02 Desember 2021

Tips Memilih Robot Vacuum Cleaner Sesuai dengan Kebutuhan

Tips Memilih Robot Vacuum Cleaner


Semenjak pandemi siapa yang jadi rajin bersih-bersih rumah? Bahkan sampai beli beberapa peralatan untuk membersihkan rumah, tentu saja saya termasuk orang-orang itu. Karena memang pandemi dan waktu lebih banyak di rumah jadi kenapa gak kita coba membersihkan rumah sendiri? Ingatkah kalian sekarang jadi banyak orang memilih robot vacuum cleaner sebagai alat bantu mereka bebersih rumah?

Saya pun sekarang ini sepertinya jarang pegang sapu lagi semenjak dikasih kemudahan membersihkan rumah dengan robot vacuum cleaner. Sebenarnya kalau saya pribadi lebih ke simple dan mudah untuk digunakan dan menurutku juga sudah menjadi kebutuhan untuk kita yang memang memiliki aktivitas baik di kantor maupun di rumah.

Jadi sekarang ini tuh bisa membersihkan lantai rumah sambil ditinggal dengan mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Selain memang jadi menghemat waktu dan tenaga yang kita miliki, rumah juga menjadi bersih dan bebas dari kuman. 

Robot vacuum cleaner jadi banyak diminati para ibu rumah tangga, karena penggunaannya diperlukan untuk membuat rumah bebas dari debu. Tapi jujur sih, saya sendiri merasa sangat terbantu sekali semenjak adanya robot vacuum cleaner, karena tugas menyapu lantai sudah diganti oleh si robot vacuum cleaner.

Tapi nih sebelum memutuskan untuk memiliki robot vacuum cleaner sebaiknya cari tau produk yang akan digunakan. Beberapa tips berikut bisa dijadikan salah satu cara nih untuk membeli robot vacuum cleaner. 

Tips Untuk Memilih Robot Vacuum Cleaner Sesuai dengan Kebutuhan
Robotic Home Assistant

Biasanya nih orang memilih robot vacuum cleaner itu berdasarkan apa yang dipakai oleh temannya. Contohnya nih waktu awal tahun lalu mau beli robot vacuum cleaner itu berdasarkan apa yang paling banyak dipakai sama orang-orang. Atau biasanya kalau saya punya idola yang memang senangnya beberes rumah juga. Jadi sebelum membeli barang itu kita wajib banget paham dulu tentang barang yang akan kita beli.

Perhatikan beberapa hal berikut saat membeli robot vacuum cleaner:
  • Fitur yang disediakan, karena setiap pembersih vacuum memiliki fitur yang berbeda tergantung pada merknya. Periksa dulu fitur apa saja yang diasjikan dan apakah fitur tersebut telah mampu memenuihi kebutuhan kita para ibu di rumah. 
  • Sesuaikan kembali ke rumah, pemilihan robot vacuum cleaner harus disesuaikan dengan luas rumah. Karena kapasitas debu dan sampla container pada vacum robot berkisar 0,25 - 1 liter. Jika kapasitas kecil, maka alat ini hanya dapat menyimpan rumah kecil saja atau sebaliknya.
  • Kualitas robot vacuum cleaner, ini yang paling penting menurutku. Seperti kualitas filter robot vacuum juga perlu diperhatikan. Jika kualitas filter, sehingga kotoran dan debu untuk dilepaskan kembali ke udara juga berkurang. Robot vacuum yang memiliki filter HEPA sangat bagus untuk mereka yang memiliki alergi terhadap bulu binatang. 
  • Setiap produk memiliki fitur yang berbeda-beda. Biasanya, semakin lengkap fitur suatu produk, semakin mahal harganya. Tapi belum tentu semua fitur tersebut kita butuhkan.
  • Auto charging, ini memastikan robot vacuum cleaner tidak akan berhenti di tengah pekerjaannya. 

Bagi saya yang anaknya ogah ribet memiliki robot vacuum cleaner ini menjadi kewajiban ya. Jadi gak encokk-encok lagi deh kalau nyaou, karena sekarang ada Robotic Home Assistan yang siap membantu kita di rumah. 

Robotic Home Assistant - AVARO X1 +UVC Dengan Teknologi AI
Robot Home Assistant Avaro X1

Kali ini saya mau ngenalin Robotic Home Assistant, AVARO X1 +UVC salah satu robot vacuum yang sekarang ini banyak diminiati oleh masyarakat di Indonesia. Kalau saya memang tipe yang kalu beli apa-apa itu harus bacain detail dan beberapa review dari teman-teman yang sudah menggunakan produk yang akan digunakan. 

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, bahwa salah satu membeli barang itu harus banget cek spesifikasinya. Untuk Avaro X1 +UVC memiliki spesifikasi sebagai berikut:
  • A.I sensor, anti bump and fall
  • Strong power, Vacuum at 2700 pA
  • Auto-schedule with app, personalized operational time
  • 5200 mAh Battery

Untuk mendapatkan robot vacuum cleaner yang berkualitas, sangatlah penting untuk membandingkan dahulu fitur apa saja yang ditawarkan, ukuran dan harga. Semakin tinggi spesifikasinya, maka semakin mahal harganya, namun juga terkadang justru semakin hemat listrik. Jadi jangan menjadi harga sebagai patokan kualitas tapi lihat lagi fitur dan kualitasnya.

Avaro X1 +UVC memiliki tempat tabung lebih besar yang bisa menampung sampah dan debu lebih banyak jadi gak perlu khawatir harus bolak-balik untuk membuang debu atau sampah yang tersedot. Selain itu juga Avaro X1 juga memiliki sinar ultraviolet dan bisa membantu membunuh kuman 99,9% loh. 

Tidak hanya menyedot saja, karena Avaro juga bisa sambil ngepel nih, emang deh cocok banget untuk kita para kaum wanita yang ingin memiliki rumah bersih tapi gak mau encok harus beberes terus. Terutama untuk para ibu yang memiliki anak kecil. Karena saya sendiri setiap hari melakukan sedot debu itu sehari satu kali. 

Avaro X1 +UVC memiliki sensor AI sehingga memudahkan ia untuk bekerja membersihkan ruangan di rumah jadi tidak akan menabrak atau pun jatuh. Jadi gak usah takut si robot bakal terbentur furnitur atau untuk yang sedang membersihkan lantai 2 akan terjatuh. 

Kalau saya biasanya memilih vacuum untuk di rumah yang paling utama itu memastikan dia tidak berisik, biar tidak mengganggu juga kalau di rumah anakku sedang sekolah online atau pak suami pas work from home. Pastikan memilih robot vacuum cleaner yang tidak mengganggu.

Dengan menggunakan bahan yang berkualitas dan terbaik, pada roda Avaro X1 +UVC ini dilengkapi dengan sabuk anti-slip yang diperuntukan untuk permukaan yang basah dan licin. Jadi tambah semangat dong ya ini bersih-bersih rumahnya. 

Kamu bisa mendapatkan produk Avaro X1 +UVC di Tokopedia ya.

01 Desember 2021

Selain Hobi, Aktivitas Berkebun Juga Bisa Menambah Pendapatan di Rumah

berkebun di mulai dari rumah

Waktu memutuskan untuk merawat tanaman di rumah rasanya agak takut-takut, jujur saja karena memang sebelumnya saya sendiri tidak terlalu menyukai tanaman sebelumnya. Tapi pandemi memang membawa perubahan yang berarti bagi saya, semenjak itulah saya jadi suka sekali dengan tanaman. Awalnya tuh sempat dikasih sama teman, karena katanya biar di rumah ada hijau-hijau gitu. 

Akhirnya jadi ketagihan juga jajan tanaman, bahkan saya sampai ikutan live sale juga loh. Tapi memang sedari awal itu saya mencari tanaman yang mudah dirawat alias gak rewel. Sebagai first timer tentu masih banyak belajar dong. Mulai dari mencari informasi tanaman apa saja yang bagus untuk di rumah, baik indoor maupun outdoor. Bagaimana cara merawat tanaman, mengenal beraneka macam jenis pupuk, media tanam dan vitamin untuk tanaman yang semuanya ini saya temukan di demfarm.id 

Ternyata setelah hampir dua tahun ini merasa senang banget akhirnya bisa melihat tanaman-tanaman yang tumbuh di rumah dengan hasil perawatan yang sesuai dengan jenis tanamannya. Tapi walau begitu tetap saja selalu ada yang gak berhasil ditanganku, karena sudah beli berulang dan masih saja gak bisa sukses tumbuhnya.

Jadi tahun lalu itu hobiku adalah beli tanaman setiap sore, kebetulan dekat rumah banyak tukang jual tanaman dengan berbagai macam jenis. Mulai dari tanaman hias, buah-buahan dan sayuran. Sampai sejauh ini yang tanaman yang saya miliki di rumah adalah tanaman hias, kalau sayur palingan lebih ke bumbu dan carinya yang paling gampang dirawat.

Membuat Kebun di Rumah
demfarm

Rasanya hampir semua teman-teman saya juga mulai bercocok tanam di rumah semenjak pandemi, mulai dari bikin kebun mini sampai ada yang membangun lahan khusus untuk tanaman hydroponiknya. Sampai hari ini pun masih senang sekali melihat teman-teman masih dengan anak-anak hijau mereka. Waktu memutuskan untuk beli beberapa tanaman untuk di rumah tentu saya lebih memilih tanaman yang mudah dirawat, bukan berarti ini saya malas ngurusin ya. 

Karena banyak teman yang sedang main tanaman juga jadi bisa saling bertukar informasi. Apalagi informasi tanaman murah, pasti taukan tanaman sempat melambung bahkan ada label "tanaman sultan". Dimulai dari tanaman hias, akhirnya beberapa bulan belakangan tuh lagi coba-coba nanam sayur yang bisa untuk bumbu kalau masak. Kayak rosemary, bawang daun, jeruk limo, daun kari dan beberapa jenis lainnya. 

Karena emang rajin cari informasi seputar merawat tanaman, akhirnya mulai berani deh mencacah tanaman yang ada di rumah. Awalnya memang dari permintaan beberapa teman yang pengen banget sama tanamanku. Atau biasanya kita suka saling bertukar tanaman. Namanya rejeki itukan bisa berupa apa saja, sama seperti saat saya betukar tanaman, memberikan tanaman secara gratis atau biasanya suka iseng nawarin untuk dibeli.

Awalnya lihat salah satu teman yang memulai menjual tanaman yang dirawatnya, saya akui kalau tanaman yang dijualnya memang bagus dan sehat semua. Sehat dalam artian, pertumbuhan daunnya bagus, akarnya juga bagus dan gak rewel ngerawatnya. Akhirnya saya iseng dong mencoba menjual beberapa koleksi tanaman yang saya miliki ke saudara dan teman terdekat yang memang suka tanaman. Terus senang gitu rasanya bisa menhasilkan sesuatu dari rumah. 


Potensi Sukses Petani Milennial Dalam Bimbingan Program Makmur
Potensi Sukses Petani Milenial

Hari Minggu kemarin saya mengikuti webinar bersama Demfarm yang bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Nasional. Apalagi kita tau bahwa negara Indonesia itu memiliki lahan pertanian terluas sehingga mayoritas profesi masyarakat Indonesia adalah bertani. Sayangnya dengan lahan pertanian yang luas tapi petaninya tidak banyak, apalagi generasi muda sekarang ini jarang sekali yang berfikir untuk terjun langsung ke sektor pertanian.

Indonesia juga menjadi negara yang memiliki lahan pertanian terluas sehingga mayoritas profesi masyarakat Indonesia adalah bertani. Namun, keberadaan petani semakin hari semakin berkurang karena minimnya minat generasi muda pada sektor pertanian. Menjadi petani masih dianggap sebagai profesi yang kurang cakap dan tidak bergengsi. Jadi kalau kita lihat dulu tuh petani ya hanya orang-orang di desa saja.

Kalau kata mas Iqbal yang merupakan petani milennial binaan PKT "bahwa orang kita itu merasa pekerjaan sebagai petani tidaklah keren, bahkan banyak orang memandang sebelah mata pekerjaan sebagai petani". Padahal kebutuhan makanan kita sehari-sehari juga dihasilkan dari para petani, padahal ini juga bisa dijadikan peluang loh untuk memajukan sektor pertanian dan menikmati hasilnya sendiri nanti. 

Serunya lagi webinar kali ini tidak hanya mas Iqbal saja, tapi juga ada Soraya Cassandra merupakan Founder Kebun Kumara, Adrian R.D. Putera selaku Project Manager Program Makmur PKT. Jadi lebih seru obrolannya karena memang tujuan diadakannya acara ini untuk meningkatkan minat para generasi muda di bidang pertanian, dimulai dengan bercocok tanam milenial yang sukses memajukan sektor pertanian di Indonesia. 

Dari webinar kali ini pun saya jadi tau bahwa petani itu bekerja tidak lagi dengan cara-cara lama. Teknologi juga berkembang dengan cepat, sehingga para petani juga bisa memanfaatkan teknologi yang ada agar dapat terus berkembang. Apalagi untuk menambahkan gairah sektor pertanian, sejumlah program dan pengembangan pun dilakukan oleh pemerintah dan berbagai pihak lainnya. 

Salah satu yang dilakukan oleh pemerintah melakukan program pengembangan yang dilakukan oleh pemerintah dan berbagai pihak lainnya. Salah satunya adalah Program Makmur dari PT Pupuk Kaltimantan Timur (PKT), yang merupakan perusaan industri pupuk terbesar di Indonesia. Dengan demikian dapat memberikan solusi yang dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan keseteraan.

mengajak kaum milenial untuk menjaga alam

Seperti yang dilakukan oleh Soraya Cassandra, founder dari Kebun Kumara yang mengajak kaum milennial untuk mulai bercocok tanam. Dengan mengutamakan prinsip permakultur, yaitu menanam dan mengondisikan kebun sebagaimana alam bekerja. Jadi kita tidak hanya sekedar menanam, tetapi juga harus memahami prinsip bagaimana tanaman itu bisa tumbuh dan berkembang. 

Saya pun setuju banget, karena memang dari awal ingin memulai menanam di rumah langsung cari informasi seputar bercocok tanam di rumah. Walau dengan lahan kecil tapi rasanya ini jadi tantangan bagi saya sendiri untuk menciptakan rumah yang asri dengan sentuhan tanaman yang saya rawat sendiri.

Karena memang sampai sekarang ini saya lebih banyak menanam dengan pot jadi harus pinter-pinter juga memahami media tanam, dan jenis tanamannya. Mencoba beberapa cara yang dilakukan oleh teman-teman juga, seperti dengan memberikan cangkang telur. Daripada terbuang ternyata ini juga bisa jadi media untuk menaruh benih tanaman.

petani milennial

Yang menarik bagi saya saat webinar adalah mas Iqbal yang merupakan petani milennial asal Jember, jarang sekali rasanya anak muda yang memang tertarik dengan bertani, apalagi ini sampai dengan bisa menghasilkan keuntungan dengan apa yang ia lakukan. Kata-kata yang sampai sekarang saya ingat "kalau anak muda sekarang itu menjadi petani itu tidak keren" emang benar sih karena lebih ke gengsi ya. 

Menurut mas Iqbal sendiri memang tidak banyak anak muda yang mau bertani, padahal lahannya ada loh. Karena menurut mereka ini kurang modern, gak gaya gitulah. Tapi kali ini Iqbal membuktikan bahwa petani sekarang itu bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Dengan memulai menanam semangka, mas mas Iqbal pun meraup untung yang lumayan loh. 

Selain itu juga mas Iqbal menggunakan program dan pengembangan Program Makmur dari PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), yang merupakan perusahaan industri pupuk terbesar di Indonesia. Selain itu mas Iqbal juga mengatakan modal dasar menjadi petani adalah ilmu. Mulai dari mengetahui strategi, pasar dan mengadopsi teknologi pertanian. Sehingga bertani tidak lagi menjadi pekerjaan yang berat semata. 

pupuk kalimantan timur

Untuk menambahkan gairah sektor pertanian, sejumlah program dan pengembangan pun telah dilakukan oleh pemerintah dan berbagai pihak lainnya. Salah satunya adalah Program Makmur dari PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), yang merupakan perusahaan industri pupuk terbesar di Indonesia. Program ini menjadi solusi yang dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejateraan petani.

Bapak Adrian R.D. Putera, Project Manager Program Makmur PKT mengatakan bahwa program ini merupakan komitmen perusahaan dalam rangka meningkatkan pemberdayaan petani dan produktivitas pertanian di Indonesia. Pak Adrian juga mengatakan pihaknya terus mendukung dan melakukan pendampingan kepada petani milennial untuk meningkatkan produktivitas dengan cara-cara yang lebih kekinian. 

Program Makmur ini dilaksanakan di sejumlah wilayah seperti Jawa TImur, Kalimantan, dan Sulawesi. Program ini juga merupakan upaya pKT dalam meningkatkan penggunaan pupuk nonsubsidi dalam negeri, dengan menciptakan ekosistem untuk mendorong produktivitas dan kesejahteraan petani Indonesia, termasuk petani milennial. 

Jadi gimana nih? Setelah membaca kesuksesan mas Iqbal yang menerapkan Program Makmur hingga dapat meraup keuntungan yang fantastis ini bisa jadi inspirasi para kaum milennial untuk memulai bertani atau setidaknya bisa dimulai dari rumah dulu ya.
15 November 2021

Membangun Literasi Bahasa Inggris Bersama LEXO Lab

aplikasi lexo lab


Holla... Apa kabarnya? Semoga selalu diberi kesehatan ya dan tetap semangat membersamai anak-anak dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Karena anakku sampai hari ini masih menjalani Pembelajaran Jarak Jauh, tidak hanya sekolah saja termasuk kegiatan-kegiatan luar sekolah seperti les bahasa Inggris pun masih memilih secara online.  

Kalau ngobrolin tentang cara belajar anak tuh rasanya gak ada habisnya ya, apalagi di era serba digital sekarang ini. Dimana perkembangan pendidikan anak pun semakin maju mengikuti perkembangan teknologi. Terutama saat pandemi ini berasa banget perubahannya, orang tua juga harus dituntut bisa menghadapi perkembangan yang ada. 

Teringat waktu beberapa minggu lalu saya mengikuti workshop bersama Kemendikbudristek, bahwa orang tua juga harus membuat goals pendidikan anaknya. Salah satunya adalah literasi bahasa Inggris, kenapa ini sangat penting? Karena bahasa Inggris salah satu bahasa pengantar International, apalagi saya memiliki cita-cita kalau anakku nanti bisa kuliah di luar negeri seperti yang sudah kami rencanakan. 

Karena kami sudah merencanakan pendidikan anak sampai ke perguruan tinggi, jadi ada beberapa hal yang harus kami siapkan untuk memantapkan itu semua. Dimulai dengan membuat target jangka pendek dan jangka panjang. Apalagi bahasa Inggris tidak hanya cukup pembelajaran dari sekolah saja, biar si anak lebih terbiasa berbicara dan menulis harus lebih dimantapkan. 

Pesatnya perkembangan teknologi dapat membantu kita mendapatkan informasi berbahasa Inggris dengan mudah melalui smartphone, laptop atau PC. Anak-anak pun sekarang terbiasa dengan mudah mengakses informasi dengan berbahasa Inggris pada aplikasi seperti yang mereka lakukan saat belajar secara online, bermain game atau membuka Youtube. 

Jadi selama masih di rumah ini saya membuat beberapa program belajar untuk anakku, termasuk dalam program jangka pendeknya juga nih. Salah satunya dengan mengikutkannya belajar bahasa Inggris secara online bersama Lexo Lab merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak.


Lexo Lab Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak
aplikasi belajar bicara bahasa inggris


Semenjak pandemi ini jadi challenge juga nih untuk saya mencari beberapa kegiatan untuk anakku di rumah supaya dia gak bosan dan tentunya bisa bermanfaat. Akhirnya bertemua dengan Lexo Lab yang merupakan aplikasi belajar bicara bahasa Inggris. Yang bikin saya lebih tertarik ini tuh ada 14 hari uji coba secara gratis, jadi bisa punya waktu untuk mengetahui apakah si anak suka dan senang belajarnya. 

Apa sih Lexo Lab itu? LEXO LAB merupakan solusi belajar bicara bahasa Inggris online berbentuk web aplikasi yang dibuat oleh perusahaan asal New Zealand menggunakan sistem pembelajaran seperti proses belajar bahasa ibu dengan menggunakan pendekatan yang efektif serta memberikan feedback yang akurat, korektif dan secara real time pada kemampuan berbicara anak.

LEXO LAB mampu membuat anak-anak mau mulai berbicara bahasa Inggris sekaligus menjaga minat mereka untuk tetap berbicara menggunakan bahasa Inggris. Enaknya tuh web aplikasi LEXO LAB dapat diakses di Android, IOS dan desktop juga. Ini juga salah kemudahan untuk para orang tua dan anak-anak untuk mendapatkan pembelajaran bahasa Inggris. 

Sudah beberapa hari ini anakku mengikuti uji coba gratisnya dari LEXO LAB awalnya masih meraba-meraba dulu nih saat buka aplikasi untuk belajar bahasa bicara bahasa Inggris. Tapi setelah mecoba kedua kali bahkan hari ini saya juga mengajaknya untuk membuka LEXO LAB dia sudah bisa mengoperasikannya sendiri tanpa bantuan saya lagi. 

Menurut saya sendiri saat mendampingi anakku mengikuti belajar bicara bahasa Inggris ini sangat bagus dan mudah dimengerti juga anak-anak. Selain itu juga video dan kuisnya sangat interaktif dan gambar-gambar yang dihadirkannya juga sangat menarik. Ini salah satu daya tarik untuk anak agar dia lebih senang dan semangat belajarnya. 

Salah satu yang menarik saat anakku harus belajar menghafal dan merekam suaranya untuk menirukan kalimat yang diucapkan sebelumnya. Jadi disini tuh memang benar-benar dilatih agar anak fokus dan mampu mengingat kalimatnya. 

Selain itu alasan saya juga mengikutkannya belajar bahasa Inggris dengan LEXO Lab:
  • Pendekatan melalui simulasi bahasa ibu atau bahasa pertama
  • Menarik dan menyenangkan, proses pembelajaran yang menarik dilengkapi dengan berbagai karakter yang berwarna-warni dan feedback yang real-time pada proses perkembangan kemampuan bicara anak
  • Meningkatkan kemampuan pelafalan dan kelancaran anak dalam berbicara bahasa Inggris
  • Kurikulum standar International
  • Tekonologi belajar yang canggih
  • Mudah digunakan
  • Harga terjangkau
  • Lingkungan belajar yang bebas tekanan
  • Efisiensi waktu belajar

Seperti hari ini saya juga menanyakan sama mas Kelvin apakah dia senang belajar melalui aplikasi belajar bahasa Inggrus dari LEXO Lab? Dasar emang anakku jawabannya "senang dong, apalagi ini bisa belajarnya dari laptop dan ipad, seru banget bun ini sih gampang" hahahaa... sombong dia mentang-mentang setiap kelas uji selalu bintangnya 4-5.

14 Hari Coba Gratis 
aplikasi belajar bahasa inggris anak free

Ini sebenarnya juga bisa jadi salah satu cara orang tua untuk menumbuhkan anak senang dengan belajar bahasa Inggris. LEXO LAB memberikan 14 hari uji coba gratis untuk anak yang ingin belajar bahasa Inggris. Selanjutkan akan mendapatkan harga penawaran eksklusif. 

Sekarang ini di LEXO LAB sedang ada promo yang sangat menarik, dengan Rp 50.000 perbulan dan berlaku selama 4 bulan. Sementara untuk harga normal Rp 75.000 perbulan. Tapi jangan khawatir, kalau terlewatkan promo eksklusif ini, anak-anak juga tetap bisa mendapatkan 14 hari uji coba gratis kemudia perbulannya mendapat harga normal.

Selain itu di LEXO LAB juga akan memberikan laporan setelah 3 bulan bagi para pengguna yang mendaftar sebelum akhir tahun ini. 

Untuk para bunda-bunda yang penasara dan pengen banget nyobain anaknya belajar bahasa Inggris secara gratis selama 14 hari bisa langsung ke www.lexolab.com/indonesia/pricing dan klik tombol "Mulai Uji Coba Gratis" pada navigasi bar. Lengkapi informasi yang dibutuhkan dan pastikan data bunda dan si kecil terisi dengan benar. 

Jadi sekarang bisa belajar bahasa Inggris dimana pun dan bisa menyesuaikan jamnya si anak dan orang tua juga nih. Karena sekarang sidah ada aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak di Android. 

Bagaimana Cara Bergabung di LEXO LAB?
aplikasi belajar bicara bahasa inggris lexo lab


Berikut cara bergabung dengan LEXO LAB
  1. Kunjungi laman https:lexolab.com/indonesia/signup lalu isi data diri secara lengkap, lalu klik tombol kirim.
  2. Setelah mengirimkan data diri lengkap dan akun berhasil dibuat, klik tombol "click here to login" untuk masuk ke akun LEXO LAB.
  3. Welcome to LEXO LAB jangan lupa untuk verifikasi email yang didaftarkan, klik "add child" untuk menambahkan data diri anak yang akan mengikuti #LEXOLABChallenge.
  4. Isi data diri lengkap anak dan klik tombol "add".
  5. Akun anak berhasil dibuat, silakan logout dan login kembali dengan menggunakan username dan password pada saat mendaftarkan diri anak.
  6. Klik "go" untuk memulai #LEXELABChallenge
  7. Klik tombol "play" untuk memulai Pre-test

Gampang bangetkan bun? Nah daripada bingung sekarang mau memberikan kegiatan apalagi di rumah untuk si kecil. Sekarang bisa ajak si kecil belajar bahasa Inggris agar anak semakin pintar bicara bahasa Inggris.

aplikasi lexo lab

03 November 2021

Rencanakan Persalinan Secara Matang Dengan Tes Potensi Caesar

rencanakan persalinan dengan matang


Setelah 8 bulan menikah, saya dan pak suami memutuskan untuk melakukan program untuk memiliki anak disalah satu rumah sakit swasta di Jakarata Selatan. Program kehamilan ini tentunya sudah kami bicarakan dan rencanakan, mulai dari pemilihan rumah sakit, dokter kandungan dan sampai ke biayanya. Intinya sih memang harus dipersiapkan secara matang segalanya. 

Beruntungnya adalah program kehamilan yang kami lakukan berjalan lancar, kami pun melakukan pemeriksaan sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh dokter kandungan. Bulan Oktober 2012 suami saya sempat melakukan operasi yang memang sudah dijawalkan oleh dokter urologi, ini juga salah satu rangkaian  program kehamilan yang saya dan pak suami jalani. 

Masih teringat jelas bulan Oktober 2012 dokter urologi suami saya bilang "recovery untuk kembali normal kurang lebih 3-4 bulan, nanti jika dalam jangka waktu tersebut belum ada tanda positif hamil bisa kita lakukan tes lanjutan". Tapi karena kami percaya bahwa usaha dan kesabaran itu akan berbuah manis. Maret 2013 saya mulai iseng tes kehamilan lagi, rasanya tuh masih gak percaya kalau melihat dua garis merah. 

Hari itu juga saya telpon rumah sakit dan langsung bikin janji ketemu dengan dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Oh iya, saya saat itu memiliki miom dekat jalur lahir si bayi jika nanti akan lahiran secara normal. Dari hasil perjumpaan dengan dokter kandungan, saya harus bedrest selama dua minggu karena pada hari itu kondisi detak jantung bayi masih agak lemah.

Rencanakan Persalinan Secara Matang
rencanakan persalinan dengan matang


Setelah melakukan program kehamilan berhasil, langkah selanjutnya adalah merencanakan persalinan secara matang. Apalagi saya kemarin itu hamil dengan kondisi ada miom di rahim jadi ini juga salah satu alasan dokter kandungan juga untuk merencanakan persalinan nanti. Yang perlu diingat adalah kondisi setiap ibu itu berbeda jadi ini harus dipahami betul.

Kenapa persalinan itu harus direncanakan? Persalinan merupakan proses pengeluaran hasil konsepsi atau yang biasa disebut sebagai janin atau kandungan. Seorang ibu akan merasa bahagia dan senang sebelum proses persalinan setelah penantian panjang. Ini pun akan memberikan rasa aman dan kebahagiaan untuk kehidupan ibu dan keluarganya. 

Persalinan normal adalah istilah bagi ibu yang melahirkan bayi melalui vagina. Proses ini akan dijalani ibu hamil ketika janin yang dikandungnya siap untuk dilahirkan. Sementara persalinan caesar adalah proses melahirkan bayi yang dilakukan dengan cara menyayat bagian perut hingga rahim ibu. Sayatan pada perut tersebut merupakan jalan keluarnya bayi.

Dengan melihat kondisi saya, dokter pun memberikan kemungkinan-kemungkinan jika melahirkan secara normal dan caesar. Akhirnya kami pun sepakat memilih untuk melahirkan secara caesar, jadi setelah itu sekalian pengangkatan miom juga. Kami memutuskan yang terbaik untuk proses persalinan pada saat itu, karena tidak ingin membahayakan anakku pada saat lahir nanti. 

Alasan Mengapa Harus Operasi Caesar
Sebagian ibu hamil dapat memilih untuk menjalani operasi caesar meskipun memiliki opsi untuk melahirkan secara normal. jadi kemarin itu lahir caesar memang karena tidak memungkin melahirkan secara normal, bahaya. 

Tapi ada hal yang membuat saya selalu mengingat momen lahiran, jadwal melahirkan caesar sudah ditentukan sesuai kesepakatan antara saya, pak suami dan dokter obgyn. Tapi saya sudah mengalami kontraksi lebih dulu sebelum jadwal operasi. Padahal kalau lahiran secara normal itu masih 2 minggu lagi prediksi dokternya, kok ini bisa maju ya? 

Hari Rabu akan menjalani operasi caesar, hari Seninnya saya melakukan meni pedi terlebih dahulu, ternyata ini salah satu pemicu saya kontraksi. Jadi niatan lahir caesar dengan tidak merasakan mules yang luar biasa, tapi pagi dini hari saya mulai kontraksi dan jaraknya pun dekat. Saat sampai di rumah sakit, posisi bayinya sudah turun, itu sebenarnya kalau lahir normal pasti prosesnya cepat deh. 

Tetapi ada beberapa kondisi tertentu yang memang mengharuskan seorang ibu hamil diharuskan untuk melahirkan melalui operasi caesar. 
  • Ukuran bayi terlalu besar, sedangkan ukuran panggul ibu kecil
  • Kelainan pada janin, misalnya spina bifida, gawat janin atau bayi terlilit tali pusar
  • Bayi kembar 
  • Posisi janin sungsang atau melintang
  • Komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia, diabetes gestanional dan hipertensi dalam kehamilan
  • Gangguan plasenta, seperti plasenta previa
  • Infeksi pada ibu hamil, misalnya herpes genital, hepatitis B atau HIV
  • Persalinan lama
  • Ketuban pecah 
  • Ibu menderita penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, mata minus parah

Selain itu, ibu hamil yang pernah melahirkan dengan operasi caesar sebelumnya mungkin disarankan untuk melahirkan secara caesar kembali.

Sebelum Operasi Caesar
Beberapa tes yang mungkin dilakukan dokter sebelum operasi caesar adalah:
  • Pemeriksaan darah, pasien akan disarankan untuk menjalani uji darah, agar dokter dapat mengetahui kadar homoglobin serta golongan darah Anda. Tes golongan darah perlu dilakukan guna persiapan transfusi apabila dibutuhkan. 
  • Amniosentesis, tes ini mungkin disarankan apabila akan menjalani operasi caesar pad ausia kehamilan yang belum mencapai 39 minggu. Dokter akan memeriksa kematangan paru-paru janin dengan meneliti sampel air ketuban di laboratorium.

Prosedur Melahirkan Caesar
Melahirkan secara caesar berarti mengeluarkan bayi melalui sayatan dari perut sang ibu. Sebelum pembedahan, dokter akan mempersiapkan obat bius atau anastesi epidural agar area perut akan disayat menjadi mati rasa. Namun, pada kasus tertentu, dokter juga bisa memberukan bius total.

Setelah obat bius bekerja , dokter mulai melakukan operasi caesar dengan membuat sayatan pada perut dan otot rahim, kemudia mengeluarkan bayi secara perlahan. Prosedur ini biasanya tidak memerlukan waktu lama dan bahkan tidak sampai hitungan jam hingga bayi akhirnya berhasil dilahirkan.

Risiko Melahirkan dengan Operasi Caesar
Operasi caesar merupakan prosedur yang cukup umum dilakukan dan dinilai aman, operasi ini termasuk jenis operasi besar yang tetap memiliki risiko. Berikut beberapa risiko melahirkan dengan operasi caesar yang harus diketahui:
  • Nyeri pasca operasi, terutama pada luka sayatan
  • Infeksi, misalnya pada luka sayatan operasi, saluran kemih, atau dinding rahim
  • Pembekuan darah di kaki atau paru-paru
  • Perdarahan berat, sehingga perlu mendapatkan transfusi darah
  • Efek samping obat bius, misalnya mual, muntah dan sakit kepala
  • Munculnya bekas luka atau jaringan perut pada perut dan rahim
  • Produksi ASI terhambat atau berkurang

Saya sendiri setelah menjalankan operasi caesar tidak mengalami beberapa risiko yang baisa ditimbulkan setelah operasi. Pada hari kedua saya sudah mulai bisa jalan, tanpa merasakan rasa perih bekas sayatan. Sampai sekarang pun sudah 8 tahun berlalu operasi caesarnya, alhamdulillah tidak mengalami risiko setelah lahiran caesar. Ini seperti yang saya bilang sebelumnya, kondisi setiap perempuan itu berbeda jadi belum tentu memiliki risiko yang sama satu dan lainnya.

Bisakah Melahirkan Caesar di Prediksi
melahirkan secara caesar

Biasanya yang sering jadi perbincangan adalah apa nanti saya bisa melahirkan secara normal? Atau jangan-jangan malah caesar ya? Saya yakin para ibu yang sedang hamil atau yang sudah pernah hamil pasti akan selalu menjadi galau dengan rencana persalinan. Beruntungnya sekarang ini sudah ada Tes Potensi Caesar, yang bisa dilakukan secara online. 

Seperti yang diungkapkan oleh Dr. dr. Rima Irwinda, SpOG(K) ibu bisa melakukan Tes Potensi Caesar di Nutriclub. Rangkaian pertanyaan di dalamnya serta hasil analisis dikembangan oleh Nutriclub. Dengan menggunakan Tes Potensi Caesar sangat membantu sekali karena banyak informasi yang sangat membantu ibu melakukan beberapa hal berikut:
  • Mempersiapkan kelahiran si kecil dengan mengetahui metode kelahiran yang tepat
  • Banyak informasi yang sangat membantu seputar alergi, bayi, balita dan extra care
  • Memiliki tools untuk anak seperti deteksi alergi, keterampilan, perlindungan anak, karakter anak dan lainnya
  • Expert Advisor yang siap membantu Ayah dan Bunda

Dengan mengikuti perkembangan teknologi, Tes Potensi Caesar ini hadir untuk membantu para ibu bisa merencanakan persalinan secara matang.  Untuk lebih jelas dan mendapatkan informasi terbaru tentang Tes Potensi Caesar jangan lupa cek juga instagram @nutriclub_id

Daya Tahan Tubuh Anak Yang Lahir Caesar
imun anak lahir caesar

Persalinan caesar sering sekali dipertimbangkan untuk kebaikan bunda dan si kecil, sama seperti yang saya alami waktu melahirkan anak semata wayangku. Melahirkan secara caesar menjadi pilihan karena memang saat itu tidak memungkinkan untuk melakukan lahiran secara normal. Ternyata melahirkan secara caesar dapat mempengaruhi imunitas si kecil.

Seperti yang diungkapkan oleh dr. Molly Oktarina, SpA(K), Dokter Spesialis Anak, Konsultan Alergi Imunologi diacara Bicara Gizi "pada 1000 hari pertama kehidupan apa yang kita alami, lakukan ataupun makan selama 1000 hari pertama kehidupan akan memberikan konsekuensi yang panjang terhadap kesehatan di masa depan".

Pada 1000 hari pertama kehidupan, si kecil akan mengalami pertumbuhan berat dan tinggi badan, pertumbuhan sel otak dan perkembangan sel-sel imun. Anak yang lahir caesar memiliki imunitas yang lebih rendah sehingga rentan dan sensitif terhadap alergi atau penyakit. Pada dasarnya melahirkan secara normal maupun caesar memiliki kelebihan tersendiri. 

Melahirkan secara normal lebih dianjurkan oleh dokter, sebab selain pemulihan lebih cepat, sistem imun dari bayi lahir normal biasanya lebih kuat. Hal ini dikarenakan jumlah mikrobia dalam tubuh bayi dipengaruhi oleh proses kelahirannya. 

Di dalam saluran tubuh manusia terdapat mikrobiota yang dihuni oleh mikroba baik dan jahat. Mikroba baik, yakni lactobacillus, bifidobacterium, serta escherichia coli bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan dan imunitas tubuh. 

Bayi yang lahir melalui proses pervaginam akan menerima bakteri baik dari tubuh ibunya, di antaranya bakteri lactobacillus. bakteri baik ini tadi akan masuk ke dalam tubuh lewat sel-sel tubuh yang bersifat permeabel. Kemudian menginvasi bayi dan membuat jumlah mikrobiota atau bakteri baik tadi meningkat secara signifikan.

Berbeda dengan bayi yang dilahirkan caesar tidak terpapar dengan mikrobiota yang ada di jalan lahir dan vagina. Sehingga perkembangan mikrobiota normal pada usus menjadi tidak optimal, yang kemudian akan berpengaruh pada daya tahan tubuh si kecil di kemudian hari. Akibatnya bayi akan rentan dan mudah terkena penyakit, seperti diare dan sensitivitas.

Risiko gangguan kesehatan pada bayi lahir caesar bisa diminimalisir dengan cara pemberian air susu ibu (ASI). ASI merupakan nutrisi paling baik untuk bayi karena mudah dicerna dan mengandung zat-zat gizi yang diperlukan oleh bayi, terutama untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

ASI memiliki kandungan antibodi yang dikenal dengan immunologlobulin, merupakan sejenis protein yang dapat mengantarkan kekebalan untuk si kecil. Antibodi yang terdapat dalam ASI mulai dari Immuglobulin A, Ummunoglobulin D, Immunoglobulin G dan Immunoglobulin M.ASI berwarna kuning yang keluar pertama kali dipercaya memiliki kandungan immunoglobulin paling tinggi. 

20 Oktober 2021

Cara Membedakan Gejala Alergi Saluran Cerna Dengan Gangguan Saluran Cerna Fungsional

bicara gizi

Fase kehidupan seorang anak dimulai sejak terbentuknya janin pada saat kehamilan sampai dengan anak berusia 2 tahun, yang biasa disebut dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan. 1000 Hari Pertama Kehidupan sangat penting karena seluruh organ penting dan sistem tubuh mulai terbentuk dengan pesat. 

Dua tahun pertama kehidupan merupakan masa emas yang dapat terganggu jika ada masalah saluran cerna. Anak terutama bayi yang baru lahir belum memiliki saluran cerna yang berfungsi secara optimal. Karena itu pada beberapa bayi sering mengalami gangguan saluran cerna pada minggu-minggu awal kehidupannya. 

Jika masa emas itu terjaga dengan baik maka manfaat optimal terhadap pertumbuhan dan perkembangan fisik ) berat dan tinggi badan), perkembangan kognitif (bahasa, atensi, IQ), serta perkembangan emosi dan sosial (mengontrol emosi, adaptasi perilaku, interaksi sosial). 

Sedangkan jika masa emas tidak terjaga maka anak akan sering mengalami infeksi sehingga akan kehilangan  kesempatan memanfaatkan masa emas tersebut. Hal ini tentu harus dihindari oleh para orangtua. 

Dua tahun pertama kehidupan juga disebut periode rentan, sebab pada periode tersebut anak telah terpapar oleh ribuan bakteri dan zat asing lainnya sedangkan sistem organ tubuh belum berkembang atau berfungsi secara optimal. Akibatnya anak mudah mengalami gangguan fungsional dan juga mudah sakit.

Dua Jenis Gangguan Saluran Cerna Pada Bayi dan Anak
bicara gizi- gangguan fungsional pada anak

Anak-anak dibawah usia 2 tahun lebih sering mengalami gangguan pencernaan, biasanya ini ditandai dengan diare, mual, munta hingga sembelit, yang dapat mengganggu pertumbuhan kognitif dan perkembangan fisiknya.

Dua jenis gangguan yang umum terjadi pada saluran cerna bayi dan anak adalah:
  1. Alergi susu sapi / Cow's Milk Allergy (CMPA).
  2. Gangguan saluran cerna fungsional / Functional Gastrointestinal Disorder (FGID)

Alergi merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi pada anak. Meskipun dipengaruhi oleh faktor keturunan, peran lingkungan dalam perjalanan alergi tidak dapat diabaikan. Banyak hal yang terdapat di lingkungan, baik itu makanan, debu, serangga, asap rokok, jamur, hingga suhu dingin sekalipun dapat mencetuskan alergi.

Gangguan saluran cerna  fungsional (FGID) adalah gejala saluran cerna kronis (terjadi jangka panjang) maupun rekuren (terjadi berulang) yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya baik secara struktur maupun biokimia. Gangguan saluran cerna fungsional tidak bisa dianggap remeh karena jika ditangani dengan baik dan benar, bisa mempengaruhi proses tumbuh kembang bai.

bicara gizi - gangguan saluran cerna fungsional

Gangguan saluran cerna fungsional terjadi secara alami karena organ tubuh manusia belum optimal pascalahir. Seiring dengan bertambahnya usia, setiap organnya akan bertumbuh dan berfungsi dengan baik.

Jenis-jenis gangguan saluran cerna fungsional yang paling umum:
  1. Kolik
  2. Gumoh
  3. Konstipasi

Prevalensi gangguan alergi

Gangguan saluran cerna fungsional pada umumnya disebabkan oleh berbagai hal kompleks yang saling berinteraksi, yaitu:
  1. Faktor biologis
  2. Psikpsosial
  3. Lingkungan maupun budaya

Seperti yang dikatakan oleh dr. Frieda Handayani, SpA(K) seorang dokter spesialis anak dan konsultan gastrohepatologi, bahwa gejala gangguan saluran cerna fungsional bisa bervariasi mulai dari kolik, gumoh, hingga konstipasi. Ketiganya bisa terjadi dalam rentang usia yang berbeda-beda dengan gejala yang berlainan juga.

Kolik
Kolik infantil merupakan perilaku bayi berupa menangis, tidak tenang, dan rewel secara berulang dan dalam waktu yang lama, yang dilaporkan oleh orangtua atau pengasuh tanpa alasan yang jelas atau tidak bisa dicegah.

Gumoh
Gumoh atau Regurgitasi adalah dikeluarkannya isi refluks dari kerongkongan ke dalam rongga mulut dan kemudian dikeluarkan dari rongga mulut. Gumoh terjadi karena fungsi motilitas saluran cerna bayi belum berkembang dengan sempurna.

Konstipasi
Konstipasi adalah kesulitan atau jarang buang air besar yang terjadi selama setidaknya dua minggu. Konstipasi cukup sering terjadi sekitar 5-30% keluhan anak yang menyebabkan orangtua membawa anaknya berobat ke dokter.

Konstipasi diklasifikasikan menjadi 2:
  1. Konstipasi fungsional yang sebagian besar dialami anak (belum tentu bahaya)
  2. Konstipasi akibat kelainan organ, konstipasi yang disebabkan oleh gangguan organ (berbahaya)

Mengenal Apa itu Alergi?
alergi susu sapi


Alergi tak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi juga bisa menyerang anak-anak dan bayi. Sebagai orangtua, penting untuk mengetahui alergi apa yang dimiliki si kecil dan apa pemicunya. Alergi adalah suatu reaksi hipersensitivitas yang disebabkan oleh suatu mekanisme imunitas tertentu. Penyebab alergi disebut dengan alergen. Ada beragam pemicu dan ciri alergi pada anak dan bayi, gejala yang ditimbulkan juga tergantung pada pemicunya.

Alergi susu sapi terjadi karena adanya reaksi sistem kekebalan tubuh pada anak dengan protein yang terkandung di dalam susu sapi. Jenis protein yang paling sering menyebabkan alergi adalah whey dan kasein. Bayi yang mengalami alergi bisa saja alergi terhadap salah satu kedua protein tersebut.

Berdasarkan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), gejala alergi susu sapi terbagi dalam dua, yaitu anak yang sedang menerima ASI Eksklusif dan anak yang mengonsumsi susu formula. Untuk anak yang sedang minum ASI Eksklusif, alergi bukan disebabkan oleh ASI tetapi makanan yang ibu konsumsi sehingga berpengaruh pada kandungan susu di dalam ASI.

Hal ini pun pernah terjadi pada saat saya masih memberikan ASI Eksklusif terhadap anakku, karena saking semangatnya memberikan ASI jadi suka kebablasan makan dan minumnya. Seingatku yang sering saya konsumsi dulu itu makanan dan minumam mengandung dairy. Jadilah saat itu anakku mengalami alergi. 

Hubungan erat antara alergi susu sapi dan gangguan saluran cerna:
  1. Anak dengan alergi susu sapi sering mengalami lebih dari satu gejala; di kulit (kemerahan, pembengkakan di mata/bibir), di saluran nafas )batuk, bersin, hidung berair), saluran cerna seperti gumoh, muntah, diare konstipasi, anemia, darah pada feses dan umum (kolik).
  2. Gejala alergi dapat terjadi di saluran cerna dan gejalanya mirip dengan gejala gangguan saluran cerna fungsional.

Gejala gangguan saluran cerna dapat merupakan manifestasi alergi, bagaimana orangtua dapat membedakannya?
  1. Harus memperhatikan gejala-gejala yang ada
  2. Dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat
  3. Sebab gejala gangguan saluran cerna fungsional dan alergi bisa mirip.

Gejala Alergi Susu Sapi
gejala alergi susu sapi pada anak

Sebagian orang memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami alergi susu (rentan) dibanding dengan orang lain. Faktor risiko yang dapat menjadi pemicunya antara lain:
  • Terdapat riwayat alergi pada anggota keluarganya, misalnya asma, eksim, rhinitis atau hay fever.
  • Usia bayi dan anak-anak lebih mudah mengidap alergi susu, karena sistem pencernaan yang belum sempurna. Namun, kondisi ini akan membaik seiring pertambahan usia dan kematangan saluran pencernaan. 
  • Terdapat riwayat dermatitis atopik atau peradangan kulit yang disebabkan alergi pada anak.
  • Mengidap alergi pada makanan atau minuman lain yang umumnya berkembang setelah alergi susu timbul.

Penyebab alergi susu adalah terjadinya gangguan pada sistem kekebalan tubuh pengidap yang salah mengidentifikasi protein pada susu sebagai zat yang membahayakan tubuh. Hal ini memicu sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi Imunoglobilin E atau menetralkan zat pemicu alergi tersebut dan melapaskan histamin ke dalam darah, sehingga menimbukan gejala alergi susu. 

Berikut gejala alergi di saluran cerna:
  • Naiknya asam lambung ke tenggorokan secara berulang
  • Muntah, diare atau sembelit, dan darah pada feses
  • Anemia defisiensi besi
  • Pilek, batuk dan kronik
  • Kolik persisten (lebih dari 3 jam perhari perminggu selama 3 minggu)
  • Gagal tumbuh karena diare dan anak tidak mau makan

Akibat jika gangguan saluran cerna fungsional dan alergi tidak tertangani (dampak pada anak):
  • Dapat memberikan dampak kurang baik kepada kesehatan anak di masa akan datang bila tidak ditangani dengan tepat.
  • Karena mengganggu kualitas hidup seorang anak dan mengganggu proses tumbuh kembangnya.
  • Oleh karena itu, promotif dan preventif menjadi hal yang sangat penting, apalagi bila dilaksanakan sejak dini. 

Dampak gangguan cerna fungsional atau alergi tidak tertangani dengan baik pada orangtua:
  • Orangtua tentu kuatir jika anaknya tidak sehat
  • Orangtua bisa mengalami rasa bersalah, frustasi, stress, kecemasan bahkan bisa depresi.

Beberapa contoh red flags:
  • Gangguan pertumbuhan (berat badan, tinggi badan tidak sesuai)
  • Muntah darah
  • Masalah makan
  • Gangguan pada organ
  • Dan lain-lain tergantung dari jenis penyakitnya

Tips Mengatasi Alergi Susu Sapi pada Anak
Jika anak mengalami  gejala alergi susu sapi setelah meminum susu, terutama jika masalah ini sudah terjadi cukup lama, membuat berat badannya berkurang atau hingga menyebabkan anak mengalami gangguan tumbuh kembang. Orangtua disarankan untuk segera membawanya ke dokter.

Untuk menentukan diagnosis alergi susu sapi dan mencari kemungkinan penyebab alergi lainnya pada anak, dokter bisa melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang, seperti tes darah dan tinja, serta tes alergi. 

Waktu anakku mengalami alergi susu sapi hal yang paling utama saya lakukan adalah menghentikan makanan dengan mengandung susu sapi, memang agak sulit sebenarnya waktu. Tapi karena semua dilakukan demi kebaikan anak, maka perlahan alergi itu hilang. 

Karena balik lagi bahwa alergi susu sapi yang dialami anakku pada saat masih bayi merupakan dari makanan yang saya konsumsi sendiri. Jadilah ini pencetus si alergi susu sapi pada anakku. 

Jika si kecil sudah minum susu formula dan mengalami alergi karena mengonsumsinya makan ini harus dihentikan dan ganti susu yang dikonsumsi dengan susu formula yang sudah diolah dengan dari kacang kedelai.

Pentingnya Kesehatan Perut si Kecil
Perut memiliki peran yang penting dalam tumbuh kembang si kecil. Tidak hanya berfungsi sebagai pencernaan, perut juga memberikan banyak kehebatan bagi si kecil.
  1. Pencernaan nyaman, perut sehat berfungsi dengan baik sehingga tidak menggangu aktifitas anak
  2. Penyerapan nutrisi, perut sehat dapat membantu penyerapan nutrisi keseluruh tubuh sebagi sumber energi dan pembentukan sel
  3. Pencernaan lancar, perut sehat membuat saluran cerna berfungsi dengan baik sehingga pola BAB si kecil jadi lebih baik
  4. Perlindungan alami, sel perlindungan tubuh alami di perut sehat
  5. Tumbuh kembang optimal, nutrisi untuk tumbuh kembang optimal didapatkan dari perut yang sehat
  6. Cepat tanggap, 100 juta sel syaraf terdapat dalam perut sehat membawa informasi ke otak
  7. Suasana hati, 90% hormon seretosin yang mengatur suasana hari diproduksi dalam perut sehat

Kapan Anak Harus ke Dokter?
Jika mengalami tanda dan gejala alergi susu diatas, segera bicarakan dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan penanganan yang tepat. 

Deteksi dini alergi susu sapi dengan menggunakan Allergy Tummy Checker
06 Oktober 2021

Melatih Kecerdasan Emosional, Sosial dan Fisik dalam Format Digital

mindtera education wellness

Tak terasa ya kalau 2 bulan lagi kita akan memasuki tahun 2022, gimana nih buibu masih semangat dong ya walau kegiatan saat ini terbatas. Pandeminya juga sudah mau 2 tahun ya mak, semoga kita selalu diberikan sehat ya. Emosi juga masih terkontrol dong ya buibu... 

Pandemi pun membawa perubahan untuk kita semua, terutama untuk kaum ibu nih pasti jadi lebih sibuk lagi di rumah ya. Karena semenjak pandemi, anak-anak harus belajar secara online di rumah. Sudah pasti peran ibu juga sebagai guru saat ini. Sampai hari ini pun anak saya masih pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Tanpa disadari juga pandemi membawa pengaruh pada kesehatan mental. Dalam jangka pendek, pandemi bisa memicu rasa cemas, serangan panik, psikomatis, perubahan makan dan tidur, sulit konsentrasi juga stres. Ini pun sempat saya rasakan dipandemi awal, kecemasan yang mengakibatkan saya sakit. 

Selain itu bulan Juli 2021 kemarin saya pun menjadi salah satu penyintas covid di gelombang kedua covid. Benar-benar campur aduklah antara emosi dan rasa yang ada didalam hati pada saat itu. Sampai sekarang pun masih suka cemas apalagi kalau harus keluar rumah dan bertemu dengan orang-orang. 

Beberapa dampak yang bisa timbul karena stres: 
  • Perasaan takut, marah, sedih, khawatir, mati rasa atau frustasi
  • Perubahan nafsu makan, energi, keinginan dan minat
  • Kesulitan berkonsentrasi dan membuat keputusan
  • Sulit tidur atau mimpi buruk
  • Reaksi fisik seperti sakit kepala, nyeri tubuh, masalah perut dan ruam kulit
  • Masalah kesehatan kronis yang memburuk
  • Kondisi kesehatan mental yang memburuk 
  • Peningkatan penggunaan tembakau, alkohol dan zat aktif lainnya


kelola stres

Hampir setiap orang pernah mengalami stres, hanya persentase saja yang membedakan tingkatan stres setiap orang. Terbukti waktu diacara webinar bersama Mindtera ternyata tingkat stresku 11,48% masih dibatas aman dan masih bisa dikelola dengan baik.

Namun stres ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena dampaknya akan berbahaya seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dihindari biar tidak stres, mungkin kita merasakan diri ini baik-baik saja tapi siapa yang tau kalau ternyata stres? 

Lakukan beberapa hal berikut ini untuk menghindari stres:
  • Hindari memikirkan segala sesuatu berlebihan atau overthingking.
  • Menahan emosi, karena ternyata banyak juga semenjak pandemi jadi lebih mudah marah, perasaannya terlalu sensitif. 
  • Pola makan yang sehat dan banyak minum air putih
  • isitrahat yang cukup agar terhindar dari sakit kepala atau lelah berkepanjangan
  • Berbagi cerita kepada teman terdekat, suami atau istri, keluarga atau orangtua
  • Mencoba sesuatu hal yang baru, kadang agar kita tidak terjebak pada situasi yang nyaman atau bahkan bosan kita bisa melakukan hal baru
  • Membuat journal kegiatan setiap hari ini menjadi salah satu yang saya lakukan juga untuk terjebak stres
  • Lakukan me time untuk ibu bisa nonton drama terfavorit, baca buku, merawat tubuh atau sekedar tiduran melepas lelas juga sangat baik loh
  • Menulis di blog 
  • Mengikuti program di Mindtera
mindtera

Minggu lalu menjadi pengalamanku untuk mengenal Mindtera, makanya waktu ada ajakan untuk ikut webinarnya saya senang sekali. Karena memang selalu penasaran dengan sesuatu yang baru terutama berhubungan dengan teknologi ya. 

Kenapa penasaran? Karena ini merupakan aplikasi edutech pengembangan diri melalui multiple intelligence pertama di Indonesia. Selain itu memang temanya sangat menarik "Kelola Hidup Lebih Baik dengan Aplikasi Mindtera: Kelola Stress Dengan Berkesadaran" Jangan sampai kita stres dan tidak bisa mengelola secara baik. 

Mengenal Mindtera
mindtera

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, bahwa untuk menghindari stres bisa dengan melakukan beberapa kegiatan atau mencoba hal-hal baru. Belum lama ini saya mencoba hal baru nih, mengikuti program kelas dari Mindtera. Penasaran gak sih apa itu Mindtera? 

Mindtera adalah platform edukasi pengembangan diri untuk membantu masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan terbaik mereka melalui kurikulum pelatihan kecerdasan emosi, sosial, fisik yang terstruktur dan komprehensif.

Mindtera mengembangkan potensi dan kualitas hidup dengan kurikulum self-mind mastery yang terdiri dari 4 pilar pembelajaran. 
  1. Kecerdasan Emosi, kemampuan untuk mengenal, menerima, dan mengelola ragam emosi dalam dirimu.
  2. Kecerdasan Sosial, kemampuan untuk membangun hubungan sosial yang sehat dan berdaya.
  3. kecerdasan Fisik, kemampuan memahami koneksi antara tubuh dan pikiran kita.
  4. Pengembangan Diri, kemampuan untuk menyeimbangkan antara kehidupan profesional dengan personal.

Dengan mengikuti perkembangan teknologi, Mindtera ini bisa diakses lewat aplikasi jadi memang memudahkan kita juga. Mindtera merupakan aplikasi edutech pengembangan diri melalui intelligence pertama di Indonesia.

Bagi saya yang menarik tuh setiap malam sebelum tidur, saya selalu membuka aplikasi Mindtera dan langsung disambut dengan Modul produktif. Tinggal tap sesuai urutan dan mengikuti instruksinya, pastikan menggunakan earphone agar lebih nyaman dan konsentrasi. 

Latihan rehat dan hening ini hanya memakan waktu 4 menit saja, anggap saja aplikasi ini membantu kita untuk memerikan ruang rehat dan hening untuk hari kita. 

Tak hanya dengan modul produktif saja, kita juga bisa mengikuti program yang ada didalam aplikasi Mindtera. Ada 5 program yang dibagi sesuai dengan kategori seperti Kerja, Cinta, keluarga, Fitness dan Self Mastery. Semuanya ini tentu dipandu oleh fasilitator profesional. 

Setiap kelasnya pun tidak memakan waktu lama kok jadi memang ini bisa membantu kita juga untuk memberikan jeda setiap harinya. Setiap sesi hanya membutuhkan waktu 2 menit saja, tapi bisa memberikan manfaat untuk diri kita. 

Program yang disediakan oleh Mindtera bisa digunakan oleh semua kalangan, tidak hanya untuk perempuan saja, tapi juga untuk laki-laki pun bisa. Anak remaja pun bisa mengikuti programnya, karena yang namanya mengelola stres itu tidak mengenal usiakan? 

Program Yang Sangat Menarik
program keluarga mindtera

Yang saya suka dari Mindtera itu program yang dimiliki memang sangat relate sekali dengan kehidupan, jadi kita sendiri bisa menyesuaikan ya. Seperti program Keluarga yang belum lama ini saya ikuti. Kenapa saya memilih Program Keluarga karena pembahasannya yang ditawarkan sangat menarik sekali.
  1. Berkelana Bersama Duka
  2. Menghadapi Sibling Rivalry
  3. Menjadi Authentic Parents
  4. Perilaku Perundungan Pada Anak
  5. Cara Kekinian Mendisiplikan Anak

Dari kelima tema diatas yang saya pilih lebih dulu itu Menjadi Authentic Parents, ternyata didalamnya dibagi lagi menjadi 5 pembahasan: 
  • Sesi 1: Masa kecil Sebagai Akar Pola Asuh (5 menit)
  • Sesi 2: Contoh Pertama Sebuah Hubungan (5 menit)
  • Sesi 3: Mematangkan Legasi Pola Asuh (5 menit)
  • Sesi 4: Berkenalan Dengan Ego & Takut (5 menit)
  • Sesi 5: Menjadi Orangtua Versi Sejatiku (5 menit)

authentic parents


Ketika sudah memilih tema Authentic Parents, sebelum mulai ada beberapa langkah dulu nih yang dilakukan untuk kita agar lebih nyaman dan fokus untuk meyimak setiap sesinya. Setiap program di Mindtera ini tentu memiliki manfaat ya, seperti Authentic Parents ini manfaat yang bisa diambil:
  • Menjadi orangtua otentik yang selalu belajar JEDA untuk menggali sumber pola pikir dan perilaku saat mengasuh anak.
  • Menjadi individu yang dapat memetakan isi pikirannya dengan OBSERVASI.
  • Mengenal komposisi ego dan rasa takut dalam diri agar dapat TERSALURKAN dengan sehat.
  • Mulai untuk melakukan RANCANG ULANG pola asuh saat ini agar lebih baik dan tentunya lebih otentik.

Untuk teman-teman yang penasaran dan ingin mencoba program yang ada di MINDTERA ini bisa langsung download aplikasinya loh karena sudah tersedia di Appstore dan Playstore. Selamat mencoba dan jangan lupa beri JEDA setiap harinya. 

Link Download Appstore:

Link Download Playstore:


03 Oktober 2021

Nutrisi Yang Dibutuhkan Anak Dengan Penyakit Jantung Bawaan (PJB)

bicara gizi, penyakit jantung bawaan pada anak

Di Indonesia, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian tertinggi. Penyakit ini telah memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya. Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia yang diperingati setiap tanggal 29 September, Danone Specialized Nutriotion ingin mengajak masyarakat untuk mengambil peran dalam pencegahan penyakit jantung terutama untuk Penyakit Jantung Bawaan (PJB) pada anak.

Tak hanya pada orang dewasa, penyakit jantung juga umum terjadi pada anak-anak. Penyakit ini bisa bawaan atau bisa juga karena kondisi jangka panjang yang tidak terdeteksi. Jadi ingat cerita salah satu temanku tentang anaknya yang ternyata memiliki penyakit jantung bawaan, sayangnya ini tidak terdeteksi sama sekali. 

Ada banyak jenis penyakit jantung yang bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Ada beberapa jenis juga penyakit jantung yang dialami anak sejak lahir, seperti ASD dan VSD. Kedua penyakit jantung tersebut termasuk dalam kelainan jantung bawaan lahir, yaitu kelainan jantung berupa struktur atau fungsi sejak bayi dalam kandungan.

penyakit jantung bawaan pada anak

Seperti yang diungkapkan oleh dr. Rahmat Budi Kuswiyanto, Sp.A(K), M.Kes "Penyakit Jantung Bawaan (PJB) merupakan kelainan struktur, letak atau fungsi jantung  akibat gangguan pembentukan organ jantung pada trisemester awal kehamilan yang terbawa sampai lahir".

Jenis dan tingkat kondisi pada anak yang memiliki jantung bawaan sangat beragam. Sebagian kondisi hanya memerlukan pemantauan rutin, sebagian lainnya memerlukan operasi hingga transplantasi (penggantian) jantung. 

Pemeriksaan sebelum lahir sangat diperlukan, seperti tes pencitraan yang berupa USG (ultrasonografi). Degnan melakukan tes ini, dokter dapat melihat gambaran struktur jantung janin. Tes selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mendekati penyakit jantung bawaan adalah fatal ekokardiogram atau ekokardiogram janin.

Tes ini mirip dengan USG, hanya tampilan informasi mengenai kondisi organ jantung bayi yang didapat akan lebih rinci. Biasanya tes ini dilakukan di minggu ke-18 hingga minggu ke-24 kehamilan.

gejala penyakit jantung bawaan

Di Indonesia penyakit jantung bawaan pada saat bayi lahir sebanyak 40 - 50.000 pertahun. Faktor risiko Penyakit Jantung Bawaan biasanya terjadi saat kehamilan dengan riwayat sebagai berikut:
  • Infeksi kehamilan 
  • Penyakit bawan ibu seperti diabetes, lupus dan hipertensi
  • Konsumsi obat, merokok dan mengonsumsi alkohol
  • Nutrisi tidak seimbang
  • Kelainan genetik janin
  • Riwayat keluarga dengan kelainan jantung

Jantung manusia terbagi menjadi 4 ruang, 2 atrium (serambi) dan 2 ventrikel (bilik), masing-masing di sisi kanan dan kiri. Atrium kanan berfungsi menerima darah kotor dari seluruh tubuh. Darah yang masuk ke atrium kanan akan dipompa ke ventrikel kanan, kemudian ke paru-paru.

Setelah mengikat oksigen di paru-oaru, darah kembali ke jantung lewat atrium kiri. Selanjutnya, darah yang kaya oksigen tersebut masuk ke ventrikel kiri, untuk kemudian dipompa ke seluruh tubuh melalui aorta.

Pada penderita penyakit jantung bawaan, siklus dan aliran darah ini akan terganggu. Hal ini bisa disebabkan oleh gangguan pada katup, ruang jantung, septum (dinding penyekat antar ruang jantung), atau pembuluh darah dari dan ke jantung. Gangguan aliran darah ini akan menimbulkan keluhan dan gejala pada penderitanya. 

Gejala dan Tanda Penyakit Jantung Bawaan
  1. Kebiruan
  2. nafas cepat / sesak nafas
  3. Kelelahan saat aktivitas / menyusu
  4. Pertumbuhan terhambat dan berat badan susah naik
  5. Perubahan bunyi / letak jantung
  6. Infeksi paru berulang
  7. Kelainan bawaan lain / sindrom
  8. Pingsan / berdebar / nyeri dada
  9. Kurus stunting
  10. Kelihatan "sehat"

Penyakit Jantung Bawaan (PJB) Menyebabkan Gagal Tumbuh dan Kurangnya Gizi Pada Anak 
nutrisi anak penyakit jantung bawaan

Gangguan gizi pada anak dengan penyakit jantung bawaan (PJB) disebabkan oleh penyakit jantungnya sendiri atau karena asupan zat gizi yang kurang. Biasanya anak kesulitan makan, kebutuhan kalori yang meningkat, gangguan penyerapan sari makanan dalam usus, sering dijumpai pada anak dengan PJB.

Gangguan gizi pada anak dengan PJB membawa akibat sering sakit karena daya tahan tubuh yang menurun dan berpengaruh terhadap keberhasilan operasi jantung di kemudian hari. Nutrisi yang tidak optimal berdapan terhadap luaran PJB.

Per-operasi
  • Mortalitas dan morbiditas meningkat
  • Penundaan tindakan
  • Infeksi
  • Lama rawat

Pasca Operasi
  • Mortalitas dan morbiditas meningkat
  • Gagal organ
  • Lama rawat ICU
  • Infeksi

Kontrol
  • Morbiditas komplikasi 
  • Gangguan tumbuh kembang
  • Neurodevelopmental

Nutrisi merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan energi yang adekuat untuk metabolisme basal, pertumbuhan dan aktivitas fisik. Bayi dan anak memiliki tingkat metabolisme yang tinggi serta memiliki risiko untuk mengalami kekurangan energi. 

Bayi dan anak dengan penyakit jantung bawaan (PJB) memiliki risiko yang signifikan terjadinya ketidakseimbangan energi karena meningkatnya pengeluaran energi dan asupan nutrisi yang tidak memadai. ketidakseimbangan energi mengakibatkan terjadinya malnutrisi. 

Malnutrisi dan gagal tumbuh pada anak dengan penyakit jantung bawaan sangat tinggi. Sekitar 60% - 70% anak yang dirawat di rumah sakit dengan PJB mengalami gagal tumbuh sebagai akibat dari kurangnya pemasukan nutrisi dan gangguan penyerapan. Dukungan nutrisi yang optimal harus memberikan cukup energi dan protein tidak hanya untuk mencegah kerusakan atau katabolisme protein dan mempertahankan komposisi tubuh dan berat badan.

Menghitung Kebutuhan Nutrisi
  • Kebutuhan nutrisi yang dihitung umumnya kebutuhan kalori seperti karbohidrat, lemak dan protein.
  • Perhitungannya tergantung berat ideal dan usia panjang badan dikalikan RDA-nya.
  • Target pemberian 80% dari RDA tergantung respon dari si anak
  • Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan terkadang memerlukan formula dengan densitas kalori tinggi (ONS = oral nutrition supplement) karena pembatasan pemberian cairan.

Kebuthan Nutrisi Pada Anak Dengan PJB
  1. Berikan ASI dan susu berkalori tinggi, suplemen nutrisi khusus bisa ditambahkan ke dalam susu formula atau ASI untuk meningkatkan jumlah kalori. Minuman berkalori tinggi juga bisa diberikan untuk meningkatkan gizi pada anak yang lebih besar.
  2. Berikan makanan dan camilan dengan kalori tinggi. Berikan makanan atau camilan yang berigizi untuk anak PJB. Baca tabel informasi nilai gizi terutama kandungan kalorinya dengan cermat.
  3. Hindari memberikan makanan dengan kalori kosong. Hindari makanan dengan banyak gula dan sedikit nutrisi, seperti minuman ringan bergula, junk food, dan makanan cepat saji. Lebih baik berikan anak makanan bergizi seimbang dan tinggi kalori.
  4. Bantuan tabung nasogastrik, beberapa bayi dengan PJB kemungkinan tidak mengonsumsi kalori dalam jumlah yang cukup hanya dengan menyusu ASI atau minum susu formula.

Evaluasi kecukupan nutrisi pada bayi dengan penyakit jantung bawaan meliputi:
  1. Pengukuran antronometri secara teratur. Berat badan, tinggi badan, dan lingkat kepala diukur setiap 2 minggu hingga usia 6 minggu dan setiap bulan di usia 2-12 bulan. Lingkat lengan atas dan tebal lemak subkutan (triseps) diukur setiap bulan sejak usia 3-12 bulan.
  2. Plot hasil pengukuran antropometri ke dalam kurva pertumbuhan WHO 2006 untuk anak usia <24 bulan.
  3. Evaluasi riwayat makanan yang diberikan pada bayi meliputi jenis dan jumlah makanan dan adanya kesulitan pemberian makan seperti bayi tidak nafsu makan, kesulitan menelan atau menolak makanan.
  4. Riwayat pengobatan dan suplemen nutrisi yang didapat
  5. Riwayat keluhan terkait sistem gastrointestinal dan toleransi makanan peroral atau enteral, misalnya muntah, distensi abdomen, nyeri abdomen, diare atau konstipasi.
  6. Riwayat keluhan terkait penyakit jantung bawaan yang menandakan adanya keadaan akut atau progresivitas penyakit.
  7. Pemeriksaan fisik untuk mencari tanda klinis terkait malnutrisi, seperti tampak pucat, dermatitis, muscle wasting, edema perifer, esites, kelainan kuku, alopesia, cheilitis.

penyakit jantung bawaan pada anak

Untuk orangtua dengan anak yang memiliki penyakit jantung bawaan, menjaga kesehatan si kecil perlu lebih cermat. Harus senantiasa berkonsultasi dengan dokter dan menjalankan pola hidup sehat. Seperti beberapa saran yang disampaikan oleh Dr. dr. I Gusti Lanang Sidiartha, Sp.A(K) untuk para orangtua yang memiliki anak dengan penyakit jantung bawaan.
  1. Anak dengan PJB memerlukan perhatian khusus dari orangtua terutama pemberian nutrisi yang telaten karena berisiko tinggi mengalami malnutrisi dnegan berbagai dampak negatifnya bahkan sudah bisa terjadi sejak masa bayi.
  2. Pada usia 6 bulan pertama berikanlah ASI dalam keadaan tenang, hindari bayi sering menangis karena saat aktif kebutuhan kalir akan meningkat.
  3. Pada usia lebih besar pertimbangkan pemberian formula khusus dengan densitas kalori lebih tinggi sesuai petunjuk dokter anak.
  4. Bila ada tanda gagal tumbuh yaitu kenaikan berat badan dibawah persenti-5 sesuai tabel WHO segera berkonsultasi dengan dokter anak.

Selain itu orangtua juga harus melakukan hal berikut:
  1. Bawa ke faskes terdekat bila ada tanda dari PJB
  2. Konsultasikan ke dokter anak atau konsultan kardiologi
  3. Asuhan nutrisi
  4. Memantau tumbuh kembang anak dengan PJB
  5. Vaksinasi rutin
  6. Jaga kesehatan gigi dan mulut
  7. Obati infeksi degnan tuntas: ISPA, radang telinga
  8. Menyesuaikan aktivitas
  9. Tidak panik, mengiukuti saran dokter
  10. Ikhlas, ikhtiar, sabar dan tawakal

Nah, merawat anak dengan penyakit jantung bawaan ini tidak sama dengan anak normal yang sehat. Orangtua perlu melakukan konsultasi lebih lanjut mengenai hal ini dengan dokter spesialis jantung, ahli gizi, sekaligus yang menangani kondisi anak.