26 Oktober 2022

Pentingnya Me Time Untuk Ibu

pentingnya me time untuk ibu

Sudahkah ibu melakukan me time dalam minggu ini? Seberapa pentingkah me time untuk ibu? Penting banget loh! Jadi me time itu tidak harus mahal, karena ada beberapa me time yang bisa dilakukan di rumah juga loh. Salah satu yang saya lakukan adalah menonton drama Korea. 

Siapa pun sebenarnya membutuhkan me time, termasuk ibu. Baik mau ibu rumah tangga atau ibu bekerja ya, tetap butuh me time walau hanya di rumah saja. Apalagi pekerjaan sebagai seorang ibu itu banyak, betul gak nih? 

Kadang kita sebagai ibu juga merasa tidak ada waktu untuk me time. Ngebayangin pekerjaan sehari-hari seorang ibu saja rasanya sudah bikin pusing. Tapi itu terjadi jika tidak bisa mengatur waktu dengan baik. 

Apa itu Me Time?
Me Time didefinisikan sebagai waktu yang dihabiskan untuk bersantai sendiri atau melakukan sesuatu untuk mengurangi stres atau memulihkan energi. Me Time bukan suatu hal yang egois ya, karena dengan melakukan me time dapat membantu ibu menjadi lebih baik. 

Kenyataannya, ada situasi ketika ibu butuh me time dan cobalah beristirahat dari aktivitas sehari-hari. Makanya me time sangat penting dilakukan, setidaknya kita dapat meluangkan waktu 15 menit sehari. Membuat rencana me time sekali atau dua kali sebulan jika memang waktu ibu benar-benar padat. 

Alasan Ibu Butuh Me TIme
alasan ibu butuh me time

Kalau menurutku semua ibu itu butuh me time, mau ibu rumah tangga atau ibu bekerja pun tetap butuh me time. Karena me time ini dapat membebaskan diri dari stres berlebih loh bu. Apalagi untuk ibu yang merasa bahwa waktu 24 jam rasanya gak cukup ya. 

Menjadi seorang ibu itu bukanlah tugas yang mudah, apalagi kita bukan sultan Andara ya. Karena ibu masih harus mengurus rumah, anak dan suami, apalagi ibu harus dituntut untuk sempurna. 

Ibu harus kuat, tidak boleh mengeluh dan harus bisa menjalankan peranan apapun. Kondisi inilah yang kerap menjebak para ibu untuk berlaku seperti wanita super ya, pokoknya pasti bisalah kepegang semua.

Jadi alasan ibu untuk me time bukan sekedar membebaskan diri dari kesibukannya. Ada banyak yang bisa ibu peroleh jika bisa meluangkan waktu untuk dirinya sendiri. Berikut pentingnya "Me Time" untuk ibu:
  1. Mengembalikan energi, setelah seharian mengurus rumah, anak dan bekerja pasti merasakan lelah dan kehilangan energi. Nah, jadi ibu butuh me time untuk mengisi kembali energi yang hilang setelah berjibaku dengan pekerjaannya. 
  2. Menjaga kesehatan mental anak, ini penting sekali bagi anak-anak dalam mengembangkan emosional dengan orang-orang sekitarnya. Pasalnya, jika terus berada di samping ibunya, anak akan terlalu bergantung pada ibunya, sehingga secara emosional, mental dan otaknya tidak akan berkembang. 
  3. Membantu memperbaiki hubungan dengan suami, membesarkan dan mengasuh anak memang dapat menyita banyak waktu untuk dihabiskan bersama suami. Ibu dapat memanfaatkan me time ini untuk pergi makan malam bersama pasangan atau sekedar menonton film di rumah.
  4. Menjadikan kita ibu yang lebih baik, untuk membesarkan seorang anak membutuhkan energi, kesebaran dan pikiran yang sehat. 

Kegiatan Me Time Untuk Ibu di Rumah
Kegiatan me time

Kebanyak ibu banyak berpendapat bahwa me time ini harus mengeluarkan uang yang banyak. Padahal ada beberapa kegiatan me time yang bisa dilakukan dengan murah meriah happy ending. 

Seperti yang saya katakan diawal tadi bahwa me time merupakan momen bagi seseorang untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari dan menyediakan waktu bagi diri sendiri. 

Sebagai terapi mengisi ulang "baterai" atau memberikan apresiasi pada diri sendiri, kita dapat melakukan beberapa me time tanpa harus menguras dompet. Ini juga beberapa kali saya lakukan sendiri ya. 

1. Pergi ke kedai kopi terdekat
Takut kalau perginya jauhan bakal dicariin keluarga di rumah, ibu bisa mencoba ngopi sejenak ke kedai kopi hanya untuk duduk dan menikmati secangkir kopi. Ibu bisa sambil membaca buku atau menikmati waktu yang ada. 

Minum kopi dan menikmati croissant atau cookies yang disediakan di kedai kopi biasanya saya mengeluarkan biaya Rp 46.000 saja. Kalau yang mau heboh banget bisa. Ini bisa disesuaikan dengan kesukaan dan budgetnya ya. 

2. Membaca Buku
Kapan terakhir ibu baca buku? Mungkin ada buku favorit yang belum sempat dibaca, bisa menjadikan me time dengan membaca buku di rumah. Kalau saya biasanya lebih suka buku-buku fiksi atau tips-tips. 

3. Mendengarkan Musik
Karena saya ibu rumah tangga yang banyak acara, biasanya kalau sudah menyelesaikan pekerjaan domestik suka mendengarkan musik  sambil leyeh-leyeh dikursi malas. Biasanya dengan ending ketiduran lebih seringnya. 

4. Berkebun
Walau di rumah tamannya mini tapi berkebun juga adalah kunciku untuk me time. Selalu menyediakan waktu setiap harinya, untuk sekedar menyapa tanaman, menyiram, memberikan serum dan merawatnya. 

Apalagi semenjak pandemi, berkebun menjadi kegiatan yang menyenangkan jadi sampai sekarang masih terus saya lakukan. Melihat tanaman di rumah tumbuh sbur dan hijau-hijau itu rasanya senang sekali. 

5. Menulis
Karena saya juga seorang blogger dan digital creator, menulis juga menjadi salah satu aktivitas me time yang saya lakukan. Membuat tulisan tentang experience saya bersama keluarga atau yang saya lakukan sendiri menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. 

Kalau tidak punya blog bagaimana? Tenang, ibu bisa menulis dibuku jurnal. Karena jurnal juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan sekali. Membuat beberapa list kegiatan dan juga menceritakannya disana. 

6. Treatment
Berasakan ya, semenjak pandemi gak pernah pergi treatment. Baik treatment kecantikan atau hanya sekedar refleksi, ini bisa dilakukan sebulan sekali loh. Misal minggu pertama melakukan treatment kecantikan, facial atau totok wajah. 

Tubuh kita juga butuh dimanja loh bu, ibaratnya memberikan reward kepada diri sendiri dengan memanjakannya ke tempat refleksi. Biasanya kalau sudah pijat, saking enaknya sampai ketiduran. 

7. Nonton Drama Korea atau China
Nah, ini kegiatan yang menyenangkan sekali untukku. Karena selain memang bisa dilakukan di rumah juga bisa sambil santaikan. Apalagi beberapa drama Korea atau China belakangan memang lagi bagus-bagus banget. 

Ini juga bisa dilakukan misal malam hari, jika semua pekerjaan domestik atau kantor telah selesai. Atau misal siang dan sore hari ya, kalau saya lebih senang pada malam hari atau biasanya jam 10.00 - 12.00 ini waktu di mana saya lebih senggang kalau tidak ada meeting pagi. 

Eiittssss... pastikan dulu ya kalau mau nonton drama Korea lancar tanpa gangguan signal bisa menggunakan Telkomsel Orbit biar nontonnya lancar tanpa hambatan. Gak serukan nanti kalau ditengah-tengah tiba-tiba terganggu karena jaringannya tidak bagus. 

Nonton Drama Korea Tanpa Hambatan dengan Telkomsel Orbit
Nonton drama korea tanpa hambatan

Karena sejujurnya me time saya tuh lebih sering di rumah, jadi yang paling penting menurutku adalah jaringan internetnya aman terkendali dan tentunya lancar ya. Biar kegiatan me time di rumah juga berjalan lancarkan. 

Selain nonton drama Korea, biasanya juga mendengarkan musik via Spotify juga membutuhkan jaringan internet makanya kemarin itu kami lebih memilih menggunakan Telkomsel Orbit di rumah. Alasannya mah sudah pasti karena jaringannya lebih kuat dong. 

Keunggulan Telkomsel Orbit:
  • Jangkauan luas dengan sinyal 4G LTE Telkomsel
  • Bisa beli kuota sesuai dengan kebutuhan tanpa harus terikat biaya bulanan
  • Aktivasi mandiri dengan mudah dan cepat hanya melalui 1 aplikasi MyOrbit
  • Bisa digunakan di rumah ataupun di mana saja yang terjangkau jaringan Orbit tanpa perlu instalasi ulang.

Untuk teman-teman yang ingin mengganti modem wifi di rumah, sekarang kalau beli modem Telkomsel Orbit Star N1 sudah dapat bonus paket data Fantasix 150 GB untuk 6 bulan loh! Yang paling penting GARANSI 24 Bulan, jadi teman-teman tidak perlu khawatir. 

Gimana? Sudah siap me time di rumah sajakan?null

2 komentar:

  1. Me time memang ga perlu mahal sbnrnya ya mba, yg penting bisa bikin kita merasa rileks. Aku juga kalo udh capek dan jenuh, pasti cari kegiatan yg bikin hati seneng. Kebanyakan baca buku dan drakoran ­čśä.. itu aja udh happy. Baru setelah itu lanjut lagi kerjain kewajiban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mbak, aku malahan kebanyakan me timenya tuh nonton drama Korea di rumah.

      Hapus

Terima kasih sudah berkujung ke Akuchichie Journey, semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat. Mohon kerjasamanya untuk tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar.