30 Agustus 2022

Review Summergrass Jogja: "Penginapan Rasa Rumah"

Pengurus Kumpulan Emak Blogger

Setelah diputuskan untuk melaksanakan team building di Yogyakarta, lalu saya diminta untuk mencarikan penginapan selama di Yogya. Biar suasananya semakin akrab jadi cari penginapan yang modelnya rumah gitu, terus keingetan deh sama Summergrass Bed & Breakfast. 

Singkat cerita si Summergrass Jogja ini sebenarnya sudah menjadi salah satu list tempat menginap kalau saya ke Yogya bersama keluarga besar. Tapi waktu tahun lalu gak jadi nginep kesini karena mamah berpulang, padahal dia pengen banget ngumpul sama adik-adiknya di Yogya. 

Karena itulah akhirnya saya kontak Summergrass untuk tempat makmin (panggilan para pengurus) Kumpulan Emak Blogger menginap selama berada di Yogyakarta. Makmin KEB itukan ada 11 orang ya, paslah sama si Summergrass yang memang punya 6 kamar tidur. 

Namanya emak-emak ya terus mau pergi ramaian gitu jadi banyak pertanyaannya waktu itu sama Summergrass. Soalnya kami akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah ini daripada keluar. Memang si Summergrass ini sudah cocok dengan yang kami inginkan. Selain bisa belajar di area ruang makan, kami juga bisa berolahraga di taman yang luas.

Berapa Harga Permalamnya?
summergrass jogjaq

Kalau masuk dari pintu berwarna toska yang eye catching itu pasti langsung berjumpa dengan teras yang cantik ini. Aku dong pas masuk langsung bilang ke makmin lainnya "selamat datang di rumah saya" hahahahaa.... Asli sih ini memang berasa rumah banget, nyaman banget kayak lagi nyenderin Nicholas Saputra gitu. 

Kira-kira bisa tebak gak berapa harga permalamnya? Harga tentu ramah kantong dong, jadi kemarin itu kami sewa satu rumah untuk 3 hari 2 malam. Harga permalamnya itu Rp 2.280.000 untuk permalam, jadi total kemarin itu Rp 4.560.000 untuk satu rumah dengan 6 kamar. 

Harga tersebut sudah termasuk sarapan loh, terus yang menariknya kita juga bisa request sarapan atau lunch modelan piknik gitu. Tapi kalau mau modelan piknik gitu ada chargenya lagi ya.

Picnic Breakfast di Summergrass Jogja
picnic breakfast di summergrass

Ini sih yang paling gemes banget, sarapan kita di hari Sabtu pagi dibuatkan dengan tema piknik oleh pemilik Summergrass. Rejekinya makmin Kumpulan Emak Blogger nih, senang banget kemarin dikasih komplimen berupa sarapa ala piknik di taman. 

Ini salah satu yang bikin aku tertarik sama Summergrass Jogja, karena punya tema sarapan atau makan siang dengan piknik. Jadi merasakan hal yang bedakan dari staycation biasanya. Jujur sih waktu ditawarin ini tuh senang banget karena pengen juga bisa piknik gitukan. 

Kalau untuk sarapan atau ngeteh cantik dengan tema piknik ini untuk perorang itu Rp 80.000 saja. Beda dengan makan siang, harga perorangnya Rp 110.000 dan minimal 2 orang ya. Tapikan memang enakan berdua atau banyakan sih kalau mau modelan piknik gitukan, biar kamu gak dikira jomblo kalau sendirian. 

Summergrass Bed & Breakfast
interior summergrass jogja

Biar gak penasaran aku ajak untuk ngintip dalamnya Summergrass Jogjakarta, kami tiba hari Jumat jam 2 siang seingatku. Habis makan siang di Bu Ageng lansung menuju Summergrass karena sudah pengen rebahan gaes!

Kalau lihat di instagramnya @summergrass.jogja bawaannya tuh memang mau liburan teruskan. Karena setiap sudutnya tuh memang instagramable banget kalau kata anak sekarang. Tapi memang benar sih, pas masuk rumah tuh bawaannya pengen foto-foto kalau gak inget butuh rebahan, hahahaa...

Cocoklah ini rumahnya buat makmin Kumpulan Emak Blogger (KEB), karena ada dapurnya itu loh. Jiwa para pemasak mie instan langsung keluar ya, mentang-mentang lagi liburan. Eh tapi aku gak makan mie instan kemarin itu, sudah tidur soalnya kelar meeting malam hari Jumat. 

summergrass jogja

summergrass jogja

summergrass jogja

Ini dapur yang menyatu dengan ruang makannya, ada indoor dan outdoor juga. Eh tapi sebenarnya ini terbuka juga dibelakang gak ada sekatnya. Percayalah kami belajar kemarin di sini tempatnya, nara sumber dibagian ruang makan yang luar itu. 

Kapan lagi coba belajar sambil duduk di ruang makan gini kalau bukan team buildingnya Kumpulan Emak Bloggerkan? Yang serius belajar ada, yang belajar sambil ngunyah juga ada, yang sambil ngonten juga ada. Dasar memang blogger ya. 

Karena memang ini bed & breakfast jadi memang konsepnya seperti karena ingin lebih menyatu dan lebih akrab gitu tamu satu dengan yang lainnyakan. Soalnya aku pernah juga nginep yang modelan bed & breakfast waktu di luar negeri pun gini ruang makan dan dapurnya menyatu. 

Kita malahan lebih sering duduk di ruang makan sih selama di sana. Kerja apa saja selama di Jogja? Ngunyaaaahhhhh.... Atau enggak ku racun sama kopi padaan, gak pagi, siang dan malam ngopi terus wakakakaaa....

summergrass jogja

summergrass jogja

summergrass jogja

Beberapa ruang dan sudut yang sempat ku foto selama di Summergrass, emang secakep itu sih dalamnya. Eit... Tapi kalau mau foto-foto ada etikanya loh ya. Kemarin ini saya sebelumnya minta izin terlebih dahulu untuk motret selama disana apa saja yang boleh dan tidaknya. 

Yang pasti karena kami bukan untuk kegiatan komersial ya, dan kebanyakan motret pakai smartphone. Kecuali pas foto profile untuk makmin Kumpulan Emak Blogger, ini saya menggunakan kamera DSLR mak Ranny. Ini pun saya juga sudah izin ke yang punya langsung. 

Kamar di Summergrass Jogja
tipe kamar di summergrass jogja

tipe kamar di summergrass jogja

tipe kamar di summergrass jogja

Penasaran gak sama kamarnya? Kamarnya pun gemes-gemes banget loh! Summergrass ada 6 kamar, setiap kamarnya tersedia kamar mandi didalam ya. Tapi ada juga kamar mandi diluar hanya satu tapinya. 

Jadi ini 5 kamar dengan tempat tidur berukuran king size dan 1 kamar dengan twin bed ya. Aku kemarin menempati kamar yang twin bed bersama kak Elly Nurul yang merupakan ketua Kumpulan Emak Blogger.

Kamarnya pun dilengkapi AC jadi jangan khawatir kepanasan ya. Buatku tuh nilai plus sebuah bed & breakfast itu air kamar mandinya ada yang panas. Jadi kalau pas mandi pagi atau kemalaman gak dingin bangetkan. Terutama untuk  yang menginap bersama anak-anak. 

Kalau fasilitas lainnya standard ya, handuk disediakan juga. Sabun mandi ada juga kok, kemarin tuh aku lupa ada shampoonya atau enggak. Sikat dan pasta gigi juga gak ada, jadi memang lebih baik disiapkan ya. Kalau saya sih memang yang selalu bawa sendiri dari rumah, jadi mau dimanapun nginepnya memang terbiasa pakai punya sendiri.

Terpenting adalah mereka menyediakan setrikaan walau tanpa meja. Karena ku tak bisa nginep tanpa setrikaan, bica cek disemua review hotelku pasti selalu ada setrikaan. Ini penting banget soalnya, kan gak lucu liburan bajunya lecek-lecek. 

Mirror Selfie
mirror selfie

bed & breakfast yang instagramable

bed & breakfast yang instagramable

Dekat ruang makan itu ada cermin antik kalau saya bilang, karena dulu di rumah nenek saya cerminnya modelan gini. Foto pertama hari Minggu sebelum check out, foto kedua sebelum mulai belajar bersama para narasumber dan yang terakhir itu foto pas banget baru sampai di Summergrass. 

Jadi gak hanya foto-foto dibeberapa sudutnya saja tapi jangan lupa mirror selfie ya. Hehehehehee... Karena saya tipe yang mending mirror selfie sih daripada selfie. 

Kalau secara keseluruhan untuk aku pribadi selama di Summergrass Jogja ini sih suka banget dengan rumahnya, nyaman bangetlah memang berasa di rumah gitu jadinya. Fasilitas ada semua, wifi juga kenceng, pemiliknya pun ramah dan baik, selain itu juga penjaga rumahnya pun sangat membantu sekali ketika kami membutuhkan sesuatu. 

Kurangnya adalah kurang lama kayaknya kemarin liburan di Jogja ya. Sepertinya memang harus diagendakan kembali nih, seru sepertinya kalau balik lagi dengan judul me time ya bukan team building. 

Terima kasih makmin Kumpulan Emak Blogger untuk 3 hari 2 malam yang menyenangkan. Karena kemarin tidak hanya makmin pusat saja, tetapi ada makmin dari KEB Solo juga, mak Ranny, mak Arinta, mak Ana, mak Wiwid dan mak Aya yang sempat datang pada hari Jumat saja. Kali ini minus teh Efi dan mak Aya, semoga nanti kalau team building bisa dengan formasi lengkap ya. 








23 komentar:

  1. Mbaaaaaak, kok cakeeep bangetttt ini penginapannyaaa 😍😍😍😍. Sayang pas ke Jogja Ama temen awal Agustus kemarin, aku ga bisa cari penginapan yg lucuk2, soalnya temenku gila nge gym. Jadi maunya hotel yg ada fasilitas gym komplit πŸ˜‚.

    Aku tuh Yaa sukaaa bgt Ama sesuatu yg ngejreng2. Warna mencolok, Krn kesannya jadi ceriaaa ❤️. Bikin semangat, dan ga flat. Makanya kalo ketemu penginapan yg 'rame' gini, langsung sukaaaaa 😍. Ntr kalo ketemuan Ama adek2 ku, ini cocok sih memang apalagi kamarnya cukup.

    BalasHapus
  2. Jadi mau bersandar yakaan di situuuu... nyaman banget ini tempatnya. Aku suka dapurnya deh. Wahahaha ratjun kupi yaa, aku nggak bisa ngupi lagi nih semenjak pandemik jadi nggak bisa kupi. Penting air hangat deh apalagi sama anak2 yes.. reviewnya lengkaaap nih aku cateeet summergrass

    BalasHapus
  3. Baru aja nampak depan sudah kelihatan nyaman, serius berasa nyender sama NicSap wakakaka. Aku seneng nemu penginapan unyu macam Summergrass Jogja ini. Bisa nih buat nginep bareng keluarga besarku nanti..Seru karena ada sudut-sudut lucu. Bagian piknik sarapan atau lunch juga lumayan banget...ya ampun homey begini, para Makmins pasti mbrudul ide-ide kerennya nanti. Sukses KEB!

    BalasHapus
  4. Waaah aslii cakepp muraahhh mana kamarnya banyaak, aq simpen nih bisa buat agenda kumpul keluarga tar pas pulang solo.
    Makasih yaaa maak aku sukaakπŸ‘

    BalasHapus
  5. Tim building dengan tempat dan suasana yang mendukung seperti di Summergrass ini asyik banget, Mak. Kenangan indahnya pasti melekat kuat dan tujuan tim building tercapai ^__^

    BalasHapus
  6. Cakeeeeep banget penginapannya. Langsung keingetan sama sahabat-sahabat zaman kuliah yang ngajak liburan di Jogja. Kayaknya saya jadi pengen ngusulin ke sini. Kayaknya bakal asik, nih. ^_^

    BalasHapus
  7. Masya Allah.. semua sudut di Summergrass Jogja ini kok cantik-cantikk ya, Mak.. siapa yang gak betah ya nginep di situ. Hihi. Homy banget pula. Trus yg paling seru makan bareng tema piknik itu sih kalau aku :)

    BalasHapus
  8. Serunya bisa kumpul bareng gini ya mbak
    Apalagi menginap di tempat penginapan sekece summerglass Yogyakarta ini
    Aku nanti kalau ke Yogyakarta, mau nyobain nginep disini juga ah

    BalasHapus
  9. Menyenangkan sekali ya penginapannya. Jadi langsung ngayal andai bisa punya rumah seperti itu. Dan para tamu sangat dimanjakan dengan keindahannya. Penyuka selfie bisa puas juga. Btw, idenya bagus tuh, yang cermin selfie

    BalasHapus
  10. Makkkk...bagus banget sih penginapannya seperti di rumah banget, kayaknya cocok kalau buat lokasi kumpul keluarga besar apalagi kamarnya lumayan banyak terus ada dapurnya, jadi sambil liburan bisa masak sendiri. Noted ah siapa tahu nanti bisa reunian barenga keluarga di Jogja.

    BalasHapus
  11. Maak, suka banget dengan segala pemandangan yang ada di Summergrass Jogja ini. Kamar tidurnya juga jreng ceria gitu. Dan, saya paling suka pot bunga warna kuning dengan tanaman kaktus itu.

    BalasHapus
  12. Sukak banget deh sama penginapannya...Jadi pengen nginep disitu kalo pas ke Jogja.. Apalagi sarapannya di kebun begitu..ihhh seru banget

    BalasHapus
  13. Aduduuh, nggak tahan deh itu penginapannya cakep banget. Apalagi bisa piknik gitu. Dan masya Allah dapurnya, serasa pengin aku bawa pulang haha. Harganya cukup terjangkau, ya, untuk 6 kamar cuma 2,2 jutaan aja per malam. Harus ditandain nih, Summergrass.

    BalasHapus
  14. Serunya Mak Min KEB pada kumpul bareng gini

    Btw, catet ya Summergrass Jogja ini. Aku kepikiran buat ngumpul juga dan emang enaknya penginapan yang terasa di rumah. Ini sih sesuai bayanganku

    BalasHapus
  15. Waahh iyaaa... warna2 kamarnya koq gemeesss gitu sih. Jadi pengin nyusul rebahan bareng deh di situ sambil rumpi2 cantiixx,😍

    BalasHapus
  16. Jadi pingin nanya ke kacanya.."Mirror mirror on the wall, who's the fairest one of all?"
    Hehhe..

    Summergrass Jogja ini aestheticnya kebangetan.
    Perpaduan warna dan desain interior yang vintage, bikin semakin terkesan suasana 90an yang humble. Pake diiringi lagu dari piringan hitam juga gak nih?

    BalasHapus
  17. Bagus banget mbak, pernak-perniknya antik dan jadi keingat jaman kecil dulu tuh lihat perabotannya.

    Kerja sambil ngunyah, foto-foto, ngonten, ini sih pekerjaan yang menyenangkan banget

    BalasHapus
  18. Wow penginapannya keren ya dengan cat warna warni yang menyolok. Pastinya bikin betah ya mba. Next kalau ke Jogja pengen deh nginep di sini. Makasih infonya ya mb...

    BalasHapus
  19. Terniat tapi mengerti banget kebutuhan pengunjung nih penginapannya. Sampai-sampai ada cermin buat selfie gitu.

    Ini penginapan lain dari pada yang lain. Noted, nih, besok-besok kalau liburan di Jogja, cobain nginep di Summergrass Jogja.

    BalasHapus
  20. Mantap, nyaman ya mba.. nyaman kayak dirumah sampai2 kurang lama rasanya hehe. Rencana mau juga ah mampir kesana kalau main-main ke Yogyakarta nanti

    BalasHapus
  21. Waaaa aku sejak KEB posting di tiktok ngiri banget liatnya hahhaa awaas yaaa ntar kalo ke Yogya aku ke sini ah nginep nya

    BalasHapus
  22. Seru bangett nginep bareng makmin disini, nuansanya instagenic, kamarnya kembang-kembang cucok buat emak-emak.
    Makannya juga asyik piknik gitu, terus selama disana banyak nyamuknya ngga mba? Soalnya modelan terbuka, banyak tumbuhan gitu tempat nyamuk biasanya. Hehe

    BalasHapus
  23. Cakeppp banget suasananya, homey dan instagramable yaaa. Lumayan buat referensi penginapan kalo main ke Jogja ihiyyy

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.