07 Mei 2022

5 ISTANA KERAJAAN DI KOREA SELATAN YANG WAJIB DIKUNJUNGI

5 istana kerajaan di korea selatan yang wajib dikunjungi

Holla... Apa kabarnya? Tak terasa sudah bulan Mei ya, sudah memiliki rencana liburan kemana tahun ini? Atau masih galau mau liburan kemana? Untuk teman-teman yang berencana ke Korea Selatan, ada beberapa rekomendasi tempat nih yang wajib dikunjungi saat liburan ke Seoul, Korea Selatan. 

Oh ya, Korea Selatan sudah buka border dan tidak perlu karantina lagi. Ini seperti angin surga ya untuk para travelers. Pastikan juga paspornya masih berlaku ya, karena ini yang paling penting setelah visa Korea. Kebetulan banget sebelum lebaran kemarin aku baru ngurus paspor lagi, karena sudah habis bulan Juni 2021. 

Korea Selatan tak hanya terkenal sebagai destinasi wisata yang berbau K=Pop atau K-Drama. Beberapa wisata di Korea Selatan seperti wisata sejarah sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi di Korea Selatan adalah Istana Kerajaan. Kalau teman-teman suka nonton drama Korea Saeguk pasti familiar dengan beberapa istana ini loh.

1. Gyeongbokgung Palace
Gyeongbokgung Palace

Istana kerajaan di Korea Selatan yang wajib dikunjungi yang pertama adalah Istana Gyeongbokgung, merupakan istana utama dan pusat pemerintahan Joseon, dinamai sebagai keinginan istana untuk mewujudkan kemakmuran besar. 

Istana Gyeongbokgung dibangun pada tahun 1395 atas perintah Taejo (Yi Seong-gye), merupakan raja pendiri Joseon. Istana Gyeongbokgung ini merupakan kompleks yang sangat luas dengan 330 bangunan dan 5.792 ruangan, namun kebayakan dari bangunan ini dihancurkan selama kependudukan Jepang di Korea Selatan. Di tahun 1989, barulah pemerintah Korea mulai membangun kembali bangunan-bangunan yang telah hancur tersebut.

Pada saat ini Istana Gyeongbokgung saat ini tidak lagi terbatas pada penggunaan satu orang, karena sudah menjadi situs sejarah paling dicintai di Seoul yang dibagikan oleh semua orang. Menariknya, istana ini memiliki sebuah pavilion kecil bernama Hyangwonjeong yang dibangun diatas pulau buatan di tengah Danau Hyangwonji. Pulau ini dihubungkan dengan area istana melalui jembatan Chwihyanggyo.

Saat kamu mengunjungi Istana Gyeongbokgung juga bisa berkunjung ke National Folk Museum dan National Palace Museum of Korea dimana kamu bisa melihat lebih dekat arsitektur, interior, hingga benda-benda peninggalan Dinasti Joseon. Setiap harinya juga selalu diadakan pertunjukan peragaan seperti tradisi, ritual hingga kegiatan yang terjadi di kehidupan Dinasti Joseon. Pengunjung juga bisa mengenakan hanbok, yang dapat disewa dari toko-toko terdekat. Salah satunya

2. Deoksugung Palace
Deoksugung Palace

Istana kerajaan yang kedua adalah Deoksugung Palace, yang telah berdiri sejak tahun 1450an dan awalnya digunakan sebagai tempat peristirahatan Pangeran Wolsan. Dulunya merupakan kediaman Raja Gojong dari Joseon, istana ini mencerminkan konteks sejarah transisi modern dalam campuran gaya arsitektur Korea dan Barat. 

Aula Jeonggwanheon di mana Gojong akan menerima pejabat asing atau menikmati secangkir kopi, aula Seokjojeon merupakan Museum Sejarah Kerajaan Daehan saat ini, sayap barat di aula Seokjojeon terdapat cabang Deoksugung dari Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer memberikan relief keindahan bangunan istana. 

Di tahun 1618, setelah istana kerajaan secara resmi dipindah ke Changdeokgung yang telah dibangun kembali, Istana Deoksugung ini menjadi istana pelengkap yang disebut sebagai Seogung atau West Palace. Seoksugung Palace memang memiliki arsitektur yang sangat indah. Pengunjung yang datang dibuat kagum oleh keindahan bangunannya. Tak hanya itu, saat kita berkunjung ke Istana Deoksugung akan menemukan beberapa taman yang indah untuk bersantai.

3. Gyeonghuigung Palace
Gyeonghuigung Palace

Kalau Istana Changdeokgung merupakan istana di Timur, sementara Istana Gyeonghuigung adalah istana di barat. Ketika istana ini selesai dibangun pada tahun 1617 (tahun ke-9 Gwanghaegun), istana ini disebut Istana Gyeongdeokgung. 

Di akhir Dinasti Joseon, istana ini digunakan sebagai istana sekunder oleh raja dan keluarganya. Biasanya, Istana Gyeonghuigung ini digunakan sebagai tempat mengungsi oleh raja saat kondisi darurat. istana ini memiliki keindahan arsitektur tradisional dan dibangun diantara pegunungan yang miring. 

Pada saat penjajahan Jepang, istana ini pernah dihancurkan seluruhnya, kemudian dibangun kembali oleh pemerintah Korea di tahun 1990an. Karena pertumbuhan kota yang sangat pesat, maka selama puluhan tahun istana ini dibiarkan begitu saja dan pemerintah hanya berhasil merekontruksi bangunan istana ini sekitar 33% dari bangunan aslinya. 

Istana Gyeonghuigung saat ini jauh lebih kecil, dengan gerbang Heunghwamun, aula Sungjeongjeon, aula Jajeongjeon dan aula Taeryeongjeon (rumah bagi potret kerajaan Raja Yeongjo) yang masih berdiri. Sekarang, di area Istana Gyeonghuigung ini ditempati sebagai Museum Sejarah Seoul dan Museum Seni Seoul. Tempat ini masih menjadi destinasi para wisatawan jika ke Korea Selatan.

4. Changgyeonggung Palace
Changgyeonggung Palace


Istana Changgyeonggung dibangun pada tahun 1418, tahun pertama Raja Sejong, ini menjadi istana ketiga di Joseon setelah Istana Gyeongbokgung dan Istana Changdeokgung, yang digunakan sebagai tambahan selama periode Joseon setelah yang pertama. 

Istana ini berada di dekat Istana Changdeok dan memiliki luas yang lebih kecil dibandingkan istana lainnya. Sekitar 70% area istana ini terdiri dari ruang terbuka hijau, pepohonan dan kolam. Tak hanya itu, sejumlah bangunan di kawasan istana ini menjadi daya tarik tersendiri, seperti aula, pavillion, jembatan dan pintu gerbang. 

Changgyeonggung Palace ini menjadi salah satu istana kerajaan di Korea Selatan yang kerap dikunjungi sebagai destinasi wisata. Jika teman-teman berkunjung pada akhir pekan, tak jarang juga di istana ini diadakan beberapa upacara, misalnya upacara pernikahan, ulang tahun raja, upacara minum teh dan banyak lagi tradisi lainnya. 

Pada saat musim semi di Istana Changgyeonggung juga menjadi salah satu daya tarik para pengunjung. Karena akan dimanjakan dengan pohon-pohon Sakura yang bermekaran di halaman istana ini. Pasti lebih cantik nih istana di Korea Selatan saat musim semi ya.

5. Changdeokgung Palace dan Secret Garden 
Changdeokgung Palace

Taejo (Yi Seong-gye) memindahkan ibu kota ke Hanyang (Seoul) pada tahun 1392 dan menyelesaikan Kuil Jongmyo, Sajikdan Altar dan Istana Gyeongbokgung pada tahun keempat pemerintahannya (1395). Istana Changdeokgung dibangun di sebelah timur Istana Gyeongbokgung pada tahun kelima pemerintahannya (1405), dan Taman Rahasia selesai pada tahun berikutnya. 

Istana ini pernah mengalami beberapa kali kebakaran tetapi paling lama menjadi kediaman raja selama sekita 260 tahun. Sementara Istana Gyeongbokgung berfungsi sebagai pusat pemerintahan Joseon, Istana Changdeokgung berfungsi sebagai tempat tinggal dinasti. Tidak seperti Istana Gyeongbokgung, yang memiliki struktur tegas dan linier, Istana Changdeokgung dirancang agar selaras dengan pegunungan di sekitrarnya.

Istana ini mempertahankan struktur aslinya dengan relatif baik dan mempertahankan arsitektur pada periode tersebut, yang mengarah pada penunjukannya sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Jika berkunjung ke Istana Changdeokgung tidak lengkap tanpa mengunjungi Taman Rahasianya (Huwon: lit. taman belakang). Taman ini paling disukai di musim semi ketika bunga prumusmume merah bermekaran. 

Dulunya digunakan sebagai taman kerajaan, ruang perjamuan, atau tempat rekreasi keluarga kerajaan. Nama alternatifnya, Biwon (taman Rahasia), berasal dari taman yang digunakan sebagai tempat perjamuan klandestin untuk administrator kolonial Jepang, seperti Ito Hirobumi atau kolaborator Korea yang melayani kepentingan kolonial Jepang. 

Jangan Lupa!
Di Festival Budaya Kerajaan, teman-teman memiliki kesempatan untuk menikmati budaya megah Joseon. Ini diadakan pada bulan Mei dan Oktober di lima Istana Seoul, Kuil Jongmyo dan Sajikdan Altar. Ini termasuk program yang menciptakan kembali kehidupan di istana era Joseon, seperti beristirahat di istana, mengikuti jejak Raja Jeongjo dengan terlibat dalam menulis atau seni di Aula Jipbokheon Istana Changgyonggung dan menyaksikan keindahan bulan dengan bergabung dengan Cahaya Bulan. 

Wisata Festival ini bisa juga disaksikan di Youtube dengan teks bahasa Inggris. Wisata dalam di Istana Changgyeonggung dan Istana Deoksugung juga tersedia selama periode festival kecuali pada hari Senin. 

Teman-teman juga bisa mengunjungi www.visitkorea.or.id untuk informasi mengenai beragam perjalanan seru di Korea Selatan.

33 komentar:

  1. Istana kerajaan Korea memang indah dan terawat apik sampai sekarang. Destinasi wisata wajib kita kunjungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mpok, makanya ini ku tulis ke blog biar nanti kalau mau ke Korea tinggal nengok di blog hehehe

      Hapus
  2. Ahhhhh tolongggggg. Liat ini aku jadinya pengen jalan jalan ke Korea. Ya Allah semoga suatu hari nanti aku dan keluarga bisa ke istana istana itu main. Amin ya Allah 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun mak, insya Allah kita diberikan sehat dan rezeki bisa main ke Korea ya dan bisa mampirin 5 istana kerajaan ini.

      Hapus
  3. membaca artikel ini sambil bergumam dalam hati,.. hmm kapan ya ke Korea hehehe, pingin? yaiyalah, semoga ada rejekinya dan waktunya aamiin

    BalasHapus
  4. uww langsung bayangin drama korea yang bertema kerajaan. seru banget kalo kita ada di istana benerannya langsung. berasa lagi maen drama haha. terus poto2 ihhh senangnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kesini pasti langsung jadi inget drama-drama Korea yang kita tonton ya mak.

      Hapus
  5. Kerajaan di korea selatan sumpah bagus2 banget. Jadi pengen deh pergi ke sana juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah kita bisa pergi ke sana ya Moly, siapa tau nanti dari KTO ada trip ke Korea barengkan

      Hapus
  6. Aku suka terpesona melihat istana-istana kerajaan begini,apalagi kalo di film2 drakor. Tambah speechlesh pas lihat aslinya yaaa, semoga kelak bisa ngintipin istana2 kerajaan di atas, sambil lihat festival budayanya. Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto di sini trus sekalian pakai Hanbok, duh cocok banget deh pasti ya.

      Hapus
  7. Wah pengen ke Korea. Istananya bagus bagus semua. Kapan ya bisa ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah kita selalu diberi kesehatan dan juga rezeki ya mak agar bisa main ke Korea

      Hapus
  8. Wah pas banget ya kalau mau piknik ke Korea Selatan di Bulan Mei-Oktober ini, ada Festival Budaya Kerajaan, jadi bisa mengunjungi lima istana yang bagus banget ini. Bisa melihat jejak jaman kerajaan di Korea, jadi belajar sejarah juga jadinya

    BalasHapus
  9. Festival Budaya Kerajaan mearik untuk diikuti/ disimak ya. Apalagi ini beberapa kerajaan di Korea begitu cantik dan memesona seperti di negeri dongeng saja :) Semoga suatu hari nanti aku sekelaurga diberi rezeki oleh Allah untuk berwisata ke sana aamiin :) TFS mak Chie.

    BalasHapus
  10. penasaran banget sama istana-istana di Korea ini soalnya masih terawat dengan baik ya, mbak. oya kalau untuk drama korea mereka syutingnya di mana ya biasanya yang setting kerajaan itu?

    BalasHapus
  11. Beberapa istana tampak gak asing kyknya sering dipakai shooting2 drama :D
    Btw yang aku suka di Korea tu uniknya bangunan bersejarah masih dipertahankan, bersanding apik dengan bangunan modern di sekelilingnya.
    Moga kapan2 bisa mengunjungi istana2 itu :D

    BalasHapus
  12. Kalau lagi nonton drama Korea Saegu kadang suka penasaran dengan istana kerajaannya. Keliatan nyaman dengan taman-taman yang indah. Jadi pengen lihat secara langsung ke sana, deh!

    BalasHapus
  13. Karena aku jarang nonton genre saeguk, jadi kurang terlalu familiar kerajaan istana mana dan dramanya apa. Tahunya bagus dan indah aja sih, hahaha

    Semoga lain waktu ada kesempatan buat lihat langsung ya

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah ya Mba, destinasinya terawat dengan baik, negara Korea sedang berjuang keras juga melestarikan kebudayaan termasuk situs kerajaan di negara mereka. kapan yah bisa melihat langsung, ala kuli hal moga ada anak saya yang stay di sana deh, hehehe

    BalasHapus
  15. Dennise Sihombing5/11/2022 9:06 PM

    Semua istana yang dibangun memiliki nilai sejarah, sebelum masehi dan sangat-sangat indah. Kapan ya aku bisa mengunjungi? diimpikan dulu deh ya kakak

    BalasHapus
  16. Aku mau deh diajak ke istana mana aja kalau sama Oppa :)
    Wah ada Changdeokgung Palace di list nih jadi inget Secret Garden banget.

    BalasHapus
  17. Semoga artikel ini jadi do kita semua. Mulai istana pertama sampai lima semuanya ingin dikunjungi. Semoga ada milik dan rezekinya disampaikan ke sana. Aamiin....

    BalasHapus
  18. Ahhh dari dulu misal ada rejeki bisa ke Korea Selatan, pengen ke Istana Changdeokgung dngan taman rahasianya. Meski tertarik juga ke Gyeongbokgung, gara-gara nonton video youtube keluarga Kimbab yang pernah berkunjung kesini

    BalasHapus
  19. Pengeeen ke korea
    Semoga segera terwujud...
    Pengen banget pakai baju korea foto cantik di istana ala2 putri raja eaaaa 😀.

    Semoga ada promo tiket ke korea murah

    BalasHapus
  20. Aku teriiiaaaakk disebut Raja Jeongjo.
    Auto inget uri Lee Joon Ho dan Lee Se Young di The Red Sleeve.

    Aaah...kak Chie aah..
    Jadi pengen banget ke 5 Istana di Seoul ini.
    Btw, aku pikir, kelimanya ada dalam satu wilayah. Ternyata enggak yaah..

    Cantiknyaa..
    pengen pakai hanbok agassi dan foto di Gyeongbokgung Palace.

    BalasHapus
  21. Aku teriiiaaaakk disebut Raja Jeongjo.
    Auto inget uri Lee Joon Ho dan Lee Se Young di The Red Sleeve.

    Aaah...kak Chie aah..
    Jadi pengen banget ke 5 Istana di Seoul ini.
    Btw, aku pikir, kelimanya ada dalam satu wilayah. Ternyata enggak yaah..

    Cantiknyaa..
    pengen pakai hanbok agassi dan foto di Gyeongbokgung Palace.

    BalasHapus
  22. Aduh baca tulisan ini bikin kangen ngedrakor lagi deh. Udah sebulan ini aku belom nonton lagi. Alhamdulillah semua ongoing yang aku tonton udah pada tamat. Nyari yang sageuk ah. Biar bisa lihat istana-istana cantik yang ditulis mak Chichie deh ya. 😁

    BalasHapus
  23. wah cocok nih Oktober ke Korsel karena ada festival budaya di sana. Mampir di istana kerajaan bisa jadi tempat belajar budaya kerajaan Korea. Bangunan istananya megah dan terawat yah. Salut!

    BalasHapus
  24. Cantik-cantik ya, ngeliat istananya bkin khayalan terbang kemana-mana. Kapan-kapan kesana yuk Mak... semua dibuka untuk umum kan?

    BalasHapus
  25. Gyeongbokgung aku pernah datangin. Sebenernya ada 2 istana yg sempet aku datangin pas ke Korsel. Tapi istana yg 1 lagi aku ga tau namanya. Krn ga sengaja aja ngelewatin. Cuma Krn udah malam, jadi tutup dan ga kliatan nama atau plang samasekali. Cuma kliatan jelas itu istana sih. Penasaran juga itu apaan..

    BalasHapus
  26. Wah, kapan ya berkesempatan menjejakkan kaki ke Korea. Pastinya selain 5 istana yang menarik ini banyak tempat dan budaya yang bisa diulik...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.