13 Juni 2022

Tips Belanja Perlengkapan Liburan Dengan Bijak

tips belanja perlengkapan liburan


Liburan sudah didepan mata nih bun... Apakah sudah memiliki rencana liburan bersama keluarga? Setelah merencanakan liburan, pastikan semua perlengkapannya sudah tersedia ya. Kalau pun harus beli, bisa beli sesuai dengan kebutuhan, jangan kalap ya. 

Mumpung masih ada waktu menentukan tempat liburan sambil mengecek perlengkapan apa saja yang dibutuhkan. Apakah harus beli baru atau sewa saja ya? Nah, aku mau kasih beberapa tips agar pengeluaran jajan perlengkapan liburannya gak boros nih. 

1. Menyusun Anggaran
Setelah rencana liburan dibuat, lalu buat anggarannya. Mulai dari anggaran membeli perlengkapan liburan, hotel, transportasi, oleh-oleh, wisata dan makan selama liburan. Jangan lupa semua ini harus dicatat ya, agar lebih mudah untuk melihat aliran uang masuk dan keluar pada akhir bulan. Total anggaran kalau bisa jangan lebih besar dari pendapatan ya, kecuali jika memang selalu menyisihkan dana liburan setiap bulannya. 

2. Tidak Membeli Secara Impulsif
Membuat list perlengkapan yang diperlukan sangat penting, agar kita bisa belanja lebih bijak dan tidak terlalu boros.  Karena biasanya kebanyakan orang akhirnya membeli banyak barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Meskipun untuk melawan godaan untuk membeli barang tersebut. 

Jangan membeli barang hanya karena tertarik pada tampilannya saja ya, siapa nih yang sering kayak gini? Jangan dilakukan ya, apalagi kalau sudah belanjanya online dan merasa banyak diskonnya. Jadi memang benar-benar harus dipikirkan kembali.

3. Perhatikan Penawaran dan Diskon
Biasanya nih kebanyak dari kita belanja itu bisa kalap kalau ada penawaran khusus atau diskon yang menggiurkan. Benar gak nih? Jangan tergoda dengan penawaran khusus atau diskon, karena ada lebih banyak yang dapat dibeli dengan harga yang rendah namun tetap berkualitas baik daripada membeli barang yang sama dengan harga yang lebih tinggi. 

Kan lumayan selisihnya nih bun, bisa untuk belanja keperluan yang lainnya selama liburan? Setuju gak? Karena biasanya kitakan suka gak kuat gitu lihat barang-barang lucu dibeberapa tempat wisata. 

4. Riset Sebelum Membeli 
Biasanya produk yang kita pilih untuk dibeli ini tersedia dibeberapa tempat, kita juga bisa membandingkan dengan toko sebelah nih. Apalagi kalau belanjanya melalui toko online, ini pasti akan jadi perbandingan sebelum membeli. Jangan lupa selalu teliti untuk mengetahui produk yang akan dibeli.


Semakin Mudah Akses JNE Loyalty Card (JLC) di Aplikasi My JNE
akses ke akun jlc melalui myjne

Setelah membuat rencana liburan, anggaran liburan dan juga belanja perlengkapan liburan, ternyata kita masih bisa mendapatkan keuntungan jika berbelanja secara online dan bisa langsung cepat dikirim ke rumah loh. 

Jadi tuh ya JNE ini punya JLC (JNE Loyal Customer) yang bisa diakses melalui aplikasi MyJNE. JLC ini merupakan program keanggotaan yang ditujukan kepada pelanggan setia JNE, dimana telah memiliki lebih dari 45.000 member hingga saat ini. 

Setiap teman-teman melakukan pengiriman atau transakti di sales counter JNE akan langsung dikonversikan menjadi point JLC yang dapat ditukarkan dengan beragam pilihan hadiah berupa produk dan voucher. Mulai dari gadget, perlengkapan rumah tangga, e-voucher dan juga voucher ongkos kirim serta produk menarik lainnya. 

Tak hanya penukaran berupa produk dan voucher saja, ternyata kita sebagai pelanggan juga dapat melakukan donasi dengan point yang dimiliki. Wah... menarik sekali ternyata ya jika menjadi anggota JLC ini. 

Untuk teman-teman yang memiliki bisnis online, ini sangat menguntungkan sekali loh. Karena JLC ini bisa download aplikan MyJNE yang sekarang sudah tersedia di Play Store. Selain memudahkan kita untuk pengecekan point, penukaran point, cek transaksi dan memiliki kartu member dalam bentuk digital hingga informasi promo dari aplikasi My JNE. 

Seperti yang diungkapkan oleh pak Eri Palgunadi, VP of Marketing JNE "Bahwa dalam meningkatkan pelayanan dan inovasi tujuan kami adalah untuk memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan. Inovasi ini adalah salah satu wujud pengembangan teknologi yang berorientasi pada excellence service, agar kualitas pelayanan semakin maksimal dan memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam menggunakan layanan JNE."

Siapa nih yang belum daftar JLC? Yuk! Segera daftarkan dan nikmati keuntungannya ya. 

23 komentar:

  1. Memperhatikan penawaran dan diskon itu wajib buat ibu-ibu kalau mau kebutuhan ataupun hasrat belanja terpenuhi sekaligus gak mencekik kantong ya. Perlu juga memanfaatkan aplikasi yang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mak, kan kita ceritanya mah ingin belanja lebih bijak dan hemat ya. Heheheee

      Hapus
  2. Iya nih anak-anak mukanya tambah cerah mengingat sebentar lagi akan libur panjang. ditambah lagi sudah tidak ada pembatasan. Jadi sekarang sudah bisa pergi liburan kemana saja. Saatnya para mommy belanja untuk kebutuhan liburan ya. Gak harus ke pasar atau ke mall, belanja online saja. Pengirimannya sudah pada tahu kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, aku pun sudah memiliki rencana liburan keluar kota dan beberapa hari kemarin cek keperluan selama liburan nih.

      Hapus
  3. Setuju banget untuk nggak beli perlengkapan liburan secara impulsif. Harus diperhitungkan dulu benar-bernar perlu atau enggak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibaratnya yang masih bisa digunakan lebih baik digunakan ya daripada beli-beli tapi hanya sekali digunakannya

      Hapus
  4. Molly setuju nih pada poin tidak impulsif. Tambahan, pokoknya kalo mau liburan nyaman kita kudu belajar hemat dan menentukan prioritas

    BalasHapus
  5. Membeli secara implusif?? Aduuh aku banget itu. Tapi sekarang dah mulai insyaf... kalau liat barang lucu nggak buru2 check out deh. Tutup aplikasi dulu, mikir dulu yang lama gitu. hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun gitu mak Wid, wakakakaaa.... Mau insyaf sekarang ah.

      Hapus
  6. Kudu bijak klo mau beli sesuatu ya.

    Selain faktor budget, juga perhitungkan kira² nantinya bakal bikin rumah makin sesak atau nggak

    BalasHapus
  7. Kadang udah dicatetin dari rumah apa aja yang mau dibeli. Begitu di tempat liat diskon, langsung kalap. Wakakakak.

    BalasHapus
  8. akuh banget nih mendadak bebelian sebelum berangkat liburan. ada yg udah sampe dan bisa dipake eh ada jg yg datengnya pas kita lagi di tempat liburan wkwkwk

    BalasHapus
  9. Akutu sampai dikomentari suami, ga beli langsung ga online kalau bandingin tuh detil hihihi. Iyalah riset sebelum membeli itu penting!

    BalasHapus
  10. Liburan tahun ini enggak banyak sih belanja tapi kalau mudik lumayan banget persiapannya. Yang pasti kalau anak2 liburan pengeluaran juga agak membengkak hehe...

    BalasHapus
  11. Kalap saat melihat diskon ini yang harus saya hindari nih. Berasa murah gitu padahal sebenarnya belum tentu butuh juga. Harus memperkuat pertahanan jadinya, hehhee

    BalasHapus
  12. Aku bisa dibilang agak cermat kalau mau beli barang. Selain bandingin harga, aku bandingin ongkos kirimnya juga, hihihi...

    BalasHapus
  13. Kamii banget kalau beli sesuatu di banding2in jlimet dulu trs mikir lagi butuh banget atau gak.
    Kalau lagi laper mata di mall pengen di beli beli kembali lagi timbul pertanyaan Butuh banget ga? Nantu pulang jam bro)

    BalasHapus
  14. Udah daftar akun JLC dong sejak lama. Pokoknya gak mau deh menyia-nyiakan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan sebagai member JLC. Apalagi emang sering banget kirim-kirim barang..

    BalasHapus
  15. Sudah merencanakan liburan tahun ini pasti bakalan heboh banget. Tapi karena ada situasi di luar dugaan, akhirnya kami memutuskan untuk menunda liburan. Huhu. Aku termasuk yang belanja-belanja dulu sebelum pergi berlibur, biar liburannya makin seru. Belanja dengan diskon, tentunya ;)

    BalasHapus
  16. Beli yang penting2 saja sesuai kebutuhan ya, Makk. Soalnya pas tiba di lokasi atau tempat liburan, kadang juga bisa kalap beli oleh2. Hahaha

    BalasHapus
  17. aku juga suka cek2 dulu harga satu ama harga lain, butuh beli apa nggak dll hahaha demi sih ya demi bahagiaaaa mau liburan. cuma seringnya memang walau ada perencanaan suka lappar mata, yang dimaui apa yang dibeli apa -_____________________-

    BalasHapus
  18. Baru tahu tentang JLC ini, mau download juga ah. Kalau soal belanja akupun gitu mak, suka banget riset dan sering membandingkan harga, biar dompet aman.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.