06 Juli 2022

SKINCARE AMAN UNTUK KULIT BERMINYAK DAN BERJERAWAT

Acne Care - Gabag Beauty

Entah kenapa belakangan lagi muncul jerawat yang lucu-lucu, berasa banget semenjak mulai sepedahan lagi tuh jerawat munculnya di area dagu. Waktu muncul 2-3 ini masih aman tapi begitu sering mulai panik dong. Langsung berburu produk skincare yang bagus dan aman. 

Jujur ya, saya tuh biasanya kalau jerawatan hanya menjelang datang bulan saja. Mulai dong mencari-cari lagi skincare yang aman bagi kulitku. Dengan jenis kulit berminyak gini, saya cocok-cocokan nih kalau sama produk skincare. Jadi ingat masa-masa hamil, mencari skincare yang aman untuk ibu hamil. 

Tetapi ada yang lebih penting sih dari pemilihan skincarenya, yaitu rangkaian skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat. Memilih skincare yang tepat memang gampang-gampang susah. Kalau sudah dapat yang cocok tuh senang banget, apalagi kalau hasilnya bisa maksimal.

Dengan kondisi kulitku sekarang gak boleh nih sampai salah pilih produk skincare, karena bahaya juga untuk kondisi kulit kita nantinya. Saya pernah baca disebuah journal kecantikan, bahwa kunci utama untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat adalah tetap memanjakan kulit kita.

Caranya dengan memilih produk skincare yang bagus dan aman, pastikan juga kandungan skincare yang aman untuk ibu menyusui. Hindari juga menggunakan produk yang bisa mengiritasi kulit, karena bisa memperparah jerawat yang sudah ada dan mengelupas kulit. 

Rangkaian Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
Untuk yang masih bingung memilih produk skincare, apalagi untuk ibu hamil dan menyusui yang biasanya selalu galau kalau urusan pemilihan produk. Jadi ada beberapa rangkaian nih yang harus diperhatikan.

1. Gunakan Pembersih Wajah Berbusa Lembut
Tentunya kita tau kalau salah satu hal yang paling sederhana dalam merawat kulit wajah adalah menggunakan skincare secara teratur. Lakukan cuci muka dua kali sehari, baik pagi maupun malam. Skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang harus diperhatikan adalah pemilihan sabun mukanya.

Gunakanlah sabun muka yang memiliki tekstur krim atau lotion, dan berbusa lembut. Pembersih berbusa bekerja lebih baik dalam membersihkan minyak berlebih dan membuat kulit kita lebih terasa segar dan bersih.

Untuk saya yang lagi rajin banget aktvitas luar ruang seperti olahraga, mengeluarkan keringat jadi harus lebih memperhatikan kebersihan dan rajin tentunya dalam menjaga kebersihan kulit wajah.

Karena keringat itu sebenarnya dapat mengiritasi jerawat yang ada dan meningkatkan risiko munculnya jerawat yang baru. Kalau kata dokter kulitku, bukan karena wajah kita berminyak atau berjerawat jadi lebih sering cuci muka ya. Ini juga akan membuat iritasi pada kulit. 

2. Menggunakan Exfoliating Toner
Penggunaan toner ini wajib banget apalagi dengan kondisi kulit yang berminyak dan berjerawat. Walaupun sejujurnya kadang saya sendiri suka skip sih, karena merasa sehabis cuci muka terus langsung pakai cream pelembab.
 
Pemilihan toner yang tepat mampu menyeimbangkan pH kulit dan membuat kulit tampak lebih sehat. Karena biasanya toner digunakan untuk menghidrasi yang lebih dangkal atau kadang-kadang hanya dioleskan pada wajah untuk efek pendinginan yang menyegarkan.
 
Ada beberapa jenis toner, salah satunya adalah exfoliating toner yang mampu membersihkan pori-pori sampai mendalam dan mengontrol produksi minyak berlebih di wajah.
 
Biasanya aku selalu membuat jadwal untuk melakukan exfoliating, kalau lagi rajin bisa 2 kali dalam seminggu tapi kalau lagi malam hanya sekali dalam seminggu. 

3. Rutin Memakai Pelembab
Walaupun kulit kita berminyak dan berjerawat, penggunaan pelembab ini gak boleh skip loh. Karena kulit yang dehidrasi berbeda dengan kulit kering. Jenis kulit berminyak juga dapat mengalami dehidrasi, sehingga tetap membutuhkan pelembab.

Kulit berminyak harus menjadi hidrasi dengan baik agar dermis tetap bekerja dan terlihat sehat. Tingkat hidrasi yang tepat pada kulit sangat penting untuk menjaga berfungsi optimal dan melakukan sel dengan baik.

Skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa dicoba berikitnya adalah memilih produk pelembab yang tepat. Tentunya harus bebas minyak, bebas pewangi dan non comedogenic.

Tujuan menggunakan pelembab adalah melembabkan kulit tanpa menyumbat pori-pori wajah atau meninggalkan rasa berat dan berminyak di wajah. Selain itu, menjaga wajah tetap terhidrasi dengan baik juga memerlukan perawatn dari dalam. 

4. SPF
Hayo, siapa yang suka lupa pakai sunscreen? Karena ternyata penggunaan sunscreen penting sekali, terutama bagi kita yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat.

Tetapi ada yang harus diperhatikan dalam penggunaan sunscreen, yaitu SPF. Biasanya memakai sunscreen dengan SPF minimal 30 atau lebih. Biasanya dari kita yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat suka galau nih. Karena takut nantinya menambah kadar minyak.

Pilihlah sunscreen yang tepat, karena sekarang ini banyak sekali formulasi sunscreen atau sunblock yang bebas minyak dan non comedogenic. Kalau aku biasanya menggunakan jenis sunscreen yang berbentuk lotion. 

5. Menggunakan Serum Wajah
Kalau saya paling senang nih menggunakan serum wajah, apalagi sekarang banyak produk lokal yang gak kalah bagus. Untuk kita para ibu yang tak bisa dipungkiri adalah bertambahnya usia nih, sudah saatnya kita juga menambahkan serum wajah dalam rangkaian skincare kita loh.
 
Untuk kita yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat, terutama untuk para ibu hamil dan menyusui yang tidak boleh menggunakan skincare sembarangan. Kita harus memahami kandungan baham yang terdapat dalam produk skincare sebelum membelinya. 

6. Sedia Kertas Minyak
Jangan lupa selalu bawa kertas minyak, apalagi untuk yang sudah mulai melakukan kegiatan diluar rumah. Karena biasanya kalau pas beraktivitas apalagi sudah menggunkan make up berasa banget minyaknyakan? Ini penting bawa kertas minyak tinggal tap aja.

Berminyak pas menghadiri acara tuh sungguh membuatk tidak nyaman, jadi memang salah satunya harus sedia kertas minyak didalam tas. Kertas minyak lebih mudah dibawa-bawa. Tinggal tap-tap aja deh ke area berminyak seperti dahi dan hidung kalau saya. 

7. Rajin Maskeran
Karena masker wajah ini ada berbagai macam sesuai dengan kebutuhan kulit wajah kita. Berdasarkan hasil konsultasi dan pengalaman beberapa teman yang memiliki kulita sejenis, menggunakan clay mask atau mud mask menjadi pilihan.

Konon dua masker ini dapat mengontrol produksi minyak di wajah, memcegan munculnya jerawat, dan membersihkan pori-pori wajah sampai mendalam. Gunakan clay mask dan mud mask 2-3 kali seminggu. 

Rekomendasi Sabun Cuci Muka dan Cream Wajah Untuk Kulit Berjerawat
Salah satu hal penting nih pemilihan produk skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Biasanya kandungan yang terdapat didalam aman dan menenangkan kulit. Salah satu produk lokal yang sudah aku coba selama semingguan ini. 

Kan kita nih para ibu juga ingin dong tampil cantik walau di rumah sajakan? Apalagi untuk para ibu hamil dan menyusui yang terkadang memang agak sulit memilih produk skincare yang aman. Pastikan memilih produk skincare dengan kandungan yang aman.

1. Acne Clarifying Facial Cleanser
acne clarifying facial cleanser gabag beauty

Karena membersihkan wajah adalah kunci, ditambah belakangan kulitku lagi muncul jerawat. Jadi kemarin memilih sabun pembersih wajah dari Gabag Beauty, apalagi ini kandungannya juga aman setelah saya baca. 

Gabag Beauty ini tidak hanya diperuntukan untuk ibu hamil dan menyusui saja, kita para wanita juga bisa pakai loh. Selain itu menggunakan Acne Clarifying Facial Cleanser dari Gabag Beauty ini cocok untuk kulit berjerawat dan juga dapat mengatasi radang dan kemerahan pada kulit, dan melembabkan kulit. 

Teksturnya pun lembut dan busanya juga halus, paling penting tidak memiliki wangi yang menyengat ya. Karena sejujurnya aku lebih suka skincare yang tidak memiliki wangi loh. Cara penggunaannya pun mudah sekali, tinggal tuangkan ke telapak tangan secukupnya, lalu basuk ke wajah dan pijat secara lembut. 

Sebenarnya alasanku juga menggunakan Acne Clarifying Facial Cleanser ini, formulanya yang menyejukkan, merawat dan menyembuhkan jerawat. Lalu juga kandungannya Tea Tree Oil dan Avocado yang menyejukkan kulit berjerawat, memjaga kelembaban kulit, membantu menjaga kesehatan kulit dari iritasi dan aman digunakan setiap hari. 

Sekalian juga nih, untuk para ibu hamil dan menyusui bisa juga menjadi rangkaian produknya Gabag Beauty ini sebagai pilihan. Karena diformulasikan untuk kecantikan kulit wanita, ibu hamil dan menyusui. Selain itu produk Gabag Beauty ini sudah mendapat sertifikasi halal MUI, ini penting untuk muslim ya. 

2. Acne Care Cream
acne care cream gabag beauty

Setelah sabun pembersih wajah, saatnya aku kasih tau salah satu andalanku hampir seminggu ini. Acne Cream Acne dari Gabag Beauty, tenang ini gak hanya diperuntukan untuk ibu hamil dan menyusui saja kok. Untuk wanita yang sedang tidak hamil dan menyusui boleh banget menggunakan ini. 

Kandungan dari Acne Care Cream Gabag Beauty ini juga ada bahan-bahan alami seperti tea tree Oil, avocado, dan daun lotus yang dapat membantu mengeringkan jerawat, menyejukkan kulit, serta mencegah munculnya noda hitam akibat bekas jerawat. 

Yang perlu diketahui bahwa Acne Care Cream ini juga mengandung aloe vera, green tea, honey comb, algae, daun lotus, tea tree oil, avocado dan daun portulaca. Jadi ini pun aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui ya.

Cara pakainya pun juga gampang:
  • Untuk hasil terbaik gunakan seukuran 1 ruas jari pada wajah yang sudah dibersihkan.
  • Aplikasikan pada kulit wajah yang bermasalah.
  • Biarkan selama 10 menit agar meresap dengan sempurna.
  • Dapat digunakan pagi dan malam hari.

Dari pemilihan produk skincare yang tepat tadi, terutama untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Bahwa produk skincare dari Gabag Beauty ini sudah terdaftar BPOM dan Halal MUI

Tantangan “Confidence Journey Program”
Tantangan Confidence Journey Program

Jadi tertantangkan saya nih pakai rangkaian produk skincare untuk kulit berjerawat. Kebetulan pas liburan kemarin sempat selfie setelah 5 hari menggunakan menggunakan produk dari Gabag Beauty. Kamu yang sudah pakai produk dari Gabag Beauty bisa ikutan nih, Confidence Journey Program (CJP)

CJP merupakan program, dimana para customer yang sudah membeli produk Gabag Beauty, bisa mengikuti program Before-After dengan cara selfie di Gabag Aplikasi untuk menunjukan hasil nyata penggunaan Gabag Beauty. 

Caranya gampang loh, kamu tinggal foto selfie 1x setiap minggu berturut-turut selama 5x. Lalu upload fotonya melalui Gabag aplikasi. Jika journey kamu sudah selesai, peserta CJP langsung bisa mengklaim voucher potongan belanja untuk pembelian selanjutnya.

Mekanisme mengikuti CJP
  • Unduh Gabag Aplikasi di playstore atau appstore
  • Pilih Beauty Assistant - confidence journey program
  • Ikuti journey untuk selfie menyelesaikan misi setiap minggunya
  • Jika journey sudah selesai, voucher belanja bisa langsung di claim pada bagian voucher saya
  • Boleh mengikuti lebih dari 1x journey
  • 1 produk berlaku untuk 1 journey

Yang harus dicatat bahwa Gabag Beauty setiap 3 bulan sekali, ada BIG SURPRISE atau undian para peserta CJP, hadiah yang diberikan berbeda setiap periodenya. Selamat mencoba ya mom’s dan pastikan selalu menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit kita. 



26 komentar:

  1. Dari sekian rangkaian skincare, aku nggak pakai kertas minyak. Terakhir rajin pakai kertas minyak itu waktu ngajar dulu ahaha, 2011. Wah, Gabag ada acne creamnya ya, next mau nyobain kebetulan ada jerawat dua membandel nih.

    BalasHapus
  2. Aku tu paling males kak klo disuruh skinkeran, cuma karena kemarin anak sulung saya bilang:” mama ini kok wajahnya ada titik2 hitam ya?” Tus saya langsung merasa insecure. Skarang mulai lagi deh skinkeran. Kayaknya mau juga coba produk gabag ini

    BalasHapus
  3. Aku tuh termasuk rajin skincare an tapi yang sering kelewat cuma sunscreen aja karena berasanya diem di rumah gak pergi ke mana - mana hahaha padahal mah harusnya tetep pake kan yaaah huhu

    Wah, aku juga biasanya jerawatan kalo dateng bulan aja nih ehehe

    BalasHapus
  4. Diih ratjun banget, langsung pengen beli aku tuh. Kalau ada kandungan tea tree biasanya emang mantul banget sih buat hempaskan jerawat. Btw, aku brau tahu brand skincare gabag lho mak. Kayaknya dulu aku taunya gabag tuh produk2 maternity gitu ga sih?

    BalasHapus
  5. Baru denger skincare Gabag nih, ampuh jg ya buat para pejuang acne bisa nih dicoba :)

    BalasHapus
  6. Kalau mau pakai skincare memang harus paham betul tipe kulit kita sendiri, ya, Mbak.
    Kalau saya tipe kulit yang cenderung kering, tapi kadang kalau mau datang bulan suka ada jerawat muncul juga.
    Memang harus rajin dibersihkan dan dirawat, deh!

    BalasHapus
  7. Gabag yang dikenal dengan tas untuk simpan ASI ternyata punya skincare yah. Gabag beauty formulasinya cocok buat bumil busui, nih. Biasanya bumil yang jerawatan tapi susah cari skincare yang aman.

    BalasHapus
  8. Produk yang aman buat bumil dan busui seperti Gabag Beauty ini sudah pasti aman buat semua. Jadi pemilik kulit berjerawat seperti saya cocok pakainya. Apalagi sudah ada sertifikasi Halal MUI. Yakin pakainya dan tenang hati.
    Seru kalau ada challenge-nya juga. Bisa nih ketahuan before afternya, dapat diskonan dan berhadiah pula

    BalasHapus
  9. Wah iya, kalau lagi hamil dan menyusui itu emang perlu hati hati dalam memilih produk skin care ya mbak
    Tentunya harus yang aman, biar g membahayakan bayi
    Untungnya ada Gabah Beauty ini ya mbak
    Skincare yang aman bagi ibu hamil dan ibu menyusui

    BalasHapus
  10. Tadinya nih wkt bunda usia t0an rajin pake banget skincare-an tp ke sininya mah cuman setum wajah aja yg masih dirajinin pake tp bukan GABAG cuma something made in Bali. Scincare mah buat yg muda2 dan ranum aja deh ya.

    BalasHapus
  11. inget jaman muda aku sering bangeeet mba bawa kertas minyak hehehe. tapi sekarang ulitku malah lebih sering kering deh.. btw aku belum pernah pakai Gabag nih mba

    BalasHapus
  12. Saya tuh kalau lihat produk, selain kandungannya ya, gampang banget jatuh cinta sama desain packagingnya. Duh ampun ini pilihan warnanya kok tjakep bener sih, kebayang kalau dipajang di rak skincare gitu, manis banget pasti kelihatannya.

    BalasHapus
  13. Wah..Gabag sekarang udah ada produk skincarenya. Selama ini kan tahunya Gabag ya cooler bag sahabat ibu menyusui banget. Jadi penasaran nih cobain rangkaian produk Gabag skincare, bisa sekalian ikutan Confidence Journey Program juga

    BalasHapus
  14. Gara-gara jerawat aku sampai gak berani sering-sering make-up Mak. Demi mengurangi jerawat bersemi macam cheery blossom di Korea. Haha. Jadi setiap harinya cuma basic skincare plus sunscreen. Btw, ini Gabag Beauty ngeluarin produk sunscreen juga gak ya?

    BalasHapus
  15. Aku share tulisan ini ke anak cowokku yang kulitnya berjerawat. Sekalian mau tanya mbak, Acne Clarifying Facial Cleanser itu bisa digunakan mulai usia berapa? Anakku yang cewek keningnya agak berjerawat, dan munculnya bukan hanya pas haid. Aku lagi cari facial cleanser yang cocok buat dia.

    BalasHapus
  16. Tantangannya menarik juga nih. Saya jadi pengen ikutan menantang diri sendiri, gimana setelah melakukan perawatan wajah dg produk GabaG yang anti acne ini. Secara jerawat di wajah saya ini susah banget ilangnya.

    BalasHapus
  17. Wah, gabag tu setahuku dulu tas buat nyimpen ASI gitu ya. Sekarang dah ngeluarin skincare yang aman buat bumil juga. Siip lah, biar bumil tetap terawat kulitnya..

    BalasHapus
  18. Untuk kertas minyak, dulu saya pernah pakai sesakali kalau sekarang udah engga pakai. Enaknya pakai Gabag Beauty per tiga bulan ada undiannya

    BalasHapus
  19. Baru tau brand gabag ni mak. Aku juga kulitnya cenderung gampang jerawatan apalagi pas mau mens jd emang harus pinter milih2 skincare dan harus telaten juga

    BalasHapus
  20. Duh kok sama sih di area dagu nih skr jerawatku muncul, gara2 pas pergi lupa bawa kapas buat double cleansing nih.
    Pakai produk skincare juga harus yg sesuai dengan jenis kulit & kebutuhan & yang paling utama sih aman. Untungnya ada produk skincare dari GabaG yg aman untuk semua ya termasuk bumil & busui

    BalasHapus
  21. Aku termasuk orang yang jerawatan saat mau menstruasi. Jadi memang gak terlalu ribet soal skincare khusus wajah berminyak atau berjerawat. Next coba lihat produk Gabag Beauty yang lain deh. Siap tahu nanti mau coba juga

    BalasHapus
  22. Jadiiii bumil busui ga perlu kuatir ada skincare yg aman dan nyaman yakkk
    Harga affordable, khasiat ciamiik

    Seru bangettt klo pakai Gabag Beauty yak 👍😍

    BalasHapus
  23. Emang masalah jeraway nih pr banget ya. Kudu rajin dan telaten bersihinnya. Dan pintar2 nyari produknya macam acne clarifying facial cleanser dan pakai acne cream

    BalasHapus
  24. Kok samaa sih maak kita...
    Toss dulu aaj....
    Ini jerawatku nongol, kebetulan pas di Solo.cuacanya dingin berdebu alhasil jerawat muncul hikhikhik...

    Cobaain aah pakai Gabah beauty tar.

    BalasHapus
  25. Kalau untuk bumil dan busui aja aman, berarti untuk kita semua juga aman dong. Cucok nih dipakai saat kulit sedang berjerawat. Bye bye jerawat, jauh-jauh deh sanaaa....

    BalasHapus
  26. KAlau pakai produk perawatan wajah tuh memang bagus yang aman buat bumil dan busui ya, karena dijamin kandungannya juga aman buat kita yang ga hamil dan menyusui

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.