itu. Tanggung jawabnya besar. Ngomong bapk Feriadi ini keren ya sampai dapet penghargaan gitu 😍

    BalasHapus
  4. Untuk menjadi CEO banyak syarat yang harus dipernuhi.Yang pasti pengalaman dan kinerjanya.Seperti bapak Moh.Feriadi atas prestasinya sebagai CEO JNE Pilihan Karyawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mak, karena mungkin buat orang lain melihat CEO itu jabatan yang mudah dan menggiurkan. Tapi dibalik itu harus ada tanggung jawab yang dipikul.

      Hapus
  5. Wah, dramanya Kang Tae Moo udah kelar tapi bapernya masih belon kelar dan masih terasa niiih hahaha

    Pastinya gak mudah menjadi CEO karena tanggung jawab besar yang harus dipikul yaaah, selamat untuk Bpk Feriadi yang mendapat apresiasi Best CEO Awards yaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapernya kemana-mana ini, kenapa sih endingnya gitu doang hahahaa... Tetep maunya lihat Kang Tae Moo bisa nikah dulu.

      Hapus
  6. duh jd inget Tae Moo lagi nih, hahaha..
    jadi CEO itu beraat bangeet. didikannya mesti kuat nih di berbagai macam aspek kehidupan. hihi, aminin siapa tahu ya anak bisa jadi CEO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh mak... Karena CEO itukan tanggung jawabnya lumayan juga, gak cuma embel2 jabatan doang. Kerenlah ini pak Feriadi

      Hapus
  7. Wah jadi CEO seperti Kang Tae Moo, semoga deh anak-anak kelak mencapainya!
    Salut dan bangga atas pencapaian CEO JNE, Bapak M. Feriadi Soeprapto. Semoga JNE makin sukses ke depan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kebayang kalau CEOnya kayak Kang Tae Moo yang ngantri sudah panjang banget pasti ya.

      Hapus
  8. Kangen beuutt ama Kang tae Moooooo uuuww. Iya nih harus banyak belajar gimana jadi CEO yang baik dan bertanggung jawab. Btw, selamat Pak M. Feriadi Soeprapto atas penghargaannya, semoga JNE bisa terus connecting happiness dengan berbagai kebaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, gak hanya jadi CEO saja yang harus bertanggung jawab menurutku sih. Karena apapun kerjanya tetap harus bertanggung jawab biar endingnya bisa jadi CEO ya.

      Hapus
  9. Besar banget ya tanggungjawab CEO ini, baik ke dalam maupun keluar perusahaan.
    Mantap lah CEO nya JNE ini, bisa meraih penghargaan 50 Indonesia best CEO 2022 Awards. pantesan aja JNE makin maju dan jadi pemimpin di bidang jasa pengiriman, punya cEO keren sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mak, gak semudah yang orang pikirkan ya. Ternyata dibalik jabatannya itu ada tanggung jawab yang besar.

      Hapus
  10. Sepakat, enggak mudah untuk menjadi CEO. Pastinya juga perjalanan menuju CEO enggak selalu mulus ya, Mak.

    Selamat buat Pak Feriadi dan JNE. Semoga semakin semangat dalam bekerja.

    BalasHapus
  11. Ahaaa, ku seneng banget mendidik anak2 ku di kantor untuk menjadi CEO, ga selamanya jadi karyawan, ada beberapa yang memang udah sukses dengan usahanya, startupnyaa. Rasanya bangga melihat mereka sukses, meski butuh step by step untuk menjadi CEO.
    Salah satunya bisa belajar dari bapak Feriadi ini yaa, aahh selamat bapak, semog sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat teh Nchie, semoga anak di kantor selalu semangat dan bisa menular dari semangatnya teteh ya.

      Hapus
  12. JNE top deh.. Wajar kalo banyak dapet penghargaan ya..secara CEO nya juga termasuk yang terbaik.. Congrats..Semoga terus maju dan menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mak, apalagi melihat karirnya pak Feriadi ini memang sudah sepantasnya beliau mendapatkannya

      Hapus
  13. Makanya milih CEO itu nggak bisa sembarangan ya. Ada yang kemampuan teknisnya bagus tapi blom tentu cocok juga jadi CEO. Aih itu Kang Tae Moo, jadi kangen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh... mau cari yang modelan Kang Tae Moo aja kayaknya susah banget ya.

      Hapus
  14. Jadi CEO meski di drama kelihatan mudah, aslinya gak juga kan. Pasti ada aja orang yang gak setuju, mau menjatuhkan kaya yang dialami Tae Moo atau Go Jin. Pak Terjadi pun pasti jatuh bangun dulu sampai dapat penghargaan kaya sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. CEOnya Drama Korea mah enak banget kayaknya ya, kebayang kalau kehidupan nyatanya. Hehehheee

      Hapus
  15. Selamat untuk pak Feri. Memang beliau terlihat banget ya aura pemimpinnya. Semoga JNE terus maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mak Chi, semangatnya semoga bisa nular untuk yang lain ya.

      Hapus
  16. Mau jadi yayangnya kang tae moo aja biar dicintai sama kayak kartunya tak terbatas eaaaa
    Selamat ya jne sukses selalu

    BalasHapus
  17. JNE selalu terdepan. Apalagi kinerja para staffnya ga main-main. Ceo-nya keren nih bahkan sampai dapat penghargaan. Berasa drakor banget nih aura nya Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mak, apalagi semenjak pandemi ini ya. Kebayang deh kesibukan JNE seperti apa, makanya ini cocok banget CEO JNE meraih penghargaan.

      Hapus
  18. Tetanggaku CEO salah satu minimarket dulu dia hanya sales karena gigih kerja keras jd spt sekarang ini.

    Butuh proses dan kerja keras untuk.mjd SEO

    BalasHapus
  19. Kang Tae Moo...uhuuiii~
    Hahhaa...aku gak sanggup berkat-kata lagi pas baca judulnya.

    Ingin punya perusahaan GoFood. Pengen punya Gobne juga..
    Hahhaa...semuanya aja dipinginin yaa..

    Selamat dan sukses untuk CEO JNE atas penghargaan 50 Indonesia best CEO 2022 Awards "Employee's Choice" Courrier Category.

    Semoga senantiasa menginspirasi dengan semua ketulusan dan kebaikannya.

    BalasHapus
  20. Jadi CEO, tentunya bukanlah tugas yang mudah. Sekali pun perusahaannya milik pribadi atau keluarga. Apalagi untuk bisa masuk dalam jajaran ceo terbaik kayak ceo-nya JNE. Pastinya perjuangannya gak sebentar dan gak sedikit. Selamat buat JNE, semoga penghargaannya bisa menginspirasi banyak orang.

    BalasHapus
  21. JNE sekarang emang maju pesat ya mbak. Do deket tempatku ada JNE dan mereka punya aturan agar semua pegawai dan kurir tidak bermain judi ataupun punya aplikasi pinjol. Ternyata karena memang CEO-nya tahu betul masalah-masalah di perusahaan

    BalasHapus
  22. Adududu ada Kang Tae Mo, ku nggak sanggup berpaling ahahaha.

    Selamat dan sukses untuk Pak Feri atas penghargaannya menjadai 50 best CEO 2022. Sukses selalu untuk JNE

    BalasHapus
  23. Waah selamat ya buat JNE. CEO nya Bapak Mohammad Feriadi Suprapto jadi salah satu dari 50 Best CEO di Indonesia. Kereeen...

    BalasHapus
  24. Duh mantuulll deh kalau punya CEO seperti Kang Tae Moo, aku akan jadi karyawan teladan nggak bakal bolosan, hahaha. Nganu, JNE ya nggak heran bisa langgeng dan bertahan sampai sekarang karena CEO-nya sangat dedikasi seperti Pak Feri.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.