12 Agustus 2022

Waspada Dalam Mengonsumsi Makanan, Obat, Obat Tradisional, Suplemen, Kesehatan dan Kosmetik

percaya kata bpom

Siapa nih yang kalau membeli makanan, obat, obat tradisional, suplemen, kesehatan dan kosmetik gak Cek KLIK dulu? Atau masih percaya dengan informasi yang simpang siur? Nah, jangan sampai ya kita menjadi salah satu yang percaya kesimpangsiuran informasi tersebut. 

Waspada mengonsumsi makanan, obat, obat tradisional, suplemen, kesehatan dan kosmetik menjadi kewajiban untuk kita semua. Jangan percaya apa kata orang yang bukan ahlinya, karena lebih baik percaya KataBPOM. Dengan begitu kita sudah menjadi konsumen cerdas dalam membeli makanan, obat-obatan dan kosmetik. 

Kalau ditanya "apa iya sekarang ini masih ada yang percaya dengan hoax seputar makanan dan obat-obatan?" Jawabannya "MASIH BANGET!! Apalagi semenjak pandemi Covid-19 ini, kadang suka capek sendiri baca berita atau bahkan keluarga sendiri percaya sama hoax tanpa mengeceknya terlebih dahulu. 

Tidak hanya makanan dan obat-obatan saja yang ramai akan hoaks ya, tetapi juga kosmetik. Sadar gak sih dengan jargon marketing sebuah kosmetik yang selalu sama? "Glowing" Padahal belum tentu juga kandungan bahannya aman bagi kulitkan? 

Terkadang kita suka lupa memperhatikan standar keamanan dari makanan dan obat-obatan yang kita beli, baik secara langsung ataupun secara online. Ternyata gak semuanya yang ada di pasaran itu sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) loh! Jadi gimana cara taunya? Gampang banget, tinggal Cek KLIK saja.

Percaya KataBPOM dengan Lakukan Cek KLIK!
Kata BPOM

Daripada kita percaya kata orang yang bukan ahlinya, lebih baik ingat selalu "KataBPOM" setiap membeli produk dan makanan yang beredar di pasaran ya. Caranya gampang banget kok karena tinggal Cek KLIK saja. 

Saya yakin kebanyakan masyarakat di Indonesia sudah menggunakan smartphone, jadi agar menjadi konsumen cerdas setiap belanja harus melakukan Cek KLIK. 

Kenapa Harus Cek BPOM?
Bahwa sekarang ini masih banyak adanya miss informasi tentang obat dan makanan di masyarakat kita. Beberapa jenis produk, seperti makanan, obat, obat tradisional, suplemen, kesehatan dan kosmetik harus mengantongi izin edar dan nomor dari BPOM. Hal ini bertujuan agar apa yang kita konsumsi menjadi aman nantinya. 

Makanan, obat, obat tradisional, suplemen, kesehatan dan kosmetik yang tidak memiliki izin edar dari BPOM dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan konsumen. Untuk itu penting sekali mengecek keamanannya melalui Cek KLIK yang bisa kita lakukan dengan berbagai cara. 

Pilihan Cara Cek BPOM
Terdapat beberapa pilihan cara mengecek keamanan produk melalui BPOM, mulai dari manual, online hingga melalui aplikasi yang dibuat oleh BPOM.

1. Cek BPOM Dengan Cara Manual
Sebagai konsumen cerdas dalam memilih produk yang aman dan bijak, kita bisa melakukan cek KLIK terlebih dahulu. Cara ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan konsumen menggunakan produk tidak resmi, palsu atau kadaluwarsa. 

Berikut cara memeriksa produk dengan cek KLIK:
  • K (Kemasan) Mengecek apakah kemasan produk dalam keadaan baik atau tidak, dengan memastikan produk tidak sobek, berlubang, penyok, lembek karena lembap, atau tidak karatan.
  • L (Label) Cek label dengan membaca informasi produk yang tertera dalam kemasan dengan seksama. 
  • I (Izin Edar) Periksa izin edar produk dengan memastikan memiliki izin edar dari BPOMm, caranya dengan memeriksa nomor registrasi. Suatu produk harus diwaspadai jika produk tidak mempunyai izin edar.
  • K (Kedaluwarsa) Periksa tanggal kedaluwarsa produk, caranya dengan memastikan bahwa produk tidak melewati masa kadaluwarsa saat akan digunakan atau dikonsumsi. karena produk yang sudah kadaluwarsa tidak akan efektif dan bisa saja membahayakan kesehatan kita loh.

2. Cek Melalui Website BPOM
Cara cek BPOM untuk makanan, obat-obatan, suplemen dan kosmetik juga dapat dilakukan secara online melalui situs resmi BPOM:
  • Masuk ke situs resmi BPOM: www.cekbpom.pom.go.id
  • Pilih produk berdasarkan nomor registrasi
  • Masukan nomor registrasi BPOM (cukup angka yang terteranya saja)
  • Tekar cari atau enter

Cara ini akan memberitahukan kita tentang keaslian nomor registrasi atau menyesuaikan produk yang dibeli dengan yang terdaftar pada BPOM. Apabila hasil pencarian tidak menampilkan data, kemungkinan produk yang akan kita gunakan belum terdaftar. 

Bagaimana jika belum ada nomor registrasinya? Cukup masukan merek atau nama produk yang akan kita cari. Caranya sama dengan mengecek menggunakan nomor registrasi ya.

3. Aplikasi BPOM Mobile
Salah satu cara termudah juga bisa mengunduh aplikasi BPOM, ini bisa langsung dengan cara memindai (scan) 2D barcode. Aplikasi BPOM juga sudah bisa diunduh di App Store dan Play Store.

Cara cek BPOM menggunakan aplikasi:
  • Buka aplikasi Cek BPOM Mobile yang telah terunduh pada smartphone dengan mengklik ikon scan produk. 
  • Arahkan 2d barcode pada kemasan.
  • Jika 2d barcode telah sesuai akan menampilkan data produk

Data produk yang disajikan dalam aplikasi ini termasuk:
  • Nomor registrasi
  • Jenis produk, seperti obat, obat tradisional, suplemen makanan, kosmetik, makanan dan minuman. 
  • Nama produk
  • Tanggal terbit
  • Nama dagang (merek)
  • Jumlah dan kemasan
  • Bentuk sediaan produk
  • Komposisi produk 
  • Nama perusahaan pendaftar dan produsen

bukan kata orang, pastikan katabpom


Sekarang sudah taukan cara-cara untuk cek KLIK, hal ini berguna untuk kita waspada dalam mengonsumsi makanan, obat-obatan, suplemen dan kosmetik secara aman. Mulailah menjadi konsumen cerdas dengan tidak percaya katanya.... katanya... jadi bukan kata orang pastikan KataBPOM.

KataBPOM hadir untuk menyampaikan berbagai informasi obat dan makanan yang berkembang di masyarakat dengan mengedepankan data dan ilmu pengetahuan. Sebagai identitas komunikasi informasi dan edukasi yang kredibel KataBPOM mengutamakan nilai-nilai terpercaya, terbuka, cerdas, informatif, solutif, dinamis, profesional, percaya diri, jujur, modern dan pelindung.

Jika membutuhkan layanan informasi BPOM bisa melalui HALO BPOM 1500533 atau unit layanan pengaduan konsumen BPOM di seluruh Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai obat dan makanan bisa melalui:

Website BPOM: www.pom.go.id
Instagram: @bpom_ri
Twitter: @BPOM_RI
Facebook: bpom.official

26 komentar:

  1. Konsumen yang cerdas pasti selalu cek KLIK dan cek BPOM untuk keamanan produknya. Kalo sudah terbiasa melakukannya, niscaya tidak ada yang tertipu dengan produk yang seolah asli padahal palsu.

    BalasHapus
  2. Mesti cek KLIK tiap kita belanja produk apapun nih, bisa secara manual maupun cek melalui website BPOM ya mak :D Memang deh kitanya kudu sabar, demi kesehatan, jangan asal pilih, ambil, masuk keranjang begitu saja. Pakai aplikasi juga praktis ya kita tinggal scan barcode aja :D TFS.

    BalasHapus
  3. iyes, hoax masih aja bertebaran ya nyaak. Udah cek ke yg pasti pengujiannya, percaya BPOM. Konsumen cerdas percaya BPOM, klo nggak terdaftar serem jg misalnya kosmetik, obat, kita konsumsi ituu.

    BalasHapus
  4. Bener banget emang harus cek label BPOM tiap mau beli makanan, obat, dan kosmetik biar terjamin keamanannya ya Mak. Serem ah kalo beli yang gak ada label BPOM-nya. Takut kenapa-kenapa tubuhnya nanti karena akan dimasukkan ke tubuh kan.

    BalasHapus
  5. Memang sekarang kita harus semakin jeli dalam memilih produk untuk digunakan yah, jangan mudah kemakan iklan manis, tetap harus cek KLIK dan BPOM supaya lebih aman yaah

    BalasHapus
  6. Setuju mom kita jadi konsumen kita harus cerdas dengan percaya kata BPOM. Aku dalam memberi probuk obat, kosmetik atau makanan kemasan lebih nyaman dan aman kalau sudah ada ijin BPOM nya

    BalasHapus
  7. Akuu ngacungg ☝...
    Patut di jewer ya maak, sukaa abai maak sama cek ricek bpom🤭
    Apalagi kalau lihat testimoni okee nah main percaya ajaa🤣.

    Makasih mak chichie telah mengingatkan untuk cek ricek barang yang kita beli

    BalasHapus
  8. Wajib menurutku kita jadi konsumen cerdas. Langsung di cek dulu jika mau konsumsi atau gunakan. Dan skarang pengecekan juga makin mudah karena via website BPOM juga sudah bisa dilakukan.

    BalasHapus
  9. Aku belum cek klik nih, memang seharusnya dicek bpom ya apalagi kalau baru pertama kali beli. Jeli melihat produk skincare. Mukaku termasuk sensitif, nggak bisa sembarang skincare. kalau udah ada bpom lebih aman ya.

    BalasHapus
  10. Sekarang kalau lihat produk-produk yang baru dibeli auto langsung cek ke aplikasi BPOM dulu supaya nggak was-was soal keamanan produknya

    BalasHapus
  11. Seringnya kalo cek produk di kemasan kurang jelas. Sampai mesti difoto produk nya dan di-zoom agar terlihat beneran ada Cek Klik dari BPOM. Terutama produk skincare nih yang tulisannya di kemasan kecil banget.

    BalasHapus
  12. Daripada ragu sama info satu produk dari si A, B, C mending langsung cek di BPOM ya mbak. Aku beberapa kali cek info disini, sejak itu mulai ketagihan deh.

    BalasHapus
  13. Ternyata Cek KLIK ini ada maknanya yaa..
    Dan dengan selalu cerdas cek KLIK, semoga bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga.

    BalasHapus
  14. Kalau beli produk makanan memang sebaiknya pastikan selalu cek KLIK ya supaya gak zonk pas nyampek rumah, eh ternyata gak bisa dikonsumsi.
    Cara ngeceknya pun gampang bisa cek manual atau langsung cek pakai web/ aplikasi BPOM.

    BalasHapus
  15. Nah penting banget nih pengetahuan ini, untuk selalu cek kata BPOM menyangkut obat, kosmetik dan juga makanan.

    Sejak pandemi kemarin, banyak banget tuh bermunculan aneka olahan makanan frozen. Ada teman saya guru SMK jurusan pengolahan hasil pertanian. Buat praktek anak-anak sering bikin olahan frozen food juga, terus saya tanya kenapa nggak dipasarkan secara luas saja. Dia bilang nggak berani kalau belum punya ijin BPOM, dan untuk mendapatkan ijin BPOM juga prosesnya tidak mudah.

    Sayangnya nggak banyak orang yang seperti teman saya ini. Tergiur keuntungan besar, nekad aja memproduksi dan memasarkan produk yang belum ada ijin BPOM

    BalasHapus
  16. Sedih ya, di kita masih aja ada yang ignore dengan apa kata BPOM dan malah ikut dengan hoax. Padahal jelas-jelas kalo BPOM mah punya riset dan data yang jelas. Baik itu yang boleh atau pun yang tidak bolehnya. Semoga dengan semakin banyak sosialisasi begini, semakin cerdas ya konsumen di kita.

    BalasHapus
  17. Sejujurnya, aku belum pernah cek kode registrasi suatu produk melalui web maupun aplikasi BPOM. Palingan cek manual dengan KLIK. Soalnya aku jarang coba2 produk yang merk-nya belum familier hehehe. Tapi ketika ketemu produk dengan bran yang aku kenal, biasanya langsung cermati nih, uda BPOM belum?

    Btw, nomor registrasi BPOM bisa dipalsukan nggak sih?

    BalasHapus
  18. Aku setuju banget kalau menjadi konsumen harus cerdas, supaya apa yang kita beli benar-benar bermanfaat untuk kita dan tidka menimbulkan efek yg buruk ke depannya

    BalasHapus
  19. Banyak banget, masiih Chi termasuk aku juga, kadang2 sih suka ga aware baca dulu, hihii.
    Kembali dingatkan, jangan sampe denger katanya, katanya, cuss langsung bisa di cek di aplikasi akan memudahkan kita akan penjelasan produk tsb udah BPOM atap belom.

    BalasHapus
  20. Percaya sama BPOM, beneeer. Jangan dikit2 kemakan hoax katanya, apalagi broadcast message di grup keluarga :)) Padahal gampang buat cek di KLIK, semudah genggaman tangan.

    BalasHapus
  21. Gara-gara nonton YouTubenya dokter Richard jadi tahu nomor BPOM itu bisa dipalsuin.
    Jadi ketika masukin nomor BPOM di web BPOM ngga muncul produknya atau malah muncul produk lainnya.
    Jadi kudu bener-bener di cek dulu keamaannya sebelum memutuskan belanja

    BalasHapus
  22. Gara-gara nonton YouTubenya dokter Richard jadi tahu nomor BPOM itu bisa dipalsuin.
    Jadi ketika masukin nomor BPOM di web BPOM ngga muncul produknya atau malah muncul produk lainnya.
    Jadi kudu bener-bener di cek dulu keamaannya sebelum memutuskan belanja

    BalasHapus
  23. selama ini aku masih pakai cara pertama dengan KLIK di kemasannya.
    sepertinya bakal lebih mudah dengan install apps jadi setiap belanja tinggal buka apps untuk cek benarkah terdaftar di BPOM.

    BalasHapus
  24. nah untuk sesuatu yg dikonsumsi emang mesti bener2 yaa cek apakah teruji bener dan udah lulus BPOM atau gak. enaknya di aplikasi skrg udah ada yaa? jd misal lagi belanja2 tinggal cek gitu aja yaa? ih super gampang banget

    BalasHapus
  25. Aku pun selalu ngecek tiap obat dan skincare juga body care dan hair care yg aku pake udh ada BPOM nya atau belum. Ga mau aja pake produk abal2. Kecualiiii, kayak skincare yg aku pake skr, kan merk Korea. Nah udh ada BPOM nya Krn dia resmi masuk Indonesia. Tapi kalo aku ke Korsel, dan melihat produk yg aku pake TD, aku pasti beli juga, walo bpomnya ga ada. Ya namanya juga di negara asalnya ga mungkin pake BPOM kita kan. Tapi Krn aku beli selalu di official counter, dan memang produknya sendiri udh masuk legal ke Indonesia, ya tetep aku beli. Apalagi di negara asalnya hrg bisa lebih murah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.