14 Mei 2022

Rummah Go'A Kafe Nyentrik di Tangerang Selatan

rummah goa, kafe nyentrik di bintaro

Kalau sekarang itu banyak kafe yang instagramable, kali ini aku main ke Rummah Go'A di Tangerang Selatan yang gak kalah keren sama kafe-kafe yang sedang hits. Kalau menurutku ini yang dibilang hidden gem, karena tak terlihat sesungguhnya kalau dari jalan besar. Selain itu kafenya tuh nyentrik banget, artsy bangetlah.

Sabtu ini saya sekeluarga setelah menikmati jalan pagi, mampir ke Rummah Go'A sebenarnya ini sudah saya agenda sebelumnya. Tadinya mau kemarin pas hari Jumat, ternyata setiap Jumat Rummah Go'A tutup. Baiklah berarti bisa disambangi pas akhir pekan saja, karena selain bukanya lebih awal kalau pas akhir pekan. 

Dimana Letak Rummah Go'A? 
rummah go'a kafe nyentrik milik dik doang

Ok ini yang menjadi pertanyaan beberapa teman di direct message dan juga kolom komentar instagramku. Detail alamatnya tuh bisa klik disini, atau gampangnya tuh cari saja stasiun kereta Jurangmangu. 

Alamat Rummah Go'A
Jalan. Garuda I No.109 RT 01/RW 02, Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413

Jam Operasional
Senin - Kamis: 11.00 - 21.00 WIB
Sabtu dan Minggu: 08.00 - 21.00 WIB

Untuk menemukan tempat ini tuh tadi sempat muter dua kali karena mencari tempat parkir. Akhirnya tadi parkir mobil di ruko seberang Universitas Pembangunan Jaya, ini dekat kok tinggal jalan kaki sebentar untuk menuju ke Rummah Go'A.

Desain dan Interiornya Nyentrik 
rummah go'a di tangerang selatan

Jika kamu mampir ke Rummah Go'A pasti akan dibuat takjub dengan desain bangunan dan interiornya, karena selain nyentrik juga sangat artsy loh! Dimanjakan sekali dengan beberapa bagian didalamnya yang sangat unik. Mulai dari saat memasuk Rummah Go'A pun sudah terasa ya kalau bangunan ini memiliki suasana yang nyaman. 

Bahkan sambil menikmati makanan di Rummah Go'A kita juga bisa mendapati pemandangan kereta lewat. Kalau anakku senang sekali saat makan dia bisa melihat kereta lewat, bahkan meminta ayah dan bundanya untuk merekam saat kereta lewat. 

rummah go'a kafe nyentrik di tangerang selatan

rummah go'a kafe nyentrik di tangerang selatan

rummah go'a kafe nyentrik di tangerang selatan

rummah go'a kafe nyentrik di tangerang selatan

Tidak hanya bangunannya saja yang unik, namun furnitur yang terdapat di Rummah Go'A pun unik loh. Jadi kalau masuk ke dalamnya berasa sedang di rumah sendiri, karena memang dibuat homey agar pengunjung yang mampirpun bisa melepas lelahnya.

Di beberapa area ada kursi klasik yang memang mirip di rumah eyang saya, makanya saya bilang tempat ini selain unik memang nyentrik sih ya. Lantainya pun menggunakan tegel seperti di rumah-rumah jadul. Kalau kalian perhatikan beberapa furnitur di sini juga gemes-gemes ya.

Apalagi tempat duduk yang berada diluar dengan menggunakan pot bunga keramik yang lawas banget. Kenapa lawas, karena di rumah eyang dan beberapa saudaraku yang memang sudah sepuh pasti ada pot bunga keramik seperti itu. Memanfaatkan bongkahan kayu untuk meja dan kursi yang terlihat lebih etnik. 

rummah go'a kafe nyentrik di tangerang selatan

rummah go'a kafe nyentrik di tangerang selatan

rummah go'a kafe nyentrik di tangerang selatan

Salah satu area kafe ini ada rak bukunya, asli bukunya banyak banget loh! Tadi sempat mau foto disitu tapi karena sedang ada ibu-ibu yang berfoto jadi aku mengurungkan niat, nanti sajalah pas mau pulang. Eh taunya malah lupa deh mau foto disitu, adanya foto kosongan sebelum si ibu-ibu itu bergaya di area buku itu.

Asli beneran dibuat takjub sama Rummah Go'A, selain memang letaknya yang tersembunyi, desain bangunan dan furniturnya unik. Selain itu kalau sudah masuk ke Rummah Go'A tuh adem banget karena banyak pepohonan jadi lebih asri. 

Kalau saranku sih jangan siang-siang pas terik kalau mau mampir kesini ya karena ya itu tadi nanti pasti gobyos. So far memang enak dan nyaman sih ya tempatnya. Tadi juga gak banyak pengunjung, cenderung sepi malahan loh. Saat kami sampai, ada beberapa rombongan sepeda yang baru selesai. 

Makanannya Apa Saja?
es kopi susu di rummah go'a

Makanannya sebenarnya lumayan banyak kalau menurutku, tapi seperti biasanya sebagai pembuka aku tadi order es kopi susu gula aren dulu. Sayangnya hari ini si mie ayam yang pengen banget kita cobain lagi gak ada, semoga nanti minggu depan sudah ada lagi ya. Kebetulan minggu depan mau balik lagi kesana bersama teman-teman. 

nasi bakar cakalang rumah go'a di tangerang selatan

siomay rummah go'a di tangerang selatan

Tenang, walau tadi mie ayam yang pengen kita cobain lagi gak ada jadi tadi pesan nasi cakalang dan siomay. Niatnya siomaynya berdua ayahnya, karena bumbunya pedas gak jadilah kita berdua. Alhasil tadi menghabiskan satu porsi nasi bakar cakalang dan siomay.

Ayahnya pun pesan yang sama, nasi bakar cakalang. Karena menu yang dipesan anakku gak ada jadilah tadi dia lebih milih makan kentang goreng saja (ini lupa ke foto karena si anaknya sudah pengen makan). Bahkan ada menu yang tadinya kita mau coba pas setelah makan malah gak jadi karena ku kenyang sudah.

Sepertinya kalau minggu depan jadi balik kesini sih bakalan pilih menu yang hari ini gak jadi kita pesan. Untuk teman-teman yang pengen nyoba makan siang atau sekedar snack time bisa kesini juga. Karena ada beberapa menu makanan seperti ayam bakar, ayam goreng, bebek goreng, cireng, pisang, roti dan beberapa menu lainnya. 

07 Mei 2022

5 ISTANA KERAJAAN DI KOREA SELATAN YANG WAJIB DIKUNJUNGI

5 istana kerajaan di korea selatan yang wajib dikunjungi

Holla... Apa kabarnya? Tak terasa sudah bulan Mei ya, sudah memiliki rencana liburan kemana tahun ini? Atau masih galau mau liburan kemana? Untuk teman-teman yang berencana ke Korea Selatan, ada beberapa rekomendasi tempat nih yang wajib dikunjungi saat liburan ke Seoul, Korea Selatan. 

Oh ya, Korea Selatan sudah buka border dan tidak perlu karantina lagi. Ini seperti angin surga ya untuk para travelers. Pastikan juga paspornya masih berlaku ya, karena ini yang paling penting setelah visa Korea. Kebetulan banget sebelum lebaran kemarin aku baru ngurus paspor lagi, karena sudah habis bulan Juni 2021. 

Korea Selatan tak hanya terkenal sebagai destinasi wisata yang berbau K=Pop atau K-Drama. Beberapa wisata di Korea Selatan seperti wisata sejarah sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi di Korea Selatan adalah Istana Kerajaan. Kalau teman-teman suka nonton drama Korea Saeguk pasti familiar dengan beberapa istana ini loh.

1. Gyeongbokgung Palace
Gyeongbokgung Palace

Istana kerajaan di Korea Selatan yang wajib dikunjungi yang pertama adalah Istana Gyeongbokgung, merupakan istana utama dan pusat pemerintahan Joseon, dinamai sebagai keinginan istana untuk mewujudkan kemakmuran besar. 

Istana Gyeongbokgung dibangun pada tahun 1395 atas perintah Taejo (Yi Seong-gye), merupakan raja pendiri Joseon. Istana Gyeongbokgung ini merupakan kompleks yang sangat luas dengan 330 bangunan dan 5.792 ruangan, namun kebayakan dari bangunan ini dihancurkan selama kependudukan Jepang di Korea Selatan. Di tahun 1989, barulah pemerintah Korea mulai membangun kembali bangunan-bangunan yang telah hancur tersebut.

Pada saat ini Istana Gyeongbokgung saat ini tidak lagi terbatas pada penggunaan satu orang, karena sudah menjadi situs sejarah paling dicintai di Seoul yang dibagikan oleh semua orang. Menariknya, istana ini memiliki sebuah pavilion kecil bernama Hyangwonjeong yang dibangun diatas pulau buatan di tengah Danau Hyangwonji. Pulau ini dihubungkan dengan area istana melalui jembatan Chwihyanggyo.

Saat kamu mengunjungi Istana Gyeongbokgung juga bisa berkunjung ke National Folk Museum dan National Palace Museum of Korea dimana kamu bisa melihat lebih dekat arsitektur, interior, hingga benda-benda peninggalan Dinasti Joseon. Setiap harinya juga selalu diadakan pertunjukan peragaan seperti tradisi, ritual hingga kegiatan yang terjadi di kehidupan Dinasti Joseon. Pengunjung juga bisa mengenakan hanbok, yang dapat disewa dari toko-toko terdekat. Salah satunya

2. Deoksugung Palace
Deoksugung Palace

Istana kerajaan yang kedua adalah Deoksugung Palace, yang telah berdiri sejak tahun 1450an dan awalnya digunakan sebagai tempat peristirahatan Pangeran Wolsan. Dulunya merupakan kediaman Raja Gojong dari Joseon, istana ini mencerminkan konteks sejarah transisi modern dalam campuran gaya arsitektur Korea dan Barat. 

Aula Jeonggwanheon di mana Gojong akan menerima pejabat asing atau menikmati secangkir kopi, aula Seokjojeon merupakan Museum Sejarah Kerajaan Daehan saat ini, sayap barat di aula Seokjojeon terdapat cabang Deoksugung dari Museum Nasional Seni Modern dan Kontemporer memberikan relief keindahan bangunan istana. 

Di tahun 1618, setelah istana kerajaan secara resmi dipindah ke Changdeokgung yang telah dibangun kembali, Istana Deoksugung ini menjadi istana pelengkap yang disebut sebagai Seogung atau West Palace. Seoksugung Palace memang memiliki arsitektur yang sangat indah. Pengunjung yang datang dibuat kagum oleh keindahan bangunannya. Tak hanya itu, saat kita berkunjung ke Istana Deoksugung akan menemukan beberapa taman yang indah untuk bersantai.

3. Gyeonghuigung Palace
Gyeonghuigung Palace

Kalau Istana Changdeokgung merupakan istana di Timur, sementara Istana Gyeonghuigung adalah istana di barat. Ketika istana ini selesai dibangun pada tahun 1617 (tahun ke-9 Gwanghaegun), istana ini disebut Istana Gyeongdeokgung. 

Di akhir Dinasti Joseon, istana ini digunakan sebagai istana sekunder oleh raja dan keluarganya. Biasanya, Istana Gyeonghuigung ini digunakan sebagai tempat mengungsi oleh raja saat kondisi darurat. istana ini memiliki keindahan arsitektur tradisional dan dibangun diantara pegunungan yang miring. 

Pada saat penjajahan Jepang, istana ini pernah dihancurkan seluruhnya, kemudian dibangun kembali oleh pemerintah Korea di tahun 1990an. Karena pertumbuhan kota yang sangat pesat, maka selama puluhan tahun istana ini dibiarkan begitu saja dan pemerintah hanya berhasil merekontruksi bangunan istana ini sekitar 33% dari bangunan aslinya. 

Istana Gyeonghuigung saat ini jauh lebih kecil, dengan gerbang Heunghwamun, aula Sungjeongjeon, aula Jajeongjeon dan aula Taeryeongjeon (rumah bagi potret kerajaan Raja Yeongjo) yang masih berdiri. Sekarang, di area Istana Gyeonghuigung ini ditempati sebagai Museum Sejarah Seoul dan Museum Seni Seoul. Tempat ini masih menjadi destinasi para wisatawan jika ke Korea Selatan.

4. Changgyeonggung Palace
Changgyeonggung Palace


Istana Changgyeonggung dibangun pada tahun 1418, tahun pertama Raja Sejong, ini menjadi istana ketiga di Joseon setelah Istana Gyeongbokgung dan Istana Changdeokgung, yang digunakan sebagai tambahan selama periode Joseon setelah yang pertama. 

Istana ini berada di dekat Istana Changdeok dan memiliki luas yang lebih kecil dibandingkan istana lainnya. Sekitar 70% area istana ini terdiri dari ruang terbuka hijau, pepohonan dan kolam. Tak hanya itu, sejumlah bangunan di kawasan istana ini menjadi daya tarik tersendiri, seperti aula, pavillion, jembatan dan pintu gerbang. 

Changgyeonggung Palace ini menjadi salah satu istana kerajaan di Korea Selatan yang kerap dikunjungi sebagai destinasi wisata. Jika teman-teman berkunjung pada akhir pekan, tak jarang juga di istana ini diadakan beberapa upacara, misalnya upacara pernikahan, ulang tahun raja, upacara minum teh dan banyak lagi tradisi lainnya. 

Pada saat musim semi di Istana Changgyeonggung juga menjadi salah satu daya tarik para pengunjung. Karena akan dimanjakan dengan pohon-pohon Sakura yang bermekaran di halaman istana ini. Pasti lebih cantik nih istana di Korea Selatan saat musim semi ya.

5. Changdeokgung Palace dan Secret Garden 
Changdeokgung Palace

Taejo (Yi Seong-gye) memindahkan ibu kota ke Hanyang (Seoul) pada tahun 1392 dan menyelesaikan Kuil Jongmyo, Sajikdan Altar dan Istana Gyeongbokgung pada tahun keempat pemerintahannya (1395). Istana Changdeokgung dibangun di sebelah timur Istana Gyeongbokgung pada tahun kelima pemerintahannya (1405), dan Taman Rahasia selesai pada tahun berikutnya. 

Istana ini pernah mengalami beberapa kali kebakaran tetapi paling lama menjadi kediaman raja selama sekita 260 tahun. Sementara Istana Gyeongbokgung berfungsi sebagai pusat pemerintahan Joseon, Istana Changdeokgung berfungsi sebagai tempat tinggal dinasti. Tidak seperti Istana Gyeongbokgung, yang memiliki struktur tegas dan linier, Istana Changdeokgung dirancang agar selaras dengan pegunungan di sekitrarnya.

Istana ini mempertahankan struktur aslinya dengan relatif baik dan mempertahankan arsitektur pada periode tersebut, yang mengarah pada penunjukannya sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Jika berkunjung ke Istana Changdeokgung tidak lengkap tanpa mengunjungi Taman Rahasianya (Huwon: lit. taman belakang). Taman ini paling disukai di musim semi ketika bunga prumusmume merah bermekaran. 

Dulunya digunakan sebagai taman kerajaan, ruang perjamuan, atau tempat rekreasi keluarga kerajaan. Nama alternatifnya, Biwon (taman Rahasia), berasal dari taman yang digunakan sebagai tempat perjamuan klandestin untuk administrator kolonial Jepang, seperti Ito Hirobumi atau kolaborator Korea yang melayani kepentingan kolonial Jepang. 

Jangan Lupa!
Di Festival Budaya Kerajaan, teman-teman memiliki kesempatan untuk menikmati budaya megah Joseon. Ini diadakan pada bulan Mei dan Oktober di lima Istana Seoul, Kuil Jongmyo dan Sajikdan Altar. Ini termasuk program yang menciptakan kembali kehidupan di istana era Joseon, seperti beristirahat di istana, mengikuti jejak Raja Jeongjo dengan terlibat dalam menulis atau seni di Aula Jipbokheon Istana Changgyonggung dan menyaksikan keindahan bulan dengan bergabung dengan Cahaya Bulan. 

Wisata Festival ini bisa juga disaksikan di Youtube dengan teks bahasa Inggris. Wisata dalam di Istana Changgyeonggung dan Istana Deoksugung juga tersedia selama periode festival kecuali pada hari Senin. 

Teman-teman juga bisa mengunjungi www.visitkorea.or.id untuk informasi mengenai beragam perjalanan seru di Korea Selatan.
27 April 2022

11 Pasar Tradisional Terbaik di Korea Untuk Wisatawan Asing

11 pasar tradisional terbaik korea


Pasar tradisional menjadi salah satu tempat yang menarik untuk didatangi saat melakukan perjalanan ke mana pun. Karena di pasar tradisional kita bisa menemukan berbagai macam pernak-pernik, busana, makanan dan budaya yang khas suatu daerah.

Begitu juga dengan Korea Selatan, pasar tradisional yang selalu kita lihat di drama Korea terlihat begitu menarik dengan berbagai macam sajiannya. Pasar tradisional terkenal sebagai surganya makanan tradisional dan jajanan pasar. 

Untuk teman-teman yang akan liburan ke Korea Selatan, jangan lupa nih ada 20 pasar tradisional terbaik di Korea yang wajib kamu datangi. 

1. Seoul Mangwon Market
Seoul Mangwon Market

Jam buka pasar Mangwon, 08.00 - 22.00 
Alamat: 14, Poeun-ro 8-gil, Mapo-gu, Seoul

Seoul menjadi salah satu tujuan utama untuk para wisatawan asing, Mangwon Market tempat paling terkenal yang belakangan ini digandrungi oleh generasi muda dan seniman yan gmencari "glazed fried chicken bites" dan kroket yang lezat. Biasanya memang pasar tradisional selalu terkenal dengan jajanan pasar yang enak-enak. 

Pasar Mangwon merupakan salah satu pasar tradisional yang paling terkenal dan aktif berinteraksi dengan penduduk setempat. Pasar ini telah menjadi tempat komunikasi bagi orang-orang dari latar belakang dan generasi yang berbeda dengan memanfaatkan kompleks budayanya yang unik.

Tidak hanya para orangtua saja, tetapi anak muda pun sekarang menyukai pasar Mangwon. Karena di sini menyajikan produk segar seperti buah, sayur, daging dan seafood dengan harga yang terjangkau serta jajanan lezat seperti kue beras pedas, kue ikan, glazed fried chicken bites, kroket dan gimbap.

2. Incheon Shingi Market
incheon shingi market

Jam buka pasar Incheon Shingi, 09.00 - 22.00 setiap harinya.
Alamat: 6, Singi-gil 58 beon-gil, Michuhol-gu, Incheon

Incheon Shingi Market ini letaknya dekat Bandara International Incheon dan memiliki beberapa lokasi syuting drama terkenal seperti Central Park Songdo dan Taman Jayu. Ini yang membuat Incheon Shingi menjadi tempat populer bagi wisatawan internasional dan domestik dari berbagai generasi.

Di pasar ini, kita dapat menemukan patung berbentuk Koin Singitongbo (terinspirasi oleh token trasional yang disebut Yopjeon) dan Museum Bisbol yang dedikasikan untuk Klub Bisbol SK Wyverns di Incheon. Incheon Shingi menawarkan berbagai makanan lezat dan acara yang menarik, pasar ini telah menjadi salah satu pasar tradisional yang paling terkenal di Incheon. 

Di pasar Incheon Shingi kita dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan koin Singitongbo, yang hanya dapat digunakan di pasar. Untuk 1 koin Singitobo bernilai KRW 500. Karena Yopjeon itu sendiri dapat menjadi suvenir yang berarti bagi para wisatawan asing, Koin Singitongbo telah menjadi alat pemasaran yan gefektif untuk meningkatkan reputasi pasar. 

3. Suwon Nammun Market
Suwon Nammun Market

Jam buka Pasar Suwon Nammun, 09.00 - 19.00 setiap harinya.
Alamat: 8, Jeongjo-ro 776 beon-gil, Paldal-gu, Suwon-si, Gyeonggi-do

Kalau melihat dari situs Korea Tourism Organization, Suwon Nammun Market ini merupakan satu-satunya pasar di Korea yang didirikan 220 tahun yang lalu dengan memanggil para pedagang atas perintah raja. 

Raja Jeongjo, pembaharu besar pada akhir periode Joseon, mengumpulkan para pedagang dari wilayah Hanyaang (Seoul) dan Samnam untuk mendirikan pasar baru di Benteng Hwaseong yang baru dibangun di Suwon. Gerbang selatan (Nammun) Benteng Hwaseong adalah "Gerbang Paldalmun". Pasar Nammun adalah sembilan pasar yang mengelilingi Gerbang Paldlmun, yang bergabung bersama untuk membentuk pasar terbesar di provinsi Gyeonggi-do.

Pasar Suwon Nammun adalah satu-satunya pasar dalam sejarah Korea yang didirikan berdasarkan keputusan kerjaan, dan memiliki sejarah 220 tahun. Kesembilan pasar di Nammun meliputi:
  1. Pasar Peralatan Gucheon-dong, yang menciptakan kembali sejarah pandai besi Korea di zaman modern, 
  2. Pasar Rodeo Nammun dan Pasar Simin , yang bisa dikatakan sebagai pusat mode Suwon.
  3. Pasar Motgol dengan suasana periode Joseon.
  4. Pasar Minarigwang, yang merupakan pasar lauk terbesar di Suwon.
  5. Pasar Young-dong yang dipenuhi dengan kostum tradisional Korea yang penuh warna. 
  6. Pasar Jidong yang terkenal dengan gang sosis darahnya.
  7. Pasar Paldalmun dengan jalan ayam gorengnya yang terkenal.

Pasar Suwon Nammun menawarkan berbagai pengalaman pasar tradisional, dengan pemandangan menarik, makanan, kesenangan dan tempat istirahat di satu tempat yang seru. Dengan adanya tempat wisata seperti Troll Turis Benteng Hwaseong, yang melewari Warisan Dunia UNESCO Benteng Hwaseong, Taksi Velo, Flying Suwon yang merupakan festival musimanm dan pusat siaran pasar Nammun milik pasar, ada kesenangan yang bisa didapat setiap hari di pasar Nammun. 

4. Busan Gukje Market
Busan Gukje Market

Jam buka Busan Gukje Market, 09.00 - 20.00 setiap harinya.
Alamat:4-ga, Sinchang-dong, Jung-gu, Busan

Pasar Gukje ini memiliki 690 toko. Sebagai pasar tradisional terbesar di Busan, yang terletak di Sinchang-dong, Jung0gu. Pasar Gukje menawarkan banyak hal untuk dilihat dan dimakan. Di sini banyak sekali makanan lokal Busan yang terkenal seperti bihun pedas, panekuk isi gula dan biji-bijian, mi gandum. 

Selain makanan, pasar Gukje juga menjual pakaian dan beraneka macam barang. Di Gang Patbingsu, wisatawan juga bisa mencicipi bubur kacang merah yang enak dan es serut dengan kacang merah manis. Gukje menjadi objek wisata yang terkenal, sering dikunjungi oleh para wisatan asing dan dikenal sebagai lokasi syuting Ode to May Father, yang mendapatkan ketenaran setelah rilis di seluruh dunia.

5. Daegu Seomun Market
daegu seomun marketq

Jam buka Daegu Seomun Market, 09.00 - 19.00 setiap harinya.
Alamat: 45, Keunjang-ro 26-gil, Jung-gu, Daegu

Salah satu pasar yang wajib dikunjungi wisatawan asing adalah Daegu Seomun Market. Pasar ini telah dikenal sebagai salah satu dari tiga pasar tradisional terbaik ke Korea yang terbentuk selama periode pertengahan Joseon. Pasar ini terdiri dari delapan pusat perbelanjaan yang diisi dengan sekitar 5.000 toko, menampung hingga 20.000 vendor.

Pasar ini terkenal karena mengkhususkan dalam hanbok, pakaian, tempat tidur, kain dan gorden berkualitas tinggi. Toko di sini juga menawarkan berbagai barang yang meliputi aksesoris, peralatan dapur, buah-buahan, sayuran dan makanan laut kering dan segar. Pasar malam permanen terbesar Korea diadakan di sini. 

Menawarkan 80 jenis jajanan kaki lima dan barang-barang untuk dibeli serta menyelenggarakan berbagai acara budaya secara rutin, tempat ini telah menjadi daya tarik wisata yang terkenal secara global yang dilengkapi dengan Media Facade dan Play Zone. Festival lagu Seomun dan Guesthouse Hanok Seomun di dekatnya juga ada dalam daftar tempat yang tidak boleh dilewatkan.

6. 1913 Songjeong Station Market
1913 Songjeong Station Market

Jam buka 1913 Songjeong Station Market, 11.00 - 22.00
Alamat: 13, Songjeong-ro 8 beon-gil, Gwangsan-gu, Gwangju

Pasar tradisional yang berusia 100 tahun, tempat toko-toko tua berdampingan dengan butik-butik baru yang dijalankan oleh kaum muda. Di lantai setiap gang pasar ini, kita dapat menemukan indikator yang menunjukkan usia setiap bangunan. Kita juga dapat melihat penunjuk arah dengan informasi tahun penyelesaian bangunan.

Saat berkunjung ke pasar 1913 Songjeong Station ini kita dapat menemukan beraneka macam Korea seperti Gukbap (rice soup), fruit yanggang (sweet red bean jelly), craft beer, hotteok, kroket dan telur gulung berisi nasi. 

7. Sokcho Tourist Fish Market
Sokcho Tourist Fish Market

Jam buka Sokcho Tourist  Fish Market, 08.00 - 24.00 setiap harinya
Alamat: 12, Jungang-ro 147 beon-gil, Sokcho-si, Gangwon-do

Beberapa drama Korea yang saya tonton, ada beberapa scene di Sokcho Fish Market ini. Pasar yang menyajikan makanan laut yang baru ditangkap dari laut Timur Biru. Pasar Wisata dan Perikanan Sokcho adalah tempat semua makanan khas lokal dari Pantai Timur. Ini merupakan tempat terbaik untuk mengamati karakteristik Sokcho sambil menikmati segala macam makanan lezat termasuk irisan ikan mentah segar dan ikan asin.

Selain itu ada beberapa jajanan populer seperti snack-dak gangjeong (glazed fried chicken), potato pancake, ojinggeo sundae, Abai sundae, hongge jjim dan deep-fried red snow crab.

8. Chungju Yukgeori Market
chungju yukgeori market

Jam buka Chungju Yukgeori Market, 07.00 - 22.00 setiap harinya
Alamat: 131, Seokgyo-dong, Cheongju-si, Chungcheongbuk-do

Pasar Yukgeori Chungju adalah salah satu pasar paling terkenal di Cheongju, dinamai berdasarkan fakta bahwa pasar ini awalnya dibentuk di Yukgeori (yang berarti persimpangan enam arah). Berada menghadap persimpangan empat arah sekarang, pasar ini telah menjadi salah satu tempat yang paling disukai di daerag tersebut. 

Di sini kita dapat membeli produk pertanian dan industri langsung dari produsennya. Beraneka macam produk ada di sini, makanan khas Korea seperti Sundae Gukbap, Steamed Bread dan terdapat Suamgol Cafe juga. Masih banyak lagi jajanan pasar yang mengenyangkan perut. 

9. Jeonju Nambu Market
Jeonju Nambu Market

Jam buka Jeonju Nambu Market, 09.30 - 22.00
Alamat: 19-3, Pungnammun 1-gill, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do

Salah satu pasar tradisional yang wajib dikunjungi saat ke Korea karena banyak kuliner makanan khas Korea. Terletak di dekat Gerbang Pungnammun di Jeonju, Pasar Nambu berjarak 10 menit berjalan kaki dari Desa Hanok Jeonju dan Kuil Hyeonggijeon yang populer. Secara keseluruhan pasar Nambu Jeonju memiliki sesuatu untuk semua pengunjung, terlepas dari latar belakang budaya atau usia mereka.

Teman-teman bisa menemukan hidangan lezat seperti Bibimbap, Korean set menu, Pisundae, Nambu Market-style soybean sprout dan rice soup. Tak hanya makanan saja tetapi juga disini kalian bisa membeli oleh-oleh seperti ceramics broach, pouch dan tradsional Korea style items. 

10. Seogwipo Maeil Olle Market
Seogwipo Maeil Olle Market

Jam buka pasar Seogwipo Maeil Olle, 09.00 - 19.30 setiap harinya
Alamat: 22, Jungjeong-ro 73beon-gil, Seogwipo-si, Jeju-do

Seogwipo Maeil Olle merupakan pasar terbesar dan tertua di Jeju, sebuah pulau yang indah di Korea. Ini salah satu pasar yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan jika mampir ke Jeju. Karena di pasar ini, kita dapat menemukan semua jenis barang, mulai dari biji-bijian, sayuran, makanan laut, buah-buahan termasuk jeruk keprok Seogwipo yang lezat, makanan khas Jeju, produk pertanian yang ditanam di tanah vulkanik, pakaian, sepatu dan kebutuhan sehari-hari,

Pasar Seogwipo Maeil Olle telah menjadi tuan rumah festival budaya pasar bertepatan dengan berlangsungnya Festival Jalan Kaki Jeju Olle untuk memberi pengunjung lebih banyak hal untuk dilihat. Banyak restoran tradisional yang wajib dikunjungi. 

11. Seoul Namdaemun Market
Seoul Namdaemun Market

Jam buka Seoul Namdaemun Market, 00.00 - 23.00 setiap hari
Alamat: 21, Namdaemunsijang 4-gil, Jung-gu, Seoul

Pasar ini merupakan tempat untuk berburu pernak-pernik dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan tempat lainnya untuk dijadikan oleh-oleh. Di pasar ini juga terdapat toko-toko yang menjual berbagai kosmetik dan alat kecantikan.

Dan yang pasti banyak sekali jajanan pasar dan makanan tradisional lezat yang bisa kamu temukan di sini. Seperti Kalguksi, Griddlecake, Grilled Fish, Hotteok, Galchijorim dan cemilan khas Korea. Selain itu juga bisa membeli oleh-oleh berupa pernak-pernik khas Korea.

Untuk teman-teman muslim, jangan lupa memperhatikan makanan halal ya.

24 April 2022

5 Tren Gaya Hidup Halal di Indonesia

Gaya hidup halal menjadi populer

Gaya hidup halal bukan hanya sekedar gaya hidup, setuju gak nih teman-teman muslim? Karena sebagai umat muslim dengan menjalankan gaya hidup halal dapat bermanfaat bagi kehidupan. Gaya hidup halal, sebuah gaya hidup yang mengamati dan selaras dengan prinsip syariah yang dapat diterapkan untuk semua orang, termasuk para milenials. 

Sekarang ini tren gaya hidup halal semakin populer di masyarakat, meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup halal didasari bahwa perilaku ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Merupakan salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi syariah di tanah air, yang mengalami kemajuan pesat selama beberapa tahun belakangan.

Produk halal yang sebelumnya dilihat hanya sebagai kebutuhan bagi masyarakat muslim, kini berkembang menjadi bagian  gaya hidup dengan nulai kebaikan dan menjadi tren perdagangan global. 

Apa itu Gaya Hidup Halal?
gaya hidup halal

Gaya hidup sendiri merupakan gambaran dan tingkah laku atau pola hidup seseorang yang mencerminkan minatnya. Selain itu gaya hidup juga dapat mencerminkan status sosial dan seseorang. Gaya hidup setiap orang bisa dilihat dari cara mereka berpakaian dan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari.

Gaya hidup halal merupakan sebuah gaya hidup yang mengamati dan selaras dengan prinsip syariah yang dapat diterapkan semua orang, termasuk kaum milenial. Dalam penerapannya gaya hidup halal meliputi sektor fesyen dan makanan yang semuanya bernuansa islami.

Jika seseorang menerapkan gaya hidup halal sudah pasti akan memperhatikan mulai dari gaya berpakaian, kosmetik dan barang lainnya yang sesuai dengan syariat Islam. Tidak hanya dari gaya fesyennya saja yang harus sesuai dengan syariat Islam, apa yang mereka makan pun akan selalu memperhatikan kehalalan dari produk tersebut dan sesuai  dengan syariat Islam.

Tren Gaya Hidup Halal di Indonesia
gaya hidup halal fondasi indonesua sehat dan kuat

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesari di dunia yaitu 229 juta atau sekitar 87,2 persen dari total populasi, Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan seluruh aspek halal. Berdasarkan data Global Islamic Economy Report 2020/2021 bahwa Indonesia sebagai konsumen terbesar dalam produk halal. 

1. Tren Busana Muslim
Salah satu yang menjadi tren gaya hidup halal adalah busana muslim, menjadi penggerak utama untuk mendukung pengembangan ekosistem halal value chain. Indonesia ditargetkan menjadi pusat industri halal global melalui produk busana muslim yang merupakan komoditi potensial untuk pasar Internasional. 

Banyaknya produk busana muslim lokal dari desainer Indonesia, membuat tren busana muslim selalu diminati oleh masyarakat Indonesia, bahkan internasional. Karena tren busana muslim terus meningkat, banyak orang mengambil kesempatan membuka usaha untuk memproduksi produk halal seperti busana muslim yang terdiri dari baju, hijab, kaos kaki dan lainnya.

Selain itu dengan adanya gaya hidup halal perempuan telah memenuhi perintah Allah yaitu menutup aurat sesuai dengan surat Al-Azhab: 59. 

2. Ekonomi dan Keuangan Syariah
Keuangan syariah semakin banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini sesuai dengan data OJK yang mencatat keuangan berbasis syariat di Indonesia. Keuangan syariah adalah salah satu sistem manajemen keuangan yang menggunakan prinsip dan dasar hukum Islam sebagai pedomannya.

Prinsip dan dasar hukum Islam tidak hanya diaplikasikan pada sistem, tetapi juga berlaku pada lembaga penyelenggara keuangan, termasuk produk-produk yang ditawarkannya. Sebagai sebuah sistem manajemen keuangan, tujuannya adalah mengalihkan dana nasabah yang tersimpan di lembaga penyelenggara keuangan kepada pengguna dana. 

3. Makanan dan Minuman Halal
Makanan dan minuman adalah sebuah kebutuhan bagi manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita tentu saja akan berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Bicara mengenai makanan, Al-Quran merupakan kitab suci yang banyak memuat tentang pendoman hidup, Termasuk di dalamnya pedoman tentang makanan halal dan haram yang wajib maupun yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi umat Islam.

Kategori makanan halal menurut Islam ditentukan dari proses pembuatannya, dzat atau sumber, dan cara mendapatkannya. Dalam Al-Quran dan Hadits menjelaskan makanan halal meliputi makanan yang tidak memberi mudharat, tidak diharamkan oleh Allah dan Rasulullah, hewan ternak, hewan hidup di air dan hewan hasil buruan dari hutan. 

Makanan dan minuman halal harus memiliki beberapa kategori sebagai berikut:
  1. Halal zatnya, makanan dan minuman harus terbuat dari bahan yang halal pula, tidak mengandung unsur-unsur yang diharamkan menurut syariat.
  2. Halal cara mendapatkannya, selain itu makanan dan minuman halal harus didapatkan dengan cara yang halal. Sesuatu yang halal tetapi cara mendapatkannya tidak sesuai dengan hukum agama akan menjadi haram.
  3. Halal cara pengolahannya, makanan dan minuman harus diperoleh dengan cara yang halal. Cara atau proses pengolahannya juga harus benar. Hewan, seperti kambing, ayam, sapi jika disembelih dengan cara yang tidak sesuai dengan hukum Islam maka dagingnya menjadi haram.

Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Danone Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan kualitas produk dan layanan dengan kepatuhan penuh pada standar Danone, pemerintah serta industr yang berlaku mulai dari konsep awal yang berlanjut ke seluruh siklus hidup produk sampai saat dikonsumsi oleh konsumen.

Danone Indonesia juga berupaya menyediakan kehidupan yang sehat sebagai fondasi dari kesehatan jangka panjang dengan mengikuti standar mutu halal, keamanan pangan dan lingkungan. Seperti yang diungkapkan Ibu Prima Sehanputri, Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia "Selama ini unit produksi kami telah menjalankan proses produk halal (PPH). Kami juga memastikan bahwa penggunaan bahan baku yang digunakan dalam proses produksi telah memiliki sertifikat halal."

4. Kosmetik
Tren kosmetik halal tengah menjamur di industri kecantikan Asia, tak terkecuali di Indonesia. Kosmetik halal sekarang ini semakin berkembang mengikuti permintaan pasar. Kosmetik halal wajib memiliki sertifikat halal yang diterbitkan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Logo halal boleh dicantumkan bila lolos audit atau serangkaian tes uji kehalalan produk. Indikator halal tidak hanya terletak pada keamanan bahan (yang bebas najis dan alkohol), namun meliputi proses pembuatan kosmetik dan kemasannya. 

Kosmetik halal juga harus terbukti mampu ditembus air wudhu. Jadi untuk para perempuan muslim tidak perlu repot menghapus kosmetiknya sebelum membasuh wajah sebelum berwudhu. 

5. Media dan Rekreasi
Media menjadi sumber asupan informasi yang dibutuhkan oleh setiap individu dalam kegiatan sehari-hari. Sedangkan, rekreasi menjadi sumber bagi setiap individu yang membutuhkan hiburan untuk menghilangkan rasa lelah. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi kedua objek tersebut semakin mudah untuk didapatkan dan dimanfaatkan oleh siapa pun. 

Semoga gaya hidup halal bisa terus kita jalankan dengan seiring berkembangnya kemajuan zaman dan tidak melupakan pada syariat Islam. #GayaHidupHalal #DanoneIndonesia

21 April 2022

Rekomendasi Liburan ke Korea ala ATEEZ

This is My Korea versi ATEEZ

Korea Selatan menjadi salah satu destinasi yang akan saya kunjungi setelah pandemi ini mereda, apalagi sekarang sudah dibuka nih. Banyak sekali tempat-tempat di Korea Selatan yang ingin saya datangi, terutama coffee shop yang biasa saya lihat di drama Korea atau orang Korea yang saya follow di instagram. 

Karena tidak dalam waktu dekat saya akan ke Korea, tapi kali ini ingin berbagi informasi tentang tempat-tempat yang mungkin nanti ingin dikunjungi saat ke Korea. Kali ini sedikit berbeda karena, rekomendasi tempat liburannya versi ATEEZ. 

Taukan ya kalau di Korea tuh grup musik laki-lakinya banyak banget, tidak hanya BTS, Big Bang, Super Junior, 2PM, Exo, NCT dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi kali ini versi liburannya dari ATEEZ, sebuah grup vokal laki-laki yang beranggota 8 orang asal Korea Selatan. Hongjoong, Seonghwa, Yunho, Yeosang, San, Mingi, Wooyoung dan Jongho merupakan anggota grup vokal ATEEZ dibawah naungan KQ Entertainment. 

Belum lama ini ATEEZ merilis video jalan-jalan mereka ke beberapa daerah pilihan di Korea untuk merayakan ulang tahun mereka yang ketiga. Tiga daerah pilihan tersebut adalah Damyang, Gyeongju dan Gangneung. Ini bisa jadi rekomendasi teman-teman nih jika nanti ingin menikmati liburan dengan waktu yang lama. 

ATEEZ mengajak para penonton untuk ikut menikmati pemandangan yang indah dan hidangan yang lezat. Duuuuhhhh... Lihat beberapa menu yang dipilih oleh ATEEZ saja sudah bikin ngilerkan. Daripada penasaran, mari kita mulai perjalanan ala ATEEZ.

1. Damyang yang Tenang
Damyang Korea Selatan

Pertama mari kita bahas tentang Damyang, kalau lihat dari beberapa destinasi di Damyang ini sangat menarik sekali ya. Karena jika berkinjung ke Damyang, Jeollanam-do, tidak lengkap jika tidak mengunjungi Juknokwon. Junokwon adalah tujuan wisata yang mempresentasikan Damyang dan dikunjung setidaknya satu juta pengunjung setiap tahunnya. 

Junokwon ini memang sangat populer karena merupakan spot ekowisata dengan hutan bambu yang rimbun yang dilengkapi dengan observatorium dan area peristirahatan. Junokwon adalah tujuan yang tepat bagi para wisatawan yang ingin mencari ketenagan dan menyatu dengan alam. 

Tidak hanya pemandangannya saja, makanan yang lezat juga menjadi alasan penting mengunjungi suatu daerah. Kebayang deh ini makanannya pasti enak banget, karena kalau lihat beberapa video jalan-jalan dan kuliner Korea tuh memang bikin ngiler. Berikut adalah hidangan lezat di Damyang yang dicoba oleh anggota ATEEZ.


Tteogalbi Steak

Tteogalbi Steak

Beeuhhhh... lihat teksturnya sudah bikin ngiler ya, jadi ingi disegerakan ke Korea. Tteogalbi merupakan hidangan yang disajikan beda dari tteokgalbi biasanya karena dihidangjkan seperti steak. Pengunjung dapat menikmati ini di restoran Yori On. 

Restoran ini memang terkenal dengan menu khas Tteokgalbi steaknya, yang memadukan tekstur lembut daging sapi giling, rasa manis dan asam dari saus sreaknya. Kalau ingin mencoba hidangan lokal, tersedia juga tteokgalbi dengan ssamjang, yaitu saus campuran yang dibuat dengan gochujang (pasta cabai merah) dan doenjang (pasta kacang kedelai). 

Migak Waffle
migak waffle

Kafe ini menyajikan "Migak Waffle" yang lezat, dinamai sesuai dengan nama kafe ini. Waffle dengan topping storberi dan kacang almond ini, disajikan bersama dengan sirup dan es krim. Untuk pengalaman yang lebih manis, pengunjung dapat memasangkan waffle ini dengan vanilla bean latte buatan kafe Migak sendiri.

Duh kebayang deh kalau main ke Korea bakalan mau coffee hoping karena banyak cafe-cafe yang mungil nan estetik. Seepertinya haris memasukkan Migak Cafe ini ke list jajan ke Korea. 

2. Gyeongju yang Kaya akan Sejarah

Destinasi selanjutnya adalah Gyeongju adalah Observatorium Cheomseongdae, yang merupakan observatorium astronomi yang dibuat pada zaman kerajaan Silla. masa Tiga Kerajaan. Tingginya 9 meter dan diperkirakan akan digunakan untuk mengamati bintang. Struktur observarium ini tetap terpelihara dengan baik hingga saat ini. 

Observatorium ini terlihat cantik di siang hari, tetapi menjadi lebih indah di malam hari. Oleh karena itu, observatorium ini menjadi salah satu atraksi malam yang wajib dikunjungi di Gyeongju bersama dengan Istana Donggung dan Kolam Wonji, yang terletak tidak terlalu jauh. Desa tradisional Hanok Gyochon juga jangan lupa masuk dalam list destinasi ya. 

Rekomendasi makanan dari ATEEZ ketika berkunjung ke Gyeongju sangat menarik nih. Ada mie dan ice cream loh, wajib dicoba nanti ya jika main ke Gyeongju.

Teuknaengmyeon
Teuknaengmyeon hidangan khas Korea

Salah satu hidangan yang direkomendasikan oleh ATEEZ adalah teuknaengmyeon, penasaran sih sebenarnya sama makanan yang satu ini. Restoran Gyodong Myeonok adalah restoran yang sering dikunjungi oleh pecinta naengmyeon, mie soba dingin. 

Menu yang paling populer di restoran ini adalah Teuknaengmyeon dengan irisan ikan pollack mentah dan yukjeon (goreng daging sapi berbalut telur). Perpaduan rasa manis dan asamnya membuat hidangan ini sangat lezat dan segar. Kalau kata ATEEN "Tidak akan berhenti makan setelah suapan pertama!".

Injeolmi Ice Cream

Jangan lupa kalau sudah main ke Gyeongju harus cobain Injeolmi Ice Cream. Tteokindang adalah kafe dan toko kue beras bergaya hanok. Menu populernya adalah "es krim injeolmi", yang menggunakan Injeolmi (kue beras bubuk kacang) buatan sendiri. Ternyata untuk satu porsi Injeolmi Ice Cream ini bisa untuk dua orang.

3. Gangneung yang Secantik Zamrud
Gangneung yang Secantik Zamrud

Destinasi terakhir yang direkomendasi oleh ATEEZ adalah Gangneung yang terletak di Gangwon-do ini memang memiliki beragam tujuan wisata yang sayang untuk dilewatkan seperti Jeongdingjin, pantai Jumunjin, pantai Gyeongpo dan lain-lain. Dalam seri video jalan-jalan ATEEZ, tujuan wisata yang dikunjungi adalah Gangneung Dubu Village (Des Tahu Gangneung).

Desa Gangneung Dubu didedikasikan untuk "sundubu" atau tahu lunak, makanan yang merepresentasikan Gangneung. Desa Tahu ini terkenal dengan "Chodang dubu", yang dibuat melalui proses panjang penggilingan kacang dan memadatkan dadih dengan air laut segar dari laut timur Korea, untuk memberikan rasa manis yang lembut. Ini adalah rasa yang tidak akan pernah kamu lupakan. Hhhmmmm... Kok saya jadi penasaran ya?

Selain itu, ada Sinami, Tamasya Myeongju. Tujuan wisata ini menawarkan kesempatan untuk sepenuhnya menikmati lingkungan pusat kota Myeongju-dong dengan penduduk lokal Gangneung. Tamasya ini menggabungkan aspek kegiatan wisata dan gaya hidup masyarakat lokal, dan memberikan pengalaman bagi pengunjung untuk menjelajahi masa lalu dan masa kini kota Gangneung.

Lala Chicken
Salah satu hidangan yang direkomendasikan oleh ATEEZ adalah Lala Chicken, yang merupakan menu andalan dari restoran Lalaok Gangneung Volla. Ayam panggang yang nikmat ini diasapi selama 20 jam, menawarkan perpaduan sempurna antara rasa daging ayam yang diasap dan daging ayam yang empuk. 

Hidangan ini disajikan dengan lapisan nasi kuning matang di bawahnya, sementara di atasnya diberi tahu goreng dan ditaburi keju parut. Yummy! Sepertinya hidangan yang direkomendasikan oleh ATEEZ ini wajib dicoba ya. 

Langkah-langkah Keamanan Perjalanan Korea

Untuk teman-teman yang akan melakukan perjalanan ke Korea jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan, dan selalu cek juga peraturan di sana. Karena biasanya beda negara beda peraturan nih. Objek wisata di Korea mengikuti panduan keamanan Covid-19 secara ketat dengan meningkatkan ventilasi dalam ruangan, membersihkan dan menyemprotkan disinfektan secara rutin, dan mewajibkan pengunjung untuk mengenakan masker sepanjang waktu, bersama dengan pencegahan lainnya. 
  1. Di restoran, kenakan masker setiap saat kecuali sedang makan dan minum.
  2. Sering mencuci tangan dan gunakan hand sanitizer yang disediakan oleh restoran dan tempat-tempat wisata. 

Jika teman-teman membutuhkan informasi mengenai wisata Korea bisa cek di www.visitkorea.or.id dan jangan lupa selalu follow instagram @ktoid
20 April 2022

Ingin Menjadi CEO Seperti Kang Tae Moo?

Peran dan Tugas CEO dalam perusahaan

Masih ingatkah sosok CEO muda bernama Kang Tae Moo di Business Proposal? Serial drama yang menarik untuk ditonton, karena bercerita tentang sosok CEO muda yang sangat berbakat, pintar dan juga menawan. Teman-teman juga pasti ingin sekali dong ya menjadi seorang CEO seperti Kang Tae Moo? Eits... Untuk menjadi seorang CEO tentu tak semudah itu, karena ada beberapa hal yang diperhatikan. 

Teman-teman juga pasti tau dong ya, beberapa tokoh besar biasanya dikenal karena mereka sukses menjadi seorang CEO dari perusahaan yang mereka pimpin. Seperti Mark Zuckerberg dari Facebook, Elon Musk dari Tesla, Jeff Bezos dari Amazon. Beberapa CEO muda di Indonesia seperti Ferry Unardi dari Traveloka, Ahamd Zaki dari Bukalapak, Diajeng Lestari dari Hijup dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Kalau lihatnya dari drama Korea, sepertinya pekerjaan seorang CEO sangatlah mudah ya. Apalagi ada asisten pribadi yang selalu menemani dan kadang juga menjadi back up saat dia sedang diluar jangkauan. Penasaran gak sih apa saja tugas dan peran seorang CEO?

Apa itu CEO?
Chief Executive Officer yang merupakan kepanjangan dari CEO adalah jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan dan bertanggung jawa terhadap kebersihan bisnis yang dijalankannya. CEO umumnya dipilih oleh dewan direksi dan pemegang saham. Dalam aktivitas bisnis, seorang CEO dipercaya dalam mengelola keseluruhan perusahaan, membuat keputusan penting, serta bertindah sebagai titik komunikasi utama dengan dewan direksi dan pemegang saham.

Kalau teman-teman nonton drama Korea berjudul Crazy Love, pasti paham deh kerjasama antara CEO, dewan direksi dan pemegang saham. Karena di episode 14 telah terjadi rapat anggota direksi dan para pemegang saham, untuk memutuskan apakah CEO mereka harus mundur dari jabatannya ataukan tetap akan lanjut.

Mungkin untuk beberapa orang yang belum paham apa sih sih peran seorang CEO, kalau dilihat kok gampang banget ya jadi CEO. Ternyata peran seorang CEO itu sangat bervariasi, bahkan setiap perusahaan juga akan berbeda perannya. Ini semua tergantung dari perusahaan tersebut, budaya dan juga struktur perusahaan. 

Pada perusahaan besar, CEO biasanya hanya berurusan dengan keputusan strategis tingkat tinggi dan semua hal terkait pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan. Ini jadi mengingatkan saya pada beberapa tahun kebelakang waktu masih jadi anak kantoran. Di perusahaan tempat saya bekerja selalu ada meeting setiap bulan sekali yang dihadir oleh CEO dan dewan direksi. 

Karakter apa yang harus dimiliki seorang CEO?
Menjadi seorang CEO itu memanglah tidak mudah, karena seorang CEO harus memiliki karakter-karakter tertentu. Baik itu pada dirinya sendiri, maupun dalam hal mengatur dan membangun hubungan dengan orang lain. Untuk teman-teman yang tertarik menjadi seorang CEO harus tau dulu nih, karakter apa saja yang dibutuhkan:

  1. Fleksibel, dalam artian memberikan kesempatan kepada anggota dalam tim, untuk bisa bekerja sesuai dengan cara mereka masing-masing. Tentu perlu adanya suatu standar khusus ya, seperti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam perusahaan, serta tenggat waktu yang diberikan. Seorang CEO juga boleh loh membiarkan anggota timnya berekslorasi mengenai bagaimana mereka akan mengerjakan tanggung jawab yang sudah diberikan.
  2. Melihat dari sudut pandang berbeda. ini yang juga sangat perlu dipahami. Karena satu sudut pandang bisa membutakan loh, terlebih dengan posisi seorang CEO. Karena kita harus tetap melihat dari sudut pandang yang berbeda. Menjadi seorang CEO harus memiliki cara pandang yang luas, melihat suatu kejadian apapun muai dari akar masalah, sampai dampak yang akan ditimbulkan. 
  3. Kendala = Peluang, banyak juga dari setiap orang yang bekerja, memiliki perusahaan memilih jalan yang aman, dan menghindari risiko dalam apa yang akan dikerjakan nantinya. Menjadi seorang CEO kita harus menjadi pribadi yang berani ambil risiko, dan tidak takut akan kegagalan. Sebenarnya kita juga bisa menjadikan kendala yang ada itu menjadi peluang, tantangan dan kesempatan untuk jadi lebih baik lagi. 
  4. Pilih lingkungan yang tepat, sejago apapun kita, dan sebaik apapun karakteristik kita, teap saja kurang lengkap jika tidak berada di lingkungan yang tepat. Kriteria yang tepat biasanya bisa berbeda-beda bagi setiap orang nih. Yang pasti lingkungan ini sangat memberikan pengaruh yang cukup besar untuk membuat kita bisa mengeluarkan potensi terbaik yang dimiki menjadi seorang CEO. 
  5. Respect, mendapatkan respect atau rasa hormat dari orang lain memang bukan suatu hal yang bisa dibuat-buat, atau dirancang sedemikian rupa. Sama seperti saat Kang Tae Moo selalu dihormati di kantor, karena menjadi seorang CEO ia mampu menjalankan bisnis kakeknya. 

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang CEO
Dikutip dari Corporate Finance Institute, tidak ada batas standar dari tugas seorang Chief Executive Officer. Tapi, biasanya seorang CEO memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
  1. Berkomunikasi atas nama perusahaan, dengan pemegang saham, pihak pemerintah dan publik.
  2. Memimpun pengembangan strategi jangka pendek dan jangka panjang perusahaan.
  3. Menciptakan dan mengimplementasikan visi dan misi perusahaan atau organisasi.
  4. Mengevaluasi pekerjaan para pemimpin eksekutif lainnya di dalam perusahaan, termasuk direktur, wakil presiden, dan presiden. 
  5. Menjaga performa perusahaan terhadap situasi pasar yang kompetitif, peluang ekspansi, perkembangan industri dan lain-lain.
  6. Memastikan bahwa perusahaan mempertahankan tanggung jawab sosial yang tinggi di mana pun ia melakukan bisnis.
  7. Menilai risiko terhadap perencanaan perusahaan dan memastikannya dipantau dengan baik.
  8. Menetapkan tujuan strategis bisnis untuk jangka panjang. 

JNE Raih 50 Best CEO 2022 Award
50 Indonesia Best CEO 2022 Award

Sebagai perusahaan jasa pengiriman logistik, JNE selalu memberikan yang terbaik terhadap pelanggannya. JNE selalu mengusung semangat "Connecting Happiness" berkomitmen untuk selalu mengedepankan kualitas pelayanan kepada pelanggan dan kepedulian kepada masyarakat yan gselalu disampaikan kepada seluruh karyawan.

Bapak M. Feriadi Soeprapto yang merupakan Presiden Direktur JNE, memperoleh penghargaan bergengsi dari The Iconomics Research, sebagai 50 Indonesia best CEO 2022 Awards "Employee's Choice" Courrier Category. 

Dalam studi The Iconomics Research ini akan melihat sejauh mana karyawan memberikan apresiasi terhadap upaya yang pimpinan lakukan dalam situasi yang umum maupun dalam situasi yang khusus seperti krisis pandemi Covid-19 saat ini. Penilaian dilakukan secara online melalui survey terhadap ribuan karyawan berbagai industri dan kategori, dengan total responden mendekati 8.000 (kumulatif) pada awal Januari 2022 sampai dengan awal Maret 2022.

Tentunya bapak M. Feriadi Soeprapto sudah memiliki pengalaman, karena sebelum dipercaya menjadi pimpinan JNE yang telah berdiri selama 31 tahun, M. Feriadi Soeprapto memulai langkahnya dari posisi yang bersentuhan langsung dengan konsumen. Pengalaman selama bertahun-tahun di posisi yang berkaitan dengan penjualan, pemasaran dan menjadi kuriri on board ke berbagai negara  di dunia memberikan berbagai macam pengalaman. Sehingga sampai saat ini dipercaya untuk memimpin kurang lebih 50 ribu karyawan sebagai Presiden Direktur JNE.

Gimana, apakah tertarik menjadi seorang CEO muda? Atau mendidik anak agar kelak bisa menjadi seorang CEO.