30 Agustus 2022

Review Summergrass Jogja: "Penginapan Rasa Rumah"

Pengurus Kumpulan Emak Blogger

Setelah diputuskan untuk melaksanakan team building di Yogyakarta, lalu saya diminta untuk mencarikan penginapan selama di Yogya. Biar suasananya semakin akrab jadi cari penginapan yang modelnya rumah gitu, terus keingetan deh sama Summergrass Bed & Breakfast. 

Singkat cerita si Summergrass Jogja ini sebenarnya sudah menjadi salah satu list tempat menginap kalau saya ke Yogya bersama keluarga besar. Tapi waktu tahun lalu gak jadi nginep kesini karena mamah berpulang, padahal dia pengen banget ngumpul sama adik-adiknya di Yogya. 

Karena itulah akhirnya saya kontak Summergrass untuk tempat makmin (panggilan para pengurus) Kumpulan Emak Blogger menginap selama berada di Yogyakarta. Makmin KEB itukan ada 11 orang ya, paslah sama si Summergrass yang memang punya 6 kamar tidur. 

Namanya emak-emak ya terus mau pergi ramaian gitu jadi banyak pertanyaannya waktu itu sama Summergrass. Soalnya kami akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah ini daripada keluar. Memang si Summergrass ini sudah cocok dengan yang kami inginkan. Selain bisa belajar di area ruang makan, kami juga bisa berolahraga di taman yang luas.

Berapa Harga Permalamnya?
summergrass jogjaq

Kalau masuk dari pintu berwarna toska yang eye catching itu pasti langsung berjumpa dengan teras yang cantik ini. Aku dong pas masuk langsung bilang ke makmin lainnya "selamat datang di rumah saya" hahahahaa.... Asli sih ini memang berasa rumah banget, nyaman banget kayak lagi nyenderin Nicholas Saputra gitu. 

Kira-kira bisa tebak gak berapa harga permalamnya? Harga tentu ramah kantong dong, jadi kemarin itu kami sewa satu rumah untuk 3 hari 2 malam. Harga permalamnya itu Rp 2.280.000 untuk permalam, jadi total kemarin itu Rp 4.560.000 untuk satu rumah dengan 6 kamar. 

Harga tersebut sudah termasuk sarapan loh, terus yang menariknya kita juga bisa request sarapan atau lunch modelan piknik gitu. Tapi kalau mau modelan piknik gitu ada chargenya lagi ya.

Picnic Breakfast di Summergrass Jogja
picnic breakfast di summergrass

Ini sih yang paling gemes banget, sarapan kita di hari Sabtu pagi dibuatkan dengan tema piknik oleh pemilik Summergrass. Rejekinya makmin Kumpulan Emak Blogger nih, senang banget kemarin dikasih komplimen berupa sarapa ala piknik di taman. 

Ini salah satu yang bikin aku tertarik sama Summergrass Jogja, karena punya tema sarapan atau makan siang dengan piknik. Jadi merasakan hal yang bedakan dari staycation biasanya. Jujur sih waktu ditawarin ini tuh senang banget karena pengen juga bisa piknik gitukan. 

Kalau untuk sarapan atau ngeteh cantik dengan tema piknik ini untuk perorang itu Rp 80.000 saja. Beda dengan makan siang, harga perorangnya Rp 110.000 dan minimal 2 orang ya. Tapikan memang enakan berdua atau banyakan sih kalau mau modelan piknik gitukan, biar kamu gak dikira jomblo kalau sendirian. 

Summergrass Bed & Breakfast
interior summergrass jogja

Biar gak penasaran aku ajak untuk ngintip dalamnya Summergrass Jogjakarta, kami tiba hari Jumat jam 2 siang seingatku. Habis makan siang di Bu Ageng lansung menuju Summergrass karena sudah pengen rebahan gaes!

Kalau lihat di instagramnya @summergrass.jogja bawaannya tuh memang mau liburan teruskan. Karena setiap sudutnya tuh memang instagramable banget kalau kata anak sekarang. Tapi memang benar sih, pas masuk rumah tuh bawaannya pengen foto-foto kalau gak inget butuh rebahan, hahahaa...

Cocoklah ini rumahnya buat makmin Kumpulan Emak Blogger (KEB), karena ada dapurnya itu loh. Jiwa para pemasak mie instan langsung keluar ya, mentang-mentang lagi liburan. Eh tapi aku gak makan mie instan kemarin itu, sudah tidur soalnya kelar meeting malam hari Jumat. 

summergrass jogja

summergrass jogja

summergrass jogja

Ini dapur yang menyatu dengan ruang makannya, ada indoor dan outdoor juga. Eh tapi sebenarnya ini terbuka juga dibelakang gak ada sekatnya. Percayalah kami belajar kemarin di sini tempatnya, nara sumber dibagian ruang makan yang luar itu. 

Kapan lagi coba belajar sambil duduk di ruang makan gini kalau bukan team buildingnya Kumpulan Emak Bloggerkan? Yang serius belajar ada, yang belajar sambil ngunyah juga ada, yang sambil ngonten juga ada. Dasar memang blogger ya. 

Karena memang ini bed & breakfast jadi memang konsepnya seperti karena ingin lebih menyatu dan lebih akrab gitu tamu satu dengan yang lainnyakan. Soalnya aku pernah juga nginep yang modelan bed & breakfast waktu di luar negeri pun gini ruang makan dan dapurnya menyatu. 

Kita malahan lebih sering duduk di ruang makan sih selama di sana. Kerja apa saja selama di Jogja? Ngunyaaaahhhhh.... Atau enggak ku racun sama kopi padaan, gak pagi, siang dan malam ngopi terus wakakakaaa....

summergrass jogja

summergrass jogja

summergrass jogja

Beberapa ruang dan sudut yang sempat ku foto selama di Summergrass, emang secakep itu sih dalamnya. Eit... Tapi kalau mau foto-foto ada etikanya loh ya. Kemarin ini saya sebelumnya minta izin terlebih dahulu untuk motret selama disana apa saja yang boleh dan tidaknya. 

Yang pasti karena kami bukan untuk kegiatan komersial ya, dan kebanyakan motret pakai smartphone. Kecuali pas foto profile untuk makmin Kumpulan Emak Blogger, ini saya menggunakan kamera DSLR mak Ranny. Ini pun saya juga sudah izin ke yang punya langsung. 

Kamar di Summergrass Jogja
tipe kamar di summergrass jogja

tipe kamar di summergrass jogja

tipe kamar di summergrass jogja

Penasaran gak sama kamarnya? Kamarnya pun gemes-gemes banget loh! Summergrass ada 6 kamar, setiap kamarnya tersedia kamar mandi didalam ya. Tapi ada juga kamar mandi diluar hanya satu tapinya. 

Jadi ini 5 kamar dengan tempat tidur berukuran king size dan 1 kamar dengan twin bed ya. Aku kemarin menempati kamar yang twin bed bersama kak Elly Nurul yang merupakan ketua Kumpulan Emak Blogger.

Kamarnya pun dilengkapi AC jadi jangan khawatir kepanasan ya. Buatku tuh nilai plus sebuah bed & breakfast itu air kamar mandinya ada yang panas. Jadi kalau pas mandi pagi atau kemalaman gak dingin bangetkan. Terutama untuk  yang menginap bersama anak-anak. 

Kalau fasilitas lainnya standard ya, handuk disediakan juga. Sabun mandi ada juga kok, kemarin tuh aku lupa ada shampoonya atau enggak. Sikat dan pasta gigi juga gak ada, jadi memang lebih baik disiapkan ya. Kalau saya sih memang yang selalu bawa sendiri dari rumah, jadi mau dimanapun nginepnya memang terbiasa pakai punya sendiri.

Terpenting adalah mereka menyediakan setrikaan walau tanpa meja. Karena ku tak bisa nginep tanpa setrikaan, bica cek disemua review hotelku pasti selalu ada setrikaan. Ini penting banget soalnya, kan gak lucu liburan bajunya lecek-lecek. 

Mirror Selfie
mirror selfie

bed & breakfast yang instagramable

bed & breakfast yang instagramable

Dekat ruang makan itu ada cermin antik kalau saya bilang, karena dulu di rumah nenek saya cerminnya modelan gini. Foto pertama hari Minggu sebelum check out, foto kedua sebelum mulai belajar bersama para narasumber dan yang terakhir itu foto pas banget baru sampai di Summergrass. 

Jadi gak hanya foto-foto dibeberapa sudutnya saja tapi jangan lupa mirror selfie ya. Hehehehehee... Karena saya tipe yang mending mirror selfie sih daripada selfie. 

Kalau secara keseluruhan untuk aku pribadi selama di Summergrass Jogja ini sih suka banget dengan rumahnya, nyaman bangetlah memang berasa di rumah gitu jadinya. Fasilitas ada semua, wifi juga kenceng, pemiliknya pun ramah dan baik, selain itu juga penjaga rumahnya pun sangat membantu sekali ketika kami membutuhkan sesuatu. 

Kurangnya adalah kurang lama kayaknya kemarin liburan di Jogja ya. Sepertinya memang harus diagendakan kembali nih, seru sepertinya kalau balik lagi dengan judul me time ya bukan team building. 

Terima kasih makmin Kumpulan Emak Blogger untuk 3 hari 2 malam yang menyenangkan. Karena kemarin tidak hanya makmin pusat saja, tetapi ada makmin dari KEB Solo juga, mak Ranny, mak Arinta, mak Ana, mak Wiwid dan mak Aya yang sempat datang pada hari Jumat saja. Kali ini minus teh Efi dan mak Aya, semoga nanti kalau team building bisa dengan formasi lengkap ya. 








Pengelolaan Terpadu Daerah Aliran Sungai (DAS) Rejoso di Kabupaten Pasuruan

Pengelolaan Terpadu DAS Rejoso di Kabupaten Pasuruan

Kolaborasi merupakan kunci dalam pengelolaan terpadu Daerah Aliran Sungai (DAS) Rejoso di Kabupaten Pasuruan. Apakah teman-teman pernah mendengar istilah Daerah Aliran Sungai (DAS)? Sederhananya DAS merupakan bagian permukaan bumi yang mengalirkan air ke sungai saat hujan. 

Pembahasan kali ini aku ingin mengajak teman-teman untuk mengetahui tentang Daerah Aliran Suangai (DAS), lebih spesifiknya tentang kolaborasi dalam pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) Rejoso di daerah Pasuruan, Jawa Timur. 

Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah daerah yang di batasi punggung-punggung gunung dimana air hujan yang jatuh pada daerah tersebut akan ditambpung oleh punggung gunung tersebut dan akan dialirkan melalui sungai-sungai kecil ke sungai utama. 

DAS terdiri dari subsistem hulu, tengah dan hilir. Hulu merupakan awal mula dari aliran sungai yang ditandai dengan derasnya arus air, aliran air jernih, serta terdapat batu-batu dan air terjun. 

Tetapi sering kali terdapat persoalan Daerah Aliran Sungai (DAS) seperti ekploitasi yang berlebihan, alih guna lahan, hilangnya vegetasi yang mengakibatkan terjadinya banjir, erosi tanah dan longsor. 

Bahkan belakangan ini banyak juga daerah yang mengalami susahnya air. Ternyata kekeringan ini pun bisa terjadi jika belum tepatnya strategi dalam pengelolaan DAS. Loh kok bisa? Ya bisa, karena tidak peduli kita terhadap lingkungan sendiri. 

Untuk mencegah permasalahan DAS, bisa dilakukan dengan melestarikan Daerah Alirang Sungai (DAS). Untuk melakukan pelestarian DAS ini dapat mencakup beberapa aspek, mulai dari perlindungan, pemeliharaan, hingga pemanfaatan ekosistem secara berkelanjutan. 

Mengenal Daerah Aliran Sungai (DAS) Rejoso, Kabupaten Pasuruan

Mengenal daerah aliran sungai (DAS) Rejoso, Kabupaten Pasuruan

Daerah Aliran Sungai (DAS) Rejoso, Kabupaten Pasuruan merupakan bagian dari Wilayah Sungai Welang-Rejoso dan mempunyai fungsi strategis sebagai penyedia air bersih tidak hanya bagi kabupaten Pasuruan, namun juga bagi wilayah sekitarnya, seperti Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik. 

Seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan desakan kebutuhan ekonomi, serta rendahnya kesadaran lingkungan, DAS Rejoso mengalami degradasi yang ditandai dengan berbagai permasalah seperti menurunnya debit air, banjir, longsor, erosi lahan dan sedimentasi air sungai, menurunnya kapasitas infiltrasi tanah, pencemaran air akibat penggunaan pupuk. 

DAS Rejoso tidak hanya memiliki fungsi sebagai penyedia air bersih tidak hanya bagi Kabupaten dan Kota Pasuruan, namun juga digunakan oleh PDAM untuk mengalirkan air ke Kota Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Gresik. Hal ini menyebabkan keberadaan dan keberlanjutan DAS Rejoso menjadi sangat krusial dalam konteks pemenuhan kebutuhan air domestik bagi 1.3 juta orang. 

Sumur bor merupakan sumber air utama di wilayah hilir DAS Rejoso baik untuk memenuhi kebutuhan air domestik maupun kegiatan pertanian. Namun eksploitasi air yang berlebihan dan pembuatan sumur bor yang tidak terkelola dengan baik dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan bencana lingkungan. 

Dengan adanya sumur bor yang benar dan aman maka akan menuju penggunaan air tanah dalam yang lebih bijak. Kontruksi sumur bor yang benar dan aman meliputi:
  1. Pemasangan pipa hingga dasar sumur (sesuai kedalaman pengeboran) untuk mencegah penyumbatan dan longsor.
  2. Pengecoran semen pada sekeliling pipa untuk memperkuat dinding sumur.
  3. Pemasangan kran pengatur air, sehingga dapat ditutup saat air tidak digunakan.


Jika cekungan air tanah di DAS Rejoso kering, petani dan peternak pemakai air akan kesulitan. Sumur di rumah ibadah, sekolah dan rumah tangga akan kering. Pelanggan air bersih dari SPAM (Sistem Penyedia Air Minum) Umbulan yang mencapai jumlah 1,6 juta jiwa juga akan kesulitan. 

Untuk menghindari degradasi lebih lanjut di masa yang akan datang, perlu dilakukan upaya #pengelolaanDAS Rejoso secara terpadu dan berkelanjutan dengan melibatkan partisipasi para pihak/komitmen para pihak dalam ini pemerintah daerah, organisasi non pemerintah, swasta, masyarakat atau petani. 

Salah satu bentuk dalam pengelolaan DAS dengan melibatkan partisipasi multipihak adalah melalui skema pembayaran jasa lingkungan (PJL) di hulu dan tengan DAS Rejoso dengan menyediakan pilihan-pilihan pengelolaan DAS yang juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Kolaborasi Kunci Pengelolaan Terpadu Daerah Aliran Sungai (DAS) Rejoso, Kabupaten Pasuruan

kolaborasi pengelolaan daerah aliran sungai (DAS)

Seperti diawal tadi, bahwa saat ini memang sangat diperlukan kolaborasi berbagai pihak untuk pengelolaan terpadu Daerah Aliran Sungai (DAS) Rejoso. Penerapan program efisiensi pemakaian sumber daya air (SDA) di hilir dapat menjadi bagian pengelolaan DAS terpadu khususnya di daerah hilir. 

Dalam melakukan pencapaian dari program yang sudah dilakukan oleh Rejoso Kita di wilayah hulu, tengah dan hilir DAS Rejoso Pasuruan dilakukan skema pembayaran jasa lingkungan hidup, pengenalan teknologi budi daya padi ramah lingkungan, percontohan konstruksi sumur bor yang aman dan benar, serta penguatan kelembagaan Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Kabupaten Pasuruan atau FDP. 

Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Kabupaten Pasuruan (FDP) merupakan ujung tombak dalam membangun dan mengembangkan pengelolaan terpadu DAS dan jasa lingkungan hidup di Kabupaten Pasuruan.

Bekerjasama dengan World Agroforestry (ICRAF) dan Rekonvasi Bhumi, FDP merevitalisasi kelembagaan untuk mengadaptasi percontohan inovasi skema pembayaran jasa lingkungan hidup dan rantai nilai pertanian hijau bahi berbagai komoditas pertanian, serta pengelolaan air tanah dalam secara berkelajutan. 

Saya juga turut hadir dalam Lokakarya yang diadakan pada hari Rabu, 24 Agustus 2022 di Jakarta. Lokakarya dengan tema “Pengelolaan DAS Terpadu di Wilayah Kabupaten Pasuruan Melalui Investasi Bersama Sumber Daya Air” menjadi salah satu informasi bagi saya bahawa dengan adanya kolaborasi yang dilakukan oleh Danone-Aqua ini juga dapat membantu para petani di Rejoso Pasuruan. 

Bapak Mochamad Saleh Nugrahadi, S.Si., M.Sc., Ph.D merupakan Asisten Deputi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Konservasi Sumber Daya Alam, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI menyampaikan pentingnya pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan, tidak hanya untuk alam tapi juga untuk menjamin keberlangsungan bisnis pengusaha sumber daya alam. 

“Pengelolaan sumber daya alam tidak dapat dilaksanakan sendiri oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah, tapi memerlukan keterlibatan aktif dan investasi seluruh pemangku kepentingan, utamnya masyarakat dan pengusaha yang memanfaatkan sumber daya alam tersebut. Dengan bekerja bersama dari hulu ke hilir, kami yakin DAS Rejoso akan terjaga dan dapat dimanfaatkan hingga bertahun-tahun yang akan datang. Kami juga mendorong DAS Rejoso untuk menjadi contoh baik pengelolaan DAS terpadu di dalam World Water Forum 2024 nanti” papar Mochamad Saleh. 

Memang benar bahwa Kolaborasi merupakan salah satu kunci dalam pengelolaan terpadu Daerah Aliran Sungai, seperti yang disampaikan juga oleh beberapa narasumber lain dalam upaya rahabilitasi dan konservasi DAS Rejoso salah satunya adalah dari Danone-Aqua. 

Direktur Sustainable Development Danone Indonesia, bapak Karyanto Wibowo juga mengungkapkan bahwa skema pembayaran jasa lingkungan yang dilaksanakan di wilayah hulu dan tengah DAS Rejoso perlu diapresiasi. “Kita melihat bahwa skema pembayaran jasa lingkungan yang digagas di DAS Rejoso ini tidak hanya tepat sasaran karena menggunakan studi ilmiah sebagai penentuan lokasi dan bentuk konservasi air yang dipilih, namun juga dengan adanya pelibatan masyarakat yang tinggal di Kawasan hulu DAS sebagai pihak yang memelihara dan juga Forum DAS sebagai instuisi yang melakukan pemantauan rutin untuk memasktikan upaya konservasi yang dilakukan terjamin keberlanjutannya”. 

Bapak Karyanto juga yakin bahwa dampak penyelematan lingkungan ini akan lebih besar jika dilakukan secara bersama-sama “Kita semua adalah pengguna air, oleh karenanya, kami pun meyakini bahwa korporasi atau swasta bisa mengambil peran penting menjadi bagian dari aksi kolektif dalam pelestarian sumber daya air, karena lestarinya air adalah tanggung jawab dan masa depan kita bersama”.

Dukungan dari Danone Ecosystem Funds Untuk DAS Rejoso
Danone Ecosystem Funds


Dengan adanya dukungan dari Danone Ecosystem Funds, di bawah koordinasi the World Agroforestry (ICRAF), sejak tahun 2016 yang lalu telah melakukan serangkaian kegiatan di bawah payung program Rejoso Kita dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. 

Tujuan dari program #RejosoKita adalah untuk mendukung pelestarian DAS Rejoso di Kabupaten Pasuruan dan sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan beberapa kegiatan yang terdiri dari:
  1. Pilot skema pembayaran jasa lingkungan di hulu dan tengah DAS Rejoso.
  2. Penggantian dan pengelolaan sumur bor artesis dengan konstruksi yang aman dan benar di wilayah hilir DAS Rejoso.
  3. Pemberdayaan dan pendampingan masyarakat melalui riset aksi budidaya padi ramah lingkungan di wilayah hilir DAS Rejoso.
  4. Fasilitas kelembagaan Forum Koordinasi Pengelolaan DAS kabupaten Pasuruan (FDP).

 

Danone Ecosystem Fund adalah katalis dalam mengembangkan proyek untuk memajukan kepentingan publik di dalam ekosistem rantai nilai tempat Danone beroperasi. Sejak tahun 2009, telah memberikan dampak kepada lebih dari 5 juta orang dan bersama-sama membuat 100 proyek di seluruh dunia. Danone Ecosystem berfokus pada isu perlindungan mata air, pertanian regeneratif, daur ulang plastic inklusif, distribusi mikro dan kesehatan.

Apa Kata Para Petani?
Pada saat menghadiri lokakarya kemarin di JS Luwansa Hotel, setelah mengetahui bagaimana kolaborasi dalam pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Tetapi saya juga ingin tau nih apa harapan dari para petani dari adanya kolaborasi tersebut. 

Saya berkesempatan ngobrol dengan pak Achmad Miftah yang merupakan pengurus Gapotan (Gabungan Kelompok Tani) dan pak Taufik merupakan salah satu petani pendampingan dari ICRAF. Apa harapan dari para petani dan masyarakat sekitar di Pasuruan dengan adanya kolaborasi yang telah terlaksana. 

“Kita bersyukur saat ini sudah terkoneksi dengan beberapa pemangku kepentingan dengan stake holder diberbagai tingkatan, setidaknya kami dari para petani ada harapan baru semacam ada pendampingan. Karena program yang sudah dirancang oleh ICRAF dan timnya betul-betul kami nikmati hasilnya. Sehingga kami berjalan dengan kaidah keilmuan dan seterusnya, sehingga program ini kami berharap bisa berlanjut”. Ungkap bapak Achmad Miftah. 

Berbeda dengan bapak Taufik yang merasakan pada satu tahun yang berjalan ini, power dari ICRAF ini sangat besar. Sehingga memicu petani bisa melakukan manuver yang semula dari kimia yang sekarang bisa mengetahui berbudidaya ramah lingkungan. Harapan selanjutnya tidak hanya untuk pendampingan dari ICRAF saja, tapi bisa juga memberikan ilmu yang sangat bermanfaat hingga bisa diterapkan oleh para petani disekitar. 

Jadi para petani di Pasuruan sangat merasakan sekali dampak yang terjadi setelah adanya kolaborasi dalam pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Rejoso ini. Ini juga bisa menjadi percontohan untuk DAS didaerah lainnya juga loh. #Konservasiair
12 Agustus 2022

Waspada Dalam Mengonsumsi Makanan, Obat, Obat Tradisional, Suplemen, Kesehatan dan Kosmetik

percaya kata bpom

Siapa nih yang kalau membeli makanan, obat, obat tradisional, suplemen, kesehatan dan kosmetik gak Cek KLIK dulu? Atau masih percaya dengan informasi yang simpang siur? Nah, jangan sampai ya kita menjadi salah satu yang percaya kesimpangsiuran informasi tersebut. 

Waspada mengonsumsi makanan, obat, obat tradisional, suplemen, kesehatan dan kosmetik menjadi kewajiban untuk kita semua. Jangan percaya apa kata orang yang bukan ahlinya, karena lebih baik percaya KataBPOM. Dengan begitu kita sudah menjadi konsumen cerdas dalam membeli makanan, obat-obatan dan kosmetik. 

Kalau ditanya "apa iya sekarang ini masih ada yang percaya dengan hoax seputar makanan dan obat-obatan?" Jawabannya "MASIH BANGET!! Apalagi semenjak pandemi Covid-19 ini, kadang suka capek sendiri baca berita atau bahkan keluarga sendiri percaya sama hoax tanpa mengeceknya terlebih dahulu. 

Tidak hanya makanan dan obat-obatan saja yang ramai akan hoaks ya, tetapi juga kosmetik. Sadar gak sih dengan jargon marketing sebuah kosmetik yang selalu sama? "Glowing" Padahal belum tentu juga kandungan bahannya aman bagi kulitkan? 

Terkadang kita suka lupa memperhatikan standar keamanan dari makanan dan obat-obatan yang kita beli, baik secara langsung ataupun secara online. Ternyata gak semuanya yang ada di pasaran itu sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) loh! Jadi gimana cara taunya? Gampang banget, tinggal Cek KLIK saja.

Percaya KataBPOM dengan Lakukan Cek KLIK!
Kata BPOM

Daripada kita percaya kata orang yang bukan ahlinya, lebih baik ingat selalu "KataBPOM" setiap membeli produk dan makanan yang beredar di pasaran ya. Caranya gampang banget kok karena tinggal Cek KLIK saja. 

Saya yakin kebanyakan masyarakat di Indonesia sudah menggunakan smartphone, jadi agar menjadi konsumen cerdas setiap belanja harus melakukan Cek KLIK. 

Kenapa Harus Cek BPOM?
Bahwa sekarang ini masih banyak adanya miss informasi tentang obat dan makanan di masyarakat kita. Beberapa jenis produk, seperti makanan, obat, obat tradisional, suplemen, kesehatan dan kosmetik harus mengantongi izin edar dan nomor dari BPOM. Hal ini bertujuan agar apa yang kita konsumsi menjadi aman nantinya. 

Makanan, obat, obat tradisional, suplemen, kesehatan dan kosmetik yang tidak memiliki izin edar dari BPOM dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan konsumen. Untuk itu penting sekali mengecek keamanannya melalui Cek KLIK yang bisa kita lakukan dengan berbagai cara. 

Pilihan Cara Cek BPOM
Terdapat beberapa pilihan cara mengecek keamanan produk melalui BPOM, mulai dari manual, online hingga melalui aplikasi yang dibuat oleh BPOM.

1. Cek BPOM Dengan Cara Manual
Sebagai konsumen cerdas dalam memilih produk yang aman dan bijak, kita bisa melakukan cek KLIK terlebih dahulu. Cara ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan konsumen menggunakan produk tidak resmi, palsu atau kadaluwarsa. 

Berikut cara memeriksa produk dengan cek KLIK:
  • K (Kemasan) Mengecek apakah kemasan produk dalam keadaan baik atau tidak, dengan memastikan produk tidak sobek, berlubang, penyok, lembek karena lembap, atau tidak karatan.
  • L (Label) Cek label dengan membaca informasi produk yang tertera dalam kemasan dengan seksama. 
  • I (Izin Edar) Periksa izin edar produk dengan memastikan memiliki izin edar dari BPOMm, caranya dengan memeriksa nomor registrasi. Suatu produk harus diwaspadai jika produk tidak mempunyai izin edar.
  • K (Kedaluwarsa) Periksa tanggal kedaluwarsa produk, caranya dengan memastikan bahwa produk tidak melewati masa kadaluwarsa saat akan digunakan atau dikonsumsi. karena produk yang sudah kadaluwarsa tidak akan efektif dan bisa saja membahayakan kesehatan kita loh.

2. Cek Melalui Website BPOM
Cara cek BPOM untuk makanan, obat-obatan, suplemen dan kosmetik juga dapat dilakukan secara online melalui situs resmi BPOM:
  • Masuk ke situs resmi BPOM: www.cekbpom.pom.go.id
  • Pilih produk berdasarkan nomor registrasi
  • Masukan nomor registrasi BPOM (cukup angka yang terteranya saja)
  • Tekar cari atau enter

Cara ini akan memberitahukan kita tentang keaslian nomor registrasi atau menyesuaikan produk yang dibeli dengan yang terdaftar pada BPOM. Apabila hasil pencarian tidak menampilkan data, kemungkinan produk yang akan kita gunakan belum terdaftar. 

Bagaimana jika belum ada nomor registrasinya? Cukup masukan merek atau nama produk yang akan kita cari. Caranya sama dengan mengecek menggunakan nomor registrasi ya.

3. Aplikasi BPOM Mobile
Salah satu cara termudah juga bisa mengunduh aplikasi BPOM, ini bisa langsung dengan cara memindai (scan) 2D barcode. Aplikasi BPOM juga sudah bisa diunduh di App Store dan Play Store.

Cara cek BPOM menggunakan aplikasi:
  • Buka aplikasi Cek BPOM Mobile yang telah terunduh pada smartphone dengan mengklik ikon scan produk. 
  • Arahkan 2d barcode pada kemasan.
  • Jika 2d barcode telah sesuai akan menampilkan data produk

Data produk yang disajikan dalam aplikasi ini termasuk:
  • Nomor registrasi
  • Jenis produk, seperti obat, obat tradisional, suplemen makanan, kosmetik, makanan dan minuman. 
  • Nama produk
  • Tanggal terbit
  • Nama dagang (merek)
  • Jumlah dan kemasan
  • Bentuk sediaan produk
  • Komposisi produk 
  • Nama perusahaan pendaftar dan produsen

bukan kata orang, pastikan katabpom


Sekarang sudah taukan cara-cara untuk cek KLIK, hal ini berguna untuk kita waspada dalam mengonsumsi makanan, obat-obatan, suplemen dan kosmetik secara aman. Mulailah menjadi konsumen cerdas dengan tidak percaya katanya.... katanya... jadi bukan kata orang pastikan KataBPOM.

KataBPOM hadir untuk menyampaikan berbagai informasi obat dan makanan yang berkembang di masyarakat dengan mengedepankan data dan ilmu pengetahuan. Sebagai identitas komunikasi informasi dan edukasi yang kredibel KataBPOM mengutamakan nilai-nilai terpercaya, terbuka, cerdas, informatif, solutif, dinamis, profesional, percaya diri, jujur, modern dan pelindung.

Jika membutuhkan layanan informasi BPOM bisa melalui HALO BPOM 1500533 atau unit layanan pengaduan konsumen BPOM di seluruh Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai obat dan makanan bisa melalui:

Website BPOM: www.pom.go.id
Instagram: @bpom_ri
Twitter: @BPOM_RI
Facebook: bpom.official

09 Agustus 2022

Pengalaman Pertama Paragliding di Nusa Dua Bali

Paragliding di Nusa Dua Bali

Memberikan pengalaman baru untuk Kelvin memang menjadi salah satu tujuan disetiap liburan yang kita lakukan. Walaupun sebenarnya paragliding ini ide spontan ayahnya, karena harus melihat angin pada hari itu. Hari ke 3 kita liburan, ayah janjian sama temannya yang punya Paragliding Tandem di Bali.

Asli seru banget sih ini, karena beneran jadi pengalaman pertama untuk pak suami dan Kelvin yang akhirnya pada hari itu terbang bareng. Terus bundanya kemana? Bundanya ada kok, yang ngerekam videonya. Rekaman singkatnya bisa cek videonya biar pada ngiler pengen terbang juga. 

Padahal aku sudah senang banget pengen nyobain paragliding, cuma entah gimana pas sampai di Paragliding Tandem langsung ciut. Turun dari mobil melihat mereka yang sedang terbang tuh perasaan enak banget dan pengen nyobain sekali-kali, tapi keinget Yoon Se-Ri di Crash Landing On You langsung mengurungkan niat.

Pas ditanya sama temannya pak suami, apakah akan terbang? Aku dengan cepat menjawab "kalau aku naik juga, ngeri nanti tau-tau sampai ke Korea Selatan" Hahahahaa... Ternyata Dayak (ini panggilan temannya pak suami) langsung paham banget sama drama Korea yang hits itu loh. 

Berapa harga untuk main Paragliding? Untuk orang Indonesia RP 750.000 dan wisatawan asing Rp 1.000.000 pada saat itu. Kemarin itu lumayan banyak yang terbang, terutama dari wisatawan asing ya. Ada juga yang sudah datang dan bawa peralatannya sendiri. 

Persiapan Sebelum Paragliding di Bali
Paragliding Tandem Nusa Dua Bali

Paragliding Tandem Nusa Dua Bali

Paragliding Tandem Nusa Dua Bali

Awalnya aku kira mas Kelvin gak bakalan mau waktu diajak ayahnya terbang, ternyata dia pengen banget nyobain loh. Surprise dan senang juga, bahwa saat itu nyalinya gak seciut bundanya. Hahahahaaa... 

Beberapa persiapan yang dilakukan sebelum akan paragliding:
  • Kalau kata teman pak suami "ridho gak nih ngelepas suami dan anak terbang?" keihklasan disini sangat dibutuhkan pemirsa. 
  • Mental, yakin sama diri sendiri akan siap terbang mengudara karena jujur ya selain ditentukan oleh angin dan juga tinggi banget itukan.
  • Sehat fisik, gak hanya ikhlas dan mental saja yang harus disiapkan karena harus dalam keadaan sehat juga waktu terbang. 

Jika ketiganya sudah oke barulah dipasangkan perlengkapannya, untuk anak dan dewasa menyesuaikan ukurannya ya. Tenang, sebelum terbang semua juga sudah dipastikan aman oleh team Paragliding Tandem.

Selain itu kita juga dibawain mini kamera untuk merekam momen kita selama terbang, kalau lihat video Kelvin dan ayahnya terbang ini seru banget loh. Apalagi bisa lihat reaksinya Kelvin dari mulai terbang sampai mendarat. 

Nagih Mau Paragliding Lagi
Paragliding Tandem Bali

Paragliding Tandem Bali


Ini akan jadi pengalaman pertama yang menyenangkan untuk dia, karena bisa main paragliding saat liburan kemarin. Sekarang anaknya sudah nagih lagi buat main paragliding  ke Bali.