16 Juli 2022

Makna Idul Adha Dalam Kehidupan

Makna Idul Adha Dalam Kehidupan Sehari-hari - Suciarti Wahyuningtyas

Ada yang berbeda pada perayaan Idul Adha tahun ini, karena ini perayaan pertama tanpa kehadiran mamah. Tetapi ada rasa bahagia dan haru juga karena bisa melaksanakan sholat bersama dengan para jamaah sekitar rumah dan juga berkurban. 

Teringat kisah Ibrahim yang merupakan salah satu ujian dalam hidupnya dalam menerima perintah Allah untuk mengorbankan putra kesayangannya. Perintah ini diterima Ibrahim melalui mimpi yang terus berulang. Ibrahim tahu bahwa ini adalah perintah dari Allah dan dia memberi tahu putranya, seperti yang dinyatakan dalam Al-Quran.

Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, Ibrahim berkata: Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu" Ismail menjawab: "Wahai ayahku lakukanlah apa yang diperintahkan Allah kepadamu, insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar."
Idul Adha adalah sebuah hari raya dalam agama Islam untuk memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim Alaihissalam bersedia mengorbankan putranya Ismail sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah SWT. Sebelum Nabi Ibrahim mengorbankan putranya, Allah SWT menggantikan Ismail dengan domba. 

Untuk memperingati kejadian itu, hewan ternak disembelih sebagai kurban setiap tahun. Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah pada penanggalan kalender Hijriah. Pada hari Idul Adha, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat ied bersama-sama. Setelah salat, penyembelihan hewan kurban dilaksanakan, sepertiga daging hewan dikonsumsi oleh keluarga yang berkurban, sementara sisahnya disedekahkan atau dibagikan kepada orang lain.

Hari Raya Idul Adha harus dimaknai sebagai pesan simbolik yang mengandung pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:
  1. Meningkatkan takwa, berhubungan dengan ketaatan manusia dengan sang pencipta-Nya dalam menjalankan perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Tingkat ketakwaan seseorang bisa dilihat melalui kepeduliannya terhadap sesama. 
  2. Menghormati orangtua, Idul Adha menjadi sebuah peristiwa untuk memaknai bagaimana Nabi Ismail patuh dan mendengarkan setiap perkataan Nabi Ibrahim selaku orangtuanya. Idul Adha dimaknai sebagai konteks untuk taat kepada orangtua dalam berbagai hal selama tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada. Misalnya, membantu dengan ikhlas, menyayangi orangtua, menghormati orangtua dan lainnya. 
  3. Berbagi dengan sesama, Idul Adha menjadi sebuah peringatan kurban, alangkah baiknya peristiwa ini dimaknai dengan berbagi kepada sesama. Misalnya membagikan daging hasil kurban kepada orang-orang sekitar, terlebih bagi mereka yang tidak mampu. Sehingga setiap individu bisa merasakan kebahagiaan yang sama, karena saling berbagi. Harapannya, hal ini bisa dilakukan setiap saat tanpa harus menunggu peristiwa Hari Raya Idul Adha. 
  4. Menjalin silaturahmi dengan orang sekitar, Hari Raya Idul Adha dimaknai sebagai momen untuk menjalin silaturahmi dengan orang sekitar. Baik berkumpul dengan keluarga maupun orang-orang yang ada di lingkungan sekitar. Hal ini tentu menjadi sebuah tradisi untuk mempererat hubungan silaruhmi.
  5. Memupuk rasa empati, Hari Raya Idul Adha juga bisa dimaknai untuk meningkatkan rasa empati dan peduli terhadap sesama. Bagi orang mampu, tidak ada salahnya berkurban. Sehingga bisa menyisihkan sebagian harta untuk kebaikan dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan. 

JNE Bagikan 4.000 Daging Kurban Untuk Kaum Dhuafa dan Yatim Piatu
JNE Bagikan 4000 daging kurban saat idul adha

Kurban apa tahun ini? Apapun kurbannya, insya Allah apa yang kita lakukan bisa memaknai arti Idul Adha dalam kehidupan. Senang rasanya jika kita bisa berbagi dengan saudara-saudara kita yang membutuhkan, karena masih banyak saudara kita yang masih kurang beruntung mendapatkan daging kurban.

Salah satunya yang dilakukan JNE pada saat Idul Adha kemarin memanfaatkan momen tersebut untuk mempererat tali silaturahmi dan semangat berbagi dengan para karyawan dan masyarakat. Tahun 2022 ini JNE bersama TIKI membagikan sebanyak 4.000 daging hewan kurban. 

Daging kurban tersebut didistribusikan dalam acara #TIKIJNEIDULADHABARENG pada hari Minggu tanggal 10 Juli 2022 di Yayasan Taman Yatim Piatu dan Tuna Netra (Yatuna) Suprapto Suparno yang didirikan oleh pendiri JNE almarhum H. Soeprapto Suparano.

Dalam kesempatan tersebut bapak M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE mengatakan "Semangat mengantarkan kebahagiaan sesuai dengan tagling Connecting Happiness harus terus diwujudkan dan Idul Adha merupakan momentum yang sangat baik untuk berbagi serta membantu sesama, apalaagi di saat pandmei Covid-19. Dengan semangat berkurban dan doa dari seluruh masyarakat, kita semua berharap kondisi pandemi ini dalat segera berakhir serta kita dapat kembali berkumpul merayakan Idul Adha selanjutnya dalam kondisi yang lebih baik".

Sama seperti yang saya rasakan sendiri pada saat merayakan Idul Adha pada tahun ini ada rasa bahagia dan haru karena akhirnya bisa merayakan kembali dengan keluarga dan juga orang-orang di lingkungan rumah.

Menjelang usianya yang ke-32 tahun pada bulan November 2022 nanti, selain turut membantu masyarakat untuk tetap berkecukupan pangan dengan membagikan daging kurban, JNE juga membagikan 32 kambing dalam menyemarakan peringatan Idul Adha 1443 H dengan membuat program giveaway #GameSiJoni melalui akun official JNE di instagram yaitu @JNE_id Menariknya kuis ini sudah dimulai sejak 6 - 10 Juli 2022. Setiap pemenang akan mendapatkan hadiah masing-masing 1 ekor kambing kurban dan mereka pun dapat berbagi kebahagiaan kepada lingkungan sekitar.

Waaahhhh... keren banget ini ya programnya JNE karena selain memang menjalankan makna Idul Adha untuk orang sekitar juga memberikan kebahagian untuk para pengguna jasanya dengan memberikan spesial diskon 20% dalam rangka promo Idul Adha untuk tujuan kiriman Timur Tengah.

Semoga apa yang dilakukan oleh JNE dapat juga dicontoh orang masyarakat sekitar dan para pemangku usaha. Karena dengan berbagi kepada saudara-saudara yang membutuhkan juga akan menjadi bekal pahala bagi kita.

26 komentar:

  1. Pastinya ada rasa berbeda ketika lebaran kurban oertama tanpa mama ya mbak..bersyukur tetap bisa merasakan banyak berkat bersisian dengan keharuan.

    Connecting happiness..aku tu seneng banget sama tagline JNE ini mbak. Jadi terbayang keterhubungan pengirim dengan penerima paket hehehr. Mereka juga slalu bikin program2 yg kece ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, agak aneh awalnya lebaran tanpa adanya orangtua. Karena biasanya selalu menjadi kewajiban kami untuk datang dan sholat bersama.

      Hapus
  2. AKu malah galfok sama pada saat pembagian dagingnya yang diberi besek ya, jadi terlihat seperti habis kendurian.

    sepertinya tahun depan aku mau tiru seperti ini ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, agar lebih mudah menyimpannya juga dan tentunya tidak menggunakan banyak plastik ya.

      Hapus
  3. Idul Adha tahun ini rasanya lebih meriah karena sudah bisa bertemu keluarga trus bisa bikin acara BBQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak Aie, senang makanya lihat teman-teman yang berkumpul bersama keluarga

      Hapus
  4. Alhamdulillah Hari Raya Idhul.Adha tahun ini semua bersuka cita merayakan bersama-sama.

    Berbeda dengan tahun kemarin masih was was kebetulan kami mudik solo ditengah larangan berlebaran dkk. Pelaksanaan Qurban di Solo sih spt biasa tapi prokess banget sangat berbeda dg kondiai sekarang yang mulai longgar.

    Sukses selalu JNE yang selalu menebar kebaikan ­čĺ¬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tahun kemarin pun aku masih sholat di rumah dan tahun ini beneran haru banget karena ngerasain kebersamaan lagi.

      Hapus
  5. Salut banget sama komitmen JNE yang selalu bertekad untuk menyebarkan kebahagiaan kepada sesama terutama di moment Idul Adha nih, cucok banget ama tagline nya Connecting Happiness deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul teh, ini tuh bisa jadi contoh juga untuk perusahaan lainnya ya.

      Hapus
  6. Selamat dan sukses selalu untuk jne. Semoga makin luas jangkauannya di indonesia aamiin.. bangga jadi pelanggan jne.

    BalasHapus
  7. Masya Allah. Program-programnya JNE ini keren banget ya. Perhatian dan kepeduliannya amat tinggi. Dari pendampingan UMKM, karyawan di umrohkan, sampai berbagi daging banyak banget ke kaum duafa dan anak yatim. Berkah selalu buat JNE!

    BalasHapus
  8. Momen idul adha ini udah dinantikan anak2 karena bisa berbagi dengan sesama. Jadi ngga takut juga pas acara sembelih hewan kurban. Btw keren nih collab JNE x TIKI yang berbagi hewan kurban. JNE selalu berinovasi untuk connecting happiness yah.

    BalasHapus
  9. Senangnya tahun ini merasakan euforia perayaan Idul Adha dan makna idul adha makin berasa terutama kebersamaannya, berbagi dan makin mendekatkan diri denganNya .
    Dan, begitu salut sama JNE yang turut serta membagikan daging kurban buat sesama.

    BalasHapus
  10. Makna Iduladha sedemikian dalam dan bisa jadi pembelajaran dalam kehidupan. Sungguh hikmah berkurban bisa jadi teladan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti JNE yang selalu ingat berbagi termasuk di hari raya Iduladha ini.

    BalasHapus
  11. Entah kenapa aku merasa Iduladha tahun ini lebih baik dari tahun kemarin? Mungkin karena pandemi mulai mereda.
    Keren banget dua perusahaan ekpedisi berkolaborasi bikin program potong kurban dan membagikan hewan kurban bersama2 yaa.

    BalasHapus
  12. JNE ini sungguh top markotooppp
    Bisa menghadirkan value Islam dgn paripurna

    Luar biasaaa ya mbaaa

    BalasHapus
  13. Sejak dulu JNE selalu mengantarkan kebaikan, kali ini bareng TIKI berbagi 4000 daging kurban. Masya Allah pakai besek ya wadah dagingnya, ramah lingkungan nih jadinya.
    Banyak promo diskon kalo kirim-kirim paket ke TImur Tengah, banyak untungnya nih yang menggunakan kesempatan emas ini

    BalasHapus
  14. Masyaa Allah hebat JNE. Semangat berbagi untuk sesama luar biasa. Banyak banget itu 4000 daging yang dibagikan. Paling seru hadiah giveaway berupa 1 kambing. Sayang banget aku baru tahu. Kalau tahu gitu aku ikutan giveaway.

    BalasHapus
  15. Aku juga sering merenungi makna berkurban, Mak.. Sebenarnya, manfaatnya tu bukan hanya buat para penerima daging aja, tapi juga buat kita yang berkurban, karena ternyata kebahagiaan setelah berbagi tu rasanya berlipat-lipat. Masya Allah, ya...

    Dan yang selalu kuingat adalah kekuatan iman Nabi Ibrahim dan sang putra. Semoga kita bisa meneladaninya. Aamiin...

    BalasHapus
  16. Idul qurban itu selalu berkesan bahkan kemeriahannya terasa lebih lama kan ya. Soalnya sampe empat hari. Apalagi anak-anak biasanya pasti langsung pada nyate

    BalasHapus
  17. Akutu selalu mewek kalau baca kisah Nabi. Anak-anak lebih seneng kalau mereka yang cerita daripada aku yang bacain buku. Soalnya terus nasihatnya panjang. Tapi seneng juga karena anak-anak zaman sekarang bisa diajakin diskusi mengenai pelajaran mulia apa yang bisa diambil atas kejadian Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail saat Iduladha.

    MashaAllah~
    Dan keteladanan serta kebaikannya terus kita lakukan hingga kini, saat Iduladha tiba. Saling berbagi dan merasakan nikmatnya kebersamaan. JNE dan TIKI pun selalu memiliki program yang patut diteladani.

    BalasHapus
  18. JNE nggak pernah berhenti berinovasi dan berbagi yaa. Keren bgt sih ini. 4000 daging kurban nggak sedikit lhoo dan masih ada giveaway juga. Kereen banget

    BalasHapus
  19. Masya Allah.. keren ih JNE, sampai ada kuis berhadiah hewan kurban gitu pula.. Mana pemenangnya tersebar di berbagai daerah. Saya ikutan tuh kemarin, meski belum rezekinya menang, tapi tetap merasa senang lihat gimana para pemenang kuis diantarkan hadiah hewan kurban langsung oleh pihak JNE.

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah, Idul Adha ini bisa berkumpul dengan keluarga dengan bebas ya, JNE keren banget bisa menyumbang banyak kambing dan membahagiakan penerima daging kurban..salut...

    BalasHapus
  21. Banyak banget ya makna Idul Adha yang bisa kita jadikan pegangan.. Semoga kita selalu dalam keberkahan...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.