21 April 2022

Rekomendasi Liburan ke Korea ala ATEEZ

This is My Korea versi ATEEZ

Korea Selatan menjadi salah satu destinasi yang akan saya kunjungi setelah pandemi ini mereda, apalagi sekarang sudah dibuka nih. Banyak sekali tempat-tempat di Korea Selatan yang ingin saya datangi, terutama coffee shop yang biasa saya lihat di drama Korea atau orang Korea yang saya follow di instagram. 

Karena tidak dalam waktu dekat saya akan ke Korea, tapi kali ini ingin berbagi informasi tentang tempat-tempat yang mungkin nanti ingin dikunjungi saat ke Korea. Kali ini sedikit berbeda karena, rekomendasi tempat liburannya versi ATEEZ. 

Taukan ya kalau di Korea tuh grup musik laki-lakinya banyak banget, tidak hanya BTS, Big Bang, Super Junior, 2PM, Exo, NCT dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi kali ini versi liburannya dari ATEEZ, sebuah grup vokal laki-laki yang beranggota 8 orang asal Korea Selatan. Hongjoong, Seonghwa, Yunho, Yeosang, San, Mingi, Wooyoung dan Jongho merupakan anggota grup vokal ATEEZ dibawah naungan KQ Entertainment. 

Belum lama ini ATEEZ merilis video jalan-jalan mereka ke beberapa daerah pilihan di Korea untuk merayakan ulang tahun mereka yang ketiga. Tiga daerah pilihan tersebut adalah Damyang, Gyeongju dan Gangneung. Ini bisa jadi rekomendasi teman-teman nih jika nanti ingin menikmati liburan dengan waktu yang lama. 

ATEEZ mengajak para penonton untuk ikut menikmati pemandangan yang indah dan hidangan yang lezat. Duuuuhhhh... Lihat beberapa menu yang dipilih oleh ATEEZ saja sudah bikin ngilerkan. Daripada penasaran, mari kita mulai perjalanan ala ATEEZ.

1. Damyang yang Tenang
Damyang Korea Selatan

Pertama mari kita bahas tentang Damyang, kalau lihat dari beberapa destinasi di Damyang ini sangat menarik sekali ya. Karena jika berkinjung ke Damyang, Jeollanam-do, tidak lengkap jika tidak mengunjungi Juknokwon. Junokwon adalah tujuan wisata yang mempresentasikan Damyang dan dikunjung setidaknya satu juta pengunjung setiap tahunnya. 

Junokwon ini memang sangat populer karena merupakan spot ekowisata dengan hutan bambu yang rimbun yang dilengkapi dengan observatorium dan area peristirahatan. Junokwon adalah tujuan yang tepat bagi para wisatawan yang ingin mencari ketenagan dan menyatu dengan alam. 

Tidak hanya pemandangannya saja, makanan yang lezat juga menjadi alasan penting mengunjungi suatu daerah. Kebayang deh ini makanannya pasti enak banget, karena kalau lihat beberapa video jalan-jalan dan kuliner Korea tuh memang bikin ngiler. Berikut adalah hidangan lezat di Damyang yang dicoba oleh anggota ATEEZ.


Tteogalbi Steak

Tteogalbi Steak

Beeuhhhh... lihat teksturnya sudah bikin ngiler ya, jadi ingi disegerakan ke Korea. Tteogalbi merupakan hidangan yang disajikan beda dari tteokgalbi biasanya karena dihidangjkan seperti steak. Pengunjung dapat menikmati ini di restoran Yori On. 

Restoran ini memang terkenal dengan menu khas Tteokgalbi steaknya, yang memadukan tekstur lembut daging sapi giling, rasa manis dan asam dari saus sreaknya. Kalau ingin mencoba hidangan lokal, tersedia juga tteokgalbi dengan ssamjang, yaitu saus campuran yang dibuat dengan gochujang (pasta cabai merah) dan doenjang (pasta kacang kedelai). 

Migak Waffle
migak waffle

Kafe ini menyajikan "Migak Waffle" yang lezat, dinamai sesuai dengan nama kafe ini. Waffle dengan topping storberi dan kacang almond ini, disajikan bersama dengan sirup dan es krim. Untuk pengalaman yang lebih manis, pengunjung dapat memasangkan waffle ini dengan vanilla bean latte buatan kafe Migak sendiri.

Duh kebayang deh kalau main ke Korea bakalan mau coffee hoping karena banyak cafe-cafe yang mungil nan estetik. Seepertinya haris memasukkan Migak Cafe ini ke list jajan ke Korea. 

2. Gyeongju yang Kaya akan Sejarah

Destinasi selanjutnya adalah Gyeongju adalah Observatorium Cheomseongdae, yang merupakan observatorium astronomi yang dibuat pada zaman kerajaan Silla. masa Tiga Kerajaan. Tingginya 9 meter dan diperkirakan akan digunakan untuk mengamati bintang. Struktur observarium ini tetap terpelihara dengan baik hingga saat ini. 

Observatorium ini terlihat cantik di siang hari, tetapi menjadi lebih indah di malam hari. Oleh karena itu, observatorium ini menjadi salah satu atraksi malam yang wajib dikunjungi di Gyeongju bersama dengan Istana Donggung dan Kolam Wonji, yang terletak tidak terlalu jauh. Desa tradisional Hanok Gyochon juga jangan lupa masuk dalam list destinasi ya. 

Rekomendasi makanan dari ATEEZ ketika berkunjung ke Gyeongju sangat menarik nih. Ada mie dan ice cream loh, wajib dicoba nanti ya jika main ke Gyeongju.

Teuknaengmyeon
Teuknaengmyeon hidangan khas Korea

Salah satu hidangan yang direkomendasikan oleh ATEEZ adalah teuknaengmyeon, penasaran sih sebenarnya sama makanan yang satu ini. Restoran Gyodong Myeonok adalah restoran yang sering dikunjungi oleh pecinta naengmyeon, mie soba dingin. 

Menu yang paling populer di restoran ini adalah Teuknaengmyeon dengan irisan ikan pollack mentah dan yukjeon (goreng daging sapi berbalut telur). Perpaduan rasa manis dan asamnya membuat hidangan ini sangat lezat dan segar. Kalau kata ATEEN "Tidak akan berhenti makan setelah suapan pertama!".

Injeolmi Ice Cream

Jangan lupa kalau sudah main ke Gyeongju harus cobain Injeolmi Ice Cream. Tteokindang adalah kafe dan toko kue beras bergaya hanok. Menu populernya adalah "es krim injeolmi", yang menggunakan Injeolmi (kue beras bubuk kacang) buatan sendiri. Ternyata untuk satu porsi Injeolmi Ice Cream ini bisa untuk dua orang.

3. Gangneung yang Secantik Zamrud
Gangneung yang Secantik Zamrud

Destinasi terakhir yang direkomendasi oleh ATEEZ adalah Gangneung yang terletak di Gangwon-do ini memang memiliki beragam tujuan wisata yang sayang untuk dilewatkan seperti Jeongdingjin, pantai Jumunjin, pantai Gyeongpo dan lain-lain. Dalam seri video jalan-jalan ATEEZ, tujuan wisata yang dikunjungi adalah Gangneung Dubu Village (Des Tahu Gangneung).

Desa Gangneung Dubu didedikasikan untuk "sundubu" atau tahu lunak, makanan yang merepresentasikan Gangneung. Desa Tahu ini terkenal dengan "Chodang dubu", yang dibuat melalui proses panjang penggilingan kacang dan memadatkan dadih dengan air laut segar dari laut timur Korea, untuk memberikan rasa manis yang lembut. Ini adalah rasa yang tidak akan pernah kamu lupakan. Hhhmmmm... Kok saya jadi penasaran ya?

Selain itu, ada Sinami, Tamasya Myeongju. Tujuan wisata ini menawarkan kesempatan untuk sepenuhnya menikmati lingkungan pusat kota Myeongju-dong dengan penduduk lokal Gangneung. Tamasya ini menggabungkan aspek kegiatan wisata dan gaya hidup masyarakat lokal, dan memberikan pengalaman bagi pengunjung untuk menjelajahi masa lalu dan masa kini kota Gangneung.

Lala Chicken
Salah satu hidangan yang direkomendasikan oleh ATEEZ adalah Lala Chicken, yang merupakan menu andalan dari restoran Lalaok Gangneung Volla. Ayam panggang yang nikmat ini diasapi selama 20 jam, menawarkan perpaduan sempurna antara rasa daging ayam yang diasap dan daging ayam yang empuk. 

Hidangan ini disajikan dengan lapisan nasi kuning matang di bawahnya, sementara di atasnya diberi tahu goreng dan ditaburi keju parut. Yummy! Sepertinya hidangan yang direkomendasikan oleh ATEEZ ini wajib dicoba ya. 

Langkah-langkah Keamanan Perjalanan Korea

Untuk teman-teman yang akan melakukan perjalanan ke Korea jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan, dan selalu cek juga peraturan di sana. Karena biasanya beda negara beda peraturan nih. Objek wisata di Korea mengikuti panduan keamanan Covid-19 secara ketat dengan meningkatkan ventilasi dalam ruangan, membersihkan dan menyemprotkan disinfektan secara rutin, dan mewajibkan pengunjung untuk mengenakan masker sepanjang waktu, bersama dengan pencegahan lainnya. 
  1. Di restoran, kenakan masker setiap saat kecuali sedang makan dan minum.
  2. Sering mencuci tangan dan gunakan hand sanitizer yang disediakan oleh restoran dan tempat-tempat wisata. 

Jika teman-teman membutuhkan informasi mengenai wisata Korea bisa cek di www.visitkorea.or.id dan jangan lupa selalu follow instagram @ktoid

28 komentar:

  1. Salfok dengan penampilan makanannya yang menggoda, Mak hehehe
    Apalagi baca deskripsi dari makanan-makanannya, jadi pengen nyicip, deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun mak, penasaran sih sama steak dan ice creamnya ini. Apalagi beberapa kafe di sana tuh lucu2 gitu buat foto.

      Hapus
  2. Waffle, steak, es krim dan semua sajian lezat a la Korea memang menggiurkan ya mak. Kepengen juga nih traveling ke sana, semoga kesampaian aamiin. Foto Lala CHicken-nya mana? Hihihii penasaran deh kayak apa sih daging ayam yang diasapi selama 20 jam? Pasti super wow rasanya. Emang kudu plesiran langsung ke Negeri Ginseng ini ya mak, sekalian ketemu artis2nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nih penasaran juga sama steaknya, pengen cari ah di resto Korea Indonesia dulu sebelum nanti makan beneran di Korea

      Hapus
  3. Penasaran dengan Migak Waffle ... Waffle dengan topping stroberi dan kacang almond ... disajikan bersama dengan sirup dan es krim ... .hmmm memanjakan lidah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku pun penasaran sama ice creamnya karena ini rekomendasi dari band kpop sudah pasti enak ya

      Hapus
  4. aduh maafkan ya, baru tau ATEEZ. Dua lokasi liburan di atas tu bikin pengen kesana. Daaan es krim injeolmi-nya, alamak. Apapula itu kue beras bubuk kacang. Pengen saya colet. Tapi, tetep ada chicken-chicken ya makanannya. Kayaknya beberapa nonton movie korea, pasti ada makan chicken. Bener gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gpp mak, yang penting rekomendasi liburannya bisa jadi referensi kalau nanti mau ke Korea

      Hapus
  5. Pantai di Gangneung cantik banget mbak, mana pasirnya putih. Duh kapan aku bisa travelling kesana? sekarang baru bisa makan khas Korea aja, hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya Allah pasti bisa mak, mari kita berdoa dan berusaha. heheheee

      Hapus
  6. Dududu baca ini jadi pengen langsung terbang ke Korea. Bakalan lama disana. Semoga gak kepincut bisa bahaya bisa jadi rumah ke 2 selain indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mpok, Korea Selatan enak untuk dijadikan tempat liburan dan juga menetap kok.

      Hapus
  7. Jadi pengen ke Korea..jelajah tempat wisata di sana..Apalagi kalo pas musim bunga Sakura berbunga kayaknya makin seru ya...

    BalasHapus
  8. Baru baca aja udah ngebayangin serunya disana. Dan krena penasaran, aku browsing dong Junokwon ternyata emang bener suasana nya cocok buata “healing” kak ­čśé

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Desri, apalagi beberapa tempatnya ini memang akan menjadi destinasiku juga saat nanti ke Korea

      Hapus
  9. Huhu...terharu akutu waktu NCT disebuuuttt...
    Aiih~
    Kalo EXO, BTS, Suju, memang legendnya dunia Kpop.

    Sempet menangin album Ateez juga, jadi aku tau lagu-lagu temen-temen Ateez.
    Dan kini baca rekomendasi wisatanya, nanti ditemenin sama Wooyoung gak?
    ((mulai ngelunjak, hahhaa))

    Siapa tau kan yaa.. yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakaka... Nanti deh ya aku khususkan untuk bahas KPOP sambil ku menerawang siapa saja yang mau aku bahas teh.

      Hapus
  10. Damyang kelihatannya sangat cocok buatku yang suka wisata alam yang hijau, hehe.. bayanginnya indah banget. Btw kayaknya menu-menu di Korsel enak-enakkk gitu ya kalau lihat foto-fotonya. Tapi entahlah kenyataannya aku doyan semua atau gak. Soalnya kalau coba kayak aneka mie Korea itu kok aku kurang cocok rasanya, hehehe..

    BalasHapus
  11. Saya baca ini pas nungguh buka puasa, jadi ngiler lihat ice cream injeolminya. Kebayang segarnya saat berbuka puasa, eh...jadi ngiler nih

    BalasHapus
  12. Pengen banget deh ke Gyeongju, serasa masuk ke drakor kerajaan. Kalo makanan korea, baru ramen aja nih yang pas di lidah. Yang lainnya belum nyobain tapi serasa familiar gara-gara drakor.

    BalasHapus
  13. Omg, makanannya enak enak
    Tempatnya juga menarik untuk dikunjungi
    Emang g salah ya KLO Korsel jadi destinasi wisata favorit

    BalasHapus
  14. Apalagi melancong ke Korea Selatan sangat disiplin akan protokol kesehatan nya ya jadi masker dan mencuci tangan itu gak boleh terlupakan banget deh.
    Makanannya, es krimnya semuanya menggoda... Pengen hahaha

    BalasHapus
  15. Mak makasih ya aku baru tahu tempat yang di foto berlatar belakang pantai itu nama daerahnya Gangeneum. Hahaha. Liat foto itu di covernya lagu Spring Daynya BTS.hahah

    BalasHapus
  16. Rekomendasinya kenapa menarik banget sih? Hayuk kita ke Korea! Btw soal Gangneung, kuteringat Business Proposal. Salah satu tempat syutingnya kan di sana jugaaa

    BalasHapus
  17. Ngomongin boygroup, aku tuh tahunya 2pm, suju, exo, cn blue, dan bts mba. Ateez kau baru denger ini ya Allah, hahaha... Pengemasan marketing wisata korea tuh keren ya. Cinematography mantab, ada idol, ga heran kalau wisata di korsel makin happening.

    BalasHapus
  18. Salah satu negara yang jadi wishlist aku nih. Apalagi krucil besar. Pengen banget ke Korea dibandingin balik ke Jepang.

    BalasHapus
  19. Kalau disuruh milih dari 3 tempat itu sy milih pantainya... Baru kenal juga sama grup boyband ini sayaa mak heheh

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.